+-

Video Silat


Silek Kumango
Gulat Madura, Akeket Macanan ala Cakra-V
Pendekar Trans 7 : Gajah Putih #3
bandrong on action
Cingkrik, sebagian teknik jatuhan
Merpati Putih Cabang Kabupaten Tangerang
Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Sabeni - Latian aplikasi jurus keroyokan mode on

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Latihan Maenpo Peupeuhan Adung Rais  (Read 19317 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #45 on: 15/10/2008 13:34 »
he he he iya kang, kalepasan apa gimana gitu...

silahkan di lanjut
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #46 on: 15/10/2008 14:11 »
Salam SS,...

Maaf sebelumnya agak OOT  berkaitan mengenai dasar pengertian nama, meski Shakespear bilang apa arti sebuah nama.

Ada yang menggelitik pikiran saya selama ini, terlebih melihat judul di thread ini. To the point saja, apa perbedaan antara "Ulin/Ameng Peupehan" dengan "Maenpo"...? Ulin/Ameng Peupeuhan dipastikan menyerupai Maenpukulan di Betawi...yang mengutamakan kontak fisik secara harfiah.

Selama ini saya menapsirkan ada perbedaan diantara keduanya, terutama yang berkaitan dengan penggunaan "Rasa"...(CMIIW)

Mohon pencerahannya...

Tabe'...Jali

Mohon pencerahannya.
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #47 on: 15/10/2008 17:46 »
coba jawab ah...
ulin = maen = ameng = permainan, secara harfiah menggambarkan perinsip atau style yang di gunakan dalam bersilat.

kalau peupeuhan itu sendiri berarti pukulan, jadi ameng peupeuhan = maen pukulan demikian juga ulin merupakan bentuk kasar dari kata ameng yang artinya permainan juga.

jadi unsur kontak fisik mungkin menjadi ciri, dan rasa adalah hal yang berbeda dengan maen. di mana rasa bisa di artikan perasaan = feeling = insting yang di bentuk karena jam terbang baik dalam berlatih atau bertarung.

setiap ulin, maen, pukulan/peupeuhan pasti ujung ujungnya menggunakan rasa (feeling/insting). lihat bagaimana si buta dari goa hantu bisa bermain silat dengan mata butanya. tentunya rasa dan feeling menjadi penuntunnya.

rasa sendiri di bagi menjadi 3 (rasa antel/deukeut = Rasa dekat/ Nempel, Rasa Anggang = Rasa Jauh, dan rasa sinar alias insting atau ada yang bilang firasat)

setiap ulin/maen atau apapun pasti pake rasa, tinggal rasa mana yang di latih dan terlatih. seperti reflek menangkis pukulan engak bisa di reka reka, pasti keluar seperti apa yang selama ini di latih dan kita suka melatihnya
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

lebah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 22
  • Reputation: 0
maenpo peupeuhan
« Reply #48 on: 13/01/2010 21:14 »
Kang mau nanya maenpo ini memakai konsep tenaga dalam nggak,saya pengen belajar silat ,kalo bisa sih yang non td,trims.

f4iz

  • Guest
Re: maenpo peupeuhan
« Reply #49 on: 14/01/2010 07:39 »
Kang mau nanya maenpo ini memakai konsep tenaga dalam nggak,saya pengen belajar silat ,kalo bisa sih yang non td,trims.
Salam Kang Lebah..Yang dimaksud memakai konsep tenaga dalam itu yg mamakai hal bersifat mistik ato tenaga dalam dari olah nafas ? Soalnya pengertian tenaga dalam banyak dan cara pengolahannya juga berbeda-2x.
Wasalam,
Faiz

lebah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 22
  • Reputation: 0
maenpo peupeuhan
« Reply #50 on: 14/01/2010 18:25 »
terima kasih kang godam jawaban nya sudah tersirat ,dan saya udah dapet data dari sumber lain,tinggal silaturohminya..

zigan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: -
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #51 on: 27/04/2010 10:29 »
jadi pengen belajar silat ini... :)
terakhir belajar silat pas SMP and SMA dlu itupun ikut2tan..(skrg banyak lupanya... :-\)
skrg dah lulus kuliah pengen belajar lagi... kira2 masih bisa gak ya?? soalnya pernah ada yang bilang belajar silat paling baik dari kecil... klo dah tua susah buat belajarnya  :-[..

mohon info juga bli buku ama dvd video nya dimana ya??  Maenpo Peupeuhan ada gak ya di surabaya??pengen belajar......

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #52 on: 27/04/2010 14:40 »
.. klo dah tua susah buat belajarnya  :-[..

Saya kira banyak kok nyang baru memulainya pd usia 'lanjut'. Pan ade ungkapan: Life (baca: Silat) begin at forty..!

 

Powered by EzPortal