+-

Video Silat


Silat Betawi Rawa Belong 1
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang
Tarung Bebas Genggong
Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
Silat fight by Margaluyu Pusat pupils
Jambore Pencak Silat, Mutiara PancaRasa performanc
Jambore Pencak Silat, Mutiara PancaRasa group perf
Silat-Betawi-Rawa-Belong-1
Peragaan gerak/jurus Silek Harimau

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 307513 times)

mustdont

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 107
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #840 on: 25/01/2012 14:17 »
Mas Gunggung masih dalam "Tembang Tanpa Syair" lagi nich pertannyaannya....  [top]

"Dalam cerita itu diceritakan... Saat Ayah sedang menceritakan latihan Pukulan Bayu Seto..dan ketemu dengan si kakek yang mengganggaonya adalah cucu murid.."
disini mengapa si AA tidak menanyakan perihal si kakek tersebut mas...(*nama-keturunan berapa dll)..apa nt di serial berikutnya di terangkan oleh Ayah si AA mas .... :o (*penasaran.com)
Dalam pertarungan di Kejuaraan Silat yang ditakuti di MP adalah Powernya serta Pukulannya , semisal Pasir Besi. Karena kebanyakan Atlit di MP pasti di bekali Pasir Besi...mungkin episode ini ada atau tdk mas di jabarkan tentang pukulan Pasir besi di "Tembang Tanpa Syairnya"....

sekedar pertanyaan yang masih mengganjal saja mas gunggung...kalau keliru mohon dimaafkan.
nuwun

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #841 on: 27/01/2012 11:01 »
Diikuti saja ceritanya mas... :)
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mustdont

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 107
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #842 on: 27/01/2012 16:32 »
ok mas gunggung sy tunggu kelanjutan ceritanya....  :D



Sawer Wulung

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #843 on: 28/01/2012 22:11 »
Kalau dalam bahasa saya, ilmu getaran itu "bertepi tapi tak berbatas, berbatas tapi tak berujung".

Banyak potensi yang bisa digali dari situ. Karena memang disitulah dasar dari keilmuan MP adanya. Tangga awal untuk masuk pada keilmuan lanjutan ya getaran itu.

Mau agalan (kasaran) dan halusan juga ada. Dari mulai yang bersifat unsur angin, air, api, tanah, dsb, juga ada. Dari yang mulai efeknya biasa-biasa saja hingga menceraiberaikan materi juga ada.

Semoga membantu.

Saya jadi pengen liat mas, tanpa bermaksud apa apa mas, karena saya yakin memang ada ilmu seperti itu. Hanya mengobati rasa penasaran.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 758
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #844 on: 31/01/2012 11:35 »
Terlepas dari rasa ingin tahu yang ada oleh siapapun (tidak hanya umum, tapi juga bahkan anggota MP itu sendiri), saya melihat kebijaksanaan MP untuk tidak mempublikasikan keilmuannya merupakan langkah yang tepat. Suatu hari saya pernah bertanya pada Mas Poeng (guru besar MP), mengapa keilmuan-keilmuan pamungkas MP tidak dipublikasikan pada kurikulum baku?

Dijawab kalau nanti akan ada masanya. Agar tidak menimbulkan banyak pertanyaan di kemudian hari. Apalagi tolok ukurnya masih belum bisa diukur (levelnya). Sehingga keilmuan itu diposisikan masuk pada kategori sisipan. Diajarkan kalau memang sudah masanya diajarkan. Diberikan kalau memang sudah takdirnya diberikan. Diwariskan kalau memang sudah harus diwariskan. Terkait dengan kemampuan anggota menata mental, jiwa. Siap atau tidak keilmuan itu diterima.

Saya pribadi melihat, bahwa tentunya guru besar, dewan guru, dan otoritas keilmuan, memiliki pertimbangan yang sudah dipikirkan matang-matang apakah keilmuan ini akan diturunkan atau tidak, apakah akan dimasukkan pada kurikulum baku atau tidak.

Di tangan keluarga pewaris, saya yakin semua masih tersimpan rapi. Sebagian mungkin sudah diajarkan pada yang layak dan dianggap berhak untuk mendapatkannya.

Kalau pengen lihat, ini yang agak sulit. Karena biasanya mereka yang sudah mendapatkan keilmuan seperti itu akan sangat low profile dan tertutup. Lebih suka dibilang "tidak bisa apa-apa" karena lebih nyaman pada kesehariannya. Harus menunggu dengan sabar agar jodohnya bertemu.

Ada pengalaman menarik beberapa hari kemarin. Ketika saya beruntung 'menyaksikan' bagaimana pengobatan jarak jauh MP berbasis getaran yang dilakukan oleh salah satu senior dari Purbalingga untuk pasien yang patah tulang. Bagaimana otot-otot diregangkan dengan lembut, bagaimana tulang digeser dengan lembut, lalu perlahan digerakkan dengan lembut untuk 'disatukan'. Bagaimana warna-warna digunakan untuk pengobatan. Padahal yang mengobati berada pada lokasi ratusan kilometer jauhnya. Alhamdulillah, akhirnya berkenan untuk sedikit mengajarkan pada saya bagaimana tekniknya. Ini seperti jodoh. Terjadi begitu saja. Saya tidak pernah mencari-cari, tapi kok bisa dikenalkan. Alhamdulillah. Jadi ada tambahan pengetahuan baru. Sebelumnya, saya juga diberikan gerakan untuk melancarkan sirkulasi energi tubuh agar proses perekatan tulang menjadi lebih cepat dari senior MP lain dari Surabaya. Itu juga terjadi insidental, karena sudah jodoh dan takdirnya ya ketemu.

Kira-kira demikian kang sawer wulung.

Semoga membantu.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mustdont

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 107
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #845 on: 31/01/2012 15:26 »
Quote
Terlepas dari rasa ingin tahu yang ada oleh siapapun (tidak hanya umum, tapi juga bahkan anggota MP itu sendiri), saya melihat kebijaksanaan MP untuk tidak mempublikasikan keilmuannya merupakan langkah yang tepat. Suatu hari saya pernah bertanya pada Mas Poeng (guru besar MP), mengapa keilmuan-keilmuan pamungkas MP tidak dipublikasikan pada kurikulum baku?

Dijawab kalau nanti akan ada masanya. Agar tidak menimbulkan banyak pertanyaan di kemudian hari. Apalagi tolok ukurnya masih belum bisa diukur (levelnya). Sehingga keilmuan itu diposisikan masuk pada kategori sisipan. Diajarkan kalau memang sudah masanya diajarkan. Diberikan kalau memang sudah takdirnya diberikan. Diwariskan kalau memang sudah harus diwariskan. Terkait dengan kemampuan anggota menata mental, jiwa. Siap atau tidak keilmuan itu diterima.

setuju dengan mas gunggung...
saya juga dulu ada pengalaman... pada saat dulu ramai2nya ilmu tenaga dalam, saya pada saat itu masih dasar 1...teman2 udah pada nyoba mas(*dulu masih banyak yang coba2 perguruan)...hanya dengan bentuk garuda saja mereka malah bisa mengalahkan bahkan ada juga yg terlontar..(*Awalnya mereka heran) kok bisa ya MP.
Mengenai ilmu itu di publikasikan apa enggak memang begitu di MP mas Sawer Wulung...sy pernah chat dengan mas Ipoeng (MP tingkat kesegaran) domisili skrg di Jepang... Pada saat demo power dan getaran saja sudah membuat orang berpikir apa MP olah raga keras, nah kalau keilmuan itu dipertontonkan dengan sengaja maka anggapan masyarakat bisa-bisa menganggap MP itu olah raga keras sekali....padahal kita tahu sendiri PENCAK SILAT adalah budaya bangsa yang perlu dilestarikan. Ilmu itu bukan untuk dipertontonkan Mas Sawer Wulung tapi untuk kedamaian di masyarakat...

nuwun.

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #846 on: 05/02/2012 21:29 »
mass...cabang MP dimanah aja nih...?

kubita

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 15
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: TM
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #847 on: 07/02/2012 10:51 »
mas senius izin bertanya apa yang baru di dapet yah
saya baru dikasih tentang penyaluran saat pembinaan, kalo pelatih bilang harus disalurkan ke telapak tangan dan jangan disebar, karena akan jadi benteng nantinya.
masalahnya bagaimana biar tidak tersebar?
mohon masukkan dari mas senior

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #848 on: 07/02/2012 19:51 »
Biasanya, setelah pembinaan no 1 (garuda) dilanjut dengan pembinaan no 2, 3 dan 4.
Kemudian ditutup dengan pengendapan (ditarik dikumpulkan di suatu titik atau disebar merata).
Kali ini mau latihan garuda benteng. Pembinaan bolak balik, 1-2-3-4 dilanjut 4-3-2-1 (kembali ke garuda, terpusat di telapak tangan). Kemudian dilanjut latihan getaran atau masih latihan garuda benteng.
Setelah pembinbn bolak balik belum diendapkan atau disebar karena ada latihan lanjutannya....

Ikuti aja petunjuk pelatih, tentu bertahap sesuai kemajuan anda.

Salam.

Agus sunardi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 106
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Merpati putih dasar2
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #849 on: 16/02/2012 05:57 »
Merpati putih apa menggunakan tenaga dalam 7 cakra.

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #850 on: 16/02/2012 09:41 »
Tidak. Pengolahannya tidak dengan pendekatan konsep chakra. Melancarkan ridha Illahi-energi pribadi-energi alam..

Agus sunardi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 106
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Merpati putih dasar2
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #851 on: 17/02/2012 06:47 »
tapi kenapa ada nafas pembersih.nafas segi tiga dan tri cakramangilinggan.klo tdk salah semua itu sama teorinya dgn pembangkitan 7 cakra yg aku baca di google.

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #852 on: 17/02/2012 08:48 »
Teori pembangkitan 7 cakra itu bagaimana kira2 ?

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #853 on: 17/02/2012 14:25 »
Mohon ijin para sesepuh, saya sampaikan sekilas, "product knowledge" tentang MP yg saya tahu.

1. MP adalah BELADIRI pencaksilat tradisional Jawa. (penekanan pada beladiri). Dalam khasanah pencak beladiri tradisional Jawa, topiknya, seperti dulu2nya, adalah kemampuan beladiri antar manusia, menetralisir serangan ilmu hitam, menetralisir gangguan mahluk halus (tidak kasat mata), menempuh tempat angker gawat keliwat, menetralisir kayu aeng, mengendalikan, melawan/menundukkan sato galak sato wiso (binatang buas dan binatang berbisa), penyembuhan ala pencaksilat, kewaskitaan dst...

2. Sesuai dengan namanya, dasar menggeluti keilmuannya adalah "mersudi patitising tindak pusakane titising hening".
Mencari tindakan yang tepat, dengan membaca titising hening, petunjuk Ilahi (bukan petunjuk demit/mahluk halus).
Dalam masalah khodam, MP memilih jalur aman. Dengan pengertian karena  tidak selamanya khodam menuruti perintah kita. Pada saat lemah, justru kita bisa dikendalikannya.
Maka tanpa melecehkan siapapun, MP memilih bersih dari khodam.

Setiap tahap selalu mohon ridha Illahi, sesuai agama masing2. Misal bagi yg kristiani, diistilahkan, setiap sap adalah altar....

Apakah ada perintah dalam Kitab Suci dan Hadis shoheh?
Ada pemahaman, bahwa manusia diperintahkan "membaca" alam sebagai tanda2 kekuasaanNYA.
Ada pemahaman bahwa ibarat air samudera sebagai tinta, tidaklah cukup untuk menulis semua ilmuNYA.
Ada pemahaman, bahwa manusia diciptakanNYA berjenis jenis, ber kaum kaum, dengan anugerah budaya masing2.
Disinilah posisi pencaksilat tradisional, di"mersudi", diperdalam, dikembangkan manfaatnya, dengan filter agar tidak melawan aqidah agama masing2.

3. Sebagaimana pada umumnya, didalam pencaksilat MP, ada pembinaan fisik, pembinaan mental dan pembinaan teknik beladiri.
Diwujudkan dalam pembinaan jasmani (aerobik), pembinaan olah nafas (anaerobik) dan tata gerak beladiri. Perbendaharaan teknik beladiri diposisikan sebagai gerak pengarahan untuk reflek dan gerak naluri beladiri.

4. Karena prinsipnya adalah tata gerak dilambari dengan hasil olah nafas, maka disemua tingkatan MP (12 tingkat) ada latihan masing2, olah nafas dan tata beladiri sesuai tingkatannya. Ada materi pokok, materi sisipan dan materi penunjang.

Sehingga ketika awal masuk/calon anggota/tingkat Dasar-1, meski tekniknya baru belajar uraian gerak dasar, gerak dasar dan rangkaian gerak, sudah diberi latihan nafas pengolahan Dasar-1.

5. Tata gerak MP terdiri dari gerak dasar, rangkaian gerak(tunggal, berpasangan, wajib, bebas dsb), ada gerak praktis, tangkap kunci, tangan kosong dan bersenjata (panjang, pendek, senjata lemas), pola langkah (as/pancer, segitiga, segilima, segi delapan, langkah setan, langkah benteng dst).
Pada gerak naluri dalam prakteknya, sudah tidak terikat rangkaian gerak. Cepat, tepat, cenderung telengas...

(bersambung)..

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #854 on: 17/02/2012 17:14 »
(sambungan)

6. Tata nafas.

Sejak Dasar-1 sudah mulai senam pengolahan Nafas Dasar-1, pembinaan dan seterusnya.
Ada bentuk2 pengolahan dan pembinaan.
Ada yg statis dan dinamis.
Ada nafas keras (tarik hidung, keluar mulut berdesis), ada nafas halus.
Ada hidung-mulut, ada hidung-hidung.
Ada nafas dada, nafas perut dan nafas jepit (diafragma).
Ada yg tanpa beban, kemudian beban bertahap sesuai tingkatan, mulai batu bata, pot semen, halter, halter tengah.
Kemudian ada alat pengerasan bambu raut.
Ada alat bantu pengolahan berupa gendewa kembar (khusus tangan), gendewa kembang payung (u khusus kaki) dan dua bangku (khusus badan dan kepala).

Ditengah tengah ada latihan getaran. Dimulai getaran pribadi. Tenaga hasil latihan disalurkan ke anggota badan. Disalurkan-ditarik, disebarkan-dikumpulkan dst.
Kemudian mulai mengenali/merasakan energi alam. Di filter, ditarik, dikumpulkan disalurkan dst.

Tenaga gabungan disalurkan dengan pengejangan atau tanpa pengejangan..dst

Hasil pengolahan tenaga dan getaran diaplikasikan sebagai tenaga pemukul dan gerak (naluri).

Tidak ada pelajaran tentang titik cakra.
Namun kalau tenaga keras dan halus sudah terbina dan dikendalikan, bisa main (diaplikasikan) kemana mana.

Katanya (teman anggota di Bali), bisa menjadi lebih mudah membuka simpul cakra.
Bisa menemukan garis dan titik meridian tubuh (sesuai teori TCM) dengan mudah... dst.
Bisa mengaplikasi teori pengobatan dengan prana...dst.

Jadi meski kemudian ada titik singgung dengan cakra maupun meridian TCM, atau prana, pendekatan untuk mencapainya, berbeda...

Meski agak sulit merangkumnya, mudah mudahan bisa memberi gambaran.

Salam.

 

Powered by EzPortal