+-

Video Silat


GGBD - Demo/Aplikasi #1
Pencak Silat Mendunia - Metro Siang 10.02
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
Beksi - apresiasi luar biasa di diskusi bandrong
Jambore Pencak Silat, al azhar performance
ice 2009, bang husein beraksi dengan golok seliwa
ICE 2009, golok seliwa performance by bang husein
ICE 2009, cingkrik goning
ICE 2009, cingkrik goning

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar  (Read 14994 times)

loobeez

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 3
salam silat,
mungkin diantara para member ada yang pernah belajar mengenani silat ini? Mari sama2 mengulasnya.
Saya belajar silat ini semasa SMA dulu secara "tradisional" pada seorang abang tukang becak di Medan.
Silat ini tepatnya berasal dari daerah NATAL di pantai barat sumatera. Karena lidah orang sana susah mengucap "L" maka disebut NATAR.
Sebagai silat melayu pantai, silat ini kembangannya didominasi oleh gerakan melambai seperti burung. Gerakannya pun panjang2 tapi juga sangat baik buat bertarung jarak dekat.
Cara mengajarkannya secara "tradisional" pun cukup singkat. Dimulai dari langkah (movement pattern). Tangkap dasar, Pukulan dan tendangan, Rapat (tarung jarak dekat/tempat sempit), Menganak (Bagaimana menyusun "combo"), Rasa (meraba gerakan dari sentuhan) dan terakhir Tilik (meramal gerakan lawan). Lanjutannya adalah teknik senjata yang harus di dasari dulu dengan kerohanian.
Saat ini saya mendalami aikido, jadi sudah lupa dengan teknik2 silat tersebut.. mungkin rekan2 di forum ada yang punya pengalaman belajar aliran ini?
Lestarikan Silat Tradisional indonesia

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #1 on: 11/12/2007 07:10 »
Rasa (meraba gerakan dari sentuhan)
Salam kenal kang Loobeez.

Mo tanya kalu menyentuh lawan biasanya untuk selanjutnya digunakan bantingan ataupun kuncian apa benar begitu?, ada persamanyakah dengan teknik aikido

Lanjut ceritanya.




salam silat,

loobeez

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 3
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #2 on: 23/12/2007 23:33 »
Waktu itu sih sentuhan tersebut baru digunakan buat "mendengar". jadi berguna buat bertarung pada saat mata susah melihat. berbeda dengan aikido yg saya pelajari sekarang, sentuhan itu buat "sinkronisasi" Ki.
Ilustrasinya, kalo kaki kita bersentuhan, kita harus tau gerakan tangan dari sentuhan itu. Sebaliknya, Kalo tangan bersentuhan, kita harus tau gerakan kaki dari sentuhan itu.
Begitu aja pak...
Lestarikan Silat Tradisional indonesia

Abu Husnain Muhammad Yazid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
  • Salam Nusantara
    • Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
    • Email
  • Perguruan: Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #3 on: 29/12/2007 07:18 »
Subhanallah! Mungkinkah Silat Natar ini ada kaitannya dengan Silat Bongsu? Bolehkah diberikan saya informasi sejarah dan asal-usulnya?
Pendekar Penyangga Ummah

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #4 on: 08/01/2008 10:42 »
naah, setelah beberapa bulan saya cari akhirnya ketemu jga pembahasan ini dengan masuknya ustaz Shifu. Beliau pernah bertanya kepada saya, namun beberapa sumber yang saya tanya belum menemukan jawabannya. :)

buat bang Loobeez silahkan dilanjut. sekalian aja silsilah nya karena dari Silat Bongsu mengaku memiliki keterkaitan sejarah dengan slat Natar.....

wassalam,


one
BBM

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #5 on: 08/01/2008 11:13 »
Subhanallah! Mungkinkah Silat Natar ini ada kaitannya dengan Silat Bongsu? Bolehkah diberikan saya informasi sejarah dan asal-usulnya?

Hayo Abang Lubis dan Ustazshifu ... bertanggungjawablah atas thread yang dibuka! Kami menunggu keterangan lebih lanjut mengenai silat Natar dan silat Bongsu. Maenan yang bagaimanakah keduanya?

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #6 on: 08/01/2008 12:07 »
dulu pernah ada di youtube mengenai silat Bongsu, namun itu masih terlalu general untuk disebutkan sebagai ciri khasnya....

silahkan dilanjut bang Loobeez

salam,


one

loobeez

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 3
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #7 on: 09/01/2008 11:48 »
asyiiik... ada temen diskusi..
Tapi masalahnya saya belum pernah denger tentang silat bongsu..tolong ustad syifu jelaskan lagi.
Saya ada search di internet tentang Natar.. tapi rasanya natar yang saya maksud ndak sama seperti natar yang di internet.
Tapi kalo kita pergi ke sumatera utara, ke kecamatan madina (mandailing natal), kalo kita tanya aliran besar silat di sana, kita akan dapat dua nama ; Natar dan Sigantang. Natar itu lebih ke silat pantai atau mirip silat melayu, sedangkan sigantang lebih ke silat gunung.
Mungkin mas kisawung yang sesepuhnya juga berasal dari daerah mandailing bisa memberikan tambahan.
Lestarikan Silat Tradisional indonesia

Abu Husnain Muhammad Yazid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
  • Salam Nusantara
    • Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
    • Email
  • Perguruan: Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #8 on: 17/01/2008 19:27 »
Orang-orang tua disini mengatakan Silat Bongsu asalnya dari permainan Silat Natar. Sememangnya yang membawa Silat Natar dan Silat Bongsu ke Malaysia katanya dari kalangan orang mandailing natal. Kedua-dua silat ini masih ada di Malaysia dan bila dilihat permainannya unik sekali, baik dari segi teknik mahu pun dari segi falsafahnya.

Dikatakan juga Silat Bongsu merupakan versi kelahiran terakhir dari keseluruhan asul usul silat yang membawa kepada wujudnya Silat Natar serta beberapa silat yang lain dari keluarga yang sama. Mungkin akan saya dapatkan sedikit info lagi dari guru-guru tua yang lain.
Pendekar Penyangga Ummah

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #9 on: 18/01/2008 08:05 »
Waktu itu sih sentuhan tersebut baru digunakan buat "mendengar". jadi berguna buat bertarung pada saat mata susah melihat.
Kayak ular saja yg bisa mendeteksi dengan getaran dgn media sebagai perantaranya.
Atau mungkin kayak teknik tsuino dalam main berpasangan dalam taichi.

Terima kasih penjelasanya.

Lanjut ane dengerin aja.
« Last Edit: 24/01/2008 12:39 by AGUNGP »

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #10 on: 24/01/2008 11:44 »
Waktu itu sih sentuhan tersebut baru digunakan buat "mendengar". jadi berguna buat bertarung pada saat mata susah melihat. berbeda dengan aikido yg saya pelajari sekarang, sentuhan itu buat "sinkronisasi" Ki.
Ilustrasinya, kalo kaki kita bersentuhan, kita harus tau gerakan tangan dari sentuhan itu. Sebaliknya, Kalo tangan bersentuhan, kita harus tau gerakan kaki dari sentuhan itu.
Begitu aja pak...

wah welcome di sahabat silat bang ebi, main main dong kalo lagi ada acara silat, Sensei Hakim juga sering kok nimbrung ama kita kita

dulu waktu masih latian di UI, suka ngeliat Bang Ebi ngelatih silat natar ini, proses latihan rasanya keren bgt, dengan saling menempelkan tangan atau kaki, baik sipenyerang maupun yg diserang harus sangat peka terhadap gerakan yg dilakukan lawannya, sedikit saja ada aksi akan ada reaksi utk mengcounternya

dulu aye mau ikutan latian silat natar ini, tapi Bang Ebi nya sibuk mulu nih ampe sekarang  :'(

salam

Abu Husnain Muhammad Yazid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
  • Salam Nusantara
    • Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
    • Email
  • Perguruan: Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #11 on: 26/01/2008 10:30 »
Dari segi pembelajarannya boleh dikatakan serupa diantara Silat Bongsu dan Silat Natar disini dengan yang disana. Merujuk kepada apa yang saudara loobeez nyatakan, sememangnya cara tradisi mempelajarinya cukup singkat bagi Silat Bongsu. Diwaktu ini diajar asas langkah, dasar bagi tangkapan, tepisan, pukulan dan tendangan. Selepas selesai mempelajari Silat Bongsu akan dilalui pula Tapa Rasa bagi tujuan menjadikan anggota badan sebagai deria yang mampu melihat dan mendengar.

Pada peringkat berikutnya akan diajar Silat Natar dengan lanjutan kaedah rasa melalui teknik Tepuk Usik disulam dengan cara tilik lawan yang dipanggil Tinjau. Hanya diwaktu mempelajari Silat Natar akan diajar Rapat dan Menganak. Kerohanian sudah mula diajar sewaktu mula-mula mempelajari keris dalam Silat Bongsu.

Cuma terdapat lagi beberapa tingkatan tahap gelanggang dengan melalui beberapa lagi jenis silat yang lain hingga kepada meminimumkan gerak sampai tidak lagi perlu bergerak. Namun tetap dimaksimumkan keberkesanannya. Semua silat yang ada datangnya dari sumbernya yang satu iaitu Silat Bongsu dan lanjutannya yang pertama adalah Silat Natar.

Saya mohon maaf kerana kurang faham dengan kata saudara loobeez yang berbunyi:
"...kembangannya didominasi oleh gerakan melambai seperti burung. Gerakannya pun panjang2......"
Mohon dengan penuh hormat agar saudara loobeez terangkan dengan lebih jelas pada sijahil ini. Maaf ya saudara.

Salam Nusantara buat semua.
Pendekar Penyangga Ummah

Abu Husnain Muhammad Yazid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
  • Salam Nusantara
    • Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
    • Email
  • Perguruan: Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #12 on: 26/01/2008 20:35 »
Maaf sekali lagi ya semua. Minta juga agar saudara loobeez terangkan apa maksudnya ".........perbatasan sumut dan sumbat" itu. Sijahil ini kurang benar ilmunya. Maaf ya saudara loobeez.

Salam dan senyum selalu. :)
Pendekar Penyangga Ummah

Abu Husnain Muhammad Yazid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
  • Salam Nusantara
    • Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
    • Email
  • Perguruan: Pertubuhan Seni Silat Telapak Nusantara Malaysia
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #13 on: 26/01/2008 20:37 »
Alahai........... tersilap pula. Sumbar bukan sumbat. Tersalah tekan hurufnya. Maaf ya.

 :-[
Pendekar Penyangga Ummah

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar
« Reply #14 on: 28/01/2008 10:16 »
Maaf sekali lagi ya semua. Minta juga agar saudara loobeez terangkan apa maksudnya ".........perbatasan sumut dan sumbat" itu. Sijahil ini kurang benar ilmunya. Maaf ya saudara loobeez.

Salam dan senyum selalu. :)

Maksudnya bang loebis itu, daerah muasal silat natal/natar ini adalah di daerah perbatasan provinsi sumatera barat dengan sumatera utara,
tepatnya adalah daerah mandailing natal.
Daerah ini secara geografis lebih dekat ke arah sumatera barat/padang, dibandingkan ke arah pusat kota sumatera utara di medan.


 

Powered by EzPortal