+-

Video Silat


Pendekar Trans 7 : Ciung Wanara #3
Festival Silat Tradisional Banten
Tongkat Tunggal
Pencak Malioboro Festival II , 2 Juni 2013
Pesilat Anak
eko wahyudi juara dunia 2010 pencak silat
ICE 2009, gerak gulung
nomusic noscream, biar beda
Silek Kumango di FIB UI

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPSB Cingkrig Gerak Cipta  (Read 20321 times)

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« on: 19/06/2012 07:17 »
Berawal dari keterpaksaan ane kenal dan mempelajari cingkrig gerak cipta.
Pada tahun 80 Babe Amri mendapat mandat untuk mengajar,kebetulan beliau mengajar dua abang ane yaitu Bang Zay dan Bang Ozzy,saat itu ane yang masih balita,kira-kira umur 3 tahun,sering ngeliat abang-abang ane belajar,seperti anak-anak pada umumnya,ane suka ngikutin gerakan yg di ajarkan,walaupun asal-asalan.pada thn 88/89 kembali ane sering ngeliat orang latihan,juga di rumah ane,tapi ane tetep belum ikut latihan.ane justru pertame latihan pada thn 94,itupun hanya 4 jurus.
Pada tahun 2001 Babe Amri datang ke rumah untuk mengajak abang-abang saya untuk membantu beliau mengajar,saya termasuk orang yg diminta bantuannya untuk melatih,karena saya belum khatam,akhirnya jadilah saya belajar jurus sekaligus belajar melatih.

Sampe sini dulu ya,nanti di sambung lagi

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #1 on: 19/06/2012 09:42 »
wah terusannya mana nih ?
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #2 on: 19/06/2012 12:51 »
maaf msh belajar,udahan postingnye cuma pake hp jadul doangan  :)
lanjut ya

Nama gerak cipta di berikan oleh kong Acik,guru dari babe Amri.ketika kami tanya arti gerak cipta cuma di jawab:lu gerak gw cipta terus di contohin deh,yang kemudian kami fahami : ketika lawan bergerak maka kita telah siap dengan antisipasi dan balasannya,yang mungkin sema'na dengan ''batur arek urang geus''(tapi ini cuma menurut pemahaman ane yang masih cetek ilmunye)

nti di lanjut lagi

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #3 on: 19/06/2012 17:50 »
Lanjut ya :-)

Dalam mempelajari cingkrig gerak cipta,setiap buka pelatihan maka akan di adakan tahlil dan do'a sebagai tanda di terimanya seseorang menjadi murid gerak cipta, . . . .
Materi pertama yg di berikan sebelum mempelajari jurus-jurus gerak cipta adalah mempelajari gerak dasar yang berjumlah 17 gerakan,setelah di nilai bagus barulah sang murid mempelajari jurus-jurus gerak cipta.

Sampe sini dulu ya. . . .

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #4 on: 23/06/2012 23:57 »
assalamualaikum,
lanjut lagi ya,

di dalam mempelajari cingkrig gerak cipta,seorang murid akan di ajarkan tekhnik kuda-kuda rendah,dengan gerakan yang tidak terlalu cepat,dengan harapan agar sang murid mampu menghafal dan memahami setiap gerak yang di ajarkan,walaupun cingkrig terkenal akan kelincahan dan kecepatannya,kalau mengutip perkataan babe Amri : cepet kalu kage beklime bakal apaan.

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #5 on: 30/06/2012 12:38 »
lanjut lg

Babe Amri
Babe Amri belajar cingkrig pertama kali dari kong Ayat,kemudian dilanjutkan belajar kepada kong Acik.dari kong Acik inilah Babe Amri mempelajari cingkrig yg telah dikembangkan jurusnya,yang diberi nama ''Gerak Cipta'',oleh karena itulah maka perguruan ini bernama ''Cingkrig Gerak Cipta''.
  Di dalam Gerak Cipta,pengembangan jurus dari beberapa pendekar cingkrig di ramu menjadi sedemikian rupa sehingga menjadi jurus yang kini diajarkan di Gerak Cipta.
  Kong Ayat,Kong Wahab,Kong Majid adalah beberapa yg pengembangannya masih dapat dilihat di dalam Gerak Cipta selain pengembangan yg di lakukan oleh kong Acik sendiri.
  Jurus satu adalah jurus yang paling jelas untuk melihat itu semua,kenapa di jurus satu?karena jurus ini adalah jurus yang paling sering dijalankan pada saat latihan.

Insya Allah ade terusannye. . . .  .(bari nunggu respon)

maaf ye kalu bahasannye kurang menarik,terima kasih

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #6 on: 30/06/2012 22:12 »
lagi ngobrol ame babe Amri tentang guru-guru beliau dari mulai kong Ayat,kong Acik,kong Wahab,kong Majid,kong Jayani . . . . .mantep banget dah . . . .:)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #7 on: 01/07/2012 20:55 »
Mantebnya gimana bang? Terusin dong ceritanya..:)

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #8 on: 02/07/2012 18:48 »
mantepnye,dari ketiga murid kong Ayat:yaitu kong Acik,kong wahab dan kong Majid memiliki pengembangan sendiri-sendiri mengikuti karakter masing-masing,dan mereka saling memberi masukan untuk pengembangan tersebut.
Dan kami merasa beruntung karena Babe Amri mendapat jurus cingkrig dari kong Acik,yang telah memadukan semua itu,dan Babe juga pernah sambut jual beli dengan  para pendekar tersebut.

Maaf nih,kadang rada susah ngejelasin lewat tulisan . . . . :)

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #9 on: 03/07/2012 23:03 »
Lagi ngobrol-ngobrol di depan rumah,jadi keingetan waktu Babe Amri cerita:beberapa kali pernah dateng tamu untuk berkenalan dengan Babe sekaligus pengen tau maenan gerak cipta,hampir semua yang mencoba sambut dengan Babe selalu bilang ada unsur maenan laen di gerak cipta,ade yang bilang kok ade geraknye bang,ade yang bilang kok ade beksinye bang,ade yang bilang kok ade pengasinannye bang,dan lain sebagainya,tetapi selalu di jawab,ini gerak cipta,gue kage tau maenan laen,gue cume belajar cingkrig ame kong Acik

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #10 on: 18/07/2012 14:53 »
waktu ntu(udah lame kejadiannye,mao di omongin takut nyinggung orang laen,mudah-mudahan kage ade yg kesinggung),ane pernah ditanye ame temen babe,lu belajar maen pukul tong? Ane jawab,iye beh.
B : Belajar ame siape?
A : Bang Amri
B : maenan siape tu?
A : kong Acik
B : oo ntu maenan rebelong(rawa belong),ni lu gue kasih tau,maenan(cingkrig) rebelong sebenernye buehnye,maenan(cingkrig) kebon jeruk ntu cumen kembangnye,makenye kage sembarangan ni maenan di turunin,karene lu udh belajar,lu jage dah ni maenan. Susah nyari buehnye,kalu kembangnye ngamprah no . . . . . .

Nyambung . . . .

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #11 on: 20/09/2012 06:08 »
salam cingkrikers

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #12 on: 24/09/2012 12:24 »
lanjutin ceritenye bos abay!!!

abay gcis

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 2
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: cingkrig gerak cipta
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #13 on: 25/09/2012 16:26 »
Apa kabar uda Bayu?

Maaf kalu ceritanya tidak runtut,maklum seingetnya aja.

Menurut cerita babe Amri,beliau pernah diberitahu oleh guru beliau,yaitu kong Acik,bahwa cingkrig itu asalnya sama dengan asal gerak saka,yang kalau tidak salah adalah gerak gulung,kemudian ketika kami ngobrol dengan kong nung(babe nunung/Nur Ali Akbar),karena silsilah saya harus manggil engkong pada babe nunung,beliau memberi gambaran,untuk mengetahui asalnya cingkrig harus dilihat dari jurus aslinya cingkrig,setelah kami mencoba bertanya kepada kong nung dan babe Amri,tentang jurus asli sebelum berkembang seperti saat ini barulah kami melihat kemiripan yg lebih jelas dan hubungan antara cingkrig,gerak saka dan gerak gulung,tapi belum semuanya kami  lihat,dan semua ini hanyalah menurut pemahaman kami yg bodoh dan tidak mengerti,hanya menggunakan perkiraan2 yg bukan tidak mungkin adalah salah.kurang lebihnya kami mohon maaf,sedikit tulisan ini hanyalah untuk berbagi apa yg kami ketahui,jika ada kesalahan mohon bantuannya untuk mengoreksi.


Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: PPSB Cingkrig Gerak Cipta
« Reply #14 on: 26/09/2012 10:16 »
Baek bang Abay, pegimane khabarnye bang Abay :)
berarti kalau begitu ada kemungkinan cingkrig ini asal Tatar Pasundan ya bos?

 

Powered by EzPortal