+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Membedah Okinawa-te, sisi lain dr karate yg tersisih....  (Read 46345 times)

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Oke brother & sister semuanya, kita coba skrg membedah okinawa-te (aliran apa aja terserah, yg jelas kan ngga jauh2 beda dr Naha, Shuri & Tomari)

Yg jelas perbedaannya mencolok dibanding dng Jepang. Okinawa-te & Kobudo seperti 2 sisi mata uang, ngga bisa dipisahkan. Gimana?!

Kita coba dr skoop perspectivenya dulu aja termasuk tujuannya. :D

Okinawa-te cenderung ke Martial Art, Spiritual, Fighting Art, Killing Art; sedikit sekali yg menyentuh sisi sport.

skrg kita bagi 2 aja dalam pendekatan fundamental tekniknya....
dr sisi naifanchin & dr sisi sanchin.



.....bersambung (nunggu respon laennya) :D
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Eh ada bang tenji masuk sini juga *rei kepada senpai karate*

BTW pendekatan fundamental tekniknya... naifanchin dan sanchin...

EMANGNYA DI FORUM SEBELAH TUH BAHASAN UDAH JALAN APAH? MANA BUKUNYA, MANA BUKUNYA? :D

BTW, Tensho (Sanchin versi Ju) ternyata sangat applicable untuk permainan pada jarak clinch dan trapping (yang belakangan sih jelas) :D

Mari kita bahas bersama.

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Jgn bilang buku2 dulu ah, gw waktunya terlalu tight gara2 si boss marah2 mulu :(

Ini mo yg mana dulu nih?!
Naifanchin ato Sanchin-Tensho?!

Naifanchin 1,2,3
Sanchin-Tensho

............... :D
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Quote from: DasaMan
Mari kita bahas bersama.

Mariiii.... mariiiii.... * sambil jingkrak-jingkrakan * [yahoo] (maklum, baru belajar Cingkrik, jadi hobinya jijingkrakan terus...  x-))

Tapi seblumnya, tolong Sensei Tenji kasih cerita dulu dong pemahaman-pemahaman
dasarnya, supaya teman-teman yang belum kenal dengan istilah atau konsep di
Karate bisa ngikuti juga... misalnya, Naifanchin itu apa, Sanchin, Tensho... Sukur-
sukur kalo sempat nyeritain latar belakang sejarah para bela diri tersebuttt...  [top]

Monggooo dilanjuuuuuutttttt..... [yahoo]
« Last Edit: 27/03/2008 13:02 by Antara »
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Naifanchin 1,2,3

Naifanchin 1 aja dulu, sekalian gue nagih naskah buku :D

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
dasarnya, supaya teman-teman yang belum kenal dengan istilah atau konsep di
Karate bisa ngikuti juga... misalnya, Naifanchin itu apa, Sanchin, Tensho... Sukur-
sukur kalo sempat nyeritain latar belakang sejarah para bela diri tersebuttt...

Lah, kenapa gak elu aja, kan pastina pernah belajar salah satu dari ketiga ituh :D

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
He....he....he....

Orang betawi kate, Bang Dasa... datang tampak muka pergi tampak punggung
(lho... itu kan pepatah Melayu... ???)... Aye kan musti ngormatin yang buka
thread, masak ujug-ujug masup rumah orang terus nguliahin yang empunya
rumah... bisa digibeng ama Tenji Sensei...  :D

Aye mah cuma pernah digalakkin ama para Sensei Shotokan, jadi ibaratnya silat,
aye baru belajar kembangan doang...  :-\
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Huahahahaha, udah2....

Naifanchin ato naihanchi ato neiphancan gam urusan. formnya sama. :D
Yg brubah total kalo udah jadi Tekki :D:D

Kalo Sanchin-Tensho, huehehehehe....
Sanchin variannya buanyak euy, tapi intinya 1.

Let's talk about Naifanchin....

Everything begins and ends with Naifanchin (and with Sanchin-Tensho too)...

kenapa yg dipake sbg pondasi fundamental adalah Naifanchin (Sanchin-tensho)? bukan yg laen seperti Pinan/Heian?!

Juga kenapa Naifanchin (Sanchin-Tensho) dekat dng yg namanya Hojo-Undo?!


Hehehehehe.......
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
AAAAAAAAA........
.... GUBRAKKKSSS...

Heh.. ?? lho.. ??
* bangkit sambil usap-usap kepala * ???

Umm.. sampe di mana tadi?

oh, iya... nainanchi.. naifuha.. nai... ya, pokoknya itulah...

Tuh 'kan... bisa kebayang deh kalo diskusinya mendadak langsung berat begitu,
banyak istilah asingnya pulak... saya jadi mental begituhh...

* celeng... celeng... celeng... *
 [muter]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Huiehehehehe............

Oke, sepakat kalo yg dibahas naifanchin duluan yah... :D

Naifanchin = pertarungan di pematang sawah

jadi bisa dibayangkan apa yg mempengaruhi teknik tersebut?!?!

Hehehehehehe.......
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Naifanchin = pertarungan di pematang sawah

Lho, tapi awak lupa siapa yang bilang bahwa konsep naifanchin itu adalah "one enemy in front." Gimana nyambung dengan konsep gerakan naifanchin yang menyamping?

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
pematang sawah tiap tempat berbeda, mungkin kalau kita lakukan di subak daerah Bali yang terjal akan berbeda dengan pematang sawah yang ada di Karawang, atau dengan sawah tadah hujan... kalau saya bayangkan dengan yang di Jepang tentunya akan jauh beda dengan keadaan disini.

Pola permainan bela diri tiap daerah juga berbeda, jika dilihat dari perspektif silat, saya sukar membayangkankan.. silahkan dilanjut

salam,


one

f4iz

  • Guest
Salam Rekans..
Sambil makan kacang dipojok mo nanya... :)
Yang dibahas disini KATA dari aliran Goju Ryu ya ?

Wasalam,
Faiz

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
ngga terfokus pada salah satu aliran... :)

Soalnya kalo fokus terhadap salah satu aliran, itu terlalu sempit. Lagian para leluhur juga tidak menyebut dirinya merupakan aliran ABC ato XYZ. :p


Hmmmm......
Naifanchin, menyamping ato ke depan? bedanya dimana kalo di jalan sempit :D
Kan sama aja hasilnya. Hehehehehe......
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Naifanchin, menyamping ato ke depan? bedanya dimana kalo di jalan sempit :D
Kan sama aja hasilnya. Hehehehehe......

Soalnya lucu juga sih ya, kalo pakai konsep jalan sempit, masuk akal bahwa kita memposisikan diri menyampingi lawan agar siluet tubuh kecil dan melindungi centerline.

Tapi kodo-ryu malah bermain gerak menyamping dengan lawan ada di depan centerline,yang mana naifanchin menjadi permainan locking dan tumbling.

Lebih aneh lagi saya nemu ada naifanchin versi 1 dan 2 yang digabungkan, gerakan kakinya menyamping, tapi tangannya menyerang ke arah depan. Makin pusing :D

BTW biar gampang kali harusnya dikasih referensi video naifanchinnya kali yech... apalagi gue udah ngebahas 3 versi naifanchin, wakakakakaka

 

Powered by EzPortal