+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)  (Read 236864 times)

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Sikap dari salah satu falsafah yang menjadi acuan di Paguron Pancerbumi aliran Cikalong adalah “Jaga diri”.  Berbicara tentang jaga diri dimulai dari membawa diri dan mawas diri.

-  Membawa diri, aplikasinya dalam silat Pabuci dimulai dari sikap awal yang harus tertib, tidak terburu-buru, juga berurutan (dalam   bahasa Sunda : entep seureuh), lembut, bersahabat, jangan sampai mengganggu orang lain atau menjadi orang lain tidak nyaman gara-gara perilaku kita.
-  Mawas diri artinya, kita dalam gerakan selanjutnya setelah membawa diri tidak terlepas dari keadaan waspada, ini pun harus berbaik sangka (Khusnudhon) , tidak berburuk sangka (Suudhon) untuk menjaga keselamatan kita juga.


Memang sebenarnya yang menjadi pokok utama kita mencari keselamatan, dari jaga dirilah dengan membawa diri dan mawas diri mudah-mudahan kita mendapatkan keselamatan.  Namun, prosesnya kadang-kadang dari awal sampai akhir kita mendapat suatu hambatan atau gangguan yang tidak diinginkan.  Disini baru yang namanya jaga diri dilanjutkan dengan memakai jurus membela diri supaya kita mendapat keselamatan untuk semua (baik kita maupun lawan) sampai titik akhirnya baru akan kelihatan bentuk dari  jati diri kita.


Mohon maaf, kalau tulisan ini ada yang tidak sesuai dengan pemikiran atau pendapat pembaca dan mudah2an bermanfaat bagi kita semua, Amien

Salam perkenalan,  :)

Aki Sija






--TRIT INI MASUK KE HOT TOPIK---
SELAMAT YAAA BUAT TS DAN MODYNYAAA

 [[hot-topic]]
« Last Edit: 09/02/2010 16:29 by Qsecofr »

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 711
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #1 on: 09/03/2009 19:01 »

sangat dalam sekali maknanya...

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #2 on: 09/03/2009 23:07 »

Salam perkenalan,  :)

Aki Sija


 ^:)^ ^:)^
no comment aja dah.... [payung]


Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #3 on: 10/03/2009 01:56 »
wah ada kasepuhan nih, selamat bergabung aki silahkan diguar tentang pabucinya disini...
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #4 on: 10/03/2009 08:40 »
selamat bergabung Aki... [top]

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #5 on: 10/03/2009 08:52 »
wah ada kasepuhan nih, selamat bergabung aki silahkan diguar tentang pabucinya disini...

mangga aki,
bagaimana sejarah keilmuan dan silsilah PABUCI nya, kaedah maupun filosofi nya?
mudah2an bisa menambah wawasan saya yang masih cupet ini..
wassalam

pancasona

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #6 on: 10/03/2009 12:00 »
salam perkenalan..

mohon di tambah lagi tentang pabuci.. aki sija..

terimakasih 8)

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Sekilas Tentang Sejarah Berdirinya PABUCI
« Reply #7 on: 10/03/2009 17:00 »
PABUCI adalah singkatan dari Pancerbumi Cikalong atau Pasar Baru Cianjur yang merupakan tempat tinggal Gan Uweh, dimana para inohong Pancerbumi belajar meniti ilmu tentang Maenpo Cikalongan.

Awal berdirinya PABUCI seiring dengan adanya dorongan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur yang mempunyai  Tiga Motto Pilar Budayanya yaitu ngaos – mamaos – maenpo.
-   Ngaos : Kab. Cianjur terkenal dengan masyarakatnya yang religius, sehingga ngaos (ngaji) diangkat untuk memperlihatkan atau menanamkan pendalaman agama Islam termasuk seni Qiro’ahnya.
-   Mamaos : Juga Kab. Cianjur ini sudah dikenal terutama oleh masyarakat Jawa Barat dalam seni suara tembang lagu yang khas, dikenal dengan nama Cianjuran.
-   Maenpo : Istilah Pencak Silat di Kab. Cianjur.  Ini pun menjadi suatu perhatian dari Perintah Kab. Cianjur untuk dikembangkan dan dilestarikan lebih lanjut.

Kembali, atas dorongan Tiga Motto Pilar Budaya Cianjur inilah aliran Cikalong diharapkan membuka diri karena yang tadinya selalu tertutup dan merupakan tabu kalu diperlihatkan secara terbuka.  Tentunya bukan itu saja yang menjadi dorongannya.  Alasan lainnya diantaranya, disebabkan oleh sudah semaraknya Pencak Silat Beladiri import (beladiri luar negeri), dan kekhawatiran ilmu silat tradisional ini lama-lama akan menjadi punah, oleh karena itu  perlu diamalkan demi kelestariannya.

Dibobotohan oleh kasepuhan H. Ceng Suryana, H. Azis Asy’arie, Letkol Harun (Alm.), dibantu oleh Pak Ujang Saepudin membuat sebuah kelopok kecil yang kegiatannya hanya berkumpul dan latihan saja.  Tidak terasa, perkembangannya cukup pesat dari waktu ke waktu ditambah lagi mendapat sambutan dari organisasi silat Jawa Barat, yaitu PPSI cabang Cianjur, terlahirlah kader-kader muda PABUCI yang dapat membantu dalam bidang pelatihan. Dalam semangat-semangatnya, PABUCI di tatar Kab. Cianjur salah seorang muridnya, yaitu putra H Azis  memberitahu bahwa dia melihat undangan dalam tayangan internet oleh sahabat silat kelompok pecinta silat tradisional Indonesia, mengundang kepada semua tokoh-tokoh silat betawi untuk bisa bertemu muka di riungan Padepokan TMII. Mulai dari sinilah PABUCI dan FPPSTI bergabung bergandengan saling mendukung dari waktu itu sampai sekarang kurang lebih 2 tahun berjalan.

Mari kita lirik PABUCI kebelakang, kalo barusan kita bicara ke hilir, sedangkan jika di lirik ke hulu, Sesepuh-sesepuh PABUCI mendapatkan ilmu aliran pencak silat Cikalong langsung dari R.H.O Soleh (Gan Uweh) khusus H. Ceng Suryana merupakan muridnya yang paling menonjol diantara murid-murid lainnya yang masih ada, karena murid-murid Gan Uweh banyak yang sudah meninggal, diantaranya H. Mahfud (Alm) , M. Yayan Sofian (Alm),  Let.Kol CKA. Rd. Abdurrauf, SH (Alm) yang merupakan murid senior, sedangkan yang lain H. Unay Syahroni (Alm), Mas Kasno (Alm) termasuk putranya sendiri R. Udung Abdullah (Alm).

Cerita Gan Uweh sendiri sudah banyak yang tahu, yaitu sebagai murid dari 2 orang guru, sama-sama aliran cikalong yang berbeda karakter, masih saudara kakak beradik yaitu R. Idrus yang berkarakter silat Berehan (mau mengalah dengan jalan mundur) sedangkan R. Muhidin berkarakter keras (selalu maju tidak pernah mundur)

Jika di telusuri ke atas lagi, R. Idrus mendapat ilmu dari R. Obing  dan berbeda dengan R. Muhidin mendapatkan ilmu dari R. Brata. jika ditelurusi lebih dalam lagi R. Obing dan R. Brata, keduanya merupakan murid dari R. H. Ibrahim sebagai Pencipta Pencak Silat Aliran Cikalong.

Kira-kira begini dulu lah pengetahuan aki sija bercerita tentang sejarah PABUCI, lain kali kita bahas mengenai karakter, falsafah dan teknik aliran cikalong yang dikembangkan oleh sesepuh-sesepuh PABUCI….

Ini juga aki sija udah capek ngetik soalnya baru latihan…… ~X( ~X(

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #8 on: 10/03/2009 17:25 »
nih... salah satu kasepuhan guru abdi teurangkeun pada nyimak dah..... (*ancur-ancur dah bahasa sunda*)


wak haji.... salam hormat dari murid yang gak berbhakti nih ... ^:)^


wak terusin wak....


"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #9 on: 10/03/2009 17:33 »

Dibobotohan oleh kasepuhan H. Ceng Suryana, H. Azis Asyarie, Letkol Harun (Alm.), dibantu oleh Pak Ujang Saepudin membuat sebuah kelopok kecil yang kegiatannya hanya berkumpul dan latihan saja.  Tidak terasa, perkembangannya cukup pesat dari waktu ke waktu ditambah lagi mendapat sambutan dari organisasi silat Jawa Barat, yaitu PPSI cabang Cianjur, terlahirlah kader-kader muda PABUCI yang dapat membantu dalam bidang pelatihan. Dalam semangat-semangatnya, PABUCI di tatar Kab. Cianjur salah seorang muridnya, yaitu putra H Azis  memberitahu bahwa dia melihat undangan dalam tayangan internet oleh sahabat silat kelompok pecinta silat tradisional Indonesia, mengundang kepada semua tokoh-tokoh silat betawi untuk bisa bertemu muka di riungan Padepokan TMII. Mulai dari sinilah PABUCI dan FPPSTI bergabung bergandengan saling mendukung dari waktu itu sampai sekarang kurang lebih 2 tahun berjalan.



Dibobotohan apa sih wak guru?

trus konon katanya tembang cianjuran punya falsafah yang tinggi ya? ajarin dong wak....
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #10 on: 10/03/2009 17:44 »

Dibobotohan apa sih wak guru?

trus konon katanya tembang cianjuran punya falsafah yang tinggi ya? ajarin dong wak....


Ingat ngga Bobotoh PERSIB?
Bobotoh itu pendukung atau sponsor jadi kalo di bobotohan maksudnya di sponsori oleh orang tua.... kira-kira begituuuuu.... :)

Kalo masalah falsafah tembang cianjuran.... nanti dikasih tau kalo ketemu.... soalnya urusannya panjaaaang....

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #11 on: 10/03/2009 17:49 »
wah aki, kalau boleh tahu bedanya pasar baru gan uweh dangan pasar baru gan didi apa ya ?

mohon penjelasan dan petunjukknya. nuhun sa teu acanna
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #12 on: 10/03/2009 17:57 »
wah aki, kalau boleh tahu bedanya pasar baru gan uweh dangan pasar baru gan didi apa ya ?

mohon penjelasan dan petunjukknya. nuhun sa teu acanna

Jadi begini... sepengetahuan aki... Keduanya berguru sama namun berbeda bakat... yang satu berbakat seni tari/ musik, sedangkan yang satu lagi berbakat silat isi/ olah raga...

Nah looooo.... coba pikir sendiri apa yang akan terjadi...

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #13 on: 10/03/2009 18:15 »
oh itu mungkin sebabnya gan uweh mendirikan paguron pusaka cikalong sedangkan gan didi mendirikan pusaka siliwangi ya aki ?

kalo dari sisi jurus maenponya gimana? bukannya jumlah jurus dari gan didi lebih banyak ?
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #14 on: 10/03/2009 18:29 »
oh itu mungkin sebabnya gan uweh mendirikan paguron pusaka cikalong sedangkan gan didi mendirikan pusaka siliwangi ya aki ?

kalo dari sisi jurus maenponya gimana? bukannya jumlah jurus dari gan didi lebih banyak ?


Disamping Gan Didi memberi jurus tambahan, seperti jurus gedig ada lagi tambahan kalo di Gan Uweh tomplok hanya satu jurus tiga gerakan, kalo di Gan Didi, tomplok jadi tiga jurus :
1. jurus tomplok desek
2. jurus tomplok sedeng
3. jurus tomplok jauh

Komentarnya bagus nak.....  8)
Ada maunya hehehe....  :D

 

Powered by EzPortal