+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Sekilas Karate Club di JAkarta  (Read 28546 times)

aircadas

  • Guest
Sekilas Karate Club di JAkarta
« on: 24/11/2007 08:02 »
Olahraga bela diri karate berasal dari Jepang. Olahraga itu mencapai ”booming” pada tahun 1950-an. Karate menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia. Ada yang bilang orang pertama yang membawa karate ke Indonesia adalah Mochtar R. Teori ini dimentahkan oleh kenyataan bahwa ketika Mochtar memasukkan karate ke Indonesia, olahraga itu sendiri sudah dimainkan di sini. Mereka berlatih bersama di Jakarta Karate Club. Sejumlah mahasiswa Indonesia di Jepang juga mendirikan Indonesian Karate Club.

Baru pada 1964, sejumlah karateka mendirikan PORKI (Persatuan Olahraga Karate Indonesia) yang berafiliasi ke JKA (Japan Karate Association) dan beraliran shotokan. Aliran itu dipopulerkan Funakoshi dan diturunkan kepada Nakayama, yang menggelar kejuaraan karate pertama di Jepang pada 1957 atau hanya 12 tahun setelah Jepang luluh lantak dibom Sekutu.
Shotokan merupakan salah satu dari empat aliran karate terbesar di Jepang, selain Wado, Goju dan Shito yang masing-masing ”beranak-bercucu” menjadi aliran-aliran kecil.

Pada 1972, PORKI berubah menjadi FORKI (Federasi Karatedo Indonesia). PORKI sendiri berubah menjadi Inkai (Institut Karatedo Indonesia) karena sejak awal berafiliasi ke shotokan. FORKI merupakan payung bagi seluruh perguruan karate di Indonesia, yang kemudian diakui KONI Pusat dan dipertandingkan di PON 1973 untuk pertama kalinya walaupun peraturan pertandingannya tetap menggunakan peraturan PORKI.

Pada 1984, Rudini menjadi ketua umum PB FORKI dalam kongres di Lampung. Saat itu pula, ia ”membumihanguskan” Inkai dan segala kegiatannya (termasuk turnamen karate Piala Bima Sakti yang batal digelar) demi kesatuan dan persatuan. Inkai diintervensi hanya karena Inkai mencoba mempertahankan kemurnian karate ketika FORKI menjadi karate umum yang berafiliasi ke WUKO dan telah mengadopsi sejumlah gerakan non-karate. Dengan kata lain, Rudini tidak dapat menghargai perbedaan.

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #1 on: 24/11/2007 21:13 »
Salam,
Kalo ga salah, saya pernah baca bahwa salah satu pendiri INKAI adalah Sensei Sabeth Muchsin (beliau juga yang mengalihbahasakan "Best Karate" M. Nakayama ke dalam Bahasa Indonesia, tapi cuma Jilid 1 saja).

Apakah benar bahwa INKAI sekarang ini sudah tidak ada lagi? Lalu, saya pernah melihat ada pula INKADO (apa pula ini? Berafiliasi ke Shotokan-kah?)

Terima kasih.

Salam...

anyuus

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 55
  • Reputation: 6
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #2 on: 27/11/2007 11:38 »


Apakah benar bahwa INKAI sekarang ini sudah tidak ada lagi? Lalu, saya pernah melihat ada pula INKADO (apa pula ini? Berafiliasi ke Shotokan-kah?)



Salam...
Salam
INKAI masih ada, saya sering lihat masih pasang spanduk untuk menerima pendaftaran, terakhir saya lihat di daerah Pondok Indah INKAI masih menrima pendaftaran untuk anak-anak.
INKADO ? Masih produk turunan dari INKAI kali ya........
Salam

f4iz

  • Guest
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #3 on: 27/11/2007 12:37 »
Salam ..
Mas AirCadas dan juga rekan-2x sahabat Silat yg lainnya..
Saya ingin tanya mengenai Karate yg dibawa ke Indonesia. Apakah Karate yg dibawa ke Indonesia itu dibawa oleh mahasiswa-2x Indonesia yg kuliah di universitas-2x di Jepang ? Apakah betul aliran Karate yg dibawa adalah aliran yg berkembang di Jepang terutama di Universitas-2x spt. Shotokan, Wado Ryu ?
Saya baru tau sebenarnya Karate tradisionil itu ada Okinawa. Aliran Goju Ryu dibawah G.Yamaguchi di Jepang berbeda dgn aliran Goju Ryu yg dibawah club Jundokan di Okinawa dibawah Eizi Miyazato.
Beberapa perguruan Karate di Okinawa yg besar spt. Goju Ryu, Shorin Ryu, dan Uechi Ryu.
Fokus dari perguruan Karate Jepang dan Okinawa juga berbeda. Perguruan Karate Jepang berkembang di Universitas-2x dan fokus mereka adalah dalam aspek olah raga, kompetisi, beladiri juga. Cara pengajarannya juga berbeda pendekatan. Perguruan di Jepang pengajarannya secara masal.
Karate Okinawa lebih fokus ke beladiri dan aspek spiritualnya Karate. Cara pengajarannya lebih individu.
Dari segi tekhnik juga ada perbedaan. Di Shotokan kuda-2xnya rendah tetapi di aliran yg di Okinawa kuda-2xnya lebih tinggi (mirip spt. orang berdiri).
Disalah satu buku yg saya baca dibilang bahwa Gichin Funakoshi merubah Karate saat dia mengembangkannya di Jepang.
Pas saya baca-2x ttg. ini saya jadi terpikir ada kemiripan dgn perkembangan Pencak Silat antara perguruan modern dan perguruan tradisionil ?
Mohon dikoreksi jika informasi saya ada kesalahan.
Terima kasih.
Wasalam,
Faiz

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #4 on: 27/11/2007 16:04 »
Mas AirCadas dan juga rekan-2x sahabat Silat yg lainnya..
Saya ingin tanya mengenai Karate yg dibawa ke Indonesia. Apakah Karate yg dibawa ke Indonesia itu dibawa oleh mahasiswa-2x Indonesia yg kuliah di universitas-2x di Jepang ? Apakah betul aliran Karate yg dibawa adalah aliran yg berkembang di Jepang terutama di Universitas-2x spt. Shotokan, Wado Ryu ?

Ada yg begitu, ada pula yang dipelajari dari warga Jepang yang tinggal di Indonesia, misal pedagang atau tentara Jepang.

Fokus dari perguruan Karate Jepang dan Okinawa juga berbeda. Perguruan Karate Jepang berkembang di Universitas-2x dan fokus mereka adalah dalam aspek olah raga, kompetisi, beladiri juga. Cara pengajarannya juga berbeda pendekatan. Perguruan di Jepang pengajarannya secara masal.
Karate Okinawa lebih fokus ke beladiri dan aspek spiritualnya Karate. Cara pengajarannya lebih individu.

Soalnya dulu si Gichin Funakoshi waktu bawa karate ke Jepang ngikut2 metode Judo-nya Jigoro Kano sih, sampai2 gi dan model obi ditiru2. Maklum, biar gampang diterima, orang Jepang kan rada jijay gituh sama barang luaran, apalagi dari Okinawa, daerah udik :D Jadi ya model karate Jepang itu ngikutin model Judo, yaitu untuk masal, gitu loh. :D

f4iz

  • Guest
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #5 on: 27/11/2007 22:16 »
Ada yg begitu, ada pula yang dipelajari dari warga Jepang yang tinggal di Indonesia, misal pedagang atau tentara Jepang.
Salam Mas..
Jadi pada garis besarnya Karate yg dibawa ke Indonesia adalah Karate dari Japan Mainland ya ?
Quote
Soalnya dulu si Gichin Funakoshi waktu bawa karate ke Jepang ngikut2 metode Judo-nya Jigoro Kano sih, sampai2 gi dan model obi ditiru2. Maklum, biar gampang diterima, orang Jepang kan rada jijay gituh sama barang luaran, apalagi dari Okinawa, daerah udik :D Jadi ya model karate Jepang itu ngikutin model Judo, yaitu untuk masal, gitu loh. :D
Hehehe..iya bener juga ya, soalnya kalo liat pakaian karateka aslinya cuman make celana pendek doang..malah kadang-2x cuman make kancut ala sumo.
Ada yg cerita bahwa sebenarnya Gichin Funakoshi bukan karateka yg terbaik. Choki Motobu sebenarnya lebih menguasai Karate tetapi karena dia tidak bisa berbahasa Jepang dgn bener dan gak bisa marketing Karate akhirnya enggak sesuksi Gichin Funakoshi dalam menyebarkan Karate di Jepang. Bener enggak cerita itu ?

Wasalam,
FD

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #6 on: 13/12/2007 19:43 »
Salam Mas..
Jadi pada garis besarnya Karate yg dibawa ke Indonesia adalah Karate dari Japan Mainland ya ?

YA gitu dech...

Quote
Hehehe..iya bener juga ya, soalnya kalo liat pakaian karateka aslinya cuman make celana pendek doang..malah kadang-2x cuman make kancut ala sumo.
Ada yg cerita bahwa sebenarnya Gichin Funakoshi bukan karateka yg terbaik. Choki Motobu sebenarnya lebih menguasai Karate tetapi karena dia tidak bisa berbahasa Jepang dgn bener dan gak bisa marketing Karate akhirnya enggak sesuksi Gichin Funakoshi dalam menyebarkan Karate di Jepang. Bener enggak cerita itu ?

Bisa jadi, bisa tidak, tapi faktor bahwa taktik Gichin Funakoshi mendompleng Kodokan Judo sangatlah terbukti efektif dalam menyebarkan karate. Jadi kalo IMO mah yang mantaf tenan itu organisasi Kodokan Judo :D

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
13 M/S
« Reply #7 on: 17/12/2007 08:55 »
Salam kenal

Mo tanya dong

Katanya kalau udah bisa menyerang dengan kecepatan 13 Meter dalam satu detik dalam belajar karate berarti dia sudah menguasai karate , betul ndak ya ? memakai alat ukur apa ya ngukurnya ? adakah rumus tercepat mencapainya?

Maaf kebanyakan tanyanya?

hormat saya,

Agungp

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #8 on: 17/12/2007 16:09 »
Mo tanya dong
Katanya kalau udah bisa menyerang dengan kecepatan 13 Meter dalam satu detik dalam belajar karate berarti dia sudah menguasai karate , betul ndak ya ?
@mas AgungP
13 meter itu dalam pengertian serangan garis lurus atau total jarak langkah?


sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #9 on: 17/12/2007 16:32 »
Mas Java,
itu yg dimaksud adalah kecepatan serangan (v) = 13m/detik, jadi tak tergantung jaraknya.
Salam
Chandrasa

sola_ical

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #10 on: 04/01/2008 10:26 »
halo, semua, aq perna ikut karate (LEMKARI) sekitar 3 taun, tapi kenapa sang simpai tidak perna ngajari TD, seperti yg disilat, sebenarnya TD di karate bentuknya seperti apa,

f4iz

  • Guest
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #11 on: 04/01/2008 10:46 »
halo, semua, aq perna ikut karate (LEMKARI) sekitar 3 taun, tapi kenapa sang simpai tidak perna ngajari TD, seperti yg disilat, sebenarnya TD di karate bentuknya seperti apa,
Salam Mas..
LEMKARI itu aliran Karatenya apa sih ?
Kalau INKAI kan kalo gak salah Shotokan ya ?!
Setau saya di Karate diajarin juga pengolahan KI. Tergantung sih aliran Karatenya.
Spt. di INKAI saya dulu ikutan waktu masih SMP utk tingkatan saya (hijau) gak diajarin. Tapi kali tingkatan Shodan keatas diajarin.
Kalau di Goju Ryu, Sanchin itu diajarin dari awal. Tingkat awal yg diajarinnya adalah gerakannya. Kata itu dilatih terus sampai tingkat tinggi. Semakin naik tingkatannya semakin besar fokus kepengolahan pernafasannya. Latihan sanchin itu disamping utk beladiri juga pengolahan KI.
Di Kyokushin juga Sanchin diajarin ditingkat 2 ato 3 ya saya lupa.
Segitu aja sih saya taunya :)
Salam,
Faiz

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #12 on: 04/01/2008 17:20 »
Numpang ikutan ya?

Bukannya saya tau dan kenal semua aliran dan gaya karate. Ini cuma curi
dengar dan baca dari berbagai sumber ketika dulu pernah latihan karate.

Revolusi dunia bela diri di Jepang dimulai oleh Jigoro Kano, Bapak Judo modern.
Singkat cerita, beliau prihatin dengan makin tenggelamnya bela diri tradisional
Jepang dan bertekad untuk membawanya ke kiprah yang lebih modern agar bisa
diterima oleh generasi muda dan masyarakat yang sudah bergerak ke arah
modernisasi.

Beliau mensintesa beberapa aliran Jujutsu klasik, menciptakan pola latihan yang
terstruktur dan aman, menerapkan manajemen modern, sehingga jadilah judo.

Gichin Funakoshi melakukan hal yang sama dengan beladiri Okinawa (yang waktu
itu namanya masih bervariasi), maka jadilah Karate-Do.

Karate di Indonesia memang didominasi oleh versi modern yang diimpor dari
Jepang mainland.

Saya sendiri tidak melihat ini sebagai kekurangan, melainkan hanya perbedaan.
Bila dulu karate dan Judo tidak merubah diri, mungkin kedua ilmu klasik itu sudah
punah sekarang. Adapun bentuk modern-nya yang menurut sebagian orang
lebih 'tumpul' dari versi aslinya, buat saya telah berfungsi sebagai alat yang baik
untuk mempertahankan ketertarikan generasi muda pada beladiri. Selebihnya
tentu ada sebagian (kecil?) dari generasi muda yang akan tertarik untuk
menggali dan mempertahankan yang versi klasik. Daripada hilang sama sekali.

Saya sendiri melihat sepertinya revolusi yang sama sedang terjadi di dunia
pencak silat. Mohon dikoreksi kalau keliru.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #13 on: 04/01/2008 17:26 »
Apakah ada tenaga dalam di Karate?
Tergantung tenaga dalam macam apa yang dimaksud.

Memang benar bahwa karate mengenal istilah "Ki", tapi yang saya tahu, kata ini
adalah terjemahan generik untuk tenaga, kalau dalam bahasa Indonesia "Ki" ini
lebih cocok diterjemahkan sebagai "semangat". Misalnya, seorang Ibu akan
menyuruh anaknya banyak berolahraga supaya "Ki"-nya tetap terjaga. Orang
yang mukanya kelihatan selalu bersemangat disebut memiliki "Ki" yang kuat, dan
semacamnya.

Karate tidak memiliki pola latihan yang sifatnya esoterik untuk melatih "Ki",
seperti yang kita bayangkan di Indonesia mungkin menggunakan semacam
pernafasan, rapalan atau sejenisnya.

Salah satu contoh latihan "Ki" yang dikenal dalam karate misalnya melontarkan
pukulan terus menerus sebanyak entah berapa ribu kali sampai pukulan kita
menjadi ringan. Buat saya sendiri ini adalah latihan anaerobik yang bagus.

Latihan Sanchin memang dipercaya mengembangkan "Ki", tapi kelihatannya
masih masuk dalam "Ki" yang kita sebut di atas. Sanchin adalah jurus yang
diadaptasi dari Sam Chien milik Kungfu Go Cho Kun, yang fokusnya adalah
pengerasan tubuh dan penguatan otot (dalam ilmu olahraga modern disebut
latihan isometrik).

Semoga bisa membantu. Maaf kalau saya belum banyak mendengar tenaga
dalam karate yang mirip dengan tenaga dalam yang kita kenal di Indonesia.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

sola_ical

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #14 on: 09/01/2008 07:46 »
LEMKARI itu dari aliran sotokan,
mungkin lebih bagus klu KI di karate digolongkan kedalam tenaga Fisik, karna melati shancin untuk kekuatan nafas, kan nafas untuk menghasilkan kekuatan fisik, karna sejak aku jasi anggota karate sang simpai (uda DAN II) tidak perna ada peragaan seperti TD disilat yg bnyak sekali aplikasinya, 

 

Powered by EzPortal