+-

Video Silat


Peragaan Jurus Cikalong
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
ICE 2009, Beksi Kid performance
BENJANG
Silat Makassar menggunakan badik
Jambore Pencak Silat, Setia Hati performance - se
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Silek Kumango
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)  (Read 274742 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #15 on: 31/05/2007 13:35 »
suatu ketika di Padepokan Silat TMII

Mas O`ong bertanya kepadaku..

"tahu enggak mengapa ajaran Sahbandar itu jadi begitu banyak rahasianya"

aku jawab.. "apa kira-kira menurut Mas O`ong"

lalu dijawab.. "Hahahaha... itu karena Sahbandar hakekatnya ialah
paham Sedulur Papat Lima Pancer, yang mana paham itu dulunya ialah kental
dari ajaran pemahaman Hindu "

"bukankah Sabandar itu berasal dari Silek Minang
Silek Minang ialah berasal dari Silek Tuo
dan Silek Tuo itu, pahamnya ialah paham Hindu,
barulah dikemudian hari pahamnya berobah menjadi paham dari Tasawuf Islam"
begitulah kata Mas O`ong.. [top]


bijimana mas...

we`ll waiting neh  :w

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #16 on: 31/05/2007 13:40 »
Ki, kalo Sahbandar dengan Panglipur ada hubungannya engga yah?  :)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #17 on: 31/05/2007 13:44 »
Ki, kalo Sahbandar dengan Panglipur ada hubungannya engga yah?  :)
hubungannya menurut sejarah yah adalah tapi aku lupa
harus nanya mamang google dulu baru ketemu  [lucu]

barangkali ada sahabatsilat lainnya yang mau menjelaskan tentang hal tersebut

mangga dipeursilahkeun  ^:)^

tangan-awan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 109
  • Reputation: 9
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #18 on: 31/05/2007 13:58 »
Panglipur kan didirikan oleh Abah Aleh
ada tuh, di silsilahnya maenpo Cikalong

http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=39.0
 ::)
« Last Edit: 31/05/2007 14:06 by tangan-awan »
Lemes lebih menang dari keras.lembek lebih menang daripada koeat,antero doenia semoea taoe,tapi tida ada jang bisa djalanin  - Too Tik Ting Fatsal Ka LXXVIII Ajat 442

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #19 on: 31/05/2007 18:01 »


Tetapi kalau bicara soal Panglipur, salah satu yang menarik adalah Jurus Jalak Pengkor (Jalak Pincang) nya, mengingatkan pada satu style legenda dari Gan Obing  ::)



kalau soal yg ini ada sumbernya nih >:D
kang Nagapasa...... :w mana nih penjelasannya.... :)p [run]


Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #20 on: 31/05/2007 21:04 »
tah begitu atuh ki,

makasih udah share bedanya. (meski masih bingung  :'()

sok dilanjut atuh ki


masalah filosofi/falsafahnya..

sama-sama kita ketahui, masa itu kebanyakan filosofi dijadikan dari akibat pencerahan
dan pencerahannya ialah berdasarkan landasan Islam, dalam hal ini paham tasawuf..

nah kaitannya ialah mengacu pada pemahaman "kaji diri sehingga bertemu kaji rasa"

sedangkan masa itu yang dianggap jago dalam masalah kaji rasa
ialah banyak terdapat pada pemahaman "aliran di Cirebon"
sampai-sampai "terkenal akan mitosnya" yaitu "Aji Rasa Cirebon"

dan untuk itu maka ramailah para sesepuh dahulu berusaha menginti-ngintip ajaran itu
dan malahan banyak yang langsung menceburkan dirinya masuk pada ajaran itu..

sehingga, pada para penerus Sabandar menjadi terdapat dua pemahaman dasar

Kaji Rasa, sesuai dengan paham aliran tenaga pada diri dan musuh.. hasilnya ialah "usikan"
Kaji Rasa, yang mengarah pada pemahaman batin.. hasilnya ialah "rasa sinar".. "keajaiban"

bagi yang berjiwa "Parewa" dan pusing dengan urusan rohani,
maka mereka kebanyakan memilih jalur usikan saja, lebih karena "tidak terkena pantangan"
dan "terhindar dari pamali dan kuwalat"

dan bagi yang berjiwa Sufi dan sangat menyukai urusan rohani,
maka mereka kemudian memilih jalur "kebatinan", dan menutup diri dengan kemampuannya..

sahabat silat semuanya..
Correct  Me If I am Wrong (CMIIW)


Tetapi kalau bicara soal Panglipur, salah satu yang menarik adalah Jurus Jalak Pengkor (Jalak Pincang) nya, mengingatkan pada satu style legenda dari Gan Obing  ::)



kalau soal yg ini ada sumbernya nih >:D
kang Nagapasa...... :w mana nih penjelasannya.... :)p [run]




Tetapi kalau bicara soal Panglipur, salah satu yang menarik adalah Jurus Jalak Pengkor (Jalak Pincang) nya, mengingatkan pada satu style legenda dari Gan Obing  ::)



kalau soal yg ini ada sumbernya nih >:D
kang Nagapasa...... :w mana nih penjelasannya.... :)p [run]


Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #21 on: 31/05/2007 21:07 »
Jalak pengkor teh gerakan jalak pincang...

saya sendiri belum pernah lihat jurusnya, mungkin kang bradlee bisa jelasin bentuk gerakannya seperti apa  ;D

oh ya legenda gan obing itu apa sih legendanya ? terangin juga ya....  8)

makasih.... [hai]



Tetapi kalau bicara soal Panglipur, salah satu yang menarik adalah Jurus Jalak Pengkor (Jalak Pincang) nya, mengingatkan pada satu style legenda dari Gan Obing  ::)



kalau soal yg ini ada sumbernya nih >:D
kang Nagapasa...... :w mana nih penjelasannya.... :)p [run]


Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #22 on: 31/05/2007 22:03 »
Salam kenal tuk kang Bradlee, kang Nagapasa, Uda Parewa..  ^:)^ ^:)^  [top]

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #23 on: 31/05/2007 22:04 »
Salam kenal juga tuk Tangan-awan..Thanks atas infonya mengenai Panglipur..  [top]  :D

Maheso_Jenar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #24 on: 07/06/2007 12:22 »
Yang menarik sesungguhnya penelusuran tentang hub. mama Kosim dengan aliran silek minang .... apakah masih ada permainan awal dari mama kosim di ranah minang .... saya rasa begitu ...hipotesa saya ketika mama kosim mengembangkan alirannya di tanah jawa, pasti sudah disesuaikan dengan kultur dan sosiogeografis dari orang jawa/jawa barat .....karena kultur budaya minang/sumatera dengan jawa barat tentunya beda ... dan jangan lupa Pencak Silat itu adalah hasil interaksi manusia dengan alam sekitarnya (sosial, budaya dan geografis) sehingga suatu aliran silat biasanya didesain sesuai kultur sosial budayanya ....

Gitu ..... :w :'(

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #25 on: 07/06/2007 12:36 »
Setuju mas Maheso... sesuai dengan falsafah Minang, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.
Interaksi yang intens antara beliau dengan murid2 H. Ibrahim saat berlatih usik tapelan di perkebunan kelapa di Sabandar, pasti telah mempengaruhi karakter silek minang yang beliau mliki.
Wassalam.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #26 on: 07/06/2007 17:57 »
Yang menarik sesungguhnya penelusuran tentang hub. mama Kosim dengan aliran silek minang .... apakah masih ada permainan awal dari mama kosim di ranah minang .... saya rasa begitu ...hipotesa saya ketika mama kosim mengembangkan alirannya di tanah jawa, pasti sudah disesuaikan dengan kultur dan sosiogeografis dari orang jawa/jawa barat .....karena kultur budaya minang/sumatera dengan jawa barat tentunya beda ... dan jangan lupa Pencak Silat itu adalah hasil interaksi manusia dengan alam sekitarnya (sosial, budaya dan geografis) sehingga suatu aliran silat biasanya didesain sesuai kultur sosial budayanya ....

Gitu ..... :w :'(
analisanya mantaaf [top]

begitulah yang terjadi kesininya...
bukan saja beliau yg sudah menyesuaikan jurusnya sesuai kondisi setempat
bahkan terlihat seolah beliau memberikan kebebasan kepada para muridnya utk mengembangkannya
atau modifikasi sesuai selere dan pemahaman masing-masing

hal ini terbukti dengan adanya fenomena jurus yang berbeda, walau itu masih dalam lima jurus.. :D
setiap pendekar yang membawakan persilatan jurus lima, bisa dipastikan gerakannya berbeda

namun, kalau kita lihat dari karakter dan filosofinya, disitulah yg kelihatannya bisa bertemu dan sama

baru-baru ini saya kehadiran tamu dari kaskusers yg belajar Sabandar Jurus lima dari Ayahnya
yang berdomisili di Garut
dan dia mempraktekkannya sebagai jurus yang sifatnya fisical , tidak ada unsur tenaga dalamnya
bahkan terlihat seperti gerakan " Kari "  :D

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #27 on: 11/06/2007 08:53 »
Numpang duduk ya Kisawung....

 [top]

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #28 on: 11/06/2007 23:53 »
wah ada aliran sahbandar garut ya ki?  :)

Ferdian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #29 on: 14/06/2007 17:03 »
punten, akang2,mas2, salam kenal nih.

 

Powered by EzPortal