+-

Video Silat


Sang Pewaris Silat Pulet
Cikalong Pabuci di acara Tatap Muka TV One
Dasar Sile Kumango - Batang
Silaturahmi Silek Tuo dan Silek Kumango (01)
Tuo Silek part 1 - Sitaralak
Silat fight by Margaluyu Pusat pupils
Silau Macan
Usik Cikalong Pabuci #03
Pamur Tunggal Putri

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 307048 times)

searcher

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 2
  • Posts: 18
  • Reputation: 4
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #450 on: 03/03/2011 10:17 »
Salam,
Terima kasih untuk Mas Suprapto, Mas Agung, Mas Ogebang dan Mas Acepilot yang sudah berkenan memberi pencerahan...

Pertama, sepertinya disadari benar potensi senam pengolahan Dasar 1 (14 bentuk) yang begitu besar. Dibuktikan dari mersudi guru besar kita, mas Budi, ketika berusaha untuk tidak keluar dari pakem di dalam "menciptakan" keilmuan getaran untuk tunanetra ini dengan hanya menggunakan pendekatan senam pernafasan pengolahan Dasar 1 yang mudah, simple, tetapi berkemampuan tinggi. Olah nafas regenerasi sel juga didasarkan pada 14 bentuk ini, termasuk olah nafas pengolahan dengan getaran juga menggunakan 14 bentuk tsb. Mungkin 14 bentuk itu ditakdirkan menjadi lebih "istimewa", meskipun sesungguhnya olah nafas yang lain juga memiliki keistimewaan tersendiri. 14 bentuk nafas pengolahan Dasar 1 ini kentara sekali posisinya. Pertanyaannya, kenapa tidak menggunakan senam pengolahan Kombinasi 2 misalnya, atau senam pengolahan tingkat Khusus. Saya melihat bahwa pemilihan pada senam pengolahan Dasar 1 ini bukan tanpa alasan. Meski sederhana pada bentuk, tapi kuat pada isi dan esensi.
Selama beberapa waktu ini saya berusaha mencari manfaat lain dari bentuk-bentuk senam pengolahan dan pembinaan MP selain membangkitkan Power (ikutan pakai istilah power saja daripada TD  :) ). Yang sudah saya rasakan sendiri, fisik dan stamina lebih kuat dan alhamdulillah jarang sakit.  Tapi karena keyakinan bahwa manfaatnya pasti lebih besar dari hal tersebut maka saya mencoba untuk mencarinya.
Saya melihat ada sedikit/banyak kemiripan bentuk pengolahan di MP dgn asana pada Yoga. Salah satunya adalah bentuk pengolahan yang ketiga (kalo tidak salah) yang mirip dengan Salamba Sarvangasana. Asana ini konon merupakan salah satu asana terpenting di Yoga. Diyakini asana ini bermanfaat untuk :
1.Menyehatkan kelenjar gondok. Memperbaiki sistem sirkulasi darah, sistem pengeluaran, pencernaan dan eksresi dan fungsi usus.
2.Memberikan energi dan menyegarkan tubuh.
3.Mensuplai darah yang berlimpah ke jaringan sumsum tulang belakang.
4.Menjaga elastisitas dari tulang belakang dan mencegahnya dari kerapuhan, sehingga menjadi awet muda.
5.Pengobatan untuk penyakit-penyakit genital dan anus.
6.Mengurangi masalah pada ginjal dan kandung kemih.
7.Mengurangi sakit pada tumit dan sakit yang lain pada kaki.
8.Bermanfaat untuk yang mengalami anemia dan lepra.
9.Memperbaiki fungsi dari telinga dan hidung.
10.Membangkitkan Kundalini.

Dari satu bentuk senam pengolahan saja manfaat yang bisa didapatkan begitu banyak, apalagi 14 bentuk.. (Btw, ada yang memberikan manfaat khusus utk masalah laki-laki lho!  [top] x-)))  Ini sesuai dengan yang dinyatakan oleh mas Agung "Meski sederhana pada bentuk, tapi kuat pada isi dan esensi"  [top] [top] [top]

banyak yang tidak mengerti esensi dari pernafasan yang sudah diajarkan, padahal kalau dilatih terus pasti akan kelihatan hasilnya, nah di 4 tingkatan awal biasanya banyak yang putus asa karena merasa si tenaga dalam belum kunjung datang menghampiri dan akhirnya "mutung" lalu malas latihan, lalu keluar dari MP, sekarang banyak yang maunya instant karena mereka banyak yangg nggak tau kalau penjejangan itu tujuannya banyak sekali, salah satunya untuk membentuk jiwa yang berih, watak dan pengendalian diri si pesilat..
Seandainya mereka tahu semua manfaat dari senam pengolahan dan pembinaan MP diluar Power dan Getaran, mungkin tidak ada lagi yang malas berlatih ya, mas.. x-))

Menurut saya " kepekaan " anda telah mulai terbentuk...Selamat ya...He..3...Kenapa begitu..?? Karena anda menginstall nya dgn Niat yg benar..yaitu seperti yg anda katakan sendiri..niat utk merasakan aliran tenaga di beberapa bagian tubuh yg dialiri...
Saya sendiri dulu cukup lama gak pernah berhasil merasakan apa2...aliran hawa murni yg mengalir di sekujur tubuh..bola energi di antara ke dua telapak tanagn dsb...Setelah saya analisa & konsultasi sana sini...ternyata saya kalo latihan..ya..asal latihan aja..gak pernah diniatin mo latihan apa...terus maunya serba cepat dgn pasang target macam2...ya..makin jauh aja..he...3x...
Saran saya...latih terus setiap saat kepekaannya dng niat yg benar...jangan pasang target apa2...nikmatin , rasakan & hayati saja semua sensasi yg didapat...jangan kaget ya..kalo ntar di titik tertentu anda akan sangat peka dan bisa " mendengarkan " suara2 simfoni alam semsta yg selama ini kita gak pernah dengar....dan juga hal2 lainnya..he...3x...
Oh iya..satu lagi..jangan mempersempit mind set kita bahwa latihan olah nafas MP hanya utk pemecahan benda keras & getaran tutup mata..ya...
Selamat Berlatih...!!
Terima kasih banyak Mas atas ucapannya  :-P  [top]
Iya mas, dari membaca tulisan-tulisan mas Agung, mas Suprapto dan mas-mas lain di Thread ini, sangat membantu saya dalam berlatih, terutama dalam hal Niat, Tindakan/Latihan yang benar dan Keihklasan saat menjalankan dan menerima hasil yang ada.
Saat ini baru sebatas bisa merasakan energi di antara tapak tangan yang terasa membal saat didekatkan. Juga kalau tapak tangan didekatkan ke suatu benda jarak 15 cm-an serasa ada yang meraba tapak tangan saya. Tapi sekali lagi, itu mungkin hanya perasaan saya saja atau memang demikian adanya.. Karena saat ini saya hanya berlatih sendiri di rumah berdasarkan apa yang sudah pernah saya dapat di MP 23 tahun yll.. Sambil berharap dan berdoa semoga kelas Kebugaran MP cepat dibuka di Surabaya. Aamiiin... :)
Yang penting untuk saya saat ini, selalu berusaha berlatih dengan baik dan lebih baik dari sebelumnya dan konsultasi dengan mas-mas disini.

Sekali lagi, terima kasih untuk semuanya..

Salam...

Love MP, always... [top]

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #451 on: 03/03/2011 10:35 »

Dari satu bentuk senam pengolahan saja manfaat yang bisa didapatkan begitu banyak, apalagi 14 bentuk.. (Btw, ada yang memberikan manfaat khusus utk masalah laki-laki lho!  [top] x-)))

Seandainya mereka tahu semua manfaat dari senam pengolahan dan pembinaan MP diluar Power dan Getaran, mungkin tidak ada lagi yang malas berlatih ya, mas.. x-))

Sambil berharap dan berdoa semoga kelas Kebugaran MP cepat dibuka di Surabaya. Aamiiin... :)
Yang penting untuk saya saat ini, selalu berusaha berlatih dengan baik dan lebih baik dari sebelumnya dan konsultasi dengan mas-mas disini.


wah tibake arek iki sampun sepuh, sama2 mas.. :)
iya mas banyak yang mereka belum tau, apalagi yang masih memiliki darah muda seperti saya yang mudah bergejolak dan mendidih, kalau tau mereka pasti tergila-gila, hihihihi..  :D
wah suroboyo endi cak?
koq panjenengan nggak masuk kolat biasa aja mas?

oiya mau tanya sama senior2 disini, dulu saya pernah mendengar selentingan bahwa MP pernah dikeluarkan dari IPSI karena ada atlitnya yang menyebabkan lawan-lawannya terbunuh di pertandingan silat pada masa-masa awal MP berdiri..
apa betul itu mas, apa karena itu juga tingkat kombi-2 keatas dilarang bertanding secara umum?
mohon pencerahannya mas..
salam..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

searcher

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 2
  • Posts: 18
  • Reputation: 4
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #452 on: 03/03/2011 10:56 »
Salam mas Acepilot,
Iya mas, sudah sepuh nih.. Tapi karena latihan MP jd ga gitu keliatan sepuh koq, Mas.. x-))
Saya dulu di kolat SMA kompleks, th 1986-1987. Berenti karena keterbatasan biaya saat itu. Ga bisa ikut UKT ke balik 1 karena pas ortu ga pny duit.. :'(
Nah, sudah umur segini saya pengennya ikut yang "alusan" aja, mas... Makanya nunggu klas kebugaran dibuka di Suroboyo. Sebenarnya agak heran, di Madiun dan Bandung sdh ada, kenapa di surabaya malah belum ada ya?
O ya, saya sidoarjo mas tapi kantor di Basuki Rahmat, Sby. Kalo mas Ace dimana? Ikut kolat mana, Mas?

Salam..

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #453 on: 03/03/2011 11:28 »
Oh iya..satu lagi..jangan mempersempit mind set kita bahwa latihan olah nafas MP hanya utk pemecahan benda keras & getaran tutup mata..ya...

Benar sekali mas ogebang. Dahulu pernah konsultasi dengan salah satu Dewan Guru, ketika belum bisa-bisa memahami getaran. Apakah ilmu MP hanya getaran untuk tutup mata dan power saja? Dijawab seperti ini:

"Getaran tutup mata itu seperti secangkir teh yang diambil dari lautan. Sisanya masih sangat banyak, dan sangat memungkinkan untuk dikembangkan sedemikian rupa oleh mereka yang mersudi."

Dari ucapan beliau kemudian merenung, memaknai kembali setiap latihan, mengulangi lagi dari awal, dari materi Dasar 1, benar-benar melatih ulang tetapi dengan niat dan pemahaman yang sudah berbeda dari sebelumnya. Efeknya, jauh lebih baik.

Kenyataanya, begitulah kebanyakan anggota tingkat dasar memandang keilmuan MP. Cuman getaran tutup mata saja. Padahal tutup mata merupakan salah satu bentuk konversi dari power sedemikian rupa. Kalau power sudah terbentuk, tutup mata relatif bisa dikuasai.

Menurut saya pribadi, MP sangat bijaksana dengan tidak mempublikasikan keilmuan pamungkasnya terhadap masyarakat umum. Dengan demikian banyak keuntungan yang bisa dipetik. Yang dipublikasikan adalah materi MP sebagai MODAL DASAR untuk pengembangan tingkat lanjut. Sebagai contoh, menurunkan materi getaran tutup mata saja sudah membuat masyarakat sedemikian hebohnya. Dianggap hoax, tipu-tipu, dsb. Padahal getaran tutup mata bersifat REPEATABLE, yakni suatu materi yang bisa berulang dikuasai oleh orang lain yang berbeda. Artinya sifatnya sudah mendekati seperti ilmu pengetahuan. Memiliki metode pelatihan, dan bisa diulang untuk mendapatkan hasil yang sama pada orang lain. Dulu pakem getaran baru boleh dilatih di Kombinasi. Kemudian turun di Balik 2. Dan sekarang dasar-dasar getaran sudah boleh diberikan di Balik 1.  Kalau nanti (katanya) dasar-dasar kidang telangkat akan turun tingkatan pasti akan lebih heboh lagi dimana banyak pesilat MP yang memiliki kemampuan lebih. Apakah ini baik atau buruk? Entahlah. Biarlah otoritas keilmuan yang berwenang  yang menentukan. Kita sebagai murid, menerima apapun yang sudah dirumuskan oleh otoritas keilmuan. Melatihnya dengan baik, dengan niat yang baik, serius, sungguh-sungguh, sehingga mencapai hasil yang maksimal.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #454 on: 03/03/2011 11:32 »
nah apakah ada kurikulum wajibnya ilmu bahwa ilmu ini harus diajarkan kapan and di tingkat berapa?
apakah syarat2 itu semua ada di ilmu2 yang sedang di bukukan sekarang ini?

Kalau melihat pada panduan kurikulum baku sih sepertinya sudah jelas. Yang masuk hanya getaran saja. Apa yang diajarkan juga sudah tercantum disitu. Kapan mempelajari nafas pembersih, kapan mempelajari pengenalan hawa panas, kapan mempelajari pakem getaran, dsb. Termasuk nanti bagaimana ujiannya juga sudah tercantum di kurikulum baku.

Adapun pasir besi itu hanya sisipan/tambahan dari kearifan lokal cabang/pelatih ditempat tsb. Termasuk keilmuan lain juga bersifat tradisional dengan metode tradisional (sisipan/tambahan) dengan melihat karakteristik anggota ybs apakah layak diajarkan atau tidak.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #455 on: 04/03/2011 23:34 »
Salam mas Acepilot,
Iya mas, sudah sepuh nih.. Tapi karena latihan MP jd ga gitu keliatan sepuh koq, Mas.. x-))
Saya dulu di kolat SMA kompleks, th 1986-1987. Berenti karena keterbatasan biaya saat itu. Ga bisa ikut UKT ke balik 1 karena pas ortu ga pny duit.. :'(
Nah, sudah umur segini saya pengennya ikut yang "alusan" aja, mas... Makanya nunggu klas kebugaran dibuka di Suroboyo. Sebenarnya agak heran, di Madiun dan Bandung sdh ada, kenapa di surabaya malah belum ada ya?
O ya, saya sidoarjo mas tapi kantor di Basuki Rahmat, Sby. Kalo mas Ace dimana? Ikut kolat mana, Mas?

Salam..

salam juga mas, saya dari cabang malang mas, kolat brawijaya..
wah kayaknya surabaya belum ada mas, lha wong pengcab malang yang kedudukannya dengan pengda jatim saja agak kurang berkembang (just our opinion)..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #456 on: 05/03/2011 00:48 »
Ya juga sih.

Ada kendala komunikasi yang harus disadari/diperbaiki. Mudah apriori sebelum benar2 klarifikasi, baik keilmuan maupun masalah organisasi. Baik dari bawah keatas maupun juga sebaliknya. Hehehe...

Pengda kan  koordinator. Otoritasnya di cabang. Apakah cabang2 di Jatim sudah konsolidasi diri?
Pusat kegiatan pendalaman keilmuan kan di padepokan Madiun/Jatim. Senior dari cabang2 secara periodik mengikuti
acara latihan pendalaman di Madiun. Kenapa dari cabang2 Jatim malah minim?
Tadi pagi sy tlp salah seorang senior Surabaya. Saya tahu ada latihan kebugaran, kenapa tidak terbuka, hanya eksklusip para senior? Ternyata sedang mengembangkan kurikulum kebugaran sendiri.
Saya sarankan paralel. Pakai pakem kebugaran resmi dari Madiun, sambil mengembangkan sendiri (dalam hal2 khusus, pengembangan kebugaran dari Surabaya memang lebih unggul/fokus pada keluhan sakit tertentu). Sehingga tidak perlu rikuh dengan Madiun.
Cabang Surabaya mulai bangkit lagi, ditandai bertambahnya kolat/anggota baru secara signifikan, setelah tidak lagi mempermasalahkan kurikulum resmi. Terlalu banyak yang pinter2 tapi tidak terkonsolidasi, plus ewuh pakewuh, bisa2  menghambat kemajuan.
Mudah2an meriahnya jaman SMA Komplek akan muncul lagi (dulu rutin kejuaraan antar kolat), bahkan bisa lebih heboh. Amiin.

Salam.

andryawan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: pernah belajar di Karate, MP, HI,
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #457 on: 05/03/2011 02:58 »
Saya ingin sekali mengikuti kolat kebugaran MP, mohon diinfokan apakah di semarang ada ?
dari browsing saya mendapatkan kolat undip & unnes, tapi saya ga yakin cocok berhubung saya sudah bekerja (pegawai)  :)

terima kasih sebelumnya

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #458 on: 05/03/2011 08:29 »
Ya juga sih.

Ada kendala komunikasi yang harus disadari/diperbaiki. Mudah apriori sebelum benar2 klarifikasi, baik keilmuan maupun masalah organisasi. Baik dari bawah keatas maupun juga sebaliknya. Hehehe...

Pengda kan  koordinator. Otoritasnya di cabang. Apakah cabang2 di Jatim sudah konsolidasi diri?
Pusat kegiatan pendalaman keilmuan kan di padepokan Madiun/Jatim. Senior dari cabang2 secara periodik mengikuti
acara latihan pendalaman di Madiun. Kenapa dari cabang2 Jatim malah minim?
Tadi pagi sy tlp salah seorang senior Surabaya. Saya tahu ada latihan kebugaran, kenapa tidak terbuka, hanya eksklusip para senior? Ternyata sedang mengembangkan kurikulum kebugaran sendiri.
Saya sarankan paralel. Pakai pakem kebugaran resmi dari Madiun, sambil mengembangkan sendiri (dalam hal2 khusus, pengembangan kebugaran dari Surabaya memang lebih unggul/fokus pada keluhan sakit tertentu). Sehingga tidak perlu rikuh dengan Madiun.
Cabang Surabaya mulai bangkit lagi, ditandai bertambahnya kolat/anggota baru secara signifikan, setelah tidak lagi mempermasalahkan kurikulum resmi. Terlalu banyak yang pinter2 tapi tidak terkonsolidasi, plus ewuh pakewuh, bisa2  menghambat kemajuan.
Mudah2an meriahnya jaman SMA Komplek akan muncul lagi (dulu rutin kejuaraan antar kolat), bahkan bisa lebih heboh. Amiin.

Salam.

AMIIIINNNN..

Saya ingin sekali mengikuti kolat kebugaran MP, mohon diinfokan apakah di semarang ada ?
dari browsing saya mendapatkan kolat undip & unnes, tapi saya ga yakin cocok berhubung saya sudah bekerja (pegawai)  :)

terima kasih sebelumnya

belum tentu nggak cocok mas, di kolat saya (kolat universitas) ada 2 orang yang udah punya anak, yang satu punya 3 anak, yang udah SD sekitar kelas 2 and 4..
temen saya yang lain lagi anaknya masih balita, keduanya masih aktif latihan bersama kami koq, malah tingkatannya itu orang berdua yang paling tinggi di kolat kami.. :)

oiya saya mau tanya, temen saya yang saya sebutkan diatas udah punya anak 3 biji itu pernah berkisah kalau temannya (salah atu senior MP) pernah mengetahiu kalau almarhum mas budi pernah menangkap "sesuatu" yang juga pernah ditangkap oleh ki ageng sela dalam cerita Nagasasra & Sabukinten, emangnya betul itu mas?
saya tidak pernah menduga kalau keilmuan kita bisa sampai sana..

dan ada juga sejarah-sejarah yang pernah dia beberkan, dia menemukan fakta kalau gagak handoko adalah salahsatu sennopati / panglima perangnya diponegoro dan dulunya pernah menjabat sebagai kepala daerah purworejo..

orangnya sudah saya undang untuk join ke forum ini, mudah2an dalam waktu dekat orangnya muncul..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

Toyosu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 17
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: MP
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #459 on: 06/03/2011 10:27 »
@Mas mpcrb

Mas Joko ini hanya tersenyum dan dijawab, "ya sudah, nanti saya akan ke tempat kamu, melatih secara khusus agar kamu bisa".

Penasaran saja, mungkin mas mpcrb tahu. apakah Mas Joko @Cirebon ini dari Tegal dulunya?

Lalu waktu awal 90an ada demo besar2an MP di Parkir Timur Senayan, ada Mas Joko (juga) yang jadi tim demo getaran, dan kemudian "digeret" komandan tim getaran karena keasyikan demo padahal waktu sudah habis.... Apakah mas Joko yang sama ya?
Waktu demo itu, ada juga tim tunanetra yang naik sepeda yang sepanjang Jalan Sudirman/Thamrin.
Kebetulan saya kebagian jadi tim penggembira di demo itu (lari-lari ke sana sini).  :D

Masih tentang demo di Parkir Timur Senayan ini, waktu persiapannya di Cibubur ada kisah seru, ada senior yang "emosi" dan karena tidak salurkan dengan baik, energinya loncat menabrak kaca jendela, dan pecahlah berantakan. Untung tidak ada korban. Hehehe.

Toyosu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 17
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: MP
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #460 on: 06/03/2011 10:33 »
@Mas acepilot


SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG


Mbok disharing nasehatnya Almarhum mas Budi di atas.  :)
Pelatih saya pernah cerita tentang HOWO ke-10 (hubungan ke ibu?) dan ke-11 (hubungan ke Allah SWT) yang ditutup juga. Tapi koq lupa yaaa sekarang...   

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #461 on: 06/03/2011 13:53 »
@Mas acepilot


SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG


Mbok disharing nasehatnya Almarhum mas Budi di atas.  :)
Pelatih saya pernah cerita tentang HOWO ke-10 (hubungan ke ibu?) dan ke-11 (hubungan ke Allah SWT) yang ditutup juga. Tapi koq lupa yaaa sekarang...   

ini deskripsi howo songo yang dijabarkan oleh mas hemi di facebooknya saat teman saya ada yang bertanya apa itu howo songo yang dimaksud di statusnya mas hemi :



Nehemia Budi Setyawan
‎"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" .... Father, I miss all your words...

Saturday at 1:03pm · LikeUnlike · · View Feedback (49)Hide Feedback (49)
‎" Siapa yang bisa menutup hawa 9 (5 Panca indra & 4 sifat manusia), orang tsb akan bisa me"napak" jejaknya burung yang terbang "... kalimat yang mudah tp memang sangat sulit untuk dilakukan...

    *
    *
      Auliawan Wisnu Surya Nugraha, Noor Wikas Saputro and 27 others like this.
    *
          o
            Sul Lis menyukai status anda.
            Saturday at 1:05pm · LikeUnlike
          o
            Lita Pengend Lulus brti sprti sukma tp raga'e mlu.
            Saturday at 1:07pm · LikeUnlike
          o
            Fuad Cahaya Rimba Very Best Quotations.. Two Thumbs Up..
            Saturday at 1:08pm · LikeUnlike
          o
            Dinar Bintang Monica artinya apa mas?
            Saturday at 1:09pm · LikeUnlike · 1 personApta Lewish likes this.
          o
            Devandham Lie Super sekali Mas...
            Saturday at 1:17pm · LikeUnlike
          o
            Abah Fiki ka nehem ... translate dong ... orang garut nggak ngerti nich ... hehehe
            Saturday at 1:28pm · LikeUnlike
          o
            Mulyono Waskito Hadi howo songo itu apa aja mas?
            Saturday at 1:30pm · LikeUnlike
          o
            Egy Egryas Howo songo c pa? Napak tapak kuntul c pa jg? Wlpn g tau artiny tp kykny aq tau mksd pmbcraanny. :-D .
            Saturday at 1:34pm · LikeUnlike
          o
            Merpati Putih Untag Surabaya Wah...dalem banget filosofinya...
            Saturday at 1:54pm · LikeUnlike
          o
            Ichi Hikari ayo mas dibagi juga makna nya, agar bisa bermanfaat.. :)
            Saturday at 2:24pm · LikeUnlike
          o
            Muhammad Maryanto Abot banget kuwi mas,
            jaman sekarang godaan ada dimana mana.
            Saturday at 3:21pm · LikeUnlike
          o
            Apta Lewish sip..
            Saturday at 3:23pm · LikeUnlike
          o
            Adrianus Tan ‎:)
            Saturday at 4:30pm · LikeUnlike
          o
            Ecko Suparmo hawa sanga apa bae mas?carane piye?
            Saturday at 5:35pm · LikeUnlike
          o
            Hary Perkemi ‎9 lubang nafsu...ooohhoohh...satu lubang aja bingung, ini sembilan....angel tenan yo mas...tapi insya Alloh bisa bagi yang "ikhlas"..
            Saturday at 6:18pm · LikeUnlike · 1 personMandi Akamsi Aliwaga likes this.
          o
            Nehemia Budi Setyawan ‎" Siapa yang bisa menutup hawa 9 (5 Panca indra & 4 sifat manusia), orang tsb akan bisa me"napak" jejaknya burung yang terbang "... kalimat yang mudah tp memang sangat sulit untuk dilakukan...
            Saturday at 10:26pm · LikeUnlike · 4 peopleAuliawan Wisnu Surya Nugraha, Apta Lewish and 2 others like this.
          o
            Dayat Mp Lia wah mas sulit sekali tu...ajari aq ya mas g mana caranya???
            Saturday at 10:49pm · LikeUnlike
          o
            Alfan Fachrul ‎4 sifat manusia itu apa aja mas :-)..???
            Yesterday at 12:20am · LikeUnlike
          o
            Mieke Setya Mas nehemia...bisa diperluas kata2 5 dan 4...sulit karena kondisi jaman seperti ini tapi justru kondisi seperti ini kita musti bersikap 5 dan 4...hidup musti dimaknai dg semua kebaikan,ketulusan,empati agar rasa persaudaraan antar warga,umat dunia menjd indah..y jalannya dengan memaknai filosofi MP...aku bangga MP,majulah terbang keangkasa luas...salam MP!
            Yesterday at 4:36am · LikeUnlike · 1 personNehemia Budi Setyawan likes this.
          o
            Park Bhe Joo golek galihing kangkung ya mas
            Yesterday at 6:07am · LikeUnlike · 1 person

Nehemia Budi Setyawan
ooo kl itu hanya istilah saja mbak.... jadi kl memang kita bisa mampu menjadi hamba Tuhan yang sesuangguhnya, apapun bisa kita lakukan termasuk hal yang mustahil. Tp mungkin itu jaman dulu kali ya, jamannya para nabi.... kl sekarang saya ha...nya menyikapi menjadi orang yang "benar dan baik" itu sudah lebih dari cukup mbak.
4 sifat manusia yang memang harus kita kendalikan antara lain :

Amarah : Bila manusia hanya mengutamakan nafsu amarah saja, tentu akan selalu merasa ingin menang sendiri dan selalu ribut/ bertengkar dan akhirnya akan kehilangan kesabaran. Oleh karena itu, sabar adalah alat untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Supiyah / Keindahan : Manusia itu umumnya senang dengan hal hal yang bersifat keindahan misalnya wanita (asmara). Maka dari itu manusia yang terbenam dalam nafsu asmara/ berahi diibaratkan bisa membakar dunia.

Aluamah / Serakah : Manusia itu pada dasarnya memiliki rasa serakah dan aluamah. Maka dari itu, apabila nafsu tersebut tidak dikendalikan manusia bisa merasa ingin hidup makmur sampai tujuh turunan.

Mutmainah / Keutamaan : Walaupun nafsu ini merupakan keutamaan atau kebajikan, namun bila melebihi batas, tentu saja tetap tidak baik. Contohnya: memberi uang kepada orang yang kekurangan itu bagus, namun apabila memberikan semua uangnya sehingga kita sendiri menjadi kekurangan, jelas itu bukan hal yang baik.

saya kurang mengerti yang disebut "tapake kuntul melayang", kalau di kira2 secara kasar ya mungkin itu ilmu terbang ataukah ragoh sukmo..
CMIIW..

"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #462 on: 06/03/2011 23:25 »
Quote from: acepilot link=topic=313.msg38069#msg38069
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" .... Father, I miss all your words...

...

saya kurang mengerti yang disebut "tapake kuntul melayang", kalau di kira2 secara kasar ya mungkin itu ilmu terbang ataukah ragoh sukmo..
CMIIW..

Setiap makhluk di dunia ini, ketika ia melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain secara fisik, maka ada yang disebut dengan "getaran tinggal". Getaran tinggal ini akan menjadi "jalur" pergerakan dari makhluk tersebut.

Burung kuntul, ketika ia terbang melayang, akan menghasilkan getaran tinggal pada wilayah udara yang dilewatinya. Sangat tipis dan halus, yang kalau kepekaan kita tidak mumpuni, dijamin akan sulit merasakan "jalur" tersebut. "Jalur" ini diistilahkan dengan "tapake kuntul mlayang". Ini juga sekaligus sebagai metafora bahwa ketika seseorang sudah mencapai tahap diatas normal, maka hal-hal yang begitu HALUS, sekelas "tapake kuntul melayang" akan bisa dirasakan.

Hawa songo bisa juga diartikan sebagai 9 hawa, atau 9 lubang dalam tubuh. Yakni meliputi 2 lubang mata, 2 lubang telinga, 2 lubang hidung, 1 lubang mulut, dan 2 lubang di bagian bawah tubuh. Secara metafora bisa juga dimaknai bahwa siapa yang bisa menjaga:

2 lubang mata: artinya menjaga pandangan dari hal-hal yang tidak baik,
2 lubang telinga: artinya menjaga telinga dari pendengaran yang tidak baik,
2 lubang hidung: artinya menjaga hidung dari penciuman yang tidak baik,
1 lubang mulut: artinya menjaga ucapan, lisan, dari hal-hal yang tidak baik,
2 lubang bagian bawah: artinya menjaga kemaluan dari hal-hal yang tidak baik.

"Menutup" hawa songo, bukan berarti menutup 9 lubang tersebut secara harfiah. Lubang, bisa dimaknai sebagai jalur keluar masuknya energi. Mampu "menutup" hawa songo, artinya memiliki kemampuan untuk mengontrol buka-tutup dari jalur energi tersebut. Dan ini sangat luar biasa. Mengatur satu atau dua jalur energi saja sudah cukup sulit, apalagi ini 9 jalur. Jadi ya tidak heran, mereka yang bisa melakukannya akan bisa punya kemampuan luar biasa yang diistilahkan dengan "napak tapake kuntul mlayang". Mampu mengikuti tapak dari kuntul melayang. Apakah kuntul melayang ada tapaknya? Gak ada, dan gak pernah ada. Yang ada hanya getaran tinggalnya saja, yang berisi jalur dan segala informasi dari burung kuntul tsb yang kalau tidak jeli/akurat/peka maka akan berbaur bersama getaran alam dan sulit sekali untuk di deteksi.

Hawa songo juga bisa diambil tamsil berupa hal-hal duniawi. Mata, terkait pada dunia fana yang kita lihat. Telinga, mendengar suara-suara di dunia, hidung, mulut, 2 lubang di bagian bawah, semuanya merupakan aspek-aspek keduniawian. Hawa songo terkait dengan ROGO, raga sejati. Berhubungan dengan sisi duniawi. Manusia diberikan raga sejati dan sukma sejati. Mampu menutup hawa songo artinya mampu menutup sisi keduniawian. Semakin mampu "ditutup", maka semakin bertambahlah daya sukma sejati. Sebaliknya, semakin tidak mampu "ditutup", maka semakin lemahlah sukma sejati.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #463 on: 07/03/2011 00:00 »
Secara singkat, "SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" memiliki maksud bahwa siapapun yang mampu menutup 9 rasa duniawi, maka ia akan mendapatkan daya linuwih untuk mampu menapak tapaknya burung kuntul yang melayang.

***

Ada yang menarik untuk dicermati mengenai kenapa diambil pemisalan dengan BURUNG KUNTUL (bahasa daerahnya 'burung blekok'), kenapa tidak cendrawasih, atau burung elang, atau rajawali? Dan menapak tapaknya kuntul mlayang. Apakah ada yang istimewa dengan hal tersebut?







Sekedar informasi, ada hal yang unik pada burung Kuntul ini. Pada tahun 2005, ilmuwan Kanada yang bernama Dr. Louis Lefebvre melakukan penelitian mengenai burung kuntul dan mengumumkan metode pengukuran IQ yang berkaitan dengan kebiasaan makan. Berdasarkan metode ini, burung Kuntul merupakan salah satu burung yang paling pintar. Bahkan kalau kita mengetahui bagaimana cara mlayang/terbang dari burung ini, akan terlihat ada hal yang istimewa sehingga mungkin para pendekar yang sangat mumpuni sampai menggunakan tamsil burung ini. Hal yang istimewa pada cara terbang burung ini bahkan mengilhami dibuatnya pesawat udara ringan juga loh. Kuntul merupakan salah satu jenis burung yang mampu bermigrasi dengan jarak sangat jauh tanpa tersesat, memiliki kemampuan untuk membaca aliran magnetik pada bumi sehingga ia mau terbang kemanapun tidak akan tersesat karena ia seolah punya "peta" dengan mengikuti aliran magnetik pada bumi.

Burung jenis ini juga paling banyak dijadikan contoh pada dongeng-dongeng klasik, dijadikan inspirasi untuk membuat pesawat udara ringan, dan bahkan dijadikan simbol pada beberapa aliran beladiri.

Seperti apa sih burung kuntul mlayang? Mari kita lihat video ini:

http://www.youtube.com/watch?v=_nZ7A5QW2NU

Kalau video tsb kurang jelas, ini ada video yang 300 fps. Jadi terlihat secara gerak lambat seperti apa sih kuntul mlayang.

http://www.youtube.com/watch?v=A07r6dXw-AQ

Nah, bisa dibayangkan sendiri khan kalau ada manusia yang punya kemampuan untuk napak tapake kuntul mlayang?

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 65
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #464 on: 07/03/2011 05:53 »
ngerilah mas kalau ada yang bisa..
hiiiii...

oiya mas, teman saya pernah mengatakan kepada saya temannya dia salahsatu sesepuh mp pernah mengatakan aslinya MP itu nggak punya gerakan, dulunya MP itu hanya punya ilmu2 kanuragan saja..
mohon pencerahannya para sesepuh..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

 

Powered by EzPortal