+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG  (Read 92927 times)

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« on: 01/05/2007 17:26 »
 ;)
Salam buat semua sahabat silat dimanapun berada. Sebelum saya cerita tentang aliran siku-siku hitam yang ada di Pondok Pinang, saya akan cerita sedikit tentang tempat yang bernama Pondok Pinang ini.

Pondok Pinang adalah sebuah Kelurahan kecil di daerah Kebayoran Lama, yang terjepit antara Lebak Bulus, Pondok Indah, dan Bintaro. Dahulunya pertama kali saya pindah, tahun 1979, Pondok Pinang adalah daerah hutan karet, tidak ada listrik, tlp, dan jalan beraspal. Tp uniknya Pondok Pinang banyak mempunyai perguruan silat untuk ukuran kampung sebesar Pondok Pinang. perguruan itu ada yang merupakan asli, Pondok Pinang ada juga perguruan besar yang mempunyai cabangnya disana. Nah perguruan itu antara lain;

perguruan asli;
1. Siku2 Hitam, H. Mamak. Profilenya nanti akan saya ceritakan di topic ini.
2. Jampang Bulu, Bpk. Endjo. Silatnya belum jelas tp gurunya pernah jd guru SMP saya. Orangnya seram banget, bewokan dan gulaka... :'(
3. Purbakala
4. Tunggal Sejati
5. Melati Putih beda sama perguruan melati putih yang umum dikenal. Ini perguruan sendiri.
6. Kapilarestu, Bang Yanto. Didirikan oleh murid almarhum H. Mamak.
7. Majelis Dzikir Sunan Kalijaga, Bang Nuh. Fokus di olah TD, mantan murid Gajah Putih dan H. Mamak.
8. Langlang Buana Jaya, Kak Witno. fokus pada silat olahraga walaupun ada siisi tradisionalnya. Saya 5 tahun ikut aliran ini.
9. Traktak. Silat ini dinamakan sesuai dengan bunyi yang dimbilkan saat silat ini dimainkan, berisik banget. Sayangnya saya sudah tidak tahu dimana silat ini sekarang.
10. Angsa Putih, Bang Umar. Pendirinya pernah belajar di H. Mamak, silat betawi lain, Kung Fu tapi terutama sekali Merpati Putih. Silat ini mengklaim pecahan dari Merpati Putih.

Pendatang;
1. Setia Hati Terate.
2. Perisai Diri.
3. Gagak Lumayung
4. Sahbandar Kari Madi
5. Panca Daya
6. Sinlamba
4. dll termasuk BKC, dsb yg non silat.

sepanjang sepengetahuan saya dr saya kecil ada hampir 20 perguruan di tempat saya.

Nah sekarang ini kita akan bicara tentang Siku2 Hitam. Nah silat warisan H. Mamak ini boleh dibilang menjadi muara bagi banyak perguruan silat lain di Pondok Pinang sesudah H. Mamak almarhum.

Upsss, udah jam pulang... istri dah nungguin nih. Critanya lanjutin besok yah...

Maaf.. :(
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

pendekar

  • Guest
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #1 on: 01/05/2007 17:55 »
Quote
3. Purbakala

Silat ini sdh menghilang, karena dalam pendataan silat betawi pd kumpulan putra betawi silat ini tidak hadir, ada yg tau dimana lokasinya skr???

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #2 on: 01/05/2007 19:08 »
9. Traktak. Silat ini dinamakan sesuai dengan bunyi yang dimbilkan saat silat ini dimainkan, berisik banget. Sayangnya saya sudah tidak tahu dimana silat ini sekarang.
wehehehe... dari namanya dan sifat kejadiannya
sepertinya saya suka dengan gaya silat ini... gaya berisik..

hehehe... mas... ceritain dong berisiknya seperti apa :D

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #3 on: 02/05/2007 09:10 »
9. Traktak. Silat ini dinamakan sesuai dengan bunyi yang dimbilkan saat silat ini dimainkan, berisik banget. Sayangnya saya sudah tidak tahu dimana silat ini sekarang.
wehehehe... dari namanya dan sifat kejadiannya
sepertinya saya suka dengan gaya silat ini... gaya berisik..

hehehe... mas... ceritain dong berisiknya seperti apa :D

Silat ini berisik karena hentakan kaki dan tepukan tangan.. mirip berisiknya jurus 14 peupehan milik Margaluyu, dah pernah lihat kan???  ;)

Dalam gerakanya silat ini banyak mengenal sikutan dan uppercut ke arah lambung.
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #4 on: 02/05/2007 10:01 »
Lanjut Lagi Bahas Siku2 Hitam

Agak kurang jelas bagaimana sebenarnya alatar belakang H. Mamak ini. Tetapi bisa dipastikan bahwa Mamak bukanlah nama asli beliau. Soalnya saya pernah mendengar nama asli beliau ketika beliau menikah lagi dengan istri mudanya yang selisih lebih dari 50thn, beliau 71th istrinya 18thn.  :D

Yg jelas beliau punya tanah yang luas di Gang Kramat, Pondok Pinang. Jd beliau ini termasuk juragan kontrakan. Tetapi sekarang ini kayaknya sudah ada lagi tanahnya. Ketika beliau meninggal tak lama kemudian jandanya itu pulang lagi ke kampung halamannya di Pandeglang, Banten.

Daerah Banten adalah daerah yang mempunyai nilai historis yang kuat bagi H. Mamak. Ini dikarenakan di masa muda beliau banyak dihabiskan di daerah Banten Kulon, baik untuk mencari ilmu silat, kebatinan, maupun ilmu agama. Hanya saja menurut murid2nya, H. Mamak tidak pernah lama2 berguru di suatu tempat, dia lebih senang untuk otodidak. Jadi setelah dia dapat menangkap pola suatu ilmu maka beliau akan mendalami imu itu dengan caranya tersendiri. Biasanya dia melakukan pendalaman tersebut di tempat2 sepi dang diangap angker oleh masyarakat, semisal perkuburan atau hutan. Kebiasaan ini pun terus sampai saat beliau melatih ilmu-nya ke murid2, pasti akan memilih tempat seperrti kuburan. Lucunya Bang Yanto, murid beliau yg mendirikan Kapilarestu juga memilih cara ini, jika hendak menurunkan gerak atau ilmu tertentu pada murid seniornya. Oleh Bang Yanto, murid seniornya hanya dikasih kesempatan hanya semalam untuk menguasainya dan tidak ada pengulangan materi.

Suatu ketika dalam pendalaman ilmunya di tengah hutan, di daerah Banten, saat beliau sedang bermeditasi. Latihan beliau terganggu dengan segerombolan monyet, yg setelah diperhatikan ternyata monyet itu sedang berlatih silat. Cerita ini saya dapat murid seniornya Bang Iqbal. Karena merasa tertarik kemudian H. mamak ikut serta dalam latihan tersebut, bahkan sampai akhirnya main usik dengan monyet2 tersebut.

Kejadian ini akhirnya menimbulkan ide di H. Mamak untuk menciptakan suatu sistem beladiri dari gerakan2 ini. akhirnya terciptalah suatu silat yang dinamakan siku2 hitam. Akhirnya beliau pulang ke Pondok Pinang dan memulai mendirikan perguruan.

Untuk sistem pelatihannya kita lanjutin nanti lagi yah...





 
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #5 on: 02/05/2007 10:33 »
Ternyata masih ada waktu, jadi aku bisa cerita sistem pelatihan di siku2 hitam. Nah cerita tentang sistem ini aku dapat samar2 dari Bang Iqbal (yg masih tertutup banget) :-\ dan apa yang aku lihat ketika 20 tahun yang lalu.

Oh ya sebagai tambahan Silat Siku2 Hitam ini dulunya sempat dibilang Cingkrik Monyet. Kemungkinan ini terjadi karena pada masa itu Silat Cingkrik cukup terkenal di daerah Kebayoran Lama dan sekitarnya, yang merupakan tandingan dari silat Beksi di daerah Ciledug, makanya silat beliau lansung dikasih judul cingkrik oleh sebagian orang dan karena ada khas pamonyet di dalamnya maka dinamakan cingkrik monyet. Tetapi H. Mamak dan murid2nya sendiri tetap menamkan silatnya Siku2 Hitam.

Kembali lagi dalam pelatihannya. Pelatihannya sendiri dibagi dalam beberapa tingkatan pelatihan berdasarkan metode pelatihan yg diterima.

1. Tahap Pertama bagi anak2 dan murid baru adalah jurus2 pokok dan kelincahan fisik, seperti melompat, berguling, dsb. Jurus2 pokok ini kalau saya tidak salah ingat ada sekitar 9 atau mungkin 11 jurus; diantaranya bernama jempol, dengkul, pukul, dsb..
2. Biasanya untuk orang dewasa tahap pertama ini dijalani tidak begitu lama berbeda dengan anak2. Selanjutnya mereka lansung masuk ke Tahap Ke Dua, yaitu pelatihan penguatan fisik. Disini metode pelatihan yang saya lihat sendiri adalah saat si murid menggerakan jurus pokok pelatih akan menghantam murid dengan genting, batu bata, atau kayu. Jadi saat melakuan jurus pokok si murid harus mengetahui titik2 dimana diperlukan tenaga bendungan (mahdi), dan juga hrs tahu dimana kecepatan diperlukan (kari), pada jurus pokok yang dimiliki siku2 hitam jurus leliwatan tidak terlihat. Mungkin karena tapa awal dari silat ini adalh memangun tenaga dan menciptakan serangan yang ampuh.
3. Tahap ketiga, Disini biasanya para murid mulai berlatih kembangan dari jurus2 pokok. Jurus2 leliwatan mulai terlihat di kembangan ini. Kabarnya ada 99 kembangan di silat siku2 hitam, sayangnya sampai akhir hayatnya tidak semuanya ini turun ke murid2nya. Yang mendapat kembangan terbanyak adalah Bang Iqbal dan Bang Yanto. Di tahap ini murid2 juga mular berlatih main usik. Dimulai dari tanah lapang yang dibatasi dengan lingkaran, sampai dengan kolong meja. Sampai kabarnya seorang pesilat siku2 hitam mampu bertarung di dalam sarung, jadi ditempat yang amat sempit.
4. Tahap pengisian dan pemijatan. Untuk murid2 tertentu terutama mereka yang diangkat menjadi pelatih, setiap selesai mendapat satu kembangan maka akan dilakukan pemijatan pada tangan dan tubuh lainnya agar jurus tersebut menyatu dengan tubuh dan mampu dikeluarkan secara reflek. Jd maksud pemijatan ini bertujuan untuk membangkitkan reflek. Unuk pengisian, tiap pelatih akan diberikan ilmu2 kanuraga tertentu yg dimiliki H. Mamak. Di saat akhir H. Mamak ada 2 orang muridnya yang diberikan hak untuk mengisikan ilmu dan pemijatan ke murid2 lain yaitu Bnag iqbal dan Bang Yanto.

Kayaknya untuk sementara cukup sekian dulu deh cerita siku2 hitamnya. Ntar kalau dapat bocoran baru dr Bang iqbal saya terusin ceritanya lagi.

Sebenarnya untuk jurus pokok siku2 hitam saya masih ingat beberapa pola jurus-nya. Maklum waktu kecil rajin nonton mereka latihan di kuburan sih  ;D

OK udah dulu yah...


17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #6 on: 02/05/2007 10:43 »
wah menarik ...

namanya kok aneh ya: siku-siku hitam..
kenapa kok dinamakan demikian? bukan pake yang serem-serem semisal naga terbang melayang; ato gajah ngamuk gak terkendali..
Apa ada arti tuh nama siku2 hitam?

thank's

S.B.
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #7 on: 02/05/2007 11:06 »
. Soalnya saya pernah mendengar nama asli beliau ketika beliau menikah lagi dengan istri mudanya yang selisih lebih dari 50thn, beliau 71th istrinya 18thn.  :D
hmmmmmm... (ini perlu dicontoh..... tenaganya loch.... bukan yg mudanya itu loch  ::))

 
saat beliau sedang bermeditasi. Latihan beliau terganggu dengan segerombolan monyet, yg setelah diperhatikan ternyata monyet itu sedang berlatih silat. Cerita ini saya dapat murid seniornya Bang Iqbal. Karena merasa tertarik kemudian H. mamak ikut serta dalam latihan tersebut, bahkan sampai akhirnya main usik dengan monyet2 tersebut.
menuju tkp ahhh..... makasih mas pendekar Muda.... ini dia pencerahan baru  8)


P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #8 on: 02/05/2007 11:08 »
wah menarik ...

namanya kok aneh ya: siku-siku hitam..
kenapa kok dinamakan demikian? bukan pake yang serem-serem semisal naga terbang melayang; ato gajah ngamuk gak terkendali..
Apa ada arti tuh nama siku2 hitam?

thank's

S.B.

Sya agak kurang tahu. Tp kemungkinan karena banyak dr ilmunya menggunakan sikut sebagai dasar sengan dan bendungan. Klau hitamnya mungkin karena seragamnya  ;D
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #9 on: 02/05/2007 11:12 »
Quote
3. Purbakala

Silat ini sdh menghilang, karena dalam pendataan silat betawi pd kumpulan putra betawi silat ini tidak hadir, ada yg tau dimana lokasinya skr???

FYI

Bang Iqbal ini selain murid Pelatih di Siku2 Hitam dia juga murid senior di Purbakala.
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #10 on: 03/05/2007 10:59 »
mas pendekar-Muda

yang pencak Jampang-Bulu nya belom diceritakan  ::)

menunggu dengan penuh harap..  ;)

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #11 on: 03/05/2007 15:13 »
mas pendekar-Muda

yang pencak Jampang-Bulu nya belom diceritakan  ::)

menunggu dengan penuh harap..  ;)

Jampang Bulu hmmm... bentar yah, aku wawancara dulu tetanggaku ;)

Nanti aku kasih kabar
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

maskar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 2
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #12 on: 29/05/2007 02:40 »
Salam kenal.. :)

Mas Pendekar Muda lanjutin donk dengAN CERITA Pencak Jampang bulu...  ^:)^

takomuda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 50
  • Reputation: 5
  • TRI CITA UTAMA
    • Email
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #13 on: 16/06/2007 20:18 »
Bang...!!! Ane pernah belajar silat betawi Purbakala duluuuuuu banget waktu ane masih ingusan....  ;D gurunye namenya Bang Ja'man tinggal dikebon baru tebet ..cuman tuh silat kalah pamor ame SINLAMBA yang kebetulan emang silatnye orang kebon baru tebet nyang pada waktu itu sedeng kenceng-kencengnye dibawah komando bang Mad'roseh gang perintis bawah.....kangen juga ye..kalo emang ade info dimane perguruan silat Purbakala tolong deh kasih tau aye disini...... ???
Sebutan pemberani bukan untuk orang yang memenangkan satu perkelahian namun untuk orang yang mampu menghindar dari suatu  perkelahian bukan karena ketakutan namun percaya dan yakin bahwa perkelahian bukanlah jalan yang terbaik.

anyuus

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 55
  • Reputation: 6
Re: SIKU-SIKU HITAM PONDOK PINANG
« Reply #14 on: 19/06/2007 02:35 »
Bang...!!! Ane pernah belajar silat betawi Purbakala duluuuuuu banget waktu ane masih ingusan....  ;D gurunye namenya Bang Ja'man tinggal dikebon baru tebet ..cuman tuh silat kalah pamor ame SINLAMBA yang kebetulan emang silatnye orang kebon baru tebet nyang pada waktu itu sedeng kenceng-kencengnye dibawah komando bang Mad'roseh gang perintis bawah.....kangen juga ye..kalo emang ade info dimane perguruan silat Purbakala tolong deh kasih tau aye disini...... ???
Di Kantor Kelurahan Kebayoran Lama Utara (dekat perlintasan rel KA Kebayoran Lama) ada plank perguruan Purbakala, mungkin masih ada latihan disitu.

 

Powered by EzPortal