+-

Video Silat


Performance Silat Beksi H. Hasbullah
gerak cepat
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Goning
Peragaan Jurus Cikalong
Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten
maung lugay performance, Jambore pencak silat
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Acara Kramasan PS Bandrong Karang Tunggal - Anak #
Jambore Pencak Silat, Satria Nagagiri performance

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Masih cerita silat?  (Read 3292 times)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Masih cerita silat?
« on: 07/11/2009 21:51 »
Ini judul thread adalah hasil memraktekkan ajaran Mas Rendra almarhum, "Tulis apapun yang terlintas di dalam kepalamu".

Jadinya ngaco begitu deh... :-\

Intinya, saya minta pendapat para teman, guru, sesepuh, dan leluhur (ngelirik Bang ... ah, ybs pasti ngerasa kok :-X) mengenai cerita silat, baik dalam bentuk cerpen, novelet, novel atau media tulis lainnya (bukan pelem).

Ceritanya baru baca ulang lagi Nagasasra Sabukinten... jadi dapat insight...

Masih tinggi-kah animo masyarakat terhadap cerita macam ini?
Bagaimana kedudukan novel silat lokal dibanding impor (novel samurai lagi banyak tuh, intinya cerita silat juga kan?)?
Apakah wajah-wajah baru muncul dalam kepenulisan silat? atau hanya cetak ulang karya-karya SH Mintardja? Jika ada wajah baru, bagus-kah ceritanya? Kuatkah isinya?

Trus... boleh dong kalau ada yang pernah baca buku silat terbitan mutakhir yang dirasa bagus, direkomendasikan di sini... sukur-sukur beserta alasan kenapa buku itu dianggap bagus (tanpa perlu spoiling)...

Terimakasih sebelumnya...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Masih cerita silat?
« Reply #1 on: 08/11/2009 07:07 »
Aku bc karyanya langit kresna hariadi, terutama yg serial gajahmada, walau novel sejarah tapi ada unsur kepemimpinan dan ada cerita silatnya,,, trus ada juga th yg cerita tentang pendekar dr tanah sunda,cuma lupa judul n pengarangnya, bukunya bgs karena menggambarkan cukup banyak tahap dalam latihan silat. Mau tau buku bgs yg laennya? Sering2 aja ubek2 toko buku,hehe
baru belajar nulis

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Masih cerita silat?
« Reply #2 on: 10/11/2009 09:17 »
Aduh maap deh kalo disuruh ngubek-ubek toko buku... kasian pan bukunya udah disusun rapi-rapi  x-))

Saya baru baca satu jilid aja tulisannya Langit Kresna Hariyadi, sayangnya kalau menurut saya silat bukan tema utama dalam buku itu. Memang sih ceritanya melibatkan pertempuran dan pertarungan, tapi tampil cuma sebagai pelengkap dari alur ceritanya.

Kalau kita lihat misalnya Nagasasra sabuk-inten, kita bisa mengikuti perkembangan kepribadian tokoh-tokohnya yang semakin mapan dan mumpuni seiring semakin dalamnya silat yang mereka tekuni. Begitu pula cerita Api di Bukit Menoreh dan bahkan cersil Kho Ping Hoo banyak yang mengusung plot semacam ini.

Dari cerita silat yang bermutu, pembaca konon bisa ikut menghayati transformasi yang dialami oleh tokoh-tokohnya, kalau kata guru waktu TK dulu 'mengambil pelajaran dan hikmahnya'. Media kayak gini sebenarnya bagus sekali untuk pendidikan mental anak dan remaja, baik sesudah itu mereka tertarik untuk belajar silatnya atau tidak.

Sayang sekali kayaknya sekarang peran buku banyak digantikan oleh TV, dan silat yang tampil di TV lebih banyak menyesatkannya daripada mendidiknya (mungkin serial 'Avatar' boleh dikecualikan).

Jadi, siapa yang bisa rekomendasikan cerita silat yang asyik?  [[peace2]]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Masih cerita silat?
« Reply #3 on: 16/11/2009 16:09 »
baca ceritta sepasang monyet dari Goa hydro aja... "ini tulisan yang tercatat di kepala Sarungkampret yang asal2an nih"
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

iqbal khan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 124
  • Reputation: 1
Re: Masih cerita silat?
« Reply #4 on: 18/11/2009 09:46 »
Kalau kang sarkem, ada pengecualian....
jangan tulis apapun  yang terlintas didalam kepalamu, bisa bahaya...

PariGesit

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 146
  • Reputation: 4
  • Gesit Berkelit
Re: Masih cerita silat?
« Reply #5 on: 18/11/2009 09:55 »
justru itu,
sebelumnya pelanggaran melintas, harus dicatet dulu.... di buku tilang
 :D

ehhh.... emang pelanggaran yaa? bukan yaa?
 :-P
depresi bisa disembuhkan, namun harus sgr diperiksakan,
Jangan terlalu lama mencoba mengatasi sendiri, ntar Temennya jd ikut frustasi

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Masih cerita silat?
« Reply #6 on: 19/11/2009 15:22 »
wakakakkaa..

tapi gue demen tuh sama pepeatah rendra... walau terakhir pernah ketemu di bengkel theater sama beliau...
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

 

Powered by EzPortal