+-

Video Silat


Liputan: Silat Tradisional Beksi H. Hasbulloh
Lebaran Tanabang - Bang Ramdhani
Usik Cikalong Pabuci #03
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Pencak Malioboro Festival - Ulin Sera (Mang Utay)
Beksi, Peragaan Jurus #01
ICE 2009, workshop silek harimau
Silat Makassar menggunakan badik

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Paseban  (Read 13084 times)

Bram

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 32
  • Reputation: 4
    • Email

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Silat Paseban
« Reply #1 on: 07/10/2007 15:44 »
sipp. [top]

Pak Saleh itu senior saya.
Sensei ben Haryo itu juga adalah Guru Jujutsu saya. orangnya Low Profile banget.

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Silat Paseban
« Reply #2 on: 24/01/2008 14:02 »
Ini video jurus dasar silat paseban versi Pak Cacang.

http://cempakadojo.blogspot.com/2008/01/silat-paseban-jurus-dasar.html

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur
paseban
« Reply #3 on: 20/04/2009 21:59 »
ada yang tau tentang silat betawi aliran paseban setelah cingrik dan beksi?

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: paseban
« Reply #4 on: 07/11/2009 20:42 »
Salam
Kebetulan sy mendirikan sasana/dojo yg bernama Narada Club, dimana dlm club ini diajarkan (sbagai sarana melestarikan) dua aliran utama yaitu: Silat Paseban (Pendidikan Silat Taqwa Betawi) & Silat Pengasinan Gaya Babe Uwie Effendi (Perguruan MS Jalan Enam Pengasinan), kami berafiliasi ke kedua Perguruan tersebut.
sy mau jelasin soal Silat Paseban. Silat ini diciptakan oleh Engkong Mohammad Saleh bin Salman (Engkong Saleh/ Babe Aleh/ Mat Saleh), seorang Betawi asli dari Paseban, Jakpus. Dulu pergurunnya bernama Perguruan Silat Sinar Paseban. pada perkembangannya dengan seijin Engkong Saleh, salah satu cucunya yg bernama Babe Cacang S. Murtadho mendirikan Pendidikan Silat Taqwa Betawi. Beberapa murid Engkong Saleh yg mendirikan perguruan atau ngajar antara lain Pak Nada di Depok, Perguruan Sohul di Jakpus (yg ga tau masih ada apa ga??), Ustad Lolo di Kawi-Kawi Jakpus (kynya sekarang udah ga ngajar)-terakhir ktmu pas Alm Babe Uwie Effendi meninggal Ustad Lolo yg mimpin doanya, Perguruan Silat Sinar Kalimulya (Engkong Salim) dikenal sebagai Paseban Lama.
Ajaran Silat Paseban totalnya 18 jurus dgn 6 jurus sebagai jurus dasar, ada juga yg namanya Jurus/Jalan Keramat. Semua nama yg disebut di atas semuanya menggunakan sistem 6 jurus dasar dan 18 total jurus. Yg agak beda itu Paseban Lamanya kong Salim beliau pake 6 jurus dasar + beberapa jurus yg ada namanya. klo grup yg laen cm disebut jurus 14, 18, dll, cm Kong Salim aja yg pk nama jurusnya.  setelah jurus ke 6 emang Kong Salim beda maennya. Tp ga masalah kan jurus dasarnya sama dan dari sumber yg sama, serta bisa dipertanggungjawabkan dgn segala argumennya.
Perbedaan laennya jurusnya Babe Cacang sgt menekankan di Power, Stamina dan Napas, bener2 agresif, banyak teknik bantingan, kuncian, dan grapling. Kong Salim lebih menekankan ke kecepatan dan mungkin maen rasa. Tekniknya Babe Cacang maen di jarak renggang, rapet, pergumulan, banyak menggunakan tenaga badan-pergerakan berat badan dari satu kaki ke kaki laennya dan ke posisi tengah yg stabil. klo Kong Salim bener asli jagoan ahli maen jarak rapet, ngandalin kecepatan & kelincahan, banyak maen colok2an dan patahan tp kynya ga ada grapling.Mungkin krn pengalaman hidup masing2 guru, umur dan postur badan. Kong Salim badannya kan tinggi kurus, klo Babe Cacang badannya kan gede. Kong Salim 70-an umurnya, Babe Cacang 56.
Secara teknik meskipun tetep ada bedanya, tp jalan jurusnya lebih mirip teknik Babe Cacang dgn yg laen2 seperti dgn Pak Nada ketimbang dgn Paseban Lamanya Kong Salim. Ini uniknya.
Sekali lagi di silat tradisional itu hal yg biasa dan ga ada masalah selama dari sumber yg sama dan bisa dipertanggungjawabkan.
Malah Kong Salim pernah ke rumah saya dgn bawa beberapa muridnya utk bersilaturahmi dgn grupnya guru sy Babe Cacang. Silat itu intinya kan silaturahmi, semua ga ada yg lebih hebat cm cocok2an aja, malah saling melengkapi. cross training mah soal biasa. sy jg pernah bw temen2 dari grupnya Babe Cacang sowan ke rumahnya Kong Salim.
Malah menariknya, Kong Salim dulunya pernah belajar Silat Jalan Enam Pengasinan, wah ini mah tambah seru dan tambah nyambung lagi.
Kami dari grup Babe Cacang (Taqwa Betawi) pernah juga atraksi bareng2 di Depsos sama grupnya Sinar Paseban dan juga grupnya Pak Nada (sy kurang tau nama perguruannya/perkumpulannya apa).


Pemberitahuan penting

Atas mandat dari Babe Cacang dan dari hasil diskusi dengan Kong Salim dan muridnya yg bernama Agus. Kami menyatakan Tidak Benar Yg Namanya Silat Paseban Mutakhir klo mengklaim bersumber dari ajaran Kong Saleh bin Salman, dan Tidak Benar kalo yth. Meneer Saleh Jusuf Sungkar adalah Guru Silat Paseban, karena beliau tidak menguasai konsep dan jurus2 Silat Paseban sehingga Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan Keshahihannya. Selain dari nama2 yg sudah sy sebutkan di atas, yg lainnya masih harus diuji pertanggungjawabannya alias meragukan dari sumber yg sama. Memang tidak diragukan lagi bahwa Memang Benar yth. Meneer Saleh Jusuf Sungkar ahli & Guru Judo - Sambo, ini tidak diragukan lagi kebenarannya, bahkan sy pun pernah berguru Judo-Sambo kpd beliau. Tapi dengan segala hormat untuk Silat Paseban beliau tidak berhak mengklaim dan mengajarkan. [/b]

Untuk sodara2 rekan2 forum ini sy beritahukan dengan segala hormat bahwa apa yang dikatakan sdr Dasaman mengenai Silat Paseban adalah tidak benar. Mohon dimaklumi krn sdr Dasaman tidak tau menau masalah ini dengan sejelas2nya, selain itu sdr Dasaman bukan orang dekat Babe Cacang. Meskipun demikian sesungguhnya Dasaman adalah sahabat sy yg baik, dan saya bisa mengerti kenapa dia berkomentar yg salah. Mohon semuanya maklum. maaf neh klo kata2 sy menyinggung Bro Dasaman, tp gimanapun pahitnya kebenaran harus tetap diungkapkan, supaya semuanya jelas dan terang2an.  Sy kenal baik dengan Bro Dasaman, kita dulu pernah sm2 lat jujutsu bareng.

Satu hal lagi perlu sy beritahukan  - atas mandat Babe Cacang - bahwa Pendidikan Silat Taqwa Betawi merupakan Perguruan yg Independen, kami tidak berafiliasi kemanapun. Kami tidak ada sangkut pautnya dan tidak pernah berada di bawah Goshinbudo Jujutsu Indonesia (GBI) tapi Perguruan kami bersahabat baik dengan Goshinbudo Jujutsu Indonesia pimpinan Yth. Ben Haryo Sensei, beliau juga orang yg baik, sy juga prnah berguru pd beliau secara pribadi. Perguruan kami juga bersahabat baik dengan  perguruan lain seperti Self Defense Indonesia (SDI-Krav Maga) pimpinan Yth. Bro Joe Ueno-sahabat baik sy yg juga pernah belajar silat ini dari Babe Cacang & Asisiten Pelatih Sdr. Jamil, sy juga pernah belajar Krav Maga dari Bro Joe Ueno.

Untuk silaturahmi, diskusi, dan info lebih jelasnya bisa hubungi sy di no: 021-92204846

Terima Kasih
thegor

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Silat Paseban
« Reply #5 on: 07/11/2009 20:47 »
Salam
Maaf sodara2 semua, saya harus meluruskan berita2 yg beberapa salah dan menyimpang. Untuk lebih jelasnya lihat tulisan saya di Forum ini di Topik Paseban di halaman 1. Karena klo sy tulis lg kan ngulang2 aja. silakan lihat. Terima Kasih
thegor

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: paseban
« Reply #6 on: 08/11/2009 13:46 »
Yaaah sori juga bro galih, saya tidak pernah bilang kalo bos saleh sungkar adalah guru paseban :( malah saya mati2an dulu klarifikasi bahwa bos saleh bukan guru paseban, dan yang guru paseban adalah babe cacang. Kalo ada yg bilang bahwa saya pernah bilang bahwa bos saleh adalah guru paseban, itu namanya orang ndablek yang tidak membaca keterangan saya, dan bahwa saya telah difitnah. Saya sedih bro galih malah jadi berpikiran miring sama saya.

Entah kenapa orang memang gak pernah baca tulisan saya di forum dengan benar, mungkin karena saya sekarang cuma praktisi kuchijutsu.

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: paseban
« Reply #7 on: 08/11/2009 17:25 »
Salam
Maaf klo bro Dasaman tersinggung, beribu maaf klo sampe salah paham. tp sesungguhnya sy ga pernah berpikiran buruk tentang bro Dasaman.
Ini semua ceritanya panjang tp yg jelas ada oknum tdk bertanggungjawab yg ga etis klo sy ceritain di sini. Makanya sy ga bisa ceritain lebih lanjut di sini.
Tp lebih enak klo kita ngobrol langsung, sori td sy lg di luar mknya HP ga di angkat. Banyak hal terjadi soal Paseban semenjak dikau menghilang dari dunia persilatan dan pindah rumah.
Sekali lg sy mohon maaf, tidak bermaksud menyinggung ataupun menjelek2an siapa pun, hanya berusaha meluruskan aja. Maaf jg sy ga telp bro Dasaman dl sblum posting, krn sy ga punya ga punya no telp anda.
Tp klo emang Bro Dasaman jg telah ikut bantu lurusin permasalahan ini, sy ucapin terima kasih. 
thegor

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Paseban
« Reply #8 on: 09/11/2009 09:43 »
Untuk efisiensi topik yang bertemakan Silat beraliran Paseban saya merged. Silakan dilanjut diskusinya...

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Shaolin_Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Paseban
« Reply #9 on: 13/11/2009 12:53 »
Salam Semuanya....... [[damailah]]

Saya adalah praktsi Kungfu Shaolin Selatan aliran Hokkien (Fukkien) dan Wing Chun. Saya mengenal baik saudara Galih dan Pak Cacang. Menurut saya silat traditional sungguh unik dan menarik. Karena saya melihat adanya persamaan konsep ama Kungfu yang saya pelajari. Contohnya saja Silat Paseban mempunyai kesamaan konsep ama Shalin Hokkien. Terutama jurus Jalan Keramatnya  mirip banget ama jurus Sam Chien. Sedangkan Silat Pengasinan mempunyai kesamaan konsep juga dengan Kungfu Wing Chun terutama dalam permainan trapping handnya. Karena mempunyai kesamaan itulah kami bersatu dan berkolaborasi..... [rapat] Sapa bilang Silat dan Kungfu tidak bisa bersatu? Bagi kami hanya orang" yang kolot aja yang tidak mau bersatu. Akan lebih baik menyatukan perbedaan yang ada daripada saling mencari kelemahan masing". Mengenai masalah Silat Paseban Mutakhir saya pribadi sudah melihat VCD yang menampilkan permainan silat dari Boz Saleh. Dan karena saya sudah sering melihat permainan Silat Paseban yang asli, tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan Silat Paseban Mutakhir. Saya juga tidak memahami tujuan diadakan Silat Paseban Muthakhir. Tapi saya harap sih mereka menyadari perbuatannya dan kembali pada fitrahnya masing".  Saya mendukung terus perkembangan Silat Betawi Paseban - Pengasinan. Hidup Silat Traditional............ [top]

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Silat Paseban
« Reply #10 on: 14/11/2009 19:08 »
salam
Wah Bang Shaolin boy eh Engkoh shaolin Boy ikut ngeramein, wah asiiiik neh. Ya betul banget antara aliran silat dan antara silat dengan beladiri lain harus bersatu-bersahabat. Selama ini kan kebanyakan orang2 kungfu yg kolot ga mau gabung sm silat, meskipun jaman dulunya engkong2 kita udah ada yg namanya akulturasi. Kesininya aja pada ribut antara etnis. Justru kita ini yg muda2 harus kita dobrak yg jelek2 dari generasi sebelumnya. Menyenangkan bisa kolaborasi dan tuker pikiran sm Engkoh Shaolin Boy.
Khusus bicara Paseban dan Pengasinan, sy rasa pasti ada pengaruh dari kungfu tau aliran apaan. Tp klo boleh sy bandingin dua aliran tersebut, mungkin pengaruh kungfu lebih banyak di Paseban, klo Pengasinan malah banyak pengaruh dari silat Sunda. Guru sy bilang pengaruh dari Cina mah ada tp ga tau seberapa, tp yg jelas banyak pengaruh dari Cimande sm Cikalong,  makanya saban Maulud pasti ada aja tamu dari Cimande.
Menurut ane nih klo kungfu tradisional tuh unik dan bagus buat dikombinasiin sm silat. Muantabh lah....Hidup Silat Tradisional... Hidup Kungfu Tradisional...Hidup Persatuan
thegor

Comot Dage

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 36
  • Reputation: 4
Re: Silat Paseban
« Reply #11 on: 15/11/2009 13:46 »
halo kang ghorylla, ijin ikut nimbrung ah.

pengen tau nih konsep dasar silat pengasinan + paseban, pernah liat video silat pengasinan di youtube kayanya konsepnya bertahan dulu baru nyerang tanpa henti sampai lawan tak berdaya (berlawanan dengan teknik hit run/kick run) apa bener seperti itu ...

kalo konsep dasar paseban gimana tuh, gimana juga dengan grapling ala paseban ?

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Silat Paseban
« Reply #12 on: 16/11/2009 11:22 »
salam
Untuk Silat Pengasinan ada beberapa konsep dan/atau filosofi.
Jalan Enam
Ini maksudnya begini, badan kita dibagi jd 3 area bawah, tengah, atas. Nah dari tiga area ini dibagi 2 lg jd kiri-kanan atawa istilah lainnya luar-dalam. Dalam menyerang dan bertahan kita selalu menyerang dan melindungi 6 area tersebut, kira2 begitu deh. Bisa jg dibilang aga mirip sm konsep center line. Pola serangan dan bertahan kita meliputi 6 area itu, jd ga cuman nyerang atas melulu.
Jaga Pukul
Ini maksudnya kira2 total counter attack. Selalu jaga dulu baru pukul. dalam jurus2nya setiap pertahanan atawa tangkisan selalu disertai/diakhiri dengan serangan tangan/pukulan dgn tangan yg sama. jd ga ada gerakan nangkis doang atawa nendang doang, harus selalu disertai serangan. Alm,Babe Uwie pernah bilang klo silat ini bukan warung punya, tp supermarket punya, artinya orang nyerang sekali/orang jual kita bales bertubi2 ga pake berenti alias kita borong aja, ga usah nanggung. makanya ngandalin jarak rapat dgn kombinasi trapping hand.
Kunci2an yg dipake kebanyakan yg bersifat kecil, misalnya kunci pergelangan. klo kita bandingin sm Aikido atawa Jujutsu kira2 ky Kotegaishi, ikkyo, sankyo. jg ada patah2an sikut.
Kebanyakan gerakannya motong arah tenaga lawan, semacam intercept, bantingannya/jatuhannya pk konsep ini.
Untuk Silat Paseban
Jurusnya lebih ke Power, pukulan dan tangkisan selalu pake gerakan badan dgn perpindahan obot badan dari satu kaki ke kaki lain. pukulannya lebih panjang krn dibantu putaran pinggang, bahu, kuda2 rendah.
konsepnya itu Gerak Paksa Melintang Patah
Orang bergerak/nyerang, kita jg siap nyambut, kita paksa kearah yg kita mau/kita jebak, dia kan pasti bergerak lg, ini berarti dia melintang, ketika dia melintang baru kita patahin. Dalm konsep striking maupun grappling selalu gunain konsep ini. kita selalu banting dgn menggunakn bergeraknya lawan.
Grapling secara spesifik memang ga secanggih jujutsu krn kita ga fokus kesitu. Grapling kita semuanya ga jauh2 dari jurus, maen senjata pun ga jauh2 dari jurus. makanya konsepnya dalm maen grappling asal udah ngerti dan paham jurus harus bisa buka kuncian atawa teknik pergumulan sekalipun teknik itu baru kita liat atawa ga ada di teknik kita.
Semua teknik ground itu berdasarkan teknik jurus di atas. di jurus kita emang ada juga aplikasi yg ke bawah, misalnya berasal dari teknik deprok seliwa atawateknik jatuhan, guntingan.
Di jurus praktek sekilas emang mirip jujutsu krn setiap serangan diawali menghindar (klo di jujutsu namanya taisabaki, klo di Aikido namanya tenkan-kaiten-irimi), udah itu lanjut eksekusi dengan pukulan, tendangan, dengkulan, sikutan, patahan, bantingan atawa kuncian atawa
ringkusan.
Konsepnya lg lawan jgn dianggap gedebongan, Babe Cacang selalu ngingetin hal ini. Maksudnya ketika kita nyerang baik dgn pukul tendang dan terutama dengan tangkep-kunci-banting, kita harus pikirin kemungkinan perlawanan dari lawan. lawan kan punya 1 kepala, 2 tangan, 2 kaki. contoh: pas kita kunci pergelangan kiri lawan, nah tangan kanan, kaki kiri dan kanan lawan harus kita anggap hidup jgn diaanggap lawan bakalan diem aja, ini beda sm konsepnya Aikido dimana lawan hrs nurut.Makanya kita klo ngunci selalu berusaha kontrol tangan lain yg ga dikunci atawa leher lawan atawa kakinya sekalian.
Di Paseban sendiri kunciannya bersifat besar, ga ada kuncian kecil seperti kuncian ke pergelangan tangan, kebanyakan disertai patahanlangsung atawa bantingan.
Pola permainannya/serangannya bisa jarak renggang bisa jarak rapat, bisa bertahan tp bisa jg agresif nyerang meskipun idealnya bertahan.
Kira2 begitulah penjelasan sy, maaf klo kurang puas atawa ada salah2 kata
thegor

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur
Re: Silat Paseban
« Reply #13 on: 16/11/2009 12:59 »
assalaualaikum,,,

saya kenal sekali dengan Kong Salim dan muridnya ustad Agus. beberapa bulan lalu saya dan teman2 sempat silaturahmi kesana dan kebetulan saya juga ad tugas dari kampus untuk membuat film dokumenter, setelah saya pikir2 saya ingin mendokumentasikan silat paseban lama ini yang saya anggap unik dan menarik.
disela-sela itu saya mendapatkan kesempatan untuk "nyobain" silatnya kong Salim dan memang benar ternyata bahwa kong Salim jagoannya ahli maen jarak dekat.. salut unutk beliau. tehnik beliau memang mengandalakna keceptan dan ketepatan dengan arah sasaran sekitar leher dan titik vital di daerah seputar dada dan kepala.
saya juga sempat bertemu dengan H nada teman konbg Salim, beliau orang yang pendiam...

tolong kabari saya jika ada acara silaturahmi serupa...
terima kasih...
salam

bangtebe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 31
  • Reputation: 7
    • Email
  • Perguruan: Perguruan Pencak silat Tradisional Beksi Pusat aliran kong M. Nur
Re: Silat Paseban
« Reply #14 on: 16/11/2009 13:01 »
assalamualaikum,,,

saya kenal sekali dengan Kong Salim dan muridnya ustad Agus. beberapa bulan lalu saya dan teman2 sempat silaturahmi kesana dan kebetulan saya juga ad tugas dari kampus untuk membuat film dokumenter, setelah saya pikir2 saya ingin mendokumentasikan silat paseban lama ini yang saya anggap unik dan menarik.
disela-sela itu saya mendapatkan kesempatan untuk "nyobain" silatnya kong Salim dan memang benar ternyata bahwa kong Salim jagoannya ahli maen jarak dekat.. salut unutk beliau. tehnik beliau memang mengandalakan kecepatan dan ketepatan dengan arah sasaran sekitar leher dan titik vital di daerah seputar dada dan kepala.
saya juga sempat bertemu dengan H nada teman kong Salim, beliau orang yang pendiam...

tolong kabari saya jika ada acara silaturahmi serupa...
terima kasih...
salam

 

Powered by EzPortal