+-

Video Silat


Golok Seliwa Bang Husein
Langkah Troktok 01
Aplikasi Cikalong #01
RAMAH TAMAH
Acara Kramasan PS Bandrong Karang Tunggal - Anak #
Macan Belang Jitu - Performance perguruan di acara
Pencak Silat Madura
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
Tongkat Tunggal

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Latihan Maenpo Peupeuhan Adung Rais  (Read 19090 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #45 on: 15/10/2008 13:34 »
he he he iya kang, kalepasan apa gimana gitu...

silahkan di lanjut
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #46 on: 15/10/2008 14:11 »
Salam SS,...

Maaf sebelumnya agak OOT  berkaitan mengenai dasar pengertian nama, meski Shakespear bilang apa arti sebuah nama.

Ada yang menggelitik pikiran saya selama ini, terlebih melihat judul di thread ini. To the point saja, apa perbedaan antara "Ulin/Ameng Peupehan" dengan "Maenpo"...? Ulin/Ameng Peupeuhan dipastikan menyerupai Maenpukulan di Betawi...yang mengutamakan kontak fisik secara harfiah.

Selama ini saya menapsirkan ada perbedaan diantara keduanya, terutama yang berkaitan dengan penggunaan "Rasa"...(CMIIW)

Mohon pencerahannya...

Tabe'...Jali

Mohon pencerahannya.
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #47 on: 15/10/2008 17:46 »
coba jawab ah...
ulin = maen = ameng = permainan, secara harfiah menggambarkan perinsip atau style yang di gunakan dalam bersilat.

kalau peupeuhan itu sendiri berarti pukulan, jadi ameng peupeuhan = maen pukulan demikian juga ulin merupakan bentuk kasar dari kata ameng yang artinya permainan juga.

jadi unsur kontak fisik mungkin menjadi ciri, dan rasa adalah hal yang berbeda dengan maen. di mana rasa bisa di artikan perasaan = feeling = insting yang di bentuk karena jam terbang baik dalam berlatih atau bertarung.

setiap ulin, maen, pukulan/peupeuhan pasti ujung ujungnya menggunakan rasa (feeling/insting). lihat bagaimana si buta dari goa hantu bisa bermain silat dengan mata butanya. tentunya rasa dan feeling menjadi penuntunnya.

rasa sendiri di bagi menjadi 3 (rasa antel/deukeut = Rasa dekat/ Nempel, Rasa Anggang = Rasa Jauh, dan rasa sinar alias insting atau ada yang bilang firasat)

setiap ulin/maen atau apapun pasti pake rasa, tinggal rasa mana yang di latih dan terlatih. seperti reflek menangkis pukulan engak bisa di reka reka, pasti keluar seperti apa yang selama ini di latih dan kita suka melatihnya
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

lebah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 22
  • Reputation: 0
maenpo peupeuhan
« Reply #48 on: 13/01/2010 21:14 »
Kang mau nanya maenpo ini memakai konsep tenaga dalam nggak,saya pengen belajar silat ,kalo bisa sih yang non td,trims.

f4iz

  • Guest
Re: maenpo peupeuhan
« Reply #49 on: 14/01/2010 07:39 »
Kang mau nanya maenpo ini memakai konsep tenaga dalam nggak,saya pengen belajar silat ,kalo bisa sih yang non td,trims.
Salam Kang Lebah..Yang dimaksud memakai konsep tenaga dalam itu yg mamakai hal bersifat mistik ato tenaga dalam dari olah nafas ? Soalnya pengertian tenaga dalam banyak dan cara pengolahannya juga berbeda-2x.
Wasalam,
Faiz

lebah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 22
  • Reputation: 0
maenpo peupeuhan
« Reply #50 on: 14/01/2010 18:25 »
terima kasih kang godam jawaban nya sudah tersirat ,dan saya udah dapet data dari sumber lain,tinggal silaturohminya..

zigan

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: -
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #51 on: 27/04/2010 10:29 »
jadi pengen belajar silat ini... :)
terakhir belajar silat pas SMP and SMA dlu itupun ikut2tan..(skrg banyak lupanya... :-\)
skrg dah lulus kuliah pengen belajar lagi... kira2 masih bisa gak ya?? soalnya pernah ada yang bilang belajar silat paling baik dari kecil... klo dah tua susah buat belajarnya  :-[..

mohon info juga bli buku ama dvd video nya dimana ya??  Maenpo Peupeuhan ada gak ya di surabaya??pengen belajar......

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Maenpo Peupeuhan Adung Rais
« Reply #52 on: 27/04/2010 14:40 »
.. klo dah tua susah buat belajarnya  :-[..

Saya kira banyak kok nyang baru memulainya pd usia 'lanjut'. Pan ade ungkapan: Life (baca: Silat) begin at forty..!

 

Powered by EzPortal