+-

Video Silat


International Paris Open Pencak Silat 2008
pendekar - silat ki ontong 1
Ujungan Macan Ngawahan
Tuna Daksa Sang Pendekar Silat
cikalong onAction #02
Ensiklopedi Silat Indonesia
Peragaan Jurus dan Gerak Cingkrik Goning
Pencak Malioboro Festival - pepedangan cimande
Silat Makassar menggunakan badik

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by muramasa
18/12/2014 10:01

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"  (Read 8428 times)

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« on: 24/08/2007 12:55 »
Copy paste dari
http://tebuireng.net/?pilih=news&aksi=lihat&id=27&Login=4f8668fa075506a38013a575c76808f7

NH Perkasya (Nurul Huda Pertahanan Kalimat Syahadat) adalah salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang ada di Pesantren Tebuireng. Perguruan ini didirikan (diresmikan) pada tanggal 02 Nopember 1982. Didirikan oleh Drs H M Lamro Azhary, salah seorang santri dari Ponorogo Jawa Timur.

Sebagai sebuah organisasi baru di Pesantren Tebuireng waktu itu, NH Perkasya telah mampu menampakkan jati dirinya, sehingga pada tahun 1986 mendapatkan pengakuan secara resmi dari IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Bahkan dalam Seleksi Daerah pernah mendapatkan Juara Umum.

Pada tahun itu pula NH Perkasya mempunyai inisiatif untuk mengundang para pendekar se-Jawa Timur yang tujuannya membentuk wadah Pencak Silat di bawah naungan NU (Nahdlatul Ulama'), maka terbentuklah Perguruan Silat Pagar Nusa.

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #1 on: 24/08/2007 12:58 »
NH Perkasya dalam dakwah transformatif di masyarkat

Sebagaimana dalam organisasi lainnya pasti memiliki target dan tujuan yang ingin dicapai, begitu pula NH Perkasya, walaupun sepintas sebagai wadah para pendekar yang secara fisik memiliki katangguhan dan ketangkasan, namun di sisi lain bahwa NH Perkasya mendidik para pendekar yang dibekali berbagai macam kemampuan baik bersifat skill maupun wawasan, lebih-lebih tentang ke-Islam-an, karena bagaimanapun NH Perkasya lahir atas dorongan dan berada ditengah-tengah, maka ending dari hasil didikan dan pelatihannya pun harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pula.

Dakwah transpormatif adalah suatu trobosan baru yang mampu dioperasioanalkan NH Perkasya dengan jalan memberikan masukan keilmuan, keimanan dan ke-Islam-an dengan sistem kaderisasi yang berkesinambungan, artinya sikap kader yang telah dikaderkan harus mampu mengkader orang lain dalam bentuk-bentuk nyata dalam kehidupan sehari-hari. Metode membutuhkan kualitas bukan sekedar kuantitas, jadi tidak melibatkan banyak orang, tapi bagaimana dari sedikit kader itu mampu mengorbitkan manusia-manusia NH Perkasya yang lahir dari bathin sehingga mampu mengendalikan segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi baik pada diri sendiri, keluarga maupun orang lain. Dari pengertian tersebut dapat kita ambil pengertian mendasar bahwa perjuangan NH Perkasya bukan sekedar perjuangan fisik untuk melawan musuh yang menyerang dalam bentuk fisik akan tetapi perjuangan NH Perkasya adalah perjuangan yang berkesinambungan baik ke dalam maupun keluar, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh setiap orang yang menghendakinya.

mas wahid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 1
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #2 on: 27/08/2007 00:28 »
@aguswin
boleh nanya nih?  NH perkasa adalah yang mempelopori terbentuknya pagar nusa, tapi kenapa sekarang masih ada NH perkasa, bukankah sudah diganti pagar nusa? tolong jelasin ya saya belum faham

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #3 on: 27/08/2007 17:10 »
topik yang menarik... silahkan dilanjut [top]

semoga tak akan ada friksi

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #4 on: 27/08/2007 18:42 »
Apakah ini asal usulnya Silat NU???

Maksud Silat NU yang bagaimana ? Apakah LPSNU Pagar Nusa ? Atau kah latihan-latihan silat di lingkungan NU ?

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #5 on: 27/08/2007 18:48 »
@aguswin
boleh nanya nih?  NH perkasa adalah yang mempelopori terbentuknya pagar nusa, tapi kenapa sekarang masih ada NH perkasa, bukankah sudah diganti pagar nusa? tolong jelasin ya saya belum faham

NH Perkasya bukan berganti menjadi Pagar Nusa. Keduanya berbeda organisasi dan masih sama-sama eksis hingga detik ini. NH Perkasya berpusat di Ponpes Tebuireng Jombang, sedangkan Pagar Nusa kalo nggak salah sudah hijrah ke kota lain.

Seinget saya, berdasar cerita pelatih saya dulu, Pagar Nusa bukan perguruan atau aliran silat, melainkan wadah atau ikatan atau organisasi untuk menghimpun atau mempersatukan pendekar-pendekar silat yang ada di berbagai pondok pesantren di lingkungan NU, dari berbagai aliran dan perguruan. Nah, yang mempelopori terbentuknya organisasi ini mayoritas adalah orang-orang NH Perkasya di Tebuireng.

Mohon maaf dan mohon dikoreksi apabila saya salah.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #6 on: 28/08/2007 14:24 »

Seinget saya, berdasar cerita pelatih saya dulu, Pagar Nusa bukan perguruan atau aliran silat, melainkan wadah atau ikatan atau organisasi untuk menghimpun atau mempersatukan pendekar-pendekar silat yang ada di berbagai pondok pesantren di lingkungan NU, dari berbagai aliran dan perguruan. Nah, yang mempelopori terbentuknya organisasi ini mayoritas adalah orang-orang NH Perkasya di Tebuireng.

Mohon maaf dan mohon dikoreksi apabila saya salah.

akhirnya masalahnya jadi jelas dan clear... Alhamdulillah

terima kasih mas Aguswin  [top]

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #7 on: 29/08/2007 18:26 »
Pakaian seragam perguruan ini tergolong unik karena berwarna abu-abu kayak celana seragam sekolah anak SMA. Emang ada sih perguruan silat yang pakaian seragamnya berwarna abu-abu, tapi jarang deh kayaknya.

Tingkatannya pakai warna sabuk persis tingkatan di Karate pada umumnya, yaitu putih, kuning, hijau, biru, coklat dan hitam. Tingkat sabuk kuning warna sabuknya oranye, tapi nyebutnya tetep sabuk kuning.

Kata salah seorang pelatih, NH Perkasya beraliran Jusika, akronim dari Judo Silat Karate.

Hizb Qalbo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: masih pikir-pikir
Re: Perguruan Pencak Silat "NH Perkasya"
« Reply #8 on: 19/10/2010 15:07 »
 [[run2]] cepet.. cepetttt [lucu]


wah.sudah lama g denger kabarnya.NH PERKASYA adalah kali pertamaku kenal dan belajar silat.wah,kangen... :'(

sayang profilnya g detil.padahal pgn nyimak lebih detil nih ::)

top buat yg bikin topil satu ini  [[peace2]]


oke,tak muter2 dulu :o
 [[run2]]

nek ada kabar baru  ::)
tak balik ;D
mendengar belum tentu benar.Melihat belum tentu tepat. Menyaksikan, itulah jalan terdekat pada kebenaran yang Agung

 

Powered by EzPortal