+-

Video Silat


Tiga Berantai Putra Betawi
Pencak Betawi
Ensiklopedi Silat Indonesia
peragaan singkat ibing Gan Didi oleh Mang Ita/Aki
Merpati Putih Cabang Kabupaten Tangerang
Silat Si Bunder - Silat dr Betawi
Bandrong Ing Cilegon
HUT PSN ISMD PUTRA SETIA
Pencak Malioboro Festival - Ulin Sera (Mang Utay)

Shoutbox

27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
View Shout History

Recent Topics

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

Latihan Xinyi Liuhe Quan (only moslem) by Jenggot Perak
23/05/2014 19:46

Tempat Latihan Usik Cikalong di Bandung by muramasa
09/05/2014 08:19

MELATI RIMBA- SEPECUT PULAU PINANG by masdege
03/05/2014 15:20

[BUKUTAMU] by masdege
23/04/2014 12:56

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 2 by ifung
22/04/2014 19:29

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)  (Read 70110 times)

Ferdian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #30 on: 14/06/2007 17:16 »
salam ki,

bicara sabandar, kayanya gak ada putusnya ya ki.
saya pernah ngobrol2 ama yang belajar sabandar di cibubur ki,
disana ada perguruan silat yang alirannya sabandar.
pohonnya sih memang dari mama sabandar, trus sampe ke abah iip di ciomas bogor
dan pak oden di ciganjur. menurut rekan saya tersebut memang sabandar itu udah banyak
cabangnya, emang dulunya waktu awal sabandar cuma 5 jurus
trus berkembang menjadi berbagai macam jurus ada yang 23 ada yang 27 ada juga yang 30.
kalo dicibubur disana 27 jurus.

5 jurus itu mulai berkembang saat sabandar di satukan dengan aliran bang kari dan bank madi
makanya di sebut sabandar kari madi.

menurut penuturan bahwa sabandar kari madi dikembangkan oleh Raden Husein (gan Enceng)
tepatnya saya kurang tahu persis kapan.

mungkin ada yang tahu kali ya....?


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #31 on: 14/06/2007 21:08 »
salam kenal saudara Ferdian... :)
senang sekali saya bisa bertemu dengan saudara yg punya info tentang Sabandar
apalagi yang masih ada silsilah ke Abah Iip Bogor

kalau saya boleh saya tahu siapa nama gurunya dan apa nama perguruan
yang dibentuknya sekarang

saya sendiri bernama aseli : Muslil Siregar

dan masalah Raden Husen
beliau dahulu mendirikan perguruan Sabandar
dengan namanya ialah Perguruan Saka Domas

dan itu ialah informasi dari Abah Iip juga  :D


Ferdian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #32 on: 15/06/2007 11:20 »
salam ki,

awal berdirinya perguruan dulu diajar sama
alm. Pak Makmur Bin Sakim dan Pak Oden Aslam
sekarang diteruskan ama murid2nya.
salah satunya Bpk. Dedy Miharja, Bpk. Ahmad Furqon, Bpk. Anwar Dll
nama perguruannya Panca Sukma Siliwangi berdiri tahun 1971
yang sekarang dipimpin Bpk. Dedy Miharja

sekarang pak oden sudah gak ngajar disana lagi
karena udah punya perguruan sendiri
nama perguruan nya Pusaka Sabandar yang ada di ciganjur

menurut penuturan, abah iip menyerahkan wewenang guru besar sabandar
untuk wilayah jakarta ke Pak. Oden,
kalo gak salah dari tahun 70an tepatnya saya kurang paham

menurut informasi
berikut adalah GURU – GURU BESAR ALIRAN SABANDAR yang satu jalur ki

1.   Alm. Mochamand Kosim (Ama Sabandar).
2.   Alm. Rd. H. Enoh.
3.   Alm. Rd. H. Emod.
4.   Alm. Rd. H. Abdullah
5.   Alm. Rd. Husein (Gan Enceng).
6.   Alm. Rd. Ama Karta.
7.   Abah Iip Syarip
8.   Alm. Acep Jaenudin.
9.   Alm. Maming.
10.   Alm. Makmur bin Sakim.
11.   H. Rahmat Oden Aslam.

mungkin ada koreksi tentang guru2 besar tersebut.

makasi.. :)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #33 on: 15/06/2007 11:33 »
salam ki,

awal berdirinya perguruan dulu diajar sama
alm. Pak Makmur Bin Sakim dan Pak Oden Aslam
sekarang diteruskan ama murid2nya.
salah satunya Bpk. Dedy Miharja, Bpk. Ahmad Furqon, Bpk. Anwar Dll
nama perguruannya Panca Sukma Siliwangi berdiri tahun 1971
yang sekarang dipimpin Bpk. Dedy Miharja

sekarang pak oden sudah gak ngajar disana lagi
karena udah punya perguruan sendiri
nama perguruan nya Pusaka Sabandar yang ada di ciganjur

menurut penuturan, abah iip menyerahkan wewenang guru besar sabandar
untuk wilayah jakarta ke Pak. Oden,
kalo gak salah dari tahun 70an tepatnya saya kurang paham
Hal ini ialah sangat benar.. dan sayapun pernah menyambangi beliau Pak Oden
sewaktu acara Ujian peserta Pusaka Sabandar di Ciganjur tahun 1996.

Pak Oden memang diamanahkan oleh Abah Syarif untuk melatih wilayah Jakarta [top]

menurut informasi
berikut adalah GURU – GURU BESAR ALIRAN SABANDAR yang satu jalur ki

1.   Alm. Mochamand Kosim (Ama Sabandar).
2.   Alm. Rd. H. Enoh.
3.   Alm. Rd. H. Emod.
4.   Alm. Rd. H. Abdullah
5.   Alm. Rd. Husein (Gan Enceng).
6.   Alm. Rd. Ama Karta.
7.   Abah Iip Syarip
8.   Alm. Acep Jaenudin.
9.   Alm. Maming.
10.   Alm. Makmur bin Sakim.
11.   H. Rahmat Oden Aslam.

mungkin ada koreksi tentang guru2 besar tersebut.

makasi.. :)

Nama Guru2 Sabandar itu benar semuanya
kecuali Ama Karta lengkapnya ialah Rd.H.Kartadimadja  [top]

kalau boleh tahu di Cibubur alamatnya dimana
Insya Allah saya akan berkunjung kesana.. :)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #34 on: 15/06/2007 13:41 »
wah akhirnya para pendekar sabandar berkumpul.

ikut nimbrung ya ki, kalau R. H Enoh sendiri sabandarnya jurus 5 ya ki?

terus perubahan atau penambahan yang dilakukan setiap guru apa saja ya kit

hatur nuhun...
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Ferdian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #35 on: 15/06/2007 15:46 »
makasi atas koreksi nama Rd. Ama Karta ki,

jika memang ada kesempatan, kapan2 kita sama2 jumpa di rumah
Pak. Ahmad Furqon di cibubur ki,

alamatnya

Jln. Lapan Rt. 001/01 no 33
kelurahan pekayon
kecamatan pasar rebo
jak-tim 13710

mungkin kalo kisawung sempat lebih dulu ke kediaman pak oden
pak oden kemungkinan kenal ama pak ahmad atau pak. anwar.
karena mereka sempat belajar langsung ama pak oden.


Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 27
  • Posts: 502
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #36 on: 15/06/2007 16:33 »
Assalamu 'alaikum.

Ada Sabandaran di Cibubur... wah thanks berat infonya mas Ferdian. Saya tinggal di Cibubur malah nggak tau tuh. Insya Allah kita bisa silaturahmi.

Rd. H. Enoh yang saya ketahui adalah murid kesayangan Rd. H. Ibrahim. Kok bisa jadi Guru Besar aliran sabandar ya?

Wassalam.

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #37 on: 15/06/2007 18:23 »
R. H. Enoh memang belajar pada 2 guru yaitu H. Ibrahim pendiri cikalong dan Mama Kosim pendiri sabandar.

dari keduanya beliau mendalami maenpo dengan sangat tekun sekali dan menguasai keduanya dengan sangat baik, di ceritakan bahwa mama kosim sendiri ketika pertama kali datang ke cianjur di tempatkan di kampung sabandar oleh R. Enoh.

selain R. Enoh ada juga R. Obing yang belajar cikalong dan sabandar langsung juga pada R. Ibrahim dan Mama Kosim. R. Obing sendiri sebelumnya belajar terlebih dahulu pada R. Enoh.

tentang silsilah penerus cikalong yang juga Penerus sabandar bisa dilihat di thread maenpo cikalong berikut ini:

http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=39.45
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #38 on: 16/06/2007 10:13 »
mungkin kalo kisawung sempat lebih dulu ke kediaman pak oden
pak oden kemungkinan kenal ama pak ahmad atau pak. anwar.
karena mereka sempat belajar langsung ama pak oden.

saya percaya bahwa Pak Ahmad dan Pak Anwar memang dekat ama Pak Oden
dan persaudaraan Sabandar dari dulu juga baik banget dan tidak bermasalah..

 [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #39 on: 16/06/2007 10:21 »
wah akhirnya para pendekar sabandar berkumpul.

ikut nimbrung ya ki, kalau R. H Enoh sendiri sabandarnya jurus 5 ya ki?

terus perubahan atau penambahan yang dilakukan setiap guru apa saja ya kit

hatur nuhun...
iya kang Naga .. itu sebabnya di silsilah Sabandar
disebutkan sebagai "Silsilah Persilatan Jurus Lima"

dan abah Iip mengatakan, perkembangan jurus dari jurus lima kepada banyak jurus
itu terjadinya di era Gan Enceng (Rd.Husen)
padahal kenyataannya ialah, Gan Enceng sendiri tetap melatih dirinya dengan
jurus lima saja..
 dan fokusnya beliau terkenal dengan istilah "5 peureut"

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 27
  • Posts: 502
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #40 on: 16/06/2007 11:14 »
Assalamu 'alaikum.

Ternyata sudah dibahas di tread maenpo oleh kang Nagapasa... ketahuan deh nggak menyimak.

Alkisah interaksi Rd. H. Enoh dengan HM Kosim terjadi saat sedang berlatih usik tapelan di kebon kelapa miliknya di kampung Sabandar. Kurang berkenan karena merasa diawasi saat berlatih, akhirnya terjadilah "diskusi" diantara kedua pendekar ini. Seberapa keraspun usaha H. Enoh, namun tak satupun serangannya mampu menyentuh tubuh HM Kosim. Cerita selanjutnya sudah dibahas kang Naga. Perubahan karakter silat Rd. H. Enoh yang diam2 belajar kepada HM Kosim, tentu saja akhirnya dapat dikenali oleh Guru pertamanya.

Dari sinilah HM Kosim mulai naik daun dikalangan persilatan Cianjur... Namanya semakin disegani ketika akhirnya beliau punya kesempatan "berdiskusi" langsung dengan pendekar besar dijaman itu, Rd. H. Ibrahim.
HM Kosim mulai menyebarkan ilmunya secara terbuka dan dikemudian hari lebih dikenal sebagai Mama Sabandar, panggilan hormat kepada orang tua yang welas asih... sesuai dengan karakter ilmunya yang lembut.

Mengingat Mama Sabandar mengajarkan ilmunya secara luas, nah sekarang pertanyaannya adalah, siapa penerus aliran murni sabandar ini?

Wassalam.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #41 on: 16/06/2007 11:35 »
Mengingat Mama Sabandar mengajarkan ilmunya secara luas, nah sekarang pertanyaannya adalah, siapa penerus aliran murni sabandar ini?

Wassalam.

hal inilah menjadi PR kita bersama sebagai "penghayat aliran Sabandar"

apalagi menurut keterangan Bro Bradlee disebutkan,
 "bahwa ilmu pernafasan Mama Kosim didapat akibat pengaruh Ajengan Cirata"
yang dalam hal ini ialah sebagai Guru Tasawufnya Mama Kosim
namun Ajengan Cirata sebagai murid, tatkala belajar Silek Minangnya Mama Kosim

juga pada cerita lain disebutkan..
setelah pertemuan Mama Kosim dengan Mama Ibrahim
yang bermula dan berakhir "cukup di salaman tangan saja"

diceritakan, bahwa Mama Kosim akibat itu kemudian selama 9 tahun
hanya berlatih jurus 1 sahaja.. sambil merenungkan "jawaban terhadap maenpo"

juga Mama Ibrahim selanjutnya berlatih lagi selama 5 tahun
untuk "menjawab terhadap Silek Mama Kosim"  :D

namun sayangnya kemudian...
mereka tak pernah berjumpa lagi..


sampai suatu ketika....

terjadilah bermunculan dengan sangat spektakulernya..

"pahaman gabungan Madi Sabandar Kari" di Cikalong Cianjur

"pahaman gabungan Kari Madi Sabandar di Cikuya Cicalengka" ( Margaluyu)

"pahaman gabungan Kari Madi Sabandar di Nampon (Uwa Nampon) dan Budi Suci

"pahaman gabungan Syahbandar Kari Mahdi di Cikaret, Garut, Karangtengah, Cisaat.

dll... sampai sekarang..

jika ingin cari Sabandar Murni..

maybe hanya satu jawaban


"Silek Tuo" Minangkabau [top]

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #42 on: 20/06/2007 18:38 »
mangga di lanjut ki sawung  ;D


Mengingat Mama Sabandar mengajarkan ilmunya secara luas, nah sekarang pertanyaannya adalah, siapa penerus aliran murni sabandar ini?

Wassalam.

hal inilah menjadi PR kita bersama sebagai "penghayat aliran Sabandar"

apalagi menurut keterangan Bro Bradlee disebutkan,
 "bahwa ilmu pernafasan Mama Kosim didapat akibat pengaruh Ajengan Cirata"
yang dalam hal ini ialah sebagai Guru Tasawufnya Mama Kosim
namun Ajengan Cirata sebagai murid, tatkala belajar Silek Minangnya Mama Kosim

juga pada cerita lain disebutkan..
setelah pertemuan Mama Kosim dengan Mama Ibrahim
yang bermula dan berakhir "cukup di salaman tangan saja"

diceritakan, bahwa Mama Kosim akibat itu kemudian selama 9 tahun
hanya berlatih jurus 1 sahaja.. sambil merenungkan "jawaban terhadap maenpo"

juga Mama Ibrahim selanjutnya berlatih lagi selama 5 tahun
untuk "menjawab terhadap Silek Mama Kosim"  :D

namun sayangnya kemudian...
mereka tak pernah berjumpa lagi..


sampai suatu ketika....

terjadilah bermunculan dengan sangat spektakulernya..

"pahaman gabungan Madi Sabandar Kari" di Cikalong Cianjur

"pahaman gabungan Kari Madi Sabandar di Cikuya Cicalengka" ( Margaluyu)

"pahaman gabungan Kari Madi Sabandar di Nampon (Uwa Nampon) dan Budi Suci

"pahaman gabungan Syahbandar Kari Mahdi di Cikaret, Garut, Karangtengah, Cisaat.

dll... sampai sekarang..

jika ingin cari Sabandar Murni..

maybe hanya satu jawaban


"Silek Tuo" Minangkabau [top]
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #43 on: 23/06/2007 23:05 »
userbaru-baru ini saya kehadiran tamu dari kasks yg belajar Sabandar Jurus lima dari Ayahnya
yang berdomisili di Garut
dan dia mempraktekkannya sebagai jurus yang sifatnya fisical , tidak ada unsur tenaga dalamnya
bahkan terlihat seperti gerakan " Kari "  Cheesy


asswrwb...salam pendekar ^:)^,mengutip pernyataan diatas dari Kisawung...mungkin yg dimaksud beliau adalah saya  ;D(GR niih) ,memang saya pernah diajarin Ayah saya tentang Jurus2 Sahbandar,tetapi karena beliau telah wafat :'( maka saya meneruskan belajar dari Saudara saya (anaknya uwa) yang notabene adik seperguruan dari alm bapak saya.
Tetapi untuk kali ini mungkin saya belum bisa memberikan komentar atau lain2 mengenai sahbandar,karena pengetahuan saya yang sangat sedikit sekali,mungkin setelah saya ketemu dengan Guru saya itu,saya bisa memberikan sedikit tentang hal2 yang mengenai sahbandar yg dari Garut.
Karena kalau tiada aral melintang hari minggu besok saya bermaksud untuk mengunjungi guru saya itu,dan insa4jJI kalu saya mendapatkan pengetahuan atau apa2 yg mengenai Sahbandar dari garut,maka akan saya sharing juga dengan rekan2 semua,demi untuk memajukan persilatan yang kita cintai ini.... ^:)^ :)
« Last Edit: 23/06/2007 23:16 by simpay »

Ferdian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #44 on: 11/07/2007 19:24 »
Ass. Wr. WB
terhormat kisawung dan rekan2 sahabat silat

sedikit pertanyaan saja mudah2an rekan2 sekalian mau memberikan sedikit
penerangan kepada saya.

1. sebenarnya ada gak ya pelajaran tertinggi di sabandar ini, selain jurus ke 5
   yang diceritakan oleh rekan2 saya.

2. ada gak tujuan akhir (target) dari orang yang berlatih sabandar
    soalnya saya sempat tanya ke rekan saya, katanya sabandar tidak ada akhirnya

3. knapa ya kalo orang berlatih sabandar sering mengalami hal2 yang goib?

maaf ya rekan2, saya sangat berharap masukkan nya.

 

Powered by EzPortal