+-

Video Silat


Silat Sera Indonesia by Garis Paksi Indonesia
Sparing partner PERSINAS ASAD SD
persinas asad
Paseban - Pengasinan di FIB UI #2
Silat Betawi Pengasinan
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Langkah Troktok 01

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tapak suci putera muhammadiyah  (Read 24586 times)

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #30 on: 10/11/2008 08:48 »

salam persaudaraan dari saya, Warga Persaudaraan SH Terate Pusat Madiun.


Saya mau juga ikutan salam. Salam dari Jauh!

Dulu waktu masih remaja, ada teman yang nglatih di Tapak Suci.
Karena kerjaannya sehari-hari adalah satpam. Maka latihannya hanya sore hari. Sayang saya tidak bisa ikut berlatih, kalau jadwalnya cuma di sore hari.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

BelaPraktis

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #31 on: 10/11/2008 10:51 »
tapak suci ini ada hadirannya gak?
klo menurut ane pribadi, gak semua aliran PS tuh ada yg perlu suatu 'hadiran'
(btul gak ya???) :)
coz di perguruan ane gak ada namae 'hadiran', jadi emang kalo bergerak dengan kondisi 'sadar'
tapi gak tau juga, di TS ini ada juga yg begituan ato ga.....

dulu waktu SMP kelas 2, ane pernah ikut latian TS di madiun(dulu di belakang gdung walikota), udah sempat dapet jurus dasar2 yg namae mirip hewan gitu(lupa aku),tapi gak sampe 6 bulan ane udah keluar karena gak cocok ma hati(peace [top])

emang ane akui, klo metode lat TS emang jempolan. dasar2 pukulan/tendangan udah dikasih secara benar, dan secara gak langsung mempengaruhi diri ane saat masuk latihan SH Terate 1 tahun kemudian. belum pendidikan akhlaknya yang siiiph benerrr....

klo boleh saya tau, ada berapa tingkatan Siswa dan Pendekar dalam TS?

salam persaudaraan dari saya, Warga Persaudaraan SH Terate Pusat Madiun.

hehehe... kirain kehadiran kl lagi rapat/pertemuan, kan suka ada di surat undangannya: diharapkan kehadirannya tepat waktu. Gitu.. hehehe..

Keseluruhan di TS itu kurang lebih ada 15 tingkat, terbagi dalam 3 jenjang: Siswa, Kader, dan Pendekar.

Salam persaudaraan juga dari kami untuk saudara2 di SH Terate Pusat Madiun
BelaPraktis - Self Defense Training

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #32 on: 10/11/2008 10:55 »
Mau tanya nich, apa benar Bapak Prof. Dr. Amien Rais adalah salah satu pendekar dari Tapak Suci?
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #33 on: 10/11/2008 11:20 »

Salam persaudaraan juga dari kami untuk saudara2 di SH Terate Pusat Madiun
[/quote]

salam balik lagi ajah deh :P

di madiun, kantor sekretariat nya TS letaknya bertetangga ama padepokan pusat SH Terate loh...
n selama ini hubnya lancar2 aja.

peace.....

salam persaudaraan
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #34 on: 13/11/2008 09:58 »
Permisi om2 skalian, krn skrg saya sudah bisa login dengan login asli, maka saya tidak gunakan login cadangan: belapraktis. Demikian 86.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #35 on: 13/11/2008 09:59 »
Mau tanya nich, apa benar Bapak Prof. Dr. Amien Rais adalah salah satu pendekar dari Tapak Suci?


Yup. Kira-kira begitu. Waktu muda dulu beliau aktif juga di TAPAK SUCI.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #36 on: 13/11/2008 10:01 »

Salam persaudaraan juga dari kami untuk saudara2 di SH Terate Pusat Madiun

salam balik lagi ajah deh :P

di madiun, kantor sekretariat nya TS letaknya bertetangga ama padepokan pusat SH Terate loh...
n selama ini hubnya lancar2 aja.

peace.....

salam persaudaraan
[/quote]

ALhamdulillah bertetangga. Bisa saling menjaga dan saling bantu. Terima kasih.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #37 on: 13/11/2008 10:19 »
Sekedar mw sharing, Beladiri TAPAK SUCI mengaplikasian senjata maupun tangan kosong. Adapun yang termasuk dalam pelajaran baku ttg senjata, yaitu senjata-senjata khas TAPAK SUCI. Namun dalam pendasarannya, senjata yg perlu dikuasai dengan baik yaitu Toya. Namun ini bukan berarti TAPAK SUCI setelah itu tidak mempelajari senjata-senjata umum lainnya dalam Pencak Silat, seperti golok, kipas, rante, clurit, dsb. Penguasaan atas berbagai macam senjata2 memang dianjurkan kepada setiap praktisi TAPAK SUCI. Ini sangat terkait dengan filosofi para pendekar ttg senjata. Bahkan dalam pengembangannya, TAPAK SUCI berkeinginan untuk mempelopori kembali penguasaan senjata-senjata yang hampir punah atau jarang diaplikasikan dalam beberapa perguruan. Misalnya, ada praktisi di TAPAK SUCI yang menguasai Keris atau ada pula yang menguasai permainan Kerambit. Selain untuk mengembangankan dan mewariskan seni budaya Nusantara, hal ini juga untuk memperkaya khazanah ilmu pencak silat. Tentunya, permainan Keris atau Kerambit yg dimaksud itu berangkat dari Kaidah Dasar dan "penafsiran" keilmuan TAPAK SUCI, sehingga dalam penampilannya tetap khas.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #38 on: 13/11/2008 12:50 »
Keseluruhan di TS itu kurang lebih ada 15 tingkat, terbagi dalam 3 jenjang: Siswa, Kader, dan Pendekar.

Oooo ... kirain ada 9 tingkatan dengan 3 sabuk, masing-masing sabuk dibagi 3 jenjang yang ditandai dengan banyaknya gambar melati.

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #39 on: 13/11/2008 17:52 »
Tiap tingkatan ditandai dengan Melati, itu sudah benar. Untuk tingkat Siswa, Melati berwarna cokelat. Untuk Kader, Melati berwarna Merah. Sedangkan untuk Pendekar, Melati berwarna Hitam.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 6
  • Posts: 417
  • Reputation: 42
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #40 on: 13/11/2008 18:14 »
Hallo,
dari teman saya, salah seorang pendekar Tapak Suci. Beliau bilang bahwa utk ujian ke pendekar di tapak suci, mereka harus mengembangkan senjata baru dan tentu saja aplikasih dalam silat. Kalau demikian jenis2 senjata di TS semakin lama semakin banyak ya, dan juga sifatnya menjadi individual tergantung yg mengembangkannya. Pertanyaan saya, apakah semua senjata yg sudah dikembangkan ini didokumentasikan di (pusat) tapak suci? Berapa banyak senjata yg sampai skr sudah dikembangkan oleh para pendekar TS? Contohnya?
Salam
Chandrasa

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #41 on: 14/11/2008 01:08 »
Salam kenal Mas Sedyaleksana/Chandrasa. Dari PD yah..wah antara PD dengan TS memang sepertinya sudah saling mengenal neeh :)
Ok menjawab apa yang mas sampaikan. Sebelumnya di TS sendiri sudah ada senjata-senjata khas antara lain seperti Toya, Golok Mawar, Tombak Naga, dan tentu Segu. Namun dalam pengembangannya praktisi dituntut pula menguasai senjata-senjata umum lainnya. Karena merupakan wadah pesilat-pesilat di Muhammadiyah, maka tak mengherankan banyak pendekar-pendekar di daerah "menyumbangkan" keilmuannya. Inilah kemudian mendorong proses standarisasi nasional, sekalipun corak-corak kedaerahan tetap harus ditonjolkan. Standarisasi ini juga bertujuan agar arah pengembangan yg dilakukan, tetap diatas kaidah dan berbasis pada khas perguruan.


...dilanjut.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #42 on: 14/11/2008 01:10 »
lanjutan...

Ada benarnya kalau dibilang sifatnya menjadi individual tergantung yg mengembangkannya krn penyebarannya memang tidak merata. Untuk dapat masuk dalam kurikulum standarisasi, maka diperlukan pembuktian. Bila si A mengembangkan permainan tombak, maka nanti dihadapkan dengan mereka yang juga melakukan penelitian dan pengembangan pada permainan tombak. Hasilnya, itulah yang distandarisasikan. Jadi belum tentu seseorang dengan penguasaan senjata, sudah dapat menurunkan ilmunya itu langsung ke anak didinya, bahkan meng-klaim sebagai ilmu perguruan. Semua harus melalui pembuktian. Itulah fungsi Dewan Guru dan Dewan Pendekar. Birokrasi ini perlu dilalui.

...dilanjut.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #43 on: 14/11/2008 01:17 »
lanjutan...

Sayangnya belum semua terdokumentasikan. Pembuktian2 yg dilakukan apalagi pada masa-masa lalu, biasanya tidak terekam dan tidak terekspose di publik. Namun memang prosedurnya seperti itu. Biasanya "dengan senang hati" para sesepuh menguji pendekar yg ingin melakukan pembuktian. Sebelumnya "mengajukan proposal" dl baru ditentukan kapan dan bagaimana mekanisme pembuktiannya akan dilakukan. "Proposal" dimaksud itu bisa berupa karya tulis atau karya nyata berupa visual. Sekarang sudah jamak Pendekar merekamnya dulu dengan handycam, kemudian disajikan sebagai proposal awal dalam bentuk CD.
Pendekar sesepuh di Situbondo (Bapak Ismail Fathillah), di Jember, Malang, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Jawa Barat, sampai ke Jakarta, dan beberapa daerah lainnya, biasanya sebagai penguji. Figur yang paling kental dlm hal ini tentunya adalah alm. Bapak M. Barie Irsjad. Biasanya malah akhirnya pendekar tsb "ngalap ilmu" dari beliau.

...dilanjut.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: tapak suci putera muhammadiyah
« Reply #44 on: 14/11/2008 01:34 »
lanjutan..

Kl jenis senjata, umumnya yang sudah distandarisasi/dibakukan itu membawa nama yg khas, seperti Tombak Naga (permainan senjata panjang), dan Golok Mawar (senjata pendek). Ada pula senjata2 khas lainnya seperti senjata Alif (dua versi), dan Segu. Dari beberapa induk itu bisa dikembangkan lebih luas, seperti misalnya Golok Mawar bisa dikembangkan dalam permainan Keris. Ini yg saya alami sendiri, krn sifatnya justru tidak mengandung sifat membacok, sekalipun namanya golok. Sedangkan kipas, rante, clurit, golok, pisau, trisula, sudah semacam senjata standar, yg masing-masing sudah membawa corak kedaerahan/pengembangan masing-masing.

Adapun biasanya jurusan-jurusan tingkat lanjut ini dijalani pada tingkat Kader, yg merupakan tingkat pendalaman, menuju spesialisasi. TAPAK SUCI sendiri bukan perguruan palu gada (apa lu mau, gw ada). Jadi bukan berarti bisa semuanya, atau jago semuanya. Justru masing-masing akan ada nara sumbernya sendiri, spesialisasi sendiri, yang sama itu adalah akar/basis keilmuannya.
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

 

Powered by EzPortal