+-

Video Silat


Tarung Bebas Genggong
persinas asad
manahan Solo
Ngudi Waluyo Cup Maret 2010
GGBD - Simulasi ditodong pake pisau di angkot
Silat GGBD-weapons versus barehand
Ensiklopedi Silat Indonesia
Copy tayang Pendekar eps 28, GOLOK SELIWA #2
ICE 2009, Beksi Kid performance

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: [tanya]perguruan silat di jogjakarta  (Read 8220 times)

cari.pengalaman

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
[tanya]perguruan silat di jogjakarta
« on: 02/01/2010 15:31 »
sebelumnya saya ucapakan salam kenal pada sahabat n sesepuh silat indonesia....
saya adalah orang baru diforum ini...
pengen tanya perguruan silat yang ada di jogjakarta biar ga salah masuk..
saya pengen belajar silat seperti Cimande, sendeng, Cikalong, Syahbandar, dll kemanakah harus berguru
mohon bantuan teman2 n sesepuh kasih info...

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #1 on: 02/01/2010 22:45 »
wadoooh bang, nyang ente semua sebut entu mayoritas aliran jawa baratan. Selama ane gede di jokja juga ga pernah nemuin aliran2 tsb... tapi ane ude lebih dr sepulu taon yll ngacir dr jokja brengkali jadi ga update  :-P (walopun tiap taun mudik)  ;D

FYI saja, bbrp perguruan besar cikal bakalnye dari jokja lho: Tapak Suci, Merpati Putih, de el el. Kali aja ente mo nyoba ke bbrp perguruan entu... pan mo nyari pengalaman dulu bukan?  x-))

Tapi mase ada kemungkinan bang..... jokja adalah seperti miniaturnye Indonesia, berbagai suku ada disini, nyang mayoritas menuntut ilmu, bisa saja temen2 dari daerah laen ada nyang menguasai dan bisa memberikan pelatihan scr privat. Kalo perguruan resmi sih setahu ane blom ada.

wassalam,

"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

cari.pengalaman

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #2 on: 03/01/2010 00:36 »
ooh gitu ya bang..sory saya g tahu coz saya bukan asli jogja...
tapi kan masih ada silat dari keraton yang terkenal kehebatannya...bisa kasih info ato saran dimana sebaiknya
saya belajar silat untuk daerah jogja...mohon penjelasannya...

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #3 on: 03/01/2010 06:58 »
@bang CP...
Nyaris semua silat Yogya mengacu meengafiliasikan diri dari keraton.
Misalnya Merpati Putih, bersejarah dari keturunan keraton.
Tapak Suci .. walau silat rakyat, namun mesjid keraton di kauman (konon tempat main sri sultan HB X waktu masih kecil<--kt tetangga yg suka maen bola ama beliau) diurus ama perguruan  ini. Sehingga sedikit banyak perguruan ini 'nyerempet2' ke kraton.
Dll.
CMIIW

Btw, keraton atau tidak .. tidak memperlihatkan kualitas silat tersebut.
Silat hanyalah alat .. hebat tidaknya alat tergantung orang yang memegangnya.

Jadi ingat film crouching tiger hidden dragon:
Suatu kali pedang tersakti dan tertajam di dunia kangow dicuri.
Si pemilik -jago pedang no 1 di dunia- mengejar si pencuri.
Si pencuri melawan dengan menggunakan pedang tersebut, namun berhasil dikalahkan oleh si jago pedang yang hanya memegang ranting bambu.

Kata orang londo...
The Difference beetween CHAMP and CHUMP is U.
(yang membedakan jagoan dan pecundang adalah kamu sendiri)

cari.pengalaman

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #4 on: 03/01/2010 14:35 »
terima kasih banyak atas penjelasannya mas...sangat setuju n berguna buat saya pribadi...[top]
salam kenal dari cari.pengalaman to mas hummdee6...

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #5 on: 04/01/2010 08:51 »
mas CePe... silakan berkunjung ke gelanggang mahasiswa UGM disitu bertebaran latihan silat: Perisai Diri, Tapak Suci, Merpati Putih, Setia Hati Terate, Pro Patria (kungfu yg secara historis menginduk ke IPSI), de el el. Sasono Hinggil Dwi Abad juga sentra pelatihan beladiri dari yg impor ampe yg tradisional macam silat enih.

Kalo nyang sepuh2 sampeyan bisa ke Perpi Harimurti di jalan Veteran (rumah Alm pak Suko Winadi) tetapi setelah meninggalnya beliau saya tidak tahu apakah pusatnya masih disitu. Ada lagi.... perguruan POPSI Bhayu manunggal -nya Eyang Joyo di Tempel Sleman coba hubungi via situs enih: http://www.popsi-bhayumanunggal.co.cc/2007/07/wisuda-dan-tasyakuran-popsi.html. Kalo ndak kejauhan silakan search juga Persatuan Hati di Gabusan Bantul atau di Kolat SD IKIP Pujokusuman hubungi bp Ahmad Sihman Widodo.

Selamat mencari dab!!! Den delnyo poya nyegedhu nyothe PM panyu tape yahoho...

wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 28
  • Posts: 410
  • Reputation: 73
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #6 on: 04/01/2010 09:24 »
Klo urusan peta keadaan silat di Yogyakarta emang MantriJeron lah.. kuncennya  [top] :w..........tapi gimana Mas ..tempat2 kulinernya. He  he  he. [lucu] [lucu]

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #7 on: 04/01/2010 09:33 »
salam kenal jg bang CePe ...

setuju ama aki sija.

cari.pengalaman

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #8 on: 04/01/2010 11:27 »
mas CePe... silakan berkunjung ke gelanggang mahasiswa UGM disitu bertebaran latihan silat: Perisai Diri, Tapak Suci, Merpati Putih, Setia Hati Terate, Pro Patria (kungfu yg secara historis menginduk ke IPSI), de el el. Sasono Hinggil Dwi Abad juga sentra pelatihan beladiri dari yg impor ampe yg tradisional macam silat enih.

Kalo nyang sepuh2 sampeyan bisa ke Perpi Harimurti di jalan Veteran (rumah Alm pak Suko Winadi) tetapi setelah meninggalnya beliau saya tidak tahu apakah pusatnya masih disitu. Ada lagi.... perguruan POPSI Bhayu manunggal -nya Eyang Joyo di Tempel Sleman coba hubungi via situs enih: http://www.popsi-bhayumanunggal.co.cc/2007/07/wisuda-dan-tasyakuran-popsi.html. Kalo ndak kejauhan silakan search juga Persatuan Hati di Gabusan Bantul atau di Kolat SD IKIP Pujokusuman hubungi bp Ahmad Sihman Widodo.

Selamat mencari dab!!! Den delnyo poya nyegedhu nyothe PM panyu tape yahoho...

wassalam,

thanks atas infonya bang Mantrijeron14
yang saya bold apa artinya karena saya bukan orang jawa e... :-\

duyungson

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 174
  • Reputation: 14
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #9 on: 04/01/2010 16:31 »
Tenang aja mas CP, itu bahasa sandi Gali-nya jogja hehe
Maklum, kangmas MJ ini bekas yg mbaurekso pinggiran kali code  :D

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #10 on: 05/01/2010 08:30 »
kekekekekkkk... yang di bold itu bahkan orang Jawa thothok-pun nggak akan ngerti kalau belum pernah masuk komunitas pergerakan bawah tanah di nYukja...

Kang nDuyung, mbaurekso kali code itu saya (gak punya duit buat pacaran di tempat yang lebih elit ::)), Kamas MJ14 itu penguasa kawasan kidul nYukja. :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #11 on: 06/01/2010 09:12 »
Ada lagi nih yang perguruan sepuh... kelupaan:

Perguruan Phasadja Mataram, perguruan historis pendiri IPSI ini pusatnya di jl Gayam. Masuk gang sebelah utara persis Radio Geronimo. Perguruan ini kalo tidak salah mengkhususkan diri hanya untuk putra dan anggotanya harus muslim.

Perguruan turunan Perpi Hari Murti, Pencak SIlat Wijaya Kusuma, pelatihan di Univ Taman Siswa dg pendekar utama bp Sutanto. Perguruan ini berafiliasi ke Perpi Hari Murti dan malah ternyata banyak juga anggotanya. Mungkin karena dikembangkan di kampus.

Krisna Murti, turunan aliran Reti ATi juga dulu di Jl Sutomo, deket Gayam juga, cuma sekarang sudah jarang kedengaran gaungnya.. (perguruan eyang ane nih)

THS/THM dulu pelatihan di seminari Kentungan Jl Kaliurang km 6, sebelah utara gang Timor-timur Dikhususkan bagi pemeluk agama Katholik.

Yang saya tidak tahu lokasinya tetapi termasuk yg dituakan:
Perisai Sakti Mataram

@Dimas Antara, daerah kidul dikuasai JOXxxN dan Utara oleh QZxxH, kite menikmati comfort zone in between, cah culun begini mah make program latihan "PLAY ON" saja.

@mas CePe, bbrp temen saya di forum ini bukan indigenous citizennya jokja, tapi kepribadian dan sikap hidup mateng di jokja. Sangat sayang kalo andika tidak nyemplung menyelami auranya, bahasanya, jowal-jawilnya.

wassalam,

Note:
Playon = berlari-larian (jawa)

"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #12 on: 06/01/2010 11:25 »
Ada lagi nih yang perguruan sepuh... kelupaan:

Perguruan Phasadja Mataram, perguruan historis pendiri IPSI ini pusatnya di jl Gayam. Masuk gang sebelah utara persis Radio Geronimo. Perguruan ini kalo tidak salah mengkhususkan diri hanya untuk putra dan anggotanya harus muslim.


Yang dimaksud perguruan historis pendiri IPSI itu ini :

....................
Karena itu kemudian Brigjen.TNI. Tjokropranolo dibantu oleh beberapa Perguruan Pencak Silat yaitu:

        * dari Tapak Suci Bapak Haryadi Mawardi, dibantu Bpk. Tanamas;
        * dari KPS Nusantara Bp. Moch Hadimulyo dibantu Bp. Sumarnohadi, Dr. Rachmadi, Dr. Djoko Waspodo;
        * dari Kelatnas Perisai Diri Bp. Arnowo Adji HK;
        * dari Phasadja Mataram Bp. KRT Sutardjonegoro;
        * dari Perpi Harimurti Bp. Sukowinadi;
        * dari Perisai Putih Bp.Maramis, Bp. Runtu, Bp. Sutedjo dan Bp. Himantoro;
        * dari Putera Betawi Bp.H. Saali;
        * dari Persaudaraan Setia Hati Bp. Mariyun Sudirohadiprodjo, Bp. Mashadi, Bp. Harsoyo dan Bp.H.M. Zain;
        * dari Persaudaraan Setia Hati Terate Bp. Januarno, Bp. Imam Suyitno dan Bp. Laksma Pamudji.

Sumber :
http://pptapaksuci.org/index.php/indonesia/rubrik-umum/ipsi/sejarah-10-perguruan-historis-ipsi.html

Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #13 on: 10/01/2010 00:56 »
Aku itung kok cuma 9 ya ? Padahal namanya 10 Perguruan Historis.

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 28
  • Posts: 410
  • Reputation: 73
Re: [tanya]perguruan silat di jogjakarta
« Reply #14 on: 10/01/2010 05:52 »
Klo untuk perguruan historis mah tambah satu dari jawa barat.......PPSI. :-\

 

Powered by EzPortal