+-

Video Silat


ICE 2009, performance gerak gulung (aplikasi 2)
Silek Minang Pandeka Cupak Hosra Afrizoni 1
Tarung Bebas Genggong
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Silek Kumango
vidioku
"THE SILAT FIGHTING" (last scene,part 1)

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Silek Cupak Mak Danin Capek  (Read 52719 times)

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Silek Cupak Mak Danin Capek
« on: 27/11/2010 11:50 »
Ass, Selamat Siang Sahabat Silat Semuanya   :) saya senang sekali bisa ikut bergabung di dunianya para pendekar ini,walaupun saya tidak bisa apa-apa.
saya akan mencoba share sedikit tentang silek yang saya pelajari dulu waktu di kampuang,
tepatnya di nagari Cupak kabupaten solok, sumatera barat, dari mulai saya SMP sampai tamat SMA, dengan proses belajarnya secara diam - diam kerumah gurunya tanpa ada orang yang tau,
karena beliau tidak membuka perguruan/sasaran silek secara terbuka,hanya ke orang2 tertentu saja baik dinagari cupak sendiri atau pada saat beliau pernah tinggal di kota padang,ada beberapa murid beliau yang dari kota padang,medan , cina, koto anau dll.
Pertama saya belajar kepada Bapak Danin  capek secara langsuang,cuma karena karakter beliau yang sangat keras dalam mengajarkan silek, akhirnya tidak beberapa bulan latihan bersama mak danin capek,saya akhirnya memutuskan untuk belajar  dari murid utama beliau yaitu gaek paduko,dari beliau inilah saya mendapat banyak cerita tentang tentang silek mak danin capek  ini, saya tidak tau nama silek ini hanya beliau suka menyebutnya silek langkah tigo, karena dasar langkahnya langkah tigo, langkah tikam2, memang mak danin capek ini orang yang sangat cinta dengan silat, sehingga beliau sudah belajar silat ke berbagai pelosok minang kabau sejak dari beliau muda belia, berbagai aliran silek di minangkabau beliau pelajari seperti silek tuo,silek lintau, silek harimau,silek kumango,silek sitaralak, silek kinari jantan dan batino,silek luncue,silek induek ayam,silek paueh dan lain2,bahkan sampai ke silat banten dan bugis, dari hasil perjalanan beliau menekuni ilmu silat inilah akhirnya beliau memformulasikan berbagai gerakan dari berbagai aliran silek di minangkabau bahkan konon kata guru saya gaek paduko, termasuk beberapa gerakan dari silek bugis dan banten, jadilah hasilnya seperti silat yang saya tekuni ini,
 karena belum ada namanya sehingga saya menamakannya silek cupak mak danin capek,memang dari hasil pantauan saya dari berbagai aliran silek di minangkabau, secara keseluruhan dari gerakan silek mak danin capek ini belum ada yang sama persis dengan aliran2 silek yang lainnya,kecuali ada beberapa gerakan yang sama dengan silek2 minang yang lainnya.
dan insya allah beliau mak danin capek ini masih hidup sampai hari ini, perkiraan umur beliau saat ini lebih dari 70 tahun,dan beliau ini termasuk pandeka/labai yang sangat disegani dan ditakuti di nagari cupak kabupaten solok ini.
demikian informasi yang bisa saya share tentang silek cupak mak danin capek ini,mohon maaf kepada rekan2 sahabat silat semuanya kalau saya terlalu berlebih2an dalam menyampaikan informasi tentang silek ini, bukannya saya bermaksud promosi hanya sekedar sharing,agar budaya asli indonesia pada umumnya dan budaya minangkabau pada khususnya tidak hilang, dan kita bisa menghargai kejeniusan orang2 tua dulu dalam menciptakan ilmu silat,sekian wassalam terimakasih. [[peace2]]

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #1 on: 27/11/2010 13:49 »
Menarik sekali..Kalau bisa mak danin kita undang ke jakarta lewat sahabat silat dan sedikit memberi pelajaran silek minang..:)

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #2 on: 28/11/2010 13:04 »
Setuju uda SK... tapi sebelum mengundang mak danin nan jauah di solok sana, gimana kalo uda bayu umbara kapan2 mampir kongkow2 dengan kita2 di Jakarta. Momen Kejuaraan Dunia Pencak Silat bulan depan bisa jadi ajang silaturahmi sahabat silat juga tuh :)

Wassalam,
TP

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #3 on: 29/11/2010 12:58 »
Uda SK dan Bang Taufan, terimakasih atas tanggapannya :D
alhamdulillah saya juga berharap begitu, melalui sahabat silat kita bisa menghadirkan mak danin di jakarta
dulu zaman bapak azwar anas jadi gubernur sumbar beliau mak danin capek dan gaek paduko pernah tampil membawakan tari pisau dan tari galombang dihadapan gubernur pada waktu itu.
sepengetahuan saya untuk silatnya sendiri memang kalau untuk dipertandingkan maupun sebagai pertunjukan agak kurang menarik,karena memang bukan silat pertandingan maupun pertunjukan
karena memang silatnya lebih kearah teknik mengalahkan dan melumpuhkan musuh secara cepat
jadi tidak ada seni pencaknya,dan memang silat ini tidak melakukan teknik berjurus atau tidak ada jurusnya,jadi tidak bisa ditampilkan perorangan
jadi memang harus langsung berhadapan,banyak terdapat teknik kuncian dan patahan,baik dalam posisi silat nya sambil berdiri,sambil duduk atau jongkok bahkan sambil tidur sekalipun gerakannya sama.
oh ya sebenarnya ada anak tertua  beliau dijakarta dan  menurut cerita anak beliau ini juga sudah cukup lumayan menguasai silat bapaknya,saya memang belum ketemu secara langsung karena beliau ini sudah lama lebih dulu merantau kepulau jawa ini ketimbang saya,tapi saya ga tau alamat jelasnya,sedangkan saya ga bisa menghubungi mak danin kecuali harus pulang kampung,
bang taufan mudah2an kalau saya punya kesempatan,saya mau bersilaturahmi dengan sahabat silat dijakarta,walaupun saya tidak bisa apa2 bang,kalau boleh saya minta alamat lengkap sahabat silat dijakarta,sekali lagi terima kasih uda sk dan bang taufan atas apresiasinya,mudah2an allah mempertemukan kita semua dalam silaturahmi yang sesungguhnya,amiin

kelana

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 4
  • Reputation: 3
  • Sahabat Silat
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #4 on: 06/01/2011 16:17 »
saya berminat belajar silat cupak, alamat saya ada di medan

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #5 on: 06/01/2011 16:59 »
wah jauh sekalee om kelana kalau dari bandung,kalau dari minang sih ga terlalu jauh barang kali mau jalan2 ke nagari cupak kabupaten solok bisa langsung ke sumbernya, tapi saya sering kemedan om, dimana alamatnya om kelana di medan?nanti kalau saya lagi berkunjung ke medan saya mampir,di PM aja kalau ga mau diekspos,terima kasih om kelana
salam

kelana

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 4
  • Reputation: 3
  • Sahabat Silat
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #6 on: 14/01/2011 18:34 »
ni saya berikan no HP kalo berkunjung ke medan hub kemari aja

087769443118/088261712591

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #7 on: 15/01/2011 09:37 »
Oke terimakasih bang kelana
salam

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #8 on: 20/01/2011 10:11 »
Alhamdulillah sudah mulai bermunculan bibit-bibit yang menggemari silek minang khususnya silek cupak terutama di kota bandung sebagai salah satu bagian kecil dari kekayaan asli tradisional indonesia,mudah-mudahan bisa dikenal lebih luas lagi dimasyarakat, terimakasih atas animo dan semangatnya,dan mohon maaf atas keterbatasan kemampuan maupun pemahaman saya terhadap silat tradisional minangkabau pada umumnya dan silek cupak pada khususnya, karena hanya bermodalkan kepada kecintaan dan kegemaran terhadap budaya silat tradisional indonesia agar tetap lestari sepanjang masa dan tidak tergilas oleh budaya inport, saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa,tolong diingatkan dan diluruskan kalau saya keliru atau kurang tepat dalam menyampaikan sesuatu,terimakasih
salam

Rangkayo Mudo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 75
  • -Receive: 4
  • Posts: 6
  • Reputation: 4
  • JBFR
  • Perguruan: Silek Situjueh-tujueh
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #9 on: 04/02/2011 16:53 »
Salam kenal sahabat semua,saya masih baru di forum SS ini, perkenalkan nama saya Jonny Boy Fahrenheit Riza (JBFR) alias rangkayo mudo itu gelar suku saya di nagari cupak  karena setiap putera minang  yang keturunan datuk pasti ada gelarnya, saya mengetahui tentang SS ini dari urang sumando saya atau ipar saya yang pindah kekampung dengan seluruh keluarganya dari bandung beberapa hari yang lalu katanya adik saya aktif di forum SS jadi saya nyoba2 untuk belajar aktif di forum ini, saya adalah murid dari gaek siri paduko yang merupakan murid dari mak danin capek seperti yang telah diceritakan bayu,saya adalah murid terakhir beliau dan saya  belajar hanya berdua saja dengan beliau karena beliau sudah tidak menerima murid lagi, sudah lama saya tidak latian lagi karena beliau semakin tua dan kekuatan fisiknya sudah mulai berkurang ,gaek paduko lebih tua dari pada gurunya mak danin,saya tidak pernah belajar langsung sama mak danin seperti bayu umbara,secara umur saya adalah kakaknya bayu tapi secara latian silat saya adalah adik seperguruannya,kalau bayu belajar silat waktu dikampung baru pergi merantau kalau saya kebalikannya setelah lama merantau baru balik kekampung dan belajar silat sesuai referensi dari adik saya jadi belum pernah belajar bareng sama bayu ke gaek paduko karena dia udah dibandung, saya baru tau kalau silek ini dinamakan silek cupak mak danin capek oleh bayu umbara,kalau saya taunya Cuma silek langkah tigo atau kalau gaek paduko pernah bilang silek situjueh-tujueh karena ada 7 tahapan atau bagian dalam silek ini: langkah,palabeh,gelek,galicik galenong,garak,angin,raso,tapi memang silek ini belum ada namanya yang resmi,karena silek ini juga tidak dikenal secara umum di nagari cupak apalagi di minangkabau,karena pola tertutup yang pernah diterapkan oleh mak danin, tapi saya sangat berterima kasih kepada adik saya hosra alias bayu umbara yang mau mengenalkan silek ini ke masyrakat banyak,mudah2an kedepannya silek yang belum ada namanya atau yang sekarang dinamain silek cupak mak danin capek oleh bayu umbara lebih dikenal oleh masyarakat seperti silek minang lainnya, karena hari ini yang menguasai silek ini masih sedikit sekali ,generasi tua beberapa orang, untuk generasi mudanya yang saya tau juga hanya beberapa orang juga, ada soger murid mak danin yang dulu pernah buka sasaran silek tapi udah lama mati sasarannya,dola anaknya mak danin, ga tau kalau anak mak danin yang dijakarta seperti apa penguasaannya,kalau hosra atau bayu umbara saya juga tidak tau seperti apa penguasaannya terhadap silek ini karena sudah lama sekali tidak ketemu,karena dia jarang pulang, karena silek ini memang sangat fleksible dia akan terus berkembang sesuai perkembangan kemampuan simurid dalam beladiri dan dalam memahami inti dari silat itu sendiri asal sudahn menguasai langkah,palabeh dan gelek maka silat ini akan terus berkembang pada diri simurid dan memang setiap orang yang belajar silek ini akan menghasilkan hasil yang berbeda sesuai karakter dan pemahaman gerak dan reflek yang ditimbulkannay, jadi dalam silek ini tidak dikenal adanya putuih kaji atau tamat kaji seperti silat minang yang lainnya,dia akan terus bertambah seiring bertambahnya teknik beladiri atau silat yang dipelajari sang murid,sekian perkenalan dari saya,maaf kalau perkenalannya kepanjangan,terima kasih
Rangkayo mudo
Alam Takambang Jadi Guru

limpato

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 12
  • -Receive: 39
  • Posts: 76
  • Reputation: 47
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #10 on: 04/02/2011 18:29 »
Salam kenal Angku Rangkayo Mudo
Menarik sekali tambahan penjelasan yang diberikan oleh Rangkayo ini,


jadi dalam silek ini tidak dikenal adanya putuih kaji atau tamat kaji seperti silat minang yang lainnya,dia akan terus bertambah seiring bertambahnya teknik beladiri atau silat yang dipelajari sang murid,

Penjelasan yang Rangkayo berikan ini adalah kunci bagi saya untuk menemukan siapa yang yang mirip dengan salah seorang guru silek dari Pauah Kota Padang. Ternyata ada kemiripan,
1. Sama-sama menggunakan langkah tigo (langkah tiga) sebagai unsur dominan,
2. Sama-sama tidak mengenal kata putus, alias tidak tamat belajar. Ini memang agak unik dibandingkan dengan umumnya sasaran (peguruan) silat. Beliau (almarhum) dulu mengatakan kaji silek indak bakaputusan (tidak ada istilah tamat belajar silat)

Kaji tidak berkeputusan sama dengan pepatah yang mengatakan : Sungguahpun sadang bijo labu, bumi jo langik ado didalam (Sungguhpun sebesar biji labu, bumi dan langit ada di dalam). Adapun bijo labu di dalam silek adalah tagak, langkah, simpia (simpir), gelek dan balabek.  Pengembangan dari gerakan sederhana ini menjadikan ribuan gerakan silek, sehingga hanya beberapa gerakan saja yang bisa diberi nama, selebihnya tidak ada nama, sama halnya dengan pemain jazz yang berimprovisasi di dalam permainan musik, meskipun bebas, tapi tetap terpola, tepat , manis dan berkarakter.

Mencari pertalian silsilah guru di dalam silek bukanlah hal yang mudah, karena umumnya hanya 3-4 guru di atas yang kita ketahui, solusinya adalah kita hanya bisa menjadi pertalian silat ini melalui karakter silat yang digunakan oleh guru tersebut. Berbeda dengan pengamal tarikat yang bisa merunut silsilah sampai ke Nabi Muhammad.
Satu lagi, daerah Pauah, Kota Padang adalah salah satu daerah rantau dari masyarakat Solok, jadi bisa saja ada pertalian di masa lalunya. Di masa perjuangan dahulu, masyarakat Pauah terkenal gigih menentang Belanda, sehingga Belanda malas "berurusan" dengan masyarakat Pauah ini dengan cara memusatkan diri pada wilayah Padang Kota saja.

Satu lagi pertanyaan saya, apakah guru tersebut sering berjinjit ketika main? Apakah telapak kaki beliau (sering, bukan selalu) hanya separo menyentuh tanah jika bersilat?.

Salam.
Tasurek, tasirek, tasuruak (tersurat, tersirat  dan tersembunyi)

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #11 on: 04/02/2011 20:57 »
Wah.. ini menarik. Silek yang belum ada nama, yang belum dibakukan jadi perguruan.

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #12 on: 04/02/2011 22:55 »
Salah satu harta budaya yang masih "terpendam".
Ternyata memiliki landasan kuat/ prinsip dasar beladiri pencaksilat/silek, yang memberi ruang pada pertumbuhan, tanpa kehilangan jatidirinya.
Semoga forum ini menjadi titik temu bagi para penerus untuk bangkit melestarikannya.

Salam.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #13 on: 04/02/2011 23:41 »
Ass,tarimo kasih banyak bang,salamek bagabuang di sahabat silat,banyak alemu jo pangalaman urang disiko nan bisa dijadikan palajaran untuek diri awak di forum ko, minimalnyo panambah sumangek baraja silek.
saya senang bisa tersambung dengan guru2 saya dikampung melalui abang lewat forum ini,gimana khabarnya mak danin dan gaek paduko dikampuang bang?salam kepada beliau berdua,titip pesan kepada mak danin kalau ketemu,ditunggu balasan surat yang saya kirimkan mengenai informasi sejarah dan silsilah silek yang beliau kreasikan ini,informasi ini sangat signifikan sekali demi perkembangan dan pengembangan silek cupak ini kedepannya,sekedar info buat abang dan yang lainnya waktu tahun 1996 saya pulang kampung karena waktu itu saya mau belajar tari pisau dan silek galombang kepada mak danin dan gaek paduko, sebab waktu itu saya dan teman2 dari group orang minang yang terlibat dikepanitiaan mau tampil di acara pengangkatan Bpk R Nuryana gubernur jabar sebagai ninik mamak urang minang dibandung yang acaranya bertempat disabuga,dan partner saya belajar tari pisau dan tari galombang waktu itu adalah soger,dan waktu itu gaek paduko dan mak danin sudah memberikan mandat kepada saya untuk mengajarkan dan mengembangkan silek ini di pulau jawa bahkan gaek paduko pernah berpesan kepada saya udah aja dibuat jurus2nya biar bisa disesuaikan dengan kondisi perguruan yang ada di jawa katanya,cuma saya belum menemukan pola yang paling pas,akhirnya saya biarkan saja sebagaimana aslinya sampai hari ini paling teknik2nya saya kreasikan lagi dengan berbagai teknik lain yang pernah saya pelajari , jadi saya sudah mendapat restu dari beliau berdua untuk memberikan silat ini kepada orang lain,walaupun apa yang saya pahami pasti masih sangat jauh dari apa yang mak danin dan gaek paduko kuasai,oh ya mengenai soger kalau ga salah beliau ini lebih duluan dari saya belajar ke mak danin dan dia hanya belajar ke mak danin saja dan dia juga sudah mendapat mandat dari mak danin makanya dia sudah pernah membuka sasaran jadi memang seperti yang disampaikan abang saya karena disilek ini tidak ada putuih kaji jadi yang ada adalah referensi atau mandat dari guru untuk mengajarkan kepada orang lain atau istilahnya ijin untuk membuka sasaran,dan mengenai dola anak mak danin itu periode setelah saya karena memang umurnya juga dibawah saya,karena waktu saya smp,dola masih sd tapi waktu itundola juga sudah mulai belajar kebapaknya walaupun belum begitu intensif.
mengenai pertanyaan uda limpato saya coba jawab sedikit,karena memang silek ini dikreasikan dan diformulasikan oleh mak danin dari berbagai aliran silek minang yang beliau pelajari otomatis pasti ada kesamaan prinsip dengan beberapa aliran silek minang,walaupun secara keseluruhan gerakan maupun bentuk silek tidak ada yang sama dengan salah satu dari aliran silek yang ada,kalau beberapa gerakan atau teknik mungkin ada kesamaan dari beberapa aliran yang ada,seperti ada gerakan atau teknik yang sama dengan silek kumango,lintau,sitaralak,paueh,kinari,dll,cuma tidak berafiliasi dengan salah satu dari aliran silek yang ada diminang,memang kadang2 sepengetahuan saya ada juga gerakan kaki yang jinjit walaupun tidak sering terutama kalau disilek cupak ini untuk kaki belakang pada saat melakukan gelek,cuma saya juga belum pernah meliat langsung seperti apa langkah jinjit yang dilakukan oleh silek paueh,mungkin kalau saya sudah meliat langsung,pasti saya bisa mengatakan oh ya seperti itu sama,mudah2an suatu saat saya bisa menyaksikan langsung silek paueh ini,
sedikit cerita tentang silek cupak yang berhubungan dengan abang saya rangkayo mudo ini,saya pernah mendapat cerita,beliau ini punya teman namanya zul dan juga kebetulan teman akrab saya juga waktu dikampung walaupun lebih senior dari saya, zul ini belajar silek langkah satu dan sitaralak, setelah abang saya kembali menetap dikampung dan belajar silat,waktu itu setelah 3 bulan belajar dia diajak zul untuk berkunjung ketempat guru silek sitaralaknya,waktu itu karena cuma mereka berdua,gurunya menyuruh zul main silek dengan abang saya ini,zul itu sudah mahir sedangkan abang saya baru belajar 3 bulan,cuma waktu itu beberapa kali zul kekunci dan keserang oleh abang saya dan tidak bisa melepaskan kunciannya atau mengelakkan serangannya,sehingga gurunya zul marah, gitu aja ga bisa katanya karena saking emosinya,karena dia tau abang saya ini baru belajar melangkah ,istilahnya,akhirnya gurunya pun turun tangan main dengan kakak saya,setelah beberapa lama main silat sampai suatu ketika gurunya zul kekunci dan tidak bisa membuka kunciannya sama sekali,sampai tidak bisa bergerak lagi,entah karena abang saya ini badannya lebih besar dan lebih berotot saya juga kurang tau,karena memang abang saya ini badannya tinggi besar dan berotot,atau memang karena tekniknya yang baru 3 bulan belajar,sampai ahirnya permainannya disudahi begitu saja, mungkin seperti itu sekelumit kisah tentang silek cupak ini. terimakasih untuk semua yang sudah memberikan apresiasi terhadap silek cupak ini,mohon maaf kepada semuanya kalau saya terlalu berlebihan dalam mengisahkan,terima kasih
salam

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: Silek Cupak Mak Danin Capek
« Reply #14 on: 05/02/2011 06:04 »
Maaf ikut nimbrung..........Aki Sija sangat tertarik sekali klo cerita silat tradisional apapun, dari manapun datangnya termasuk Silek Cupak Mak Danin [top] [top] [top]

Ayo gali terus Uda Bayu Umbara dan Angku Rangkayo Mudo.........salam kenal dan semangaaaaat  [[peace2]]

Gak lupa salam juga buat Uda Limpato.....gimana kabarnya ? :)

 

Powered by EzPortal