+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?  (Read 18806 times)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« on: 07/12/2008 17:49 »
Mungkin pertanyaan ini sy ajukan khusus pada karateka yg ikut di forum ini tapi jg secara umum (beladiri lain) kurang lebih berarti apakah perlu sampai ke tingkatan yg tertinggi? begitu kira2..

Pernah sy tanyakan pd salah seorang sensei yg punya tingkatan Dan III ke atas katanya sih tidak terlalu perlu2 amat. sedangkan dia sendiri sampai ke tingkatan itu. Alasannya? Jawabannya adalah belajar beladiri Karate kalau sudah bisa mengeksekusi pukulan, tangkisan, tendangan dan kuda-kuda yg baik sudah merupakan bahan utama untuk beladiri. Itu saja sudah cukup. Tinggal bagaimanan kita saja yg mengembangkannya. Sampai dia sendiri mengistilahkan lebih baik sabuk rendah tapi teknik tinggi daripada sabuk tinggi tapi teknik pas2an.

Atas alasan tsb saya sendiri merasakan tidak terlalu perlu walaupun bbrp teman sy yg sama2 dari nol dgn saya sekarang ada yg selesai dgn tingkatan shodan dan bbrp yg ikut ujian DAN II, III. Ada satu dua orang yg melatih dan ada yg jd atlet ada jg yg tidak melanjutkan utk prestasi di karate tp sesekali dtg ke dojo.

Seberapa pentingkah kita belajar karate/beladiri lain hingga tingkatan tertinggi?






Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #1 on: 07/12/2008 20:19 »
Menurut ane nih...

kalo maksudnya tingkatan tertinggi dalam hal teknik sih tergantung tiap orang ya...

ada yang merasa perlu mempunyai perbendaharaan teknik dan jurus yang lengkap dan banyak... ada juga yang cukup hanya dengan satu jurus yang dilatih dengan tekun bertahun - tahun

ade orang bilang :

"Jangan takut pada orang yang mengetahui bermacam macam jurus, tapi takutlah pada orang yang mendalami hanya satu jurus saja"

tapi kalo menurut ane sih tingkatan tertinggi adalah pencerahan diri; kalo sudah manunggal dan mengerti jurus/ilmu kita, juga memahami diri dan alam. Maka kita tidak butuh banyak jurus...

Bukannya tujuan beladiri selain untuk membela diri, juga untuk menyelaraskan diri dengan alam... ?

Halah ngomong apa sih... ini mah cuman pendapat ya, maap kalo ngelantur...

 [fruit] [fruit] [fruit]

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #2 on: 07/12/2008 20:30 »
Kalau mau ngelamar jadi satpam ya kayaknya ada gunanya bawa sertifikat sabuk beladiri. Tapi nggak tau apakah semakin tinggi sabuknya akan semakin tinggi gaji yang diterimanya.
 :w

Perlukah sampai tingkat tertinggi?
Saya ikut jawaban apapun yang saat ini sudah ada di hati Mas Abraham. :D
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

alv

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #3 on: 07/12/2008 22:01 »
Seberapa pentingkah kita belajar karate/beladiri lain hingga tingkatan tertinggi?
kalo menurut saya sih tergantung yang dimaksud dari kata tingkatan tertingginya , kalau yang dimaksud sabuk sih ga perlu sampai tingkatan tertinggi.

yah,yang penting sih turuti kata hati saja .ga perlu ikut2 yang lain
kan tiap orang beda2 .
tapi sabuk juga mempengaruhi rasa percaya diri juga sekaligus jadi beban soalnya malu kalau tehniknya lebih jelek dari yang sabuknya lebih rendah,apa lagi sampai kalah :'(

dan biasanya kalau  sabuknya ga ganti2 alias ga pernah ikut ujian kenaikan tingkat biasanya orang akan malas karna ga ada  pemicu buat dia belajar bela diri


jangan dianggap ,masih pemula  :)


maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #4 on: 07/12/2008 22:33 »
 :)yang paling perlu kontinuitas n kesinambungan latian, so kalo sabuk hanya bisa diraih kerna rajin latian kontinyu maka perlu. Soale disiplin latian sendiri nyang kontinyu bisa kebangun gak kalo tanpa lingkungan n target yang mendukung, kalo bisa ya gak perlu2 amat sabuk n sertifikat kecuali untuk kerja or naek pangkat jd instruktur misalnya.imho [lucu]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #5 on: 08/12/2008 09:12 »
Hihihihi, apakah fungsi sabuk?
Fungsi utama dari sabuk adalah untuk mengikat clana biar ngga melorot dan mengikat baju biar rapi...   :o

Trus kita kembali ke masalah paling awal, belajar karate (soalnya nanyanya karate siy) mo buat apa? Buat prestasi? Buat cari medali? Buat cari menang sampe tingkat olympic? atau buat apa?

Belajar buat menghapal Kata yg banyak gitu sampe dianggap udah menghapal Kata tingkat tinggi? Sekarang banyak tuh anak kecil2 yg ngapalin Unshu, Suparinpai, Kururunfa, Gojushiho/ Useishi. Tapi apa hasilnya? Nol, cman buat hapalan doank.

Nah, memang kalo jaman sekarang orang lebih melihat ke sertifikat/semacamnya. Makanya pada ngejar buat ngumpulin sertifikat. Masalah kualitas urusan belakangan, yg penting itu sertifikat bisa dipakai buat naikin jabatan atau dapetin duit.  x-))

Kalo disuruh milih cman ada 2 sabuk doank, yaitu putih & hitam bang Abraham mending milih yg mana?  :o
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #6 on: 08/12/2008 10:59 »
Perlu di luruskan pertanyaan ini saya ajukan bukan buat saya maksudnya bukan pertanyaan saya.

Saya pernah geli waktu membaca iklan disalah satu situs internet soal dojo2 diluar negeri sana. Mereka menargetkan siswa bs lulus maksudnya meraih sabuk hitam dalam waktu paling cepat 3 tahun saja. Banyak jg yg mengajarkan karate secara paket 2 tahun langsung sabuk hitam.

Mungkin kalau tokoh2 karate kuno Okinawa tahu mereka akan lebih sedih lg. Secara karate di ikutkan di olimpiade saja mereka sudah prihatin.

Memang benar kalau sekarang ini anak kecil saja sudah banyak yg memiliki level senior di Karate padahal secara fisik mereka blm sanggup. Ga usah heran kalo pas gashuku sy pernah lihat anak kelas 5 SD sudah sabuk coklat strip 3 Kyu 1 level terakhir ditingkatan siswa. Mereka sudah bernafsu ngotot pengen ikutan ujian ke sabuk hitam.

Pemakaian sabuk hitam di dojo saya rasa tidak terlalu terlalu penting. Untuk apa sabuk tinggi sedangkan teknik masih rendah. Gampangnya kalau mau sabuk hitam tinggal pergi ke toko olahraga beli sabuk hitam pilih yg corak kuning emas. gampangkan?  :P

kalo jawab pertanyaan mas Tenji..
mau hitam atau putih? saya berada ditengahnya.

 
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #7 on: 08/12/2008 11:07 »
Kalo gw pilih putih...

KArena seiring perjalanan waktu dan konsisten dalam latihan, perjalanan waktu tersebut yang akan menghitamkan sabuk kita...  :o
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #8 on: 08/12/2008 13:11 »
Saya pilih hitam, soalnya warna ini tetap cocok dipadankan dengan warna celana apapun. Kalau sabuk putih mungkin cuma cocok dengan celana putih, padahal koleksi celana saya 'nggak ada yang putih... :w

Anak-anak ingin sabuk hitam?
Bagus sekali, ini sesuai dengan naluri mereka yang ingin tumbuh dan berkembang menjadi lebih maju lagi.

Anak-anak tidak ingin sabuk hitam?
Bagus sekali, semuda itu sudah bisa memilih ketekunan dibanding warna sabuk.

Orang tua ingin sabuk hitam?
Baik sekali, pencapaian ini bisa membuat mereka tambah bijaksana dan tidak kena krisis paruh baya.

Orang tua tidak ingin sabuk hitam?
Baik sekali, mereka menikmati latihannya dan sudah tidak peduli lagi dengan warna sabuk.

Jadi sekali lagi, meski ini bukan pertanyaan untuk Mas Abraham, saya setujui apapun pendapat yang sudah dipegang Mas Abraham sekarang ini.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #9 on: 08/12/2008 20:52 »
Huehehehehe, ujung2 nya kyk Yin-Yang. Dari Hitam menjadi putih, dan dari Putih menjadi Hitam. :D

Mau mulai dr manapun, yang penting konsisten, akan mencapai hasil yg optimal...  :o
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masing². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

f4iz

  • Guest
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #10 on: 08/12/2008 21:35 »
Salam Rekans,
Ikutan nimbrung ya ?!
Waktu dulu saya pernah diceritain utk aliran Karate-2x tertentu ada tingkatan yg diberikan karena penguasaan tekhnik. Tetapi setelah itu biasanya DAN dikasih utk penghargaan dedikasi Karateka tsb dalam mengembangkan organisasi, mengembangkan Karate, atau sekedar gelar kehormatan.
Misalnya seorang karateka DAN 10, biasanya itu gelar yg diberi sebagai kehormatan atas dedikasi atao kontribusi karateka tsb thd. perkembangan Karate bukan karena menguasai tekhnik-2x aja.
Mohon dikoreksi kalau salah.
Wasalam,
Faiz

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #11 on: 09/12/2008 05:35 »
Huehehehehe, ujung2 nya kyk Yin-Yang. Dari Hitam menjadi putih, dan dari Putih menjadi Hitam. :D

Mau mulai dr manapun, yang penting konsisten, akan mencapai hasil yg optimal...  :o
:
 :D Ayam hitam telurnya putih, ada gak ya ayam putih telurnya hitam :o jadi mulai dr putih ke hitam apa hitam keputih [lucu] sama kali ya, nyang penting iemnya item manis, wualah gak nyambung :-[
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

iqbal khan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 124
  • Reputation: 1
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #12 on: 09/12/2008 08:37 »
kalau menurut saya.
Yang penting bukan sabuknya tetapi penguasaan dari tekniknya,
Untuk pemula sabuk dijadikan ukuran keberhasilan dalan latihan dan yg kurang PD mungkin sabuk bisa dijadikan alat bantu agar lebih PD.
Pengalaman saya sendiri  waktu masih sabuk putih lihat yg sabuk coklat atau hitam (yg hitamnya sdh bulukan) merasa orang tersebut sudah hebat beladirinya, setelah kita lewati waktu dan sering bertanding dgn pemegang sabuk hitam ternyata sabuk hitam bukan ukuran, banyak yunior saya yg sudah sabuk hitam tetapi setelah latihan berantem mereka belum benar-benar menghayati setiap gerakan dari gerakan yg mereka pelajari.
dan juga Banyak sekali atlet karate yg hanya mempunyai 1 atau 2 gerakan sebagai senjata, yg mereka latih setiap hari sehingga benar benar menjadi senjata yg mematikan.
Akhirnya saya putuskan setelah sabuk biru/ungu untuk tidak mengikuti ujian kenaikan sabuk walaupun terus mengikuti latihan (kurang lebih 3 th, dan saya merasa tidak minder menghadapi yg sudah sabuk hitam yg sudah bulukan he.he,.(itu dulu lho!)

Abraham

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 235
  • Reputation: 6
  • Never know what will happen on tomorrow
    • Email
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #13 on: 09/12/2008 09:08 »
kalau menurut saya.
Yang penting bukan sabuknya tetapi penguasaan dari tekniknya,
Untuk pemula sabuk dijadikan ukuran keberhasilan dalan latihan dan yg kurang PD mungkin sabuk bisa dijadikan alat bantu agar lebih PD.
Pengalaman saya sendiri  waktu masih sabuk putih lihat yg sabuk coklat atau hitam (yg hitamnya sdh bulukan) merasa orang tersebut sudah hebat beladirinya, setelah kita lewati waktu dan sering bertanding dgn pemegang sabuk hitam ternyata sabuk hitam bukan ukuran, banyak yunior saya yg sudah sabuk hitam tetapi setelah latihan berantem mereka belum benar-benar menghayati setiap gerakan dari gerakan yg mereka pelajari.
dan juga Banyak sekali atlet karate yg hanya mempunyai 1 atau 2 gerakan sebagai senjata, yg mereka latih setiap hari sehingga benar benar menjadi senjata yg mematikan.
Akhirnya saya putuskan setelah sabuk biru/ungu untuk tidak mengikuti ujian kenaikan sabuk walaupun terus mengikuti latihan (kurang lebih 3 th, dan saya merasa tidak minder menghadapi yg sudah sabuk hitam yg sudah bulukan he.he,.(itu dulu lho!)

wah..
trims atas masukannya nih Mas Iqbal..  :)

apa yg Mas pikirkan sama spt apa yg ada dlm pikiran sy. Paling penting adlh teknik biarpun sampai skrg klo di dojo kebagian pimpin taisho dan KATA kadang2 jd 'sansak' yg udah sabuk hitam..maksudnya..buat contoh pukulan/tendangan ke siswa tp sy tetap betah di sabuk coklat. Padahal udah 10 tahun bertahan di coklat terus!  :D

Alasan saya sampai skrg lbh betah jd senpei drpd hrs jd sensei adlh krn tanggungjawab seorang penyandang sabuk hitam lbh berat. Tidak hanya di dojo tetapi jg dimasyarakat. Akan lebih baik lg klo masyarakat tidak tahu kalo kita belajar karate/beladiri lain misalnya. Menjaga sikap dan prilaku di masyarakat itu penting guna menjunjung tinggi martabat beladiri apapun yg kita pelajari.

Maka dari itu buat saya sabuk hitam DAN sekian bukan jd ukuran buat saya. Walaupun setiap orang punya tujuan masing2 utk belajar karate/beladiri lain.





 
Onegai Shimasu..Please tech me..Tolong ajari saya

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Perlukah Belajar Karate sampai Sabuk Hitam?
« Reply #14 on: 09/12/2008 09:37 »
Betul kan...
Makanya saya bilang kalau saya setuju apapun pendapat Mas Abraham.
You don't ask question, you just want to hear your answer echoed  :D
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

 

Powered by EzPortal