+-

Video Silat


Silek Minang Pandeka Cupak Hosra Afrizoni 1
Tarung Bebas Genggong
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Silek Kumango
vidioku
"THE SILAT FIGHTING" (last scene,part 1)
GGBD - Demo / Aplikasi #3

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silat Satria Muda Indonesia  (Read 28240 times)

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #15 on: 28/08/2008 21:59 »
mestinya ada beberapa ya, kalau tidak salah Persinas ASAD juga memiliki konsep yang sama dengan mengangkat guru besar dari tiap aliran untuk masuk ke dewan guru atau dewan pendekar. cmiiw

Kayaknya Pagar Nusa juga demikian.

cubluk

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #16 on: 29/08/2008 13:32 »
unik nih memang SMI, dulu sempet merasakan latihan di sini walau cuma sebentar, di sini memang bisa belajar macem2 aliran. Sempet dikenalkan bbrp jurus silat betawi (beksi kali ya... maklum cupu gak begitu mengerti) yg manteb sekali buat jarak dekat. Sampai terampun2 diajarkan bbrp silat minang dgn kuda2 rendahnya (kalo diingat2 kog bbrp gerakan spt jurus silat harimau). Sempat ditawarkan mau gak dilatih syahbandar..

Sayang terputus, krn tempat latihan yg di menteng (dekat taman suropati) dipindah ke komp berland kalo gak salah (soalnya guru/pelatihnya tinggal di sana)

Dulu tertarik ikut SMI krn iklan (artikel) di Tabloid Bola.

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #17 on: 30/08/2008 11:06 »
Saya pernah lihat latihannya di padepokan IPSI, yang ngajar kalau gak salah Pak Edwar Lebbe (bener gak yah  :-\). Kalau ngeliat materi yang diajarin di padepokan waktu itu, kok kayaknya gak ada unsur-unsur seperti yang disebutkan di atas ya (kayak cimande, syahbandar, beksi, cikalong dsb) lebih mirip materi untuk pertandingan. Atau memang kebeneran waktu saya liat itu pas lagi materi tanding kali ya  :-\ cmiiw
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

cupu

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #18 on: 17/09/2008 16:13 »
www.smionline.blogspot.com , terima kasih bung nagapasa atas masukannya . mohon maaf jika ada tulisan bung nagapasa yang di upload tanpa menuliskan nara sumbernya . kami sudah chek ulang semua artikel di www.smionline.blogspot.com dan semua artikelnya tertulis dengan jelas sumbernya . :)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #19 on: 19/09/2008 01:21 »
terimakasih mas cupu atas response, dan juga sudah melakukan pengecekan atas penulisan sumber berita yang anda muat.

selamat menikmati silaturahmi ala sahabatsilat, termasuk sharing informasi tentang SMI disini
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

rifai

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #20 on: 04/03/2009 20:54 »
salam satria!!!
kami dari Satria Muda Indonesia komwil jepara,sekedar memberikan informasi kepada SMI pusat dan seluruh anggota SMI di seluruh Indonesia bahwa di kota kecil Jepara SMI masih berkibar. dan kami minta saran dari para senior agar SMI bisa berkembang dan tetap eksis.

permata

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #21 on: 29/04/2009 17:08 »
wah bang indra chatib udah meninggal ya, innalilahi wa inna ilaihi rojiun. terakhir saya ketemu dibandung

semoga amal ibadahnya di terima disisinya

Bang Indra Chatib meninggal Maret 2002 karena serangan jantung... atas nama keluarga kami ucapkan terima kasih atas do'anya dan apabila ada perilaku,perkataan beliau semasa hidup mohon dibukakan pintu maaf.

Kembali ke topik SMI ini... benar yg disampaikan pada postingan sebelumnya...
Perguruan Silat ini didirikan dari keprihatinan Bapak Prabowo atas kurang diminatinya beladiri khas Indonesia ini oleh bangsanya sendiri. Terlihat di era tahun 80an menjamur dojo/club beladiri asing (Karate,TaeKwondo,dll) sementara pencak silat tidak dilirik... bahkan dihampir semua Sekolah (SMP,SMU,Univ) hanya beladiri asing yg ditonjolkan.

Kebetulan Bp Prabowo yg juga murid dari Alm.Abu Zahar (Guru Besar PS Baringin Sakti/BS) mengajak para seniornya (Bp.Edward Lebe,Taufik Bahaudin, Indra CB, dan beberapa lainnya) untuk mengembangkan pencak silat aliran nasional krn pada awalnya BS beraliran silat minang.
Dari pembicaraan awal itu diundanglah para Pendekar/Guru dari beberapa aliran seperti Cimande,Syahbandar, Beksi, Cikalong juga para pendekar Banten (Bp.Tubagus Chasan) untuk diajak bergabung dalam suatu bentuk organisasi yang akhirnya dinamakan Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPS-SMI).

Pada awal dibentuknya, para pendekar dan guru tsb mengikhlaskan jurus dan tehnik andalan mereka utk dijadikan kurikulum PPS-SMI, jadi bagi pesilat muda yg baru bergabung di SMI diajarkan jurus/tehnik yg sudah dibuatkan kurikulum. Kebetulan Alm Indra Chatib ditugaskan untuk menggodok kurikulum tsb sampai dijadikan sebuah buku pedoman latihan.
Kemudian dari beberapa pendekar muda (level dibawah guru) dilatih sesuai dengan kurikulum tsb sehingga mereka akan kembali kedaerah masing2 dapat mengajarkan teknik SMI tsb ke anggotanya (baik yg sudah lama dan baru).

Buku pedoman itu terus disempurnakan, dari hanya tulisan jurus/tehnik dalam bahasa Indonesia kemudian diupgrade ke tulisan dengan gambar sketsa contoh gerakan/teknik sampai versi yg terakhir dengan foto-foto dan video.... sayangnya pada saat itu belum sampai disebarluaskan secara umum ke KOMDA (komisariat daerah) krn kondisi sospol tidak menguntungkan SMI (thn 97/98).

Kelemahan dari multi aliran seperti di SMI adalah jika si Pendekar yg melatih anggotanya hanya berpatokan pada aliran yg ia miliki maka si pesilat didikannya otomatis hanya paham tentang aliran pelatihnya, Oleh karena itu Pengurus Pusat saat itu (88-96) selalu adakan Pelatnas utk para Pendekar sehingga pehaman tentang kurikulum SMI dapat disamakan.
Kelebihannya... tentunya setiap pesilat diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya untuk berlatih aliran silat tertentu dan tujuan akhirnya adalah mengembangkan dan melestarikan pencak silat tradisional Indonesia.

Kebetulan saya sejak mulai bekerja (2001) tidak bisa lagi ikut kegiatan PPS SMI namun dari info saudara seperguruan tetap memantau.

O ya terakhir (2001) saya mendampingi Bp. Edwar Lebe utk melatih di Padeppkan IPSI, kebetulan materinya disana utk Silat Tanding jadi memang tehnik yg diajarkan bukan materi SMI. Tim yg dilatih juga perwakilan dari beberapa PS seperti TS,MP,BP,SH,Kateda dll. Pada awalnya tim ini disiapkan untuk diterjunkan pada kejuaraan tarung bebas atau disiapkan sebagai rekan latih tanding tim pelatnas/pelatda.

Utk Saudaraku dari PPS SMI Komwil Jepara, tetap semangat dalam berlatih dan senantiasa berprestasi.

Salam Satria.


 

f4iz

  • Guest
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #22 on: 29/04/2009 20:44 »
Terima kasih juga Bang Satria atas penjelasan mengenai Silat Satria Muda Indonesia.
Wasalam,
Faiz

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #23 on: 30/04/2009 11:33 »
Kayaknya, kalau gak salah cimandenya SMI di dapet dari Bp.Tubagus Chasan. Insya Allah beliau itu dari Gagak Lumayung dan kalau gak salah juga beliau itu Jendral ya? panggilannya Jehan (jendral Hasan).

Kalau emang bener Cimandenya dari beliau, mantabs banget. Saya pernah denger beliau cerita tentang bagaimana beliau mencari ilmu silat dan ngeliat sedikit peragaan cimandenya.

Tetap semangat SMI...
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #24 on: 30/04/2009 14:40 »
salam satria,

terimakasih atas sharenya ya bu permata.

silahkan di lanjut tentang kaedah dan jurus jurus sminya di sini biar bisa saling menambah pengetahuan
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

permata

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #25 on: 30/04/2009 17:01 »
Kayaknya, kalau gak salah cimandenya SMI di dapet dari Bp.Tubagus Chasan. Insya Allah beliau itu dari Gagak Lumayung dan kalau gak salah juga beliau itu Jendral ya? panggilannya Jehan (jendral Hasan).

Kalau emang bener Cimandenya dari beliau, mantabs banget. Saya pernah denger beliau cerita tentang bagaimana beliau mencari ilmu silat dan ngeliat sedikit peragaan cimandenya.

Tetap semangat SMI...

Mungkin yg dimaksud Bang Abu Zakka bukan Jendral Hasan, sepengetahuan saya Pak TB Chasan ini orang sipil. Kebetulan saya lupa nama Pendekar Cimande yg bergabung dengan SMI... nanti sy coba baca2 buku sejarah yg disimpan biar bisa up to date infonya.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #26 on: 01/05/2009 11:38 »
Apa mungkin orang yang dimaksud adalah TB Chasan Sochib yang ketua PPPSBBI Banten ? (CMIIW)

mohon maaf kalo salah..

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

revanza

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #27 on: 08/06/2009 19:02 »
Di Daerah bandung sendiri tempat latihannya dimana ya??  ???

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #28 on: 21/03/2011 18:07 »
aslam silat

Teman teman yg anggota SMI atau mamahami SMI, saya ingin tahu tentang Guru Besar SMI yang saat ini tinggal di Desa Jampang Parung, saya juga ingin diceritakan soal Jurus Jampang yang diajarkan oleh Guru Besar ini...asya dengar untuk tingkat tertentu diajarkan jurus tradisi tempat aliran ini bergabung di SMI...

Menarik karena dalam mengembangkan Jampang sebagai Kampoeng Silat ternyata ada aliran di Jampang yang bergabung dengan SMI dan menjadi salah satu guru besarnya...

Mohon info jika yg saya dengar ini keliru..asya berterima kasih atas penjelasannya

salam

torajenggot

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: perguruan silat satria muda indonesia
Re: Silat Satria Muda Indonesia
« Reply #29 on: 07/05/2011 16:07 »
assalamu alaikum
salam silat satria muda indonesia :)

 

Powered by EzPortal