+-

Video Silat


Pencak Malioboro Festival - pepedangan cimande
ICE 2009, performance gerak gulung (aplikasi)
cikalong onAction #03
Silat Sitaralak - lanjutan
Ensiklopedi Silat Indonesia
Pamacanan - Performance Silat di acara ultah forum
Silat-Betawi-Rawa-Belong-1
ICE 2009, workshop silek harimau
GGBD - senjata

Shoutbox

20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
09/08/2013 05:32 Dolly Maylissa: Maaf lahir batin ya semua, selamat hari raya idul fitri
08/08/2013 23:50 anaknaga: assalamu'alaikum para master dan praktisi MA. selamat hari raya Idul Fitri 1434H, Taqabalallahuminna waminkum.

salam.
01/08/2013 15:35 guebanget: ting nong ding dong
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
17/04/2014 09:42

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 1 by ifung
09/04/2014 22:17

Menangis Dapat Membantuan meringankan Stres, Tapi untuk Kesehatan Optimal Anda P by ifung
05/04/2014 22:06

Dialog Keajaiban Silat - Silat untuk Kehidupan by luri
04/04/2014 14:16

Merpati Putih by alfee
02/04/2014 19:26

Silat Gombel Tradisional by Putra
24/03/2014 15:02

Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih" by Putra
24/03/2014 14:18

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by luri
23/03/2014 17:38

TOKOH-TOKOH SILAT BAMBU LARANGAN by AGUNGP
19/03/2014 12:39

Jeet Kune Do by ifung
16/03/2014 18:18

THE EIGHT BASIC METHODS OF CHEN STYLE TAI CHI CHUAN by ifung
16/03/2014 17:50

Peluncuran Buku KEAJAIBAN SILAT oleh Edwin Hidayat Abdullah by Satria Naga
12/02/2014 01:42

PS.Al-Barokah by ridwanelektro
14/12/2013 13:29

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Latihan Maenpo Peupeuhan Adung Rais  (Read 18730 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #45 on: 15/10/2008 13:34 »
he he he iya kang, kalepasan apa gimana gitu...

silahkan di lanjut
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #46 on: 15/10/2008 14:11 »
Salam SS,...

Maaf sebelumnya agak OOT  berkaitan mengenai dasar pengertian nama, meski Shakespear bilang apa arti sebuah nama.

Ada yang menggelitik pikiran saya selama ini, terlebih melihat judul di thread ini. To the point saja, apa perbedaan antara "Ulin/Ameng Peupehan" dengan "Maenpo"...? Ulin/Ameng Peupeuhan dipastikan menyerupai Maenpukulan di Betawi...yang mengutamakan kontak fisik secara harfiah.

Selama ini saya menapsirkan ada perbedaan diantara keduanya, terutama yang berkaitan dengan penggunaan "Rasa"...(CMIIW)

Mohon pencerahannya...

Tabe'...Jali

Mohon pencerahannya.
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #47 on: 15/10/2008 17:46 »
coba jawab ah...
ulin = maen = ameng = permainan, secara harfiah menggambarkan perinsip atau style yang di gunakan dalam bersilat.

kalau peupeuhan itu sendiri berarti pukulan, jadi ameng peupeuhan = maen pukulan demikian juga ulin merupakan bentuk kasar dari kata ameng yang artinya permainan juga.

jadi unsur kontak fisik mungkin menjadi ciri, dan rasa adalah hal yang berbeda dengan maen. di mana rasa bisa di artikan perasaan = feeling = insting yang di bentuk karena jam terbang baik dalam berlatih atau bertarung.

setiap ulin, maen, pukulan/peupeuhan pasti ujung ujungnya menggunakan rasa (feeling/insting). lihat bagaimana si buta dari goa hantu bisa bermain silat dengan mata butanya. tentunya rasa dan feeling menjadi penuntunnya.

rasa sendiri di bagi menjadi 3 (rasa antel/deukeut = Rasa dekat/ Nempel, Rasa Anggang = Rasa Jauh, dan rasa sinar alias insting atau ada yang bilang firasat)

setiap ulin/maen atau apapun pasti pake rasa, tinggal rasa mana yang di latih dan terlatih. seperti reflek menangkis pukulan engak bisa di reka reka, pasti keluar seperti apa yang selama ini di latih dan kita suka melatihnya
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

lebah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 22
  • Reputation: 0
maenpo peupeuhan
« Reply #48 on: 13/01/2010 21:14 »
Kang mau nanya maenpo ini memakai konsep tenaga dalam nggak,saya pengen belajar silat ,kalo bisa sih yang non td,trims.

f4iz

  • Guest
Re: maenpo peupeuhan
« Reply #49 on: 14/01/2010 07:39 »
Kang mau nanya maenpo ini memakai konsep tenaga dalam nggak,saya pengen belajar silat ,kalo bisa sih yang non td,trims.
Salam Kang Lebah..Yang dimaksud memakai konsep tenaga dalam itu yg mamakai hal bersifat mistik ato tenaga dalam dari olah nafas ? Soalnya pengertian tenaga dalam banyak dan cara pengolahannya juga berbeda-2x.
Wasalam,
Faiz

lebah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 22
  • Reputation: 0
maenpo peupeuhan
« Reply #50 on: 14/01/2010 18:25 »
terima kasih kang godam jawaban nya sudah tersirat ,dan saya udah dapet data dari sumber lain,tinggal silaturohminya..

zigan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: -
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #51 on: 27/04/2010 10:29 »
jadi pengen belajar silat ini... :)
terakhir belajar silat pas SMP and SMA dlu itupun ikut2tan..(skrg banyak lupanya... :-\)
skrg dah lulus kuliah pengen belajar lagi... kira2 masih bisa gak ya?? soalnya pernah ada yang bilang belajar silat paling baik dari kecil... klo dah tua susah buat belajarnya  :-[..

mohon info juga bli buku ama dvd video nya dimana ya??  Maenpo Peupeuhan ada gak ya di surabaya??pengen belajar......

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #52 on: 27/04/2010 14:40 »
.. klo dah tua susah buat belajarnya  :-[..

Saya kira banyak kok nyang baru memulainya pd usia 'lanjut'. Pan ade ungkapan: Life (baca: Silat) begin at forty..!

 

Powered by EzPortal