+-

Video Silat


GGBD - Demo / Aplikasi #3
ARE’ SEKA’ : aplikasi jurus clurit mad
Ujungan Macan Ngawahan - Malioboro Pencak Festival
Golok Seliwa Bang Husein
Silat Golok Seliwa2
perform beksi junior di acara Khaul 3 Guru Besar B
Silat Golok Seliwa
Demo Silat Golok Seliwa
Liputan Pawai Silat Tradisi, 27 Mei 2012

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 300064 times)

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #705 on: 30/05/2011 10:48 »
Salam perguruan semuanya.

Menyambung bahasan mengenai analisa kejawen, izinkan saya coba untuk membabar. Barangkali dari pengetahuan saya yang dangkal ini ada sedikit manfaat yang bisa dipetik untuk bersama. Apa yang saya tulis dalam 3 hari kemarin nantinya bisa jadi tidaklah benar 100%, tetapi semata-mata upaya untuk mencoba menyelami keadaan agar didapat pemahaman yang lebih baik. Kalau salah, mohon diluruskan.

***

Saya akan mencoba menganalisa dari arah dan warna dan energi secara terpisah.

Ada yang menarik yang kebetulan bisa bersamaan dengan penjelasan mas Suprapto disini:

Quote
Mengapa posisi dalam nafas pembersih berurutan memutar kekiri?

Mengapa "jawab" dalam khasanah Kejawen berkaitan penjuru mata angin dan warna, urutannya memutar kekanan?

Apakah bisa ada penjelasan, konon kalau memutar kekiri, seperti arah tawaf, dikatakan ada gaya sentrifugal (dari titik pusat, keluar. Atau yang diluar menarik yang didalam) ?
Kemudian kalau memutar kekanan ada gaya sentripetal (dari luar masuk/mengisi kepusat, atau  pusat menarik energi dari luar? Adakah hubungannya dengan teknik penyembuhan?

Berikut ini adalah apa yang saya temukan pada penelusuran getaran melalui I-Ching untuk membandingkan antara Nafas Pembersih dan Kejawen:


Kolom kiri adalah Kejawen sedangkan kolom kanan adalah Nafas Pembersih.

Kita bisa lihat bahwa pada kejawen, keseimbangan dimulai dari Yin besar dan Yang besar barulah kemudian menjadi Yang kecil dan Yin kecil. Sedangkan pada pembersih, keseimbangan dimulai dari Yang kecil dan Yin kecil untuk kemudian menjadi Yin besar dan Yang kecil. Menariknya juga, hexagram yang ditunjukkan oleh Kejawen adalah Hexagram 55 (feng) yang artinya "berlimpah" dan Hexagram 47 (kun) yang artinya "membatasi". Dari berlimpah, kemudian dibatasi. Dari lingkaran besar menjadi lingkaran kecil. Sedangkan pada nafas pembersih yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya, dari lingkaran kecil menjadi lingkaran besar. Atau bisa kita katakan pembersih adalah kecil mempengaruhi besar sedangkan "jawab" kejawen tersebut adalah besar mempengaruhi kecil.

Penjelasan lebih detail dan kaitannya dengan elemen warna serta energi akan saya akan coba tulis setelah ini. Mendadak dipanggil meeting dulu soalnya. Hehehe.

Salam.







Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #706 on: 30/05/2011 17:55 »
(lanjutan)

TEMUAN PERTAMA

Kalau melihat hasil bahwa "jawab" kejawen dimulai dari besar kemudian menjadi kecil maka berarti "kecil" ini pastilah 'pecahan' dari yang besar. Dari 'rasa' yang ada, yang paling mungkin hanyalah penjelasan mengenai 5 elemen dimana 4 arah menunjuk pada 4 elemen dan tubuh kita sebagai elemen ke-5. Meski demikian, yang saya rasakan sepertinya elemen ini tidaklah benar-benar seperti 'elemen' dalam terminologi yang dipahami umum. Rasanya seperti sebuah transformasi. Atau lebih tepatnya 5 transformasi. Saya masih merenungi makna ini. Untuk sementara biarlah saya gunakan istilah yang sudah umum saja, yakni elemen. Saya akan coba jelaskan secara terpisah mengenai ini.

Saya mencoba "jawab" ini selama 3 hari dengan dua kondisi. Kondisi pertama, sebar getaran (dari dalam ke luar). Kondisi kedua tarik getaran (dari luar ke dalam).

Hari Kamis, ketika saya coba memulainya dengan kondisi pertama (sebar getaran). Awalnya ke arah timur. Dilakukan malam hari (sekitar jam 11-an). Tidak bisa merasakan apa-apa. Jangankan putih, yang ada malah hitam gelap. Arah selatan juga demikian. Hmm saya berpikir apa yang salah. Akhirnya saya mencoba "kosong". Membiarkan tenaga getaran itu menjelajahi sendiri. Dengan posisi duduk bersila (sikap duduk sempurna) dengan telapak tangan diatas lutut menghadap ke atas. Saya membaca "jawab" tersebut dalam hati. Dan tepat ketika pada kalimat "manunggala dadi siji" tiba-tiba tangan ini seperti mendapat tenaga dorongan dari lantai dan bergerak sendiri membentuk sikap sedakep. Pada saat itu rasanya blaass... seperti masuk ke ruang kosong tiada batas. Saya tidak tahu dimana timur, dimana selatan, dimana arah lainnya. Saya coba pusatkan rasa dan mencoba 'mencari' arah timur. Ketemu. Tapi masih hitam. Saya hentikan. Yang penting cara mencari 'arah'-nya sudah ketemu.

Jam 12-an saya merenung, kenapa tangan ini mengangkat sendiri dan membentuk sikap seperti sedakep di depan dada agak sedikit ke perut. Tiba-tiba terlintas untuk mencoba "jawab" ini menjelang sholat shubuh. Akhirnya saya coba lagi sekitar jam 4-an. Menjelang sholat shubuh. Memejamkan mata, masuk kembali ke alam kosong. Memusatkan rasa untuk mencari arah 'timur'. Ketika 'ketemu', ya sudah semua getaran saya arahkan kesitu. Beberapa waktu kemudian saya sampai terkejut dan berucap "Subhanallah" benar-benar PUTIH. Terlihat sekali ada cahaya putih menyemburat keluar dari arah timur. Indah sekali. Tapi saya sendiri tidak tahu itu apa. Akhirnya dengan berucap Alhamdulillah saya tutup dan hentikan.

Saya tidak tahu itu apa. Apakah itu benar atau tidak. Wallahualam.

Jujur saya tidak yakin, apakah seperti ini arah timur. Tapi karena hari pertama seperti itu hasilnya ya saya catat saja dulu. Dicoba dilanjut esok harinya. Esoknya saya coba browsing dan cek apa ada sinar putih yang memancar dari arah timur. Ternyata ada! Di dalam ilmu pengetahuan modern hal itu disebut dengan cahaya zodiak (zodical light) yang bahkan gitaris Queen (Brian May) menggunakan sebagai thesis khusus dan dibukukan di Amazon (http://www.amazon.com/Survey-Radial-Velocities-Zodiacal-Cloud/dp/0387777059). Informasi mengenai cahaya zodiak dapat dilihat disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Zodiacal_light dan disini: http://news.sciencemag.org/sciencenow/2010/04/researchers-solve-the-mystery-of.html

Bahkan sinar inilah yang juga dibahas secara intens di zaman Nabi Muhammad SAW sebagai tanda waktu shubuh. Karena dibahas khusus maka pastilah ia memiliki keistimewaan tersendiri. Pergeseran sempurna dari akhir malam ke awal pagi. Entah pas kebetulan atau tidak saya mencobanya menjelang shubuh jadi itu (kebetulan) terlihat saat getaran dicoba diarahkan sepenuhnya ke arah timur di waktu menjelang shubuh. Saya sendiri baru tahu ternyata ada cahaya zodiak (atau fajar asli dan fajar palsu dalam terminologi Islam). Bertambah juga pengetahuan saya mengenai ini. Timur juga adalah arah rotasi bumi, arah dimana matahari dan bulan "terbit". Siangnya, selepas dhuhur saya coba teknik yang sama untuk arah selatan. Saya pejamkan mata lagi dan mulai membaca "jawab" dalam hati dengan konsentrasi salur getaran pada arah selatan. Masuk kembali ke ruang kosong hitam lalu mencoba mencari arah 'selatan'. Ketemu, tapi tetap gelap. Tidak terasa sama sekali gambaran merah atau warna apapun. Coba satu kali, dua kali, sama saja. Hmm, mungkin pemahaman saya ada yang salah. Mungkin timurnya sih bener, tapi selatannya barangkali bukan demikian pendekatannya. Daripada terjebak pada stagnasi, lebih baik saya kembali mengoptimalkan daya pikir saya untuk mencoba sintesa dengan pengetahuan lain. Barangkali ada ketemu linknya.

"Jawab" kejawen ini pastilah ada kaitannya secara horizontal dan vertical (eh kebetulan sudah dijelaskan juga oleh mas Tok). Jadi (dalam pikiran saya) seharusnya ada penjelasan lain. Saya tidak 'nemu' mengapa selatan warna 'merah', mengapa barat warna 'kuning' dan mengapa utara warna 'hitam' sedangkan saya baru 'nemu' yang timur saja. Kalau menggunakan sebar getaran rasanya cukup sulit. Barangkali nanti dengan pendekatan tarik getaran bisa lebih mudah.

Berikutnya saya akan coba jelaskan mengenai kondisi yang kedua yakni tarik getaran dengan dicoba melakukan sintesa dengan pengetahuan lain.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #707 on: 30/05/2011 18:18 »
Akhirnya saya coba dengan pendekatan tarik getaran. Setelah sebelumnya saya coba gunakan analisa berbasis I Ching (buku perubahan), maka didapati kondisi kejawen yang seperti saya jelaskan sebelumnya. Saya coba membolak-balik catatan-catatan saya.

Entah kenapa, naluri ini mengatakan penjelasan versi teori 5 elemen ini sangat mendekati dan bahkan bisa dibilang benar-benar klop dengan apa yang kejawen lakukan. Barangkali mungkin kalau meleset jauh, mohon dikoreksi.

Menurut tradisi Tiongkok klasik, gejala-gejala alam dapat dikelompokkan ke dalam Lima Unsur atau Lima Elemen: kayu, api, tanah/bumi, logam/emas, dan air. Kelima unsur ini digunakan untuk menjelaskan interaksi dan hubungan antara gejala-gejala alam. Kelima unsur ini juga saling mendukung dan menghancurkan satu sama lain sehingga membentuk lingkaran unsur. Pada masing-masing hubungan terdapat filosofinya yang diamati dari gejala-gejala alam.

Teori Lima Unsur mengidentifikasi lima elemen (unsur) yang berbeda di mana energi chi dapat bermanifestasi sendiri. Lima Elemen (Kayu, Api, Tanah, Logam dan Air) tersebut diatur ke dalam urutan siklus yang mewakili aliran energi antara unsur-unsur ini sebagai 'fase'. Karakteristik dari masing-masing fasa ditentukan oleh 'energi dinamis' dipersonifikasikan sebagai putaran musim berkesinambungan di alam.

Interaksi ini terbagi menjadi beberapa jenis, tetapi secara umum ada 3 yakni:
1. Interaksi yang bersifat mendukung
2. Interaksi yang bersifat menghancurkan
3. Interaksi yang bersifat melemahkan

Mari kita lihat satu persatu.

Timur - Putih, elemen Air
Selatan - Merah, elemen Api
Barat - Kuning, elemen Logam
Utara - Hitam, elemen Kayu
Manusia (pelaku) - Abu-abu, elemen Tanah

Apakah ini kebetulan atau tidak, ternyata sangat cocok dengan penjelasan 5 elemen pada konsep CMA.

Sekarang mari kita lihat termasuk ke dalam jenis yang mana kelimanya.

Melihat tata urutannya terdiri dari : AIR - API - LOGAM - KAYU - TANAH

Dan ini adalah .... Destructive Cycle!


Perhatikan arah putarannya, tepat sekali! Dengan arah putaran searah dengan jarum jam. Berkebalikan dengan nafas pembersih yang memutar berlawanan dengan arah jarum jam.

Jadi, sepertinya "jawab" ini adalah "jawab" untuk teknik penghancuran dan bukan untuk pengobatan. Dengan arah putaran berlawanan dengan arah rotasi bumi.

Iseng-iseng saya coba ambil dragon di kamar, lalu saya pasang steger trus dengan pendekatan yang ada, saya coba tarik unsur yang melemahkan besi. Konsentrasi dan niat pada arah selatan, serap elemen "api" lalu konsentrasikan ke jari telunjuk. Setelah terasa memanas, kemudian saya pukulkan ke besi dragon. Patah. Telunjuk masih menghangat. Kemudian saya buang kembali sisa lebihannya ke tanah melalui telapak kaki.  Percobaan berhasil. :)

Malam minggu, kira-kira jam 12 malam. Saya coba meditasi sambil mengikuti pemahaman "jawab" kejawen ini. Memecah pikiran pada 5 pemahaman yakni Air, Api, Logam, Kayu, Tanah. Mencoba melingkupi tubuh dan pikiran ini dengan 5 bola yang bersifat berlainan (alhamdulillah latihan sehari-hari untuk memecah konsentrasi pada dua hal yang berbeda ternyata ada gunanya disini). Terbentuk 5 bola di sekitar tubuh, lalu saya putar secepat-cepatnya, semakin cepat, dan kemudian bertabrakan dan menyatu menjadi satu bola putih terang. Tiba-tiba pusar ini langsung menghangat, memanas (tapi nyaman) naik ke jantung, menyebar ke seluruh peredaran darah, tubuh rasanya ringan, pikiran jernih, badan segar. Efeknya malah jadi gak bisa tidur sampe jam 2. Jangankan ngantuk, "angob" (menguap) saja tidak. Sampai jam 3 mata masih melek luar biasa. Aliran 'rasa' dari pusar tidak henti-henti ke seluruh tubuh. Rasanya nyaman sekali. Daripada saya siangnya ngantuk (karena sudah janji mengajak berenang anak), akhirnya saya tutup dengan nafas pengendapan. Setelah normal, barulah bisa tidur.

Demikian seputar yang saya rasakan dan amati sejauh ini terhadap "jawab" kejawen tersebut. Mohon maaf kalau berbeda dengan penjelasan yang ada. Itulah yang saya temukan dan rasakan.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #708 on: 30/05/2011 18:52 »
Beberapa hal yang membuat saya sangat terkesan adalah:

- Pembuat konsep Yin Yang - Tai Chi sangat jenius dan luar biasa. Mampu memetakan hal-hal dalam bentuknya yang bisa menggambarkan karakteristik alam raya.

- Pembuat buku perubahan (i ching) memiliki pemikiran yang luar biasa. Dari goresan-goresan Yin-Yang, menjadi trigram, menjadi hexagram, dengan komposisinya yang bisa digunakan untuk menjelaskan berbagai hal menyangkut tubuh manusia dan alam raya.

- Getaran MP ketika "dilihat" dari sudut pandang I Ching juga ternyata hasilnya tidak kalah menakjubkan. Luar biasa. Bagaimana dengan pakem tradisional, tetapi ketika dianalisa dengan pakem lain juga hasilnya bisa sama.

Mereka-mereka itu, yang memikirkan tubuh mereka, alam raya, bumi, langit, pergerakan bumi, matahari, bulan, musim, dsb adalah orang-orang yang memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi.

Semoga berkah Allah kepada para pembuat itu semua. Insya Allah.

Saya ingin mengutip ayat pada Quran yang Agung sebagai berikut:

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah; sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi." (3:191)

"Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?" (41:53)

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #709 on: 30/05/2011 21:55 »
Salam Perguruan...

@ Sawer Wulung
He..3x..Percayalah..Mas...akan banyak perubahan significant yg akan sampeyan dapatkan kalo berlatih dgn cara ini...Jangan kaget..kalo nanti akan ada Leluhur Silat Aliran anda akan " hadir " mengajarkan Rahasia ilmu silat yg anda pelajari...he..3x...

@ Toyosu
Wah..Mas..bagi2 donk Ilmu Getaran Cintanya...he..3x...Laskar Cinta nih ya...he..3x...

@ynasir
Sama2..Mas...mudh2an ada manfaatnya....

@mpcrb

Seperti biasa...mantab..Mas..babarannya....terus terang aku masih gak ngeh versi I Chingnya ( yg pake Diagram2 )...lagi pelan2 di kunyahnya neh...

@Suprapto

Salaam..Mas Tok...aku coba sharing ya... dari sudut Getaran Ilahi....
Filosofi Nafas Pembersih bergerak memutar ke kiri berlawanan dr arah jarum jam mempunyai efek menyebarkan Getaran dari diri sendiri dulu ( Buka Komunikasi ) ke 4 mata arah penjuru angin tsb..setelah selesai..sebaiknya lakukan sekali lagi dgn cara mutar balik ( SungSang ) searah jarum jam agar mendapatkan efek "Jawab" ( menarik getaran ) dari 4 arah tsb.Nafas pembersih sungsang ini akan memberikan dampak yg lebih baik dibandingkan kita melakukannya hanya satu putaran saja...
Nafas Pembersih 4 penjuru ini didasari oleh Filosofi Sadulur Papat..Limo Pancer...di tataran getaran Alam..sdh dibabarkan dgn Luar Biasa oleh Mas mpcrb...
di tataran getaran Ilahi...ini menyangkut Alam Malakut & Alam Nubuwwah...
di Alam Malakut...kita akan " berkenalan " dgn 4 malaikat Juru Kunci Mata Angin & Warna2 tsb....Kita buka komunikasi dgn mereka dgn putaran pertama dan Insya Alloh akan mendapatkan Getaran mereka dgn putaran kedua ( Sungsang ) terus disatukan dgn Unsur ke lima yaitu diri kita sendiri ( Personal Power ).Ditataran Getaran Ilahi...namanya sdh bukan Nafs Pembersih lagi...tapi sdh bertransformasi menjadi Nafas Penyuci lahir & Bathin...Subhanalloh...betapa dashyatnya yg bisa merasakan...
Ini baru Alam Malakut.....
Lebih dashyat lagi...dilatih dgn niat masuk ke Alam Nubuwwah....kita akan berkomunikasi dgn 4 Waliyullah yg merupakan Juru Kunci 4 Mata Angin & Warna2 tsb..
Ke 4 Waliyullah tsb adalah para Ahlul Bait Nabi yaitu Sayyidina Ali , Sayyidina Hasan , Sayyidina Husein & Sayyidah Fatimah Az Zahra....
Berkomunikasilah kita dgn mereka dlm satu putaran Nafas...dan masuk ke Sungsang utk meraih Getarannya ( Barokahnya ) yg disatukan dgn Nur Muhammad ( Diri Kita )....DERRRR.....Luluh lantaklah kita....Cahaya Nur Muhammad menghancurkan si ogebang....berkeping2 jadi debu....Wahai Jiwa yg tenang...kembalilahEngkau kepadaKU..karena Engkau sdh tercerahkan....
Mohon Maaf..apabila babaran ini dianggap melenceng jauh dr keilmuan MP...Ini hanyalah hasil Mersudi....atau anggap saja hanya bualan orang Gila...

Salam 

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #710 on: 30/05/2011 23:39 »
@mas ogebang

Ooh begitu ya ternyata. Pantesan, saya kok merasa agak janggal pada beberapa hal.

Pertama, kenapa setelah saya melakukan nafas pembersih, kemudian mencoba "jawab" itu dengan memutar arah plus terakhir melakukan visualisasi "bola" yang setelah saya satukan kok malah menimbulkan efek yang luar biasa nyaman dibanding nafas pembersih dan pengendapan saja pada umumnya. Saya merasa agak aneh.

Awalnya saya agak khawatir, bahwa ketika saya "lepas" unsur tersebut dan dicoba dengan pendekatan unsur yang saling menghancurkan, hasilnya berupa daya hancur yang (barangkali dengan pemahaman sekarang) bisa lebih besar efeknya. Bahkan iseng test dengan dragon pula. Saya membayangkan, bagaimana kalau seandainya kelima unsur tersebut dijadikan satu.  Apa yang terjadi?

Kemudian saya beranikan diri untuk mencoba. Setelah nafas pembersih (asumsi agar ketenangan diri menjadi lebih baik dan gerbang Yin yang menjadi lebih aktif karena saya akan mengaktifkan gerbang Yang), saya mulai dengan prosesi "jawab" tersebut. Lha malah efeknya tidak seperti yang saya bayangkan, tubuh malah jadi segar bugar dan nyaman luar biasa. Awalnya saya membayangkan apakah akan jadi "menyakitkan" karena tampungan daya alam yang berlebih. Setelah membaca ulasan dari mas ogebang ternyata begitu toh. Metode sungsang, berlawanan dengan arah jarum jam, berpasangan dengan metode nafas pembersih yang searah dengan arah jarum jam.

Mengenai I Ching, saya juga tidak mahir I Ching mas. Hanya saja kebetulan saat membaca dan merenunginya dan mencoba menyalurkan getaran pada simbol-simbol tsb, entah kenapa di pikiran ini jadi banyak pengetahuan yang "melintas". Ditambah lagi setelah saya coba kirimkan doa kepada pembuat simbol Tai Chi - Yin Yang (entah siapapun) kok rasanya memahami itu jadi lebih mudah. Dimulai dari bagaimana cara "membaca" goresan tunggal utuh (Yang atau __ ), goresan tunggal tidak utuh (Yin atau _ _ ), bagaimana menjadi dua goresan besar, lalu menjadi empat goresan, lalu delapan goresan, kemudian menjadi 64 goresan dan bagaimana cara membacanya, merangkainya, dsb. Setiap ada "pengetahuan" baru, saya coba tuliskan di buku catatan saya. Siapa tahu suatu hari nanti akan ada gunanya. Entahlah, semua mengalir begitu saja.

Saat ini sedang saya coba susun di buku catatan mengenai pemahaman apa yang saya dapatkan dari situ. Insya Allah kalau sudah rampung, nanti di sharing.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #711 on: 31/05/2011 10:01 »
@ mas ogebang.

Bersesuaian kok dengan pengertian di MP tentang bolak balik.
Memutar kekiri, berarti yang dipusat tertarik keluar. Dimanfaatkan antara lain untuk latihan nafas pembersih, juga untuk gerakan putaran batang korek api ketika "menarik" di suatu titik, sesuatu yang berlebih/harus dibuang, pada penyembuhan atau membuka simpul teman.

Sedangkan memutar kekanan, yang di titik pusat, menarik energi dari luar. Bukan lagi nafas pembersih. Juga kadang dipakai kalau "nembak" energi kesuatu titik pada bantuan penyembuhan. Mirip kaidah penarik gabus dalam fisika.

Ada juga pembinaan bolak balik untuk memancing getaran. Entah bagaimana uraian mekanisme energinya.

Disebagian masyarakat kejawen, dikenal ada istilah/versi "jawa medok", yaitu Bagindo Ali, Kasan, Kusen, Patimah dst.

Menyesuaikan dengan jalan agama/kepercayaan masing2.

Salam.

oky

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 1
  • sahabat silat
  • Perguruan: Merpati Putih and tae kwon do
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #712 on: 03/06/2011 09:22 »
klo ada yang berdomisili di tangerang dan ingin serius belajar pps betako merpati putih ..
ada kolat di daerah binong, perumnas ( kolat tempat saya) dan dekat bandara.
berusaha menemukan arti

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #713 on: 03/06/2011 14:04 »
Salam perguruan,

Melengkapi tulisan saya mengenai nafas pembersih dan "jawab" dari sudut pandang I Ching, izinkan saya untuk sharing sesuatu yang sangat mengesankan mengenai keduanya.

Sebelumnya ada beberapa hal yang membuat saya masih bertanya-tanya dalam hati. Ketika awal mula saya mendapati nafas pembersih yang dilihat dari sudut pandang I Ching, kemudian mendapati "jawab" kejawen yang dilihat dari sudut pandang I Ching, ada beberapa hal yang menarik yang saya temukan. Awalnya saya membandingkan antara keduanya, ternyata saya tidak sepenuhnya benar. Tetap masih menyisakan pertanyaan-pertanyaan bagi diri saya yang belum terjawab terutama terkait dengan ucapan mas ogebang berikut ini:

Quote
Filosofi Nafas Pembersih bergerak memutar ke kiri berlawanan dr arah jarum jam mempunyai efek menyebarkan Getaran dari diri sendiri dulu ( Buka Komunikasi ) ke 4 mata arah penjuru angin tsb..setelah selesai..sebaiknya lakukan sekali lagi dgn cara mutar balik ( SungSang ) searah jarum jam agar mendapatkan efek "Jawab" ( menarik getaran ) dari 4 arah tsb.Nafas pembersih sungsang ini akan memberikan dampak yg lebih baik dibandingkan kita melakukannya hanya satu putaran saja...

Beberapa hari ini saya merenungi. Membolak balik catatan, membolak-balik buku I Ching, mencoba menajamkan rasa kesana. Mempraktekkannya kembali, mengulang kembali. Akhirnya saya mendapatkan sesuatu yang menarik sebagai berikut:




Saya coba bahas satu persatu tiap tabel yang ada.

Saya mulai dari hexagram yang dihasilkan dari nafas pembersih dan "jawab". Adapun daftar dari hexagram dapat dilihat disini: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_hexagrams_of_the_I_Ching atau kalau mau yang lebih detailnya ada disini: http://ctext.org/book-of-changes/yi-jing (saya menggunakan referensi dari website tsb).

Hexagram yang dihasilkan dari gabungan trigram selatan-timur dan utara-barat dari nafas pembersih akan menghasilkan hexagram nomor 21 (shi he) dan nomor 60 (jie).

- 21, yakni 'shi he' yang dapat bermakna kunyahan, mengunyah, gigitan. Sesuatu yang sedikit pada mulut. Aktivitas mengunyah adalah aktivitas yang sedikit dari mulut.
- 60, yakni 'jie' yang dapat bermakna sambungan, bersambung. Sesuatu yang bisa diteruskan setelahnya.

Inipun bagi saya menyisakan pertanyaan. Pada 'shi he' dikatakan kalau maknanya adalah 'kunyahan' atau 'mengunyah' atau 'gigitan kecil' ini saya bisa pahami berdasarkan kondisi yin-yang yg ditunjukkan oleh hexagram tersebut setelah dilepas menjadi dua baris dua baris. Tapi pada 'jie' yang bermakna 'bersambung' atau 'sambungan' itu saya masih kesulitan. Kalau nafas pembersih di ujungnya adalah 'bersambung' atau 'sambungan', maka dimana sambungannya? Beberapa kemungkinan bisa terjadi, diantaranya:

1. Untuk latihan getaran, maka 'sambungan' dari nafas pembersih adalah segitiga bumi, angkasa, gabungan, pribadi. Bisa saja nafas pembersih 'disambungkan' kesana dengan efek dan hasil tertentu.

2. Sambungan 'sebenarnya' bukanlah segitiga bumi, angkasa, gabungan, pribadi melainkan sesuatu yang lain yang belum saya ketahui.

Pada kondisi pertama pun sebenarnya tidak ada benturan sama sekali. Peruntukannya memang untuk itu, dan tidak terjadi benturan karena setelah ujung dari nafas pembersih dilanjutkan Yin besar (bumi) dan Yang besar (angkasa). Tapi dimana kondisi yang kedua?

Akhirnya setelah saya mencoba "jawab" dari kejawen yang dipaparkan oleh mas suprapto yang kemudian dikuatkan oleh mas ogebang, maka terjawablah sudah pertanyaan saya bahwa sambungannya adalah "jawab" kejawen ini yang akan menjadi satu siklus utuh dari prinsip keseimbangan.


Perhatikan pola yang dibentuknya (saya gunakan A, B, C untuk tiga kondisi yang berbeda). Pada nafas pembersih terbentuk A, B, C sedangkan pada "jawab" terbentuk C, B, A. Siklus yang berulang secara sempurna! Perhatikan anagram yang dihasilkan? Tepat sekali!

Hexagram yang dihasilkan dari gabungan trigram timur-selatan dan barat-utara dari "jawab" akan menghasilkan hexagram nomor 55 (feng) dan 47 (kun).

- 55, yakni 'feng' yang bermakna 'melimpah' atau 'berlimpah'.
- 47, yakni 'kun' yang bermakna 'membatasi'

Ketika nafas pembersih selesai dilaksanakan, posisi mengarah ke selatan dengan kondisi Yin penuh dan Yang penuh dengan makna "bersambung" atau "sambungan". Dilanjutkan dengan efek "jawab" yang membalik arah (sungsang) mengarah ke timur kemudian selatan yang bermakna "melimpah" dan "membatasi" mengarah ke barat kemudian utara.

Kalau pada "jawab":

Timur - Putih, elemen Air
Selatan - Merah, elemen Api
Barat - Kuning, elemen Logam
Utara - Hitam, elemen Kayu
Manusia (pelaku) - Abu-abu, elemen Tanah

Menghasilkan pola AIR - API - LOGAM - KAYU - TANAH yang akan menghasilkan lingkaran destruktif seperti berikut ini:



  • air memadamkan api
  • api mencairkan logam
  • logam memotong kayu
  • kayu membelah tanah
  • tanah menyerap air

Maka berdasarkan prinsip dasar keseimbangan Tai Chi - Yin Yang, nafas pembersih (seharusnya) akan menjadi lingkaran produktif seperti berikut ini:



Dimana pola warna dan elemen yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

Selatan - Kuning, elemen Logam
Timur - Putih, elemen Air
Utara - Hitam, elemen Kayu
Barat - Merah, elemen Api
Manusia (pelaku) - Abu-abu, elemen Tanah

LOGAM - AIR - KAYU - API - TANAH

  • logam mengumpulkan air
  • air menumbuhkan kayu
  • kayu menyalakan api
  • api menghasilkan tanah (debu/abu)
  • tanah/bumi mengandung logam

Dengan demikian, lingkaran pengaruh menjadi seimbang. Dari kehidupan (lingkaran produktif) menjadi penghancuran (kematian, atau lingkaran destruktif). Dari ada menjadi tiada. Dari isi menjadi kosong. Untuk kemudian saling berulang kembali sebagai suatu siklus.

Amazing!!!

Wallahualam.

Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 90
  • Posts: 758
  • Reputation: 264
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #714 on: 03/06/2011 15:46 »
Tulisan berikut ini berada di luar konteks keilmuan MP.

Saya mulai dari konsep awal I Ching sebagai berikut :



Pada mulanya adalah Wuji (yang tanpa batas), kemudian menjadi absolut (Taiji). Taiji menghasilkan dua bentuk yakni Yin dan Yang. Dua bentuk ini menghasilkan 4 fenomena yakni di dalam Yang besar (Taiyang) ada Yin kecil (Shaoyin) dan di dalam Yin besar (Taiyin) ada Yang kecil (shaoyin). 4 fenomena ini menetapkan 8 diagram (ba gua) yang kemudian menjadi 64 kombinasi (hexagram).

Ada tiga hal (saat ini) yang saya coba bahas.

Pertama, pada ''Liangyi' terlihat ada 1 goresan Yang besar (Panas besar) dan Yin besar (Dingin besar) atau bisa juga 'Langit besar' dan 'Bumi besar'. Ini menunjukkan dominan penuh.

Kedua, pada 'Sixiang' :



Disitu terlihat ada 4 goresan Yang (langit) dan 4 goresan Yin (bumi).

Ketiga, pada 'Bagua' :



Disitu terlihat bahwa Langit (Yang) ada pada 7 dari 8 anagram yakni : Qian, Dui, Li, Zhen, Xun, Kan, Gen. Sedangkan pada Kun tidak ada goresan Yang (semua Yin). Kenapa tidak ada goresan Yang (langit) pada 'Kun'? Karena Kun adalah BUMI. :)

Goresan Yang dan goresan Yin juga berjumlah 12 pada masing-masingnya pada Bagua yakni:

Yang pada:
Qian = 3
Dui    = 2
Li    = 2
Zhen = 1
Xun    = 2
Kan    = 1
Gen    = 1
Kun    = 0
  Jumlah 12

Yin pada:
Qian = 0
Dui    = 1
Li    = 1
Zhen = 2
Xun    = 1
Kan    = 2
Gen    = 2
Kun    = 3
  Jumlah 12

Ah, tiba-tiba jadi teringat buku "Membumikan Al Quran" karangan Prof. DR. Quraish Shihab yang beberapa bagiannya mengambil referensi dari buku "Al-Ijaaz Al-Adady LilQuran Alkarim" (Kemukjizatan dari segi bilangan dalam Quran) yang dibuat oleh Abdul Razak Naufal.

Ditemukan kondisi menarik mengenai segi bilangan pada Quran. Pada bagian yang berhubungan dengan Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dengan lawan katanya DAN pada Keseimbangan khusus ditemukan :

  • Kata 'Al Har' (Panas) dan 'Al Bardu' (Dingin) masing-masing sebanyak 4 kali.
  • Perkataan langit yang tujuh muncul 7 kali.
  • Kata 'Syahr' (Bulan) ditemukan sebanyak 12 kali, sama dengan 12 bulan dalam setahun.
  • Kata 'As Shufah' (Musim Panas atau istilah saya 'Panas Besar') dan 'As Syata' (Musim Dingin atau istilah saya 'Dingin besar') masing-masing sebanyak 1 kali.

Sebenarnya ada cukup banyak hal-hal mengesankan yang saya temukan. Insya Allah akan saya coba sharing lain waktu. Barangkali bisa diambil manfaatnya untuk bersama.

Barangkali saja, pembuat teori Tai Chi - Yin Yang tersebut merupakan orang yang diberi kelebihan Allah SWT pada olah pikir, olah rasa, dan olah jiwa. Bukankah Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang pada semua hambaNya? Memberikan pengetahuan pada yang Ia kehendaki? Barangkali saja ada sebagian ilmuNya yang diberikan pada pembuat teori Tai Chi - Yin Yang ini. Saya hanya bisa mendoakan kepada pembuat konsep Tai Chi - Yin Yang atas keistimewaan yang (barangkali) Allah berikan kepadanya.

Sebagaimana hikmah yang bisa diambil dari kisah nabi Khaidir dan nabi Musa yang meskipun Musa adalah seorang nabi, tetapi pengetahuannya tidak lebih tinggi dari Khaidir. Pada suatu percakapan dikisahkan "Ketahuilah Musa, bahwa ilmu Allah itu luas. Ia memberikan ilmuNya kepada siapa yang Ia kehendaki. Sebagian ilmuNya ada pada sebagian yang lain.". Mungkin kita bisa mengambil manfaat dari teori Tai Chi - Yin Yang tersebut secara proporsional sesuai dengan konteksnya. Insya Allah manfaat.

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah; sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi." (3:191)

Wallahualam.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

PFJb2

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #715 on: 04/06/2011 22:30 »
Permisi mas2 sekalian, mau nanya (atau mungkin ini request ya?)
Saya anggota balik2 dari cabang Bandar Lampung, sekarang kelas 2 SMA
Tahun depan saya lulus, niat saya, kalau bisa, insyaallah, aamiin, melanjutkan ke Akpol
Tapi saya cari informasi tentang Akpol, di institusi tsb belum ada kolat MP
Yang jadi pikiran buat saya, apabila saya berhasil masuk, bagaimana dengan latihan MP saya?
Apakah kira2 mas2 senior (terutama di forum ini) ada yang berencana membuka kolat di institui tsb?
Itu saja pertanyaan saya, terimakasih

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #716 on: 05/06/2011 00:06 »
@PFJb2.
Kolat MP di AKPOL sudah lama ada. Dikelola MP Cabang Semarang. Mungkin sekarang pas tidak aktip, timbul tenggelam mengikuti kebijakan Gubernur2 Akpol. Memang belum dilandasi MOU dengan PPMP. Mudah2an kedepan bisa ditingkatkan.
Kalau ketemu mas Poeng di Lampung, matur/bilang saja, agar ada instruksi ke MP Cab Semarang/MP Pengda Jateng.

Btw saat ini banyak anggota SatBrimob yang sedang digembleng untuk sampai tingkat pelatih, untuk mendukung program latihan penunjang kedinasan POLRI, termasuk untuk AKPOL, supaya tidak tergantung fluktuasi pelatih reguler MP.

Semoga anda lulus dan diterima di Akpol dan tetap berlatih/melatih MP.

Salam.   

PFJb2

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #717 on: 05/06/2011 07:35 »
@PFJb2.
Kolat MP di AKPOL sudah lama ada. Dikelola MP Cabang Semarang. Mungkin sekarang pas tidak aktip, timbul tenggelam mengikuti kebijakan Gubernur2 Akpol. Memang belum dilandasi MOU dengan PPMP. Mudah2an kedepan bisa ditingkatkan.
Kalau ketemu mas Poeng di Lampung, matur/bilang saja, agar ada instruksi ke MP Cab Semarang/MP Pengda Jateng.

Btw saat ini banyak anggota SatBrimob yang sedang digembleng untuk sampai tingkat pelatih, untuk mendukung program latihan penunjang kedinasan POLRI, termasuk untuk AKPOL, supaya tidak tergantung fluktuasi pelatih reguler MP.

Semoga anda lulus dan diterima di Akpol dan tetap berlatih/melatih MP.

Salam.

Terimakasih untuk infonya mas
Mungkin sedang tidak aktif, karena dicek di situs resmi nya sendiri, atau searching via google pun tidak ketemu info keberadaan MP (atau silat apapun) di Akpol (pada saat ini)
Tapi kalau sudah pernah ada lebih mudah dibangkitkan nya, daripada bangun dari nol sama sekali

Oiya, bagaimana dengan Akmil? Ada teman saya yang juga balik2 serta siswa SMA kelas2, dan juga satu orang kombinasi1 yang baru lulus SMA, berminat masuk Akmil. Apakah di sana ada kolat MP?
Sama dengan di atas informasi nya tidak ditemukan dari hasil searching
Terimakasih sebelumnya, salam

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #718 on: 05/06/2011 09:41 »
Yang dulu resmi di Akmil adalah silat Pamur. MP dikelola cabang Magelang. Fluktuatip juga. Kalau ada kadet/taruna yang b2 atau k1-2 lebih mudah mengaktifkan.

Salam.

ynasir

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 8
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: mp
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #719 on: 05/06/2011 20:28 »
Membaca tulisan2 senior mp disini ttg nafas pembersih jadi begitu mendalam menambah wawasan saya plus nilai tambah konsep yin-yang dari mas @mpcrb.

Jadi muncul pikiran, begitu mendalam mersudi dari leluhur mp dulu untuk mendapatkan pola latihan di merpati putih.

Oh ya mas Suprapto dan mas mpcrb, apakah pakem latihan getaran ini memang dari leluhur mp terdahulu d/a dari jaman mataram atau sebelumnya atau merupakan mersudi dari guru besar sekarang?

Dari uji coba mas mpcrb mengenai nafas pembersih dengan mencoba elemen-elemen ini LOGAM - AIR - KAYU - API - TANAH, apakah ini manfaat lebih jauh lagi dalam pengembangan pengobatan dan kanuragan, karena elemen-elemen inilah yang sering digunakan dalam beladiri, oh ya mas mpcrb, kalau elemen UDARA ada ngga ya atau dimana posisinya?

salam


 

Powered by EzPortal