+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih"  (Read 12746 times)

Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 117
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Hitam Putih Abu Abu
Salam Kenal Ane ye.. [[seyumlah]]
klo ente baca trus koment jangan panggil abang ya  8)
ane mau ngenalin silat turun temurun yaitu silat Gombel atau Gombelan aliran Jalak putih

 [[damai]]
Gombel adalah silat tertua dari betawi, kata gombel berasal dari bahasa betawi kuno yaitu "jembel" atau "nyembel" yang artinya "megang".

Silat ini di Temukan Oleh H.Ahmad Syarudin (alm) pada tahun 1923 pada saat masa penjajahan. Di turunkan lansung ke cucu nya yang bernama Rudy alias bang jack (34th)
kesenian ini hanya ada di depok karna ini hanya satu"nya yang beraliran jalak putih tidak seperti aliran di daerah pasundan atau juga sekitar lubang buaya

ciri khas silat ini adalah kuncian yang fatal umumnya pencak silat ini tidak terlalu berbaur dengan silat lainnya dalam arti kata tidak di sebar ke sembarang orang itu lah tradisi yang sudah terjadi sejak dulu tapi kini ane dan cucu pewaris silat ini sepakat menyebarkan aliran ini karna sudah di ambang ke punahan. [[kaget]]

para pesilat gombel ini biasanya bisa saling mengetahui kalau mereka itu satu perguruan dengan cara melihat gerakan yang selalu cekatan dan berhati".


jika agan berminat untuk belajar kesenian ini
agan hubungi saya lansung  :o


Syaratnya : Agan harus slalu ikut pengajian yang di adakan sebelum latihan silat ini
                   Agar agan sekalian di beri keteguhan hati dalam menjalankan rutinitas ini
                   intinya supaya agan tidak slalu  >:(


pengajian dilakukan dari selepas isya hingga 09.30 dan di teruskan dengan pelatihan dari jam 09.30 sampai 12.00 malam di adakan setiap malam senin

Perguruan ini tidak meminta mahar apa pun dengan kata lain gratis
agan perlu coba silat ini agan gk akan menyesal kalo sudah mempelajarinya

ane Putra(17th)  [[damailah]] jangan panggil abang
ane juga masih belajar
klo mau sms atau tlp ane di 085711214172 [gro]

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur

ekink

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
NAMA-NAMA JURUSNYA APA AJA BANG?

P. Upil Gewde

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 4
  • Posts: 88
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Kadang GG Kadang COMSANSIN
Om om bukannye ini reposting...???
Hadehhhhhhhh
Sekali Upil Di Keluarkan.
Haram untuk Dimasukan Kembali...!!!!!

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur
oh iya lupa hehehe.... yarin dah man mau lurusin dikit  ini... 8)

Kembang Goyang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 21
  • Reputation: 1
Salam Bang,

Kalo di Silat Gombel ada tradisi apa aje bang? Kalo gak salah ade puasa same Mandi di tujuh sumur ye?

Lanjutin ceritanye dong bang...

ndog bledheg

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 16
  • Reputation: 114
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tejokusuman
Waduuuhhh, iya lah Bang. Babar dikit lah tentang jurus-jurus dan tetek bengeknya nih silat Gombel. Yang belum tahu kayak aku ini kan biar jadi lebih paham, hihiiii.... Salam Kembang Mawar...
dengan sajak, tiada kita berjarak

Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 117
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Hitam Putih Abu Abu
Close....

 

Powered by EzPortal