+-

Video Silat


Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
persinas asad
Beksi, Peragaan Jurus #01
Tarung Bebas PZH
Edwin Maen Gila ( promosi silat )
Pendekar Trans 7 : Gajah Putih #3
Liputan SILAT for WOMAN SELF DEFENSE di MNC TV
SELF DEFENSE FOR WOMEN
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 472867 times)

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #675 on: 18/05/2011 17:38 »
Salam Perguruan....

Saya mungkin punya sedikit pendapat yg berbeda....
Yang saya pahami..Mas mpcrb tidaklah berbicara di tataran fiqih...tapi beliau berbicara ditataran "Rasa Spiritual " dimana memang ada efek2 positif yg kita peroleh dalam melkukan Sholat..salah satunya ya..Rasa & kelezatan Spiritual tsb.
Fiqih itu khan adalah segala pengetahuan ttg aturan & hukum2nya dalam mengamalkan suatu Ibadah.Contoh...sebelum Sholat..musti berwudlu dulu....mau sholatnya khusuk kayak apapun..kalo gak wudlu..ya..tetap gak sah...ini tataran fikih...
Contoh kedua..disetiap rakaat wajib hukumnya membaca Al Fatihah...dia udah berwudlu...rakaatnya benar..gerakannya mantap..bahkan sampe menangis segala ..tapi gak baca Al fatihah..ya...gak sah sholatnya...Inilah pakem Fiqih...
Sholat itu adalah kendaraan kita utk berkomunikasi dgn Gusti Alloh....Mustinya buat kita para Pesilat yg sehari2 berlatih olah Nafas , Olah Konsentrasi & Olah Rasa....kelezatan Spiritual ini seyogyanya lebih mudah diraih dibandingkan orang lain..
Bukankah ada Ayat yg menyatakan yg artinya kurang lebih spt ini " Ciri2 Orang Mukmin itu adalah TERGETARLAH hatinya apabila dbacakan/mendengar ayat2KU/NamaKU....apakah itu justifikasi dari latihan Getaran Ilahi..??? Wallahu'Alam...
Uniknya ..memang babaran kelezatan Spiritual ini menggunakan pendekatan Im Yang ( CMA )...terus terang sesuatu yg menarik juga buat saya....
Ini khan hasil dari Mersudi dalam membabar salah satu Efek positif dalam melaksanakan Sholat..dimana Mas mpcrb tidak berusaha mengganti pakem2 Fiqih
baku yg sdh ada...
Memang agak sensitif..karena bisa dimaknai " Negatif " dan " Aya Aya Wae " bila kita melihatnya dari sudut pandang Fiqih...
Wallahu'Alam...

Salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #676 on: 18/05/2011 19:54 »
Terima kasih mas ogebang. Memang demikianlah adanya.

Adapun tujuan saya menjelaskan mengenai informasi pada blog pribadi saya bukan demi kesombongan, tetapi agar kang one atau yang lain paham dimana saya berpijak. Bahwa ketika saya melakukan analisa, saya memahami benar konsekwensi logis dari apa yang saya katakan. 

Ada beberapa hal yang menarik ketika saya membaca buku Medical Qigong Therapy ini. Setiap kali saya coba menajamkan rasa untuk mencoba mengamati suatu gambar atau tulisan di suatu paragraf, ada rasa yang berbeda-beda. Seolah tulisan ini dari orang A, tulisan ini dari orang B, tulisan ini dari orang C, penjelasan paragraf ini dari orang D, dst. Awalnya saya masih ragu apakah deteksi saya salah. Kok bisa berbeda-beda begitu. Padahal yang nulis ya satu orang doank. Setelah kemudian (beruntung) saya mendapat kesempatan diskusi dengan sifu Batikguy (demikianlah nickname yang dipakai di forum Martial Arts Kaskus) barulah saya paham bahwa banyak penjelasan dari buku tersebut yang tidak sesuai dengan konsep Yin-Yang pada CMA. Terkadang perbedaannya cukup fundamental. Meski demikian, tetap saja ada nilai guna yang bisa saya dapatkan. Disinilah saya merasa getaran MP memiliki keistimewaan dimana deteksi pada suatu gambar/tulisan bisa mengarahkan kita pada suatu gambaran kondisi bagaimana tulisan/gambar itu dibuat. Akhirnya, kalau suatu paragraf atau gambar ketika dirasa mengarah pada rasa X, artinya itu (bisa jadi) penjelasan yang (mungkin) sesuai dengan teori Yin-Yang pada sudut pandang CMA. Kalau rasanya 'hambar', saya lewati, cukup sebagai pengetahuan tambahan saja.

Ketika saya memandang gambar Yin-Yang. Entahlah, pada saat itu ada perasaan berkecamuk di hati ini. Bergetar, dibawa kesana-kemari, berputar-putar, mencari ruang gerak, sempit, penuh, kosong, isi, dsb, sampai merasa pusing. Rasanya gak karuan. Setiap kali selesai sholat, kemudian selesai berdoa, saya coba konsentrasi lagi. Membayangkan simbol tersebut dan mencoba menyalurkan getaran pada simbol tersebut. Mungkin, akibat dari efek sholat, ketenangan pikiran dan jiwa yang lebih baik, akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai mencoba menganalisa. Meski belum tuntas, karena rasanya yang 'luas' sekali. Saya seperti merasa di tempat kosong. Dari situ mulailah muncul 'gambaran-gambaran', ucapan, percakapan, dan banyak lagi. Berbicara mengenai pusaran besar, pusaran kecil, kosong-isi, diam-gerak, luas-sempit, langit-bumi, panas-dingin, pria-wanita, dan hal-hal lain. Bahkan sampai suatu kondisi bentuk fisik tubuh ketika melakukan suatu bentuk tertentu juga 'tergambar'. Disitulah saya mulai masuk untuk sedikit demi sedikit mencoba mencerna. Terkadang sampai berkeringat dingin dan 'gemrojos' (kata orang Cirebon).

Kemudian saya hentikan. Dan menuliskan apa yang saya lihat, rasakan.

Kenapa saya hanya fokus pada simbol tersebut? Karena dari semua penjelasan panjang lebar pada buku itu ya bermuara pada simbol tersebut. Lucunya, terkadang dari apa yang saya tulis itu, apa yang saya rasakan itu, eeh dibahas juga pada bab-bab selanjutnya (padahal saya belum membaca sampai jauh kesitu). Bahkan dari  gambaran bentuk gerakan tubuh, setelah saya coba tirukan di dunia nyata, efeknya seperti yang diceritakan pada gambaran tersebut.

Inilah yang menjadi menarik buat saya. Belum tuntas untuk ditelusuri. Masih perlu waktu yang entah berapa lama.

Dari pengamatan ini, justru saya semakin bertambah keimanan. Hingga terkadang mencucurkan air mata setiap kali melihat, merasakan, bagaimana semua itu bisa terjadi. Wallahualam.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #677 on: 18/05/2011 20:36 »
Ya memang mas Mpcrb unik, hebat, langka.
Dari merasa overload, kemudian tapa ngrame dengan terus mersudi, "membaca", menganalisa, mensintesa dan antitesa, kemudian menulis, hasilnya bisa dibilang luar biasa (dibanding rata2 tingkat analisis anggota MP).
Bahwa terkadang ada tulisan "wungkul" maupun lugas, memungkinan timbul salah presepsi, sehingga perlu tambahan penjelasan, adalah wajar. Kita semua hanya ikut menjaga, ngawat awati", tut wuri handayani.....

Salam.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #678 on: 18/05/2011 22:34 »
Waduh, saya masih bodoh mas. Boro2 hebat, lha wong jalan aja masih menapak tanah dan makannya masih nasi (walau terkadang ketoprak atau rendang. :) ).  Saya hny mengatakan yg saya rasakan. Barangkali ada manfaatnya. Kalau salah mohon dikoreksi.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #679 on: 18/05/2011 22:43 »
Kenapa saya tdk khawatir ketika membaca i-ching, atau ketika menyelami konsep yin-yang? Sebab saya sdh pny "batu uji" utk itu semua, yakni Quran plus tambahan sunnah dan ijma. Saya tinggal uji saja dengan Quran, kalau termaktub ya berarti nilai2 itu benar.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #680 on: 19/05/2011 00:54 »
Spt ketika membahas panas-dingin, diam-gerak, besar-kecil, dsb. Sesuatu yg berpasang2an. Bukankah Quran jg memberitahu kalau semua hal itu berpasang2an? Kenapa tubuh manusia bersifat Yin, mengapa tenaga Yang relatif lbh mudah dilatih, dan banyak lagi...
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #681 on: 19/05/2011 08:29 »
@mpcrb
 
Concerning lambang Yin Yang Tai Chi..coba sampeyan tanyakan kpd Sifu Batik Guy siapa sih Pendekar yg menciptakan Lambang Tsb..??
Apakah benar penciptanya Master Thio Sam Hong sang Pendiri Wu Dang Pay...??
Kalo memang benar...coba Sampeyan kirim Getaran pribadi  kpd Master Thio Sam Hong...kirim Getaran yg bersifat Salam Sejahtera & Perkenalan , respect , Rasa Hormat dan keinginan utk mempelajari  Tai Chi.Sampaikan kpd Beliau bahwa Sampeyan berminat menjadi Murid beliau...
Lakukan dgn niat yg ikhlas...lalu nikmati & rasakan  apa yg terjadi....

Salam

Sawer Wulung

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #682 on: 19/05/2011 13:04 »
Emang bisa ya om ogebang? Jadi penasaran pengen ngerasain juga, tapi gimana caranya?

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #683 on: 19/05/2011 14:24 »
@mas ogebang, saya coba mas (meski tidak yakin hehehe).

Sejauh ini saya cukup puas dengan pendekatan yang sudah ada. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Saat ini sedang mencoba mempelajari I-Ching, terutama pada konsep trigram dan hexagram-nya.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #684 on: 19/05/2011 15:56 »
Saya coba sharing apa yang saya dapatkan ketika saya membaca I-Ching dan melakukan evaluasi getaran MP dari sudut pandang I-Ching (meski belum tuntas).

Saya mulai dari konsep pemahaman dasar pd I-Ching adalah sebagai berikut:



Pada mulanya adalah Wuji (yang tanpa batas), kemudian menjadi absolut (Taiji). Taiji menghasilkan dua bentuk yakni Yin dan Yang. Dua bentuk ini menghasilkan 4 fenomena yakni di dalam Yang besar (Taiyang) ada Yin kecil (Shaoyin) dan di dalam Yin besar (Taiyin) ada Yang kecil (shaoyin). 4 fenomena ini menetapkan 8 diagram (ba gua) yang kemudian menjadi 64 kombinasi (hexagram).

Sekarang mari kita lihat Nafas Pembersih MP dari sudut pandang ini. Apakah tercapai keseimbangan atau tidak?

Nafas pembersih, sesuai pakem baku, berbasis 4 arah dengan model panas-dingin. Kalau dilihat dari sudut pandang trigram berbasis i-ching pada tabel formula yang ada adalah menjadi sebagai berikut:

Selatan
Timur
Utara
Barat

Trigram berbasis ba gua kemudian menjadi 64 bentuk hexagram. Penggabungan dari selatan-timur-utara-barat (masuk pada tahap Nafas Segitiga).


Gambar ini di dalam i-ching adalah hexagram nomor 21 dengan elemen yang terdiri dari Petir dan Api (elemen dominan YANG). Disebut dengan Sun of Fire.


Gambar ini di dalam I-Ching adalah hexagram nomor 60 dengan elemen yang terdiri dari Tanah dan Air (elemen dominan YIN). Disebut dengan Moon of Water.

Jadi memang nafas pembersih dan segitiga di MP sudah memanfaatkan YANG dan YIN.

Kemudian untuk mendapatkan bentuk keseimbangannya, saya pecah menjadi 2 bentuk untuk masing-masingnya sehingga tersusun:


Simbol Tai Chi (Yin Yang) dimana lingkaran kecil di dalam lingkaran besar, digambarkan dengan anagram sebagai berikut:



Kalau kita lihat pada hasil analisa nafas pembersih dan segitiga, akan terbentuk sesuatu yang menarik:


Gambar tersebut adalah Yang kecil (siaw yang) diantara Yin besar (Tai Yin), atau lingkaran kecil di dalam lingkaran besar.


Gambar tersebut adalah Yin kecil (siaw yin) di dalam Yang besar (Tai Yang), atau lingkaran kecil di dalam lingkaran besar.

Kemudian berakhir menjadi:


Gambar tersebut adalah Yang besar (Tai Yang) dan Yin besar (Tai Yin)

Itulah alasannya mengapa saya katakan latihan getaran MP dimulai dari kecil mempengaruhi besar. Sedikit mempengaruhi banyak. Harmonisasi dengan getaran alam. Seimbang antara Yang dan Yin. Langit dan bumi.

Yang membuat saya terkesan adalah, kalau saya ubah tata urutan latihan nafas pembersih (misal ngaco, selatan-timur-barat-utara atau utara-timur-barat-selatan atau yang lainnya SELAIN selatan-timur-utara-barat), maka keseimbangan tidak akan tercapai pada hasil akhirnya. Komposisi anagramnya menjadi berat sebelah bahkan sama sekali tidak terbentuk. Menakjubkan!

Menarik sekali, bukan?  :)

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #685 on: 19/05/2011 16:15 »
Di Cirebon, saya mendapatkan 2 kondisi nafas pembersih yakni Selatan-Timur-Utara-Barat dan Utara-Barat-Selatan-Timur.

Menarik sekali melihat kalau komposisi dari dua tipe tersebut dibentuk trigramnya, hasilnya juga seimbang. Tapi yang selain itu, tidak seimbang sama sekali.

:)

Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #686 on: 19/05/2011 17:30 »
Mas ku yg satu ini emang juara analisa nya, ga berminat nurunin ilmunya ke saya? Hehehe.

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #687 on: 20/05/2011 05:57 »
@SawerWulung

Salam Silat..Mas....
Jawabannya bisa..Mas...Justru kalo kita menguasai keilmuan ini...tidak ada lagi alasan Keilmuan suatu Perguruan itu dikatakan Punah dibawa mati oleh Guru Besarnya...
Saya tidak akan masuk ke Teknik Olah Getarannya..ya...karena setiap Perguruan punya caranya masing2....
Tapi kalo anda minat..conba amalkan beberapa hal yg simple dulu spt ini :

1. Pelajari Silsilah Kelilmuan Perguruan anda sampai mentok ke atas...hapalkan nama2 Pendekar/Pewaris/Guru Besarnya yg telah wafat tsb.
Doakan mereka tiap hari....sapalah mereka dgn salam takzim....biasakan pula sebelum anda berlatih...anda mohon izin kpd mereka dan selalu doakan mereka..
2. Berziarahlah ke Kuburan mereka masing2....sampaikan Salam & doa semoga mereka selalu dibahagiakan Gusti Alloh di alam sana...
3. Sering2lah berkomunikasi dgn mereka dgn cara mengirimkan Salam & mendoakan mereka....
4.Ulangi & amalkan no 1 sd 3 dan jadikan kebiasaan anda sehari2....
5. Ceritakan ke saya apa yg nanti akan anda alami...he...3x....

Salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #688 on: 20/05/2011 10:01 »
Mas ku yg satu ini emang juara analisa nya, ga berminat nurunin ilmunya ke saya? Hehehe.

Wadoow... ilmu apa ya? Perasaan saya ga punya ilmu apa-apa mas,  masih bodoh mas. :(

Mungkin karena jiwa saya yang senang dengan hal-hal berbau tulisan-tulisan, bacaan-bacaan, dan ketika getarannya diarahkan kesitu saya merasa nyaman dan tidak terbebani untuk melakukan itu semua.

Yang saya lakukan sih biasanya seperti ini. Pertama-tama saya memandangi tulisan atau gambar atau apa saja. Kemudian memejamkan mata, membayangkan tulisan atau benda tersebut di pikiran. Setelah terbentuk, barulah saya salurkan getaran saya pada pikiran tersebut untuk 'menyentuh' obyek yang sedang saya pikirkan. Niatnya tergantung mau ngapain. Kalau ingin masuk lebih dalam, ya saya niati seperti itu. Kalau ingin sekedar tahu, ya saya niati seperti itu. Setelah terjadi 'kontak', barulah nanti hati ini akan berasa sesuatu. Efeknya akan muncul setelah kontak terjadi. Disitulah saya biasanya membagi fungsi otak menjadi beberapa bagian. Sebagian digunakan untuk mengingat gambaran yang terlihat, sebagian digunakan untuk mensintesa, sebagian digunakan untuk menganalisa. Setelah dirasa cukup, saya tarik lagi getarannya, lalu simpan di otak kecil. Buka mata, dan kemudian saya menuliskan apa yang saya rasakan dan 'lihat'. Seperti itulah.

Untuk melatih fungsi otak agar bisa paralel di dalam melakukan sesuatu, saya biasanya melatih dua kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Entah sambil duduk, atau sambil nonton tv, atau sambil di motor, atau sambil nyetir mobil, dsb. Selalu saya sempatkan untuk melatihnya. Latihannya sederhana, awalnya cukup dengan tangan kanan menggambar lingkaran dan tangan kiri menggambar kotak. Dimulai dari jari telunjuk, lalu pergelangan, hingga lengan. Atau kebalikannya. Bisa juga kaki kanan memutar ke kanan, lalu kaki kiri memutar ke kiri (berlawanan). Sambil nonton tv atau sambil nyantai dengan keluarga.

Barangkali ada manfaatnya. Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #689 on: 20/05/2011 13:22 »
@kang sawer wulung

hayu atuh kita ketemuan ngobrol-ngobrol di rumah bareng mas samber gledek sambil nyeruput nutrisari (hahaha saya gak ngopi soalnya, jadi kalo mas samber gledek main ke rumah disuguhinnya nutrisari aja) :D

hehehe
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

 

Powered by EzPortal