+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)  (Read 236664 times)

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #30 on: 12/03/2009 09:32 »
Assalamualaikum wr wb.

Salam persaudaraan,

Mohon ijin utk ikutan duduk bersila, menyimak, mendengarkan dgn seksama pencerahan yg Wak Haji berikan.

Penjabaran ttg gerakan silat dan aplikasinya dlm kehidupan sehari2. Menurut saya, itulah "real fight" yg sebenarnya. Tulisan yg menarik.

Salam hangat,

May Lee

notes & bolpen ditangan (ngikut Mas Antara ah..)  [rapat]

ontoseno

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 68
  • Reputation: 2
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #31 on: 12/03/2009 12:14 »
klo silat tradisional pasti dalem maknanya, karena adab dan suluk masih kejaga, muru'ah masih dipegang, keluargaan diutamakan. makanya ketika semakin tinggi obat modern semakin yg tradisional yg digali.

lanjut ki, saye nyimak dibelah kanan aje dah, kalo disamping kang nagapasa, die duduknye dipojokan, disitu kan banyak nyamuknye..

pancasona

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #32 on: 12/03/2009 12:23 »
wah.. ternyata di setiap gerakan jurus semua ada maknanya...
dalem banget.....
masih harus banyak belajar nie.....
 [top] [top]



Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #33 on: 12/03/2009 13:34 »
he he he ane di pojokan bukannya cari nyamuk, tapi duduk manis sambil nyimak sambil makan kacang :P
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #34 on: 12/03/2009 14:09 »
Terima kasih buat yang sudah menyimak   [thank]
Tapi jangan rebutan posisi!   :)
Btw, buak kang nagapasa minta dong kacangnya! camilan aki udah abis nih........

Ternyata.... penggemar silat tradisional tidak kalah dengan silat modern ya, sampe rebutan posisi

Untuk penjabaran selanjutnya, tunggu tanggal mainnya.......
He... he....  :D

Sabar dulu! Jangan terburu-buru!
Camkan dulu jurus pertama!
Kalau sudah mengerti dan mengamalkan baru kita melangkah ke jurus yang ke dua.

Sabar yah....
Sing nurut ka aki... uhuk... uhuk... (batuk)

pujangga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 2
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #35 on: 12/03/2009 16:14 »
saya lihat dari beberapa thread yang ada,
ternyata, para pinisepu sudah mulai langsung turun gunung,
dan tidak tanggung-tanggung, langsung membumi melebur diri dengan teknologi

yang sehari-hari berjurus-jurus,
kini para pinisepuh pun mulai belajar juga jurus2 aliran teknologi.

lalu mengapa kita tidak?
jika para pinisepuh mau membumi,
bukankah kita para muda ini yang harus merengkuhnya?

bukan merengkuhnya yang kemudian hanya untuk dimiliki sendiri,
tapi tentunya dengan menyebarkan kandungan ajaran hebatnya ke para kawula lainnya

Aki Sija,
salam hormat dari para kawula muda disini.

seandainya jarak bukan menjadi penghalang.....
.....
- pujangga rasa -

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #36 on: 12/03/2009 19:36 »
Aki Sija, saya ingin bertanya.
Dari obrolan dengan kawan-kawan di lembur (kampung halaman), saya mendengar bahwa Maenpo Cikalong ini adalah Maenpo dengan sifat "ti'is" (dingin). Apakah betul ungkapan tersebut?

Terima kasih Aki  :)
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #37 on: 12/03/2009 20:38 »
siap ki, saya kebetulan bawa kacang banyak. sengaja biar lebih khusus makan kacangnya eh salah menyimak pedaran ti aki

mangga ki di lajeng
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #38 on: 13/03/2009 05:59 »
Aki Sija, saya ingin bertanya.
Dari obrolan dengan kawan-kawan di lembur (kampung halaman), saya mendengar bahwa Maenpo Cikalong ini adalah Maenpo dengan sifat "ti'is" (dingin). Apakah betul ungkapan tersebut?

Terima kasih Aki  :)

Bladlee....
Cucu aki yang baik, cucu yang nalaktaktak, serba mau tau..... aki seneng pisan untuk itu  [top].

Tapi sebelum menjawab, aki teh bukan segala-galanya. Aki Sija mah nurustunjung tidak seperti aki-aki yang lainnya, pada tetap rengkuh ngageugeuh keneh di gunung, luhur elmu sagalana.

Aki Sija hanya seorang aki yang ngageugeuh gunung kecil, gunung Cikundul di Cikalong, tidak banyak orang yang tau.  Bukannya ngageugeuh Gn. Gede, Gn. Ciremai, Gn. Semeru, Gn. Agung, atau Gn. Tampomas, dll.

Aki mah punya sedikit ilmu juga sudah turun gunung, sudah pada ngurihit (meminta), tapi ngga apa-apa mudah-mudahan jadi amal dan ilmu yang bermanfaat.

Heg, siap didengar....
Aki coba jawab pertanyaan Bradlee.
Aki baru dengar sifat “tiis” yang diungkapkan Bradlee, tapi sekedar pandangan aki mah begini...
“Tiis” disini bukan yang dibayangkan seperti pukulan gunung es yang dingin.

Kembali ke Jurus PABUCi, niat awalnya tidak punya tujuan yang neko-neko apalagi ambisi untuk mengalahkan lawan, menghantam lawan, menyakiti lawan, atau lebih hebat dari lawan.  Disini, kita bertujuan baik-baik saja, yang penting mencari silaturahmi sebaanyak-banyaknya.  Ambil contoh, bayangkan apabila kita mempunyai silaturahmi dengan seribu orang, akan terasa masih kurang dibandingakn dengan mempunyai musuh satu orang saja, itu sudah terlalu banyak.

Cucu-cucu yang baik, ada yang perlu diperhatikan dalam proses selanjutnya, karena berasal dari niat yang baik tadi, akhirnya akan mendatangkan/mendapatkan banyak kepercayaan, sehingga akan terbuka lebar kesempatan-kesempatan baik untuk kita.  Baru sekarang tinggal terserah kita, mau dibawa kemana kesempatan yang ada, mau dijadikan yang baik dengan kangka panjang, atau keuntungan/kemenangan sesaat?

Jadi sekali lagi, “tiis” disini artinya dingin di hati, tidak ambisius.
Tuh nya! Kalau sudah tua mah cepet cape, hah.. heh.. hoh..

Mana cai kopi jeung kacangna Nagapasa?  :)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #39 on: 13/03/2009 08:52 »
siap ki nuju di taheur keneh (masih di masak ki)

ke sakedap (nan sebentar)

Nyi.. nyii kamana nyai putri (nyi nyi kemana nih tuan putri)

he he he maksudnya putri teratai dari negeri singa :)
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

pemaen baru

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 0
    • Email
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #40 on: 13/03/2009 10:42 »
mohon ijin menyimak dan belajar..
terima kasih aki sija atas pembelajarannya, sungguh bermanfaat..

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #41 on: 13/03/2009 11:09 »
hmmm..dari kemaren semua ilmu dari aki sija udah keluar plong tanpa hambatan...tapi belon ade tambahan GRP buat Beliau...mmm..terlalu (Rhoma Irama mode on)

d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Patih Gajahmada

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
    • Email
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #42 on: 14/03/2009 06:31 »

Hmmm.... ikutan menyimak ah... dah lama ga mampir...

Terimaksih aki......  :)

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #43 on: 14/03/2009 19:00 »
Hehe... aki mau kasih tau nie yee.....

begini.. sewaktu tadi siang abis kumpulan rutin PABUCI jumat-sabtu 14 maret 2009 .. ga tau dimana kayanya di jln HPny ilang.. :'( :'(
no 081563280154.
 sekalian pengumuman untuk cucu-cucu, hati-hati HPnya dah di tangan orang takut di salah gunakan ...
dasar aki sija dah kakek-kakek harus kalian maklum.......
 :-P :-P

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #44 on: 14/03/2009 19:36 »
Aki, salam hormat.
Mohon petunjuk... Hatur nuhun.

 

Powered by EzPortal