+-

Video Silat


ICE 2009, performance jurus dari Cingkrik Goning
Betawi punya jurus poekoel
silek harimau performance, Jambore pencak silat -
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
Silat Cingkrik Goning (Tb. Bambang) di FIB UI
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
little cingkriker Perguruan Silat Cingkrik Goning
Beksi - formasi
beksi hasbulloh - Performance silat di acara ultah

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by mansur
21/11/2014 19:19

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih"  (Read 6737 times)

Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 117
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Hitam Putih Abu Abu
Salam Kenal Ane ye.. [[seyumlah]]
klo ente baca trus koment jangan panggil abang ya  8)
ane mau ngenalin silat turun temurun yaitu silat Gombel atau Gombelan aliran Jalak putih

 [[damai]]
Gombel adalah silat tertua dari betawi, kata gombel berasal dari bahasa betawi kuno yaitu "jembel" atau "nyembel" yang artinya "megang".

Silat ini di Temukan Oleh H.Ahmad Syarudin (alm) pada tahun 1923 pada saat masa penjajahan. Di turunkan lansung ke cucu nya yang bernama Rudy alias bang jack (34th)
kesenian ini hanya ada di depok karna ini hanya satu"nya yang beraliran jalak putih tidak seperti aliran di daerah pasundan atau juga sekitar lubang buaya

ciri khas silat ini adalah kuncian yang fatal umumnya pencak silat ini tidak terlalu berbaur dengan silat lainnya dalam arti kata tidak di sebar ke sembarang orang itu lah tradisi yang sudah terjadi sejak dulu tapi kini ane dan cucu pewaris silat ini sepakat menyebarkan aliran ini karna sudah di ambang ke punahan. [[kaget]]

para pesilat gombel ini biasanya bisa saling mengetahui kalau mereka itu satu perguruan dengan cara melihat gerakan yang selalu cekatan dan berhati".


jika agan berminat untuk belajar kesenian ini
agan hubungi saya lansung  :o


Syaratnya : Agan harus slalu ikut pengajian yang di adakan sebelum latihan silat ini
                   Agar agan sekalian di beri keteguhan hati dalam menjalankan rutinitas ini
                   intinya supaya agan tidak slalu  >:(


pengajian dilakukan dari selepas isya hingga 09.30 dan di teruskan dengan pelatihan dari jam 09.30 sampai 12.00 malam di adakan setiap malam senin

Perguruan ini tidak meminta mahar apa pun dengan kata lain gratis
agan perlu coba silat ini agan gk akan menyesal kalo sudah mempelajarinya

ane Putra(17th)  [[damailah]] jangan panggil abang
ane juga masih belajar
klo mau sms atau tlp ane di 085711214172 [gro]

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur

ekink

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
NAMA-NAMA JURUSNYA APA AJA BANG?

P. Upil Gewde

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 4
  • Posts: 88
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Kadang GG Kadang COMSANSIN
Om om bukannye ini reposting...???
Hadehhhhhhhh
Sekali Upil Di Keluarkan.
Haram untuk Dimasukan Kembali...!!!!!

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur
oh iya lupa hehehe.... yarin dah man mau lurusin dikit  ini... 8)

Kembang Goyang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 21
  • Reputation: 1
Salam Bang,

Kalo di Silat Gombel ada tradisi apa aje bang? Kalo gak salah ade puasa same Mandi di tujuh sumur ye?

Lanjutin ceritanye dong bang...

ndog bledheg

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 16
  • Reputation: 114
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tejokusuman
Waduuuhhh, iya lah Bang. Babar dikit lah tentang jurus-jurus dan tetek bengeknya nih silat Gombel. Yang belum tahu kayak aku ini kan biar jadi lebih paham, hihiiii.... Salam Kembang Mawar...
dengan sajak, tiada kita berjarak

Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 117
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Hitam Putih Abu Abu
Close....

 

Powered by EzPortal