+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Penggabungan semua aliran karate  (Read 29433 times)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Penggabungan semua aliran karate
« on: 07/11/2008 15:18 »
Sampai sekarang saya berpikir apakah bisa semua aliran Karate terutama 3 besar Shotokan, Goju Ryu dan Kyokushin digabung menjadi satu.

Menurut beberapa Wikipedia.org Aliran-aliran Karate tsb adalah

1. Shotokan

Shoto adalah nama pena Gichin Funakoshi, Kan dapat diartikan sebagai gedung/bangunan - sehingga shotokan dapat diterjemahkan sebagai Perguruan Funakoshi. Gichin Funakoshi merupakan pelopor yang membawa ilmu karate dari Okinawa ke Jepang. Aliran Shotokan merupakan akumulasi dan standardisasi dari berbagai perguruan karate di Okinawa yang pernah dipelajari oleh Funakoshi. Berpegang pada konsep Ichigeki Hissatsu, yaitu satu gerakan dapat membunuh lawan. Shotokan menggunakan kuda-kuda yang rendah serta pukulan dan tangkisan yang keras. Gerakan Shotokan cenderung linear/frontal, sehingga praktisi Shotokan berani langsung beradu pukulan dan tangkisan dengan lawan.

2. Goju-ryu

Goju memiliki arti keras-lembut. Aliran ini memadukan teknik keras dan teknik lembut, dan merupakan salah satu perguruan karate tradisional di Okinawa yang memiliki sejarah yang panjang. Dengan meningkatnya popularitas Karate di Jepang (setelah masuknya Shotokan ke Jepang), aliran Goju ini dibawa ke Jepang oleh Chojun Miyagi. Miyagi memperbarui banyak teknik-teknik aliran ini menjadi aliran Goju-ryu yang sekarang, sehingga banyak orang yang menganggap Chojun Miyagi sebagai pendiri Goju-ryu. Berpegang pada konsep bahwa "dalam pertarungan yang sesungguhnya, kita harus bisa menerima dan membalas pukulan". Sehinga Goju-ryu menekankan pada latihan SANCHIN atau pernapasan dasar, agar para praktisinya dapat memberikan pukulan yang dahsyat dan menerima pukulan dari lawan tanpa terluka. Goju-ryu menggunakan tangkisan yang bersifat circular serta senang melakukan pertarungan jarak rapat.

3. Shito-ryu

Aliran Shito-ryu terkenal dengan keahlian bermain KATA, terbukti dari banyaknya KATA yang diajarkan di aliran Shito-ryu, yaitu ada 30 sampai 40 KATA, lebih banyak dari aliran lain. Namun yang tercatat di soke/di Jepang ada 111 kata beserta bunkainya. Sebagai perbandingan, Shotokan memiliki 25, Wado memiliki 17, Goju memiliki 12 KATA. Dalam pertarungan, ahli Karate Shito-ryu dapat menyesuaikan diri dengan kondisi, mereka bisa bertarung seperti Shotokan secara frontal, maupun dengan jarak rapat seperti Goju.

4. Wado-ryu

Wado-ryu adalah aliran Karate yang unik karena berakar pada seni beladiri Shindo Yoshin-ryu Jujutsu, sebuah aliran beladiri Jepang yang memiliki teknik kuncian persendian dan lemparan. Sehingga Wado-ryu selain mengajarkan teknik Karate juga mengajarkan teknik kuncian persendian dan lemparan/bantingan Jujutsu. DIdalam pertarungan, ahli Wado-ryu menggunakan prinsip Jujutsu yaitu tidak mau mengadu tenaga secara frontal, lebih banyak menggunakan tangkisan yang bersifat mengalir (bukan tangkisan keras), dan terkadang menggunakan teknik Jujutsu seperti bantingan dan sapuan kaki untuk menjatuhkan lawan. Akan tetapi, dalam pertandingan FORKI dan JKF, para praktisi Wado-ryu juga mampu menyesuaikan diri dengan peraturan yang ada dan bertanding tanpa menggunakan jurus-jurus Jujutsu tersebut.

Sedangkan aliran Karate lain yang besar walaupun tidak termasuk dalam "4 besar JKF" antara lain adalah:

1. Kyokushin

Kyokushin tidak termasuk dalam 4 besar Japan Karatedo Federation. Akan tetapi, aliran ini sangat terkenal baik didalam maupun diluar Jepang, serta turut berjasa mempopulerkan Karate di seluruh dunia, terutama pada tahun 1970an. Aliran ini didirikan oleh Sosai Masutatsu Oyama. Nama Kyokushin mempunyai arti kebenaran tertinggi. Aliran ini menganut sistem Budo Karate, dimana praktisi-praktisinya dituntut untuk berani melakukan full-contact kumite, yakni tanpa pelindung, untuk mendalami arti yang sebenarnya dari seni bela diri karate serta melatih jiwa/semangat keprajuritan (budo). Aliran ini juga menerapkan hyakunin kumite (kumite 100 orang) sebagai ujian tertinggi, dimana karateka diuji melakukan 100 kumite berturut-turut tanpa kalah. Sosai Oyama sendiri telah melakukan kumite 300 orang. Adalah umum bagi praktisi aliran ini untuk melakukan 5-10 kumite berturut-turut.

2. Shorin-ryu [3]

Aliran ini adalah aliran Karate yang asli berasal dari Okinawa. Didirikan oleh Shoshin Nagamine yang didasarkan pada ajaran Yasutsune Anko Itosu, seorang guru Karate abad ke 19 yang juga adalah guru dari Gichin Funakoshi, pendiri Shotokan Karate. Dapat dimaklumi bahwa gerakan Shorin-ryu banyak persamaannya dengan Shotokan. Perbedaan yang mencolok adalah bahwa Shorin-ryu juga mengajarkan bermacam-macam senjata, seperti Nunchaku, Kama dan Rokushaku Bo.

3. Uechi-ryu [4]

Aliran ini adalah aliran Karate yang paling banyak menerima pengaruh dari beladiri China, karena pencipta aliran ini, Kanbun Uechi, belajar beladiri langsung di provinsi Fujian di China. Oleh karena itu, gerakan dari aliran Uechi-ryu Karate sangat mirip dengan Kungfu aliran Fujian, terutama aliran Baihequan (Bangau Putih). [5]

di kutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Karate


Saya merasakan repotnya harus ikut ujian kenaikan tingkat berkali-kali dulu waktu sy dikelas 5 SD saya ikut INKAI. Lalu SMP pindah ke GOKASI harus mulai dari putih dulu. Untungnya saya bisa langsung ke kuning.

Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

takomuda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 50
  • Reputation: 5
  • TRI CITA UTAMA
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #1 on: 07/11/2008 15:56 »
Nice Posting Keep in tuch Sensei...!!!  Osh!!!!!!! [top]
Sebutan pemberani bukan untuk orang yang memenangkan satu perkelahian namun untuk orang yang mampu menghindar dari suatu  perkelahian bukan karena ketakutan namun percaya dan yakin bahwa perkelahian bukanlah jalan yang terbaik.

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #2 on: 08/11/2008 21:44 »
Sedikit koreksi yah....

Shotokan memang berasal dr Funakoshi sensei setelah dia pindah ke Jepang. Namun yg dia bawa/pelajari tidak mewakili apa yg ada di Okinawa, hanya sebagian saja. Karena dia hanya belajar pada Okinawan Master di daerah Shuri-Tomari.
Dan setelah di bawa ke Jepang, byk teknik yg dikebiri agar tidak kontra dng beladiri yg sudah ada seperti sumo, jujutsu, nippon kenpo. Setelah Funakoshi wafat, terdapat clash antara murid dia kubu Nakayama (yg memboikot acara perabuan Funakoshi) & kubu Egami. Nakayama meneruskan JKA (dikenal sbg Shotokan) dan Egami meneruskan Shotokai.
Shotokan terdapat 26 Kata (rejecting Taikyoku (ada 3 seri) & Ten no Kata (ada 2 seri))
Shotokai mempertahankan 15 Kata yg memang diajarkan oleh Funakoshi (tidak menambahkan Kata baru)

Goju-ryu, nama ini disematkan pada kelompok latihan yg dipimpin oleh Miyagi Chojun setelah dia mendapat kabar dr murid2nya setelah mengikuti Festival karena ditanya dari aliran apa. Miyagi sensei menggunakan nama Goju berdasarkan pemahaman yg terdapat pada Bubishi dalam bab Kenpo Hakku mengenai teknik Keras & Lembut. Makanya nama Goju disematkan untuk kelompok dia. Mengenai SanChin, sanchin bukan pernapasan dasar, namun SanChin adalah tiga pertempuran untuk menuju sinkronisasi antara body, mind & spirit. Goju-ryu yg terdapat di Okinawa, berbeda dengan Goju-ryu yg terdapat di Jepang (Yamaguchi-ha).

Shito-ryu bukan dikenal sbg ahli memainkan kata (mentang2 kata yg ada di syllabus nya byk?). Namun, karena Mabuni sensei belajar dr 2 Okinawan Master: Higaonna Kanryo & Itosu Anko. Nama shito adalah gabungan dr nama kedua master itu. Dan mengapa kata dalam kelompok Shito itu byk? Karena Shito-ryu adalah kumpulnya dr bbrp praktisi seangkatan dr Mabuni, dan mendaftarkan kata2 apa aja yg mereka pelajari. Maka terkumpullah kata tersebut hingga ada byk.

Wado-ryu adalah gabungan antara Shotokan (jaman Funakoshi angkatan awal) dengan shindo yoshin-ryu jujutsu. Seperti halnya pada kelompok latihan dari Ryobukai. Cman Ryobukai tidak influenced by jujutsu. Slaen blajar sama Funakoshi, Otsuka juga belajar sama Motobu & Miyagi, maka terdapat bbrp kata yg juga dipakai oleh Shito dan Goju.

Kyokushin, didirikan oleh Oyama setelah dia belajar Shotokan karate pada Funakoshi sensei & belajar Goju-ryu pada So Nei Chu sensei & Yamaguchi sensei. Setelah dia berlatih 2 tahun di gunung, dia kembali ke kota dan mencoba kemampuannya kepada bbrp praktisi. Yg akhirnya dia mendirikan kelompok latihan yg bernama Oyama Dojo, kemudian beralih nama menjadi Kyokushin.

Shorin-ryu, bermakna hutan pinus. berasal dari daerah Shuri & Tomari. Pelopornya adalah Matsumura Sokon sensei. Itosu sensei hanya sbg penerusnya. Karakternya adalah serangan yg lurus cepat dan dng tangkisan yg memotong. Walopun Shorin ryu adalah Eyang perguruan yg dianut shotokan, namun pada Shotokan sudah byk terdapat perbedaan yg mencolok.

Uechi-ryu, kelompok latihan ini dipelopori oleh Uechi Kanbun sensei yg belajar sama Sushiwa. Dan dia meneruskan belajar Pangainoon (Hunggar) di china. Dan merupakan kungfu Tiger-Crane. Fokusnya terdapat pada teknik piercing, slashing, thrusting & iron body. Seperti pada Goju dng menerima serangan menggunakan teknik sirkular, namun rythm yg digunakan sedikit berbeda (Goju influence dr Bai He; White Crane)

Mengenai Kobudo, di Okinawa semua Karate belajar Kobudo. Dan sebaliknya, semua Kobudo pasti bisa Karate...


Jadi, keterangan dr Wikipedia masi byk yg kurang tepat... :D
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #3 on: 09/11/2008 11:56 »
@bung Tenji..

wah..
trims nih atas tambahan2nya..

sy cuma copy-paste aja dr wikipedia..kan dibawahnya ada link ke artikel tsb.

Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #4 on: 09/11/2008 11:58 »
Nice Posting Keep in tuch Sensei...!!!  Osh!!!!!!! [top]

@bung takomuda..
jangan panggil sy sensei dong.. 

sy blm sampe sabuk hitam..
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #5 on: 09/11/2008 12:47 »
Belum Sabuk Hitam Dan 9 saja sudah berpikiran mau menggabungkan semua aliran karate.
Wah  [top] banget!

Apalagi kalo sudah sampai!

Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #6 on: 09/11/2008 16:15 »
Tenang, kalo sekedar menguasai semua teknik, itu Dan 5. Dan 6 ke atas itu masalah keorganisasian saja kok. Dan kalo mo main tradisional bener, zaman dulu juga gak pake Dan-Danan, pokoke khatam, wis selesai. Dan-Danan kan iseng2nya Jigoro Kano aja dengan Kodokan Judonya :D

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #7 on: 09/11/2008 19:09 »
wakakakakak, siapa yg butuh Dan2an?
Kalo yg ngejar tingkatan Dan, beli sertifikat aja beres. Di situ minta ditulisin tingkatan DAN 15 sekalian. Atau DAN 100 aja biar keren... :D

Namanya belajar, yg dikejar itu mengerti & paham mengenai apa yg dipejalari. Ga usah pake tingkat2an. Biarkan orang lain yg menilai aja.
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Sabrang kidul

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 98
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #8 on: 09/11/2008 19:43 »
Kalau Dan kawan-kawan sih pasti ane butuh :D

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #9 on: 10/11/2008 08:29 »
Wah ada yang jualan Dan di Indonesia, sampai seratus lagi.

Mau dong!  :-P

Sarung Kampret, mau ikutan beli nggak, ya?
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #10 on: 10/11/2008 09:27 »
Kalau Dan kawan-kawan sih pasti ane butuh :D

 :D bisa aja abang nih.. :)

Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #11 on: 11/11/2008 14:47 »
Sebenernya ngga perlu digabung-gabung gitu.
Karena, karate klasik tergolongkan menurut grup latihannya. Walopun 1 rumpun, namun pembimbing dalam grup latihan punya gaya sendiri. :D

Kyk di silat tradisional kan juga gitu....
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #12 on: 11/11/2008 17:28 »
Shorin-ryu, bermakna hutan pinus. berasal dari daerah Shuri & Tomari. Pelopornya adalah Matsumura Sokon sensei. Itosu sensei hanya sbg penerusnya. Karakternya adalah serangan yg lurus cepat dan dng tangkisan yg memotong. Walopun Shorin ryu adalah Eyang perguruan yg dianut shotokan, namun pada Shotokan sudah byk terdapat perbedaan yg mencolok.

Shorin di sini maksudnya bukan ejaan Jepangnya Siauw Liem / Shaolin ya ?

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #13 on: 11/11/2008 18:57 »
Bukan, Shorin di sini bukan Shorin yg Shaoliem.

Shorin di sini bermakna Hutan Pinus, bukan Shorin yg bermakna hutan kecil.
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #14 on: 11/11/2008 19:01 »
松林 -> Shorin (di Okinawa), maknanya hutan pinus. (di okinawa byk terdapat hutan pinus untuk daerah Shuri & Tomari)
小林 -> Shorin (Shaoliem, China), maknanya hutan kecil
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

 

Powered by EzPortal