+-

Video Silat


Dasar Sile Kumango - Batang
Peragaan gerak/jurus Silek Harimau
Tarung Bebas PZH.wmv
Festival Silat Kampung Jampang - Pusaka Jakarta
STIKES Ngudi Waluyo Cup Maret 2010
Acara Kramasan PS Bandrong Karang Tunggal - Anak #
Sabeni Rahmat performance - sambut, Jambore Pencak
Pencak Malioboro Festival - pepedangan cimande
Ujungan Macan Ngawahan - Malioboro Pencak Festival

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Satria Muda Indonesia  (Read 22030 times)

f4iz

  • Guest
Silat Satria Muda Indonesia
« on: 26/08/2008 22:42 »
Salam rekans dan seniors,
Saya mau nanya nih ttg. Silat Satria Muda Indonesia.
Ada yg bisa cerita tdk. tentang sejarah perguruan ini ?
Yang saya ingin tanyakan sebenarnya adalah apakah Satria Muda Indonesia perguruan Silat atau organisasi yg mewadahi aliran-2x Silat ?
Soalnya beberapa waktu yg lalu saya baca dan nonton interview dgn seorang tokoh Silat beliau
menyebutkan "Nama saya nama pesilat dari Satria Muda Indonesia perguruan saya bernama nama perguruan silat misalnya Silat Bangau, Silat Tapak Merah, dsb."
Yg saya ingin tanya disitu ada referensi Satria muda Indonesia dan juga nama perguruannya. Jadi apakah Satria Muda Indonesia organisasi yg mewadahi berbagai aliran Silat ato nama perguruan Silat spt. MP, TS, PD, SH, dsb ?

Terima kasih sebelumnya.
Wasalam,
Faiz

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #1 on: 27/08/2008 10:54 »
SMI - Satria muda indonesia adalah perguruan silat bang, terdaftar sebagai salah satu perguruan yang menjadi anggota dari IPSI.

Didirikan dengan perguruan beringin sakti sebagai cikal bakalnya, beringin sakti ini adalah perguruan silat dari daerah sumatra barat.

pada perkembangannya SMI ini juga merangkul tokoh aliran aliran silat yang ada di nusantara untuk bisa bergabung dan menjadikannya sebagai pelajaran dalam perguruan ini. tercatat aliran silat minang seperti silek tua, silek buayo, silek sitarlak kemudian silat sunda seperti cikalong, cimande dan sabadar, kemudian silat betawi seperti bongkar kandang dan beksi serta aliran silat lainnya ikut juga di ajarkan di perguruan ini.

konsep pengajarannya adalah di beri pemahaman jurus jurus kaedah perguruan SMI, kemudian spesialisasi aliran yang di minati. murid pada tingkatan lanjut akan di minta untuk memilih aliran mana yang di minati. jika cimande maka murid akan belajar pada guru cimande yang sudah bergabung di perguruan SMI ini, demikian juga bila ingin belajar silek minang.

nah dari penjurusan ini diharapkan murid bisa memilih aliran berdasarkan bakat dan minat sehingga bisa melestarikan budaya bangsa dan mensejahterakan guru aliran tradisional.

demikian yang saya ketahui tentang perguruan SMI. (silahkan anggota perguran SMI yang ada menambahkan atau mengkoreksi...)
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

f4iz

  • Guest
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #2 on: 27/08/2008 22:22 »
Salam,
Terima kasih Kang Nagapasa atas penjelasannya.
Tokoh-2x aliran-2x Silat yg dirangkul oleh SMI itu menjadi seperti Dewan Pendekar SMI ?
Jadi agak beda ya dgn Putra Betawi dimana lebih bersifat spt. organisasi yg mewadahi perguruan-2x Silat betawi misalnya.
Apakah ada perguruan-2x Silat yg lain yg mengikuti format spt. SMI dimana dewan pendekar terdiri dari tokoh-2x aliran-2x silat yg berbeda ?

Terima kasih sebelumnya.
Wasalam,
Faiz

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #3 on: 27/08/2008 22:29 »
mestinya ada beberapa ya, kalau tidak salah Persinas ASAD juga memiliki konsep yang sama dengan mengangkat guru besar dari tiap aliran untuk masuk ke dewan guru atau dewan pendekar. cmiiw
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

YwK

  • Guest
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #4 on: 27/08/2008 22:48 »

untung rugi dari konsep seperti ini apa yach kira2??

thanks

EricB

  • Guest
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #5 on: 28/08/2008 00:00 »
Apakak SMI masih di pimpin oleh mantan jendral Prabowo ??

Kalau ngak salah Bang Erizal Chal Chaniago adalah sekretaris umum dari SMI

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #6 on: 28/08/2008 10:48 »
Ane dapet info dari temen SMI nih...mudah2an orangnya mau masuk daftar:

SMI itu awalnya dari perguruan silat padang Baringin Sakti, berdiri sekitar tahun 88 an. Karena melihat potensi perguruan silat yang ada di jawa barat dan jakarta maka di bentuk Satria Muda Indonesia. Sesepuhnya Prabowo yang waktu itu masih jadi komandan kostrad. Aliran silat yang ada di SMI: 1. Sabeni 2. Beksi 3. Cikalong 4. Cimande 5. Sabandar 6. Stralak 4. Buayo 5. Lintau 6. Praktis (jurus-jurusnya dominan kuncian, sapuan kaki, pitingan, bantingan, dan cenderung jelahi jarak deket, biasanya yang make jurus ini KOSTRAD dan KOPASSUS). Masa jayanya Prabowo jadi bela diri wajib di KOSTRAD & KOPASSUS.

Penggagas lainnya, Edward Lebe, Indra (alm), Robin Syah Gaffar, Edwin Lebe.

Adapun tingkatannya sbb: Tingkatannya paling rendah  madya, madya muda, madya utama, satria, satria muda, satria utama.


Tabe'...Jali



« Last Edit: 28/08/2008 10:50 by Jali Jengki »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #7 on: 28/08/2008 11:13 »
wah bang indra chatib udah meninggal ya, innalilahi wa inna ilaihi rojiun. terakhir saya ketemu dibandung

semoga amal ibadahnya di terima disisinya
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #8 on: 28/08/2008 11:45 »
Hmmm SMI ...
Dalam pencarian dengan ilmu terawang Mbah gugel, ketemu ada 3 alamat yang menggunakan nama SMI ..yaitu :

http://www.smionline.blogspot.com/

http://pesilatsatriamudaindonesia.blogspot.com/

http://satriamudaindonesia.blogspot.com/

...
Hmm sayang isinya agak sama (kumpulan berita/tulisan dari orang lain) dan kurang memberikan informasi mengenai SMI sendiri termasuk sejarah, pengurus, tempat latihan, kontak person, profil tokohnya,dll..

However, setidaknya usaha mereka untuk mempublikasikan dan berupaya mengisi informasi mengenai pencak silat yang memang tidak banyak ini, patutlah kita acungkan jempol...Teruslah mengisi dan mempublikasikan pencak silat..Lebih bagus lagi jika mau berkontribusi dan memberikan ide serta pengetahuannya di forum ini :)...(keliatannya sering juga mengunjungi forum ini dan juga milis silatindonesia.com..he he he..).Ditunggu ya ..

Juga utk para pesilat SMI, jangan ragu dan malu untuk berkontribusi memberikan informasi mengenai SMI..

Salam
S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #9 on: 28/08/2008 11:52 »
Tuh kan...

Buat Kang Kijang Berantai, hayu atuh beri penjelasan SMI nye...tong era-era jeung tong ngera-ngerakeun urang Bandung siah...wakakakak [lucu]

tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Ilmu Padi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 31
  • Reputation: 2
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #10 on: 28/08/2008 13:10 »
Salam Faiz,

Apakah ada perguruan-2x Silat yg lain yg mengikuti format spt. SMI dimana dewan pendekar terdiri dari tokoh-2x aliran-2x silat yg berbeda ?

yang sedikit mirip struktur ini adalah "Pasti Minang" di daerah Sumatera Barat. Mereka sudah pernah mengorganisasi pertemuan "Gelanggang Jam Gadang" di Bukittinggi. Lain dengan pertemuan "Gelanggang Silih Berganti" tahun 1980-90an di SumBar juga, "Pasti Minang" punya curiculum ajaran tersendiri. Kalau "Gelanggang Silih Berganti" dulu dipimpin / dipromosi oleh Pak Makmur Hendrik dimaksudkan memperkenalkan "silek" tradisional Minangkabau.

Salam,

Uwe


Alam takambang jadi guru

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #11 on: 28/08/2008 14:09 »
Hmmm SMI ...
Dalam pencarian dengan ilmu terawang Mbah gugel, ketemu ada 3 alamat yang menggunakan nama SMI ..yaitu :

http://www.smionline.blogspot.com/

...


sayang ternyata isinya artikel dari para sahabat silat yang sempat di posting di www.silatindonesia.com, sayangnya penulis artikel di blog smi ini tidak mencantumkan sumber dari artikelnya :(.

beberapa tulisan saya dan mas ian samsudin di copy paste juga di blog smi ini :(
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #12 on: 28/08/2008 14:27 »
untung rugi dari konsep seperti ini apa yach kira2??
thanks

Mmmm ini menarik..
Satu perguruan dengan beberapa atau banyak aliran..

apa untung ruginya ya?

Mungkin begini, ini menurutku lho (CMIIW):

Keuntungannya:
-ya banyak pilihan
-lebih kaya dan beragam
-lebih lengkap dalam artian lebih rame menunya
-bisa lebih enak promosinya: (mau ala padang? atau ala sunda? semua ada he he he )

Kerugiannya:
-kurang fokus
-muridnya pun gak gampang menguasai, karena untuk bisa mendalami satu aliran pun bisa butuh waktu seumur hidup dan sayangnya kita kan cuman hidup sekali aja saat ini..
-semangkin banyak kadangkala bikin semangkin bingung mau pilih yang mana dan biasanya cicip sana sedikit, cicip sini sedikit trus tidak mendalam dan akibatnya tidak sampai pada inti ilmu/alirannya. Jadiny tahubanyak tapi kurang mendalam/kurang sampe inti terdalamnya.

Mmm ..CMIIW..
ada pendapat lain;


thanks
S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #13 on: 28/08/2008 19:06 »
sayang ternyata isinya artikel dari para sahabat silat yang sempat di posting di www.silatindonesia.com, sayangnya penulis artikel di blog smi ini tidak mencantumkan sumber dari artikelnya :(.

beberapa tulisan saya dan mas ian samsudin di copy paste juga di blog smi ini :(

Hal-hal seperti ini kadang membuat kita malas menulis.
Tapi itu resikonya menulis di internet. Penghargaan terhadap karya tulis rendah sekali, padahal hanya butuh sekedar mencamtumkan sumber. Toh kita ngga mendapat sesuatu berbentuk materi dari hal ini.

Maap OOT  :D
Silakan dilanjut bahasan SMI nya
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

f4iz

  • Guest
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #14 on: 28/08/2008 21:01 »
Salam Rekans dan Seniors,
Terima kasih utk penjelasan-2xnnya.
Topiknya jadi rada berkembang ke "satu perguruan dengan beberapa/banyak aliran yg berbeda".
Konsepnya jadi mirip dgn mahasiswa di Universitas.
Tahun pertama ambil kelas-2x umum, kemudian pilih major/bidang yg sesuai dgn minat dan bakat.
Mungkin di perguruan-2x Silat yg mempunyai kurikulum yg agak besar jadinya juga hampir sama.
Pesilatnya menguasai tekhnik-2x di perguruan tsb, mungkin akhirnya ada spesialisasinya.

Terima kasih.
Wasalam,
Faiz
« Last Edit: 28/08/2008 21:03 by godam »

 

Powered by EzPortal