+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Karate Tradisional  (Read 7800 times)

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 710
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
Karate Tradisional
« on: 27/01/2009 13:23 »
Karate Tradisional

hari minggu kemaren, lagi jalan jalan sekitar duren-sawit
nemu ada gedung senam yang lagi buat acara perlombaan karate

secara umum saya nggak merasa ada yang istimewa,
karena saya pikir lomba karate seperti yang saya lihat2 sebelumnya

tapi ada yang menggelitik hati ini,
karena ada tulisan "Karate Tradisional"

ada singkatan yang menunjukkan nama lembaga, FKTI
FKTI = F.... Karate Tradisional I.....
F dan I -nya saya ga tahu apa kepanjangannya.

nagghhh...
ada yang bisa memberikan bantuan pencerahan,
maksud Karate Tradisional ini?

apakah seperti halnya silat,
karena ternyata ada juga silat-silat tradisi yang tradisional
halaahh....

apakah FKTI ini juga semacam INKAI?
atau malah fkti ini juga sama saja dengan inkai ?

matur nuwun terima kasih


Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Karate Tradisional
« Reply #1 on: 27/01/2009 16:54 »
Karate Tradisional, karate yg menjaga tradisi yg diturunkan turun menurun dari pendiri karate aliran tersebut.

jika dilihat dr yg ada, karate yg disebut tradisional yaitu karate yg masi menjaga aturan dan tradisi yg digariskan oleh sang pendiri aliran tersebut.

Nah, kalo ada tradisional brarti ada modern donk?
Iya. Kalo yg modern tidak terlalu menonjolkan sisi tradisionalnya.jadi lebih ke mencari inovasi2 baru untuk hal olahraga.

Nah skrg tradisional yg kyk apa dan yg dari mana?
Karate tradisional yg mungkin dimaksud di situ adalah karate yg menganut tradisi sesuai tradisi di Jepang (tradisi ketika karate masuk ke Jepang).
Adapun FKTI sendiri itu berafiliasi ke ITKF (didirikan oleh Nishiyama Hidetaka sensei) yg merupakan murid langsung dari Funakoshi Gichin (pendiri Shotokan).
Jadi bisa diambil kesimpulan kalo Tradisional yg dimaksud di sini adalah tradisi yg diturunkan oleh Funakoshi kepada murid2 langsungnya. Namun, jika bener2 menganut tradisi yg diturunkan oleh Funakoshi maka tidak ada turnamen berupa kumite donk.. Karena Funakoshi itu tidak menyukai kompetisi, apalagi kompetisi berupa kumite. Kompetisi diselenggarakan setelah Funakoshi wafat, pencetusnya itu Nakayama Masatoshi sensei.

Jadi bisa diambil kesimpulan kalo karate tradisional di situ adalah karate yg menganut tradisi yg diturunkan/dicetuskan oleh Funakoshi yg digubah oleh Nakayama (alirannya Shotokan semua).


#######################################
Kalo menganut pemahaman klasik, ngga ada standard dalam latihan.semua tergantung masing2 individu dalam latihannya. Latihan tidak dilakukan scr massal. Yg ada adalah latihan scr individual/private antara guru dan murid. Pemahaman dicapai satu demi satu tergantung kemampuan sang murid dalam menerima arahan. Metode klasik pastilah tradisional, namun metode tradisional blum tentu klasik (karena bisa aja modern tapi tetep menjaga tradisi)  ;D
pemahaman klasik tidak menjadikan sang murid sbg suatu copy gurunya, namun menjadikan sang murid sbg dirinya sendiri dng sentuhan sang guru. Maka, dalam pemahaman klasik walopun jurusnya sama tapi antara murid satu dng murid lainnya mempunyai "rasa" yg berbeda.

Dalam pemahaman klasik tidak dikenal kompetisi, adapun seandainya terdapat pertemuan antar aliran pun hanya berupa festival perayaan.
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masingĀ². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Karate Tradisional
« Reply #2 on: 27/01/2009 22:10 »
^sang master bicara..  [top]

Apa karate tradisional ini banyak menggali lebih dalam lg mengenai hand to hand fighting drpd olahraganya? Misalnya cara efektif melumpuhkan serangan lawan hanya dgn 1 teknik begitu?




Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Wahyu Taqwa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 95
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Karate Tradisional
« Reply #3 on: 19/05/2009 07:11 »
Forum Karate Tradisional Indonesia

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Karate Tradisional
« Reply #4 on: 14/02/2010 12:17 »
dojonya d mana? bedanya apa ama karate yg lain..misalnya Inkai, Gojukai? pola latihannya kya apa?
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

kobushi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 18
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Karate Tradisional
« Reply #5 on: 08/05/2010 02:39 »
kulo nuwun...saya nubi numpang diskusi :D

Federasi Karate Tradisional Indonesia klo ga salah...:D
yang saya tau mereka "memakai" karate yang sebenarnya...belum tercampuri oleh tangan2 moderen eropa dan lebih menekankan kepada aspek beladiri daripada sportnya :D CMIIW

Matur nuwun :-*
learn not study

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Karate Tradisional
« Reply #6 on: 08/05/2010 08:30 »
Kalau yang saya tau, istilah karate tradisional dikedepankan untuk membedakan dengan perkembangan pertandingan karate belakangan ini.

Kalau sekarang pertandingan karate menggunakan helm, gloves, dan perlengkapan lain demi mengejar masuk olympiade, serta pola pertandingan yang lebih menarik, karate tradisional adalah mereka yang masih berpegang pada prinsip kemenangan Ippon. Satu pukulan maut yang mematikan.

Jadi dua-duanya sebenarnya karate sport modern, cuma yang satu lebih tradisional dari yang lain... :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

f4iz

  • Guest
Re: Karate Tradisional
« Reply #7 on: 08/05/2010 20:52 »
Salam Rekans..
Ikutan diskusi.. eh maksudnya ikutan nanya ya :)
Kalo diluaran yg disebut Karate tradisional biasanya adalah Karate yg ada Okinawa spt. Goju Ryu, Uechi Ryu, Shorin Ryu.
Kalo karate yg moderen biasanya yg direfernsikan adalah Goju Kai, Kyokushin, Shidokan, dan beberapa perguruan Karate yg dikembangkan di Jepang.
Kalo menurut orang Okinawa, Karate yg berkembang di Jepang adalah Karate modern.
Kalau di Indonesia sendiri bagaimana ? Apakah sama spt. itu pengelompokan antara modern dan tradisional ?
Terima kasih sebelumnya.
Faiz

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Karate Tradisional
« Reply #8 on: 09/05/2010 09:17 »
Kalau di Indonesia sih, seperti yang saya sebut di atas, Bang Godam... Shotokan a la Nakayama adalah yang tradisional... sedangkan aliran dari Okinawa kebanyakan tersisih dalam ajang glamor karate nasional, atau menginduk ke Jujutsu.

soalnya di sini yang nekuni Ryu dari Okinawa kan cuma Kang Tenji doang [lucu]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Karate Tradisional
« Reply #9 on: 11/05/2010 01:35 »
Hahahahahahaha,,, sampe2 gw disuruh Pak Taman buat ngontak Forki buat join ke Forki. gw siy masih ogah buat join ke federasi2 yg ada.
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masingĀ². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

dewaindra

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 59
  • Reputation: 4
Re: Karate Tradisional
« Reply #10 on: 11/05/2010 08:49 »
apa ada yang masih bisa mukul kepala banteng/sapi...di karate trdisional ini

 

Powered by EzPortal