+-

Video Silat


padjadjaran nasioan - Performance silat di acara u
ICE 2009, gerak gulung
Cingkrik Goning - Performance silat di acara ultah
Eksibisi @ Pencak Silat Word Championship 2010 - M
Silat Paseban Taqwa Betawi Babe Cacang Murtadho
Silek Harimau di FIB UI
Gerak Gulung di FIB UI
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Final Pencak Silat Sea Games XXVI kategori Regu Pu

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 581002 times)

pendekar

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #30 on: 04/05/2008 00:07 »
Iya kang One kok Sepi dari anak MP, padahal anggotanya paling banyak dari mahasiswa.

btw saya mo minta pendapat masalah ini

Quote
Sebenarnya pertanyaan tentang ATP tersebut bermula dari keprihatinan anggota terhadap perkembangan MP sekaligus dari rasa kagum rekan saya dengan kehebatan MP pada tahun 90-an, dimana banyak atraksi heboh dan spektakuler di zamannya yang dilakukan oleh anggota MP seperti pemukulan benda keras, getaran deteksi & halang rintang, pengobatan, dll.

Apakah bener anggota th 90 sakti? sakti? artinya kang One dan Kong Nizam salah satu anggota yg udah sakti dong???


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #31 on: 04/05/2008 11:36 »
Dalam bela diri, keilmuan itu mirip dengan sinar lampu....semakin dekat kita, maka semakin terang demikian juga jika semakin jauh kita maka akan semakin redup.

Lingkar terluar dan terjauh mungkin saja akan lebih meredup. Tapi bukan jaminan kalau yang sekarang tidak sebagus dulu, mungkin saja belum diketemukan metodenya untuk bisa jauh lebih baik.

Sakti mah jauh buat saya....orang saya mah masih bisa sakit  ;D

salam,


one

Raya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 52
  • Reputation: 0
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #32 on: 05/05/2008 07:48 »
Mas one,

untuk topik MP ini saya agak bingung, karena bila dilihat dari materi yang dibahas tentang ATP dan getaran. saya rasa wajar bila orang MP tidak membuka rahasia. karena di perguruan lain pun kalau ditanya soal pernafasan belum tentu mau jawab.
teknik fisik mudah ditiru, teknik nafas lebih sulit ditiru (dulu saya menganggap teknik dalam tidak bisa ditiru, tapi kebetulan pernah bertemu orang yang menggagalkan teori saya yang cupu ini).

kalau boleh saya mau berkenalan dengan mas one.

thx

Raya

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #33 on: 05/05/2008 08:28 »
biarlah thread ini bergulir....

Pembahasan ATP bisa dibahas siapa saja, kita tunggu saja....

senang berkenalan dengan anda

salam

one

EricB

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #34 on: 05/05/2008 10:57 »
Betul kita harus tunggu saja.

Saya tahu bahwa ada berapa orang MP sudah member disini, mereka juga cukup jam terbang untuk bisa memberi input yang luas



duduk dulu dan nongkrong, sambil menunggu ;)

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Teknik Getaran
« Reply #35 on: 10/05/2008 12:01 »
Salam silat semua...

Mumpung di MP ni... ayo donk dishare teknik getarannya... cuman mau bandingin tekniknya MP yg hebat ni dgn apa yg dah pernah ta latih (siapa tau teknikku ada yg kurang) ato dengan teknik getarannya Krida Yudha Sinalika...

Ilmu itu khan untuk kemanusiaan palagi ilmu getaran khan terbukti banyak membantu manusia dan tidak ditujukan untuk "merusak".

Lanjut akang... :o
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #36 on: 13/05/2008 18:54 »
kayaknya lebih baik kita "mengundang dan membiarkan" para juragan di MP sendiri yang membahas elmunya......kalo kita yang ngebahas, takuta ade salah kate, ntar bukannya silaturahmi yang kite dapet malah silat raga yang jadi... :D :D :D

ayo mas, mbak di MP...ditunggu, monggo... 8) 8)

salam


one

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #37 on: 29/05/2008 13:37 »
Mohon informasi contact person PPS Betako Merpati Putih di Kota Batam. Kalau ada, tolong diinfokan via email kepada saya ke agus@perisaidiri.cjb.net

atenkkkkk

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #38 on: 29/06/2008 07:53 »
hai, nubie di sini nih gue..

gw juga anak MP kok hehe masih baru banged (baru D2)

itu ada yang post klo lama mo ukt di MP emang bener kok, gw aja yang ke D2 aturan 6bln jadi 1tahun, hehehe, trus juga klo mo ke kombi1 jg harus ada pengabdian. klo dah masalah getaran dll, gw lom sampe deh, hehehe
cuma bisa ngasih yang enteng2 aje gue



thx

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #39 on: 30/06/2008 20:39 »
selamat datang buat mas dan met gabung.........

meski kita banyak yang berbeda perguruan dan aliran namun kita tetap menjaga tali silaturahmi. Beberapa member forum ini malah ada yang khusus II karatan (karena UKT nya sekitar 10 taon lalu), kita harapkan pembahasan MP dikemukakan oleh anggota MP sendiri (kalo bisa yang masih aktif...) agar semua seluk beluknya jauuuh lebih gamblang.

salam,


one  :)
MP Bdg angkatan XIII-92 Gudut Rabu-Minggu sore
MP Jaktim Halim PK (aktif 93-2000)

mahesajenar

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #40 on: 22/08/2008 16:47 »
Kulo Nuwun...

Setelah baca-baca thread ini dari A-Z rupa2nya banyak anggota MP yang masih "Mersudi" Mas dan Mbak semua, jadi yaa pasif saja.

Nuwun..  :-X

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #41 on: 16/09/2008 00:55 »
ya udah deh, ane mulai deh, dulu waktu ujian di Lembang ane nanya ame senior di Bandung dan belon kejawab, pertama sebenernya lambang MP itu bulu sayap dan ekornya kok beda-beda gambarnya antara yang dibadge ama yang dipapan sekretariat, sebenernya berapa yang bener? eh malah diketawain dan gak dijawab, padahal menurut ane lambang itu perlu dan sangat harus seragam....trus siapa yang tau ya yang membuat desain lambang MP? keliatannya keren kan?! silahkan bagi anggota MP share di sini sekaligus memberikan info tentang perguruannya...


salam


one / seta dewangga

pusakane

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #42 on: 02/01/2009 15:53 »
Assalamualikum...
Punten ikutan ya...

ada tambahan dikit nih dari semua posting yang disampein, baik menenai MP atawa panjangnya PPS Betako Merpati Putih dan  ATP.

ATP sebenarnya merupakan bisa dibilang zat kimiabiologis yang ada di dalam cell, proses metabolisme tubuh tidak terlepas dari ATP itu sendiri, penguraian ATP -> ADP menghasilkan energi yang kita pake sehari-hari, proses ini terus berualang sehingga kita tetep idup :)... Selain terurai menjadi ADP, energi juga ada limbah (residu) dari proses yaitu Asam Laktat, makanya kalo kita sering kerja terus menerus timbul pegel, nah ini disebabkan asam laktat tersebut.
Asam laktat tersebut sebenarnya secara biasa kembali mengalami proses seperti diatas tetapi melalui proses yang cukup lama, melalui siklus metabolisme tubuh.

Mekanisme pernapasan yang ujung-ujungnya menimbulkan energi (bio energi-inner power) sebenarnya adalah upaya memperpendek siklus metabolisme terutama pada penguaraian asam laktat tadi, dan ini tidak terlepas dari Oksigen atau yang lebih dikenal lagi eter, dengan sedikit oksigen asam laktat akan semakin cepat berubah dan menghasilkan energi yang besar. Proses ini sama seperti reaksi berantainya reaktor atom... (makanya klo orang yang udah nguasain tenaga dalam kan tenaganya kayak bom atom).

Kata kuncinya kekejangan tubuh, sedikit oksigen, konsentrasi, tahan latihan, doa.

dari kata kunci tersebut itulah kenapa di MP dalam berlatih pernapasan ataupun gerak diperlukan kekejangan, dan olah pernapasannya memakai nafas tahan bukan tarik-buang seperti umumnya, meditasi untuk konsentrasi.

Untuk pematahan/pemecahan benda keras tidak terlepas dari teknik yang baik dan hasil olah metabolisme tadi, walau kita tau tekniknya tapi power yang kita punya biasa, berdasar pengalaman gak sukses tuh. (berdasar pengalaman saya loh..) hal ini terkait dengan kembali ke proses fisika momentum dan energi nya Newton.

Setiap benda terdiri dari unsur yang membangunya, sedikit dipersingkat Benda terdiri dari molekul-molekul yang kepadatannya tergantung jenis benda tersebut, benda padat molekulnya rapat, cair molekulnya sedikit renggang dan gas molekulnya sangat renggang. Kerapatan molekul tersebut jika dipanaskan akan merenggang atau ikatannya melemah.

energi yang dihasilkan oleh tubuh melalui proses metabolisme salah satunya energi panas, nah kalo bisa membuat energi panas yang tinggi sehingga bisa merenggangkan ikatan molekul tadi maka dengan teknik yang baik pula blok es tumpuk tujuh atau kikir rangkap 8
 dapat kita patahkan.

Kata kunci baru energi, panas, molekul.

sekian dulu ya..ntar disambung lagi...Mohon maaf kalo kalimatnya buat yang baca rada puyeng abis bukan tukang tulis... :) dan mohon maaf kalo apa yang saya utarakan salah...
Satu lagi merpati putih bukan untuk kalangan elite tapi untuk berguna bagi masyarakat sesuai amanat Sang Guru.

"Mersudi patitising tindak, pusakane titising hening"

Wassalam...

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #43 on: 04/01/2009 18:23 »
makasih atas penjelasannya mas,


ATP sebenarnya merupakan bisa dibilang zat kimiabiologis yang ada di dalam cell, proses metabolisme tubuh tidak terlepas dari ATP itu sendiri, penguraian ATP -> ADP menghasilkan energi yang kita pake sehari-hari, proses ini terus berualang sehingga kita tetep idup :)...

ada yang saya tanyakan ulang mengenai ATP yang terurai menjadi ADP menghasilkan energi...lalu energi yang dipakai untuk menjadikan dan proses penguraian ATP tersebut apa?

saya rasa menyamakan proses pernapasan tubuh dengan reaktor atom jauh centang perenang, penggunaan bahan reaksi pun berbeda, dapatkah menjelaskannya jauh lebih membumi? saya sendiri banyak belum mengerti proses di dalam tubuh apalagi mengenai reaksi berantai dari reaktor atom.


Setiap benda terdiri dari unsur yang membangunya, sedikit dipersingkat Benda terdiri dari molekul-molekul yang kepadatannya tergantung jenis benda tersebut, benda padat molekulnya rapat, cair molekulnya sedikit renggang dan gas molekulnya sangat renggang. Kerapatan molekul tersebut jika dipanaskan akan merenggang atau ikatannya melemah.

energi yang dihasilkan oleh tubuh melalui proses metabolisme salah satunya energi panas, nah kalo bisa membuat energi panas yang tinggi sehingga bisa merenggangkan ikatan molekul tadi maka dengan teknik yang baik pula blok es tumpuk tujuh atau kikir rangkap 8
 dapat kita patahkan.


pernyataan menarik mas, apakah energi panas tersebut yang mematahkan bendanya? Bukankah yang mematahkanya adalah energi gerak (tangan)? Jika energi panas tubuh dapat meregangkan ikatan molekul baik es balok maupun kikir, saya menanyakan kembali berapa derajat panas yang dikeluarkan tubuh untuk mencapai titik regang ikatan es yang merupakan ikatan hidrogen dan oksigen ? atau berapa derajat panas tubuh yang diperlukan untuk meregangkan ikatan besi (Fe) yang kita tahu titik didihnya sangat tinggi....? Bukankah tubuh derajat panasnya tak sampai 50 derajat celcius?

Kalau hanya energi panas tubuh yang diperlukan maka tak perlu memukul dong???

Kekejangan tubuh yang dimaksudpun saya rasa bukanlah kekejangan, karena tubuh yang kejang tak mungkin melakukan gerakan terkontrol....mungkin maksudnya adalah pengerasan sebagian anggota tubuh. Misalnya : pengerasan atau pengejangan bagian tertentu untuk memukul benda keras adalah tangan dari mulai ujung jari hingga bahu, namun tidak mengencangkan engsel bahu. Karena tak mungkin bergerak jika kita melakukan pengejangan atau pengerasan pada engsel bahu....silahkan dicoba,
salam,

one

Kelik

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • kelik
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #44 on: 23/01/2009 09:48 »
udah kita gak usah ngributin masalah atp ato apalah, yang penting kita latihan dengan teratur, disiplin nafas haru kita jaga, karena seberapa lama kita kuat tahan nafas dengan mengencangkan semua bagian tubuh kalau kita tidak disiplin dalam arti kita kadang sedikit mencuri nafas ( karena kita sudah gak tahan menahan nafas lalu kita buang pelan - pelan lalu tarik lagi dengan sembunyi sembunyi dan tubuh kita juga kendor lalu kencang lagi) tiu hasilnya akan percuma, lebih baik nafas pendek tapi kita disiplin dan kuat menahan nafas serta tubuh kita semakin kencang selama tahan nafas pasti hadilnya akan lebih baik.
oh ya.... teman - teman dari MP ada yang sudah pernah latihan nafas GUPITA gak gimana rasanya...... crita pengalamannya dong......



 

Powered by EzPortal