+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: THS-THM  (Read 65478 times)

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: MP - THS/THM - Reti Ati Satu Ilmu
« Reply #30 on: 28/03/2008 10:18 »
Menurut Mbah Marto--yang berusia diatas 70 tahun ini-- PH adalah hasil olahan budi Rm Mangku dalam menghadapi situasi sosialnya dan bukan dengan hasil berguru atau belajar pada orang tertentu (sebut saja aliran setia hati atau PSH atau sedulur tunggal kecer). Dalam perjalannya Rm Mangku dan teman2nya pernah membentuk Be United sebagai wadah untuk bertukar  ilmu. Seingatku hal ini pernah dibahas di kpsnusantara.com...mungkin bisa direfer kesana.

Mana yang betul?


Mas Sosro Birowo,
hasil konfirmasi dengan Mas Wid, pendekar PH yang masih exist, penjelasan yg benar adl versi mas Sosro (bukan teh otong kan?? ;D). Romo Mangku memang mendapatkan PH dari olah rasa beliau,bukan dr STK. Bahkan bbrp tokoh dr TSK kemudian berguru kepada Romo Mangku, contohnya Mbah marto yg sekarang dituakan dulunya dari SHT.

IMHO, be open and frank di PH tidak ada jurus yang ada adlah hindaran dan langkah; hindaran ada 64, kalo langkah ya standard; lurus, segitiga, segi empat, pancer, etc, Cuma kalo diliat kuda2nya ada permainan PH yg menurut saya agak dipengaruhi silat minang: kuda2 rendah dan permainan bawah. Di PH dikenal denngan nama setengah langkah. Apakah Romo mangku pernah berkelana ke tanah Minang or berguru silat minang kulo ndak tau... yg jelas pengaruhya sepertinya ada.

Wassalam.
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: THS-THM
« Reply #31 on: 28/03/2008 13:15 »
Kalau maenan bawahnya PH, mengingatkan kita pada demonya silek kumango beberapa waktu yang lalu. Sayang mantrijeron waktu itu gak ikut...

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
"Tunggal Banyu"
« Reply #32 on: 28/03/2008 15:35 »
Terima kasih buuanyak banget tuk para pendekar lintas perguruan satu aliran. Bener2 menambah dan memperkaya pengetahuanku...malah ada istilah bagus "tunggal banyu"....sip...sip...

Jadi teringat ada istilah terkenal di masa kecil :"tunggal guru tunggal ilmu ojo saling ganggu" artinya satu guru satu ilmu jangan saling mengganggu.
Saya harus mengakui kebenaran pendapat rekan-rekan mengenai sejarah Persatuan Hati. Pemaparan yang saya utarakan jelas salah...karena saya kurang informasi mengenai pengertian "forum silaturahmi empat pendekar sepuh itu" yang ternyata memang tidak saling menggurui dan masing2 mempunyai akar sendiri.
Bahwa dalam perkembangannya terdapat kemiripan satu dengan yg lain disebabkan karena sikap rendah hati dan murah hati diantara keempat pendekar itu sendiri yang saling berbagi. Bahasa saya mungkin tepatnya adalah saling mengangkat saudara sehingga mereka menjadi "tunggal banyu".

Terima kasih atas pencerahan dan kerelaan rekan2 smua untuk bersilaturahmi ke para pendekar tua yg menjadi sumber sejarah sehingga kita sbg para penerus sejarah ga kehilangan makna dan budaya silat itu.

Hidup tunggal banyu !!!
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Filosofi-filosofi THS-THM
« Reply #33 on: 07/05/2008 09:39 »
FILOSOFI THS-THM

"Pro Patria et Ecclesia"

"Fortiter in re, suaviter in modo"

"Fiat Voluntas Tua secundum verbum tuum"



« Last Edit: 16/05/2008 11:55 by pastorbonus »
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Filosofi dan pengertiannya...
« Reply #34 on: 16/05/2008 11:42 »
Kekuatan tanpa keberanian adalah sia-sia, sedangkan keberanian tanpa ketenangan akan menyebabkan emosi berlebihan.

Bukan kesombongan yang kami cari, namun kami mohon berikanlah kami iman sebesar biji sesawi, bukan untuk memindahkan gunung, tetapi untuk memuji dan memuliakan namaMu.

Pro Patria et Ecclesia, Demi bangsa dan gereja.

Fortiter in re suaviter in modo, Kokoh prinsip pendiriannya namun luwes lembut cara mencapainya.

Fiat voluntas Tua secundum Verbum Tuum, Aku ini hamba Tuhan terjadilah padaku seturut kehendakMu.

Cor Unum et Anima Una, Sehati dan Sejiwa.
« Last Edit: 16/05/2008 12:01 by EricB »
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Sekar Kasih, Mistikisme Tunggal Hati
« Reply #35 on: 16/05/2008 11:50 »
Sekar Kasih merupakan singkatan dari :
“Senam Kesehatan dan Kesembuhan Jasmani Rohani, karena Cinta Kasih”.

Sekar Kasih berisi rangkaian kegiatan Rohani dengan panduan doa-doa yang diambil dari semangat Doa Legio Mariae dan semangat Doa Karismatik Katolik.

Pelaksanaan Kegiatan
Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama 90 menit (1½ jam) dengan melewati 5 tahap yaitu :

I. Doa dalam Devosi Bunda Maria
Kegiatan Sekar Kasih  diawali dengan berdoa menghormati Bunda Maria lewat Doa devosi Novena Tiga Salam Maria.

II.Doa dalam Nyanyian.
Tahap ini kita secara bersama-sama berdoa sambil bernyanyi untuk memuji dan memuliakan Tuhan dalam Kasih Roh Kudus. Lagu-lagunya diambil dari kaset Lagu-lagu Rohani, lagu-lagu Karismatik.
     
III.Doa dalam Kitab Suci.
Dalam tahap ini kita akan lebih banyak memakai akal budi dan pikiran karena di sini kita akan membaca dan mendengarkan Sabda Tuhan lewat bacaan Injil untuk Minggu yang akan datang. Adapun caranya :
a.Dibacakan secara bersama-sama , (seluruh kutipannya).
b.Dibacakan ayat perayat secara bergantian.
c.Mencari ayat yang berkesan dan menyentuh hati kita pribadi , kemudian ayat tersebut dijadikan doa dan refleksi pribadi selama 1 minggu , sebagai kekuatan kita setiap hari untuk mempersiapkan hati kita menghadiri Perayaan Ekaristi pada hari Minggu yang akan datang.

IV.Doa dalam Gerak Tubuh.
Lewat gerak tubuh, kita juga dapat memanjatkan doa kepada Tuhan dengan gerakan tubuh yang menunjukkan bahwa kita sedang menyembah dan memuji Allah, misalnya membuat Doa Tanda Salib (dilakukan dengan gerakan Tanda Salib),  Doa Syahadat (Aku Percaya), Doa Tobat, Doa Kemuliaan, Doa Bapa Kami,  Doa Salam Maria, dan juga Doa Malaikat Tuhan. Semua gerakan dilakukan dengan diikuti latihan pernafasan secara teratur. Itulah doa dalam gerak tubuh. Indah dan bermanfaat.

V.Doa dalam Keheningan
(dapat dilakukan secara pribadi)
Doa tahap akhir ini juga disebut doa meditasi. Untuk para pemula biasanya berlangsung selama 10 menit dan dapat bertambah secara bertahap. Inti doa ini adalah menumbuhkan kesadaran pribadi untuk menghadap Allah dalam keheningan dan berdiam diri, (memasuki keheningan dalam penyadaran diri berdoa di hadirat Sang Illahi).

Deo Gratias
« Last Edit: 16/05/2008 11:53 by pastorbonus »
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: THS-THM
« Reply #36 on: 17/01/2009 02:54 »
Barusan dapat bocoran ni dr anggota THS-M yg masih aktif (lingkup terbatas)...

Sang Pendiri dah mulai turun gunung menyelesaikan transfer knowledge ke orang2 pilihan yg selama ni blom kesampaian gara2 kehadang birokrasi...

Beberapa hal yg sempat kudengar sbb:
- Jurus "bisa" langsung digunakan utk pibu, jadi bukan sekedar indah2an... ada beberapa revisi ni.. (ane sendiri suka pake jurus utk kembangan doank..he..he..he.. maafin Romo)
- Materi yg memiliki kemiripan dgn gerak payung rasul diturunkan juga... nah ni yg dinanti2.. mau donk...ada yg mau share...
- Kedua hal diatas adl. pendiri ke orang pilihannya
- Trus yg dr pengurus organisasi (materi resmi)...beberapa kali mengadakan pemusatan latihan untuk "grading" pelatih... materinya dishare donk..
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: THS-THM
« Reply #37 on: 18/01/2009 23:11 »

- Trus yg dr pengurus organisasi (materi resmi)...beberapa kali mengadakan pemusatan latihan untuk "grading" pelatih... materinya dishare donk..


Ini materi resmi bela diri pencak silat THS-THM yang mencakup:

Gerak Dasar
Tata bela diri untuk pembentukan otot, meliputi kuda-kuda, tata langkah,  pukulan, tangkisan, tendangan, kuncian,tangkapan, bantingan dan jatuhan.

Jurus Dasar
Kekompakan korps/kebersamaan diperagakan dalam kedisiplinan. Jurus dalam  THS-THM ada 26 buah dari jurus A sampai jurus Z.

Tarungan Dasar Ritmis
Berlatih refleks beladiri dan keberanian, serta pengendalian diri dalam  emosi, membentuk rasa percaya diri.

Pernafasan
Kekuatan konsentrasi, pemusatan tenaga dihimpun dalam niat suci. tujuan  antara lain untuk pemecahan benda keras,dll.

Kembangan/Jurus Pribadi
Keindahan gerak beladiri pribadi yang dicoba diangkat dalam penghayatan  perasaan persembahan gerak syukur kehadirat Tuhan. Sense of Religius dihayati  dalam gerakan jasmani.

Senjata
Tongkat panjang, tongkat pendek dan senjata tajam.

sumber: admin dpp ths-m
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

bludsign

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
    • Email
Re: THS-THM
« Reply #38 on: 21/01/2009 09:35 »
maap baru gabung ... nemu situs ini aja baru hari ini pas iseng-iseng...

Saya dulu aktif di THS malang ... mayan lama sih, seingat saya mulai taun 94-an. sekarang di jakarta ... mo aktif lagi tapi dah kelamaan gak latihan jadi banyak yang lupa jurusnya hahahahaha

seneng aja ternyata masih banyak yang aktif  ;D
save the earth ... go green, lets ride a bike ...
http://frans.bludsign.org

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Alumni THS-THM se Indonesia
« Reply #39 on: 06/11/2009 14:33 »
ayo para alumni ato mantan aktifis baik yg dah pendadaran maupun belom kita bentuk paguyuban alumni utk mulai belajar mengenal kembali ths-m mulai sikap dasar, jurus pasangan, aisurto maupun jurus kombinasi... dan yg berminat di pernafasan juga diwadahi. soal materi mungkin lebih mengacu ke jaman baheula shg mungkin agak beda dgn materi resmi dr organisasi resmi ths-m yg sekarang. gpplah minimal mengingat kembali.. kl dah ingat ya kembali ke resmi drpd ga ingat sama sekali...hayoooo....
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

De Tijger

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 2
Re: THS-THM
« Reply #40 on: 27/11/2009 04:58 »
sesudah menyelesaikan pelajaran, para calon saudara dikecer [disiram air] oleh saudara yang lebih senior, air inilah yg disebut air keceran, bukan tercecer lho ya, Sedulur Tunggal Kecer maksudnya saudara se-air keceran, air keceran ini mungkin mirip kaya' pembaptisan mungkin
catatan: cara membacanya pun beda
kecer [keceran]: e seperti pada kata: mandeg, eneg, berkelahi
kecer [tercecer]: e seperti pada kata: termehek-mehek, tercecer
begitu menurut pengetahuan umum di daerah saya, eks-karesidenan madiun..
salam kenal semuanya, mohon pencerahan

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: THS-THM
« Reply #41 on: 09/03/2010 16:10 »
Setuju ma Kang de Tijger... "dikecer" yg disiram air mmg mirip baptisan ato penge-sah-an seseorang menjadi anggota resmi ato mjd "sedulur" (sodara) seperguruan... Kalo yang "kecer" mmg brarti saudara yg terpisah2 atau berpencar dimana-mana... kata mudahnya, dimanapun berada kita adalah saudara seperguruan... gt kali ya :-D

Salam Tunggal Banyu,
Pastrobonus
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

den sigit

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: cimande
Re: THS-THM
« Reply #42 on: 30/03/2010 11:59 »
Bwt mas pastorbonus kpn nich THS - THM masuk IPSI
saya THS dr bekasi

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: THS-THM
« Reply #43 on: 04/04/2010 18:44 »
Bt den sigit.. Ths-thm tdk diarahkan ke olahraga prestasi jd tdk msuk IPSI. Tetapi smua itu diserahkan ke cabang msing2. Spt ths-thm cabang Larantuka tu dah masuk IPSI lokal sana.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: THS-THM
« Reply #44 on: 05/04/2010 00:38 »
Mas Pung dan mas Budi pernah bercerita, bahwa waktu muda: 1. mas Toyo alias mas Suko alias Rm Hadiwijoyo sering latihan tata gerak bersama. 2. Bahwa mas Pung pernah dikirim ayahnya menjadi murid p Nardi, ayahnda mas Guntur/Reti Ati, di Brontokusuman, tetangga  puluhan meter dari Timuran, rmh mas Pung.
2. Stlh bbrp bulan, kmd dikirim ke bp Netra Widjihartani, pendekar Prisai Sakti Mataram di Jagalan Beji.
3. Tidak sampai dua bulan kemudian dikirim ke mbah Djojo, POPSI Bhayu Manunggal (bersama alm bp Sukowinadi/ Perpi Harimurti, mbah Djojo sama2 murid RM Harimoerti, Tedjokusuman).
4. Mas Budi pernah sama2 latihan dan tukar kawruh meditasi dgn alm mas Yanto.
Semua berjalan cepat. Kemudian kedua remaja yang menjelang usia 19 th  ( mas Pung) dan 17 th (mas Budi) , diberi amanat oleh ayahndanya, bp Saring Hadipoernomo, mendirikan paguron Merpati Putih.
Di Reti Ati ada teknik pemukulan benda keras. Alm mas Yanto ada teknik meditasi. Mas Toyo memiliki tata beladiri yg cepat/gesit. Dalam perkembangan dimasing masing perguruannya, terlihat jelas perbedaan2 yg mendasar. Wallahualam.
Kami akan minta mas Pung temukangen dgn mas Toyo/romo Hadiwijoyo, tentu banyak hal yg bisa diklarifikasi.

 

Powered by EzPortal