+-

Video Silat


Shoutbox

02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 581823 times)

Agus sunardi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 106
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Merpati putih dasar2
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #855 on: 17/02/2012 20:51 »
Terimakasih mas atas penjelasan yang gamblang.krena artikel cakra tsbt d tulis oleh orang bali.karena menurut tradisi jawa yg saya thu cakra adalah tingkatan tertinggi dlm belajar ilmu sejati.(guru sejati) mator sembahnuwon terimakasih salam MP.

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #856 on: 17/02/2012 21:39 »
Sama sama mas Agus Sunardi.

Bagaimanapun obyek yang dieksplorasi sama.
Meski dengan jalur pendekatan yang berbeda, dimungkinkan terjadi titik2 persamaan.

Salam.

fauzan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #857 on: 21/05/2012 12:10 »
gimana seimbangi pasokan nutrisi ama latihan?
mohon pencerahan dari sesepuh

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #858 on: 24/05/2012 08:19 »
Mas Fauzan, ini saya sharing ramuan Sapto Tunggal dari Merpati Putih. Monggo diracik dan diminum setelah habis latihan berat. Tubuh akan kembali fit dan bugar.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah

1. Kacang Hijau dibuat bubur
2. Kayu Manis
3. Cengkeh
4. Daun Sereh
5. Gula jawa
6. Daun Seledri
7. Telor Ayam Kampung

Caranya:

a. Rebus 2 gelas air ke dalam panci kecil
b. Masukan bahan 2 3 4 5 6 sampai mendidih lalu apinya dikecilkan tunggu sampai 10-15 mnt(dpt 1 gelas)
c. Kuning telur masukan ke dalam blender kemudian masukkan bahan tersebut sedikt demi sedikit biar rata lalu masukan kacang hijau yg telah dimasak terpisah (kira-kira 250 cc) ke dalam blender
d. Setelah 3 menit hidangan siap disaji (dpt 2 gelas)

Dalam memasak kacang hijau jangan menambah gula pasir dan atau santan.

Kalau mau sedikit manis, pake gula aren.

Silahkan di coba mas ramuan Sapto Tunggal dari Merpati Putih.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

fauzan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #859 on: 24/05/2012 12:12 »
terima kasih mas nanti saya coba

kebetulan berat badan saya gak ideal
tinggi saya 170 bb saya 53 ?


brian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: merpati putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #860 on: 27/06/2012 01:53 »
salam perguruan untuk para sepuh dan para senior

nama saya brian,tingkatan masih rendah,mohon ijin untuk bertanya untuk para sepuh dan senior
saya sudah belajar getaran tutup mata dalam beberapa tahun terakhir,tapi hasilnya masih naik turun,dalam suatu latihan terkadang nilai keberhasilan getaran tutup mata saya mendekati 100%,tapi di waktu lain mungkin hanya 60% saja.memang menurut penilaian saya,ada beberapa metode nafas getaran yg 'manjur' untuk saya,dan beberapa yg lain dirasa 'kurang manjur' untuk diri saya,tetapi itu pun belum membuahkan hasil yg permanen,dan secara pribadi saya lebih mudah untuk mendeteksi suatu benda dan bentuk wujudnya dibandingkan mendeteksi warna
pertanyaan yg ingin saya tanyakan sbg berikut:

1.mengapa kemampuan getaran bisa naik turun (terutama pribadi saya)?
2.apakah untuk bisa mempelajari kanuragan seperti bayu seto,kere waja,dll harus sudah benar2 menguasai getaran tutup mata atau vibrasion (meminjam istilah mas mpcrb) seutuhnya terlebih dahulu?

mohon pencerahan dan ilmunya dari para sepuh dan senior

salam

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #861 on: 29/06/2012 23:44 »
@ mas Brian.
Saya coba menanggapi secara umum.
1. Kemampuan deteksi getaran yang naik turun itu wajar. Tapi kalau perbedaannya terlalu signifikan, berarti belum mantap. Coba latihan rutin lebih khusus dan berturut turut, diskusi dengan pelatih atau teman yg sudah sukses, akan lebih cepat ketemu "slah"nya.
2. Deteksi warna/benda (istilah di Amerika "vibra vision"), agak berbeda dan bukan prasarat untuk aplikasi getaran bagi pukulan dsb.
Deteksi lebih melatih kepekaan getaran. Merupakan kemampuan awal (deteksi benda, warna, halang rintang, tulang retak dsb). Bisa diperoleh dengan latihan pengolahan tenaga dan latihan pengolahan getaran ditingkat awal/menengah (terbukti bisa dicapai oleh peserta tunanetra, dengan latihan pengolahan tenaga tingkat dasar dan latihan getaran tingkat awal).
Tapi untuk aplikasi lebih lanjut, misal melontarkan/menyalurkan tenaga, baik untuk pertahanan, menyerang maupun penyembuhan, tentu diperlukan tenaga dan getaran yang lebih kuat.
Terbukti yg tata gerak, tenaga dan getarannya sudah kuat dan menyatu dalam naluri, tidak ada hambatan dalam berlatih program latihan sisipan2 tsb, tanpa harus jago dalam deteksi warna.

Masalahnya, sekarang, dengan maksud pengembangan dan manfaat yg lebih luas nantinya, deteksi warna, benda dan halang rintang menjadi materi ujian dan nomor kompetisi internal perguruan. Mau nggak mau harus dilatih dan lolos ujian.

Semoga tanggapan singkat ini bisa menambah pengertian.
Silahkan teman2 yg lain menambahi.

Salam.

brian

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: merpati putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #862 on: 11/08/2012 01:59 »
mungkin ini menjawab pertanyaan mengapa pesilat merpati putih ototnya tidak besar,akhirnya nemu juga jawabannya dari wikipedia,berikut penjelasannya:

Kontroversi hipertrofi miofibrillar vs. sarkoplasma

Dalam komunitas binaraga dan kebugaran dan bahkan dalam buku-buku akademik hipertrofi otot kerangka dideskripsikan dalam satu dari dua jenis: sarkoplasma atau miofibrillar. Mengacu pada teori ini, pada hipertrofi sarkoplasma, volume cairan sarkoplasma dalam sel otot meningkat tanpa diiringi peningkatan pada kekuatan otot, dimana pada hipertrofi miofibrillar, protein kontraktil aktin dan miosin meningkat dalam jumlah dan menambah kekuatan otot dan juga peningkatan kecil pada ukuran otot.

Hipertrofi sarkoplasma adalah karakteristik dari otot-otot binaragawan khusus sementara hipertrofi miofibrillar adalah karakteristik dari altet angkat besi Olimpic. Dua bentuk adaptasi ini jarang terjadi dengan bergantung sepenuhnya satu sama lain. Seseorang bisa mengalami peningkatan besar-besaran pada cairan diiringi peningkatan sedikit pada protein, peningkatan besar-besaran pada protein diiringi peningkatan kecil pada cairan, atau kombinasi keduanya yang relatif seimbang. Berbeda dengan teori ini perlu dicatat bahwa ketika dilihat dalam mikroskop, otot-otot diisi sepenuhnya dengan miofibrils, tidak peduli apakah otot dari binaraga atau pengangkat besi yang digunakan. Juga, sebenarnya sangat sedikit bukti aktual yang mendukung bahwa bagian non-miofibrillar dari sarkoplasma pernah berkembang. Lawan dari teori ini menasehatkan bahwa penyebab dari dugaan popular ini adalah dua: Pertama, ini diperoleh dari pemecahan pada penggunaan otot ketika mengukur sintesis protein. Ini adalah teknik dimana protein otot dipisahkan secara biokimia ke dalam pecahan miofibrillar, sarkoplasmic, membrane dan mitokondria untuk sintesis protein.

Validitas dari pemisahan ini dengan kurang baik divalidasi dan juga, hasil dari pemecahan ini dan pengukuran sintesis protein isotop stabil sesudahnya yang biasa tidak menunjukan apa-apa tentang kelebihan relatif dari pemecahan protein-protein ini (seperti perubahan pada sintesis protein yang secara definisi relatif (cth. perubahan 50% pada sebuah zat yang terdapat 1% otot masih tidak berarti dalam konteks fisiologi)). Ke-dua, pendukung sarkoplasmic/miofibrillar menggunakan teorinya untuk menjelaskan mengapa bianraga memiliki kekuatan yang relatif tak sebanyak strongman. Tapi teori ini tidak perlu menjelaskan perbedaan ini. Perubahan fisiologi yang berhubungan dengan latihan dengan volume yang sangat tinggi dan kadar kelelahan otot menghasilkan adaptasi neuromuskular yang berbeda dari yang dialami pada latihan kekuatan dengan beban mekanik yang sangat tinggi dan sedikit kelelahan otot.

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #863 on: 02/09/2012 23:39 »
@ mas BRIAN.

Binaraga dan angkat berat memang beda tujuan sehingga beda cara latihan. Cara latihan MP lebih semacam latihan angkat berat dengan lebih banyak bentuk dan cara pengolahan nafas.
Para ahli fisiologi  menggolongkan senam pengolahan MP  lebih cenderung ke latihan Anaerobic dibanding latihan Aerobic, daya tenaganya mengikuti teori ATP ( penelitian senam pengolahan MP  pada Operasi SETA di AKABRI UDARA th 1973, kerja sama Dephankam dengan Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran UGM).
Konsekwensi teori itu, antara lain, hasilnya lebih ke penguatan otot putih daripada otot merah.

Kalau berlatih binaraga, yang bertujuan membentuk "toning otot", tentu jangan dicampur dgn latihan senam pengolahan/pembinaan MP. Toning-nya bisa ambyar, jadi rata lagi meski lebih berisi.
Hal ini justru menguntungkan terutama pada pesilat putri. Meski daya pukul, stamina dan tenaga meningkat tidak kalah dengan pesilat putra, bentuk otot dan kulitnya tetap feminin, harmonis, halus, berisi.....

Salam.

kubita

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 15
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: TM
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #864 on: 05/09/2012 21:49 »
assalamu'allaikum mas

mau tanya apa bisa/ada olah nafas MP yang dapat menyembuhkan persendian?

ibu saya (52) pada jari tangan nya suka sakit nyeri jika di gerakkan, saat dibawa ke dokter diberi obat nyeri dan tulang tapi belum ada hasil. kalo menurut dokter nya mungkin penyakit tua (pengeroposan tulang / radang persendian). entahlah

mohon bantuan nya mas, terima kasih

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #865 on: 05/09/2012 22:23 »
Sebelum saya coba jawab, bolehkah saya bertanya terlebih dahulu kepada mas kubita.

1. Apakah ibu punya keinginan kuat untuk sembuh?
2. Apakah ibu masih mau melakukan gerak olahraga?

Demikian mas.

Oh ya, kalau mau lebih afdol monggo diinbox foto ibu mas kubita tercinta. Biar saya coba bantu pendekatan yang pas. Insya Allah.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

kubita

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 15
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: TM
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #866 on: 12/09/2012 12:11 »
1. Keinginan kuas, pasti mas
2. Olah raga apa ya? biasa nya cuma jalan pagi aja mas

boleh saya kirim poto nya ke email aja?

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #867 on: 12/09/2012 18:35 »
Ok kalau begitu mas.

Monggo dikirim ke email saya.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

kubita

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 15
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: TM
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #868 on: 13/09/2012 16:58 »
maaf mas saya belum punya email mas mpcrb

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #869 on: 13/09/2012 18:12 »
Sudah saya inbox mas.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

 

Powered by EzPortal