+-

Video Silat


Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten
Tarung Bebas PZH
Peragaan gerak/jurus Silek Harimau
HUT PSN ISMD PUTRA SETIA
Silat Pengasinan ( Babe Uwie Effendi )
Main Kerambit
Getaran Merpati Putih @Escapade Show of AXN
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Final Pencak Silat Sea Games XXVI Kategori ganda P

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by Dwi_NGJ
16/08/2014 08:12

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Gerak Rasa..???  (Read 62016 times)

ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Silat Gerak Rasa..???
« on: 30/09/2007 11:19 »
para sesepuh..ada yg ngerti/tau tentang silat gerak rasa nggak?terutama sejarahnya?trims sebelumnya.... [top]

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #1 on: 01/10/2007 20:55 »
Pertanyaan yg menarik nih..... :P ::)

Ada pendapat yg bilang Gerak Rasa itu berkaitan dengan Cianjur, tapi ada juga yg bilang bahwa Gerak Rasa berkaitan dg Gerak Saka yg notabene bersangkut paut juga dengan Gerak Gulung...... x-))

Mana nih yg bener...???

Ada dong yg kasih opini.... [rapat]


ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #2 on: 03/10/2007 13:29 »
  :o..gak ada yg tau yah... :'( :'(
mudah2an masih ada pini sepuh yg kenal/tau dengan sejarah silat gerak rasa...
ayo dong...master2 masa nggak ada yg tau seh!!! :'( :'(

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #3 on: 03/10/2007 13:44 »
  :o..gak ada yg tau yah... :'( :'(
ayo dong...master2 masa nggak ada yg tau seh!!! :'( :'(

Iya masih pada malu-malu tuh, mungkin takut kena tulah kalau cerita. :-[

Padahal kecintaan pada pencak silat akan makin mengakar dengan membaca sejarah-sejarah aliran lain.

Sebelumnya saya kurang referensi tentang pencak silat tradisional, tapi setelah baca-baca thread di sahabat silat, rasa hormat & bangga pada beladiri Indonesia tsb makin menebal.

Ayo sahabat-sahabat yg tahu sejarah gerak rasa silahkan nulis. :)

pendekar

  • Guest
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #4 on: 04/10/2007 12:09 »
  :o..gak ada yg tau yah... :'( :'(
ayo dong...master2 masa nggak ada yg tau seh!!! :'( :'(

Iya masih pada malu-malu tuh, mungkin takut kena tulah kalau cerita. :-[



he he he Insya Allah kalo tulisannya bener ya nggak kena tulahlah kang, yg penting tulisannay bener, kale yaaa

ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #5 on: 07/10/2007 18:57 »
iya neh..mudah2an ada pendekar/sesepuh disini yg tau sejarah lahirnya silat gerak rasa...kalo bener dari cianjur ane mau tanya dijakarta ada gak yg mempelajari silat ini,siapa yg pertama kali nyebarin silat ini dijakarta..?kalo gak salah dulu ada orang gerak rasa yg ngediriin perguruan silat yg namanya "Lembayung Senja" yg terdaftar di IPSI..selanjutnya gak tau lagi :w

baruklinting

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 70
  • Reputation: 25
  • DEn WAspodo RUweting CIpto
    • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat  - Cicalengka-
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #6 on: 08/10/2007 01:06 »
Pertanyaan yg menarik nih..... :P ::)

Ada pendapat yg bilang Gerak Rasa itu berkaitan dengan Cianjur, tapi ada juga yg bilang bahwa Gerak Rasa berkaitan dg Gerak Saka yg notabene bersangkut paut juga dengan Gerak Gulung...... x-))

Mana nih yg bener...???

Ada dong yg kasih opini.... [rapat]



Uda Parewa.......,
Gerak Rasa kan Masternya Bang Pe'i.
Hidup itu sudah sulit, maka jangan mempersulit hidup

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #7 on: 08/10/2007 04:48 »
Pertanyaan yg menarik nih..... :P ::)

Ada pendapat yg bilang Gerak Rasa itu berkaitan dengan Cianjur, tapi ada juga yg bilang bahwa Gerak Rasa berkaitan dg Gerak Saka yg notabene bersangkut paut juga dengan Gerak Gulung...... x-))

Mana nih yg bener...???

Ada dong yg kasih opini.... [rapat]



Uda Parewa.......,
Gerak Rasa kan Masternya Bang Pe'i.

setau saya juga seperti itu...... x-))
makanya ane bingung.... :-\


ciluxx

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #8 on: 15/10/2007 13:23 »


 ;Dudah jangan bingung2 yang terpenting sekarang..ini ane mau ucapin...
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1428h
Mohon Maaf Lahir & Bathin

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #9 on: 01/04/2008 14:44 »
Guru besar gerak rasa sekarang kan Bang Nunung di Kebayoran Lama..Dia juga ketua forum silaturahmi pendekar jakarta...Bang Nani yang sering ke forum juga jagoan gerak saka nyang katanya asal usulnya gerak sakan..

Mau tau sejarahnya tanya bang nani aja..Kalau cerita beliau waktu itu..Bang Nunung asalnya adalah salah satu pewaris cingkrik..tapi dia belajar lagi dari Bang Pe'i..karena bang nunung ilmunya banyak..terus dia bikin perguruan gerak rasa..


Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #10 on: 07/05/2008 17:27 »
Assalmualaikum,...

Kebetulan ane dikit tau ame nyang maenan atu ni.

Maenan Gerak di Betawi di bawa ame  Rd.Widarma (kite2 manggilnye Om Wid) nyang belajar Gerak Gulung Pribumi di Bogor. Dari Om Wid diturunin ame Bang Pi'i, Babe Iyus, Babe Yayat, di Petojo Binatu. Lantaran keliatan gerakannye "begitu" Ame Bang Pi'i dinamain Gerak Sakadaekna (sesukanya) atawe disingkat Gerak Saka. Terus Babe Nani belajar juga, ame beliau dinamain Gerak Rasa. Nyusul Babe Nunung nyang punye basic Cingkrik dan Cikalongan, bikin perguruan dinamain Gerak Sanalika.

Menurut Babe Uci, ade Maenan Gerak laen nyang di Senen (Babe Entong). Pas ane konpirmasi ternyate masing ketel pengaru Cikalongannye.

Gerak Saka nyang bawaannye Om Wid ade 7 jurus (kalo orang GG nyebutinnye selancar). Di kite disebutin Langkah satu, dua, tiga rade mendek, terus ade muternye.


Segitu nyang ane tau, karene baru mao belajar dikit...he...he...he

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

cilux

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #11 on: 10/09/2008 08:29 »
 :)Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bang jali jengki...'babe entong' masih ada gak yah??kalo masih ada/hidup ane minta alamatnya dong..!trims yah sebelumnya

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #12 on: 10/09/2008 08:59 »
wah..@mas cilux penasaran ape pengen silaturahim ye??


d'boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

cilux

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #13 on: 05/11/2008 14:19 »
 [top]he..he..ternyata susah yah..mencari sejarah..gak segampang yg ane kira..mudah2an ada pendekar2/sesepuh disini yg betul2 mengetahui silat gerak rasa..dan mau berbagi cerita dan pengalaman..ane dpt info kalo gerak rasa tuh cuma 10 jurus..mohon pencerahan dari sesepuh disini..wassalam [top]

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #14 on: 06/11/2008 10:14 »
nah...bang cilux...kenape kagak nanya kepada nyang ngasiin inpo ke ente????

d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

 

Powered by EzPortal