+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Batu Cincin  (Read 23317 times)

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Batu Cincin
« on: 08/01/2009 15:01 »
Biasanya Pesilat demen nih sama yang beginian

kalau demen tulis disini !! bisa tuker2an batu cincin nih !!
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Batu Cincin
« Reply #1 on: 08/01/2009 15:10 »
si sarkem emang lagi banyak ide nih... dari mulain binatang ampe batu cincin di posting x-))
yuukk..siapa yang mau tukeran batu cincin?

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #2 on: 08/01/2009 15:20 »
ane suka juga,,..ane minta atu dong bang ochid

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Batu Cincin
« Reply #3 on: 08/01/2009 15:23 »
ane suka juga,,..ane minta atu dong bang ochid

debuls

DBulls : ini mah bukan hoby batu cincin.. masuknya hoby celamitan nih !!
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #4 on: 08/01/2009 15:29 »
kalo gitu ane tukeran deh..batu cincin ame batu bata..gimana? pan ga minta kan ye??


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Batu Cincin
« Reply #5 on: 08/01/2009 15:30 »
 :D kena deh ente buls...
yah si sarkem.. masa MODI quote buat posting terakhir sih om.
inget kata2 kang eric : gak perlu quote kalo reply postingan terakhir, cukup klik replay aja..

*momod mode on

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Batu Cincin
« Reply #6 on: 08/01/2009 15:41 »
hehehhehhe ane moderatornya nih...
dan kata mas lury bebas terserah situ hehehehehhehe

lagian nulis suka keduluan orang kalau gak di quote...  :'(
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 711
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
Re: Batu Cincin
« Reply #7 on: 09/01/2009 10:09 »
eitss.... kakang sarkam...
tetep ga boleh lhoo... walaupun moderator...

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 711
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
Re: Batu Cincin
« Reply #8 on: 09/01/2009 10:11 »
@sarungkampret

nambahkan lagi.
tidak harus di quote.

jika mereplay, tambahkan @namauser sebelum isi replay,
hal tersebut sudah menunjukan mereplay thd pertanyaan/pernyataan siapa

nuwun nggih

EricB

  • Guest
Re: Batu Cincin
« Reply #9 on: 09/01/2009 11:56 »
priiiiiiiiiiiitt, kalau bapak kasih ajaran, anak² harus ikut, kalau nga push-up :D

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #10 on: 09/01/2009 13:24 »
Balik ke topik lagi ya.....
(daku mo ngeramein nih jualannya Kang Sarkam)..

Berikut petikan dari koran sinar harapan :

" Pasar Batu
Di Jakarta ada sebuah pasar yang mempertontonkan batu aji begitu beragam. Ingin mencari yang sekodi Rp 20 ribu sampai ratusan juta rupiah per bijinya, juga tersedia. Tempat itu persisnya di Jalan Bekasi Barat, di seberang Stasiun KA Jatinegara. Menempati lantai dasar Pusat Pertokoan Ramayana, ”Sentra Batu Aji Rawa Bening” ini terkesan sesak. Masuk ke sini suasananya memang pasar asli. Di sini ada sekitar 350 pedagang, yang sebagian besar tanpa kios, hanya lapak-lapak kecil.

Harga yang termurah memang Rp 1.000. Ini murah sekali karena dibuat dari sisa potongan. Sedangkan kelas di atasnya per kodi bisa mencapai Rp 200 ribu. Dan kalau motifnya lebih spesifik lagi, dijual secara satuan dan harganya terserah pedagang. Bagi awam, mungkin sulit membedakan mana yang bagus dan tidak. Semuanya tampak bagus dan mengkilap. ”Tapi yang membedakannya adalah motif. Ini yang bikin batu bisa murah atau selangit harganya,” ujar Anton Kurniawan (52) kolektor batu yang dijumpai SH di sana.

(http://www.sinarharapan.co.id/feature/hobi/2002/04/2/hob1.html )

TO BE CONTINUED.....


Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #11 on: 09/01/2009 13:26 »
Lanjutannya..............


Akik Indonesia

Bentuk yang paling dicari orang adalah bentuk cincin, dibanding dengan bentuk kalung. Menurut Anton, jika dalam bentuk kalung, tidak bisa dilihat orang. Dia harus mengeluarkan dulu dari dadanya dan baru dikeluarkan. Jika cincin, dia lebih mudah memperlihatkan kepada orang-orang bahwa miliknya yang terbaik, terindah dan terlangka. Maka cincin lebih difavoritkan untuk dikoleksi karena sifat manusia itu sendiri yang suka pamer.
Menurut Yusuf, jenis batu yang dicari dan yang memungkinkan menampakan gambar dan motif tertentu adalah jenis agate atau populer disebut batu akik. Akik bisa bermacam warna atau sewarna saja. Walau tingkat kekerasannya menengah, harganya tak kalah dengan berlian jika motifnya langka dan bagus.

Akik Indonesia paling kaya warna dan motif dibanding negara lain. Kalau rajin membaca pustaka, menurut Anton, kandungan batuan di wilayah Nusantara ini amat luar biasa. Apalagi jika rajin dan cermat, batu kali saja bisa kok dibuat batu aji yang tak kalah indah. Guratan dan motif di dalamnya jika pandai mengirisnya bisa menampakkan gambar tertentu. Dia bisa bernilai dan bukan cuma seonggok batu tak berharga.

Harga

Di Rawa Bening, memang sering terdengar gosip bahwa pernah terjual batu hingga ratusan juta, bahkan milyaran. Namun untuk melacak sejauh mana kebenarannya, sulit. Tiap pedagang bisa saja mengatakan itu, tapi transaksi itu terjadi tanpa saksi dan tidak tercatat. Atau kolektor gembar-gembor pernah membeli batu seharga ratusan juta, tapi ketika ditanya adakah buktinya. ”Biasanya suka melengos kalau ditanya itu,” ujar Yusuf.
Yusuf sendiri mengaku batu-batu ada yang bernilai ratusan juta rupiah. Misalnya cincin akik berlafat (tulisan) Allah yang diikat emas dan berlian, dia jual Rp 125 juta, atau liontin yang juga bertuliskan Allah, juga dilego dengan harga Rp115 juta! Tidak ada patokan harga untuk menentukan nilainya. Itu berdasarkan kelangkaan dan keindahannya.
Soal patokan harga untuk sebuah batu aji yang baik, menurut Anton memang terserah penjual. Terserah kita apakah mau atau tidak. Tapi biasanya kalau kolektor suka, dan harganya dianggap sesuai, dibeli. Anton ketika krisis berlangsung mengaku terpaksa menjual koleksi kesayangannya. Namun karena yang membeli juga penggemar, dia ikhlas melepas.

Kini ada beberapa koleksi unggulannya yang dia anggap masterpiece. Misal, cincin dan mata gesper bermotif lambang mobil Mercedes. Katanya, dia kebetulan mendapatkannya. Awalnya adalah bongkahan batu, ketika diiris di dalamnya ada motif tersebut. Sayangnya ketika mencapai irisan ketiga, motifnya itu sudah hilang.
Koleksi lain adalah cincin angka delapan yang dibelinya Rp 1 juta atau yang bergambar ikan koi seharga Rp 15 juta. Ada satu lagi koleksi cincinnya yang dia paling sayangi yakni yang bermotif seperti orang yang tersalip. Yang ini kalau ada yang mau dia akan lepas 20 ribu dolar AS (sekitar Rp 200 juta). ”Tapi ini kan nggak mungkin ada yang beli, makanya saya hargai tinggi sekalian,” tuturnya seraya terbahak-bahak.
(SH/gatot irawan)

( untuk lebih lengkapnya silahken meluncur ke
http://www.sinarharapan.co.id/feature/hobi/2002/04/2/hob1.html )

Bow..bow bow..(menjura)

S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #12 on: 09/01/2009 13:30 »
..
berhubung daku awam soal batu bebatuan  ;
tanya dung kepada siapa saja yang  berkenan untuk sahring:

1. apa saja jenis batu cincin atawa akik
2. beserta gunanya kalo ada
3. mengapa orang kok suka pake cincin yang ada batunya? --daku sendiri gak pake cincin-
4. bener gak batu cincin bisa ada 'isinya', apakah itu ? cincin erat dengan mistis?
5. adakah yang punya kisah ato story menarik soal batu cincin; boleh dung bagi bagi cerita ke kita-kita...
6. ada yang mau bagi batu cincinya padaku he he he ....(ngarep mode on)

monggo dibahas..

S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #13 on: 09/01/2009 21:28 »
ngomongin soal batu..dulu ane pernah dikasih batu ma abang, tau deh jenisnye ape tuh..persis kayak anggur , ane bikinin cincinnye kagak tau deh entu cetakan ergonomis ape kagak..eh pas dipake buat latihan, tangan ane kepletek (maksudnye beradu gitu)melulu waduuhhh sakit banget ..wah jadi males deh ampe sekarang buat makenye...


d'boels van Beck
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Batu Cincin
« Reply #14 on: 09/01/2009 23:22 »
 :)cincin apalagi nyang batunye besar dipake sbg pengganti kerakel, ato di iket di selendang atawa sorban dipake model pecut bebandul. makin gede mangkin bagus kale asal gak kegedean jadi berat
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

 

Powered by EzPortal