+-

Video Silat


Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Beksi, Peragaan Jurus #02
bandrong on action
PENDEKAR : Tangkap harimau Cikak kalima, Bengkulu
latihan rutin
Sabeni di Silaturahmi silat betawi di Rawa Belong
Paseban - Pengasinan di FIB UI #2
Silat Sitaralak Pasambahan
Ensiklopedi Silat Indonesia

Shoutbox

20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
View Shout History

Recent Topics

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 16:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

BENGKEL TULANG NO. 1 DI BANDUNG by cyakwingking
20/02/2015 01:14

Tokoh Gapema by si wiwid
30/01/2015 15:13

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih"  (Read 9329 times)

Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 117
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Hitam Putih Abu Abu
Salam Kenal Ane ye.. [[seyumlah]]
klo ente baca trus koment jangan panggil abang ya  8)
ane mau ngenalin silat turun temurun yaitu silat Gombel atau Gombelan aliran Jalak putih

 [[damai]]
Gombel adalah silat tertua dari betawi, kata gombel berasal dari bahasa betawi kuno yaitu "jembel" atau "nyembel" yang artinya "megang".

Silat ini di Temukan Oleh H.Ahmad Syarudin (alm) pada tahun 1923 pada saat masa penjajahan. Di turunkan lansung ke cucu nya yang bernama Rudy alias bang jack (34th)
kesenian ini hanya ada di depok karna ini hanya satu"nya yang beraliran jalak putih tidak seperti aliran di daerah pasundan atau juga sekitar lubang buaya

ciri khas silat ini adalah kuncian yang fatal umumnya pencak silat ini tidak terlalu berbaur dengan silat lainnya dalam arti kata tidak di sebar ke sembarang orang itu lah tradisi yang sudah terjadi sejak dulu tapi kini ane dan cucu pewaris silat ini sepakat menyebarkan aliran ini karna sudah di ambang ke punahan. [[kaget]]

para pesilat gombel ini biasanya bisa saling mengetahui kalau mereka itu satu perguruan dengan cara melihat gerakan yang selalu cekatan dan berhati".


jika agan berminat untuk belajar kesenian ini
agan hubungi saya lansung  :o


Syaratnya : Agan harus slalu ikut pengajian yang di adakan sebelum latihan silat ini
                   Agar agan sekalian di beri keteguhan hati dalam menjalankan rutinitas ini
                   intinya supaya agan tidak slalu  >:(


pengajian dilakukan dari selepas isya hingga 09.30 dan di teruskan dengan pelatihan dari jam 09.30 sampai 12.00 malam di adakan setiap malam senin

Perguruan ini tidak meminta mahar apa pun dengan kata lain gratis
agan perlu coba silat ini agan gk akan menyesal kalo sudah mempelajarinya

ane Putra(17th)  [[damailah]] jangan panggil abang
ane juga masih belajar
klo mau sms atau tlp ane di 085711214172 [gro]

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur

ekink

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
NAMA-NAMA JURUSNYA APA AJA BANG?

P. Upil Gewde

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 4
  • Posts: 88
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Kadang GG Kadang COMSANSIN
Om om bukannye ini reposting...???
Hadehhhhhhhh
Sekali Upil Di Keluarkan.
Haram untuk Dimasukan Kembali...!!!!!

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur
oh iya lupa hehehe.... yarin dah man mau lurusin dikit  ini... 8)

Kembang Goyang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 21
  • Reputation: 1
Salam Bang,

Kalo di Silat Gombel ada tradisi apa aje bang? Kalo gak salah ade puasa same Mandi di tujuh sumur ye?

Lanjutin ceritanye dong bang...

ndog bledheg

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 16
  • Reputation: 114
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tejokusuman
Waduuuhhh, iya lah Bang. Babar dikit lah tentang jurus-jurus dan tetek bengeknya nih silat Gombel. Yang belum tahu kayak aku ini kan biar jadi lebih paham, hihiiii.... Salam Kembang Mawar...
dengan sajak, tiada kita berjarak

Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 117
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Hitam Putih Abu Abu
Close....

 

Powered by EzPortal