Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Silat Diskusi Umum => Cerita Silat => Topic started by: hummdee6 on 02/01/2010 10:35

Title: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 02/01/2010 10:35
Sebelumnya perlu diingat bahwa cerita ini gak ada maksud saya nulis untuk mendiskreditkan satu suku/etnis tertentu.


SILAT SATU JURUS

Entah Hari ini sedang sial atau beruntung
Adi hanyalah remaja umur 16 thn yang tidak istimewa dengan penampilan yang biasa-biasa aja. Saat ini dia duduk di kelas 2 SMUNegeri yang masuk ke kategori unggulan. Namun demikian, lingkungan sekolahnya termasuk rawan dan blm lagi ada SMA swasta yang sdh terkenal dengan kebiasaan tawurannya dan terletak tidak terlalu jauh dari sekolah. Akibatnya sekolah dia sering kecipratan getahnya saat musuh sekolah swasta tersebut menyerbu SMA swasta tersebut, entah itu teman2 sekolah Adi yang kena kena gebukin musuh SMA tetangga itu atau kena todong para siswa SMA Swasta tersebut.

Sering kali orang menyangka bahwa Adi keturunan tionghoa, hanya karena mata sipit dan kulit putih. Padahal orang tua asli minang,tanpa ada campuran suku lain. Namun, memang keluarga besar ibu tampangnya sipit2 dan putih-putih seperti orang tionghoa. Berbeda dg keluarga besar bapak yang rata-rata mirip orang bule dg mata coklat. Sialnya, justru penampilan keluarga ibu yang mendominasi bentuk fisik Adi. Karena penampilan spt itulah, nyaris tiap hari Adi kena todong oleh anak2 kampung lingkungan sekolah. Belum lagi karena tubuh yang tidak begitu besar/rata-rata (sedikit kurus) dan agak lemes, para ‘jagoan sekolah’ sering ikut-ikutan malak. Untuk menyiasatinya, Adi selalu bawa uang pas-pasan, pakaian yang agak kusam dan selalu menghindari tempat2 tongkrongan orang2 yang suka bikin ulah.
Suatu hari, seperti biasa, saat itu lagi sial2nya karena sepulang sekolah ketemu preman kampung yang biasa malakin anak2 SMAnya (tentunya termasuk Adi). Selama ini Adi selalu dapat menghindari mereka, namun entah kenapa hari ini Adi gak dapat menghindar lagi dan terpaksa lari dari kejaran mereka.

Dasar sial, Adi salah ambil jalan .. malah belok ke gang buntu yang kanan-kiri nya hanya tembok gedung perkantoran.
”Mati gue!!” pikir Adi kalut.
“Cokin brengsek!! Bikin gue capek aja ngejar2 loe. Sekarang gak bisa lari lagi loe! Oy teman2!! Disini!” teriak preman pertama yang berhasil mengejar Adi, sambil terengah-engah.

Tidak lama datanglah empat orang temannya yang sedari tadi ikut mengejar2 Adi.
“Ampun bang, saya lagi buru-buru karena ada urusan di rumah yang harus dikerjain.” Adi coba beralasan kenapa tadi lari. Disamping makin ngeper karena ternyata sekarang makin ke kurung ama lima orang preman yang ngejar tadi.
“ahhh…banyak bacot loe!!!” Kata preman pertama yang kebetulan berdiri paling dekat sambil menempeleng kepal Adi.
“aduh!!” seru Adi sambil berusaha menutupi kepala yang ditempeleng.
Gak lama tendangan bersarang diperut Adi sampai dia jatuh terduduk. Sekilas terlihat bahwa preman kedua yang baru saja mendekatlah yang tadi menendang perut Adi tadi. Sepertinya dia dan yang lain juga kesal karena capek ngejar Adi.
“Eeehh .. ntar dulu. Jangan loe gebukin dulu nih cungkring. Ntar kl semaput tp kt gak dapet jatah kita, gimana?” kata si preman pertama sambil melerai teman2nya yang sdh siap2 mukulin Adi yang sedang terduduk.
“Hey cokin … mana jatah gue? Dari kemaren loe ngilang aja. Loe menghindar lewat mana? Eh, tp itu gak penting .. yang penting jatah gue dulu sekarang. Plus sekalian jatah kita selama loe ngilang selama ini.”
“Ampun bang, gue gak ada duit bang,” kata Adi sambil mencoba untuk meminta belas kasihan para preman tersebut.”Dan lagi gue bukan orang tionghoa, bang. Saya orang minang. Emang kenapa abang-abang semua sepertinya benci banget ama orang tionghoa?”
“Ahhh..banyak bacot loe. Terserah gue mo manggil loe apaan dan loe gak perlu ikut campur gue benci sama siapa aja,” kata preman ketiga sambil merampas tas sekolah dan kemudian menendangAdi.
Setelah dibuka dan keluarkan isi tasnya Adi, si preman ke tiga berseru,”Hey cungkring!!! Koq isinya hanya ini?”
“Bang, kan sdh saya bilang tadi .. kl saya emang gak ada duit.”
“Ahh cungkring brengsek loe!!!” teriak preman ke 5 sambil nendang badan saya yang masih terduduk di tanah.
Gak lama, preman2 yang lain ikut2an keroyok tubuh Adi yang emang sdh terduduk ditanah.
“Ya Allah, mati deh gue hari ini,”pikir Adi dalam hati. Pandangan sdh mulai gelap, tubuh sudah sakit disana-sini karena pukulan dan tendangan 5 preman itu.

Tau-tau terdengar suara yang gak asing selama ini, “Hoy!!! Berhenti!!!”
Serangan pun berhenti. Samar-samar terlihat sesosok lelaki sedikit tua yang tidak tinggi, menyandarkan sepeda ontelnya ke dinding dan berjalan ke arah preman2 yang sedang mengelilingi Adi.

“Lho Itu kan bang Mamad, tukang koran dan majalah yang biasa mangkal di depan komplek rumah,” pikir Adi.”Hati2 bang, preman2nya lagi beringas” ujar Adi mencoba memperingatkan bang Mamad. Namun sayang, suara gak keluar karena tubuh masih lemas sehabis dikeroyok 5 preman tersebut.

“Lepasin tuh bocah!!” perintah Bang Mamad.
”Kalo kita gak mau, loe mau apa?” kata preman ke 4 akhirnya buka suara sambil mendekati bang Mamad.
“Gue gak mau pake care kekerasan deh, gue minta baik2 .. lepasin tuh anak atau ade yang tepar disini,”kata bang Mamad sedikit mengancam sambil berjalan mendekati Adi yang terduduk di tanah.
“Bwahahaha ... emang Loe bisa apa ke kita? Tinggi badan loe aja sedagu kita2 hehehe,” kata preman ke 5 meremehkan sambil mengambil posisi untuk menghalangi jalan Bang Mamad.

Bang Mamad gak bersuara, namun tetap melangkah maju.
“Ahhhh, gak usah banyak bacot deh! Gue hajar si bangsat kate ini!!!,” teriak preman pertama gak sabaran sambil memukul  kepala bang Mamad.

DUG!!! …GUBRAK!!!

Entah bagaimana caranya, tahu-tahu si preman pertama terjengkang dan tergeletak meringkuk ke tanah sambil  merintih kesakitan. Bang Mamad terlihat berdiri lebih maju dengan telapak tangan kanan menjulur ke depan dan tapak kiri di lengan kanan.
“BRENGSEK!!!” Ujar preman ke 3 sambil menyerang ke bang Mamad dengan tendangannya. Yang lain pun,preman ke 2, 4 dan ke 5 iAdit menyerang bang Mamad.

BRAK!!!.. DUG!!..BUK!!..GUBRAK!!!

Sama dengan nasib preman pertama yang terkapar di jalan buntu tersebut, keempat temannya pun terkapar kesakitan setelah menyerang bang Mamad.
Rasa sakit Adi langsung terlupakan, digantikan rasa keheranan karena sedemikian cepat bang Mamad mengalahkan ke 5 preman tersebut.  Tidak ada gerakan yang keren seperti di film2 kungfu, gak ada tendangan yang tinggi2 spt di film2 aksi Van Damme. Yang terlihat hanya Bang Mamad maju sedikit saat diserang dan tau2 si penyerang mental dan terkapar.

“Tuh kan, gue bilang juge ape,”ujar Bang Mamad.”Kalo loe lepasin baek-baek kan gak seperti ini jadinye.” Bang Mamad pun dengan cueknya ngumpulin isi tas yang tadi dikeluarin oleh si preman dan memasukkannya lagi ke dalam tas Adi.
“Di, jangan bengong aja loe. Bantuin abang dong. Ini kan punya loe, koq abang doang yang ngumpulin,”kata Bang Mamad membuyarkan keheranan Adi.”Dan, mingkem-in tuh mulut.Nganga aje kayak ikan emas koki.”
“I..iya bang.Terima kasih.”
 Adipun segera mengambil tasnya yang dipegang bang Mamad, dan mengumpulkan barang2 Adi yang tersisa dijalanan.
“Nyok, pulang bareng aje. Kebetulan abang juge baru anterin majalah ke langganan abang yang disekitar sini. Sekarang mau balik ke lapak. Satu arah kan kite jadinye? Ayo naek, abang boncengin.”Bang Mamad menawarkan bonceng sepeda kpd Adi

“Gak usah, bang. Jalan kaki aja.”
“Yah eloe, Di… sungkan banget. Dulu waktu kecil kan loe suka abang bonceng sepeda juge…kalo gitu Abang tenteng aje deh sepedanye. Kite jalan bareng.”

“Gak perlu bang. Kl mau duluan.. silahkan aja duluan. Nanti yang jagain lapak siapa?” ujarAdi gak enak hati.
“Ahh gak pape. Ade bini abang yang jage lapak disane. Kita jalan bareng aje pulangnye,” Bang Mamad menenangkan.
Entah hari ini Adi sebenarnya sedang sial atau beruntung. Adi digebukin ama 5 preman, tp pada hari ini juga Adi melihat sesuatu yang selama ini gak terbayangkan.

bersambung
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: dede ccountday on 02/01/2010 20:49
lanjut bang hummdee6 :-X
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 03/01/2010 07:48
BANG MAMAD
Sepanjang perjalanan pulang Adi perhatikan bang Mamad, sang penyelamat.

Bang Mamad, pria berperawakan kecil sekitar 160 cm (mungkin kurang). Pria setengah baya yang berprofesi sebagai tukang majalah yang membuka lapaknya di depan komplek rumah. Badannya yang agak kurus ini tidak memperlihatkan bahwa dirinya jago berkelahi seperti yang baru  Adi saksikan tadi.

Wajahnya yang terlihat selalu riang, menyamarkan umur dia yang sudah mendekati 50 thn (kata orang2 sekitar, umur bang Mamad sdh 50 thnan). Tidak terlihat kerutan yang menyeramkan layaknya seorang jawara yang mampu melumpuhkan 5 orang preman dalam sekali gebrak. Pokoknya, perawakan bang Mamad hanyalah perawakan rata-rata seorang tukang majalah dengan peci kumal yang selalu dikepalanya.

Yang selama ini Adi tahu, Bang Mamad hanya seorang tukang majalah yang mangkal di depan komplek rumah. Orangnya supel, periang, jujur dan taat beragama. Banyak orang yang senang berlangganan koran dan majalah, termasuk keluarga Adi. Dari kecil Adi sudah langganan majalah anak dan sampai sekarang pun ibu Adi masih langganan tabloid wanita ke Bang Mamad ini.

Termasuk ke anak2 kecil, bang Mamad selalu bercanda kepada mereka setiap jumpa. Jika waktu shalat tiba Bang Mamad ini langsung ninggalin lapaknya menuju masjid terdekat untuk shalat. Yang kena getahnya akhirnya para tukang ojek yang biasa mangkal deket lapak Bang Mamad. Mereka yang menggantikan Bang Mamad melayani pembeli saat ada yang mau beli koran/majalah.
Benar-benar … bahkan mengkhayalpun Adi tidak pernah,bang Mamad yang selama ini Adi kenal adalah orang seperti yang Adi saksikan hari ini.

PERJALANAN PULANG
 “Ngomong-ngomong, gimane ceritanye loe sampe digebukin begitu?” tanya Bang Mamad membuka percakapan.

“Gak tau, bang. Mungkin hanya karena mata saya yang sipit dan kulit yang putih, bikin orang menganggap saya orang tionghoa. Dan saya layak dipalak.” Ujar Adi sekenanya.

“Eh, gak bisa begitu harusnya. Walau abang tau loe itu orang padang, bukan berarti- andai loe orang tionghoa sekalipun - loe harus diperlkukan berbede dengan orang sini (baca:pribumi) lainnye,”kata Bang Mamad.

“Tapi begitulah kenyataan yang saya alami, Bang. Saya dipanggil cokin ama 5 preman tadi dan dari pembicaraan sebelum di gebukin tadi tersirat bagaimana mereka membenci orang tionghoa,” kata Adi mencoba berargumen.”Padahal saya gak minta untuk dilahirkan berwujud seperti ini. Bukan salah saya memiliki wajah seperti orang tionghoa. Dan andaikata ada orang tionghoa yang ngalamin seperti saya pun, bukan salah dia jg kan. Kebencian seperti itu gak masuk akal.”

Bang Mamad tersenyum mendengar argumen saya itu.

“Trus apa yang bisa loe lakuin, Di .. kl emang lingkungan sekitar berlaku kondisi seperti itu?” tanya Bang Mamad.

“Yahhh .. itu lah bang. Sebenarnya gak adil jg kl kita menyalahkan masyarakat atau lingkungan. Soalnya itu kan hanya karena oknum tertentu aja. Namun sayangnya oknum itu malah dibiarkan menyebarkan kebenciannya, akibatnya kebencian tersebut menular ke orang-orang. Kadang-kadang gemes juga dengernya ada penghinaan dan perendahan derajat orang lain hanya karena beda suku atau pun ras. Padahal dalam Al Quran jelas banget dikatakan, semua sama disisi Allah kecuali takwanya. Kadang saya berkhayal, kl saya mampu akan saya lawan orang-orang yang seperti itu sampai orang2 tersebut jera.”

“Tapi bagaimana melawan orang2 yg rasis, kl lawan 5 preman itu aja saya sudah terkapar,” tambah Adi.”Padahal masih banyak ‘jagoan-jagoan’ sekolah yang suka bertindak kayak raja kepada orang2 seperti saya ini. Wahh puyeng deh, kl mikirinnya.”

Bang Mamad tertawa mendengar ‘curhatan’ Adi itu.

“Bener pendapat loe, Di. Namun demikian, gak ade asep kalo gak ade api,”ujar Bang Mamad. “Gak ade kebencian kalo gak ade yang memulai dulu. Emang kadang penduduk asli suke ngalamin diskriminasi dari etnis pendatang. Namun tidak jarang banyak etnis tionghoa yang sangat membantu penduduk asli. Sebenernya setiap suku/etnis itu biasanye ade oknum yang merasa mereka lebih dari etnis lain, gak perduli itu orang padang, betawi, tionghoa,jawa,sunda, bahkan arab sekalipun.” Kata Bang Mamad. “Yang penting kemungkaran itu yang kite lawan, bukan membenci etnisnya secara keseluruhan.”

“Trs balik lagi ke kasuk loe... Kl bs ngelawan, loe mau balas dendam ke mereka gitu? Dan lagi, papa-mama tau gak kl loe sering dipalak kayak sekarang?” Tanya Bang Mamad.

“Kl dibilang balas dendam sih, ogah juga. Tapi yang pasti saya pengen gak diperlakukan seperti ini lagi. Saya hanya pengen rasa waswas saya hilang setiap pergi sekolah, ataupun ke tempat lain.Saya gak bisa begini terus sampai lulus nanti. Saya juga perlu ketenangan saat kelas 3 nanti. Dan kalo saya mampu, saya akan mencoba mencegah orang lain mengalami pengalaman yang sama seperti saya. Kl bs saya orang yang terakhir yang sering dipalak sama preman2 dan jagoan tersebut. Dengan demikian saya juga mencegah orang berbuat zalim. Bukankah islam menganjurkan mencegah kemungkaran? Kl kita bs mencegah orang menzalimi orang lain, berarti kita juga melaksanakan anjuran mencegah kemungkaran itu dong.” Adi seolah-olah berkhotbah, layaknya seorang da’i gagal lulus ujian masuk pesantren.

“Saat ini saya mencoba untuk menutupi semua yang saya alami ke orang tua. Kasihan kan, Bang. Mereka sudah capek sama masalah yang mereka hadapi, jangan sampai masalah saya turut membebani mereka juga nantinya.”

Bang Mamad tertawa sambil manggut-manggut..”cepat atau lambat mereka akan tau juga. Trs kamu mau bagaimana? Kan bs mempengaruhi pelajaran sekolah kamu nantinya.”

“Yahhh .. mau bagaimana lagi, bang. Usaha maksimal saya adalah menghindari orang2 seperti tadi. Gak mungkin tiap hari saya ada yang nolongin spt hari ini. Kl memungkinkan saya baru akan pulang tanpa ada tanda2 berkelahi, supaya mereka gak khawatir.” Jelas Adi.

Obrolan pun terus mewarnai sepanjang perjalanan pulang tersebut.

Entah kenapa, Adi ngerasa seperti sedang di “korek” oleh Bang Mamad saat itu.

~ bersambung ~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: simpay on 03/01/2010 10:24
dilanjut bang ceritanyee..... [top]....
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 04/01/2010 09:23
SILAT BANG MAMAD

“Ngomong-ngomong saya baru tahu kalo bang Mamad bisa silat kayak begitu,” ujar Adi mencoba mengalihkan pembicaraan dari topik yang berat ttg agama dan rasisme ke silat Bang Mamad.

“Ahh .. gak perlu digembar-gemborin. Kate orang2 tue abang dulu, yang kayak begitu gak perlu pamerin ke orang. Hanya bikin repot nantinye.” Kata Bang Mamad santai.

“Lho koq bisa begitu. Bikin repot bagaimana maksudnya?” tanya Adi heran.

“Yah begitu, Di. Cerite aje nih… dulu adeknye engkong abang terkenal sebagai jawara satu jurus karena silat beginian. Namun hasilnye ape? Tiap hari pasti berantem. Entah karena ada yang nantangin, mo bales dendem, ato emang dicari2 polisi yang ketika ntu masih kompeni. Yang ade, keluargenye gak bisa hidup tenang. Akhirnye mereka suke pindah2 rumeh, untuk cari ketenangan. Dan setiap pindah, selame si engkong itu masih suka gembar-gemborin silat die … yahhh nantinye bakalan pindah rumah lagi. Walau akhirnye bise menetap juge disuatu daerah, itu juge setelah si engkong nurutin nasihat abangnye –engkong abang- untuk tidak gembar-gembor ame silatnye.”

“Tapi itu kan dulu, bang. Zaman kompeni. Emang sekarang masih ada yang kayak begitu?”tanya Adi berargumentasi.

“Yahh … gak perlu zaman sekarang atau zaman dulu. Abang sih hanya nurutin wasiat babe abang aje. Dan lagi, kalo dipikir2 gak ada untungnye gembar-gembor yang kayak beginian.”kata Bang Mamad beralasan.
“Yahh ada untungnya dong bang. Kan abang bs buka perguruan silat. Abang bs ngajarin ke anak2 muda sekarang spy silat abang ini gak punah. Daripada sekarang, anak muda umumnya gitaran aja di pertigaan jalan..gak ada kegiatan”kata Adi.”Kl sudah begitu, bakalan ada yang berlanjut ke mabok-mabokan ... trs narkoba deh. Mendingan belajar silat abang deh. Jadi ada kegiatan.”

“hahaha ... Trus, kl sdh buka perguruan silat, emang banyak yang mau belajar silat kampung beginian?” Tanya bang Mamad sambil tertawa menyangsikan.

“Pasti mau lah bang. Apalagi setelah saya lihat sendiri bagaimana efektifnya gerakan abang saat menaklukkan kelima preman tadi.”kata Adi.

“Hahahaha … Adiii.. Adi… Abang gak yakin banyak anak mude yang suke silat kayak begini. Begini aje ye abang cerite dikit ttg silat ini. Silat ini miskin jurus, dan sangat berbede dengan kemauan anak mude jaman sekarang yang sudah berpikiran kalo silat yang keren itu adalah yang lompat2an seperti di film-film kungfu dengan jurus yang bervariasi. Dalam waktu 1 thn belum tentu bise dipakai untuk berkelahi. Sedangkan anak mude jaman sekarang selalu beripikiran segale sesuatu harus cepat menghasilkan. Bayangin, mie goreng aje bs instant, kenapa silat gak ade yang instant.” Kata Bang Mamad.. akhirnya berpanjang lebar.”Blm lagi latihan awalnye, yang gak langsung dapet jurus. Yang ade, cuman disuruh berdiri diem terus. Mana ade yang betah. Dulu waktu segede loe - eh, mungkin kurang-, abang aje gak betah latihan beginian. Kagak ade seru-serunye. Tp mau pegimane lagi, babe abang galak sih. Tiap pagi, habis subuh abang dan sodara-sodara abang sdh ditongkrongin untuk latihan ama babe.”

“Bener juga sih bang. Orang-orang jaman sekarang gak ada yang sabaran. Ngomong2 silat ini asalnya dari mana bang? Apakah ciptaan leluhur abang sendiri?” Tanya Adi mencoba membuka topik pembicaraan lain.

“Oh enggak. Silat ini diajarkan oleh seorang tionghoa buronan Kompeni yang ditolong oleh engkong Buyut Abang.” Kata Bang Mamad menjelaskan.

“Dulu ade seorang tionghoa buronan kompeni yang ditemukan terluke oleh engkong buyut abang di deket hutan. Si tionghoa itu dirawat oleh engkong buyut abang sampai sembuh. Sebagai imbalan atas jasanye, si tionghoa ngajarin beladiri dia ke engkong buyut. Beladirinya ada 5 jurus. Namun belum selesai belajar ke lima jurus tersebut, kompeni sdh mencium keberadaan si tionghoa tersebut. Akibatnya si tionghoa tersebut segera menghilang sebelum kompeni datang. Dan dengan begitu, si tionghoa jg berusaha tidak melibatkan keluarga engkong buyut abang itu.Namun dasar orang kampung, dari 5 jurus dasar yang diajarkan, engkong buyut abang hanya bisa menguasai 1 jurus aja.”

“Wahh … rugi dong.”

“Heheh.. kedengarannya sih rugi. Abang juga pernah mikir begitu, tapi dari ujar-ujar yang diteruskan dari engkong buyut abang..si tionghoa bilang kl yang diajarkan itu sudah konsep intinya. Jurus2 selanjutnya hanya pengembangan dari konsep tersebut.”

“Nahhh ... baru seru nih ceritanya,” Kata Adi lagi.”Trs, abang tau gak nama silatnya apaan?”

“Wah gak tau,tuh. tapi kate babe abang.. dulu engkong suke diceritain kl saat ngajarin engkong buyut si tionghoa suka nyebut istilah pake bahasa cine dan kite sebagai orang kampung sih dengernye cuman cang-cing-cung.. dan suka mengisyaratkan engkong buyut supaya berpikir. yahh .. daripada bingung yang mendingan dijadiin bahasa yang dingertiin aja deh.Loe bisa namain silat mikir atau silat satu jurus, krn emang hanya ada 1 jurus,”ujar Bang Mamad sederhana.

“Hmmm .. biar terdengar keren, mendingan silat satu jurus aja ye bang? Trus lanjutan ceritanya…?” tanya Adi makin penasaran.

“trus? cerita apaan lagi?,” tanya Bang Mamad.

“Gak ngerasa kurang tuh … kan hanya satu jurus doang” Tanya Adi lagi.

“Gak ape-ape. Kate babe abang sih, tugas guru hanya memberikan satu sudut sapu tangan. Tugas muridlah mencari 3 sudut lainnye. Jadi dari satu jurus itu, kite wajib mengembangkan jadi berbagai macam jurus. “kata Bang Mamad.

“Trs sudah ada berapa jurus yang sekarang ini ada di silat tersebut?”

“Gak banyak, hanya total 4 jurus. Itu jg hanya terdiri 1 jurus dasar dan utama, 1 jurus varian dan 2 jurus yang pernah diperlihatkan-bukan diajarkan lho- oleh si tionghoa itu. Jurus varian bukan jurus asli yang diajarkan si tionghoa. Melainkan jurus yang dikembangkan oleh adek engkong abang, yang saat ini masih abang inget. Sedangkan jurus yang diperlihatkan adalah 2 dari 5 jurus dasar yang dapat diingat oleh engkong buyut abang sesaat sebelum si tionghoa pergi."   

“Sedikit banget, Bang.” kata Adi.

“Nah itulah abang jadi gak yakin ada anak muda yang mau belajar ini. Dan lagi, silat ini berbahaye bile dipelajari oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebab salah2 kite bise membunuh orang hanya dengan sekali serangan.
Pengembangan selebihnya lebih bersifat filosofi dan strategi.Kita sebagai orang kampung, jarang untuk berpikiran mengembangkannya. Selama satu jurus itu cukup membuat diri dan keluarga kita aman dan selamat, gak perlu mikir2 nambah jurus. Tapi adeknya engkong abang yang jawara itu ngembangin lagi jadi beberapa jurus yang lebih maut. Abang pernah dilihatin, tp gak tertarik. Makanya Abang hanya inget satu doang. dan lagi jurus tersebut gak bs dipake juga, setidaknya sebisa mungkin abang gak make.”

”Lho? Kenapa gak bs dipake?”

”Jurusnya itu kl kita sembarangan pakenya bisa dengan mudah ngebunuh orang. Jaman sekarang gitu loh .. ngebunuh orang. Ngerepotin aje.Itu sebabnye adek engkong abang dicari2 pulisi kompeni, karena beliau suka ngebunuh kompeni atau ngebunuh orang saat tukar tangan. Karena itu juge, para orang2 tue abang dulu gak sembarangan ajarin silat ini ke orang, walau itu ke anak2nya”.

Obrolan pun terus berlangsung, tanpa terasa kami sudah sampai tujuan.

”Ngomong-ngomong, kita sudah sampe depan komplek nih. Tuh lapak abang yg lagi ditungguin ama bini sdh kelihatan. Kita pisah disini deh, loe langsung pulang kan?” tanya bang Mamad

“Iya bang. Makasih banyak bang.”

“Iya .. sama-sama.” Jawab Bang Mamad.

“Oh iya, mo minta tolong lagi bang…”kata Adi sambil berhenti berjalan.

“Apalagi?” Tanya bang Mamad.

“Kalau boleh, saya minta diajarkan silat abang itu.” Pinta Adi dengan penuh harap.

Sesaat Bang Mamad pun terpekur..kemudian bertanya,”kenapa pengen belajar silat?”

“Saya pengen tenang nanti saat sekolah. Gak mau ketakutan oleh preman2 saat di sekolah.”

“Trus, loe pengen bales dendam ama tuh preman dan orang2 yg suka malakin loe?”

“Gak bang. Kl mereka yang mulai, mungkin saya mau membela diri .. tp kl orang kyk gitu gak mulai, males juga cari gara2.” Adi mencoba menjelaskan motivasinya.”ditambah lagi, kl saya kelas 3 nanti saya pengen tenang saat sekolah juga.”

Bang Mamad merenung beberapa lama. Kemudian berkata,”hmmm … kita coba dulu deh. Besok subuh Abang tunggu shalat di mesjid depan komplek itu ya, yang deket lapak abang. Loe pake baju yang agak longgar ye, layaknya pengen olah raga pagi. Setelah shalat subuh berjamaah, kita mulai latihan. Kl loe gak dateng, kita batal sama sekali. Dan inget!!! Jangan berharap dalam 1 thn ini loe bs pake silat ini untuk berkelahi.”

“Insya Allah saya dateng bang. Kl begitu saya pamit langsung pulang ke rumah, bang. Assalamu ‘alaykum.”ujar Adi berbesar hati.

“ya udah… hati-hati. Wa’alaykum salaam ” jawab Bang Mamad.

Mereka pun berpisah ke tempat tujuan masing2

~bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Unknown on 04/01/2010 10:14
kereeennn [top]
inget sama pendekar satu jurus, di NAGABUMI...
"pendekar satu jurus selalu menunggu lawan menyerang lebih dahulu, di detik ketika lawan menyerang, detik itu pula si lawan kehilangan nyawa nya..."

kem on bang hamdii di terusin...
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 04/01/2010 10:49
@Bang Ochid ...
Kl dilihat, si bang mamad jg berantemnya gak ba-bi-bu. Musuh nyerang, tau2 mental..pingsan.
saya rencana 1 hari satu postingan .. biar cerpen yang saya buat gak kekejar ama postingan. Sekarang di filenya word-nya, sdh sampai 28 halaman. kira2 80 persen selesai. bentar lagi mo ditamatin ceritanya. 

@All.
Alhamdulillah .. moga2 semua pada suka.
Mohon doanya supaya males ngetiknya gak muncul lagi.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 05/01/2010 08:58
MULAI LATIHAN
KONSEP PERTAMA: SIKAP DASAR BERDIRI

Esok subuhnya…

“Waduh sudah telat. Adzan sudah mulai. Harus lebih cepat larinya nih,” Pikir Adi mulai panik. ”Untung sudah ambil wudhu di rumah. Jadi nanti pas sampai mesjid bs langsung shalat.”

Qamat sdh berkumandang dan Shalat belum dimulai waktu Adi tiba di masjid.

Bang Mamad terlihat sudah menunggu di depan pintu masjid. Dia langsung masuk ke barisan shalat subuh, saat melihat Adi berlari2 masuk ke halaman masjid.

“Passssss bangets!!” sorak Adi dalam hati dan segera masuk ke barisan shalat subuhn dg agak terengah2.

Selesai Shalat subuh Bang Mamad menghampiri Adi yang sedang duduk2 di depan pintu mesjid yang menunggu Bang Mamad. Soalnya Bang Mamad kl selesai shalat bantuin marbotnya beres-beres dan ngobrol2 dulu ama orang-orang yang ada disana

“sudah siap?” tanyanya.”kl siap, kita ke lapangan sebelah.”

“Siap bang,” jawab Adi sambil bergerak ke lapangan.

Mereka berdiri berhadap2an saat melakukan pemanasan. Setelah pemanasan yang bertujuan agar tubuh tidak kaget terhadap gerakan yang berat, Bang Mamad memberi perintah pertama.

“Di, loe tau pohon mengkudu di ujung dalem komplek loe? Itu .. di rumah yang paling pojok di komplek loe itu yang hanya satu2nya nanam pohon mengkudu. “

“Tau bang,”jawab Adi.

“Nahhh.. sekarang gue minta loe lari ke sana dan pungut 1 helai daun mengkudu yang jatuh trs loe bawa kemari. Kl bs secepatnya. Sekarang!!”

Tanpa nunggu perintah lagi, Adi berlari secepatnya ke rumah yang ditunjuk yang jaraknya lumayan jauh dari mesjid.
30 menit kemudian, Adi kembali dengan membawa 1 helai daun mengkudu dengan nafas yang tesengal2.

”Hah...hah..hah...hh..ini..hh..bangh..hh..daunnyahh..hh..”ujar Adi sambil menyerahkan daunnya.

“Hmmm..loe istirahat dulu ya tadi?” tanya bang Mamad “sampe selama ini ngambilnya.”

“Iya Bang, jaraknya kan lumayan jauh. Jadi gak kuat saya lari terus.” Kata Adi beralasan.

“Hmmm .. gak apa-apa. Tapi mulai sekarang abang minta loe berusaha secepat mungkin kembali saat abang minte ambilin daun mengkudu. Kalo perlu lari sprint dan tanpa istirahat”

“Tujuan latihan ini adalah meningkatkan stamine loe dahulu. Sebab sehebat apapun suatu beladiri, kl staminanya gak bagus .. gak akan bermanfaat bagi tubuh. Justru akan merusak tubuh itu sendiri.
Latihan ini juga berguna saat loe lari menghindari diri dari kejaran musuh. Jangan meremehkan lari, karena lari dari musuh adalah konsep awal dari bela diri.” Kata bang Mamad mencoba menjelaskan semasuk akal mungkin. “Abang tau, anak jaman sekarang gak mau ngelakuin sesuatu yang mereka gak ngerti. Jadi maap-maap aje nih, kl penjelasan abang kurang kena ke otak loe.”

”Sekarang atur nafas loe.Jika sudah tenang, kita mulai dengan latihan sikap dasar dulu. Sikap dasar ini merupakan sikap yang mendasari seluruh gerakan silat ini. Sikap dasar yang harus loe lakuin secara garis besar ada 3: berdiri, berjalan/melangkah dan menggerakkan tangan. Jangan hanya hapal gerakannya, tapi coba pahami konsep tenaganya. Karena sikap ini akan dipakai diseluruh latihan.”

“Pertama Sikap Berdiri…
Coba loe tempelkan punggung loe ke dinding. Atur badan, sampai ngerasa seluruh tulang punggung loe menempel ke dinding. Dan kepala lurus ke atas.”

Adi coba menjalankan perintahnya, walau terdengar aneh.

“Sudah, Bang.” Kata Adi mengkonfirmasi.

“Loe hrs ingat seperti apa posisi badan itu, jangan berubah. Sekarang coba posisi yang sama, tanpa harus menempel dengan dinding.”

“Wuihhh … susah juga. Apa fungsinya ya?” tanya Adi dalam hati.

“Sekarang majukan kaki kiri ke depan, segaris dengan kaki kanan. kaki kanan ditekuk di belakang. Tangan kiri menjulur ke depan, dengan tapak menghadap depan. Sedang tangan kanan tertekuk di depan perut dengan tapaknya menghadap bawah. Berat badan terbagi 30:70 persen antara kaki kiri yg didepan sebanyak 30% dan kaki kanan dibelakang sebanyak 70%.

Tahan sikap tersebut selama 30 menit … eh, 15 menit aja deh. Kl sdh 15 menit, ganti posisi tangan dan kaki. Tp kl dirumah, loe latihannya 30 menit lebih yee. Kl bs 2 jam.”

“Posisi yang aneh,”pikir Adi lagi langsung diterapkan tanpa banyak tanya.,”Kayak ayam aja.”

Belom sampai  5 menit,rasa lelah dan sakit sudah menjalar tubuh. Posisi tersebut ternyata sangat berat untuk dilakukan. Makin lama rasa sakit itu menjalar ke seluruh tubuh. Blm sampai 10 menit, badan sudah jatuh terduduk karena tidak mampu menahan sakit dan lelah.

“Kenapa? Capek?” tanya Bang Mamad.”Ulangi! Kl sudah gak kuat yang kiri, ganti sekarang kanan yang di depan”

Sama saja. Hasilnya, Blm 5 menit sdh kecapekan. Blm lagi Bang Mamad suka nendang pantat sambil teriak,”Itu pantatnye naek. Punggungnya gak lurus lagi. Turunin tuh pantat, mau jadi bebek ..ape?”
Hasilnya sama .. blm 10 menit sdh jatuh terduduk lagi.

Sekarang kaki gemetaran saat berdiri. Mencoba untuk sikap tadi, tetap gak kuat. Latihan dicoba beberapa kali sampai bang Mamad berkata,”ya sudah, hari ini cukup sampai sini dulu latihannya. Kalo loe sanggup berdiri diposisi itu selama 15 menit..lebih bagus lagi 30 menit..baru kita sambung ke konsep yang lain.”
“Besok kalau mau datang lagi, gue tunggu di mesjid ini juga dan diwaktu waktu yang sama. Dan kita akan tetap latihan seperti ini sampai targetnya tercapai, 15 menit tiap sisi, kiri dan kanan. Besok akan abang jelaskan maksud yang abang pahami mengenai posisi ini.”

“Sekarang latihan selesai. Matahari sdh mulai tinggi, loe harus siap2 berangkat sekolah, dan abang harus mulai buka lapak. Kita lanjutkan besok lagi.”

Esok harinya dan selama beberapa minggu setelahnya, latihan tetap sama. Lari ambil daun mengkudu dan berdiri diposisi aneh tersebut (Adi menyebutnya sikap Ayam dan disetujui oleh Bang Mamad) selama 15 menit.
Namun Adi gak berkeberatan setelah diberi penjelasan mengenai tujuan latihan tersebut. Setelah makna lari dijelaskan, Bang Mamad pun menjelaskan tujuan posisi aneh tersebut.

“Posisi itu bertujuan untuk menguatkan otot kaki, otot pinggang, otot punggung dan lengan yang berfungsi sangat vital di silat ini.”

Dengan begitu, latihan jadi dilaksanakan dengan kesungguhan hati.

~bersambung~

Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Pemulung on 05/01/2010 09:38
GRP dulu ah buat gan hamdi, ceritanya mengalir..membuat menunggu berikutnya... [top]
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 05/01/2010 10:00
@Bang Pemulung ..
thx GRPnya ..
insya Allah besok dilanjutin ke cerita selanjutnya.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 06/01/2010 09:14
KONSEP KEDUA : MELANGKAH

Setelah 6 minggu latihan berlari mengambil daun mengkudu, dan berdiri sikap ayam, tak terasa stamina Adi jadi meningkat.

Sekarang waktu yang diperlukan untuk lari mengambil daun mengkudu hanya memerlukan waktu 16 menit dan sikap ayam bisa dilakukan 20 menit setiap sisi (kanan ataupun kiri).
Walau demikian, sesuai pesan Bang Mamad, Adi harus sebisa mungkin menghindar dari masalah .. seperti preman2 ataupun jagoan2 sekolah yang biasa menekan Adi.

Suatu hari Bang Mamad membuka pembicaraan,“Kl dipikir2 hebat juga loe bs secepat ini peningkatannya.”

“Terima kasih bang. Saya sering latih setiap ada waktu, seperti waktu pengen tidur, atau waktu nguras bak mandi. Bahkan kadang saya lari waktu berangkat ke sekolah.” Jawab Adi jujur.

“Bagus … moga-moga semangat loe ini gak kayak tahi ayam, anget waktu baru keluar aje. Baik, sekarang setelah abang perhatiin abang salut ame semangat dan keteguhan hati loe dalam mempelajari silat ini. Sikap pertama sudah loe jalanin dengan baik, lari loe sudah lebih cepat waktunya. Pokoknye, sdh melewati target. Sekarang abang rase sudah waktunya mempelajari konsep kedua, Melangkah.”

“Duileh … kayak anak kecil aja belajar jalan lagi.” Gurau Adi dalam hati.

“Pertama kita latihan ½ langkah dahulu.Yang harus loe lakukan adalah dalam posisi ayam tersebut, loe putar sedikit dengkul belakang loe ke dalam. Bersamaan dengan putaran di dengkul tersebut, tendang tanah yang loe injak dengan kaki yang dengkulnya diputar. Rasakan ada daya dorong ke depan. Jangan dilawan! Ikuti!..” Perintah bang Mamad.

Adi coba .. dan benar!! Ada daya dorong ke depan sehingga Adi terlompat setengah langkah ke depan dalam posisi yang sama.

Awalnya sehabis terlompat Adi pasti kehilangan keseimbangan. Kemudian bang Mamad memberi petunjuk,”Jatuhin berat badan loe saat mendarat, biar loe gak kehilangan keseimbangan.”

Dan benar!... dengan menjatuhkan berat badan, membuat tubuh lebih stabil saat mendarat.

“Bagus. Sekarang ganti posisi, dan lakukan ½ langkah tersebut sekuat tenaga.”

Latihan ½ langkah tersebut dilakukan berulang2 sepanjang subuh itu. Setelah beberapa lama, akhirnya latihan dihentikan karena waktu sudah agak siang, dan mereka harus melakukan aktifitas hariannya masing2.
Sepanjang perjalanan ke rumah, Adi praktekkan jalan ½ langkah tersebut. Kadang2 kaki belakang terdorong ke depan, jadi satu langkah .. kadang2 ½ langkah tersebut yang berhasil Adi praktekkan.

Esok harinya dan beberapa minggu kedepan, Adi hanya melatih berdiri sikap ayam dan 100 kali ½ langkah tersebut tiap sisi.
Selain Adi latih waktu subuh di halaman masjid, ½ langkah ini juga Adi latih saat jalan ke sekolah. Biarlah Adi berangkat lebih pagi, yang penting harus segera dikuasai konsep ½ langkah ini dulu.

Dua minggu berlalu...

Dari ½ langkah, pelajaran dilanjutkan ke 1 langkah dan beberapa langkah selanjutnya. Teorinya sama dengan ½ langkah. Bedanya adalah, tubuh mengikuti ”kehendak” kaki yang dibelakang untuk maju sedangkan kaki yang didepan bertugas menjadi tumpuan dengan melakukan tendangan ke tanah saat mendarat sehingga gerakan terus melangkah...dan seterusnya. Kalo dipikir-pikir bentuk langkahnya seperti orang lompat jangkit di cabang atletik.
Satu hal yang pasti, saat berhenti berat tubuh harus dijatuhkan ke tanah dan tulang punggung Adi harus tetap lurus seperti nempel di tembok (latihan awal).

Saat ditanya apa fungsinya, Bang Mamad hanya bisa menjawab,”Abang bingung jelasinnye. Nanti deh kalo sudah masuk ke jurus, atau setidaknye lewatin dikit gerakin tangan, abang tunjukin kegunaannye. Nanti loe pikirin sendiri.”

Sejak masuk ke konsep melangkah ini, latihan ngambil daun mengkudu dimulai lagi. Tapi dengan gerakan kaki langkah jangkit ini.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 07/01/2010 09:34
KONSEP KETIGA: MENGGERAKKAN TANGAN

4 minggu sudah Adi latihan sampai melangkah ini. Kalau ditotal sudah 3 bulan lebih Adi latihan silat sama abang Mamad ini. Itu tiap habis subuh, tanpa hari libur. Ditambah dengan latihan mandiri setiap ada waktu, entah itu sebelum tidur ataupun saat berangkat ke sekolah. Alhamdulillah selama itu pula Adi berhasil menghindar dari masalah. Thanks to latihan lari dari Bang Mamad, sekarang para preman itu selalu kehabisan nafas saat ngejar Adi.

Suatu kali, diakhir latihan bang Mamad berkata,”Di, besok loe latihan pake pakaian lengan panjang. Atau setidaknye loe bawa jaket. Kite sudah mau masuk ke konsep ke tige.”

Esok subuhnya kebetulan Adi memiliki kaos lengan panjang. Jadi gak perlu bawa jaket lagi saat latihan.
Saat latihan mulai dan segala ritual sdh dilakuin (pemanasan, sikap ayam dan 100 langkah jangkit) bang Mamad berkata,”Sekarang kita masuk ke konsep ketiga. Gerakin tangan. Coba loe keluarin tangan loe dari lengan baju loe. Dua-duanya. Biarkan lengan baju loe kosong melompong.”

Adi lakuin aja permintaan beliau. Tangan bersidekap di perut dibalik baju, lengan baju terjuntai lemas di kanan kiri badan.

”Nah, sekarang loe cari gimana carenye, tuh lengan baju bisa memukul ke depan,ke atas, ke bawah juga nangkis ke samping, kebawah, dsb-nya. Layaknya ada tangan loe disana.”

”Nah Lhoooo...bagaimana nih caranya,”pikir Adi bingung. Walau demikian, Adi coba gerak-gerakin badan sehingga tujuan itu terlaksana. Hasilnya, bukan keindahan gerak malah gerak badannya seperti orang kemasukan ulet bulu dibaju.

”Hari ini latihan loe adalah cari caranya. Kalo berhasil, kita masuk ke pengenalan tenaga,”kata Bang Mamad.

”Wahhh .... lama banget untuk jurus doang. Tp gak apa apa deh. Cara latihan seperti ini benar-benar unik.” pikirAdi menenangkan.

Lumayan lama Adi mencari bagaimana caranya lengan baju kosong tersebut bisa bergerak seperti yang diminta Bang Mamad.

Sampai akhirnya (beberapa minggu kemudian) Adi seperti mendapat kuncinya, bahwa kalo mau digerak maju, harus ditarik mundur dulu. Kalau mau ke atas, harus dibuang kebawah dulu. Kalo mau ke kanan, harus di lempar ke kiri dulu. Ditambah putaran kedua kaki yang seperti membentuk angka 8 secara horisontal. Tenaga juga berasal dari putaran kaki tersebut dan secara spiral dialirkan ke arah lengan.
Dan semua itu harus mempertahankan sikap tubuh yang tulang belakangnya lurus seperti yang dilatih di awal.

Setelah Bang Mamad melihat keberhasilan Adi itu, baru beliau mengijinkan tangan Adi dimasukkan kembali ke lengan baju untuk meneruskan latihan dikonsep berikutnya, mempelajari konsep tenaga.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Pemulung on 07/01/2010 10:06
kok agak kenal ya tehnik-tehniknya..campur campur tapi khas..dikasih syarah/comment kang humdee...hi hi hi hi....
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 07/01/2010 10:41
@bang Pemulung ..
ini emang silat rekayasa soale campur2an .. nanti rencananya diakhir cerita mau kasih tau inspirasi gerakannya dari aliran mana aja. Tp lebih ngarah ke CMA sih, soalnya baru sekarang nyemplung ke komunitas silat. ;D
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Unknown on 07/01/2010 11:43
 [top] [top] [top]
ane tambahin sambit pake GEERPE dah bang hamdii....
cerita nya kereenn, natural dan ngajak berimajinasi, seperti kang pemulung, ane serasa pernah denger/baca/liat teknik latian nya..

btw, judul nya apaan nih bang? SILAT SATU JURUS, apa PENDEKAR SATU JURUS?

*nungguin keluar nya jurus penjerat naga ;D
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 07/01/2010 11:53
@bang Ochid ..
Pletak!!
Adaowww .. makasih GRP-nya.
Niatnya sih ceritain si Adi bgm belajar silat itu (hny ada satu jurus..selebihnya hny pengembangan) .. Jd hanya ttg silatnya .. si Adi mah akhir cerita gak jadi pendekar .. hny lulus SMA dan pergi merantau ke daerah lain untuk nerusin kuliah...(Oops .. kebocoran deh..comel nih mulut)

@All
Sekarang lagi bingung bikin akhir ceritanya .. enaknya diakhiri dengan penutupan latihan apa berantem ama keroyokan yaa ...
Tolong dikasih masukan...
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Dolly Maylissa on 07/01/2010 18:16
enaknya diakhirin adi lulus sekolah dapet nilai bagus di praktek olahraga lari, renang, atletik, basket, volly...secara gak sadar belajar silat tuh ngelatih gerakan2an olahraga lain juga,,,nambah power,,hehehehe
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Abu Zakka on 08/01/2010 07:37
Akhirnya Adi bisa hidup bahagia bersama dengan gadis anak Kyai-nya Mesjid tempat dia latihan Silat. Para Preman dan tukang palak akhirnya kalah oleh Adi, tapi mereka tidak terima dan pergi ke Cimande (untuk berguru silat ya????,..... "BUKAN!!!" tapi buat di urut tulang, karena banyak tulangnya yang patah.......) GARINGGGGG ... [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]] [[run2]]
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 08/01/2010 09:27
@Dolly ...
Waduh, renang gak dilatih di lapangan mesjid ... tp makasih masukannya .. :)

@bang Abu Zakka ...
Di cerita Adi belajar silat bukan untuk cari musuh, tp menghasilkan teman. Nanti ada ceritanya tarung ama geng preman. ;)
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 08/01/2010 09:47
KONSEP TENAGA PERTAMA: OMBAK MENGGULUNG
Esok subuhnya ..
Setelah pemanasan sedikit, Bang Mamad pun membuka pembicaraan, ”Sekarang kita masuk ke pra-jurus. Pra-Jurus ini adalah aplikasi latihan gerakin tangan. Dengan latihan pra-jurus ini, Abang ngarepin loe bisa memahami konsep asal tenaga dari silat ini. Darimana dan bagaimana tenaga tersebut terbentuk dan bagaimana memanfaatkannya. Silat yang abang akan ajarin tidak mengutamakan banyaknya jurus, tapi bagaimana mengeluarkan dan memanfaatkan tenaga yang terbentuk secara optimal dalam berbagai posisi tubuh.

Pertama adalah ombak menggulung. Gue namain aja begitu, biar loe inget. Soalnye gerakannya seperti ombak di pantai yang mundur, kemudian maju lagi ngegulung.
Gerakan diawali dengan sikap ayam sebelah kiri. Tangan kiri di depan dengan tapak menghadap depan dan tangan kanan terletak di sebelah siku kiri. Kaki kiri didepan sedikit tertekuk dan kaki kanan yang dibelakang tertekuk jg.

Kedua tangan ditarik ke perut. Saat penarikan tangan diputar sehingga ketika sampai ke perut dalam keadaan terkepal dan tapaknya menghadap ke atas.
Saat penarikan tangan tersebut, badan juga diputar ke kanan sampai maksimal dan kaki kanan lebih ditekuk sehingga tubuh merendah.

Tanpa terhenti, badan diputar kembali ke kiri, kedua tangan  kepalannya mulai membuka dan naik ke dada namun tapaknya masih menghadap ke dada dan terus naik sampai kepala. Kemudian telapak kaki menekan kebawah sambil berputar sedikit ke dalam, seperti konsep langkah 1/2 , hanya bedanya tenaga tekanan kebawah tidak terlalu besar..sehingga kaki agak lurus dan tubuh meninggi.
Ketika kaki belakang agak lurus, kedua tangan sudah terjulur ke depan lagi dengan tapak terbuka menghadap ke depan. Sedangkan badan sepenuhnya menghadap kedepan, berat badan 80% ditopang oleh kaki kiri (yang didepan) dan teteuuuppp....tulang punggung harus lurus.”

”Coba perhatikan, Pra-Jurus ini menggunakan seluruh latihan yang selama ini loe pelajari kalo loe sadarin,”lanjut Bang Mamad.,”Mulai dari tulang punggung yang lurus, tenaga yang dihasilin kaki kemudian diarahkan ke tangan loe seperti latihan pake lengan baju kosong..
Paham?”

”Paham Bang.” Jawab Adi.

”Bagus.”

”Sekarang loe latih itu..hmmm kira2 50 kali aja deh tiap sisi. Udah mulai siang nih..jadi gak bs banyak2. Dan inget, loe latih terus dan coba pahami dan hayati maknanya. Ini adalah salah satu inti gerakan silatnya. Kl sudah paham, coba loe gabung dengan langkah ½ dan langkah 1 yang sudah abang ajarin itu.”

”Baik Bang”

Dan mulai hari itu, Adi mulai makin semangat karena sudah makin mendekati belajar jurus silat bang Mamad.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 11/01/2010 09:43
MASALAH DI SEKOLAH
Setelah makan pagi, Adi segera berangkat sekolah. Kebetulan sekolah gak terlalu jauh dari rumah. Dengan naik angkot bs 15 menit perjalanan. Namun Adi lebih suka jalan kaki, sehingga menghabiskan waktu kira-kira 45 menit perjalanan.

Menurut Adi ada kelebihan kl berangkat sekolah dengan berjalan kaki,
pertama : bs hemat ongkos
kedua : sepanjang perjalanan Adi bisa merenungi dan melatih kembali yang tadi subuh dilatih.
Ketiga : alasan favorite.. Adi bisa milih jalan yang pastinya bisa menghindari papasan dengan para preman yang sering malak Adi.
Keempat : lebih sehat .. (alasan klise kayaknya).

Sepanjang jalan Adi coba latih yang tadi dikasih bang Mamad. Dia coba kombinasiin gerak ombak menggulung itu dengan langkah ½ dan langkah 1. Serasa badan enteng aja gerakin. Entah karena gaya dorong dari ’jejakan’ kaki, atau emang karena sebenarnya ini bukanlah jurus tarung.
Namun demikian selama perjalanan ke sekolah Adi selalu menghayalkan bagaimana prakteknya bila gerak ombak menggulung itu digunakan dalam pertarungan.

Yang selalu jadi hayalan Adi, saat tangan ditarik ke perut adalah saat menarik serangan lawan dan bisa dilanjutkan dengan membuangnya ke belakang. Namun karena gerakan tangan dilanjutkan memutar ke atas kemudian ke depan, maka gerakan ke depan selalu diartikan sebagai serangan balik. Namun yang masih blm habis pikir, kenapa pergelangan tangan diputar sedikit juga? Apa fungsinya? Ah biarin lah.. ikutin aja dulu. Nanti juga ketemu. Kadang gerakan melingkar tangannya diperkecil, karena malu lewatin ibu2 yang sedang nyapu halaman rumahnya. Nanti mereka bingung lagi ngeliatin adi muter2in tangan. Cukup satu kali saat ngelatih langkah jangkit itu aja mereka tertawa dan ngeledek. Untuk yang ini, nanti dulu deh. Blm siap mental.

Sampai di sekolah, kelas masih belum ramai. Bahkan masih terlihat kosong. Yang ada adalah teman2 yang sedang dapet jadwal piket bersihin kelas. Dari pada iseng, Adi samperin aja si Anne yang sedang piket.

”Ne, gue bantuin ye? Iseng nih gue, datengnya kecepetan,” kata Adi sambil menawarkan bantuan.

”Boleh,”Jawab Anne.”Tolong beresin mejanya. Anak ekskul kalo habis ada kegiatan di kelas orang sering gak mau beresin meja lagi.”

”Oke”

Sambil mindahin meja, Adi coba menggunakan konsep ombak menggulung yang baru diajarkan. Tapi gak berani terlalu kelihatan biar gak dipelototin ama si Nane.

BRAK!!!...

”Lho?? Koq mejanya lebih enteng?” pikir Adi kaget karena mejanya jadi terlempar. Tentu aja si Anne langsung melihat ke arah Adi untuk mengetahui apa yang terjadi. Tp berhubung Adi jg terlihat kaget, jadi Anne tidak nanya lebih jauh.

Ternyata dengan cara seperti ini (menggunakan konsep ombak menggulung), koq rasanya meja dan bangku lebih ringan ya. Yang ada seolah2 meja dan bangku terlempar2. Apalagi kalo ditambah dengan langkah 1. Bisa terlempar benaran. Artinya Adi harus hati2...

Kelas makin ramai setelah Adi selesai membereskan meja dan bangku. Sekarang Adi harus hati-hati kl mau melatih pra-jurus satu itu dikelas. Jangan sampai terlalu mencolok. Pokoknya putarannya diperkecil lagi, sampai hanya terasa perut aja yang melakukan putaran layaknya orang jalan biasa dengan melenggangkan tangan.

Bell pelajaran pertama telah berdering.Para siswa masuk kelasnya masing-masing dan tidak ada yang istimewa selama jam pelajaran.
Sampai akhirnya Jam istirahat, para siswa segera keluar kelas menuju kantin. Tapi Adi tidak, karena gak bawa uang jajan sebagai strategi untuk menghindari pemalakan di sekolah.
Iseng-iseng Adi mendorong pintu kelas yang tertutup dengan ombak menggulung.

BRAK!!!

”Aduh!!!” teriak seseorang dibalik pintu.

”Ya Ampun, koq enteng banget nih pintu. Siapa yang kena tuh??” pikir Adi merasa bersalah. ”Gawat!! Si Jarot!.”

Sekedar informasi, di sekolah Adi ada beberapa geng jagoan. Setidaknya tiap angkatan satu geng jagoan. Nah Jarot ini adalah ’pentolan’ salah satu geng jagoan diangkatan Adi.

“Sorry, Rot,” kata Adi meminta maaf.”Gak sengaja.”

“Sorry..sorry…loe kira tangan gue gak sakit kena tuh pintu?,”kata Jarot.”Ikut gue, loe!!”

“Tapi Rot… mo kemana? Gue kan gak sengaja,”Adi mulai dagdigdug.

“Udah … ikut aja. Apa perlu kita tarik paksa?” kata Eno dan Abet sang pengawal Jarot.”palingan dibawa ke WC.”

Sampai di WC, Jarot mulai mendorong Adi sampai tersandar ke dinding.

“Dasar cungkring sialan. Berani-beraninya loe bikin tangan gue sakit. Asal loe tau ye, gue ini penganut paham mata balas mata plus bunga” Geram Jarot.

“Rot, gue kan sdh minta maaf dan lagi gue juga gak sengaja.” Kata  Adi mencoba membela diri.

“Suka nonton Meteor Garden gak sih loe? Tau Ming Tse bilang,’Kalo minta maaf itu dapat menyelesaikan masalah,untuk apa ada polisi’?” kata Jarot lagi sambil melayangkan pukulannya ke arah perut.

BUK!!

Pukulan Jarot masuk ke perut Adi.Untung Adi sedikit bergerak, jadi gak kena ke ulu hati.
Adi pandangi Jarot dengan sedikit marah.

“Apa loe liat2? Gak suka? Kl gak suka coba loe lawan!” Kata Jarot menantang sambil mengayunkan tinjunya yang kedua ke arah perut.

Secara refleks, kedua tangan Adi melakukan gerakan ombak menggulung yang melingkar kebawah. Tanpa disadari pukuan si Jarot tertangkap dan Jarot tertarik oleh gerakan tangan tersebut. Setengah kaget melihat si Jarot menerjang maju karena tangannya tertarik oleh gerak tangannya, Adi langsung membuang tangan ke belakang. Akibatnya Jarot melewati samping tubuh Adi dan menabrak dinding WC.

DUG!! GDUBRAK!!!

Jarot terjatuh sambil memegangi mulutnya yang nyongnyong karena sukses mencium dinding WC.

“BRENGSEK!!” teriak Eno dan Abet berbarengan sambil maju mencoba memukul Adi.

Tangan Eno yang digunakan untuk memukul tertangkap oleh Adi kemudian dia tarik kebelakang seperti  Jarot sampai nabrak dinding juga.
Dibelakangnya ternyata ada si Abet yang bergerak akan memukul juga. Secara reflek Adi lanjutkan aja gerakan Ombak-Menggulung tersebut dengan bagian menggulungnya (lingkaran dari atas ke depan) dengan langkah ½. Abet membatalkan pukulannya dan segera diubah menjadi tangkisan karena melihat kedua tangan Adi bergerak ke mukanya. Namun tangkisan tersebut tidak dapat menahan gerakan kedua tangan Adi yang menyerang ke muka dia, akibatnya tangan yang digunakan untuk menangkis malah memukul mukanya sendiri. Jatuhlah Abet ke lantai WC.

Dengan pandangan tidak percaya Adi memperhatikan 3 orang dari gerombolan jagoan sekolah yang meringkuk kesakitan di lantai WC sebagai akibat gerakan sederhana yang baru dipelajari tadi subuh, ombak menggulung.

Melihat mereka kesakitan, Adi merasa kasihan juga. Adi coba bantu mereka bertiga bangun dan berkata,”Sorry Rot, Bet, No. Gue bener2 gak sengaja. Kayaknya lebih baik kita lupain kejadian ini. Gak enak kl didenger orang. Sini gue papah loe ke ruang kesehatan. Bilang aja nanti kl kalian kepleset di WC.”
Adi pun memapah si Abet, karena sepertinya kepalanya sedikit terbentur dinding saat jatuh tadi.
Bell masuk kembali berbunyi saat Adi keluar dari ruang kesehatan dan pelajaran dimulai. Sampai saatnya pulang sekolah rasanya cepat sekali. Rasanya Adi masih gak percaya kalo dia mampu menjatuhkan 3 orang dari geng jagoan sekolah dengan satu gerakan.
Pengen banget buru2 subuh lagi, untuk menceritakan pengalaman Adi hari ini kepada Bang Mamad.
….
Bel pulang berbunyi, dengan secepat kilat Adi segera berlari pulang untuk menghindari upaya balas dendam kelompok jagoan sekolah. Karena salah seorang pentolan dan 2 orang anggotanya K.O dihajar anak bawang di toilet sekolah. Rute perjalanan pun harus selalu diubah, demi keamanan diri.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 12/01/2010 11:38
KONSEP TENAGA KEDUA: NYEKOP PASIR
Esok subuhnya Bang Mamad mendengar kejadian di WC sekolah tersebut langsung dari mulut Adi.  Beliau hanya menasihatkan agar hati-hati menggunakan gerakan tersebut agar lawan tidak terlalu parah cederanya.

Sejak kejadian di WC sekolah tersebut Adi makin semangat berlatih.  Kalo perlu sebelum adzan subuh, sudah nongkrong di lapangan masjid. Sambil menunggu adzan subuh, Adi latih lagi gerakan2 ombak menggulung. Gak heran, hanya dlm waktu 1 minggu Bang Mamad mengajarkan konsep (pra-jurus) kedua : NYEKOP PASIR.

“Nyekop Pasir ini sebenarnya adalah kebalikan gerakan dari ombak menggulung. Kalo ombak menggulung itu gerakannya dari depan (posisi kuda2) diputar turun kemudian naik ke atas dan ke depan lagi, maka Nyekop Pasir diawali dari depan, tangan diputar ke atas, kemudian lingkarkan ke bawah, kemudian kembali ke depan. Sesuai namanya, gerakan ini layaknya seperti kita mau nyekop pasir dari bawah ke atas truk bak terbuka.

Gerakan kaki sama dengan sebelumnya, ombak menggulung, kecuali arah puntirannya aja. Koordinasi gerakan tangan dan kaki ini sangat penting, karena dari gerakan kaki ini ada tenaga yang berputar naik ke atas yang nantinya loe alirkan ke tangan sehingga tangan dapat digerakkan.

Gue yakin kalo loe sudah menguasai ombak menggulung, hanya butuh beberapa hari loe nguasain ini. Jadi beberapa hari kedepan bisa jadi kita akan masuk ke Jurus.”

Latihanpun dimulai.

Saat Bang Mamad memperagakan, gak ada gerakan yang istimewa. Seperti Ombak Menggulung,  Hanya arah gerakannya kebalikannya saja. Tapi Adi percaya gerakan ini seperti yang pertama, terlihat sederhana tapi hasilnya nanti pasti menakjubkan. Benar2 seperti menyekop pasir.

“Paham?” tanya Bang Mamad setelah selesai memperagakan.

“Paham,”Ujar Adi.

“Kalo begitu, lakukan 100x tiap sisi. Kl sudah merasa lancar, gabungkan dengan langkah ½ dan langkah 1.”

Sepanjang subuh itu pun Adi melakukan gerakan2 nyekop pasir tersebut sambil digabungkan dengan langkah ½ dan langkah 1.

Latihan diselingi dengan teguran Bang Mamad karena posisi tubuh Adi mulai gak benar atau gerakannya kurang luwes dan terharmoni dengan anggota tubuh lainnya.

Sebelum menutup latihan hari itu, Bang Mamad tips latihan kepada Adi...

”Sebenarnya kedua konsep ini bisa loe gunain dalam pertarungan. Namun efektif tidaknya tergantung dari pemahaman loe terhadap konsep ini juga. Banyak cara memahami ini, loe bisa selalu hayalkan dengan kondisi realitasnya bagaimana, loe bisa gabungkan dengan keilmuan yang pernah loe terapin..bukan hanya sekedar ilmu silat, tp juga ilmu sekolah loe. Loe jangan berpikir bahwa silat itu hanya sekedar ilmu bak-bik-buk. Silat lebih dari sekedar itu. Silat itu dapat digunakan dikehidupan nyata. Nanti kl waktunya tepat, gue ceritain. Intinya, latihan membantu loe secara keseluruhan dalam memahami apa yang loe pelajari saat ini.”

Adi terdiam .. ternyata selama ini dia setidaknya sdh melakukan salah satu tips apa yang diajarkan oleh Bang Mamad.
………………………..

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 13/01/2010 11:09
DENDAM GENG JAGOAN
Sudah lebih dari dua minggu sejak insiden WC yang melibatkan Adi, Abet, Jarot, dan Eno.
Selama itu juga Adi melatih ombak menggulung dan nyekop pasir disetiap waktu. Entah waktu membuka pintu ataupun waktu mendorong mobil yang mogok. Banyak hal yang Adi dapat, seperti dengan cara nyekop pasir itu mobil mogok lebih mudah didorong dibandingkan dengan cara mendorong yang konvensional, dan lain-lain.

Selama itu pula Adi sudah melupakan insiden WC itu. Namun ternyata tidak bagi anggota Geng Jagoan yang terlibat insiden. Selama masa ‘damai’ itu, ternyata mereka mengkoordinir anggota Geng Jagoan lainnya menyusun strategi untuk membalas dendam. Selama ini mereka mengintai segala sesuatu tentang kebiasaan Adi pulang sekolah. Jam berapa Adi pulang, naik apa, lewat mana, sama siapa. Dari situ disusun rencana mencegat Adi dan membalas dendam Jarot, dkk.

Saat itu siang yang panas, sekitar jam 14an.
Seperti biasa Adi Sengaja berlama-lama pulang sekolah,supaya banyak yang menyangka kl Adi sudah pulang duluan. Setidaknya ini strategi Adi yang selama ini dapat menghindarinya dari masalah.
Seperti biasa, sambil berjalan pulang Adi latih ombak menggulung dan nyekop pasir bergantian dengan langkah 1. Berhubung hari itu panas, banyak yang tidak keluar rumah. Lebih baik diam di dalam rumah daripada terkena teriknya matahari. Untung bagi Adi karena dengan begini dia bisa melatih kedua gerakan tersebut tanpa ada yang harus dikurangi.

Ketika dikomplek yang jaraknya gak terlalu jauh dari sekolahnya, tiba2 ada suara yang familiar menghardik dari belakang,”Hey Sipit!! Tunggu!!”

Adipun berhenti dan menengok.
”Lho? si Jarot?” pikir Adi heran.”Tapi ngapain 5 orang lagi dibelakangnya? Wah jangan-jangan….”

Perasaan Adi mulai gak enak. Adi langsung berbalik mau lari, tapi ternyata sudah ada 5 orang lagi yang berada didepannya menghalangi jalan.

“Waduh, terkepung.” Pikir Adi panik.

“Sekarang gak bisa kabur loe,” kata Jarot serasa menang.

“Ada apa nih, Rot?” tanya Adi bingung campur deg-degan.”Dan lagi, emang temen loe yang itu gak sipit?” kata adi sambil menunjuk temennya Jarot yang memang sipit.

“Eh, ngejawab loe…”Jawab jarot mulai marah.”masih inget waktu WC itu? Masih inget kalo gue bilang bahwa gue penganut paham mata bayar mata plus bunga? Nah sekarang gue mo bayar hutang yang di WC itu sekalian bunga-bunganya.”

“Tapi kan waktu itu awalnya gak sengaja. Dan lagi loe sudah mukul perut gue sampe mules saat itu,” kata Adi berargumentasi.

“Ahh gak usah brantem mulut deh. Kayak banci aja. Hajar aja. Apa perlu gue mulai duluan?” kata Rey, salah seorang anggota Geng Jagoan Jarot yang paling besar. Ternyata setelah tanpa disadari Adi, Mereka sudah mulai membuat lingkaran mengurungnya.

Adi mulai panik.
Mendadak orang yang dibelakang menendang ke punggung. Adi pun terjengkang ke depan. Didepannya sudah siap orang yang akan memukul.
Namun demikian, adi sudah bersiap terhadap serangan orang yang di depannya dengan gerakan menggulung ombak. Saat tangan adi siap untuk menggulung kepala lawannya, dari arah kiri pukulan bersarang di kepala Adi tanpa bisa tertahan. Akibatnya Ombak-Menggulung tidak telak diterima musuh yang di depan Adi. Namun demikian cukup membuat lawannya itu terpelanting, jatuh dan tidak berani bangun lagi.

Adi sempoyongan setelah terkena pukulan di kepala. Blm pulih kesadarannya dari rasa kaget itu, mendadak ada tendangan masuk ke rusuk kirinya. Walau sedikit tertepis oleh siku-nya, cukup membuat adi jatuh terduduk. Saat jatuh terduduk itu malah menjadi kesempatan para pengeroyok untuk memukul dan menendangi Adi.

Sudah dalam kondisi begitu, terbersit pemikiran nekat Adi.

“Kalo gue mati karena keroyokan ini, gue mau bawa temen!”

“HiAAAAHHHH!!” teriak Adi sambil berusaha bangkit dan melancarkan gerakan Nyekop-Pasir. Lumayan, ada satu pengeroyok yang paling besar yang terkena ‘sekop-an’ dikemaluannya.

Keroyokan berhenti untuk sementara saat melihat salah satu teman pengeroyoknya yang paling besar meringkuk ditanah sambil memegang kemaluannya. Dan itu kesempatan Adi untuk segera bangun dan bersiap lagi.

“Dua orang sdh roboh, masih sisa 9 orang,” pikir Adi sambil berdiri agak sempoyongan dan berusaha berdiri sikap ayam dengan susah payah.

“HIH!!!”

Terdengar suara mendekat dari arah jam 17. Adi segera berbalik, dan menangkap serangannya kemudian langsung mengeksekusi penyerangnya dengan Nyekop Pasir.

Si penyerang terpental mundur beberapa langkah dan langsung nyebur ke selokan. Dari matanya, terlihat dia mulai kecut untuk melakukan serangan lagi.

“3 orang sdh mundur. Tinggal 8 orang,”pikir Adi.

“Oy… ayo serang!! Tunggu apa lagi?! Dia hanya sendiri,” teriak Jarot menyemangati.

“kenapa bukan loe sendiri yang maju, Rot?,” kata Adi mencoba membakar emosi Jarot.

Jarot makin merah mukanya. Blm lagi dimulai serangan kedua, mendadak penduduk yang tinggal disitu keluar semua. Pengeroyokan pun berakhir dengan kaburnya Geng Jagon dan meninggalkan teman-temannya yang masih meringkuk tidak bisa kabur, terutama si besar yang kena “sekop” kemaluannya.

“ada apa, Dek?” tanya salah satu penduduk yang mendekat.

“Gak ada apa-apa, pak. Hanya orang yang salah paham,”Jawab adi.

Adi pun berjalan mendekati si besar yang meringkuk. Sambil mencoba membantu dia, adi berkata,”Ayo bangun. Sudah pada kabur temen-temen loe.”

Adi pun membantu si Besar bangun.

“Nama loe siapa?” tanya Adi

“Rey.”

“ya udah Rey. Ayo kita pulang. Kl loe gak kuat jalan, sini gue papah,” kata Adi.”Mau gue anterin sampe rumah atau sampe mana?”

“sampe depan tempat angkot mangkal aja,”kata Rey.

Adi pun nganterin Rey sampai tempat yang diminta. Setelah Rey naik angkot, Adi pun berjalan terus untuk pulang.
Sejak itu, Rey tidak mau lagi ikut2an kegiatan Geng Jagoan Jarot. Dan setiap kali ketemu si Adi di sekolah, Rey menyapanya dahulu. Banyak yang bilang, sikap Rey berubah drastis. Dari yang tadinya sombong dan suka mengintimidasi orang yang lebih lemah, sekarang lebih ramah dan merendah.

Sejak saat itu juga, Geng Jagoan Jarot mulai mengambil jarak dari Adi. Disamping karena sudah mulai ciut nyali mereka, tapi juga karena Rey sekarang mulai berpihak kepada Adi.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 14/01/2010 09:10
JURUS PERTAMA DAN TERAKHIR: BELAH PU’UN
Setelah beberapa lama latihan, akhirnya Bang Mamad berkata,”Baik .. abang lihat, gerak2an loe sudah makin bagus. Kayaknye sudah saatnye loe masuk ke tahap belajar jurus. Seperti yang abang pernah sampein, silat ini hanya memiliki satu jurus. Namun nanti loe bise kembangin menjadi banyak jurus. Yang pengen abang tekankan adalah silat ini tidak mengandalkan banyaknye jurus, melainkan menekankan pemahaman praktisinye terhadap tenage yang dihasilin saat melakukan jurus. Sekarang perhatiin gerakan abang.”

Bang Mamad pun mulai memperagakan jurus yang akan diajarkan tersebut.

Mulai dari sikap ayam sisi kiri, kaki dan tangan kiri di depan dengan telapak tangan terbuka menghadap depan dan tangan kanan di siku kiri serta berat tubuh disebar menjadi 30% di kaki depan dan kaki kanan menopang 70% berat tubuh.

Seperti awalan Ombak-Menggulung, tangan ditarik ke perut dengan kepalan tangan menghadap atas. Kemudian tangan kembali lagi ke depan namun telapak kepalan menghadap wajah dan terus serong ke depan atas seperti gerakan Nyekop-Pasir. Saat kedua tangan itu kedepan, kaki depan melakukan langkah ½ dan langsung dilanjutkan dengan langkah satu sambil mengambil posisi sikap ayam sisi kanan. Saat berhenti diposisi sikap ayam sisi kanan itu tubuh seperti merendah sedikit, seolah-olah menjatuhkan berat tubuh.

“Nah loe lihat sendiri, jurus ini merupakan gabungan/kombinasi dari konsep2 tenage yang sebelumnye loe pelajari. Kl secara kasar, jurus ini seperti loe pengen belah pu’un pake kampak. Karena itu, jurus ini dinamain jurus Belah-Pu’un. Ayo sekarang latih.”

Adi pun mulai melatihnya. Untuk berapa lama, adi masih kikuk melakukannya.
Sampai pada akhirnya, Bang Mamad berkata,”Oh iya, ade yang lupe. Loe harus inget point berikut:

3 serasi tubuh: kaki dengan telapak tangan, lutut dengan siku, dan pinggang dengan bahu. Maksudnye saat kaki belakang bergerak maju, maka telapak tangan belakang juga bergerak maju. Saat lutut bergerak, maka siku pun ikut bergerak. Dan seterusnye. Intinye, saat satu bergerak maka yang laen ikutan bergerak.

3 serasi jiwe: pikiran menyatu dengan hati, hati menyatu dengan tenaga. Maksudnye saat loe terbersit suatu pikiran, langsung eksekusi sepenuh hati…jangan pikir panjang lagi.
Mungkin agak susah untuk dilaksanakan, karena itu loe latihnya dengan gerakan perlahan aja dulu.”

”baik bang,” kata Adi

Adi pun mulai berlatih perlahan-lahan.
Latihan diselingi oleh teguran bang Mamad yang sedang mengawasi sambil sesekali memberi perbaikan.

”tangan loe telat tuh. Inget kaki ama tangan nyampe-nye barengan.”

”Lah.. sekarang kaki loe yang telat. Ulangin!”

”Itu pantat jangan ngegoel. Turunin!”

”pergelangan tangan tetep dipuntir saat tangan bergerak. Jangan diem aja.”

Sampai hari menjelang terang, Adi belum mampu untuk menguasai jurus tersebut.

Dalam bbrp waktu kedepan, latihan didominasi dengan latihan Jurus Satu ini, Belah-Pu’un.

~BERSAMBUNG~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 15/01/2010 14:54
SEDIKIT PENJELASAN

Setelah beberapa waktu, secara perlahan tapi pasti, adi mulai menguasai jurus satu ini sesuai dengan yang diharapkan oleh Bang Mamad, walau kadang-kadang masih sering salah. Terutama dibagian memuntir pergelangan tangan.

”Kayaknya dibagian memuntir tangan ini loe agak kesulitan ye?” tanya Bang Mamad.

”Iya, Bang. Soalnya saya gak ngerti ini gunanya untuk apa,”jawab Adi.”jadinya gak bisa menghayati gerakannya.”

”Oh begitu. Sini abang kasih tau. Coba loe berdiri, dengan kedua tangan menyilang di dade. Nanti abang akan cobe dorong loe, dan loe harus berusahe nahan.”

Lengan bang Mamad menempel dilengan Adi yang menyilang.

”Sekarang abang akan mendorong loe tanpa puntiran tangan.Dan loe harus nahan sekuat mungkin dorongan abang” Kata Bang Mamad
Adi pun sukses menahan dorongan bang Mamad.

”nah sekarang abang akan menggunakan puntiran tangan.”
Untuk kali ini, adi gagal mempertahankan posisinya saat didorong Bang Mamad.

“Bentar bang. Dicoba lagi, kayaknya tadi blm siap” kata adi penasaran.

”Oh, boleh. Silahkan pasang pertahanannya,”kata bang Mamad.”Kalo sudah siap, bilang ye.”

”Siap bang,” kata Adi.

Bang Mamad pun mulai mendorong lagi. Hasilnya sama, Adi terdorong ke belakang.

”Puas? Dari sini bisa loe liat sendiri kan, bagaimane bedanye antare ade puntiran dengan gak ade puntiran.”

“Masih bingung bang, koq saya gak bs nahan ye.”

“Sini abang jelasin. Puntiran ditangan itu bergune untuk menerobos atau menghancurkan pertahanan lawan. Loe bayangin aje, saat tangan loe mencobe menerobos masuk dari bawah, tau2 ade tangan lawan berusahe menangkis/menahan tangan kite yang mencoba menerobos tersebut. Nah, puntiran itu berfungsi untuk menggagalkan tangkisan atau penahanan lengan lawan, sehingge serangan kite masih bise diterusin.”

“Kalo loe masih bingung, kite tukeran posisi. Loe yang mendorong, abang yang bertahan.” kata Bang Mamad menawarkan.

Bang Mamad mengambil posisi bertahan dengan menyilangkan kedua lengannya di dada dan Adi menempelkan lengan kanannya dilengan bang Mamad tersebut.

”Sekarang loe dorong tanpe memuntir lengan loe,” perintah bang Mamad.

Adi pun mencoba mendorong. Terasa olehnya, memerlukan tenaga yang tidak sedikit untuk mendorong Bang Mamad. Itu jg tubuh bang Mamad hanya doyong sedikit kebelakang.

”Cukup! Sekarang pake puntiran lengan,” Lanjut bang Mamad.

Saat ini Adi berhasil mendorong Bang Mamad, sampai mundur selangkah ke belakang. Yang terasa Bang Mamad tidak memiliki pertahanan dan tenaga yang digunakan pun terasa lebih sedikit daripada yang awal.

”nah, sekarang loe lihat kan.. dimane bedanye,”ujar bang Mamad.

”Iya Bang. Beda jauh banget,”kata Adi masih terheran-heran.

”Nah itu baru pake puntiran doang. Belum lagi kalo digabungin dengan langkah ½ dan langkah 1. Daya dorongnya jauh lebih besar,” kata Bang Mamad.”Sini abang kasih contoh.”

Saat Bang Mamad mendorong, Adi pun langsung terjengkang 5 langkah dan jatuh terduduk karena kehilangan keseimbangannya.
”Loe bisa lihat sendiri kan, Di. Bagaimana besarnya tenaga yang dihasilkan. Gue harap loe gak sembarangan menggunakan jurus ini.”

”Sekarang loe coba ulangi masing2 sisi 20 kali aje. Sudah mulai siang soalnye,”kata Bang Mamad.

Adi pun mulai melatih seperti yang diminta Bang Mamad.

~bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 25/01/2010 14:59
sorii sebelumnya sempat vakum.. soale flash disk tmp nyimpen file cerpennya ketinggalan dikantor tmn.

SCIENCE of JURUS BELAH PU’UN
Paginya di sekolah ...
Saat dikelas,di jam pelajaran Fisika , saat itu pelajaran mulai memasuki materi Hukum Newton. Sesuai dengan hukum Newton ke dua,”Suatu benda akan berusaha mempertahankan posisi stabilnya dengan memberikan daya penahan yang melawan daya dorong yang diterimanya.”

Disitu Adi langsung teringat dengan pelajaran puntiran lengan yang baru saja dipelajarinya.

”Berarti saat gue mendorong tanpa puntiran, bang mamad akan memberikan tenaga dorongan yang sama dengan arah yang berlawanan. Karena tenaga bang Mamad juga cukup besar, gue gak berhasil mendorong bang Mamad. Namun saat gue melakukan puntiran dilengan, tenaga pertahanan Bang Mamad ternyata gue alihkan keluar jalur. Akibatnya Bang Mamad tidak dapat menahan tenaga dorongan gue dan terdorong ke belakang. Sedangkan gue pun tidak memerlukan tenaga yang sebesar dorongan diawal,” Renung Adi.

”Oh begitu ternyata ... ilmiah banget yah ... ” pikir adi lagi.

”Kira-kira ada lagi gak ya contoh lainnya?” pikir Adi. ”Bagaimana waktu kasus gue mendorong meja,sampe terasa enteng dan mejanya terlempar? Itu masuk juga gak yee.. Atau saat gue mendorong mobil dengan konsep Nyekop-Pasir? Hasilnya sama juga tuh.”

Pikiran adi makin melayang-layang, mencari hubungan Jurus Belah Pu’un dengan pelajaran fisika yang sedang dan telah dipelajari sebelumnya.

Waktu pun terus berjalan tanpa ada kejadian yang menarik.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Dodol Buluk on 26/01/2010 08:33
 [top] ane demen neh kalo ade kaitannye ame iptek, hmm.. berarti reaksi = aksi ??bener ga? kalo misalkan aksi yang dilakukan pukulan lurus berbeda dengan pukulan untiran (puntiran?) hasilnya, maka hukum newton saja kurang neh Bang Humdee... x-))

mangga dilanjut..


d'buls
teh tarik emang enakkk
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 26/01/2010 11:11
@bang D'buls ..
nahh ..kl maen fisika tingkat lanjut, silahkan dibabar dong bang...
kemampuan fisika ane hanya sebatas fisika SMA.. itu jg dpt merah diraport. ;p
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 26/01/2010 11:15
LATIHAN MENTAL
Suatu pagi, saat Adi sedang latihan jurus 1, bang Mamad berkata,”Bagus, gerakan loe sudah mantap. Tapi gue lihat loe masih kurang bersemangat.”

”Kurang bersemangat bagaimana, Bang?” tanya Adi.

”Mental loe masih kurang. Sekarang gue tanye, waktu loe melakukan jurus 1, ape yang loe pikirkan atau bayangkan?” tanya bang Mamad.

”Gak ada bang. Hanya mencoba memperhatikan apakah ada gerakan saya yang salah,” jawab Adi.

”Nah itulah letak kesalahannya.” Kata bang Mamad.”pantesan aje loe sering berhenti ditengah jalan, dan mengulang dari awal lagi. Seolah-olah loe gak pede melakukan jurus satu ini.”

”Sekarang coba loe bayangkan bahwa saat loe melakukan jurus ini, loe berade ditengah pertempuran. Musuh menyerang loe dengan kekuatan yang besar. Dan loe pun harus membalasnye dengan kekuatan yang besar pula.”

”Bayangkan saat tangan loe menempel di tubuh musuh, loe berusahe mendorong die sampai mental 20 meter. Mungkin ini terkesan hiperbolis. Tapi dengan begini, loe akan terkondisikan untuk mengeluarkan kemampuan secara maksimal.”

”Satu nasihat yang perlu loe inget, jika latihan seperti berperang maka berperang akan seperti latihan. Maksudnye jika saat loe latihan loe seserius seperti sedang berperang/bertempur, maka saat berperang/bertempur nanti loe akan lebih santai karena loe sudah terbiase dengan kondisi seperti itu.”

Adi mulai mencoba berlatih jurus Belah-Pu’un tersebut sambil mengingat-ngingat suasana saat dia sedang dikeroyok oleh Geng Jagoan kemaren. Gerakan Adi pun makin gesit dan bertenaga. Namun bersamaan dengan itu, Adi makin cepat lelah karena tenaga yang digunakan saat ini lebih dikuras.

”Bagus!!! Lanjutin terus yang kayak begini,” kata Bang Mamad senang.”Lakukan 80 kali.”

Hari itu latihan ditutup dengan stamina Adi yang terkuras. Untungnya hari itu hari libur. Jadi sepulang latihan, adi langsung istirahat di rumah.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 02/02/2010 12:51
sorry sdh bbrp hari keluar kantor terus, jadi gak nerusin ceritanya...

ALAT SERANG DAN STRATEGI
Beberapa hari kemudian adi mulai dapat menyesuaikan pola latihan tersebut, sehingga dia tidak lagi sampai kehabisan tenaga saat selesai latihan.

”Bagus, Abang lihat loe sudah mampu menyesuaikan diri dengan jurus ini. Sekali lagi abang ingetin, supaya jangan sembarangan berkelahi. Tenaga loe saat ini gue rase sudah mampu untuk melukai orang. Inget, tubuh manusia itu sangat lemah. Melukai ataupun Membunuh orang itu perkare gampang, namun membuat bagaimane orang tersebut kalah bahkan takluk tanpa terluke itu jauh lebih sulit.” Nasihat Bang Mamad.

“Loe juga jangan berpikir, bahwa jurus ini hanye menggunakan tapak tangan yang di depan sebagai alat serang.” tambah bang Mamad.

”Yang diajarin turun-temurun ke abang, dalam silat ini bagian tubuh yang bise dijadikan alat serang itu ada 8 bagian utama. Tangan, siku, bahu, punggung, kepala,pinggang, lutut, kaki. Dan bisa lagi ditambah dengan gigi, dagu, ujung jari, dsb. Intinya, seluruh tubuh dapat dijadikan alat serang. Tergantung pada bagian tubuh mana yang paling dekat dengan musuh.”

”Sebagai contoh saat loe melangkah ½ , bila kaki depan loe saat melangkah itu sedikit dinaikkan ke atas dapat digunakan untuk menendang kaki musuh (tulang kering) atau mematahkan lutut kaki depan musuh.
Atau saat loe mencoba melakukan langkah 1 ... tenaga pijakan kaki loe itu jika dialirkan ke kaki, maka kaki loe bisa digunakan untuk menendang perut atau kemaluan musuh. Dan lain sebagainya.
Pokoknye jangan membatasi hayalan deh. Aplikasi jurus ini hanya dapat dibatasi oleh hayalan loe aje.”

Bang Mamad pun memberi beberapa contoh aplikasi jurus tersebut dengan alat serang yang disebutkan tadi. Adi pun kelabakan menghadapinya.

”ada pertanyaan Bang,”kata Adi setelah dikasih kesempatan bertanya.

”Apaan tuh,” sambut Bang Mamad.

”Apa yang dapat dilakukan dalam silat ini kalo menghadapi keroyokan?”tanya Adi lagi.

“Emang kenapa loe nanya begitu? Keinget ama kejadian waktu itu ye, waktu di keroyok preman dan anak2 sekolah?” tanya bang Mamad sambil tersenyum penuh selidik.

”Yahh.. ada sih.Tp itu bukan yang utama. Abang lihat aja, jaman sekarang kebanyakan orang kalo berantem pada keroyokan semua sih. Blm lagi sekolah saya yang rawan tawuran. Mau gak mau saya harus siap ngadapin hal seperti ini”

”Wah, pertanyaan tingkat tinggi. Jawabannye pun bakalan tingkat tinggi juge. Sebenarnye di silat ini ade latihan untuk menghadapi keroyokan. Namun saat ini loe blm waktunya mempelajari itu.
Namun begini aje. Saat musuh lebih banyak, lebih baik loe segera lari.” Kata Bang Mamad.

”Yahhhh .. koq begitu. Gak seru banget. Berarti silat gak bisa untuk keroyokan dong.” kata Adi kecewa.

”Bukan ape-ape. Saat ini kemampuan loe baru mampu untuk satu lawan satu. Biasanya para pengeroyok itu menyerang orang dari belakang. Dengan asumsi orang tersebut gak bisa melihat serangan dipunggungnya. Nah..loe gak bisa menahan serangan yang gak bisa loe lihat kan? Karena itu loe harus membuat musuh2 loe itu terlihat oleh mata loe. Salah satunya, loe harus membuat kondisi bagaimane caranye yang ngeroyok loe itu menyerang loe satu persatu bergantian.

Nah dengan lari, mereka berusaha mengejar loe. Karena kemampuan lari setiap orang berbeda, maka musuh yang mengejar loe akan seperti berbaris satu-satu untuk mendapatkan loe. Nah saat itulah loe bs berbalik menghajar mereka satu persatu.

Tapi ingat, setiap gerakan dan serangan balik loe gak boleh ade yang gagal. Istilahnye satu gerakan, satu nyawe. Setelah satu berhasil loe jatuhin, loe bisa melakukan serangan ke orang selanjutnya atau lari lagi, tergantung sikon-nye. Misal setelah satu jatuh, dibelakangnye ade satu orang lagi.Kl loe yakin bise ngejatuhin orang tersebut dalam segebrak, loe terusin aje serangan loe itu ke orang tersebut. Namun kalo gak yakin atau ternyata di belakang orang pertama yang loe jatuhin ada banyak orang yang rapet-rapet, maka lebih baik loe lari lagi.

Nah, jadinye latihan lari loe selame ini gak percume kan? Hehehehe

Atau loe bisa kabur ke gang sempit. Nah, disana kan mereka harus masuk satu-satu tuh. Nah,  loe hadapin deh saat itu.
Intinya bagaimana caranya loe bikin musuh yang ngeroyok itu jadi satu-satu bergiliran ngadepin loe. Caranya, itu harus loe yang nemuin sendiri.
Nah sekarang loe cobe latihan seolah-olah loe lagi dikeroyok.”

Adi pun latihan sambil berlari-lari. Kadang dia harus balik badan mendadak menyerang, kemudian lari lagi atau setelah balik badan dia menyerang dengan beberapa langkah.

“Di, inget!! Musuh itu bukan hanya di depan kita aja. Kadang di samping kanan atau kiri. Jadi arah serangan loe harus acak!!” teriak Bang Mamad mengajari.

Latihan pun ditutup setelah Adi mulai tidak sanggup berlari-lari lagi. Dan selama beberapa pertemuan selanjutnya, yang dilatih intensif adalah strategi ini.

~bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 03/02/2010 09:13
TEMAN SEKUTU BARU
Suatu hari karena urusan sekolah, Adi terpaksa pulang agak sorean. Kebetulan saat ini dia tidak sendirian.  Dia ditemani 2 orang temennya yang cewek, Dewi dan Ani, serta satu orang cowok bernama Joko. Joko ini adalah murid pindahan dari Yogya. Dia pindah karena ayahnya ditugaskan ke jakarta.
Jalan yang mereka tempuh ini merupakan jalan umum yang sering teman2 sekolahnya pulang, karena jalan tersebut menuju ke jalan raya dimana banyak kendaraan umum yang bisa dinaiki.

Disatu kelokan, Adi tercekat...ternyata kelompok preman yang biasa memalak dia sedang nongkrong sekitar 50m di depan.Bahkan sekarang sepertinya ada pimpinan kelompoknya. Sialnya, daerah tersebut jauh dari pemukiman dan sepi, sehingga bila terjadi kejahatan disini gak ada penduduk yang dapat membantu.

Joko melihat perubahan di wajah adi pun bertanya,”Kamu kenapa Di?”

“Ahh, enggak.Gak kenapa2. Cuman itu ada preman yang nongkrong disana. Gue punya pengalaman buruk ama mereka.” Jawab Adi sedikit dag dig dug.

Temen2 Adi yang cewek juga mulai cemas, bahkan salah satu sudah minta lewat jalan lain. Namun saat baru saja mereka balik arah, ternyata salah satu preman tersebut melihat mereka.

“Hey loe pade .. kesini!!!” Teriak preman kerempeng yang memiliki tato ditangan kirinya.

Terlambat!!!

Mau lari, kasihan temen2 yang cewek, nanti mereka ketinggalan.

Akhirnya mereka kembali ke arah semula dan berjalan perlahan-lahan. Adi perhatikan temen2 cewek-nya terlihat mulai cemas, namun si Joko tidak.

“Wah hebat juga nih anak, berani.” pikir Adi.

Saat semakin dekat, tiba-tiba joko berbisik,”Di, tolong nanti kamu jagain belakangku.”

Adi gak ngerti maksudnya apa,namun dia mengangguk saja.

Setelah dekat, si preman kerempeng itu mengenali Adi.

”Ohhh elo toh. Sekarang kita bisa bales dendam nih. Boss, ini dia yang bikin dulu kita-kita terkapar. Bukan dia langsung sih, tapi ada bapak2 yang nolongin dia.” Adu si krempeng ke bossnya.

Si boss preman ini terihat sangar dengan rambut gondrong dan bewoknya. Jaket jeans kotor yang dikenakannya menambah kesangaran wajahnya. Dengan tatapan tajam, si boss ini memperhatikan Adi dan teman-temannya.

 “Eh cungkring, kemari loe!! Langsung aja deh, Mana dompet loe!!” kata si kerempeng.

Adi diam tidak bergerak.

“Eh, ngelawan loe?” Kata preman krempeng tersebut sambil maju hendak menarik tangan Adi.

Ketika tangannya memegang tangan Adi, mendadak si Joko menahan tangan preman krempeng itu.
“Eh mo ikut campur loe?” hardik si preman ke Joko sambil melotot mencoba menakuti.

Joko terlihat tetap tenang, bahkan tersenyum.
“Bukannya mau ikut campur, Mas. Tapi hormati dong kemauan teman saya ini. Kalau dia tidak mau kesana, Mas tidak ada hak memaksa dia,” ujar Joko kalem.

Si krempeng mencoba menempeleng Joko dengan tangannya yang masih bebas. Namun Joko tanpa melepaskan tangan si preman yang terpegang tersebut menghindar dengan cara menunduk sambil memutarkan tubuhnya 360 derajat tanpa melepaskan pegangan tangannya. Alhasil, si preman jatuh terlentang dengan tangan terpelintir.

Suasana makin tegang dan panas.

Dewi dan Ani sudah mulai berteriak ketakutan dan berlari menjauh.
Para preman yang lain sudah mulai bergerak maju dan mengurung Joko. Joko pun memasang kuda-kuda
.
“Wahhh.. dia bisa silat,”pikir Adi.

Tiba-tiba Adi teringat dengan permintaan Joko, untuk menjaga belakangnya. Adi pun ikut masuk ke medan pertempuran, berdiri saling membelakangi dengan Joko.

6 lawan 2 sekarang.

Serangan belum dimulai, namun Adi mulai berpikir bagaimana caranya membuat keroyokan ini menjadi satu-lawan satu seperti strategi menghadapi keroyokan yang pernah diceritakan oleh Bang Mamad saat latihan. Namun jika dia sambil lari, berarti meninggalkan punggung Joko dan itu berbahaya bagi Joko.Tapi jika tidak sambil lari, maka dia harus melawan kroyokan.

Adi teringat bagaimana waktu pertama kali dikroyok jarot di WC sekolah. Hanya cukup satu serangan yang membuat KO Jarot dan 2 kawannya.

“Hmmm..pake cara itu! Satu serangan satu nyawa!”kata Adi meneguhkan hati.

Serangan dimulai!!

HAAAATT!!!

Teriakan tersebut membuka serangan pertama yang dilakukan oleh salah seorang preman yang berhadapan dengan Joko. Kepalan tangan yang dihiasi dengan cincin combong mengarah ke dagu Joko.
Joko menyambutnya dengan suatu tangkisan lembut dengan tapak tangan terbuka ke atas. Kemudian menyusul suatu pukulan lurus dengan buku2 jari ke arah leher lawan.

BEGH!! UHHHH!!!

Si penyerang terjengkang pingsan terkena ‘totokan’ di daerah lehernya.
2 Lawan si Joko kaget. Kemudian menahan serangannya dulu untuk melihat keadaan. Joko  masih tenang dengan kuda2nya.

Bersamaan dengan itu 2 dari 3 lawan Adi bergerak menyerang bersamaan.Melihat itu Adi langsung menggunakan kombinasi langkah ½ untuk menendang tulang kering salah satu penyerang dan menginjak jari kaki depan lawan, kemudian langkah 1 ke arah lawan lainnya yang menyerang. Berhubung jarak terlalu sempit untuk menggunakan jurus 1, maka untuk lawan yang diserang dengan langkah 1 Adi menggunakan ‘Nyekop Pasir’ dengan alat serang lengan depan dan bahunya ... kemudian berbalik arah lagi ke lawan yang diserang dengan langkah ½ dengan ‘Ombak Menggulung’.

Lawan yang diserang “nyekop pasir” terpental sampai menimpa temannya yang masih bersiap2 mengeroyok Adi  dan tidak mampu bangkit karena saat ‘nyekop pasir’ tadi Adi sempat memasukkan pukulannya ke rusuk si preman. Sedangkan yang diserang dengan “Ombak Menggulung”, pingsan dengan leher terkilir karena wajahnya kena tamparan tangan Adi.

Tamparan tersebut terlambat ditangkis oleh tangannya karena tangannya saat itu sibuk mengelus2 tulang kering kakinya yang tertendang oleh Adi tadi.
2 orang pengeroyok Adi langsung gak mampu bertarung lagi hanya dengan jurus Belah Pu’un yang sedikit dimodifikasi.

Satu orang lagi yang masih sadar dan tertiban temannya yang terkena serangan “nyekop pasir” Adi berusaha bangkit. Namun baru saja dia bangkit, mendadak Adi sudah ada dihadapannya. Adi langsung menendang  kemaluannya dan si preman pun jatuh meringkuk tanpa pernah mengeluarkan serangan.

Adi segera beralih ke Joko.Namun saat itu Joko pun sedang mendaratkan sikutnya ke wajah preman terakhir lawannya, yang sebelumnya dipanggil boss oleh kawan2nya. Boss preman tersebut pingsan terkapar dengan mulut jontor terkena sikut Joko.

“sudah selesai, Jok? Hebat loe. Diem-diem jago silat.” Kata Adi menghampiri sambil membawakan tas Joko yang tadi dijatuhkan ke tanah.

“kamu yang hebat. Dalam sekejap memberesi 3 orang,”kata Joko sambil menerima tasnya. “terima kasih ya.”

“Untuk apa?” tanya Adi.

“Untuk jagain punggungku dan ngambilin tasku ini.” Jawab Joko.“Habis ini bagaimana nih? Pergi begitu aja?”

“Hmmm .. gimana yaa .. gini aja deh. Loe, Dewi dan Ani pulang aja duluan.  Ada yang masih ingin gue obrolin ama mereka.” Kata Adi menunjuk para preman yang terkapar ditanah.

“Aku ikut kamu aja, Di,”kata Joko.”Biar si Dewi dan Ani pulang duluan.”

“ya sudah, terserah loe, Jok,”kata Adi. “Terima kasih.”

Adi pun memberi isyarat kepada Ani dan Dewi agar mendekat. Wajah mereka masih pucat ketakutan ketika sampai didekat Adi dan Joko.

“Ni, Wi .. tolong kejadian ini kita rahasiain aja. Jangan sampai orang lain tau. Gue ama Joko masih ada urusan ama mereka, jadi loe berdua pulang aja duluan. Tp sebelum pulang, tolong beliin 2 botol air putih kemasan di warung yang kita lewatin tadi. Ini uangnya.” Kata Adi.

Tanpa ba-bi-bu lagi, mereka segera menerima uang Adi dan pergi membeli air kemasan. Tak lama kemudian mereka kembali  membawa pesanan Adi.

“Di, gue ama Ani pulang duluan ya,”Kata Dewi.

“Iya ..dan jangan lupa, rahasiain kejadian ini,” Kata Adi

Dewi dan Ani pun mengangguk dan pergi meninggalkan tempat kejadian.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 04/02/2010 12:26
LAWAN JADI KAWAN
Beberapa lama setelah Dewi dan Ani pergi,  para preman yang terkapar itu mulai siuman. Adi mencoba membantu mereka untuk bangun dan didudukkan dipinggir jalan.
Selama itu, Joko mengawasi para preman tersebut. Berjaga-jaga dari serangan mendadak dan pengecut.
Setelah terkumpul,Adi memberikan minuman air kemasannya itu kepada mereka.

“Air-nya, Bang. Minum dulu biar tenang,” Kata Adi menawarkan kepada mereka. Beberapa preman menerima tawaran air minum Adi tersebut.

“Apa maksud loe nolongin kita,” tanya Boss Preman dengan pandangan tajam.

“Gak ada maksud apa-apa sih, bang. Cuman mau selesaiin urusan hari ini sampe tuntas aja. Saya gak mau nanti ada dendam aja. Apalagi karena dendam itu, sampai melibatkan orang lain.. seperti temen-temen sekolah saya.” Kata Adi menjelaskan.

“Sebelumnya saya dan temen saya minta maaf kalo sampai membuat abang-abang semua mengalami sakit seperti ini, apalagi kalo sampe ada yang luka. Harap abang semua memaklumi, kami hanya sekedar membela diri. Gak ada maksud untuk menghina abang sekalian, apalagi melukai.
Saya akan tutup mulut tentang kejadian ini, dan kami harap abang-abang semua juga melupakan semuanya..entah itu dendam terhadap kami dan gangguan terhadap kami dan temen-temen sekolah kami.” Kata Adi mencoba bernegosiasi menawarkan win-win solution.

Si Boss preman menatap tajam Adi, seperti mencoba mencari ketulusan Adi diwajahnya. Adi pun tersenyum, sambil menjulurkan tangannya untuk bersalaman.

“Oke, gue setuju. Kejadian hari ini gak ada,”kata boss preman tersebut menyambut jabat tangan Adi.

Adi dan Joko pun berjabat tangan dengan para preman tersebut. Setelah itu, Adi dan Joko pun berpamitan pulang kepada mereka. “Kalo sudah begini, kami pamitan pulang dulu, Abang-abang semua. Mari...”

“Iye”

“Hmm..”

“He eh..”

“Yok..”
Jawab para preman nyaris berbarengan.

“Gila, kamu Di. Aku aja gak berpikiran sampai seperti itu,”kata Joko membuka percakapan sepanjang perjalanan menuju tempat mereka bisa mencegat kendaraan umum.

“gak berpikiran bagaimana?” tanya Adi.

“itu .. nungguin mereka siuman, minta maaf, negosiasi ,dll,”kata Joko.

“Ohh .. itu. Itu sih karena gue sudah pengalaman diintimidasi orang. Kalo gue perhatiin, orang kayak gitu harga dirinya tinggi. Kl kita kabur setelah bikin sakit mereka, mereka akan dendam..akibatnya kita akan gak tenang menghindari mereka terus. Namun kalo kita berbicara dengan penuh hormat padahal kita sudah di atas angin, mereka gak berani menolak yang kita tawarkan.” Kata Adi menjelaskan. “Yang penting bagaimana sebisa mungkin kita merangkul musuh menjadi kawan. Kan ada pepatah Seribu kawan terlalu sedikit, seorang musuh terlalu banyak.”

Obrolan pun berlanjut sampai akhirnya mereka berpisah karena mereka menggunakan kendaraan umum yang berbeda jurusan.
Sejak hari itu, para preman tidak lagi suka mengganggu anak-anak sekolah Adi. Bahkan mereka dapat menekan sekolah tetangga yang suka tawuran,sehingga lingkungan menjadi lebih tenang.. tidak tawuran lagi.

Beberapa lama setelah kejadian itu, geng preman tersebut pun bubar. Masing-masing anggota menempuh jalannya sendiri. Ada yang tetap disitu jadi tukang ojek, ada yang buka warung kecil-kecilan, ada yang keluar kota mencari nafkah. Walau demikian, keamanan daerah itu masih dapat dipertahankan karena mantan geng preman disana masih aktif menjaga keamanan lingkungan.

Sejak hari itu pula, Joko dan Adi berteman akrab.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 12/02/2010 06:50
TITIK SASARAN DAN POLA TENAGA BARU
Subuh itu ada yang spesial dilatihan ini. Seusai shalat subuh, Bang Mamad meminta Adi duduk di beranda masjid.

“Abang kagum ama kemampuan loe, Di. Blm sampe 1 tahun, loe mampu menyerap semua yang Abang ajarin. Untuk ukuran pemula, loe dapat menerapkan nyaris sempurna silat ini diberbagai kondisi.” Puji Bang Mamad.

“Alhamdulillah, ini berkat doa Abang juga, dan kemauan Abang yang mengajarkan saya dengan tulus dan lugas sehingga saya dapat dengan mudah memahami isi yang Abang ajarkan.” Jawab Adi  dengan jujur.

“Mungkin tinggal 2-3 materi lagi yang bisa abang ajarin ke loe, Di. Setelah itu, semua tergantung loe. Kalo loe latih terus, apa yang Abang ajarkan ke loe akan terus berkembang dan mencapai kesempurnaannya. Namun apabila loe sia-siain, silat ini paling-tidak akan begitu-begitu saja. Bahkan bisa berkurang kemampuannya. Sebenarnya materi yang Abang sampein ini adalah materi yang sdh gak perlu diajarkan lagi, apalagi ke anak yang masih kencur kayak loe. Namun Abang sudah pikirin mateng-mateng, mengingat loe termasuk orang yang Abang nilai gak mudah terbawa emosi,moral loe bagus, dan pemahaman serta pengamalan loe terhadap agama islam Abang acungin jempol. Karena itu Abang Sekarang akan memberi loe beberapa teori. Insya Allah keputusan abang tepat mengajari loe nyang kayak beginian.
Yang pertama adalah teori tentang titik lemah tubuh manusia.”

Bang Mamad pun menjelaskan mengenai teori tubuh manusia dan titik-titik lemahnya. Dibeberapa titik lemah tersebut ada titik-titik yang sangat rawan, sehingga dapat membunuh. Disamping itu ada beberapa titik tubuh yang melumpuhkan.
Adi diam berkonsentrasi untuk menyimak apa yang dijabarkan oleh Bang Mamad. Kadang-kadang Bang Mamad mempraktekkan penyerangan titik-titik tubuh tersebut ke badan Adi.
Memang terasa, bagaimana bagian tubuh memang mematikan dapat memberikan efek yang sangat besar walau hanya tersentuh sedikit. Namun titik-titik tubuh yang melumpuhkan pun tersebar merata diseluruh tubuh. Kadang titik-titik tubuh tersebut tak terduga letaknya, sehingga kita sendiri pun tidak menyadari bahwa titik tubuh tersebut sangat mematikan.

Setelah menjelaskan ini, Bang Mamad berpesan,”Abang harap setelah loe mengetahui ini, loe makin bisa menahan diri dalam menggunakan silat loe secara sembarangan. Gak ada gunanya loe bisa punya kemampuan membunuh orang karena manusia pada dasarnya emang sudah lemah. Sedangkan kemenangan yang paling sukses adalah menaklukkan musuh tanpa bertempur.”

“Nah, sekarang loe ke lapangan. Lakukan jurus dengan berfokus pada sasaran titik tubuh yang baru aja Abang ajarin. Kalo loe merasa susah menerapkannya, lakukan perlahan-lahan saja dulu.”

Adi pun berjalan ke lapangan. Dimulai dari sikap ayam, Adi melakukan jurus Belah Pu’un dengan memfokuskan gerakannya menyerang titik-titik tubuh yang baru saja diajarkannya.

Kadang Bang Mamad berdiri dihadapan Adi yang sedang berjurus untuk membantu Adi melihat sasarannya,walau serangannya gak dikenakan ke tubuh Bang Mamad. Kadang Adi bertanya, jika ada yang lupa.

Setelah mendapatkan pelajaran mengenai titik tubuh ini, Adi mencoba menghapalkan apa yang telah didapatnya dengan berbagai cara.
Dia buat sebuah poster berbentuk orang, dan meletakkan tanda-tanda di poster tersebut..yang mana titik tubuh maut, yang mana yang melumpuhkan. Kadang orang yang berpapasan dengan Adi merasa ngeri karena Adi menatap tajam ke arahnya. Padahal sebenarnya Adi mencoba membayangkan yang mana titik tubuh maut dan melumpuhkan di tubuh orang tersebut. Jika lupa, Adi akan menanyakan saat latihan.
Karena sering ‘mempraktekkan’ itulah, dalam waktu singkat Adi dapat menghafal sebagian besar titik tubuh  tersebut, terutama titik tubuh yang mematikan.

Namun demikian, Adi merasa ada yang salah dalam latihannya saat ini. Bila jurusnya hanya terfokus titik tubuh, maka kekuatan serangannya berkurang. Namun bila sebaliknya, maka arah serangannya jadi tidak terfokus lagi.

Adi pun bertanya mengenai hal ini kepada Bang Mamad.
“Loe lupa apa gak ngerti kenapa Abang minta loe menjatuhkan berat badan loe ke bawah saat serangan masuk?” tanya Bang Mamad.

“Yang saya tau sih supaya saya gak kehilanga keseimbangan,” jawab Adi.

“Hanya itu?” tanya Bang Mamad kembali.

“Emang Ada lagi?” Adi balik bertanya.

“Hehehehe ...Tandanya loe masih belum perhatian ama jurus yang selama ini Abang ajarin.” Kata Bang Mamad sambil tertawa.

“Sebenarnya kalo loe perhatiin dan loe rasakan, saat loe menjatuhkan tubuh itu secara tidak langsung kaki loe menghentak ke tanah. Nahhh... tanah itu akan memberikan gaya dorong yang sama besar dengan gaya hentak kaki loe itu. Kalo daya dorong dari tanah itu mampu loe alirkan ke alat serang loe, maka dapat menjadi tenaga tambahan untuk serangan loe. Sini gue contohin”

“Yang ini adalah yang biasa loe latih,” kata bang Mamad mempraktekkan Nyekop Pasir dengan langkah 1/2 serperti yang biasa dilakukan Adi, ke tubuh Adi. Adi pun terpental sekitar 2 langkah.

“Namun bagaimana jika loe mendapat kondisi yang membuat loe tidak mungkin melakukan langkah ½ itu, atau jika loe memanfaatkan tenaga tolakan dari hentakan kaki loe itu...Sini Abang contohin.”

Pertama Bang Mamad mencontohkan bagaimana dia tidak menggunakan langkah ½ namun tetap menghasilkan tenaga yang sama dengan langkah ½. Kemudian yang kedua Bang Mamad menggunakan langkah ½ namun ditambah dengan pemanfaatan tenaga tolakan hasil dari penjatuhan berat tubuhnya. Hasilnya, Adi  terpental lebih dari 5 langkah..sudah sekuat jurus Belah Pu’un yang menggunakan 1 ½ langkah.
Adi dibuat takjub setelah merasakan itu. Apa jadinya jika jurus Belah Pu’un menggunakan pola tenaga seperti ini, pikir Adi saat itu.

“Sekarang faham, loe?” tanya Bang Mamad.

Adi mengangguk.

“Nah kalo loe faham, sekarang latih deh pola tenaga itu.” Kata Bang Mamad. “jangan lupa gabung dengan titik tubuh yang tadi Abang ajarin.”

Adi pun mulai melatihnya perlahan-lahan. Makin lama, latihan digabung dengan konsep-konsep sebelumnya.

Sebelumnya Bang Mamad memberi masukan, “Loe jangan dengan sengaja menghentakkan kaki loe. Hentakan kaki tersebut hendaknya adalah hasil dari menjatuhkan berat tubuh.  Bukan disengaja dihentakkan, karena itu hanya akan membuat cidera. Masih untung kl hanya kaki loe yang cedera. Kalo syaraf otak loe yang cedera, bagaimana? Syaraf2 dikaki bisa berhubungan langsung dengan otak lho.”

Adi pun menuruti nasihat Bang Mamad. Bila Adi ingin meningkatkan hentakan kakinya, maka Adi akan mencari cara bagimana caranya supaya saat menjatuhkan berat badannya itu dapat menghasilkan hentakan kaki yang kuat. Sehingga ada daya tolak yang lebih besar yang bisa dia manfaatkan untuk jurus yang dilakukannya.

Untuk beberapa lama Adi melatih titik sasaran dan pola tenaga baru ini. Tanpa disadari, Jurus-jurusnya pun makin luwes dan terarah ke titik tubuh. Sehingga makin lama, gerakan Adi makin halus..tidak seperti kemarin-kemarin yang terlihat sangat bertenaga. Namun kehalusan gerak jurusnya tidak mengurangi kekuatan dan daya hancur gerakannya. Bahkan sekarang makin ganas.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 16/02/2010 15:45
STRATEGI MENGHADAPI KEROYOKAN TINGKAT LANJUT
Suatu kali,disela-sela latihan Adi bertanya kepada Bang Mamad,”Bang, saya masih penasaran dengan strategi menghadapi keroyokan yang pernah abang ajarin itu.”

“Ape lagi yang bikin loe penasaran?”tanya Bang Mamad.

“Begini Bang. Andaikata saat itu saya sedang tidak fit, mendadak saya kekurung ditengah-tengah tawuran kampung. Walau saya gak terlibat, saya pasti kena sasaran dari salah satu pihak yang terlibat. Saya saat itu gak memungkinkan untuk lari-lari melawan mereka. Trs, apa yang harus saya lakukan Bang?”

“Ohh .. tentang keroyokan itu. Hmmm.. begini deh. Berhubung sekarang abang ajarin juga gak bakal selesai karena sudah keburu siang,besok subuh aja- pas latihan- abang jelasin..kalo perlu loe latih sekalian. Nanti abang siapin alat-alat yang bisa membantu, “ kata Bang Mamad.

Esok subuhnya, ketika ingin latihan Adi diberikan sembilan buah batu besar oleh Bang Mamad.

“Untuk apa nih, Bang?” tanya Adi.

“Coba lo susun batu tersebut menjadi 3 baris dan 3 kolom,” kata Bang Mamad.

Adi pun menyusunnya. Setelah itu Bang Mamad menulisi disebelah batu tersebut angka-angka -yang terlihat oleh Adi- secara acak. Urutan angka tersebut sebagai berikut:

4   9   2
3   5   7
8   1   6

Adi makin bingung melihat itu. Kemudian Bang Mamad menjelaskan,”Begini, Di. Bayangkan loe saat ini diposisi 1. Saat loe diserang oleh sebuah kelompok, beberapa orang akan menyebar mengurung loe ke posisi 8 dan 6. Disamping itu lapisan pertama, yaitu 3-5-7, akan di bek-ap oleh lapisan kedua, yaitu 4-9-2. Andaikata tidak di bek-ap, posisi 4-9-2 tersebut merupakan tempat teraman loe saat diserang. Karena disitu berada dibelakang musuh-musuh loe. Paham?”

“Paham, Bang,”

“Nah..yang perlu loe lakuin adalah loe melangkah ke batu2 yang disusun tersebut secara berurutan. Dari batu 1, ke batu 2, trs ke batu 3, …dst, Faham?”kata bang Mamad.

“Hmmm .. Faham Bang. Tapi gak bisa langsung cepet nih. Saya hrs hapalin dulu.” Kata Adi.

“Ya iyalah .. gak usah langsung cepet. Pelan-pelan dulu. Yang penting loe tau mau kemana .. nanti setelah hafal, coba sambil maenin jurus,”Kata Bang Mamad meyakinkan Adi. “Ya udah, kerjain deh.”

Adi pun mencoba berjalan menuju setiap angka yang dimaksud secara berurut. Awalnya masih kikuk.. namun lama-lama agak lancar.
Selama beberapa hari pun Adi mulai melatihnya. Bagi Adi ini adalah latihan yang paling tersulit selama ini karena cara ini gak bisa dipraktekkan setiap saat. Melainkan harus mempunyai tempat tersendiri yang agak sunyi biar gak dianggap gila oleh yang melihatnya dan juga bisa dicoret-coret lantainya.

Namun demikian, Adi selalu berusaha mencari jalan bagaimana menguasai materi ini dalam waktu singkat.

~Bersambung~
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Pemulung on 16/02/2010 15:58
wah pakai tehnik langkah cina nih. Formula ajaib ini katanya dulu diketemukan orang jaman dulu di cina, pada rumah kura kura yang tertulis pola angka ini. Diagonal, vertikal, horizontal kalau dijumlah sama = 15.

Pat kwa katanya pakai gini juga ya ? ..wah memang ente praktisi wushu kuno...pendekatannya sama ceritanya yahud. sipp.. [top] [top]
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 16/02/2010 16:08
@bang Pemulung ..
teorinya hanya saya ambil dari buku Pa Kwa Chang yang saya punya ..
ditambah banyak hayalan, jadilah pemaparan spt ini .. ;)
Justru saya mau ketemu ama orang yg faham aplikasi filosofi Pa Kwa dlm kungfu Pa Kwa Chang ini... ;)
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Dodol Buluk on 17/02/2010 08:51
Bang Hummdee,

ane pernah ngeliat langkah itu di daerah cawang...pada saat bersilaturahim dengan silat Ki Jirimin dan Ki Atu...beliau menjelaskan beberapa langkah Pat Kwa...ane agak siwer pas malem2 ngeliatnye...coba ditanya aje deh di marih..ade banyak yang ngeliat...(*ngelirik kanan kiri)

d'buls
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 18/02/2010 20:44
@Bang D'Buls ...
wahhhh ..
AKHIRRRRRRNNNNYYYYAAAAAAAA ...
ada titik terang ..
Thx bgt ..
mungkin nanti bs saya bikin thread sendiri nih... (kl masih blm ada)
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: kunderemp on 14/12/2010 15:07
Bang Humdee...
lanjutan ceritanya di utas mana nih?
Baru nemu dan penasaran ama lanjutannya.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 14/12/2010 16:06
bentar yaa .. filenya hilang.
mo cari dulu .. :D
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Bayu Umbara on 14/12/2010 16:30
Bener nih bang hummdee6 mantap ceritanya,
ditunggu kelanjutanya nih [[run2]]
kalau bisa gambaran titik mematikan dan melumpuhkan lawan itu dikasih unjuk dimari,
lumayan buat tambah2 hehe,makasih kang
salam
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: mpcrb on 14/12/2010 20:11
Memang cerita yang menarik. Dilatarbelakangi dengan nuansa Xin Yi yang sangat kental, tetapi dengan perubahan pada nama-nama yang dilokalkan untuk mempermudah pembacaan. :)

Konsep pelatihan kuda-kuda dasar (yang pada zaman sekarang dikenal dengan istilah Isometric Training) memang sangat terbukti dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan waktu yang relatif lebih cepat.

Gerakan-gerakan jurus pada Xin Yi ditransformasikan dengan bahasa yang sangat baik sehingga mudah dicerna dan tidak kehilangan makna.

"Nyekop Pasir" adalah salah satu jurus Xin Yi yang terkenal yang bahkan dapat "menerbangkan" seseorang bertubuh besar dengan sekali hentak. Apalagi jika ditambah tenaga dari hentakan kaki. :)

Prinsip bertarung keroyokan seperti ini memang Xin Yi banget. Ilmu tombak yang diubah menjadi gerakan tangan tanpa tombak. Simple, efektif, tapi fatal.

Plus juga ditambah aspek visualisasi, dimana memang aspek ini cukup memegang peranan di dalam keberhasilan.

Bagi yang belum pernah bersentuhan dengan XinYi, akan cukup mengalami kesulitan menterjemahkan maksud penulis. Tapi gaya bahasa penulis cukup bisa menjelaskan dengan baik teori-teori dasar pelatihan XinYi.

Secara keseluruhan, nice story :)

***

Meski demikian, Baji Quan dan Xinyi bisa dikatakan beladiri yg berlandaskan filosofi prajurit yg bersifat Hard. Seorang berpribadi "keras" yang biasanya akan mencapai puncak dalam aliran ini. Li Shu Wen dan Guo Yun Shen adalah Master aliran ini yg dikenal keras dan telengas. Mereka dikenal sebagai Master Beladiri yg sering mengalahkan lawannya hanya dgn satu pukulan saja. Dan biasanya lawan berakhir dalam keadaan tewas atau terluka parah. Pribadi yg bersifat "soft" mungkin tidak akan mencapai tingkat seperti Li Shu Wen dan Guo Yun Shen.

Salam.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: kunderemp on 15/12/2010 07:55
Jadi pengen mencoret2 kertas ala Yoshihide Fujiwara (yang gambar komik Kenji). Bisa atau tidak yah?
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Bayu Umbara on 15/12/2010 13:24
Kayanya mas mpcrb juga punya bakat nulis nih, gimana kalau mas mpcrb juga bikin cerpen (cerita Pendekar) sok lah mas didukung ku simkuring, sigana rame soalnya perbendahaaran cerita dan keilmuannya lumayan kumplit, mangga di antos mas lalakonnana
salam
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 15/12/2010 23:51
"Nyekop Pasir" adalah salah satu jurus Xin Yi yang terkenal yang bahkan dapat "menerbangkan" seseorang bertubuh besar dengan sekali hentak. Apalagi jika ditambah tenaga dari hentakan kaki. :)
sebenarnya nyekop pasir dalam cerpen ini adalah ‘mutilasi’ dari gerakan jurus Belah Pu’un. Nahhh.. belah pu’un ini lah yang merupakan gambaran dari Jurus P’I Chuan.
Dlm gerakan belah puun, ada gerakan dari bawah ke atas .. kemudian dilanjutkan dg dari atas ke bawah. Sama halnya denga jurus Pi Chuan.

Prinsip bertarung keroyokan seperti ini memang Xin Yi banget. Ilmu tombak yang diubah menjadi gerakan tangan tanpa tombak. Simple, efektif, tapi fatal.
strateginya melawan kroyokannya terinspirasi dg konsep 9 istana/surge kecil dari BGZ.

Secara keseluruhan, nice story :)
makasih mas MPCRB.. :)

Meski demikian, Baji Quan dan Xinyi bisa dikatakan beladiri yg berlandaskan filosofi prajurit yg bersifat Hard. Seorang berpribadi "keras" yang biasanya akan mencapai puncak dalam aliran ini. Li Shu Wen dan Guo Yun Shen adalah Master aliran ini yg dikenal keras dan telengas. Mereka dikenal sebagai Master Beladiri yg sering mengalahkan lawannya hanya dgn satu pukulan saja. Dan biasanya lawan berakhir dalam keadaan tewas atau terluka parah. Pribadi yg bersifat "soft" mungkin tidak akan mencapai tingkat seperti Li Shu Wen dan Guo Yun Shen.
Spt yg dijelaskan di thread lain (thifan), justru pencapaian Li Shuwen masih kalah dg Wu Zhong.. yg karakternya lembut.
Dan Guo Yunsen hrs bertekuk lutut oleh kakak seperguruannya yang pendiam dan lembut serta oleh pendiri BGZ, Dong Haichuan.

@kundaremp..
ayo mas..
salah satu penulis kenji, itu emang muridnya Liu Yunqiao.. dia sebagai sumber teknik2 kungfu dalam komik kenji.saya jg pgn banget ada komik ttg silat yang spt kenji, yang teknik2nya terbahas secara detail.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: kalipatullah on 08/03/2011 10:05
Kungfu :-P enam kehendak kah ini?
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 08/03/2011 11:26
bukan bang ..
ini campur2 ..
lebih condong ke kungfu XingYi Quan (Kei'i dlm komik kenji).. dan beberapa konsep BagwaZhang (konsep 9 titik)
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Sawer Wulung on 08/03/2011 12:30
Kungfu ke'i bukannya hsing'i chuan bang? Xin yi quan kan masih kerabatnya xin yi liu he (kungfu enam kehendak).
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: kunderemp on 08/03/2011 12:49
Hsing 'i chuan itu ejaan Wade-Giles.
Pinyinnya ya.. Xinyiquan.

X dibaca Hs. Contoh Ximen => Hsimen (pintu barat)
Yi dibaca I.

Q dibaca Ch. Contoh Qianlong => Chienlung (nama kaisar Qing/Ching yang konon bayi dari suku Han -- jadi latar sejarah cerita Pedang dan Kitab Suci).

Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: kalipatullah on 08/03/2011 13:01
bukan bang ..
ini campur2 ..
lebih condong ke kungfu XingYi Quan (Kei'i dlm komik kenji).. dan beberapa konsep BagwaZhang (konsep 9 titik)

lanjutin dunk....sampai pendekarnya merantau ke negeri seberang....untuk mencari asal mula ilmunya  [[run2]]


ato menolong calon istrinya dari kepungan bajak laut :-*
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: hummdee6 on 08/03/2011 19:33
@Bang Sawer Wulung..
XingYiQuan (XYQ) dan XinYiLiuHeQuan (XYLHQ) dalam khazanah silat indonesia mirip Gerak Rasa Bang Pi'i dan Gerak Gulung Budi Daya.
Keduanya sama2 dari satu sumber (Gulung Maung), tp krn ada perbedaan yg mendasar keduanya menjadi aliran yg terpisah.

@Kalipatullah..
moodnya lagi gak ada nih.
Padahal sdh mo selesai ceritanya.. dan saya sdh bikin spinning story dari kisah ini. dengan menggunakan analisa saya terhadai kungfu bagwazhang..tokoh dan sifat beladirinya sangat berbeda dari cerita ini ..

tp.. itu ... moodnya sdh hilang.. :D
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: kunderemp on 09/03/2011 08:26
Abang ke Bali deh.. Aye pijat biar mood-nya muncul.
Nunggu akhir ceritanya neh.
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Bayu Umbara on 09/03/2011 10:59
kalau yang mijatnya bang kunderemp malah tambah ga mood :w :w :w,
kecuali yang mijatnya gadis bali hehe [[run2]] [[run2]] [[run2]]
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: belajar on 23/03/2011 16:05
wah, keren ceritanya....tapi jadi nanggung nih, ditunggu lanjutannya bang  [top]
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: Bayu Umbara on 24/03/2011 13:47
sesuai judulnya cerita panjang endingnya,jadi ga beres2 ceritanya hehe :w :w :w
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: morrissey on 10/03/2012 10:14
Sayang banget mas ngga diterusin, bang humdee nya masih aktif di SS ngga ya? Please mas kl udah mood diterusin lagi, bagus banget ceritanya :D
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: teddy krens on 11/03/2012 13:58
ya bang...lanjutin aja,,,
kasihan pembaca yang diatas,,, :) ;D
.
.
.
LANJUTKAN...! :D [[peace2]] [[run2]]
Title: usul dikit boleh kan?
Post by: Sarjana Kuburan on 28/04/2012 21:13
wah, kebetulan ceritanya di jakarta, sama dengan cerita saya, boleh gabungin gak? makasih
Title: Re: CERPEN (Cerita Panjang Endingnya) ...
Post by: rakean sunda on 28/04/2012 21:44
ane suka banget ceritanya, bang..pasti rame neh.. [top]
wilujeng ah..mangga teraskeun... [[peace2]]