+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Sekilas Karate Club di JAkarta  (Read 28548 times)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #15 on: 09/01/2008 13:29 »
Yang menarik adalah beberapa pihak menyatakan bahwa pertunjukan tameshiwari (pemecahan benda keras) adalah bukti bahwa karate menggunakan tenaga dalam.

Padahal... ya nggak lah :D

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #16 on: 10/01/2008 11:51 »
Itu dia ya? Saya sendiri rancu sebenarnya definisi tenaga dalam itu apa...
Ada beberapa perguruan silat yang memecahkan batang pompa dan mengatakan
itu sebagai bagian dari tenaga dalam.

Memang pertunjukan pemecahan semacam itu tidak bisa dilakukan tanpa
latihan (dan yang tidak terlatih sebaiknya tidak mencoba di rumah), tapi latihan
yang diperlukan setahu saya murni terletak pada pelatihan koordinasi gerakan.

Kita lanjut di forum tenaga dalam ya?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

f4iz

  • Guest
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #17 on: 10/01/2008 12:16 »
LEMKARI itu dari aliran sotokan,
mungkin lebih bagus klu KI di karate digolongkan kedalam tenaga Fisik, karna melati shancin untuk kekuatan nafas, kan nafas untuk menghasilkan kekuatan fisik, karna sejak aku jasi anggota karate sang simpai (uda DAN II) tidak perna ada peragaan seperti TD disilat yg bnyak sekali aplikasinya, 
Salam Mas..
Saya kira KI itu termasuk tenaga dalam ya karena istilahnya sama dgn Qi ato Chi.
Dan kalo diliat latihan sanchin pada awalnya memang latihan pernafasan dan pengerasan badan. Tetapi itu dilatih sebagai fondasi utk membangun tenaga dalam kali ya ?
Dari latihan Sanchin dan Ibuki ada karateka-2x yg bisa menjatuhkan orang pas mukul walau orang tsb. hanya kena poles ato bahkan tidak menyentuh.
Ada juga karateka yg dari hasil latihan bertahun-2x mampu mengetahui serangan sebelum diserang.
Jadi saya kira Ki itu tenaga dalam sih (life force) yg bisa dibangkitkan melalui berbagai cara ya kalo dikarate melalui Sanchin dan Ibuki.
Bukan ya ? Kayaknya ntar lagi ditransfer ke bagian thread Tenaga Dalam diskusinya :)
Wasalam,
Faiz

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #18 on: 11/01/2008 10:59 »
Dari latihan Sanchin dan Ibuki ada karateka-2x yg bisa menjatuhkan orang pas mukul walau orang tsb. hanya kena poles ato bahkan tidak menyentuh.
Ada juga karateka yg dari hasil latihan bertahun-2x mampu mengetahui serangan sebelum diserang.

Sulit juga dikatakan seperti itu. Soalnya di aikido, misalnya, yang notabene senang sekali menunjukkan bisa menjatuhkan orang hanya dengan moles dikit atau bahkan tanpa menyentuh, banyak instruktur2 utama yang mentah2 menolak bahwa ada faktor supernatural dalam aksi2 aikido.

Walau ada juga sih yang mengaku2 itu ilmu supernatural.

Jadi itu debatable lah, tergantung keyakinan anda saja.

Yang jelas, seorang Don Angier, soke Yanagi-ryu Aiki Bugei, terang2 mengatakan, "Aiki is BULLSHIT!" Padahal ilmu dia adalah aiki arts. komentar itu dikeluarkan dalam konteks bahwa aiki itu murni body mechanics, tidak ada unsur supernatural.

f4iz

  • Guest
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #19 on: 11/01/2008 12:17 »
Salam Mas,
Iya tergantung dari segi mana meliatnya memang.
Ada yg percaya ada yg enggak. Temen saya ada yg enggak percaya ama gitu-2x, menurut dia segalanya berdasarkan penjelasan yg logs. Spt. ilmu meringankan tubuh menurut dia cuman anatomi tubuh aja yg dimanipulasi tetapi berat badan tetep sama. Juga menurut dia Iron Shirt itu murni latihan fisik digebuk terus-2xan sampe akhirnya jadi kuat dan tahan pukulan.
Ada juga temen saya yg pesilat, dia kirain dulu di Karate dan Aikido, enggak ada tenaga dalam. Tetapi pas dia ada kesempatan kenegara tempat asalnya ternyata dia melihat tekhik-2x tenaga dalam diperagakan.
Ya kembali lagi jadi tergantung :)
Ngomong-2x..ini ada saya nemuin di youtube pelatih Aikido sensei Hakim. Menurut rekan-2x itu tenaga dalam bukan ato tekhnik fisik aja ? Kalo gak salah menurut Sensei Hakim katanya dia enggak latihan khusus tenaga dalam cuman latihan Aikido aja.

Wasalam,
Faiz


Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #20 on: 15/01/2008 11:36 »
Terusin sini aja deh... tenaga dalamnya masih sibuk ...  ;D

Dari latihan Sanchin dan Ibuki ada karateka-2x yg bisa menjatuhkan orang pas mukul walau orang tsb. hanya kena poles ato bahkan tidak menyentuh.

Itu memang manfaatnya melakukan sebuah serangan balik persis ketika lawan sedang
menyerang kita (sen). Pada saat sebuah serangan mencapai puncaknya, ada bagian
tubuh tertentu yang menegang sementara lainnya mengendur. Pada kondisi ini, sebuah
sentuhan ringan bisa membuat shock luar biasa di tubuh penyerang, tapi butuh presisi
dan timing yang luar biasa. Sangat tidak praktis dan jarang ditemukan dalam kenyataan.

Ada juga karateka yg dari hasil latihan bertahun-2x mampu mengetahui serangan sebelum diserang.

Ini adalah hasil dari berkembangnya persepsi. Seorang yang terbiasa berhadapan
dengan perkelahian akan bisa melihat tanda-tanda datangnya sebuah serangan,
misalnya dari gerakan kecil di pinggang lawan, gerakan kelopak mata, atau hal-hal
lainnya. Jadi bukan karena berkembangnya indra keenam.

Dalam karate (dan bela diri Jepang pada umumnya), reaksi menghadapi serangan dibagi
tiga:

1. sen-no-sen
Menyerang sebelum serangan datang. Di sini kemampuan membaca serangan lawan
sebelum benar-benar dilancarkan sangat penting.

2. sen (te)
Menyerang pas saat serangan datang.

3. Go-no-sen
Menyerang setelah serangan datang, misalnya bereaksi dengan tangkisan atau elakan.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #21 on: 15/01/2008 12:08 »
Quote from: DasaMan
Sulit juga dikatakan seperti itu. Soalnya di aikido, misalnya, yang notabene senang sekali menunjukkan bisa menjatuhkan orang hanya dengan moles dikit atau bahkan tanpa menyentuh, banyak instruktur2 utama yang mentah2 menolak bahwa ada faktor supernatural dalam aksi2 aikido.

Walau ada juga sih yang mengaku2 itu ilmu supernatural.

Dengan berbagai alasan dan kepentingan, Mas Dasaman, betul.
Walaupun ada juga yang memang karena kepercayaan agama mereka atau cara pandang
budaya.

Quote from: DasaMan
Jadi itu debatable lah, tergantung keyakinan anda saja.

Yang jelas, seorang Don Angier, soke Yanagi-ryu Aiki Bugei, terang2 mengatakan, "Aiki is BULLSHIT!" Padahal ilmu dia adalah aiki arts. komentar itu dikeluarkan dalam konteks bahwa aiki itu murni body mechanics, tidak ada unsur supernatural.

Saya sendiri cenderung setuju sama Pak Don ini...

Quote from: godam
Ada juga temen saya yg pesilat, dia kirain dulu di Karate dan Aikido, enggak ada tenaga dalam. Tetapi pas dia ada kesempatan kenegara tempat asalnya ternyata dia melihat tekhik-2x tenaga dalam diperagakan.
Ya kembali lagi jadi tergantung

Aikido memang punya banyak demonstrasi yang mengesankan adanya kekuatan supra-
natural... tapi jujur saja, tanpa mengurangi hormat kepada teman-teman yang percaya
pada tenaga dalam Ki di Aikido, saya melihat semua itu sebagai trik. Bukan tipuan ya?
Saya bedakan antara trik dengan tipuan.

Misalnya yang terkenal adalah 'unbendable arm', yaitu tangan yang direntang dan tidak
bisa dibengkokkan oleh orang lain, padahal yang merentang tangan kelihatan tidak
mengeluarkan tenaga sama sekali. Buat saya itu adalah hasil dari pemahaman konstruksi
tubuh sehingga dengan tenaga minimal bisa mempertahankan posisi tangan agar tetap
terentang.

Quote from: godam
Ngomong-2x..ini ada saya nemuin di youtube pelatih Aikido sensei Hakim. Menurut rekan-2x itu tenaga dalam bukan ato tekhnik fisik aja ? Kalo gak salah menurut Sensei Hakim katanya dia enggak latihan khusus tenaga dalam cuman latihan Aikido aja.

Itulah salah satunya. Ini kan mirip banget dengan tenaga dalam pernafasan yang
mental-mentalan itu... sampai sekarang masih debatable tentang keberadaannya.

Hakim Sensei yang saya tahu memang meguru ke berbagai aliran aikido, yang beberapa
diantaranya bukan aikido standar. Jadi mungkin saja beliau sebenarnya belajar juga
jenis aikido yang dicampur dengan semacam tenaga dalam kayak yang banyak ada di
Indonesia.

Terus-terang, sampai sekarang saya belum bertemu dengan tenaga dalam semacam itu
yang bisa berfungsi terhadap orang yang belum pernah belajar. Saya contohnya, meski
sudah coba latihan selama beberapa tahun, belum juga bisa mementalkan dan dimentalkan
oleh demonstrasi macam itu...

Bukannya skeptis, ya? Saya pingin sekali kenalan dengan tenaga dalam yang sungguhan,
tapi sampai sekarang belum ketemu...  :-\
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #22 on: 15/01/2008 12:14 »
..Jadi mungkin saja beliau sebenarnya belajar juga jenis aikido yang dicampur dengan semacam tenaga dalam kayak yang banyak ada di Indonesia.
Salam...
Betul, Aikido saat ini memang banyak "macam"-nya, karena murid-murid O-Sensei yang menyebarkan Aikido mempunyai keistimewaan sendiri-sendiri. Aikido "keras" macam Aikido Steven Seagal disebarkan oleh Kenji Tomiki. Kalau Aikido yang lebih menekankan "tenaga dalam" (atau "ki"), disebarkan oleh Koichi Tohei, dan nama alirannya adalah "Shin-Shin Toistu" Aikido.

CMIIW

Salam...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #23 on: 15/01/2008 14:39 »
Waduh, sayangnya tidak begitu Mas Basuki,

Steven Seagal belajar aikido di bawah bimbingan Sensei Rod Kobayashi di tahun
1958. Kobayashi adalah guru besar aliran Shin-Shin Toitsu, aliran pertama yang
merambah Amerika. Baru belakangan Seagal beralih ke Honbu dan mendapat
gelar guru besar.

Adapun soal tenaga dalam, Shin-shin Toitsu memang menekankan pengembangan
Ki. Tapi seperti saya tulis di atas, berbeda sekali dengan tenaga dalam yang kita
kenal di Indonesia, dan demonstrasinya menurut hemat saya merupakan trik
dari hasil pemahaman dan penguasaan postur tubuh yang sangat baik.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #24 on: 15/01/2008 20:38 »
Salam Mas Antara,
Rupanya, kita berdua sama-sama benar dalam membaca informasi yang tersebar. Mas Antara benar bahwa Sensei Steven Seagal berguru kepada Rod Kobayashi yang merupakan salah satu guru besar Shin-Shin Toitsu Aikido. Saya juga benar mengatakan bahwa Shin-Shin Toitsu Aikido disebarkan oleh Shihan Koichi Tohei. Disebarkan dalam artian, Shihan Koichi Tohei mendirikan Aikido "gaya" beliau. (http://en.wikipedia.org/wiki/Shin_Shin_Toitsu_Aikido).

Setelah balik ke Honbu, Sensei Seagal belajar lagi Aikikai (Aikido "ala" Doshu Morehei Ueshiba) yang sepertinya mendapat pengaruh dari Shihan Kenji Tomiki. Mengapa saya bisa mengatakan demikian, karena saya melihat "gaya" Aikido Sensei Steven Seagal di film kebanyakan mirip sekali dengan Tomiki Aikido, yang "keras" dan "mematikan". Pada masa itu, Shihan Kenji Tomiki kemungkinan besar masih di Aikikai Honbu.

Maaf Mas Antara, saya bukannya mau ngeyel, tapi sekedar menyampaikan apa yang saya pernah baca-baca. Mohon dikoreksi kalau saya salah mengerti. Terima kasih.

Sensei Steven Seagal: http://en.wikipedia.org/wiki/Steven_Seagal
Shihan Kenji Tomiki: http://www.aikidojournal.com/encyclopedia.php?entryID=704

Jabat erat...

p.s. Saya dulu pernah kenal dengan cucu murid Doshu Morehei Ueshiba dari Doshu Kissomaru Ueshiba. Sayang sekali, sekarang lost contact...  :-\

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #25 on: 16/01/2008 10:59 »
Sedikit tambahan catatan mengenai Kenji Tomiki, beliau adalah mantan judoka tingkat tinggi dibawah asuhan Jigoro Kano. Juga, Kenji Tomiki adalah pengarang kata Judo Goshin-jutsu, yang nampak sedikit membawa pengaruh gerakan Aikido ke dalam Judo sebagai materi self-defense.

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #26 on: 16/01/2008 11:41 »
Waduh, kita jadi ngegosipin Aikido nih? :D

Terima kasih atas tanggapannya Mas Basuki,

Saya sendiri tidak tahu pasti apakah Steven Seagal belajar di bawah bimbingan
Tomiki Sensei atau tidak, hanya saja saya melihat bahwa yang dimainkan Seagal
pada film-filmnya (paling tidak yang awal-awal, saya sudah bertahun-tahun
tidak belum ke bioskop lagi) adalah murni gaya Honbu. Tentu saja ada variasi di
sana-sini untuk kepentingan konsumsi hiburan penonton, tapi tidak mengarah ke
gaya Shodokan (Tomiki).

Saya perhatikan bahwa Seagal sebenarnya menggunakan teknik Aikido yang
wajar, hanya saja ada efek-suara yang mengesankan seolah-olah dia sedang
mematahkan lengan atau jari, padahal tekniknya belum diterapkan sampai
sejauh itu. Ada beberapa adegan yang putaran film-nya dipercepat, sehingga
terlihat seolah sedang melempar orang dengan kecepatan tinggi dan mematikan;
padahal bagi orang yang terbiasa melihat latihan Aikido jelas bahwa pose yang
dilakukan Seagal adalah untuk ruang sempit dan kecepatan rendah. Misalnya
adegan ketika dia menerapkan Shiho-Nage di dapur kereta dalam Under Siege-2,
adegannya jadi aneh (saya sering dikritik istri kalau terlalu kritis kalau nonton
film, katanya seharusnya saya duduk dan menikmati saja, ha..ha..ha..). ;D

Setahu saya, Shodokan bukan aliran keras, misalnya kalau dibandingkan dengan
gaya Yoshinkan. Hanya saja, Tomiki Sensei memiliki latar belakang Judo dan
menerapkan prinsip berlatih Judo dalam Aikido (beliau pencipta Kata Goshin yang
dijadikan standar Kata oleh Kodokan Judo). Kita bisa mengenali gaya Shodokan
dari praktek mereka yang cenderung mirip stand-up grappling (Judo pada tahap
Tachi). Seagal jelas tidak menggunakan gaya ini dalam filmnya, karena
perkelahiannya akan terlihat seperti betot-betotan yang -meskipun realistis-
tidak enak dipandang.

Jabat erat juga. :)
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #27 on: 16/01/2008 11:44 »
Waduh... Goshin-No-Kata nya keduluan sama Mas Dasaman...  x-)) jadi malu...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #28 on: 16/01/2008 12:41 »
Pak Moderator,
boleh minta tolong beberapa posting ini dibuatkan thread baru di bawah Aikido? Diskusinya bagus dan menarik nih...
Terima kasih sebelumnya.

Salam...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Sekilas Karate Club di JAkarta
« Reply #29 on: 16/01/2008 14:21 »
Waduh... Goshin-No-Kata nya keduluan sama Mas Dasaman...  x-)) jadi malu...

Goshin-no-kata mah adanya di Shodokan Aikido pak, tepatnya koryu goshin-no-kata namanya. Saya punya bukunya, karangan Higashi. Sayang keterangannya kurang jelas, cuma banyak fotonya saja :(

Kalo yg Judo namanya Goshin-jutsu.

 

Powered by EzPortal