+-

Video Silat


Golok Seliwa Bang Husein
ice 2009, bang husein beraksi dengan golok seliwa
Cikalong Pabuci di acara Tatap Muka TV One
Silat Sera Indonesia by master Gending Raspuzi
Final Pencak Silat Sea Games XXVI Kategori ganda P
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
Berharap Pencak Silat Mendunia
Pencak Malioboro Festival - Ulin Sera (Mang Utay)
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by mansur
21/11/2014 19:19

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Gerak Rasa..???  (Read 63377 times)

ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Silat Gerak Rasa..???
« on: 30/09/2007 11:19 »
para sesepuh..ada yg ngerti/tau tentang silat gerak rasa nggak?terutama sejarahnya?trims sebelumnya.... [top]

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #1 on: 01/10/2007 20:55 »
Pertanyaan yg menarik nih..... :P ::)

Ada pendapat yg bilang Gerak Rasa itu berkaitan dengan Cianjur, tapi ada juga yg bilang bahwa Gerak Rasa berkaitan dg Gerak Saka yg notabene bersangkut paut juga dengan Gerak Gulung...... x-))

Mana nih yg bener...???

Ada dong yg kasih opini.... [rapat]


ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #2 on: 03/10/2007 13:29 »
  :o..gak ada yg tau yah... :'( :'(
mudah2an masih ada pini sepuh yg kenal/tau dengan sejarah silat gerak rasa...
ayo dong...master2 masa nggak ada yg tau seh!!! :'( :'(

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #3 on: 03/10/2007 13:44 »
  :o..gak ada yg tau yah... :'( :'(
ayo dong...master2 masa nggak ada yg tau seh!!! :'( :'(

Iya masih pada malu-malu tuh, mungkin takut kena tulah kalau cerita. :-[

Padahal kecintaan pada pencak silat akan makin mengakar dengan membaca sejarah-sejarah aliran lain.

Sebelumnya saya kurang referensi tentang pencak silat tradisional, tapi setelah baca-baca thread di sahabat silat, rasa hormat & bangga pada beladiri Indonesia tsb makin menebal.

Ayo sahabat-sahabat yg tahu sejarah gerak rasa silahkan nulis. :)

pendekar

  • Guest
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #4 on: 04/10/2007 12:09 »
  :o..gak ada yg tau yah... :'( :'(
ayo dong...master2 masa nggak ada yg tau seh!!! :'( :'(

Iya masih pada malu-malu tuh, mungkin takut kena tulah kalau cerita. :-[



he he he Insya Allah kalo tulisannya bener ya nggak kena tulahlah kang, yg penting tulisannay bener, kale yaaa

ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #5 on: 07/10/2007 18:57 »
iya neh..mudah2an ada pendekar/sesepuh disini yg tau sejarah lahirnya silat gerak rasa...kalo bener dari cianjur ane mau tanya dijakarta ada gak yg mempelajari silat ini,siapa yg pertama kali nyebarin silat ini dijakarta..?kalo gak salah dulu ada orang gerak rasa yg ngediriin perguruan silat yg namanya "Lembayung Senja" yg terdaftar di IPSI..selanjutnya gak tau lagi :w

baruklinting

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 70
  • Reputation: 25
  • DEn WAspodo RUweting CIpto
    • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat  - Cicalengka-
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #6 on: 08/10/2007 01:06 »
Pertanyaan yg menarik nih..... :P ::)

Ada pendapat yg bilang Gerak Rasa itu berkaitan dengan Cianjur, tapi ada juga yg bilang bahwa Gerak Rasa berkaitan dg Gerak Saka yg notabene bersangkut paut juga dengan Gerak Gulung...... x-))

Mana nih yg bener...???

Ada dong yg kasih opini.... [rapat]



Uda Parewa.......,
Gerak Rasa kan Masternya Bang Pe'i.
Hidup itu sudah sulit, maka jangan mempersulit hidup

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #7 on: 08/10/2007 04:48 »
Pertanyaan yg menarik nih..... :P ::)

Ada pendapat yg bilang Gerak Rasa itu berkaitan dengan Cianjur, tapi ada juga yg bilang bahwa Gerak Rasa berkaitan dg Gerak Saka yg notabene bersangkut paut juga dengan Gerak Gulung...... x-))

Mana nih yg bener...???

Ada dong yg kasih opini.... [rapat]



Uda Parewa.......,
Gerak Rasa kan Masternya Bang Pe'i.

setau saya juga seperti itu...... x-))
makanya ane bingung.... :-\


ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #8 on: 15/10/2007 13:23 »


 ;Dudah jangan bingung2 yang terpenting sekarang..ini ane mau ucapin...
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1428h
Mohon Maaf Lahir & Bathin

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #9 on: 01/04/2008 14:44 »
Guru besar gerak rasa sekarang kan Bang Nunung di Kebayoran Lama..Dia juga ketua forum silaturahmi pendekar jakarta...Bang Nani yang sering ke forum juga jagoan gerak saka nyang katanya asal usulnya gerak sakan..

Mau tau sejarahnya tanya bang nani aja..Kalau cerita beliau waktu itu..Bang Nunung asalnya adalah salah satu pewaris cingkrik..tapi dia belajar lagi dari Bang Pe'i..karena bang nunung ilmunya banyak..terus dia bikin perguruan gerak rasa..


Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #10 on: 07/05/2008 17:27 »
Assalmualaikum,...

Kebetulan ane dikit tau ame nyang maenan atu ni.

Maenan Gerak di Betawi di bawa ame  Rd.Widarma (kite2 manggilnye Om Wid) nyang belajar Gerak Gulung Pribumi di Bogor. Dari Om Wid diturunin ame Bang Pi'i, Babe Iyus, Babe Yayat, di Petojo Binatu. Lantaran keliatan gerakannye "begitu" Ame Bang Pi'i dinamain Gerak Sakadaekna (sesukanya) atawe disingkat Gerak Saka. Terus Babe Nani belajar juga, ame beliau dinamain Gerak Rasa. Nyusul Babe Nunung nyang punye basic Cingkrik dan Cikalongan, bikin perguruan dinamain Gerak Sanalika.

Menurut Babe Uci, ade Maenan Gerak laen nyang di Senen (Babe Entong). Pas ane konpirmasi ternyate masing ketel pengaru Cikalongannye.

Gerak Saka nyang bawaannye Om Wid ade 7 jurus (kalo orang GG nyebutinnye selancar). Di kite disebutin Langkah satu, dua, tiga rade mendek, terus ade muternye.


Segitu nyang ane tau, karene baru mao belajar dikit...he...he...he

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

cilux

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #11 on: 10/09/2008 08:29 »
 :)Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bang jali jengki...'babe entong' masih ada gak yah??kalo masih ada/hidup ane minta alamatnya dong..!trims yah sebelumnya

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #12 on: 10/09/2008 08:59 »
wah..@mas cilux penasaran ape pengen silaturahim ye??


d'boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

cilux

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #13 on: 05/11/2008 14:19 »
 [top]he..he..ternyata susah yah..mencari sejarah..gak segampang yg ane kira..mudah2an ada pendekar2/sesepuh disini yg betul2 mengetahui silat gerak rasa..dan mau berbagi cerita dan pengalaman..ane dpt info kalo gerak rasa tuh cuma 10 jurus..mohon pencerahan dari sesepuh disini..wassalam [top]

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #14 on: 06/11/2008 10:14 »
nah...bang cilux...kenape kagak nanya kepada nyang ngasiin inpo ke ente????

d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

 

Powered by EzPortal