Forum > Aliran Pencak Silat

Silat Gerak Rasa..???

<< < (54/56) > >>

cilux:
 :)assalammu'alaikum temen2
apakabar temen2 terima kasih atas masukan2nya,ternyata mencari sejarah itu gak gampang dan banyak menimbulkan perdebatan yg cukup hangat...hehehe
untungnya diforum ini para suhu bukan cuma jago2 silat tapi mengerti betul sejarah maupun filosofi dari aliran/perguruan silat tertentu,saya sangat berterima kasih sekali atas penjelasan2 dari rekan2 semoga ini semua dapat menambah wawasan kita mengenai permainan silat di negri kita ini,apabila ada kekurangan saya mohon dibukakan pintu maaf yg sebesar2nya

limpato:
salam,

setelah saya baca-baca lagi, sepertinya komentar saya kurang tepat untuk threat ini, karena menyangkut aliran silat dari tanah Sunda, yang terus terang pengetahuan saya dangkal sama sekali tentang itu. Saya mengomentari dengan apa yang ada di Minangkabau saja, mohon maaf jika tidak tepat, karena saya menyangka itu konsep silat, bukan peguruan... 
 
Setelah saya amati, ada perbedaannya sedikit, silat yang ditanyakan adalah gerak rasa, sementara dari silek minangkabau berawal dari garak jo raso (insting dan rasa), sebagaimana yang diungkapkan di dalam mantera silat di bawah ini

.......
tagak alif, sambuik waw               berdiri alif, sambut waw
caliak alang pandanglah diri         pandang sekitar, pandanglah diri
mamakai garak jo raso                memakai garak (insting) dan rasa
......

Jika lihat dari mantera itu, jelas ada pengaruh sufistik islam didalamnya. Mantera ini setidaknya telah berumur ratusan tahun.
Demikian, sekali lagi mohon maaf sebesar2nya jika tidak berkenan. 


Destroyer9:
Silat Gerak Rasa ini asal Petojo ya..?

Bang Pe'i dulu nantang Mas Widarma asal Bogor ya..?

Trus, kalah. Abis itu belajar ama Mas Widarma Gerak Rasa ini..?

Dulu Om Ane belajar langsung dari Bang Pe'i di Petojo!!

Bener gak..??

:D

duyungson:
@bro destro,
ente yakin shahih gak tuh cerita? Ente murid Gerak Rasa? Ente ngebuka nih cerita (kalo shahih) udah dpt restu/ijin dari yg pny sejarah blm?
Kalo ente gak yakin ini cerita shahih,mgkn bisa aja ente jd nyebarin isyu.

Destroyer9:
[quote di hapus,langsung reply aja]
Insya Allah, cerita ini dapet dari Om ane yang murid langsung Bang Pe'i dari petojo!! :)

Ane mau belajar ama Om Ane aje..

Tapi, mau confirm! Gitu.. :)

Makasih.

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

[*] Previous page

Go to full version