+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Penggabungan semua aliran karate  (Read 29435 times)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #30 on: 13/11/2008 09:11 »
@Uda antara...kok jadi mirip metoda ilmiah yah..hehhee...hipotesa,menguji hipotesa,menarik kesimpulan,menguji kesimpulan dg penelitian,kesimpulan...hehehee


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #31 on: 13/11/2008 09:17 »
Master Antara memang Jos Marijos wejangannya!  [thank]
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #32 on: 13/11/2008 10:06 »
wah..wah..
makin berat dan makin jauh saya yg TS jd ga faham.

Berarti penggabungan semua aliran karate itu sepertinya tidak bisa.
Sebab masing-masing punya ciri yg berbeda terutama di KATA. Untuk KATA saja untuk aliran Karate yg saya pernah ikuti yaitu Goju Ryu dan Shotokan. Untuk Goju Ryu Kyu 10/9 ada 4 jenis KATA dan Shotokan untuk Kyu 10/9 ada 6. Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya siswa belajar untuk KATA saja.



Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #33 on: 13/11/2008 14:32 »
 :)ambil aja nyang cocok dgn kita dalemin deh, bukannya tiap aliran udan punya sejarah uji coba yg panjang, bagus gaknya berpulang pada yg latian keknya [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #34 on: 13/11/2008 15:33 »
Berarti penggabungan semua aliran karate itu sepertinya tidak bisa.
Sebab masing-masing punya ciri yg berbeda terutama di KATA. Untuk KATA saja untuk aliran Karate yg saya pernah ikuti yaitu Goju Ryu dan Shotokan. Untuk Goju Ryu Kyu 10/9 ada 4 jenis KATA dan Shotokan untuk Kyu 10/9 ada 6. Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya siswa belajar untuk KATA saja.

Pake cara si Tenji, ambil kata yang menjadi fondasi atau penultimate keilmuan tiap aliran karate. Jadi gak semuanya harus diambil.

Yang jelas, aku niat mo belajar 3 fondasi Okinawa Te, yaitu Sanchin, Seishan, sama Naifuanchi aja udah gak karuan (gak lulus2 main Sanchin-Tensho, gimana mo main Seishan sama Naifuanchi?)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #35 on: 13/11/2008 20:12 »
Kalau saya udah 10 tahun ga latihan Karate tapi sampe sekarang KATA yg sy ingat cuma 3; Sanchin, Saifa, Gekisai Dai chi/Dai ni.
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #36 on: 13/11/2008 22:55 »
Ya gpp, kalo ngikut kata Choki Motobu, menguasai 1 kata saja sudah lebih dari cukup untuk bisa membela diri. Seumur hidup juga gak akan habis 1 kata dipelajari.

Tapi bukan untuk tanding, sebab lagi2 kata Choki Motobu, silabus kata bukan untuk adu ilmu lawan musuh yang juga terlatih.

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #37 on: 14/11/2008 07:51 »
@Mas Abraham,

Bukannya gak bisa, tapi akan ada titik di mana penggabungan itu tidak akan membawa hasil yang sepadan dibanding dengan usahanya. Kalo bahasa Madura-nya, Law of Diminishing Return  :-X

Kecuali kalau memang mau buat katalog hidup -istilah Mas Dasa- yang mengumpulkan semua hapalan dari berbagai aliran, tapi tidak untuk diperoleh kemampuannya.

Esensi latihan beladiri itu kan melatih fisik dan psikis untuk siap menghadapi kondisi kekerasan, jadi yang dilatih itu antara lain otot-otot, kecepatan mata, kecepatan pikiran, persepsi, panca (enam?) indra dan lain-lain. Ditambah pengetahuan tentang anatomi, gaya berat, vektor, dan sedikit masalah adrenalin  x-)). Jurus dan gerakan cuma media untuk melatih semua itu, bukan hasil akhirnya.

Kalau saya ingat dari cerita ketiga pendekar Seliwa, ada silat 'Pahaman' yang jurus/gerakannya malah sedikit sekali. Penekanan latihannya terletak pada pengembangan kemampuan untuk bisa merasakan serangan yang datang (kepekaan).

Ibaratnya, boleh saja kita ambil S1 hukum, habis itu S1 ekonomi, habis itu S1 teologi, habis itu S1 mesin, habis itu S1 metalurgi, habis itu S1 sejarah, dan seterusnya tidak habis-habis. Tapi pada akhirnya kita bertanya-tanya, untuk apa semua itu.

Gitu loooo....

pembenaran dari orang yang jarang latihan  :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #38 on: 14/11/2008 08:11 »
Dulu saya juga pernah mencari yang seperti S1 - S1 kaya' itu.
Dan akhirnya juga sampai pada pertanyaan, untuk apa semua itu.

Jawabannya ternyata banyak sekali, dan pernah membuat saya bingung.
Antara lain jawaban yang positif, yaitu :
1. Membuat kita semakin bersyukur kepada Tuhan.
2. Membuat kita dapat diterima dimana saja.
3. Membuat kita dapat berbisnis apa saja.
dan masih banyak yang lainnya.

Ini baru yang positif, belum yang negatif.

Yang penting sebenarnya, bukan untuk apa semua itu?
Namun, yang tepat apakah semua itu membuat kita dapat memahami diri sendiri dan sekitar kita?
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #39 on: 14/11/2008 13:36 »
Dulu saya juga pernah mencari yang seperti S1 - S1 kaya' itu.
Dan akhirnya juga sampai pada pertanyaan, untuk apa semua itu.

Jawabannya ternyata banyak sekali, dan pernah membuat saya bingung.
Antara lain jawaban yang positif, yaitu :
1. Membuat kita semakin bersyukur kepada Tuhan.
2. Membuat kita dapat diterima dimana saja.
3. Membuat kita dapat berbisnis apa saja.
dan masih banyak yang lainnya.

Ini baru yang positif, belum yang negatif.

Yang penting sebenarnya, bukan untuk apa semua itu?
Namun, yang tepat apakah semua itu membuat kita dapat memahami diri sendiri dan sekitar kita?

Apa hubungannya ya? --> tambah bingung saya ::)
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

abi_hanny

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #40 on: 16/11/2008 14:41 »
Osh!!!!
Menggabungkan seluruh karate menjadi satu? kayaknya pekerjaan yang amat sangat terlalu sulit dech. Sepanjang yang aku tahu di kandangnya sana karate juga terpecah belah, korban politik praktis dan sebagainya. dan itu sudah berawal sejak (eyang Guru) Gichin Funakoshi masih sehat. sampai ketika beliau meninggalkan dunia beberapa murid "senoir nya yang rada murtad" malah memboikot acara perabuan gurunya sendiri. perbedaan paham awalnya.
tapi meski yang mereka (nakayama Cs) kembangkan sebenarnya justru berbeda arah dengan apa yang di ajarkan gurunya. kelanjutannya sepanjang yang aku tahu juga setiap usaha menyatukan dua atau lebih aliran karate justru menghasilkan aliran baru, jadi gak usah pusing. toh disana situasinya karate kayak silat disini, banyak aliran banyak perguruan dan banyak gaya berbeda. Dan kalao disatukan kan ribet, kalo dibuat standarisasi akan banyak teknik yang terpaksa dikebiri atau harus dibuang sehingga orosinilitasnya hilang. tapi kalo maksa digabung yaaah tidak akan ada cukup umur kita buat mempelajari semuanya.makanya konsisten aja di satu aliran ibarat katana satu sisi aja yang tajam tapi ampuh.heheheh :Djavascript:void(0);
 walaupun dulu ketika Senseiku masih hidup beliau sempat berpesan agar aku jangan bosan menjalani jalan karate, karena kesempurnaan dijalan karate hanya bisa dicapai melalui latihan seumur hidup oke,,,,
kapan kapan kita bahas lagi dech
Osh!

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #41 on: 16/11/2008 15:27 »
Gabung-gabungan gini apa gak akhirnya jadi MMA?

Mana yang lebih perlu kita prioritaskan, menggabungkan esensi dari berbagai aliran atau mengambil inti dan membuang yang tidak perlu dari aliran kita sendiri?

Apakah sebuah perkelahian itu rumit atau sederhana?

serius lho, ini nanya, bukan ngetes... :-X

pertanyaannya mungkin.. apa harus dibuang? apa tidak lebih baik jadi perbendaharaan dalam penguasaan teknik yang sudah dikuasai?

(sori.. ikutan nimbrung.. sy bukan orang Karate.. tapi kasusnya mirip2 lah kayak disilat.. bahkan dalam satu perguruan pun bisa jadi ada beberapa pemahaman dalam teknik yang berbeda2, tergantung pelatih yang mengajarkan.. walaupun awalnya bersumber dari satu orang)

salam
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #42 on: 16/11/2008 16:46 »
He...he...he... beda konteks sedikit Mas Sunan,

Istilah "membuang yang tidak perlu" cukup populer di beladiri yang berakar dari Cina dan Jepang (dus ya Cina jugak ::)). Maksudnya bukan membuang gerakan atau kurikulum latihan yang dirasa tidak perlu, tapi adalah meraih esensi dari suatu beladiri melalui latihan yang tekun bertahun-tahun, dengan menjalani semua sistem dan program latihan yang ada di beladiri tersebut.

Ibaratnya, di SD kita belajar baca, tulis, hitung dan macam-macam. Tidak semua ilmu itu kita perlukan sekarang, tapi tanpa melalui semua itu kita tidak akan sampai pada kapasitas intelektual kita sekarang.

Si pendekar tak terkalahkan mungkin cuma akan mengeluarkan satu gerakan andalan nan ampuh itu-itu saja yang tak bisa ditahan oleh lawan-lawannya, tapi ketajaman gerakan itu diraihnya melalui pelatihan bertahun-tahun melalui entah berapa ratus gerakan di alirannya.

Begitu ceritanyaaahhhh.... ;D
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #43 on: 16/11/2008 22:30 »
Forum ini terbuka utk umum koq bukan cuma org2 Karate saja. Selama jawabannya masih didalam konteks makin banyak pendapat makin baik.  [top]

Kalo yg sy lihat secara teknis. Shotokan, Goju-ryu, Wado-ryu dsb2 itu cuma beda di KATA tingkat Kyu aja sih sy bilang. Kecuali Sanchin, Tensho yg semua aliran pasti ada begitu jg ditingkatan DAN yg diwajibkan menguasai semua jenis KATA.

Apa mungkin karena perbedaan KATA (Jurus) ini makanya terkesan masing-masing aliran mempunyai warna tersendiri?

Kalau di Shotokan KATA tingkat dasar seperti Heian Shodan s/d Heian Yondan lalu Tenku Shodan s/d Tenku Yondan kalau di Goju-ryu yg sy pelajari Gekisai Dai chi/Dai ni. Maaf saya cuma tahu itu saja karena sy pernah di INKAI dan skrg di GOKASI. Makanya dari dulu sy lebih memilih utk tinggal ditingkatan Kyu 1 saya rasa sudah cukup. Di tingkatan Kyu 1 ini saja saya sudah disuruh ikut latihan Unsu, Seisan, Kururunfa dsb.

Aplikasi dr KATA2 tsb ada pada BUNKAI. Setiap KATA pasti ada BUNKAI-nya. Buat apa sampai belajar Unsu kalau dari BUNKAI-nya Tenku Shodan atau Gekisai misalnya kita sudah bisa melumpuhkan lawan. Sayangnya banyak praktisi Karate yg bilang klo BUNKAI ini blm bs dipakai dlm perkelahian bebas. Tidak seperti jurus2 silat yg dpt melumpuhkan lawan dgn sekali tarikan/bantingan.  8)

Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Penggabungan semua aliran karate
« Reply #44 on: 17/11/2008 17:07 »
Aplikasi dr KATA2 tsb ada pada BUNKAI. Setiap KATA pasti ada BUNKAI-nya. Buat apa sampai belajar Unsu kalau dari BUNKAI-nya Tenku Shodan atau Gekisai misalnya kita sudah bisa melumpuhkan lawan. Sayangnya banyak praktisi Karate yg bilang klo BUNKAI ini blm bs dipakai dlm perkelahian bebas. Tidak seperti jurus2 silat yg dpt melumpuhkan lawan dgn sekali tarikan/bantingan.  8)

Soal kata, saya kebetulan menyetujui pendapat Iain Abernethy (Dan 6 Wado Ryu).

Setiap kata punya kemampuan berdiri sendiri sebagai sistem bela diri yang lengkap. Hence, menguasai satu kata luar dalam saja Anda seharusnya sudah bisa membela diri. Stand up, clinch, ground fighting, semua ada di kata.

Gerakan dalam kata dirancang untuk bela diri, bukan untuk bertanding melawan orang yang pandai bertarung. Hence, wajar bila dikatakan bahwa teknik kata kurang mantap dipakai untuk tarung bebas, yang istilah modernnya sekarang adalah MMA.

Inti aplikasi kata adalah HAJAR KETIKA LAWAN LENGAH. Ini diamini Funakoshi, Choki Motobu, dll. Bahkan Choki Motobu tidak segan2 menyerang dari belakang saat menggunakan karatenya.

3 poin di atas saya rasa sudah cukup untuk menjelaskan esensi aplikasi kata.

 

Powered by EzPortal