+-

Video Silat


Silek Minang Pandeka Cupak Hosra Afrizoni 1
Tarung Bebas Genggong
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Silek Kumango
vidioku
"THE SILAT FIGHTING" (last scene,part 1)
GGBD - Demo / Aplikasi #3

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)  (Read 205819 times)

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #195 on: 17/11/2011 19:51 »
Betul, jurus sabandarnya yang dari Apih Oding itu luar biasa halus.  :D
tapi kuda-kudanya, masya Allah.
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #196 on: 21/11/2011 08:15 »
Hehehe, kirain saya aja yang pemula yang ngerasain, ternyata kang Abu yg mestre juga gempor. Hahaha.

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #197 on: 12/12/2011 12:50 »
Baca baca tread lama tentang ulin kari, disana disebutin tentang sabandarnya Pa Umar yang totok sabandar ga belajar aliran lain, dan terkenal telenges sabandarnya. Ada yang tau ga keberadaannya, siapa penerusnya? Seperti apa jurusnya? Mohon infonya...

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #198 on: 14/12/2011 10:13 »
sabandar apih Oding emang maknyos (kuda2nya, tapi halusnya jurus itu mengingatkan saya ketika latihan tai chi yg halus
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #199 on: 14/12/2011 18:06 »
Hehehe, betul kang PangMud, apalagi kalo apih Oding turun langsung, tekanannya kerasa, saya baru 1 kali ketemu almarhum. Pertama sih agak sebelah mata, jurus halus gitu trus cuma lima, apa bisa bikin orang jatuh, ternyata....saya dibuat apung apungan. Hehehe.

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #200 on: 14/12/2011 18:11 »
Yang sekarang bikin penasaran, cara usiknya sabandar seperti apa? Maksudnya tapelan, cara mukul, nendang, kuncian, rikesan, apa ada di permainan sabandar asli.

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #201 on: 16/12/2011 15:47 »
Ini jawaban yang pernah saya denger langsung dari Pak Cece (Cikaret) Pewarisnya Aa Aman: " Sabandar itu basicnya jurus satu. Jurus satu itu seperti nabung, semakin sering latihan jurus satu, semakin banyak tabungannya. kalau diibaratkan uang, maka semakin banyak kita menabung maka semakin banyak uang kita. Naaah...kalau uang kita banyak, mau ngapain aja, insya Allah bisa.

kalau dikonversikan ke serangan lawan ------->  seandainya "tabungan" kita banyak, mau di tendang, mau di pukul, mau dirikes, mau di apain aja, insya Allah gampang ngatasinya. Gimana caranya?

Waktu itu Pak Cece gak ngejawab, tapi langsung nyuruh saya dan Bang Pangeran Muda, untuk menyerang Beliau (bergantian), lalu dengan santainya Pak Cece mementahkan semua serangan kami, bahkan yang lebih ........lagi, Pak Cece melayani serangan Bang Pangeran Muda sambil beliau ngobrol dengan saya,   hahahahahahaha, kebayang gak tuh... :w
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #202 on: 16/12/2011 15:58 »
kalau yang saya lihat langsung, cara pak Cece ngelayani usikan kita, gak jauh dari gerakan jurus, seperti jurus 4, jurus 3 dll. prinsipnya adalah membuang/mengalihkan atau apalah namanya, serangan lawan ke atas, ke bawah, ke samping kanan dan kiri, ke depan atau ke belakang, setelah tangtungannya rusak, baru di pungkasi.

Kalau diperhatikan, jurus satu itu nabung tenaga, jurus dua itu ke arah depan, jurus 3 ke arah bawah, jurus 4, kesamping bisa juga ke belakang, jurus 5 ke atas dan ke bawah.

Kalau di Pak Cece, saya liat beliau mungkasi dengan Kari dan Madi.

Itu sih laporan langsung dari penglihatan saya.

Jadi cara usikan dan tapelan sebenernya gak akan jauh dari Jurus kang SW.

Sama dengan waktu saya ngobrol dengan almarhum Gan Ita Sasmita. Almarhum cerita, yang penting sering ngulang-ngulang jurus dan sering tapelan. Ternyata, setelah saya sering usik dengan Almarhum, kelihatan tuh, bentuk usikannya emang ngebentuk jurus. Maksudnya: gerakan usikan almarhum terpola dengan gerakan jurus Cikalong di variasikan tentunya dengan pancer dan rasa.

Jadi intinya adalah Perbanyak gerakan jurus dan sering usik, maka sistem tubuh kita akan terpola dengan sendirinya dengan pola gerakan dan rasa.


heheh, sedikit masukan sok tau dari saya.  Mohon maaf kalau ada senior dan mastah yang baca.
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #203 on: 16/12/2011 16:06 »
Mulai lah dari mengasah rasa antel, yaitu rasa dari menempel dulu, melatih kemampuan sensitifitas lewat sentuhan/napel. Kalau di Cikaret ada istilah "Tungtung - tengah- pangkat". Jadi urutan latihannya harus seperti itu Tungtung dulu, kemudian Tengah baru terakhir Pangkat. Asah dulu rasa di tungtung, asah terus sampe ngelotok tok tok. kalau udah mudeng dan ngeh, baru naik ke rasa tengah, begitu terus sampe bisa dapetin Rasa Pangkat.
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #204 on: 17/12/2011 13:54 »
Mantaf penjelasannya kang Janu, nuhun. Skarang ga ada fasilitas GRP ya. Ga papa deh, grp meluncur dah dari saya.

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #205 on: 21/12/2011 12:10 »
Saya terima deh GRP nya...hehehehe
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

anaknaga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 121
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: SKM & MP back to Ahlusunnah Salaf
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #206 on: 22/12/2011 10:13 »
Cerita Lama,
Mau tanya aja ada yang mengenal kang/mas Sugeng a.k.a Simon pernah dirikan perguruan silat "Warisan Leluhur" disekitar cawang (belum sempat register IPSI) tahun 1977-an? ga lama kemudian setelah menikah perguruaan bubar jalan.

Kang/Mas Simon berguru di cianjur under supervisi Almarhum Aa aman. apakah ada rekan yang seangkatan kang/mas simon di forum Sahabatsilat?




AnakNaga
BabyNaga
CicitNaga

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #207 on: 26/12/2011 17:39 »
Kang Abu, bisa ngejelasin ga perbedaan sabandar cikaret dengan sabandar bojongherang?

rakean sunda

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 18
  • Reputation: 19
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: sekar pusaka
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #208 on: 31/12/2011 11:15 »
...sebagai pemulas asli..abdi mah menyimak ah...gali elmu neh dari para senior... [top]

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #209 on: 31/12/2011 16:04 »
seperti biasa, akang rakean mah handap asor....nyumput dinu ca'ang, sok atuh kang di share pemahamannya..... [top]

 

Powered by EzPortal