+-

Video Silat


Gerak Gulung - Latihan Rasa
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
RAMAH TAMAH
silat harimau
Liputan: Silat Tradisional Beksi H. Hasbulloh
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
Sparing Ikmaludin vs Arif Persinas
anak jalanan
beksi - pesilat perempuan pun bergaya

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Gerak Rasa..???  (Read 61768 times)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #30 on: 17/11/2008 19:11 »
Coba Bos Parewa, lakukan hal ini :
Jurus 1
>>>  1. Berdiri dengan satu kaki (kaki kiri yang jadi tumpuan), tapak kaki kanan menempel pada paha kaki kiri.
>>>  2. Tangan kanan dilambaikan ke kiri, sedangkan tangan kiri ke kanan. Lambaikan 3 x.
>>>  3. Lalu berganti posisi kaki, kaki kanan yang jadi tumpuan, tapak kaki kiri menempel pada paha kaki kanan.
>>>  4. Tangan kanan dilambaikan ke kiri, sedangkan tangan kiri ke kanan. Lambaikan 3 x.
>>>  5. Lakukan gerakan ini selama 15 menit.
>>>  6. Latih ini selama 2 minggu terus menerus, kalo tidak bisa, lakukan seminggu 2 atau 1x, pokoknya hitungannya
>>>      sampai 14x

Ini adalah salah satu jurus populer yang saya berikan kepada pada para SahabatSilat. Saudara mungkin dapat menganalisanya!

Karate Kid???

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #31 on: 17/11/2008 19:11 »
Saya juga pernah mempelajari Taichi dan Aikido, menurut pendapat pribadi saya, gerakan mereka tidak jauh beda dengan Silat Gaib ataupun Pencak Strom. Mempelajari soal sensitivitas, sehingga dapat membaca sirkulasi gerakan lawan. Hal ini juga saya temui di Ninjutsu dan beberapa aliran silat di Sumatera.

Mohon dikoreksi jika pendapat ini keliru!
Terima kasih atas GRP-nya (sepertinya saya nggak layak banget untuk dapat GRP ini, cocoknya buat TS saja)
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #32 on: 17/11/2008 20:43 »

setuju 100% pakdhe..... [top] cuman dg cara berbeda...



Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #33 on: 18/11/2008 09:03 »
waaahh..waahh..engkong hidup emang pantes dapet GRP  [top]...hampir semua ilmu dikuasai...mangssstttaabbhhh..kate Mas MJ XIV......btw kok jadi rame masalah rasa yah...."hanya yang berperasaan halus lah yang bisa menguasainya" hehehehehehehe


debuls
makanya ati kudu bersih,jujur,ikhlas.....
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #34 on: 18/11/2008 09:16 »
Buat Dasaman :
Bukan "Karate Kid" tapi kata MJ14 (ini Inggrisnya), "GYM KI"

Om Debuls juga [top]
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #35 on: 18/11/2008 14:38 »
 :)nonton video aikido Yoshinobu shihan kok jd mirip2 silat tenaga dalem nyang banyak di Indonesia yaa :D
@Hidup
jurus ngangkat kaki satu tangan melambai-lambai ini jurus dr silat tradisional apa dr luar ya, n gunanya apa ya [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #36 on: 19/11/2008 08:16 »
Jurus mengangkat kaki satu atau yang sebut Jurus 1, itu merupakan hasil perenungan tentang daya serap energi ke dalam tubuh. Jadi saya tidak dapat mengatakan apakah itu berasal dari silat tradisional atau luar. Bisa saja jurus ini mempunyai kemiripan dengan yang lain.

Jurus 1 tersebut merupakan jurus pembuka dari silat yang bertumpu pada kecepatan dan kekuatan gerak. Jurus ini disambung dengan Jurus 2 yang bertumpu pada kehalusan, mengikuti pergerakan energi. Dan yang terakhir Jurus 3, yang bertumpu pada penyalinan (fotokopi) kemampuan.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #37 on: 19/11/2008 11:28 »
 :)Mulai tadi malem dah sy coba praktekin jurus 1 dr oom hidup, mula2 ada masalah dgn keseimbangan, pada percobaan ke 3 mulai lancar, n nyaman rasanya. Jadi pengen belajar neh 2 jurus berikutnya. GRP dah buat oom hidup [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #38 on: 19/11/2008 12:20 »
Boleh saja!
Terima kasih atas GRP-nya!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #39 on: 19/11/2008 12:59 »
kayaknya bisa di teruskan di thread sebelah untuk pembahasannya ini....silakan...


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #40 on: 19/11/2008 13:08 »
Salam SS,

Back to topic hidayat, "Gerak Rasa..."

Saya lebih setuju mengenai Gerak Rasa dengan pendapat yg ini:


:)iya, pengen tau juga ttg gerak rasa, sama gak dgn silat nyang ngelatih gerak reflex ato nyang begerak sendiri tapi sadar

begerak sendiri gak sadar itu kesurupan
begerak sendiri sadar itu lumrah

gerak rasa ngikutin irama hati

musti ngalamin dulu nanti baru dapet definisi

salam,

one
rasa-rasanya gak ngerasa


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #41 on: 28/11/2008 19:40 »
Saya pernah diajari salah satu jurus dari Silat Gerak Rasa, yang gerakkannya dimulai dengan menempelkan kedua pergelangan di bawah telapak tangan. Saat pertemuan dengan para pesilat. Siapa yang tahu nama dari jurus tersebut? Soalnya yang memberi jurus tersebut tidak menyebutkan namanya.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #42 on: 17/12/2008 21:11 »
wah..kalo tempel menempel mah ga mesti gerak rasa aja ade banyak tuh kang hidup...


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #43 on: 17/12/2008 23:49 »
betul Dodol... setuju, ::)
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Silat Gerak Rasa..???
« Reply #44 on: 08/01/2009 06:55 »
Gerak rasa itu seperti apa sih mohon pencerahan yang tahu?
misalnya dia gerakan awalnya bagaimana?
geerakan intinya bagaimana?
gerakan penutupnya bagaimana?

adakah yang tahu tentang silat yang mampu menirukan semua jurus yang dia pingin saat itu juga? jadi saat sang pendekar mau jurus dewa mabook dia langsung ahli melakukan itu dan dia sadar dalam melakukan jurus itu bukan kesurupan, trus kalo dia mau jurus hrimau juga saat dia ingin melakukan jurus harimau dia juga langsung ahli melakuan jurus harimau itu walaupun dia belum pernah belajar jurus harimau dari aliran silat harimau (saolin).

salam.
 :)
"hidup mencari yang utama"

 

Powered by EzPortal