Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Aliran Pencak Silat => Topic started by: Bram on 19/09/2007 15:12

Title: Silat Paseban
Post by: Bram on 19/09/2007 15:12
http://www.geocities.com/tukangbanting/silat.html


Title: Re: Silat Paseban
Post by: Red Hawk on 07/10/2007 15:44
sipp. [top]

Pak Saleh itu senior saya.
Sensei ben Haryo itu juga adalah Guru Jujutsu saya. orangnya Low Profile banget.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: DasaMan on 24/01/2008 14:02
Ini video jurus dasar silat paseban versi Pak Cacang.

http://cempakadojo.blogspot.com/2008/01/silat-paseban-jurus-dasar.html
Title: paseban
Post by: bangtebe on 20/04/2009 21:59
ada yang tau tentang silat betawi aliran paseban setelah cingrik dan beksi?
Title: Re: paseban
Post by: ghorylla on 07/11/2009 20:42
Salam
Kebetulan sy mendirikan sasana/dojo yg bernama Narada Club, dimana dlm club ini diajarkan (sbagai sarana melestarikan) dua aliran utama yaitu: Silat Paseban (Pendidikan Silat Taqwa Betawi) & Silat Pengasinan Gaya Babe Uwie Effendi (Perguruan MS Jalan Enam Pengasinan), kami berafiliasi ke kedua Perguruan tersebut.
sy mau jelasin soal Silat Paseban. Silat ini diciptakan oleh Engkong Mohammad Saleh bin Salman (Engkong Saleh/ Babe Aleh/ Mat Saleh), seorang Betawi asli dari Paseban, Jakpus. Dulu pergurunnya bernama Perguruan Silat Sinar Paseban. pada perkembangannya dengan seijin Engkong Saleh, salah satu cucunya yg bernama Babe Cacang S. Murtadho mendirikan Pendidikan Silat Taqwa Betawi. Beberapa murid Engkong Saleh yg mendirikan perguruan atau ngajar antara lain Pak Nada di Depok, Perguruan Sohul di Jakpus (yg ga tau masih ada apa ga??), Ustad Lolo di Kawi-Kawi Jakpus (kynya sekarang udah ga ngajar)-terakhir ktmu pas Alm Babe Uwie Effendi meninggal Ustad Lolo yg mimpin doanya, Perguruan Silat Sinar Kalimulya (Engkong Salim) dikenal sebagai Paseban Lama.
Ajaran Silat Paseban totalnya 18 jurus dgn 6 jurus sebagai jurus dasar, ada juga yg namanya Jurus/Jalan Keramat. Semua nama yg disebut di atas semuanya menggunakan sistem 6 jurus dasar dan 18 total jurus. Yg agak beda itu Paseban Lamanya kong Salim beliau pake 6 jurus dasar + beberapa jurus yg ada namanya. klo grup yg laen cm disebut jurus 14, 18, dll, cm Kong Salim aja yg pk nama jurusnya.  setelah jurus ke 6 emang Kong Salim beda maennya. Tp ga masalah kan jurus dasarnya sama dan dari sumber yg sama, serta bisa dipertanggungjawabkan dgn segala argumennya.
Perbedaan laennya jurusnya Babe Cacang sgt menekankan di Power, Stamina dan Napas, bener2 agresif, banyak teknik bantingan, kuncian, dan grapling. Kong Salim lebih menekankan ke kecepatan dan mungkin maen rasa. Tekniknya Babe Cacang maen di jarak renggang, rapet, pergumulan, banyak menggunakan tenaga badan-pergerakan berat badan dari satu kaki ke kaki laennya dan ke posisi tengah yg stabil. klo Kong Salim bener asli jagoan ahli maen jarak rapet, ngandalin kecepatan & kelincahan, banyak maen colok2an dan patahan tp kynya ga ada grapling.Mungkin krn pengalaman hidup masing2 guru, umur dan postur badan. Kong Salim badannya kan tinggi kurus, klo Babe Cacang badannya kan gede. Kong Salim 70-an umurnya, Babe Cacang 56.
Secara teknik meskipun tetep ada bedanya, tp jalan jurusnya lebih mirip teknik Babe Cacang dgn yg laen2 seperti dgn Pak Nada ketimbang dgn Paseban Lamanya Kong Salim. Ini uniknya.
Sekali lagi di silat tradisional itu hal yg biasa dan ga ada masalah selama dari sumber yg sama dan bisa dipertanggungjawabkan.
Malah Kong Salim pernah ke rumah saya dgn bawa beberapa muridnya utk bersilaturahmi dgn grupnya guru sy Babe Cacang. Silat itu intinya kan silaturahmi, semua ga ada yg lebih hebat cm cocok2an aja, malah saling melengkapi. cross training mah soal biasa. sy jg pernah bw temen2 dari grupnya Babe Cacang sowan ke rumahnya Kong Salim.
Malah menariknya, Kong Salim dulunya pernah belajar Silat Jalan Enam Pengasinan, wah ini mah tambah seru dan tambah nyambung lagi.
Kami dari grup Babe Cacang (Taqwa Betawi) pernah juga atraksi bareng2 di Depsos sama grupnya Sinar Paseban dan juga grupnya Pak Nada (sy kurang tau nama perguruannya/perkumpulannya apa).


Pemberitahuan penting

Atas mandat dari Babe Cacang dan dari hasil diskusi dengan Kong Salim dan muridnya yg bernama Agus. Kami menyatakan Tidak Benar Yg Namanya Silat Paseban Mutakhir klo mengklaim bersumber dari ajaran Kong Saleh bin Salman, dan Tidak Benar kalo yth. Meneer Saleh Jusuf Sungkar adalah Guru Silat Paseban, karena beliau tidak menguasai konsep dan jurus2 Silat Paseban sehingga Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan Keshahihannya. Selain dari nama2 yg sudah sy sebutkan di atas, yg lainnya masih harus diuji pertanggungjawabannya alias meragukan dari sumber yg sama. Memang tidak diragukan lagi bahwa Memang Benar yth. Meneer Saleh Jusuf Sungkar ahli & Guru Judo - Sambo, ini tidak diragukan lagi kebenarannya, bahkan sy pun pernah berguru Judo-Sambo kpd beliau. Tapi dengan segala hormat untuk Silat Paseban beliau tidak berhak mengklaim dan mengajarkan. [/b]

Untuk sodara2 rekan2 forum ini sy beritahukan dengan segala hormat bahwa apa yang dikatakan sdr Dasaman mengenai Silat Paseban adalah tidak benar. Mohon dimaklumi krn sdr Dasaman tidak tau menau masalah ini dengan sejelas2nya, selain itu sdr Dasaman bukan orang dekat Babe Cacang. Meskipun demikian sesungguhnya Dasaman adalah sahabat sy yg baik, dan saya bisa mengerti kenapa dia berkomentar yg salah. Mohon semuanya maklum. maaf neh klo kata2 sy menyinggung Bro Dasaman, tp gimanapun pahitnya kebenaran harus tetap diungkapkan, supaya semuanya jelas dan terang2an.  Sy kenal baik dengan Bro Dasaman, kita dulu pernah sm2 lat jujutsu bareng.

Satu hal lagi perlu sy beritahukan  - atas mandat Babe Cacang - bahwa Pendidikan Silat Taqwa Betawi merupakan Perguruan yg Independen, kami tidak berafiliasi kemanapun. Kami tidak ada sangkut pautnya dan tidak pernah berada di bawah Goshinbudo Jujutsu Indonesia (GBI) tapi Perguruan kami bersahabat baik dengan Goshinbudo Jujutsu Indonesia pimpinan Yth. Ben Haryo Sensei, beliau juga orang yg baik, sy juga prnah berguru pd beliau secara pribadi. Perguruan kami juga bersahabat baik dengan  perguruan lain seperti Self Defense Indonesia (SDI-Krav Maga) pimpinan Yth. Bro Joe Ueno-sahabat baik sy yg juga pernah belajar silat ini dari Babe Cacang & Asisiten Pelatih Sdr. Jamil, sy juga pernah belajar Krav Maga dari Bro Joe Ueno.

Untuk silaturahmi, diskusi, dan info lebih jelasnya bisa hubungi sy di no: 021-92204846

Terima Kasih
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 07/11/2009 20:47
Salam
Maaf sodara2 semua, saya harus meluruskan berita2 yg beberapa salah dan menyimpang. Untuk lebih jelasnya lihat tulisan saya di Forum ini di Topik Paseban di halaman 1. Karena klo sy tulis lg kan ngulang2 aja. silakan lihat. Terima Kasih
Title: Re: paseban
Post by: DasaMan on 08/11/2009 13:46
Yaaah sori juga bro galih, saya tidak pernah bilang kalo bos saleh sungkar adalah guru paseban :( malah saya mati2an dulu klarifikasi bahwa bos saleh bukan guru paseban, dan yang guru paseban adalah babe cacang. Kalo ada yg bilang bahwa saya pernah bilang bahwa bos saleh adalah guru paseban, itu namanya orang ndablek yang tidak membaca keterangan saya, dan bahwa saya telah difitnah. Saya sedih bro galih malah jadi berpikiran miring sama saya.

Entah kenapa orang memang gak pernah baca tulisan saya di forum dengan benar, mungkin karena saya sekarang cuma praktisi kuchijutsu.
Title: Re: paseban
Post by: ghorylla on 08/11/2009 17:25
Salam
Maaf klo bro Dasaman tersinggung, beribu maaf klo sampe salah paham. tp sesungguhnya sy ga pernah berpikiran buruk tentang bro Dasaman.
Ini semua ceritanya panjang tp yg jelas ada oknum tdk bertanggungjawab yg ga etis klo sy ceritain di sini. Makanya sy ga bisa ceritain lebih lanjut di sini.
Tp lebih enak klo kita ngobrol langsung, sori td sy lg di luar mknya HP ga di angkat. Banyak hal terjadi soal Paseban semenjak dikau menghilang dari dunia persilatan dan pindah rumah.
Sekali lg sy mohon maaf, tidak bermaksud menyinggung ataupun menjelek2an siapa pun, hanya berusaha meluruskan aja. Maaf jg sy ga telp bro Dasaman dl sblum posting, krn sy ga punya ga punya no telp anda.
Tp klo emang Bro Dasaman jg telah ikut bantu lurusin permasalahan ini, sy ucapin terima kasih. 
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Jali Jengki on 09/11/2009 09:43
Untuk efisiensi topik yang bertemakan Silat beraliran Paseban saya merged. Silakan dilanjut diskusinya...

Tabe'
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Shaolin_Boy on 13/11/2009 12:53
Salam Semuanya....... [[damailah]]

Saya adalah praktsi Kungfu Shaolin Selatan aliran Hokkien (Fukkien) dan Wing Chun. Saya mengenal baik saudara Galih dan Pak Cacang. Menurut saya silat traditional sungguh unik dan menarik. Karena saya melihat adanya persamaan konsep ama Kungfu yang saya pelajari. Contohnya saja Silat Paseban mempunyai kesamaan konsep ama Shalin Hokkien. Terutama jurus Jalan Keramatnya  mirip banget ama jurus Sam Chien. Sedangkan Silat Pengasinan mempunyai kesamaan konsep juga dengan Kungfu Wing Chun terutama dalam permainan trapping handnya. Karena mempunyai kesamaan itulah kami bersatu dan berkolaborasi..... [rapat] Sapa bilang Silat dan Kungfu tidak bisa bersatu? Bagi kami hanya orang" yang kolot aja yang tidak mau bersatu. Akan lebih baik menyatukan perbedaan yang ada daripada saling mencari kelemahan masing". Mengenai masalah Silat Paseban Mutakhir saya pribadi sudah melihat VCD yang menampilkan permainan silat dari Boz Saleh. Dan karena saya sudah sering melihat permainan Silat Paseban yang asli, tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan Silat Paseban Mutakhir. Saya juga tidak memahami tujuan diadakan Silat Paseban Muthakhir. Tapi saya harap sih mereka menyadari perbuatannya dan kembali pada fitrahnya masing".  Saya mendukung terus perkembangan Silat Betawi Paseban - Pengasinan. Hidup Silat Traditional............ [top]
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 14/11/2009 19:08
salam
Wah Bang Shaolin boy eh Engkoh shaolin Boy ikut ngeramein, wah asiiiik neh. Ya betul banget antara aliran silat dan antara silat dengan beladiri lain harus bersatu-bersahabat. Selama ini kan kebanyakan orang2 kungfu yg kolot ga mau gabung sm silat, meskipun jaman dulunya engkong2 kita udah ada yg namanya akulturasi. Kesininya aja pada ribut antara etnis. Justru kita ini yg muda2 harus kita dobrak yg jelek2 dari generasi sebelumnya. Menyenangkan bisa kolaborasi dan tuker pikiran sm Engkoh Shaolin Boy.
Khusus bicara Paseban dan Pengasinan, sy rasa pasti ada pengaruh dari kungfu tau aliran apaan. Tp klo boleh sy bandingin dua aliran tersebut, mungkin pengaruh kungfu lebih banyak di Paseban, klo Pengasinan malah banyak pengaruh dari silat Sunda. Guru sy bilang pengaruh dari Cina mah ada tp ga tau seberapa, tp yg jelas banyak pengaruh dari Cimande sm Cikalong,  makanya saban Maulud pasti ada aja tamu dari Cimande.
Menurut ane nih klo kungfu tradisional tuh unik dan bagus buat dikombinasiin sm silat. Muantabh lah....Hidup Silat Tradisional... Hidup Kungfu Tradisional...Hidup Persatuan
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 15/11/2009 13:46
halo kang ghorylla, ijin ikut nimbrung ah.

pengen tau nih konsep dasar silat pengasinan + paseban, pernah liat video silat pengasinan di youtube kayanya konsepnya bertahan dulu baru nyerang tanpa henti sampai lawan tak berdaya (berlawanan dengan teknik hit run/kick run) apa bener seperti itu ...

kalo konsep dasar paseban gimana tuh, gimana juga dengan grapling ala paseban ?
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 16/11/2009 11:22
salam
Untuk Silat Pengasinan ada beberapa konsep dan/atau filosofi.
Jalan Enam
Ini maksudnya begini, badan kita dibagi jd 3 area bawah, tengah, atas. Nah dari tiga area ini dibagi 2 lg jd kiri-kanan atawa istilah lainnya luar-dalam. Dalam menyerang dan bertahan kita selalu menyerang dan melindungi 6 area tersebut, kira2 begitu deh. Bisa jg dibilang aga mirip sm konsep center line. Pola serangan dan bertahan kita meliputi 6 area itu, jd ga cuman nyerang atas melulu.
Jaga Pukul
Ini maksudnya kira2 total counter attack. Selalu jaga dulu baru pukul. dalam jurus2nya setiap pertahanan atawa tangkisan selalu disertai/diakhiri dengan serangan tangan/pukulan dgn tangan yg sama. jd ga ada gerakan nangkis doang atawa nendang doang, harus selalu disertai serangan. Alm,Babe Uwie pernah bilang klo silat ini bukan warung punya, tp supermarket punya, artinya orang nyerang sekali/orang jual kita bales bertubi2 ga pake berenti alias kita borong aja, ga usah nanggung. makanya ngandalin jarak rapat dgn kombinasi trapping hand.
Kunci2an yg dipake kebanyakan yg bersifat kecil, misalnya kunci pergelangan. klo kita bandingin sm Aikido atawa Jujutsu kira2 ky Kotegaishi, ikkyo, sankyo. jg ada patah2an sikut.
Kebanyakan gerakannya motong arah tenaga lawan, semacam intercept, bantingannya/jatuhannya pk konsep ini.
Untuk Silat Paseban
Jurusnya lebih ke Power, pukulan dan tangkisan selalu pake gerakan badan dgn perpindahan obot badan dari satu kaki ke kaki lain. pukulannya lebih panjang krn dibantu putaran pinggang, bahu, kuda2 rendah.
konsepnya itu Gerak Paksa Melintang Patah
Orang bergerak/nyerang, kita jg siap nyambut, kita paksa kearah yg kita mau/kita jebak, dia kan pasti bergerak lg, ini berarti dia melintang, ketika dia melintang baru kita patahin. Dalm konsep striking maupun grappling selalu gunain konsep ini. kita selalu banting dgn menggunakn bergeraknya lawan.
Grapling secara spesifik memang ga secanggih jujutsu krn kita ga fokus kesitu. Grapling kita semuanya ga jauh2 dari jurus, maen senjata pun ga jauh2 dari jurus. makanya konsepnya dalm maen grappling asal udah ngerti dan paham jurus harus bisa buka kuncian atawa teknik pergumulan sekalipun teknik itu baru kita liat atawa ga ada di teknik kita.
Semua teknik ground itu berdasarkan teknik jurus di atas. di jurus kita emang ada juga aplikasi yg ke bawah, misalnya berasal dari teknik deprok seliwa atawateknik jatuhan, guntingan.
Di jurus praktek sekilas emang mirip jujutsu krn setiap serangan diawali menghindar (klo di jujutsu namanya taisabaki, klo di Aikido namanya tenkan-kaiten-irimi), udah itu lanjut eksekusi dengan pukulan, tendangan, dengkulan, sikutan, patahan, bantingan atawa kuncian atawa
ringkusan.
Konsepnya lg lawan jgn dianggap gedebongan, Babe Cacang selalu ngingetin hal ini. Maksudnya ketika kita nyerang baik dgn pukul tendang dan terutama dengan tangkep-kunci-banting, kita harus pikirin kemungkinan perlawanan dari lawan. lawan kan punya 1 kepala, 2 tangan, 2 kaki. contoh: pas kita kunci pergelangan kiri lawan, nah tangan kanan, kaki kiri dan kanan lawan harus kita anggap hidup jgn diaanggap lawan bakalan diem aja, ini beda sm konsepnya Aikido dimana lawan hrs nurut.Makanya kita klo ngunci selalu berusaha kontrol tangan lain yg ga dikunci atawa leher lawan atawa kakinya sekalian.
Di Paseban sendiri kunciannya bersifat besar, ga ada kuncian kecil seperti kuncian ke pergelangan tangan, kebanyakan disertai patahanlangsung atawa bantingan.
Pola permainannya/serangannya bisa jarak renggang bisa jarak rapat, bisa bertahan tp bisa jg agresif nyerang meskipun idealnya bertahan.
Kira2 begitulah penjelasan sy, maaf klo kurang puas atawa ada salah2 kata
Title: Re: Silat Paseban
Post by: bangtebe on 16/11/2009 12:59
assalaualaikum,,,

saya kenal sekali dengan Kong Salim dan muridnya ustad Agus. beberapa bulan lalu saya dan teman2 sempat silaturahmi kesana dan kebetulan saya juga ad tugas dari kampus untuk membuat film dokumenter, setelah saya pikir2 saya ingin mendokumentasikan silat paseban lama ini yang saya anggap unik dan menarik.
disela-sela itu saya mendapatkan kesempatan untuk "nyobain" silatnya kong Salim dan memang benar ternyata bahwa kong Salim jagoannya ahli maen jarak dekat.. salut unutk beliau. tehnik beliau memang mengandalakna keceptan dan ketepatan dengan arah sasaran sekitar leher dan titik vital di daerah seputar dada dan kepala.
saya juga sempat bertemu dengan H nada teman konbg Salim, beliau orang yang pendiam...

tolong kabari saya jika ada acara silaturahmi serupa...
terima kasih...
salam
Title: Re: Silat Paseban
Post by: bangtebe on 16/11/2009 13:01
assalamualaikum,,,

saya kenal sekali dengan Kong Salim dan muridnya ustad Agus. beberapa bulan lalu saya dan teman2 sempat silaturahmi kesana dan kebetulan saya juga ad tugas dari kampus untuk membuat film dokumenter, setelah saya pikir2 saya ingin mendokumentasikan silat paseban lama ini yang saya anggap unik dan menarik.
disela-sela itu saya mendapatkan kesempatan untuk "nyobain" silatnya kong Salim dan memang benar ternyata bahwa kong Salim jagoannya ahli maen jarak dekat.. salut unutk beliau. tehnik beliau memang mengandalakan kecepatan dan ketepatan dengan arah sasaran sekitar leher dan titik vital di daerah seputar dada dan kepala.
saya juga sempat bertemu dengan H nada teman kong Salim, beliau orang yang pendiam...

tolong kabari saya jika ada acara silaturahmi serupa...
terima kasih...
salam
Title: Re: Silat Paseban
Post by: resto on 16/11/2009 13:59
@ghorylla
iseng liat Tv di Ochanel kalau tidak salah ada klub yang Mas ghorylla katakan "namanya narada" itu sejak kapan mas berdirinya.
makasih
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 16/11/2009 17:35
Salam
Sy coba komentarin beberapa tanggapan di atas. terima kasih atas perhatian sodara2, terutama Bang Fahmi yg udah sempet2in bikin dokumenter silat Paseban Lama yg notabene bersaudara serumpun dari satu akar sama Paseban Taqwa Betawi. Ente bisa liat sendiri kan kesamaan dan perbedaan antara Kong Salim dan Pak Nada, ya itulah kekayaan beladiri tradisional, biasanya tiap guru pasti ada perbedaan dan variasinya.
Soal Narada Club sy sendiri aga lupa tepatnya berdiri, krn sy ga pernah nyatet dan sy sejauh ini memang ga pernah bertujuan bikin perguruan baru. Semuanya berawal dari keinginan sy melestarikan dua aliran tersebut dikarenakan pd saat itu hampir mengalami yg namanya kematian obor. yg jelas berdirinya Narada Club kurang lebih pada saat segera setelah Babe Uwie meninggal atau mungkin jg menjelang meninggalnya alm, kira2 sekitar tahun 2007. Dulu sy terdaftar di grup lat MS jalan Enam Pengasinan cabang Paseban pimpinan Babe Uwie Effendi, setelah beliau meninggal atas amanat beliau sy yg nerusin. Makanya sampe sekarang di Perguruan Pusat MS Jalan Enam Pengasinan, Narada Club dikenal sebagai Cabang Paseban-Narada club. Di saat yg sama sy jg terdaftar di Pendidikan Silat (Paseban) Taqwa Betawi pimpinan Babe Cacang. Kebetulan kedua guru tersebut saling mengenal dengan baik dan pernah atraksi bersama. Akhirnya Kedua2nya ijinin sy untuk nerusin dan mengembangkan dua aliran tersebut sekaligus.
Makanya di Narada Club dua aliran tersebut wajib dipelajari tp ga dicampur2 jurusnya dan sejauh ini masih mengikuti tradisi dari dua aliran (perguruan) tersebut.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 16/11/2009 19:00
S  [top]alut buat bang ghorilya walau lama di dunia beladiri asing, masih bersemangat melestarikan silat tradisional nih..
Sebagai kenang kenangan grp dari ane....
Salam hormat dari ane..
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 18/11/2009 10:11
Salam
Terima kasih dan salam hormat sy buat Bang Pemulung dan Abang2 sekalian.
Betul Bang, sy emang udah muter2 jelajahin beladiri impor (dari Taekwondo, Capoeira, Aikido, jujutsu, Sambo, Krav Maga, MMA). Bahkan waktu sekitar tahun 2002-2005 sy termasuk salah satu biangnya Capoeira di jakarta.Tp ya seperti pepatah bilang klo burung terbang bakal balik lg ke sarangnya. Sy pertama kali kenal beladiri alias melek beladiri ya sm silat tradisional nama perguruannya Persatuan Silat Gabungan pimpinan Bpk Marjuki (Pak Uki), itu wakru SD, palingan cuman setahun setengah, udah itu pernah jg Merpati Putih (Mas Tirta Iradani-cabang Jkt Utara). Udah itu sy belajar dah macem2 beladiri impor, tp ya emang namanya cinte dan jodoh ujung2nya balik ke silat tradisional lg. Uniknya lg sy selalu dibikin kapok sm guru silat tradisional, pernah sampe cepet2an tusuk2an gunting sm guru silat tradisional, cm beberapa detik udah kejengkang sy. Kebetulan Mamang sy dari Cianjur jagoan silat Karimadi. Makanya sy jd hormat bener dan kagum sm guru2 dan silat tradisional.
Klo sy boleh cerita, Kakek buyut sy yg dari Cianjur adalah pendekar silat yg disegani di jamannya. Namanya Achmad Tubroni (Gan Oni), sy rasa Silat Cikalong, sebab kata orang mainnya halus dan lawan ga dicelakain, jago ngibing pula. Klo dirunut silsilahnya masih keturunan Cilaku dan juga Cikundul. Masih banyak sodara2 jauh yg masih tinggal di daerah Mande. Klo ga salah silsilahnya masih bisa dirunut ke Raden Arya Wiratanudatar Wangsagoparana.
Makanya terus terang sy juga lagi nyari maenan leluhur sy.
Tapi terus terang sekarang ini sy ngerasa jodoh sy ya di silat Betawi ini, krn lahir di Jkt. Bapak sy jg lahir di Jkt, diurus sm orang2 Betawi di Kebon Kacang.
Sebagai generasi muda sy emang merasa punya kewajiban untuk lestariin dan kembangin silat tradisional, krn inikan warisan leluhur, biar kata apa juga ini budaya kita, lagian dari pengalaman sy keliling2 belajar beladiri impor, sy sampe pd kesimpulan klo beladiri tradisional itu lengkap, semua teknik ada dah dan ga kalah sm impor, tinggal kitanya mau apa enggak ngembanginnya.
Bravo silat tradisional dan terus maju!!!
Title: Re: Silat Paseban
Post by: maulana on 18/11/2009 14:24
 [top]
Salam hormat, barusan nonton tv acara tangan di atas, ttg kong salim dan sahabatnya aak, diliatin juga beliau nglatih silat pasebandi bantu ama nanang sbg asistennya.

Luar biasa, dah 75 taon lebih masih bisa maen
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 18/11/2009 21:15
pernah liat kong salim maen jurus paseban gayanya agak lain sama video silat paseban youtube, keliatannya kuda2 kong salim bobot beratnya selalu ditengah kalo divideo bobot beratnya berpindah2 antara depan dan tengah ...
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 19/11/2009 09:19
salam
ya, gayanya Kong Salim kuda2nya memang ga ada perpindahan bobot, karena pukulannya lebih mengandalkan kecepatan dan ga pake bobot berat badan, klo gayanya Babe Cacang pukulannya selalu pake bobot berat badan, itulah bedanya. klo ga salah gaya yg di Sinar Paseban Jakpus jg mirip2/mendekati gayanya Babe Cacang. itulah kekayaan Silat Tradisional, klo di beladiri Jepang semisal Karate, beda gaya dalam maenin jurus, udah jadi aliran yg beda, contoh: Kata Pinan Shodan, walaupun esensinya sama, tp cara maenin beda jd aliran beda, Shotokan tangannya di tengah, Wado ryu tangannya lebih ke atas, Kussinryu laen lg. Klo di silat mah dianggap tetep satu aliran, satu akar cm beda rantingnya aja.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 12/12/2009 13:12
salam

tadi buka kaskus, baru tau ternyata kedahsyatan silat dah diakuin komikus jepang, apakah karena pengalaman masa penjajahan jepang banyak pertarungan praktisi beladiri jepang dengan pesilat ...

kabarnya para pesilat paseban dulu sering duel ame tentara jepang, sampai ada teknik kontra samurai. ayo dong bang ghoryla share ceritanya ....


dalam gambar komik tersebut terdapat salah satu teknik kuncian leher, gwe dah ngerasain kuncian dengan teknik ini. gwe juga dah ngerasain teknik kuncian leher silat paseban (kuncian dengan tekanan kuat tulang atas pergelangan tangan), gwe akuin teknik kuncian leher silat paseban lebih kuat dari teknik dalam komik tersebut.


ini linknya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2439547
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2886707
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 18/12/2009 14:11
salam
yah sy cm coba nanggapin Bang Comotdage. maaf sebelumnya ini sy rasa ga menyinggung beladiri lain, makanya sy ga akan bandingkan beladiri apa yg dipake sm orang jepang nya. takut kena tegor  lagi hehe.....

jd begini, kata sesepuh dulunya itu daerah Paseban memang daerah para jawara dan banyak pejuang yg meneror Belanda dan juga Jepang di sepanjang jalan Kramat Raya, mulai dari serangan sporadis sampe lempar granat dari pinggir jalan. nah klo udah gini, para pejuang pd saat diuber2 pada lari ke kampung daerah Paseban, waktu itu memang perkampungan, mereka ini dilindungi sm penduduk setempat. krn dekat dgn perjuangan kadang2 memang terjadi "bentrokan" fisik dgn penjajah entah Belanda maupun Jepang.

nah orang jepang itu menurut sespuh lebih berani daripada Belanda, orang Belanda ga berani masuk kampung pada saat malam hari lewat maghrib, makanya Belanda dibilang kotok ayam. lain sm Jepang sendirian masuk kampung bahkan cuma bawa katana/pedang samurai doang juga berani. nah disini kadang2 terjadi duel ataupun bentrokan.

pendekar2 paseban berprinsip bahwa dgn golok dan teknik yg dipunya harus bisa ngadepin Katana/Pedang Samurai. makanya kalibernya Babe Cacang, beliau punya teknik untuk ngadepin samurai. biasanya golok yg digunakan untuk ini yg panjangnya sekitar 60-70 cm.

Mat Saleh sendiri (Engkongnya Babe Cacang), kata sesepuh udah langganan keluar masuk bui jaman Belanda, bahkan disegani sm Belanda. selalu aja bisa lolos.

memang sampai saat ini blm ada sy denger cerita pendekar Paseban tempo dulu duel secara resmi di suatu tempat diadu sm pendekar jepang. ini memang sy blm pernah tau, tapi klo berantem ataupun duel "tidak resmi" itu sih ada aja.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 12/01/2010 18:58
hmm belajar grapling paseban.. ternyata tidak hanya butuh kuncian + cengkeraman yg kuat tapi juga perlu keluwesan/penggunaan tenaga yang pas .. leuleus liat siga pecut leueur siga belut ngabeulit kuat siga sanca..
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 12/01/2010 21:05
salam
ya betul, namanya juga grapling pasti lah pada prinsipnya butuh tenaga yang lebih besar daripada posisi di atas, kenapa? karena klo kita dalam posisi yg ditindih otomatis gaya gravitasi tidak berpihak ke kita, untuk itu kita harus ngakalinnya dah, harus tau arah lintasan tenaga dan pake "perasaan" juga. selain itu posisi badan ketindih pasti lebih berat, apalagi yg belum biasa, rasanya "eungap", karena paru2 atau dada kita ditekan oleh bobot lawan.

sy pribadi setuju sekali dgn perkataan Babe Cacang sendiri, beliau berkata: "sehebat apapun jurusnya, tetep harus ditunjang sm tenaga, napas dan kuda2 yg kuat". ini benar sekali karena klo kita punya tenaga ekstra, itu keuntungan buat kita, ketika sm2 punya keahlian beladiri, maka faktor yg sangat menentukan adalah akal-atau istilah sy licik2an-dan juga siapa yg punya tenaga dan napas ekstra. ketika tenaga habis, biasanya kita sudah tidak bisa berpikir jernih lagi yg mengakibatkan kelengahan.

mengumbar tenaga aja juga ga baik, bisa cepet abis dah tu stamina, kadang2 harus dihemat juga, jangan ngumbar terus, ada waktunya dan ada sikonnya kapan kita ngumbar tenaga dan kapan kita gunain tenaga lawan-meskipun kita bukan ahlinya soal ini, tp tetep kita harus ngerti konsep menggunakan tenaga lawan atau pun mengalirkan arah serangan/tenaga lawan.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 12/01/2010 22:42
setelah lumayan sering grapling dan paham dasar2nya, dah mulai bisa latihan dengan visualisasi-merancang sendiri teknik ngambil dari jurus & teknik posisi berdiri, asiik nih ..

nah bang ada tips ga untuk tahu kekuatan tenaga lawan tanpa perlu beradu tenaga dulu, kan kalo kita tahu tenaga lawan lebih kecil/besar kita bisa nentuin strategi lebih awal ..
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 13/01/2010 22:30
salam
betul sekali memang dalam silat itu harus bisa visualisasi, karena ketika kita mainin jurus sebetulnya adalah visualisasi juga ,baik dalam arti luas maupun dalam arti sempit. maksud sy begini, arti luas maksudnya adalah dalam mainin jurus kita harus memvisualisasikan seolah2 ada lawan, memvisualisasikan juga kemana kira2 gerakan lawan atau reaksi lawan terhadap jurus yg lg kita mainkan. dalam arti sempit artinya kita harus memvisualisasikan arah tenaga kita, yah disini juga bisa berarti merasakan tenaga kita sendiri.

mengenai masalah merasakan tenaga lawan tanpa kontak, wah itu sulit jelasinnya dan terus terang sy juga masih belajar soal itu. tapi yg pasti itu kuncinya ada di pengalaman. nanti juga akan bisa paling tidak mengira2 kekuatan tenaga lawan, mungkin istilahnya "mengukur". masalah ini ga akan ada habisnya pelajarannya karena tiap orang tenaganya kan beda dan menyangkut feeling. sering2 latian jurus dan rasakan atau hayati jurusnya, lalu juga lakukan teknik2 berpasangan, yah harus sering, namanya juga menyangkut pengalaman.
sy berpendapat bahwa dalam silat yg sy pelajari itu ga ada rahasia2an, yg dimaksud rahasia itu sebenarnya adalah detail2 kecil dan khusus, dan ini menyangkut faktor jam terbang dan pengalaman, pada akhirnya tiap praktisi akan menemukan "jalannya" sendiri asal jgn melanggar pakem aja. kira2 gitu lah....

pada prinsipnya bagaimana mungkin bisa merasakan tenaga lawan klo kita belum bisa merasakan tenaga sendiri.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: iqbal khan on 10/02/2010 11:34
Kebetulan teman sekantor saya cucunya Engkong Saleh anaknya babe Kholid, menurut info yg saya terima babe cacang bukan cucu dari babe Saleh, tetapi muridnya.
Sedangkan keturunan langsung dari Engkong Saleh yg masih aktif adalah Babe Fahrur roji (PAUL) tinggal didaerah pramuka (belakang Hotel grand menteng).
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 10/02/2010 16:30
Menyambung pembicaraan mengenai silaturahmi dengan Silat Paseban lama(dan Pengasinan) yang sudah dibuka lebar oleh Kang Ghorilla. Juga ditindaklanjuti dengan kontak dan komunikasi mengenai detail waktu dan sebagainya. Kami merencanakan dan mengajak kawan kawan untuk beranjangsana ke tempatnya.

Estimasi waktu yang sudah dibicarakan kira kira tiga minggu dari sekarang di hari sabtu/minggu siang (karena kesibukan kang ghorilla di mini martial art fest). Mudah mudahan pengikut acara silaturahmi dan kunjungan ini bisa lebih banyak, sehingga setidaknya jalur silaturahmi sesama sahabat silat bisa lebih erat lagi.

Dan juga kalau waktunya pas, sekalian kita bisa bertemu dengan babe cacang sendiri yang juga sering aktif ikut di kegiatan kegiatan forum. Diskusi pasti gayeng, karena kang ghorilla juga banyak berinteraksi dengan martial art import dengan effort dan usaha yang luar biasa juga dalam mengembangkan silat tradisional.

Aplagi ngomongin grappling beuh..bakal rame nih...

Berikut yang sudah confirm,
1.Pemulung
2. Kang Luri
3. Kang Mantrijeron 14
4. Uda SK
5. Mas Dsbasuki
6...................
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 10/02/2010 16:33
Lokasi mungkin di Kompleks Kejaksaan Pasar minggu, lupa nambahin...kang comot dage juga pasti ikut lah..
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 10/02/2010 17:46
Berikut yang sudah confirm,
1.Pemulung
2. Kang Luri
3. Kang Mantrijeron 14
4. Uda SK
5. Mas Dsbasuki
6. Duyungson
7................
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 11/02/2010 01:34
salam
sy sangat senang klo rekan sodare2 bisa silaturahmi ke tempat sy. sekedar pemberitahuan berhubung sy belajar 2 aliran, sy rasa alangkah lebih baik klo diskusi itu mengeksplorasi kedua aliran tersebut. untuk aliran Paseban nanti biar Babe Cacang sendiri yg bicarakan...

Mengenai apakah Babe Cacang cucu Engkong Moh. Saleh. Memang bukan cucu langsung, tapi beliau adalah masih sodara dan ada hubungan darah. alm Baba dari beliau yaitu Baba Murtadho manggil ke Engkong Saleh itu Encang, jadi kan masih terhitung cucu, meskipun bukan darah langsung. Mengenai keilmuan, sy ga akan ngomong banyak, nanti aja datang silaturahmi dan tanyakan sendiri biar ga jd polemik...dipersilakan...sy pernah kok silaturahmi bersama Babe Cacang baik ke Kong Salim (Paseban Lama) maupun keluarga Engkong Saleh yg tinggal di Paseban...Secara keilmuan Babe Cacang tidak diragukan...silakan silaturahmi dan berdiskusi...mangga...monggo...silakan dgn senang hati.

Khusus aliran Pengasinan berhubung sy berguru hanya dari alm. Babe Uwie Effendie, jadinya apa yg akan sy sampaikan hanya teknik2 dalam versi beliau, jadi jika ada dari Pengasinan versi lain entah Kebon Kopi atau apa, sy yakin pasti ada perbedaan, jadi jangan kaget.

Malah sy sarankan setelah bersilaturahmi Pegasinan versi Babe Uwie ada baiknya dilanjut dgn silaturahmi ke Pengasinan versi Kebon Kopi yg juga ada treadnya. Dijamin memperkaya wawasan....
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Mantrijeron14 on 11/02/2010 08:10
Wuiihhh
Ayo..ayo nyang mau menjalin silaturahmi.... monggo ditarok namenye dilistnya kang Pang Cu Pemulung...
Kite buktiin dong kalo akar kate silat adalah silaturahmi..., Yang sempet dipersilahkan, yang ngebet apalagi... yang empet... yah lupain dulu Tong!

name the place, I'll be there... bungee jumping, I don't care!

wassalam,
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Unknown on 11/02/2010 09:28
menarik, sayang kalo dilewatin begitu aje...
insyaallah bisa ikutan..
Title: Re: Silat Paseban
Post by: dsbasuki on 11/02/2010 13:56
Kapan dan di mana ngumpulnya? Soalnya harus jauh-jauh minta izin istri untuk bisa ikutan... :P
Terima kasih.

Salam...
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 11/02/2010 15:54
Tentative, 6 Maret, Sabtu Siang, di daerah pasar minggu mas don...begitu kira kira informasi terakhir hasil diskusi dengan kang Ghorilya...

Berikut yang sudah confirm,
1.Pemulung
2. Kang Luri
3. Kang Mantrijeron 14
4. Uda SK
5. Mas Dsbasuki
6. Duyungson
7 Supporter
8...............
Title: Re: Silat Paseban
Post by: hummdee6 on 12/02/2010 06:55
Daftaarrrrr.....

awal maret kan? Moga2 gak ada lembur mendadak lagi.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 12/02/2010 11:31
salam
besok acara Martial Art Festival di Plaza Semanggi start jam 5, rekan2 sahabat silat mohon supportnya, ramein acaranya. Insya Allah kami akan tampil mempresentasikan Silat Paseban-Silat Pengasinan..maaf sebelumnya klo nanti kurang memeuaskan. Btw kaskuser MMA/MA impor pada rame ngedukung dan mau pada gathering. gimana kl malam minggu abis atraksi kita ngumpul2 juga biar tambah rame dunia persilatan...

Sabtu depan/minggu depan klo ga salah gilirannya Bang Edwin cs dgn Golok Seliwa-nya...itu juga perlu diramein. Kateda juga bakal ada tp kurang tau kapan jadwalnya.....

Hatur Nuhun/ Matur Suwun
Title: Re: Silat Paseban
Post by: iqbal khan on 12/02/2010 14:15
Mudah-mudahan ngak ada alangan untuk dateng bersilaturrohim
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 15/02/2010 00:16
salam
Alhamdulillah puji syukur kami telah melaksanakan atrksi di acara Mini Martial Art Festival di Plaza Semanggi..Kami menampilkan Silat Paseban dan Silat Pengasinan, kebetulan juga dihadiri oleh Guru Besar Silat Paseban Babe Cacang...Terima Kasih untuk Bro Vian dari Dojosdojo sebagai penyelenggara.

Terima Kasih untuk semua rekan2 Sahabat Silat yg udah mendukung dan men-support, terutama yg kemarin hadir di antaranya Bang Dewa Kambing, Bang Mantrijeron, Bang Pendekar Muda, Bang Ochid, Bang Tenji No Ichi dan semuanya yg maaf klo ga kesebut namanya...terima kasih semuanya
Title: Re: Silat Paseban
Post by: luri on 15/02/2010 08:48
kutipan rekam gambarnya:

(http://videosilat.com/files/thumbs/758815-1.jpg) (http://videosilat.com/video/ff8a6574b36caea/Performance-Silat-Paseban--Pengasinan-di-Martial-Arts-Fest) (http://videosilat.com/files/thumbs/1153849977-1.jpg) (http://videosilat.com/video/726b52713313b63/Kolaborasi-Silat-Paseban-dan-Kungfu) (http://videosilat.com/files/thumbs/1691016263-1.jpg) (http://videosilat.com/video/dc75e5412b3fd04/Silat-Paseban-dan-Kungfu-Kids)

direkam oleh: bangOchid (http://rasyid-aj.com)
dipublikasikan di: VideoSilat.com (http://videosilat.com)
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Mantrijeron14 on 15/02/2010 08:53
hehehe ane ga bisa dateng bang Ghor.. jadi kalo ade mantrijeron disitu pasti bukan edisi ke 14 [[peace2]], ane jadi panitia sibuk ade sepupu kawinan, keluarga dr kampuang pade dateng nah ane nyang nganter-nganter :-[

Tabe' buat paseban dan pengasinannye...,

wassalam,
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Unknown on 15/02/2010 09:46
selain beberapa nama yg disebutin bang ghor di atas (kacuali kang emje portin yg kena dis, hehehe...)
ada juga bang ajad, kang ujang saefudin dan kang dani (dua nama terakhir adalah guru dan pelatih cikalong, sengaja jauh2 dr cianjur buat ngasih dukungan... [top])
Title: Re: Silat Paseban
Post by: samber gledek on 15/02/2010 11:12
Bang Galih akhirnya sukses juga acaranya. Walaupun nggak sempat datang( benturan sama ngantar anak latihan silat) tetap apreciate sama performancenya. Mudah2an makin maju terus silat Paseban.

Salam
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 15/02/2010 11:23
salam
wah maap yg ga kesebut namanya, nu tos datang ti cianjur, hatur nuhun-hatur nuhun....terima kasih untuk rekan2 yg sudah mensupport...maju terus silat Indonesia...
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Antara on 15/02/2010 12:26
Haduh, kayaknya kita perlu pake kata sandi nih... kalu ada orang yang mirip Kang MJ14 dateng ke tempat latihan kita harus tanya kata sandinya dulu... jangan sampe kemasukan spion nih...  [lucu]
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 15/02/2010 12:52
Mantabh, makin banyak nih silaturahminya. Kang mantrijeron 14 ada cloningnya ? he he he he...gara gara tongkrongan pesilat metroseksual kali..
pasti keliru sama ABG mall plasa semanggi neh.

Ayo Ayo...kita rencana lebih intens diskusinya di tempat mas ghor nanti..
Ada matras lagi... 8)
Title: Re: Silat Paseban
Post by: santri kinasih on 15/02/2010 15:18
Pangcu Kaipang aka Pemulung baru balik dari rantau lansung ngeledek MJ14 nyang dibilang muke MJ14 pasaran... :D

Ayo aja kalau kite mau ke tempat bang ghoryla...Seperti biasa om pemulung udah terbukti bisa jadi Project Opiser...

 [top]
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 15/02/2010 20:56
wah terima kasih banyak atas suportnya ... 
kolaborasi silat kungfu, hanya berusaha memenuhi nasehat para sesepuh silat bahwa kekuatan silat adalah silaturahmi.


mohon maaf atas segala kekurangan dalam atraksi ..

kayanya perlu didiskusikan bersama bagaimana membuat atraksi yang efektif membuat orang tertarik belajar silat, tugas kitalah yang muda2 untuk mengembangkan warisan hebat leluhur kita.
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 20/02/2010 23:54
salam ..

video beberapa aplikasi silat paseban, yang pakai celana loreng dari self defense indonesia ..

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=41ZTPPT9RrM[/youtube]
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 21/02/2010 21:06
sip sip kang dage....
Begini ini yang ditunggu...
GRP dulu dah... [top]
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Mantrijeron14 on 22/02/2010 08:49
Pangcu niki pripun toh... ngasih GRP kok GRP figure kang COmot mase "nol" .... lali kali yo mas...(yg biasa beginian oom Samber  :D...)
@mas Dage, bisa dikasih narasi siapa aja yg terlibat dalam liputan ini? terus barangkali jurus yg dipake atau aplikasi dari jurus ape mungkin bisa diceritain. Walopun a picture tells a thousand words, ya brengkali mangkin kenal sama praktisi mangkin kite bisa kasih salam kalo bertemu.....

Yg SDI sudah jelas,,, Joe ueno pan!! mantahap!

kang COmot.... sebage ganti ane timpukin dah GRP.... nungguin PangCu nemuin GRPnye yg ilang di lost & Found :)

wasalam,
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 22/02/2010 11:18
salam
rekaman itu dibuat di tempatnya Joe Ueno dedengkot SDI, yg terlibat di situ adalah Babe Cacang dan sodara Jamil...Joe Ueno sendiri memang pernah belajar silat Paseban.....klo ditanya mengenai teknik apa itu, yg jelas ga ada namanya, itu dalam terminologi kta di Silat Paseban masuk ke dalam apa yg kita sebut sebagai Jurus Praktek, total klo dihitung bisa jadi jumlahnya banyak sekali bisa ratusan, sy sendiri ga pernah ngitungin total jurusnya....karakter jurus praktek memang sekilas mirip dgn jujutsu karena banyak kuncian, patahan, bantingan...Untuk jurus praktek ga ada namanya jd untuk memudahkan kita memang biasa menyebut dgn penomoran aja....

memang secara pribadi sy sangat dekat dgn Joe Ueno, sy bersahabat, malah pernah belajar jujutsu bersama dia di GBI Jujutsu...dulu kami sering juga latian di temaptnya Joe Ueno...

kembali ke jurus Praktek, memang sifatnya praktis, tapi ga akan sempurna dalam eksekusi jurus praktek klo ga melalui jurus dasar dulu, karena sebenarnya jurus praktek ini juga berhubungan dgn jurus dasar.....
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Comot Dage on 24/02/2010 12:09
wah terima kasih bintangnya mas mantrijeron ..

narasi ama teknik udah dijelaskan bang ghoryla .. divideo itu ada teknik merebut katana cuma detilnya ga terlihat, yg pernah diajarin Babe Cacang merebutnya dengan memelintir ujung gagang katana dan satu tangan lagi menarik tangan lawan yg megang katana.

Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 03/03/2010 16:33
Menyambung niat kita bersilaturahmi ke tempat mas Galih, beliau memang sedang mengarrange supaya kita sekalian bisa ketemuan juga dengan babe Cacang. Figur Guru-Murid ini memang juga perlu kita datangi karena semangat open mind membuka diri dalam berinteraksi dengan beladiri asing perlu kita apresiasi. Tentative waktu adalah Sabtu, 14 Maret, 2009.

Figur kang Ghorillya dikenal dengan antusiasme tinggi meriset, berinteraksi bahkan terjun langsung dengan beladiri asing tanpa kehilangan identitas "pegangan"nya dengan percaya diri. Tadi kami sempat berdiskusi soal betapa beragamnya silat di nusantara yang sebetulnya "justru juga" mempengaruhi beladiri impor (seperti arnis, muaythay bahkan penguasaan senjata pendek Ninja). Atau soal posisi Sriwijaya yang strategis dalam menerima "cikal bakal beladiri sedunia" (Kalaripayattu / pengaruh India). Sejajar dengan posisi Murid murid Pendeta Dammo di India.

Babeh Cacang pun rajin melihat video, membaca buku beladiri, dan mencari langsung sebagai bagian dari pengayaan khazanah aplikasi silat. Bahkan jargon yang pernah saya dengar dari beliau, namanya silat mah mau maen apa ajah bisa. paling beda nama saja. Baik antisipasi lewat langkah, gerak, trapping, rasa, gelut, senjata. Semua sebetulnya sudah menjadi paket komplit.

Mudah mudahan pengantar ini bisa menambah minat rekan rekan untuk kita saling bersilaturahmi, berdiskusi untuk memajukan atau mengapresiasi silat tradisional dengan lebih baik.

Hayo hayo....


Title: Re: Silat Paseban
Post by: luri on 03/03/2010 16:58
ehemmm....
14 Maret 2009 memang hari sabtu,
karena sudah di masa lalu, diriku ga bisa ikutan hadir, belum bisa time-travel
:D

tp kalo 14 Maret 2010... nahh.. itu hari Minggu.
sementara masih tentatip

Title: Re: Silat Paseban
Post by: Mantrijeron14 on 04/03/2010 09:34
Saya mau ikoot dong cak Pemulung... didaptar ya!!
Hayuk tim Sambang mana nih..... masih nrima anggota baru pan yah cak?? Silaturahmi lho... the essence value dr silat!

wassalam,
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 04/03/2010 09:52
Pastee om Emje Embe.. ente itu tim hore yahud dah..rasanya sayang kalau teman teman juga tidak ketemu sama pendekar metroseksual gaul kayak om emje embe ini.. x-)) x-)) [top]

Tapi ane rupanya salah lihat kalender...wuih...bener kang luri... x-)) x-))

Tapi sekedar info juga buat kang ghor, ada informasi akan ada banyak kesibukan teman teman di Sabtu 13 Maret, ane dikontak temen temen kalau banyak yang bisanya di tanggal 20, 27,Maret 3 April 2010, sesuai hari sabtu dimana kang ghor lebih fleksibel ngatur waktunya. Lokasi kayaknya di Tigershark Academy, Pasar Minggu kali yak.

Thanks..
Title: Re: Silat Paseban
Post by: ghorylla on 04/03/2010 11:13
salam
yah tentuin aja dulu ancer2 hari Sabtu kapan yg temen2 pada bisa, baru nanti sy bilang Babe Cacang biar sekalian beliau hadir....sy sih dgn senang hati bersilaturahmi sm kawan2 semuanya....
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Antara on 04/03/2010 18:33
Pukul dulu, tanya belakangan...
Daptar dulu, ijinnya diusahakan...

 :D :D :D
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Pemulung on 11/03/2010 10:08
Menyambung pembicaraan dengan bang ghorillya, beliau mempersilahkan kita untuk bersilaturahmi pada tanggal yang ditentukan.
Sekalian menyampaikan pesan dari bang ghorilla yang berharap kawan kawan dari rumpun pengasinan, paseban, pahaman bisa ikut meramaikan kunjungan silaturahmi ini. Insya Allah Babe Cacang akan datang juga.

Jadwal kunjungan
Hari Sabtu , 20 Maret 2010
Jam : 14.00 (Usulan dari kawan kawan)
Lokasi : Tigershark Fighting Academy
Komplek Kejaksaan Blok J-3, Pasar Minggu (depan Balai Rakyat)
Pasar Minggu
Jakarta Selatan

Gathering Point : Kalibata Mall (?) Sampai pukul 13.15

Berikut yang sudah confirm,
1. Pemulung
2. Kang Luri
3. Kang Mantrijeron 14
4. Uda SK
5. Mas Dsbasuki
6. Duyungson
7  Supporter
8. Bang Antara
9. ..............

Title: Re: Silat Paseban
Post by: Mantrijeron14 on 19/03/2010 08:34
sudare-sudare sekaliyan...
mengingat rencana kegiatan enih bersamaan dengan liputan RCTI... mohon masukan apakah akan tetap dilaksanakan di hari sabtu besok atau diubah ke tanggal laen. jadi ga enak nih ame temen-temen paseban... tanggalnya geser terus... bang Ghor... harap maklum ye.. 8)

Atau dijalanin aja semua dalam satu hari, abis liputan langsung ke pancoran... wuih... mangstabh sehari full buat silat. Cuman "domestic permit" mesti dibuat rangkap 3 dengan cap forum nih biar dikasih ijin... ::)

monggo pendapatnya man-teman....

wassalam,
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Dodol Buluk on 19/03/2010 09:16
nyang paling enak sih...mumpung ade liputan, pegimane silat pasebannye yang hadir di padepokan???pas tuh..

d'buls
Title: Re: Silat Paseban
Post by: luri on 19/03/2010 09:27
huehehehehe....

niatnya mo bertamu kenalan,
malah yang diajak kenalan yg diminta dateng..

wis wiss.... hihihihiii.....
Title: Re: Silat Paseban
Post by: duyungson on 19/03/2010 09:34
Kalo menurut saya sih,sesuai rencana aja,kita yg ke sana. Waktunya setelah liputan (emang jadi?).
Tapi itu kan kata saya yg msh mbujang hehe
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Dodol Buluk on 19/03/2010 09:37
ya sudah..yang sudah terlanjur janji yah dateng...yang mo diliput yah ke padepokan...manteb thoo

d'buls
Title: Re: Silat Paseban
Post by: Mantrijeron14 on 19/03/2010 16:24
Mengemban amanah Pang Cu pemulung, ane coba hubungi Bang Ghor dan mendapatkan solusi sbb: temen-temen Paseban-Pengasinan tetap dateng ke padepokan dalam rangka peliputan. Babe Cacang akan menyusul jam 11 siang kira-kira. Silaturahmi sendiri tetap akan dilakukan di lain hari (yg jelas hari weekend, krn temen2 paseban latihan sabtu-minggu).

Mohon beribu ma'ap kepada bang Ghor dan temen-temen paseban, kesekian kalinya kunjungan kita dijadwal ulang [[peace2]]

Kapada sahabat yg sudah bersedia hadir.... nunggu kongpirmasi dulu ye untuk kunjungannye...

wassalam,