+-

Video Silat

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Indonesia Timur  (Read 8680 times)

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Salam hormat

Kalau saya amati, kebanyakan yang dibahas di forum sahabat silat dan cukup rame adalah silat Jawa Barat dan Banten, sekedar ingin memperluas wawasan, bisa ga rekan-rekan yang menguasai atau pernah belajar silat dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Indonesia Timur lainnya (keluasan ya..? sori deh, tapi kita coba aja ya.. ::)) untuk berbagi ilmunya, apa ciri khas dan karakter aliran-aliran tersebut.
Apa ada ya aliran silat dari daerah Maluku, NTT atau Irian? gmn sih permainannya?

Thx

Salam hangat
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Salam silat,

Iya yah daerah timur belum kedengaran suaranya nih.
Jangan-jangan pada konsentrasi ke pilkada?

Maklum, join di forum khan cost, tapi kalau join jadi tim sukses bupati/ gubernur khan profit..... [run]

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
salam

Ada teman yang menanyakan ke saya ttg Perguruan Silat Kijang Berantai
dia bilang ini perguruan terkenal di Kalimantan...

please kalau ada info tentang ini...

trimakasih sebesar2nyah

salam

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
(mmmmmm) perasaan aye di daerah sulawesi selatan juga ada permainan silat???(jongkok sambil ngekepin bantal megang segelas kopi pahit)

Salam,

AK
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

tholib

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
dulu[sekitar 1994-1996] saat saya dibanjarmasin pernah melihat demo ilmu silat bakumpai, tapi kemarin ketika saya kembali kesana perguruan itu sudah tidak ada, mungkin sudah tidak ada penerusnya atau pindah tempat latiha.

salam.

gulang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
Salam...
Iya betul....di daerah makassar/sulawesi selatan juga blom ketemu ama perguruan silat asli daerah....
Dedalane guno klawan sekti
Kudu andhap asor

Elang

  • Guest
salam

Ada teman yang menanyakan ke saya ttg Perguruan Silat Kijang Berantai
dia bilang ini perguruan terkenal di Kalimantan...

please kalau ada info tentang ini...

trimakasih sebesar2nyah

salam

Mungkin nggak kalo perguruan ini asli kalimantan???

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Punten, numpang nimbrung neeh.. (duduk dulu ah...capek abis jalan..) :p

Setahu saya yang rumpunnya ada di Jawa Tengah al:  Srigunting dan Sedayu.
Selain itu, salah satu rumpun besar Jawa Tengah, adalah rumpun yang coraknya Banyumasan.

Di Maluku khususnya Ambon, ada Silat Batumerah. Ini aslinya nama kampung, penduduknya mayoritas Muslim.

Kalau Bali, yang sudah terekspose itu Silat Bakti Nagara. Tapi saya pikir masih banyak lagi silat-silat kampung yang tercecer.

Saya gerilya dibawah tanah saja. Saya tertarik sama keilmuannya. Sedang kalau sejarahnya, saya serahkan kepada komunitas masing-masing. Saya tidak klaim saya ahli silat2 yg saya sebutkan di atas. Jadi maap kalo ada yg salah. Bos... ampunnn..


Salam
Gerakan Bawah Tanah
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

tholib

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Assalamu'alaikum.

Seingat saya masih banyak perguruan silat diKalimantan Selatan, terutama di sekitar daerah Banua Anam[Hulu Sungai]. Disana silat disebut dengan nama KUNTAU[kalau tidak salah terdiri dari dua suku kata KUN(arab)=Jadi, TAU=Tanda/isyarat].

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
salam,
adakah dari sobat2 silat yang pernah dengar atau tau atau pernah ikut perguruan silat tringgani?

PS/aliran ini berasal dari Jawa Tengah tepatnya Salatiga, sebelumnya bernama tegapati.

saya tadi malam baru kenalan sama seorang pelatih aliran ini di bekasi.

peace
ar

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Beberapa unsur dari silat di Bali terpengaruh dan berasimilasi ( cailee...) dengan silat dari tatar Pasundan. Antara lain pemakaian teknik kuda-kuda, tangkisan dan elakan. Mungkin karena sang guru besarnya pernah belajar dari tanah Jawa. Beberapa perguruan besar di Bali masih terlihat menggunakan unsur ini. Seperti Bhakti Negara.

Kalau di kalimantan sendiri Kuntao lebih dikenal. Sementara untuk silat pesisirnya mirip dengan Silek.

Jawa sendiri lebih mengenal olah kanuragan dan seni napas.

uups sorry kalo bisa jangan pake dulu pendapat kang O'ong ::). Karena kalau penelitiannya mah bilang dua piramida silat itu mengkerucut ke tanah Pasundan (dengan sebutan silat/penca/ penca silat) dan Minang (dengan sebutan Silek).

salam,


one
BBM
 

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Salam,...

Konsep Piramida  kerucut besar pengaruhnya tidak hanya di tatar Jawa saja, pun di pulau2 lainnya. Pencarian data "Maenan" yang murni setempat agaknya sudah sulit sekali.

Suku Dayak (Kalimantan Timur) sendiri memiliki Teknik Tempur Bangkoi, yang dalam bahasa setempat berarti kera. Tidak jelas dari suku Dayak mana, ada yang bilang maenan Dayak Punan. Style maenan ini mirip dengan capoeira, gerakan bawah sangat dominan. Gerakan melompat-melompat, salto seperti kera (Bangkoi) menjadi karakternya. Pertempuran ini sangat efektif di hutan belantara yang memanfaatkan rindangnya pepohononan. Senjata selain Mandau, adalah sumpit (semuanya beracun)...Konon Dayak Punan memiliki ekor sebesar ibu jari. Sangat menghindari manusia luar...

Mungkin Ki Sawung bisa menjelaskan lebih detailnya, karena pernah lama beliau tinggal disana.

Kalau yang di Batu Merah, Ambon ada pengaruh dari maenan Jawa (Sunan Giri). Aslinya untuk daerah Maluku Utara, Sanger Talaud, Gorontalo & Manado Tua...disebut Tana' (Udik). Unsur kebatinannya kuat seperti Pokpok/Opo'opo' & Swanggi. Untuk daerah Sulawesi Utara di daerah Bukit Pineleng Tondano sempat saya menemukan model maenan seperti Silek, mungkin ini ada pengaruhnya dari peninggalan Laskar Padri (Tuanku Iman Bonjol yang diasingkan). Sama halnya di daerah Jawa Tondano (Jaton) peninggalan Laskar Kyai Maja...Bahkan nama gelar sudah menjadi "Marga" disana, seperti Tumenggung Sis.

Salam,...Jali masing Hunting.

NB. Kang One kapan jalan bareng ke luar Jawa?
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

karakap

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
sharing info aja.. ini ada saya dapat di utube pencak aliran bawean jawa timur.
http://www.youtube.com/watch?v=VGHIPnEWII0
http://www.youtube.com/watch?v=y6nm6mVtzBs

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Kebanyakan aliran silat yang ada Jawa Timur sekarang sudah punah. Soalnya nggak di-manage secara profesional atau mendapat pengikut banyak seperti di daerah Jawa Barat dan Betawi.
Dan menurut pengalaman saya, pendekarnya jarang yang mau menjelaskan nama jurusnya, cuma kegunaannya saja! Lagipula tidak suka menonjolkan diri di muka umum.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

kentitsrby

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 0
    • Email
Kebanyakan aliran silat yang ada Jawa Timur sekarang sudah punah. Soalnya nggak di-manage secara profesional atau mendapat pengikut banyak seperti di daerah Jawa Barat dan Betawi.
Dan menurut pengalaman saya, pendekarnya jarang yang mau menjelaskan nama jurusnya, cuma kegunaannya saja! Lagipula tidak suka menonjolkan diri di muka umum.

salut...
tdk suka menonjolkan diri, sy salut mas...
tpi bukan berarti tdk mau bagi ilmunya kan mas...
ada yg punya info sebaran ilmu silat
dijawa timur sekaligus lokasi padepokannya gak ya mas..?

 

Powered by EzPortal