+-

Video Silat


Silat Festival 2007
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
introduksi Gerak Gulung Budi Daya
Cingkrik Goning versi Kemayoran
Cingkrik Petamburan
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Silat Sibunder di FIB UI
Silat Sera Indonesia by Garis Paksi Indonesia
Silat Sitaralak Pasambahan

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kong Nizam sang Jawara  (Read 38440 times)

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #15 on: 10/09/2008 16:38 »
iyah kalau jagoan semua namanya bukan cerita silat kang...
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #16 on: 10/09/2008 17:39 »
      Angin menderu, awan berarak mengelilingi kota batavia, dan pojok kampung Rawa Bangke. Cahaya fajar menyimak awan, kabut pun mulai menipis suasana pagi di kampung rawa bangke yang rimbun dengan banyaknya pohon yang rindang.

     Didepan serambi gubuk kayu duduk seorang setengah tua berambut putih dengan gayanya yang berwibawa sedang memandang jauh ke arah gang jalan yang becek  menuju pusat pasar di kampung Rawa Bangke dengan kening bekernyit.

  Tidak lama kemudian, benarlah di jalan gang yang becek itu muncul sesosok bayangan orang. Wajah setengah tua berambut putih berubah berseri, lalu alisnya mengangkat terkesima  penuh rasa heran dan kaget.

  Kong Nizam sebagai laki-laki setengah tua berambut putih ini kaget melihat muridnya D'Bulls berlari tergopoh-gopoh dengan darah berlepotan di bajunya.
   " Kenape loe Buls?", tanya Kong Nizam dengan rasa khawatir.
   " Ane kemarin malam disuruh kepala kampung ke rumahnya kong.., karena sibuk ane datangnya pagi pagi aje, tau-tau ane kaget banyak
mayat gelimpangan di depan rumahnya, langsung aja ane ngindep-ngindep ke samping rumah "
    " Disane ane liat masih ada pertarungan seru antar centeng-enteng Rudyh kepala kampung, ame orang gondrong dekil berkumis dan berjenggot, kong"
    " tapi yang ane tahu kayaknya beda jauh kemampuan para centeng ame orang itu, soalnya dia berkelahi sambil anggap enteng lawan dengan ketawa-ketawa , kong, kayak kucing mainin anak-anak tikus, kong"
    "Ane gak berani berbuat dulu, makanya buru-buru ane kesini  kasih tahu kong nizam, khan kepala kampung bek rudyh yang bikinin surat rumahnya kong, tolongin dech kong..."

     " Lagian tadi ane liat keadaan udah ribet, parah dan kalut, di pelataran depan pintu bek Rudyh ada tergeletak duduk empat atau lima  centeng sambil merintih dan mengurut ngurut kaki dan tangannya yang pada bengkak berdarah-darah. Karena pengen tahu ada kejadian apa, lalu ane cari keterangan dari centeng2 yang terluka dipelataran.Ternyata Bang bek Rudyh kedatangan orang asing, yang gak ketahuan juntrungannya , dateng minta duit sama bang bek Rudyh, bermula dia datang langsung datang dan berlagak petantang petenteng sambil tereak-tereak cari tuan rumah, kemudaian dia duduk di bangku teras depan rumah bang bek Rudyh sambil angkat kaki dan sambil korek korek kuping mejam-mejamin matanya; tapi dia gak ngomong banyak dan menyatakan maksud kedatangannnya ke rumah bang bek Rudyh, Ida hanya bilang kumpulin perhiasan dan harta benda ke depan muka dia. Salah satu centeng di pintu udah nanya orang itu baik baik malah.. dikasih senyum sinis, hingga centeng itu nyuruh orang gila itu disuruh keluar dan bertingkah laku sopan; tapi tidak digubris. Belakangan lantaran putus asa, lalu ia masuk ke dalem buat kasih kabar pada madjikan, berbareng dengan itu dia liat tapak kaki orang gila itu nembus di serambi rumah sedalam tiga jari, keliatannya orang gila itu sangat sakti. Ia taksir beratnya tentu ratusan kati, seorang  yang bisa meninggalkan tapak sendal nembus ke pelataran serambi rumah bang bek rudyh tentu tidak boleh dibuat enteng"

“Setelah ia masuk kasih tahu pada majikan, bang bek Rudyh lantas perintahkan kita kasih uang seribu uang perak  kepada tuh orang gila dengan baik baik dan bujukin ia supaya lekas berlalu; akan tetapi sekali pun itu saribuang perak sudah ditaro ddidepan muka, itu orang gila cuman  melekin sedikit matanya dan teroes korek-korek kupingnya, gak mau dengarin dan pindah dari tempat duduknya seakan-akan menganggap kecil uang yang diberikan bang bek rudyh. Lantaran bujukannya gak diladenin, kontan centeng itu jadi jengkel dan memaki, kemudian nyerang itu orang gila, hanya sekali gerbrakan aja tahu tahu tuh centeng terpental  dan tangan dan kakinya sakit sakit patah-remuk seperti mereka berkelahi sama besi. karena mendengar suara ribut-ribut beberapa centeng  datang menyamperin dan meliat centeng temannya duduk geletak di atas tanah sambil mengais-ngais kesakitan, sedang itu orang gila masih duduk santai dibangkunya seperti tiada bermasalah, maka tanpa pikir pikir lagi serentak para centeng menyerang bersamaan."BRAAAK !" beberapa orang centeng berpentalan dengan luka memar dan patah-patah di kaki dan tangannya.mereka bilang seperti menghantam benda keras".


"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #17 on: 13/09/2008 12:07 »
 :D... Si Rudyh ada juga nh di cerita???
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #18 on: 16/09/2008 08:45 »
ada lah kang..
semuanya ada.. cuman listnya dalam antrean..

heheheheee
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #19 on: 16/09/2008 13:17 »
Bang S@rkem,

Taro'in juga tuh, masalah nyang jamaah tandingan nye Habib waktu di Cipayung...ente kagak tau pan duduk perkarenye, lantaran kagak ade name ente dalem kloter? ni bagus buat di ceritain...selebihnye biarin Bang Deboel's aje nyang nyerita'in...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #20 on: 16/09/2008 13:45 »
 :D :D  hehehehe..jamaah tandingan entu bang...wah salut deh ame kong nizam..mungkin kalo bisa disimpulkan ...maqomnye kong nizam lebih tinggi dari habib entu kali yeee...

ceritenye gini...kelar wudhu bareng-bareng ma kong nizam trus ke lantai 2, tengak-tengok mushollin (red:pesholat) kok pade bace sholawat neh..langsung aje kong nizam menginstruksikan untuk iqamah pade aye...buat jamaah sholat...

lah entu jamaah nyang sedari tadi nungguin kan dongkol kan..lah pegimane kagak dongkol, ditungguin eh malah langsung sholat ...hehehehee

nah kelar sholat, pade cekikikan deh jamaah tandingan versi kong nizam....wuaaddduuhh  maaaallllluuuuu...buaanggeetttt... [lucu]


d'boels dabul
« Last Edit: 16/09/2008 13:49 by Dodol_Buluk »
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #21 on: 17/09/2008 10:36 »
hauhahhaha...

engkong kita yang satu ini emang aneh.. apalagi kalau sampe daerah puncak otaknya suka beku...

huahauhauahuhaha

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #22 on: 18/09/2008 23:57 »

simpay masuk dilist nggak ya?... :D...
silahkan dilanjut lagi kang dbuls...ceritanya...

salam
simpay

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #23 on: 19/09/2008 05:19 »
lanjutannye...

syahdan setelah kelar sholat, beliau (kong nizam :red) melakukan "ceramah agama" bagi jamaah tandingan tersebut, bahwa di Mekkah (redaksi belum mengetahui apakah kong nizam sudah pergi haji ato belom) banyak di seputaran Ka'bah jamaah-jamaah yang melakukan sholat fardhu yang lima (perasaan kalo ibadah haji kalo pas waktu sholat pasti dikomandoi oleh satu imam),

tapi buat pandangan aye, jamaah tandingan telah memberikan ke eksistensiannya  dalam dunia ibadah yang sangat besar dalam hal bertoleransi, buktinya kita tetap ikut sholat taraweh berjamaah di dalam shof jamaah yang benar (yang benar??? berarti jamaah tandingan ga bener donggg??)


d'boels dabul
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #24 on: 26/09/2008 10:42 »
-Lanjutan KONG NIZAM SANG JAWARA

"Orang gila itu kayaknya sakti mandra guna, kong, senjatanya aja bukan golok tapi kuku macan, kong" kata Dbulls berapi-api.

"Kuku macan ??", mendengar penjelasan DBulls muridnya kong Nizam kaget bukan kepalang.
"Kenapa Kong?", tanya Dbulls heran melihat gurunya terperanjat.
"Wah gawat, Kalau benar dia orangnya pasti gwat nih..", kata Kong Nizam.
"Emang Engkong kenal sama dia? " , kata Dbulls heran.
" Orangnya rambutnya belah pinggir, gondrong setengah, muka acak-acakan, kalau nyengir rada mesum ?" , tanya Kong Nizam menegaskan
" Bener Kong !!"
"Wah gak salah lagi tuh pasti One alias salah satu penjahat dari geng Bebe-eM" , sahut nizam sambil geram.
" Siapa sih yang Engkong maksud ? " , kata Dbulls

" Dia dulu aku kenal menyamar sebagai kembaran dari Tito Sumarsono alias The Beatles, waktu ngerampok juragan-juragan kaya.Sedangkan Tito  Sumarsono tapi Tito sendiri gak ngakuin dia itu kembarannya, makanya otaknya jadi rada gila. Dia itu penjahat kelas berat, dia biasa merampok  seorang diri, ilmu silatnya tinggi banget, kira-kira dua puluh tahun yang lalu, aku suka berkumpul di Gedung Hydro markas perkumpulan centeng belanda di Kampung Cawang. Dia itu pernah ngobrak-ngabrik disana, makanya namanya santer banget di gedung bekas peninggalan belanda itu". Kong Nizam menjelaskan sambil terlihat di wajahnya muka khawatir akan kejadian yang berlangsung.

"Suatu hari ane disuruh nganter barang peti emas hasil penjualan obat-obatan negeri tiongkok dari tauke Tangan Awan untuk dibawa ke jatinegara"

"Ketika ane mengiringkan sisa grobak-grobak penjualan ngeliwatin satu tegalan kosong, mendadak dari sebelah belakang kedengeran suara krincingannya kuda jang dilarikan dengan kenceng. Tatkala ane balikin badan dan meliat tuh suara, ternyata dari kejauhan keliatan debu naek ka atas udara dan ternyata hanya seorang kumis dan jenggot dekil tanpa seekor kuda pun mendatengin ane seperti terbang. Ane langsung duga pasti tuh orang bukan laen dari One Jawara BBM, maka ane lantes siap sedia akan kejadian hebat yang bakal berlangsung".

“Hei, bangsa cecere !!, loe gak kenal One Jawara BBM ya?!” berseru itu orang dekil sambil bertolak pinggang.

“Kalo saja loe pade masih ingin idup, lekas tinggalin itu grobak-grobak sama peti emas yang loe pada bawa !.”

"Ane bilang pada die, kalau nih golok semar udah terlepas dari tangan ane baru ane kasih nih bawaan !!..., waktu itu ane panas, tapi belon selesai ane ngomong lagi tiba-tiba satu batu sekepalan tangan melayang ke jurusan pergelangan tangan ane yang megang golok.Batu itu kelempar hanya dengan diungkit pake jempolkakinya, tapi angin dari batu itu kayak dilempar ketapel raksasa"

"Waktu itu ane sampok sama golok semar ane tuh batu! Blarr !! tuh batu pecah berkeping-keping, cuma batu kedua, ketiga dan keempat dengan beruntun menyamber ke jurusan muka, tenggorokan dan ulu-ati, yang kedua ane sampok lagi dengen golok semar kejurusan batu yang ketiga hingga beradu di tengah jalan dan ancur berantakan; tapi yang ke-empat ane gak sengaja ngeles dan kena ke anak buah ane, kepalanya langsung pecah berantakan tewas saat itu juga. Ane pun seret kain sarung ane yang ane biasa di taruh di pundak buat sholat ke tanah dan lempar sabet kerikil-kerikil di jalan tanah itu, Rupanya cara ini sama sekali di luar dugaannya hingga ia jadi kerepotan, bukan saja tidak mendapet waktu buat menimpuk lagi, malah ia sendiri terancem bahaya maut, bila ia tidak lekas usaha buat kelit dari kerikil tajam yang menyamber ke titik-titik penting tubuhnya"


****

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #25 on: 26/09/2008 21:49 »
lanjutt kang.. [top]


d'boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #26 on: 06/10/2008 15:35 »
“Sebisa-bisanya ia coba mengegos buat kasih kerikil yang mengancam; akan tetapi ternyata jalannya tuh kerikil sangat pesat dan santer, hingga tidak urung melukai juga dia punya dagu. Beruntung bagi dia, lantaran ada jenggot hingga melejit menyamping, jenggotnya berdarah menutupi luka  panjang, dan bukannya terbenam dalam ia punya tenggorokan. Ia melintir ginkang terbang dan menoleh pada ane sambil berkata: “Lantaran kurang hati-hati nih si one Jawara, bisa bisa jatoh dah di tangannya seorang cecunguk macam monyet nih boe-beng-siauw-tjoet! Apa loe brani kasi tau loe punya nama dan tempat tinggal?”

“hehhehe itu masih perkara kecil ,” sahutku. “Lagian, nama ane dan tempat tinggal gak penting sama sekali. Cuman kalau loe pengen tahu dan biar gak penasaran, nih nama ane Nizam dan berasal kelahiran Tambun, dan sekarang ane tinggal di Mester dalem bilangan kebon nanas. Loe boleh cari ane di sana bila emang pengen bikin pembalesan !!".

"Itu Raja Begal langsung melotot marah. matanya awas memandang padaku dengan pandangan mata kebencian, sembari mengancam : " Awas loe..! tunggu ane sepuluh taon, dalam tempo sepuluh taon ane akan balas dendam sama loe munyuk !!"

"Gak lama setelah berkata begitu dia mabur melesat, dari gaya ginkangnya saat mabur mungkin masih sejajar sama elo Bulls !!"

"Jadi bisa dibayangin kalau udah tiga belas taon kesaktian dan kemampuan dia pasti sudah berobah jauh !!", lanjut Kong Nizam menerangkan ke muridnya.

Aku tunggu dua belas taon lamanya di tempat rumahku dengan percuma saja, Blakangan rumahku di mester abis terbakar bersama seantero harta benda nih. Karena gembel aku nginap di rumah teman, tapi karena gak enak akhirnya aku menetap disini sambil kerja jadi tukang mandiin mayit.

Sambil sembunyiin nama sebagai jawara dengan tukang gali kubur dan mandiin mayit, ane terus dalam hati menjaga kemungkinan kemungkinan adanya pembalasan dendam si raja begal -One- !

Karena aku percaya suatu hari nanti ia akan muncul !








"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #27 on: 06/10/2008 20:49 »
adekku ini emang jahat....ane nyang baek gini dibikin begal  :-[

gileeee

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #28 on: 07/10/2008 08:14 »
 :D :D :D mantabbbb....kalo tukang begal kudu mukenye codet, matenye picek,palenye botak..hahahahahaha [lucu] [lucu]


d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Kong Nizam sang Jawara
« Reply #29 on: 07/10/2008 12:03 »
adekku ini emang jahat....ane nyang baek gini dibikin begal  :-[

gileeee

Kasihan kang...sekali kali nyenengin Kong Nizam, lagian situ khan biar ce-es tapi musuh bebuyutan doi kang...

:D :D :D mantabbbb....kalo tukang begal kudu mukenye codet, matenye picek,palenye botak..hahahahahaha [lucu] [lucu]


d'buls

itu mah begal di film indonesia... di film luar negeri ganteng-ganteng men...
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

 

Powered by EzPortal