+-

Video Silat


Silat Bakti Negara @ Kompas TV
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
beksi hasbulloh - Performance silat di acara ultah
Silat Festival 2007
Beksi - apresiasi luar biasa di diskusi bandrong
Beksi, Peragaan Jurus #02
Silat Cimande By Cun Cun Wahyudi Method Ludi Djamh
Ensiklopedi Silat Indonesia
Pencak Betawi

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)  (Read 70707 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« on: 30/05/2007 10:31 »
Saya lebih tertarik dengan pendekatan samber gledek yang langsung "diskusi" dengan praktisi Gerak Saka, Babe Nani. Dari pengamatan dan pengalaman yang didapat mas SG, saya tergelitik untuk memberikan perbandingan dengan pengamatan dan pengalaman saya ketika berdiskusi dengan Pak Yosis, Guru saya di Bandarkarima.

Tingkat tertinggi di Bandarkarima adalah Kumaitu, bisa diterjemahkan secara bebas "kumaha itu" atau bagaimana sikon yang dihadapi. Seorang pendekar yang telah mencapai tingkat ini sudah tidak main jurus lagi tapi main rasa...

Eittt... maaf ntar disambung lagi. Ada meeting euy!

Wassalam,
TP

Gotcha... hehehe... kena deh Mas Taufan
sekarang ga mungkin kabur-kaburan lagi... sudah ke beli ama aku [lucu]

mari sahabatsilat semua
terutama yang penasaran dan juga ada pengetahuannya tentang Sahbandar
kita diskusikan, dimulai dengan "lontaran" topik by sahabat Taufan [top]

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #1 on: 30/05/2007 11:31 »
Sedikit share sambil nunggu sambungan sahabat Taufan,

waktu ke cianjur kemaren saya sempat usik sama adiknya wa dudun yang bisa sabandar (sabandar cikaret) dan isi kosongnya mateb banget. kalau ada yang bisa batu jelasin beda sabandar  kisawung (sama engak dengan bojong herang) dengan sabandar cikaret ini selain jumlah jurusnya yang 5 dengan 17 ? apa lagi ya  ???

Saya lebih tertarik dengan pendekatan samber gledek yang langsung "diskusi" dengan praktisi Gerak Saka, Babe Nani. Dari pengamatan dan pengalaman yang didapat mas SG, saya tergelitik untuk memberikan perbandingan dengan pengamatan dan pengalaman saya ketika berdiskusi dengan Pak Yosis, Guru saya di Bandarkarima.

Tingkat tertinggi di Bandarkarima adalah Kumaitu, bisa diterjemahkan secara bebas "kumaha itu" atau bagaimana sikon yang dihadapi. Seorang pendekar yang telah mencapai tingkat ini sudah tidak main jurus lagi tapi main rasa...

Eittt... maaf ntar disambung lagi. Ada meeting euy!

Wassalam,
TP

Gotcha... hehehe... kena deh Mas Taufan
sekarang ga mungkin kabur-kaburan lagi... sudah ke beli ama aku [lucu]

mari sahabatsilat semua
terutama yang penasaran dan juga ada pengetahuannya tentang Sahbandar
kita diskusikan, dimulai dengan "lontaran" topik by sahabat Taufan [top]
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #2 on: 30/05/2007 11:53 »
hello Mas Taufan  :D

selain Kumaitu ada lagi kah yang lainnya (maksudnya tahapan sebelum mencapai itu) ^:)^

trus Teknik Kumaitu ini sepertinya yang terjadi
tatkala Mama Ibrahim bertemu dengan Mama KOsim

diceritakan dengan berbagai versi ialah:
- cukup dengan bersalaman saja, lalu saling bisa saling "rasa" :D
- saling meletakkan kopiahnya masing2 :D
- saling memandang saja , lalu selesai :o
- saling berkata, "jika saya yang memulai tentu saja saya yang akan kalah" ^:)^

bagimana Mas  x-))

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #3 on: 30/05/2007 11:56 »
Sedikit share sambil nunggu sambungan sahabat Taufan,

waktu ke cianjur kemaren saya sempat usik sama adiknya wa dudun yang bisa sabandar (sabandar cikaret) dan isi kosongnya mateb banget. kalau ada yang bisa batu jelasin beda sabandar  kisawung (sama engak dengan bojong herang) dengan sabandar cikaret ini selain jumlah jurusnya yang 5 dengan 17 ? apa lagi ya  ???

ada yang bisa bantu jelaskan perbedaannya..
kayaknya Kang Naga kudu nempel heula jeung urang yeuh  :w

Maheso_Jenar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #4 on: 30/05/2007 13:27 »
Sedikit share sambil nunggu sambungan sahabat Taufan,

waktu ke cianjur kemaren saya sempat usik sama adiknya wa dudun yang bisa sabandar (sabandar cikaret) dan isi kosongnya mateb banget. kalau ada yang bisa batu jelasin beda sabandar  kisawung (sama engak dengan bojong herang) dengan sabandar cikaret ini selain jumlah jurusnya yang 5 dengan 17 ? apa lagi ya  ???

ada yang bisa bantu jelaskan perbedaannya..
kayaknya Kang Naga kudu nempel heula jeung urang yeuh  :w

Ya Ki ...bisa ngak dibantu menjelaskan perbedaan jurus 17 dan 25 serta jenis2 cabang sabandar yang ada ...kalau bisa falsafahnya ... karena hal ini jarang loh dibahas mendalam ... he he he sory mintanya kebanyakan ...
 :-X ::) ^:)^

stryker

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 38
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #5 on: 30/05/2007 14:44 »
numpang lewat....

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #6 on: 30/05/2007 15:33 »
Sedikit share sambil nunggu sambungan sahabat Taufan,

waktu ke cianjur kemaren saya sempat usik sama adiknya wa dudun yang bisa sabandar (sabandar cikaret) dan isi kosongnya mateb banget. kalau ada yang bisa batu jelasin beda sabandar  kisawung (sama engak dengan bojong herang) dengan sabandar cikaret ini selain jumlah jurusnya yang 5 dengan 17 ? apa lagi ya  ???

ada yang bisa bantu jelaskan perbedaannya..
kayaknya Kang Naga kudu nempel heula jeung urang yeuh  :w

He he he... nempel yang lain ya ki, kayak salam tempel gitu hik hik hik
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #7 on: 30/05/2007 17:41 »
Assalamu 'alaikum,

Mohon ijin melanjutkan posting sebelumnya Kisawung... mumpung ada waktu luang sampe jam 17:00 WIB (bukan WIM... hehehe).

Untuk mencapai tingkat Kumaitu harus melalui perjalanan panjang olah fisik dan olah bathin; Dimulai dari tingkat liliwatan, naik ke riringkesan, lanjut ke Sanalika, barulah mencapai Kumaitu.

Boleh cerita sedikit ya Ki...
Pada tingkat liliwatanlah diberikan perbendaharaan jurus paling banyak yang didominasi karakter Kari dan sedikit karakter Madi untuk menumbuhkan tenaga luar. Bila dilihat tampilan jurusnya, bisa dikategorikan sebagai stand fighting kali ye...

Naik ke tingkat riringkesan barulah diperkenalkan pada karakter sabandar melalui jurus jalan tengah... merupakan awal dari latihan olah rasa, merasakan dan memanfaatkan aliran tenaga lawan. Sementara untuk menyalakan generator tenaga dalam dilatih dengan Jurus 10 Margaluyuan. Sedangkan jurus2 lainnya mirip ground fighting, dikhususkan pada gerakan bekukan, patahan dan membuang lawan.

Begitu mencapai tingkat sanalika, tidak banyak jurus baru yang diberikan. Penggemblengan lebih difokuskan pada pematangan karakter sabandar, kari dan madi pada seluruh materi yang telah dikuasai agar dapat diimplementasikan dengan efektif dan efisien. Olah rasa merupakan bagian terbesar dari porsi latihan, melalui praktek usik dan tapelan, olah nafas dan olah bathin melalui Dzikirullah.

Setelah seorang pendekar sanalika berhasil melebur materi yang dipelajari kedalam dirinya lahir dan bathin, beliau akan mengalami fenomena ruhiah yang akan membentuk karakternya kemudian. Bila berhasil melalui pengalaman bathiniah tersebut, maka beliau telah berhasil mencapai tingkat kumaitu. Karakter sabandar, kari dan madi akan melandasi setiap helaan nafasnya, setiap langkahnya, bahkan saat tidurnya.


Saya pernah merasa dikerjain ketika dilumpuhkan hanya dengan 2 gerakan! bukan 2 jurus! Jadi ngapain setengah mati latihan puluhan jurus kalo akhirnya semaput dengan 2 gerakan yang kelihatannya asal-asalan...


Pada tingkat riringkesan Bandarkarima, ciri2 jurusnya juga didominasi gerakan yang melingkar. Mengingat almarhum ayahanda Pak Yosis adalah salah seorang ketua Gagak Lumayung pada masanya, mungkin ada kaitannya dengan gerak gulung??? Wallahualam bisabab...

Wassalam,
TP
« Last Edit: 31/05/2007 12:50 by kisawung »

stryker

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 38
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #8 on: 31/05/2007 11:25 »
seru bener..

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #9 on: 31/05/2007 12:05 »
numpang lewat....

selamat datang dan selamat bergabung mas h.. e- eh... mas stryker  :D

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #10 on: 31/05/2007 12:12 »
Ki Sawung keren euy gambarnya eh itu megang bedog cepot kan? ;D

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #11 on: 31/05/2007 12:31 »
Ki Sawung keren euy gambarnya eh itu megang bedog cepot kan? ;D

dari siapa dulu dong bedognya  [lucu]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #12 on: 31/05/2007 12:48 »
ini ialah catatan penting yang saya rumuskan dari mendengar keterangan Sesepu maenpo di Cianjur saat acara pasanggiri kemaren..

Sabandar / persilatan jurus lima, ialah suatu pelajaran untuk mengolah tenaga yang ada pada manusia.

Karakter Sabandar :

1.   Tidak memakai prinsip suliwa
2.   memiliki 7 prinsip dalam gerakannya

7 prinsip sifat gerakan Sabandar :

1.   Jurus Gebek, falsafah dimana kemampuan utk menggerakkan badan ditujukan utk menghilangkan sifat negative pada diri
2.   Jurus Tahan, falsafah untuk dapat menahan diri dari keinginan berbuat negative
3.   Jurus Timbangan, Jurus Sabeulah, kemampuan untuk menimbang
4.   Jurus Tuntung, falsafah kemandirian
5.   Jurus Rasa, -rasa antel->napel , -rasa anggang-> ditengah, -rasa sinar->dari jauh
6.   Jurus Leuleus
7.   Jurus Leungit

Mama Kosim datang ke Cianjur pada sekitar tahun 1845


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #13 on: 31/05/2007 13:03 »
Ya Ki ...bisa ngak dibantu menjelaskan perbedaan jurus 17 dan 25 serta jenis2 cabang sabandar yang ada ...kalau bisa falsafahnya ... karena hal ini jarang loh dibahas mendalam ... he he he sory mintanya kebanyakan ...
 :-X ::) ^:)^

perbedaan jurus ialah terletak pada prinsip pemahaman "Liliwatan"
dan itu ialah kejadiannya pada jurus ke empat dari 5 jurus aseli Sabandar :)

sempat aku bertanya kepada abah Iip tentang hal ini, sebagai laporan,
ialah tatkala aku "belajar lagi" Sabandar aliran Cirebonan, yang mengajarkan 30 jurus.. :D
dimana pada salah satu jurusny terdapat jurus "deprok" ( jatuh terduduk ke bawah) :o
nah aku tanya, apakah abah pernah diajarkan jurus yg demikian dahulunya :-\

maka dijawab... "iya pernah, namun karena dipertimbangkan jurus itu tidak efisien maka
tidak dimasukkan ke dalam wajib jurus pada jurus pengembangan "liliwatan" .."

kesimpulannya, maka menurutku, ternyata pada setiap Guru Sabandar
tergantung lagi bagaimana selera dan pemahamannya tentang efisiensi jurus
dan walau ada juga yang merasa, "ah eta teh belum menemukan rahasianya jurus sajah "
jadi walau tidak dimenngerti kemana arahnya yah tetap dipertahankan..
atau malah karena sudah terlalu mengerti, dan berkesimpulan "cukuplah", maka dihilangkan..
« Last Edit: 31/05/2007 13:27 by kisawung »

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #14 on: 31/05/2007 13:23 »
masalah filosofi/falsafahnya..

sama-sama kita ketahui, masa itu kebanyakan filosofi dijadikan dari akibat pencerahan
dan pencerahannya ialah berdasarkan landasan Islam, dalam hal ini paham tasawuf..

nah kaitannya ialah mengacu pada pemahaman "kaji diri sehingga bertemu kaji rasa"

sedangkan masa itu yang dianggap jago dalam masalah kaji rasa
ialah banyak terdapat pada pemahaman "aliran di Cirebon"
sampai-sampai "terkenal akan mitosnya" yaitu "Aji Rasa Cirebon"

dan untuk itu maka ramailah para sesepuh dahulu berusaha menginti-ngintip ajaran itu
dan malahan banyak yang langsung menceburkan dirinya masuk pada ajaran itu..

sehingga, pada para penerus Sabandar menjadi terdapat dua pemahaman dasar

Kaji Rasa, sesuai dengan paham aliran tenaga pada diri dan musuh.. hasilnya ialah "usikan"
Kaji Rasa, yang mengarah pada pemahaman batin.. hasilnya ialah "rasa sinar".. "keajaiban"

bagi yang berjiwa "Parewa" dan pusing dengan urusan rohani,
maka mereka kebanyakan memilih jalur usikan saja, lebih karena "tidak terkena pantangan"
dan "terhindar dari pamali dan kuwalat"

dan bagi yang berjiwa Sufi dan sangat menyukai urusan rohani,
maka mereka kemudian memilih jalur "kebatinan", dan menutup diri dengan kemampuannya..

sahabat silat semuanya..
Correct  Me If I am Wrong (CMIIW)

 

Powered by EzPortal