+-

Video Silat


Pamur Tunggal Putri
Maenpo peupeuhan.. IMTV
Festival Silat Tradisional Banten
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
GGBD - Salancar #1
Harimau Krambit from Mande Muda
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Goning
Festival Pencak Silat 2008 - Jabar Putri
introduksi Gerak Gulung Budi Daya

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Indonesia Timur  (Read 13271 times)

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
salam,
adakah dari sobat2 silat yang pernah dengar atau tau atau pernah ikut perguruan silat tringgani?

PS/aliran ini berasal dari Jawa Tengah tepatnya Salatiga, sebelumnya bernama tegapati.

saya tadi malam baru kenalan sama seorang pelatih aliran ini di bekasi.

peace
ar

Aku pernah baca di Majalah Duel/Jurus. Ada foto gurunya pakai jubah kuning. Tapi udah lupa isi artikelnya, maklum udah lama banget.

ajigineng

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 73
  • Reputation: 8
    • Email
Salam hormat

Kalau saya amati, kebanyakan yang dibahas di forum sahabat silat dan cukup rame adalah silat Jawa Barat dan Banten, sekedar ingin memperluas wawasan, bisa ga rekan-rekan yang menguasai atau pernah belajar silat dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Indonesia Timur lainnya (keluasan ya..? sori deh, tapi kita coba aja ya.. ::)) untuk berbagi ilmunya, apa ciri khas dan karakter aliran-aliran tersebut.
Apa ada ya aliran silat dari daerah Maluku, NTT atau Irian? gmn sih permainannya?

Thx

Salam hangat
Salam...
sebenarnya di daerah jawa timur,tengah banyak kok perguruan silat tapi memang bersifat tradisional, dan mungkin bahkan tidak terekspos mas...ini karena sifat dan karakter orang jawa yang tidak dengan mudah memberikan keilmuanya bahkan terhadap anaknya sendiri....ada salah satu perguruan di lereng gunung sindoro,wonosobo jawa tengah mas..Krida Yudha Sinalika ini silat jawa....setahu saya di perguruan ini dari gerak jurus,gerak langkah,tendangan dan pernapasannya sangat beda sekali dengan jawabaratan...  guru besarnya bernama Empu R. Samiadji Niti Yudha Negara...beliau masih hidup sekarang ini umurnya 96 tahun mas(daya ingat,gerakanya masih luar biasa mas)

Ratih Ayuningtyas

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
  • Mblem ituh Ratih
Ada kq.. Ada Perguruan Asli Daerah LUMAJANG Jawa Timur. Didirikan oleh R.M. Imam Soedjai,seorang pejuang Indonesia. Nama Perguruan itu, PENCAK ORGANISASI (PO). Perguruan silat ini adl slh 1 perguruan silat modern di Indonesia,Mksd nya yang utk mencetak atlit berprestasi. Di Jatim,PO byk tersebar kq. Slh 1 ny di daerah sy,Sidoarjo dan kbtulan sy sudh 7 thn ikut perguruan ini. bagi yg ingin tau,monggo view: www.posidoarjo.blogspot.com.
Terimakasih.Teriring salam persaudaraan sesama pesilat.  :)

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Sebetulnya untuk pencak prestasi, area timur juga tidak kalah dengan rekan-rekannya dari Jawa Barat. Tetapi untuk pencak seni, memang tidak terlalu nampak. Jangan lupakan Perisai Diri yang asalnya dari Surabaya (walaupun guru besarnya Pak Dirdjo, banyak mengadop darii Kungfu), Pencak Organisasi dari daerah tapal kuda jawa timur. Pamur dan Jokotole di Madura(di buku mas o'ong ada dimasukkan pendirinya juga R. Hasan Habudin). Juga Setia Hati (kenanga dan teratai). Ada juga semacam gulat tradisional madura, namanya okol. Permainan Clurit dari Pamur dan Jokotole sebetulnya indah dan sangat cepat.

Tapi kalau dirunut sejarah (maaf kalau salah omong, mohon diralat), lineage dari silat yang muncul diarea timur sekarang masih diarea awal abad 20 an. Masih cukup muda, ini juga bisa ditelusuri juga dari gerakan-gerakannya yang sudah modern. Sepertinya banyak yang punah memang, karena kecenderungannya lebih menyukai olah bathin, introvert dan eksklusif. Merpati Putih pun orijinal dari Jawa Tengah.

Ini memperberat kondisi kecintaan masyarakat terhadap silat semakin menurun. Dominasi bela diri asing lebih signifikan diminati kaum muda. Memang Satria Nusantara (dari jawa tengah)  juga Tetada kalimasada (ini juga asli jawa timur) sempat menjadi booming karena dianggap "instan" tapi sekarang agak kurang diminati walah Pak Edi dan Bu Ida dari tetada kalimasada tidak pernah berhenti berinovasi. Walau banyak kontroversial juga soal asal Tenaga Dalam ini , karena dari sisi gerakan, derivat Tenaga dalam ini dianggap turunan dari Nampon, dan Margaluyu.

Untuk bugis, gerakan silatnya banyak diadopsi di Sarawak dan Semenanjung Malaysa. Karena para pelaut bugis terutama para lanunnya sangat dikenal di area ini dengan silat jarak dekatnya. Bahkan masih saya temui silat satu papan di Malaysia ini yang merupakan adopsi latihan dari para pelaut bugis yang berlatih di papan kapal dengan spasi yang terbatas. Ini yang termasuk silat original dibawah abad 20.

Silahkan menambahkan.
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

 

Powered by EzPortal