+-

Video Silat


Silat Festival 2007
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
introduksi Gerak Gulung Budi Daya
Cingkrik Goning versi Kemayoran
Cingkrik Petamburan
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Silat Sibunder di FIB UI
Silat Sera Indonesia by Garis Paksi Indonesia
Silat Sitaralak Pasambahan

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)  (Read 125897 times)

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #210 on: 02/01/2012 17:49 »
Cerita Lama,
Mau tanya aja ada yang mengenal kang/mas Sugeng a.k.a Simon pernah dirikan perguruan silat "Warisan Leluhur" disekitar cawang (belum sempat register IPSI) tahun 1977-an? ga lama kemudian setelah menikah perguruaan bubar jalan.

Kang/Mas Simon berguru di cianjur under supervisi Almarhum Aa aman. apakah ada rekan yang seangkatan kang/mas simon di forum Sahabatsilat?

Wah, saya belum kenal tuh Kang, Mungkin yang lain ada yang tau. Insya Allah kalau saya ketemu sama Wak Cece, akan saya tanyakan. Kalau ngeliat nama perguruan yang di didirikan "Warisan Leluhur" emang seperti nama perguruannya Aa Aman "Warisan".
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #211 on: 02/01/2012 18:20 »
Kang Abu, bisa ngejelasin ga perbedaan sabandar cikaret dengan sabandar bojongherang?
Dua-dua nya sama-sama dari Rd. Abdullah.
Saya sendiri kurang faham Sabandar Bojong Herang, Tapi setau saya, Sabandar memang berkembang pesat di daerah Bojong Herang. Mungkin yang sekarang terkenal, Pak Memed ya (CMIIW). Pak Memed itu mewarisi Sabandar dari Bapaknya, yaitu Rd. Maman, putranya Rd. Abdullah. Rd Maman ini gurunya Apih Oding (Pakusari), hanya saja jurus dari Pakusari ini berbeda dengan Sabandar Rd. Maman, karena Apih Oding memang sudah minta Izin kepada Rd. Maman untuk "mengkreasikan/merubah" bentuk jurus Sabandarnya, dan itu di izinkan oleh Rd. Maman. Jurus Sabandar Apih Oding ini sangatlah halus (tapi Kuda-kudanya......masya Allah), saya jadi inget Praying Mantis Kungfu

Perbedaan Jurus 5 (Sabandar) Bojongherang dan Cikaret mungkin ada di jurus 4 nya. Jurus 4 di Sabandar pada umumnya adalah bentuk liliwatan, sedangkan jurus 4 Sabandar Aa Aman (Cikaret) ada perbedaan dan ciri khasnya. Ada 3 bentuk jurus 4 di Sabandar Cikaret, yaitu lipat depan, Lipat samping dan lipat mundur ( yang terakhir saya lupa namanya, tapi bentuk jurusnya adalah seperti lipat samping sambil mundur). Kalau bingung lihat aja di Youtube gimana bentuknya jurus 4 Sabandar Cikaret.

Jurus yang 5 di Sabandar Cikaret juga ada sedikit perbedaan, yaitu setelah di angkat (yang posisi seperti takbir itu), lalu di bawa ke bawah, di teruskan dengan dorongan seperti pada jurus 2 Sabandar.

Itu sih beberapa perbedaan yang insya Allah saya tau, walaupun ada beberapa perbedaan lagi yang menurut saya memang beda dengan Sabandar lain, tapi saya khawatir nanti dipermasalahkan, jadi lebih baik saya cukupkan sampai di sini saja.

Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #212 on: 02/01/2012 20:48 »
Sebelumnya met milad kang Abu, panjang umur dan sukses selalu. Kalo saya sempet liat di youtubenya saudara kaum, asa keliatan banget perbedaannya, yg cikaret terlihat lebih heuras dari yg bojongherang. Tapi cuman cuplikan sedikit jadi belum bisa diambil kesimpulan. Jadi tambah penasaran kang.

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #213 on: 03/01/2012 10:50 »
Hatur Nuhun Kang  [top]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

anaknaga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 121
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: SKM & MP back to Ahlusunnah Salaf
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #214 on: 09/01/2012 14:14 »
Dear Kawan Sahabatsilat,
ane mau tanya Sabandar yang ane latih ini aliran Aa or Abah siapa?
gerakan jurus lima nya sbb:


Untuk lebih besar gambar nya mohon klik disini http://goo.gl/rnmKg

mohon maaf jika ilustrasi "Ancur" pisan.

 x-))
AnakNaga
BabyNaga
CicitNaga

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #215 on: 16/01/2012 14:06 »
 x-)) Hihihihi, itu mirip banget sama Sabandarnya Aa Aman...cuma ada beberapa perbedaan (bisa jadi perbedaan ini dikarenakan info gambar yang kurang akurat)

Jurusnya udah bener, hanya saja, kuda-kudanya digambar itu gak ada yang turun. Kalau dari Aa Aman, kuda-kudanya turun (dari persiapan, posisi berdiri, lalu ketika jurus, kuda-kuda turun, lalu persiapan lagi seerti biasa...begitu terus di ulang-ulang)

Satu lagi, jurus dari Aa Aman gak ada yang tahan nafas...seandainya ada, biasanya sih itu kesenangan dari murid-muridnya (bisa aja loh....bukan pasti....)

Kenapa saya bilang ini mirip Sabandarnya Aa Aman, karena saya lihat jurus 4 sama jurus 3 nya, itu khas banget.


Bisa saja saya salah, mangga buat yang lebih jago untuk menambahkan atau mengoreksi.   [top]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

anaknaga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 121
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: SKM & MP back to Ahlusunnah Salaf
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #216 on: 24/01/2012 13:12 »
bener kang abu zakka,
memang semua gerakan tidak ada yang menarik dan tahan nafas  [top].

mau share saja dulu abi ane mau menyatukan pukulan Merpati Putih dan sabandar tapi belum berhasil.
dengan tujuan agar bisa melontarkan pukulan jarak jauh (banyu seto) ke benda-benda fisik.
kedua tenaga dalam antara sabandar dan MP memiliki karakteristik yang berbeda tapi tidak kontra indikasi (emangnya obat  8) namun bisa melengkapi.

aplikasi maksimum nya MP menjadi pukulan pamungkas saja, ketika lawan terbuang (mental) tidak seimbang or jatuh, pukulan MP jadi finishing.
MP jadi pelengkap "Madi" di sabandar kari madi.

terus kalau tutup mata (getaran) yang kelihatan bukan nya benda fisik tapi meta-fisik (bangsa Jin). kalau dilambari amalan bisa mengkocar-kacirkan jin yang mengganggu.

saat tradisi MP di parang kusumo, kalau lihat dengan mata batin (getaran), ditepian batas pantai-ombak, bangsa jin dengan memakai pakaian khas jawa ber-bangkon berbaris ber-saf saf.








AnakNaga
BabyNaga
CicitNaga

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #217 on: 25/01/2012 14:13 »
ikut nyimak ... sekalian absen dah lama alfa.......  8)
kisah sedih kidung sundayana

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #218 on: 25/01/2012 18:23 »
ikut nyimak ... sekalian absen dah lama alfa.......  8)

Sip, bang Anol dah turun gunung. Ayo para pendekar sabandar, kumpul kumpul

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #219 on: 26/01/2012 07:10 »
abis keliling-keliling kang... ternyata di utara sulawesi minim ilmu silat... ada salah satu guru silat di jaman belanda itu juga buangan dari tanah pulau jawa....

mmmm...... sayang kurang tajem ngumpulin infonya keburu kepotong ma jadwal pulang k bogor....  :D
kisah sedih kidung sundayana

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #220 on: 05/02/2012 22:35 »
wahh...kanyaknya,bang abu memiliki banyak pengetahuan nih...
bang,saya jadi mau nanya ni... :D
perguruan yang gerakkannya banyak dan menggunakkan TD...perguruan apa aja...?

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #221 on: 08/02/2012 14:38 »
Jiah, saya sih gak ada apa-apanya. banyak mastah-mastah di forum ini yang lebih tau dari saya  [[run2]] [[run2]] [[run2]]
Kalau urusan tenaga dalam, tanya Bang Pangeran Muda tuh. Doi banyak tau. tapi setau saya, perguruan yang jurusnya banyak dan pake TD, salahsatunya (kalau gak salah) MAHATMA, mungkin bawah ane bisa nambahin lagi.
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #222 on: 08/02/2012 17:42 »
Beuuh, kang Janu mah suka merendah, boleh nambahin dikit. SN, Sin Lam Ba, PSTD, HI, panca daya, Tetada kalimasada, Piteda, RTD, wah lumayan banyak mas. Coba baca di thread Tenaga Dalem, sapa tau ada yg cuco.

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #223 on: 10/02/2012 13:11 »
ooo...
tapi sayang...di tempat ane mungkin belum ada... :-[
ane pernah belajar kuntaw robiah(salah satu kuntaw) sama keponakan ane...tapi ane kurang merasa puas...jadi beberapa minggu ini saya lagi cari tapak suci...tapi waktu saya ke tempat tapak suci...ternyata sudah ada lagi...
teman ane mau ane masuk karete...tapi ane rasa,,,ane gak ada niat untuk masuk karate...
.
.
.
makasih ya mas sudah kasih tau saya... [top]
ane mau cari tau ada gak perguruan yang mas" sebutkan...

Arya Putra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
Re: Persilatan Jurus Lima (Sabandar)
« Reply #224 on: 23/02/2012 23:25 »
Nimbrung dong, mo nanya klu tempat latihan Maenpo Cikaret Wak Dudun di Bogor atau di Jakarta ada yg tau gak ya?

 

Powered by EzPortal