+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)  (Read 1096017 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #45 on: 11/07/2007 22:06 »
Ass. Wr. WB
terhormat kisawung dan rekan2 sahabat silat

sedikit pertanyaan saja mudah2an rekan2 sekalian mau memberikan sedikit
penerangan kepada saya.

1. sebenarnya ada gak ya pelajaran tertinggi di sabandar ini, selain jurus ke 5
   yang diceritakan oleh rekan2 saya.

pelajaran tertinggi yah jelas ada, tetapi menurut berbagai versi aliran masing-masing.. :)
sayangnya belum banyak yang mau mengungkap tentang hal ini..
menurut suatu sumber dari salah satu aliran Sabandar, bahkan pelajaran tertinggi ini tetap menjadi suatu rahasia yang terbawa mati dan belum sempat diajarkan :'(

silahkan teman-teman yang lain ikut menambahkan..
disini ada Bung Taufan yang juga banyak info nya  [top]

2. ada gak tujuan akhir (target) dari orang yang berlatih sabandar
    soalnya saya sempat tanya ke rekan saya, katanya sabandar tidak ada akhirnya
begitulah ... hal ini bergantung kebijakan guru
disetiap aliran ada prinsipnya masing-masing

3. knapa ya kalo orang berlatih sabandar sering mengalami hal2 yang goib?

begitulah... :'(

maaf ya rekan2, saya sangat berharap masukkan nya.

silahkan teman-teman yang lain
ditunggu masukannya  8)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #46 on: 11/07/2007 22:12 »
Akang Bradlee ditunggu masukannya nih..

beliau ini termasuk diantara yang memahami Sabandar  dari keluarganya  [top]

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #47 on: 12/07/2007 06:26 »
Akang Bradlee ditunggu masukannya nih..

beliau ini termasuk diantara yang memahami Sabandar  dari keluarganya  [top]
Ah Aki ini... silakan lanjutkan Ki, saya sangat menikmati tulisan Aki.
Doakan saya cepat beres di sini Ki, biar bisa silaturahmi dan berguru ke Kisawung  [top]
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Ferdian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #48 on: 12/07/2007 08:52 »
terima kasih kisawung, kang bradlee.  :)






parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #49 on: 12/07/2007 11:35 »

Topic Starter is back..... [band]

kangen nih ame julia perez.....:-* eh salah.... tulisan2nya Kisawung deng..... ;D


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #50 on: 12/07/2007 20:25 »

Topic Starter is back..... [band]

kangen nih ame julia perez.....:-* eh salah.... tulisan2nya Kisawung deng..... ;D



siap komandan  [lucu]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #51 on: 12/07/2007 20:31 »
Akang Bradlee ditunggu masukannya nih..

beliau ini termasuk diantara yang memahami Sabandar  dari keluarganya  [top]
Ah Aki ini... silakan lanjutkan Ki, saya sangat menikmati tulisan Aki.
Doakan saya cepat beres di sini Ki, biar bisa silaturahmi dan berguru ke Kisawung  [top]

amiin aku doakan biar Kang Bradlee sukses selalu..

dan... justeru saya kepengen disempurnakan jurus tantungan leuleusnya
sudah sering aku praktekkan kang... mohon izin...  ^:)^

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #52 on: 17/07/2007 17:48 »
apakah jurus "tantungan leuleus" dapatkan tuan kisawung bertulis disini, karena kami tak pahamlah dengan maklumat itu, saya ingin lebih tahu banyak tentang style pencak  ini.

thank bos ;D

mengenai jurus Tantungan Leuleus saya pun mempelajarinya kepada akang Bradlee..

jadi, saya persilahkan kepada akang Bradlee jika berkenan, utk menjelaskannya  ^:)^

terima kasih :)

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #53 on: 23/07/2007 15:25 »
mengenai jurus Tantungan Leuleus saya pun mempelajarinya kepada akang Bradlee..

jadi, saya persilahkan kepada akang Bradlee jika berkenan, utk menjelaskannya  ^:)^
Silakan Aki aja yang memaparkan... Aki insyaAllah lebih tahu dari saya  ;D
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #54 on: 25/07/2007 18:11 »
Ada yang tahu sabandar seperti apa yang di pelajari ama kwekling (bener engak nulisnya ya?) yang ada di purwakarta
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #55 on: 05/08/2007 23:30 »
wah hebat, tambah banyak yg ngumpul tambah kebuka nih rhs2 sahbandar yg masih tersembunyi  [top]

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #56 on: 08/08/2007 21:17 »
Kisawung, katanya ada info baru mengenai Sahbandar nih..bagi dong infonya  :D

gehan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 110
  • Reputation: 4
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #57 on: 23/08/2007 15:13 »
kisawung........terusin donk...... :)p

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #58 on: 28/10/2007 03:56 »
Ada yang tahu sabandar seperti apa yang di pelajari ama kwekling (bener engak nulisnya ya?) yang ada di purwakarta


Apa kabar kang Naga Pasa?....sudah lama yaa kita tidak bertemu semenjak di Rax3,mudah2an sehat selalu....
Waah klw sabandar yg dipelajari kang kwekling sayang sekali saya kurang tahu...
Tetapi disini saya akan sedikit cerita dengan sabandar yg saya pelajari,tetapi mohon maap sebelumnya klw ada perkataan saya yg salah dan kurang berkenan....
Kebetulan pas kemarin saya pulang kampung Lebaran Idul fitri,saya sempat mengunjungi kekediaman guru sabandar saya di Garut,dan alhamdulilah saya mendapatkan sedikit tambahan jurus2 sabandar dari beliau,kemarin saya diajarin  9 jurus sabandar oleh beliau.
Dan juga beliau bercerita bahwa sebenarnya ilmu silat beliau ternyata bukan hanya sabandaran saja,tetapi sudah ada cikaretnya,cimande dll,karena sewaktu mudanya beliau sering bepergian keberbagai tempat,dan uniknya lagi terkadang beliau mempelajari silat hanya dengan melihat saja,tanpa langsung diajarin oleh seorang guru,beliau bisa mengerti dan bisa mempelajarinya.
Ada satu pelajaran dari beliau,bahwa dalam prinsip silat sahbandar...yg utama dan jangan pernah kita lupakan adalah KELID,karena kelid merupakan pertahanan dan sekaligus bisa langsung membuat serangan terhadap lawan.
OK kang naga Pasa mungkin sekian dulu tulisan dari saya,mohon maap klw kepanjangan dan klw ada kesalahan,saya mohon maklum dan juga mohon bimbingannya dari kang Naga Pasa dan juga dari para sesepuh yg lainnya.
Sekian dan wasalam.....

Simpay

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #59 on: 29/10/2007 09:04 »
ok, nuhun kang simpay masih inget sama saya.

mungkin yang di sebut Kelid disabandar ini yaitu jurus liliwatan ya kang simpay.

saya suka sekali pas kang simpay demo di Padepokan pencak silat dan di Rax. jurus sabarnya khas banget buat fighting.

mudah mudahan kita bisa silaturahmi lagi...

@ki sawung, kemana aja ki. kemarin pas acara di padepokan festival pencak silat kok engak hadir.

:)

Cheers
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

 

Powered by EzPortal