+-

Video Silat


Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
persinas asad
Beksi, Peragaan Jurus #01
Tarung Bebas PZH
Edwin Maen Gila ( promosi silat )
Pendekar Trans 7 : Gajah Putih #3
Liputan SILAT for WOMAN SELF DEFENSE di MNC TV
SELF DEFENSE FOR WOMEN
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 472873 times)

silau

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 8
  • Sahabat Silat
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #735 on: 29/06/2011 10:51 »

Mas saya minta maaf nih kalau ada yg salah, sebentar lagi bulan ramadhan.


Untuk mendukung kemajuan MP, saya baca dan pikir hampir semua aspek sudah dibicarakan disini mengenai problem dan solusinya, aspek keilmuan, beladiri, moral, teknik latihan, kurikulum, filosofi, pengembangan perguruan bahkan menyentuh yg berhubungan diri dengan pencipta. Walaupun nanti ada hal2 yg harus memang dikonsultasikan dgn pelatih, karena bagi saya tidak gampang menterjemahkan tulisan menjadi gerak. ;D


Memang tepat dgn perkembangan perguruan, maka dibutuhkan pelatih2 yg qualified dan standar, tidak hanya bisa melakukan perintah pukulan, tendangan, tangkisan dsb, tapi pelatih mempunyai aspek moral, standar keilmuan, tahu apa yg dia berikan ke peserta latihan, mengetahui kondisi peserta saat latihan, dan jangan sampai terjadi b1 sudah jadi pelatih wah serem dah.


Dari pernyataan saya, saya bukan skeptis atau ada yg membuat saya tidak suka, wong saya saat ini saya sdg suka2 nya dgn latihan saya. Tapi lebih tepat "kondisi" dulu yg saya alami, tapi justu kondisi inilah yg membuat saya bisa latihan mp. :-P


Wah jadi ingin ikutan ngobrol dgn mas mpcrb dan mas ogebang nih :D




gelap mengembang
jauh tanpa batasan
seluruh getaran
jiwa
berangsur melembut
terkendali
memasuki celah-celah
pintu karsa
abadi


kesadaran yang ada
kecil sekali
serasa berkelana
di hamparan sunyi


kadang terlintas
corak bayangan
guratan abstrak


mata terpejam
kepasrahan yang tulus
mengarungi alam sana
tenggelam
di rimba kelanggengan
hingga cahaya menguasai
pancaran pribadiku


aku tak kuasa lagi
untuk menggapai
dalam menilai
baik buruknya


Dan perputaran waktu di alam lelana
Aku tak tahu semuakan bisu


nah kalau ini perlu penjabarannya...ditunggu....

Salam.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #736 on: 30/06/2011 11:02 »
Itu syair getaran mas.


Silahkan direnungkan ... :)


Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #737 on: 30/06/2011 12:22 »
Itu syair dari lagu "getaran" yang sudah dipublikasikan oleh MP selama bertahun-tahun (dulu saya pakai itu untuk latihan ketika saya masih Balik 2 awal). Meski demikian, masih sangat relevan di saat sekarang, yang kalau direnungi cukup bisa memecah kebuntuan. Cukup banyak manfaatnya.


Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #738 on: 05/07/2011 16:13 »
Mas ditembangin kaya nya mantap...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #739 on: 07/07/2011 22:51 »
Memang ditembangin kang sawer wulung. :)


Dengan musik kontemporer paduan jawa, gending, dan modern.


Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

EchoSierra

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 3
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #740 on: 09/07/2011 07:38 »
Salam Sahabat Silat,
waktu baca tentang tembang ini, kok jadi teringat buku senopati pamungkas, pada bagian-bagian akhir...  Ilmu-ilmu Upasara Wulung , Gendhuk Tri dan pendekar lainnya meningkat pesat dengan menerapkan ilmu yang berdasarkan tembang / syair....  Rupanya memang bisa terjadi tho...?

Cuma kalau lihat persamaannya dengan yang Mas mpcrb babar,  yang bisa memanfaatkan ilmu tembang tersebut, harus yang udah punya power tingkat lanjut kali ya...?   Kalau yang belum punya, mungkin jadinya tembang tsb hanya jadi lagu atau puisi deehhh.. 
Kalau boleh, dilanjut Mas mpcrb, pembabarannya tentang tembang ini...

echosierra

putrabna

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #741 on: 09/07/2011 14:50 »
Salam Sahabat Silat,
waktu baca tentang tembang ini, kok jadi teringat buku senopati pamungkas, pada bagian-bagian akhir...  Ilmu-ilmu Upasara Wulung , Gendhuk Tri dan pendekar lainnya meningkat pesat dengan menerapkan ilmu yang berdasarkan tembang / syair....  Rupanya memang bisa terjadi tho...?

Cuma kalau lihat persamaannya dengan yang Mas mpcrb babar,  yang bisa memanfaatkan ilmu tembang tersebut, harus yang udah punya power tingkat lanjut kali ya...?   Kalau yang belum punya, mungkin jadinya tembang tsb hanya jadi lagu atau puisi deehhh.. 
Kalau boleh, dilanjut Mas mpcrb, pembabarannya tentang tembang ini...

echosierra

putrabna

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #742 on: 09/07/2011 15:12 »
maaf,,,untuk para senior,sy yg masih dalam taraf awal jadi seneng menyimak babaran2 para senior,,,,,kayaknya ada benernya juga apa yang ditulis :
Salam Sahabat Silat,
waktu baca tentang tembang ini, kok jadi teringat buku senopati pamungkas, pada bagian-bagian akhir...  Ilmu-ilmu Upasara Wulung , Gendhuk Tri dan pendekar lainnya meningkat pesat dengan menerapkan ilmu yang berdasarkan tembang / syair....  Rupanya memang bisa terjadi tho...?

Cuma kalau lihat persamaannya dengan yang Mas mpcrb babar,  yang bisa memanfaatkan ilmu tembang tersebut, harus yang udah punya power tingkat lanjut kali ya...?   Kalau yang belum punya, mungkin jadinya tembang tsb hanya jadi lagu atau puisi deehhh.. 
Kalau boleh, dilanjut Mas mpcrb, pembabarannya tentang tembang ini...

echosierra
   ya sambil latihan post.duduk manis [top] [top] [top] setia menyimak tulisan mas2 senior,,,,monggo,,,,

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #743 on: 10/07/2011 13:20 »
Salam Perguruan....

Saya sdh 15 tahun berkeluarga..punya seorang Mertua yg merupakan salah satu Selebritis Kejawen di Tanah Air ini.Di Usianya yg hampir 90 thn...beliau masih tergolong sehat walaupun matanya sdh rabun.Beliau Pendiri & Sesepuh Paguyuban Kejawen MEKAR BUDHI ( Mersudi Kaluhuraning Budi Pekerti ).Beliaupun pernah memperlihatkan silsilah Keluarganya yg bersumber ke  salah satu Pangeran yg merupakan anaknya Sultan Agung.
Bertahun2 menimba keilmuan Kejawen dari beliau sampai saya mempunyai kesimpulan pibadi bahwa MP mempunyai benang merah dgn Kejawen saking banyak kesamaannya...
Eh....minggu lalu sewaktu diskusi keilmuan dgn beliau..saya baru inget kalo beliau kelahiran Purworejo.
di Loano , Purworejo khan ada makamnya Eyang Gagak Handoko..Sang Maha Guru Keilmuan MP.
Iseng2 saya tanya " Bapak tau Makamnya Gagak Handoko di Loano..?? "

Jawab beliau " Ya..tau lah...Bapak dulu sering ziarah...Bapak khan masih keturunannya Beliau...Bapak manggil Eyang lah ke Gagak Handoko.."
DERRRR...!!! Dunia sempit ya....he..3x....
Bertahun2 belajar MP..gak taunya di depan mata ada cicitnya Eyang Gagak Handoko...he...3x....
Sayapun menggali info ini dgn lebih detail....menurut beliau di Purworejo Makam Eyang Gagak Handoko sangat termashur...banyak sekali peziarah dari seluruh Nusantara datang kesana.Dari segi perilaku...Eyang Gagak Handoko memilki kepribadian yg tegas , keras , berani , penuh percaya diri.Ciri2 ini yg menurun kpd keturunan2nya spt Bapak Mertuaku ini lah...he...3x.. Dan keturunannyapun sdh beranak pinak menyebar ke seluruh Tanah Air.
Bahkan ..konon..di jakarta ada yayasan Gagak Handoko yg merupakan kumpulan dari Keturunan2 Eyang gagak Handoko...sayang...Yayasan ini sdh lama tak terdengar kiprahnya...( Mas Tok...apa pernah dengar ttg Yayasan Gagak handoko..?? ).
Bapak Mertuaku saat ini sedang melakukan ziarah ke Purworejo...termasuk mungkin ke Makamnya Eyang Gagak Handoko setelah seminggu yg lalu mendapatkan " Ilham " berupa mimpi yg mewajibkan beliau utk melakukan Ziarah ke makam2 para leluhur.
Gak tau ya...apa ini perlambang buat saya & Keluarga Besar kami kalo Bapak Mertua sdh akan di "panggil " menghadap ke Yang Maha Kuasa..??

Salam

Toyosu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 17
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: MP
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #744 on: 10/07/2011 15:53 »
Mas Ogebang,
Berarti bapak mertuanya Mas Ogebang pernah bertemu muka dengan Eyang Gagak Handoko yaaa...
Oh iya, saya dicek di internet ada yang nulis sebagai berikut:
http://www.myheritage.jp/FP/newsItem.php?s=18461781&newsID=1&sourceList=dir



Salam Perguruan....

Eh....minggu lalu sewaktu diskusi keilmuan dgn beliau..saya baru inget kalo beliau kelahiran Purworejo.
di Loano , Purworejo khan ada makamnya Eyang Gagak Handoko..Sang Maha Guru Keilmuan MP.
Iseng2 saya tanya " Bapak tau Makamnya Gagak Handoko di Loano..?? "

Jawab beliau " Ya..tau lah...Bapak dulu sering ziarah...Bapak khan masih keturunannya Beliau...Bapak manggil Eyang lah ke Gagak Handoko.."
DERRRR...!!! Dunia sempit ya....he..3x....
Salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #745 on: 11/07/2011 17:13 »
Salam Sahabat Silat,
waktu baca tentang tembang ini, kok jadi teringat buku senopati pamungkas, pada bagian-bagian akhir...  Ilmu-ilmu Upasara Wulung , Gendhuk Tri dan pendekar lainnya meningkat pesat dengan menerapkan ilmu yang berdasarkan tembang / syair....  Rupanya memang bisa terjadi tho...?

Cuma kalau lihat persamaannya dengan yang Mas mpcrb babar,  yang bisa memanfaatkan ilmu tembang tersebut, harus yang udah punya power tingkat lanjut kali ya...?   Kalau yang belum punya, mungkin jadinya tembang tsb hanya jadi lagu atau puisi deehhh.. 
Kalau boleh, dilanjut Mas mpcrb, pembabarannya tentang tembang ini...

echosierra


Dalam pandangan saya, ketika kita berhadapan dengan filsafat Jawa maka kita akan berhadapan dengan simbol-simbol. Dimana simbol-simbol itu harus kita terjemahkan sendiri sesuai dengan sudut pandang yang berbeda.


Penggunaan tembang/syair, sesungguhnya memiliki kelebihan dibanding gambar. Gambar memang jauh lebih mudah dimengerti dibanding syair, tetapi tembang/syair memiliki jangkauan dimensi yang jauh lebih dalam dibanding gambar.


Ketika seseorang mencoba memahami tembang/syair, dan ia berhasil, maka yang ia dapat adalah pemahaman. Satu tingkat lebih tinggi dibanding pengetahuan. Pemahaman atau bisa disebut juga pencerahan akan mengubah sudut pandang terhadap sesuatu. Hal-hal yang tadinya baru pada tahap TAHU, ketika berubah menjadi PAHAM maka akan menjadi berbeda.


Semoga membantu.


Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #746 on: 12/07/2011 09:40 »
@Yoyosu
Salam Perguruan..Mas...

Saya rasa tidak ya...walaupun beliau sdh sepuh...tapi jamannya beda dgn Eyang gagak Handoko...
Saya lbh mengartikan bahwa Bapak Mertua saya adalah salah seorang keturunan dari Eyang Gagak Handoko yg masih hidup dan mengamalkan Budaya Spiritual Tanah jawa...
Dan saya cuma tersenyum sendiri saja..apa ya namanya...?? Koq kayak kebetulan atau sdh diatur saja....
Bertahun2 belajar MP..gak taunya dapet Mertua yg masih ada hubungannya dgn  MP...
 

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 66
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #747 on: 12/07/2011 22:40 »
@ mas mpcrb

mas saya mau tanya, mohon petunjuknya ya.. :)

saya & teman2 disini sedang intensif latihan getaran, saya dan kawan2 mengalami kesulitan jika mencari paku payung yang sudah didepan mata (dalam posisi duduk)..
tetapi kami dengan mudah menemukan tonggak yang terbuat dari paralon plastik (dalam posisi berdiri / berjalan)..
koq aneh ya mas, mencari yang didepan kami justru kesulitan sedangkan kalau disuruh berjalan mencari tonggak koq lebih mudah ya mas?

ada tips-tips biar cespleng nggak mas?
kalau terlalu "vulgar" untuk di papar disini lewat mesage aja mas..
matur sembah nuwun mas..
salam..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #748 on: 13/07/2011 10:55 »
@mas acepilot,


sebenarnya kurikulum baku sudah memberikan panduan agar sering melakukan 3 bentuk nafas untuk memperkuat getaran, yakni:
- perahu
- kayang
- kopstand (lebih baik lagi headstand atau berdiri terbalik dengan kepala sebagai tumpuan)


Hal ini akan berimbas pada meningkatnya kepekaan pada simpul-simpul area yang terimbas oleh bentuk 3 olah nafas tersebut. Semakin meningkat kepekaan, maka obyek yang semakin kecil akan lebih mudah dirasakan. Gelombang yang terkena pada tonggak jauh lebih besar dibanding yang terkena pada paku payung. Tidak heran pada tahapan ini terkadang peserta cukup kesulitan untuk merasakan energi dari paku payung. Coba perkuat dulu kepekaannya dengan melatih tambahan 3 bentuk yang sudah tertuang pada kurikulum baku untuk latihan getaran, insya allah lancar.


Memang ada metode-metode tertentu untuk melakukan bypass, tetapi ya akan lebih baik kalau prosesnya normal. Sabar, kuatkan niat dan konsentrasi. Bukankah itu kunci tradisionalnya? :)


Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 66
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #749 on: 13/07/2011 14:17 »
@mas acepilot,


sebenarnya kurikulum baku sudah memberikan panduan agar sering melakukan 3 bentuk nafas untuk memperkuat getaran, yakni:
- perahu
- kayang
- kopstand (lebih baik lagi headstand atau berdiri terbalik dengan kepala sebagai tumpuan)


Hal ini akan berimbas pada meningkatnya kepekaan pada simpul-simpul area yang terimbas oleh bentuk 3 olah nafas tersebut. Semakin meningkat kepekaan, maka obyek yang semakin kecil akan lebih mudah dirasakan. Gelombang yang terkena pada tonggak jauh lebih besar dibanding yang terkena pada paku payung. Tidak heran pada tahapan ini terkadang peserta cukup kesulitan untuk merasakan energi dari paku payung. Coba perkuat dulu kepekaannya dengan melatih tambahan 3 bentuk yang sudah tertuang pada kurikulum baku untuk latihan getaran, insya allah lancar.


Memang ada metode-metode tertentu untuk melakukan bypass, tetapi ya akan lebih baik kalau prosesnya normal. Sabar, kuatkan niat dan konsentrasi. Bukankah itu kunci tradisionalnya? :)


Semoga membantu.

Salam.
oh seperti itu toh, karena energi yang terkena tonggak lebih besar jadi kami lebih mudah mencari..  8)
soalnya kami latihan sendiri, karena sejak beberapa bulan yang lalu sang pelatih sudah tidak bisa melatih karena urusan pekerjaan jadi tidak ada tempat untuk berkonsultasi, akhirnya larinya kesini, untung ada mas mpcrb..  [top]
kalau kami sih metode yang tradisional saja deh mas, nanti sore akan kami coba 3 nafas itu, matur sembah nuwun mas..
salam..
-kolat MP UB-
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

 

Powered by EzPortal