+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)  (Read 22906 times)

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #45 on: 30/01/2008 07:23 »

Ada yg bisa jelasin gak kalo Silek Harimau Minangkabau salah satu tekhnik silat di perguruannya Pak Edwel ato emang perguruannya seluruh tekhniknya Harimau ?
Maksud saya, apakah perguruannya mengajarkan teknik-2x silek minangkabau yg lain spt. Silek Starlak,Lintau, Kumango, Buayo, dsb ato hanya khusus Harimau saja ?

Mas Faiz,

Datuk pernah belajar dan menguasai bbrp aliran silek Minang lain seperti Silek Tuo, Kumango, Sunua, Sitaralak, Pakiah Rabun dan Kuciang (yg lumayan langka). Sejauh ini, yg pernah diajarkan ke murid2nya di Jakarta baru Silek Tuo dan Harimau. Nah apakah beliau mau mengajarkan yg lainnya, saya juga belum tau. Kadang2 banyak pesilat belajar berbagai macam aliran selama masa pencariannya, ujung2nya hanya 1 atau 2 aliran yg menjadi pegangan dan dapat diajarkan ke orang lain. Dan lagi saat ini beliau belum memiliki perguruan yg resmi, seperti layaknya guru silat tradisional lainnya hehehe.....

Salam.....

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #46 on: 30/01/2008 08:02 »
...Kadang2 banyak pesilat belajar berbagai macam aliran selama masa pencariannya, ujung2nya hanya 1 atau 2 aliran yg menjadi pegangan dan dapat diajarkan ke orang lain.
Salam...
Masalahnya Da, kalo orang udah jago, ga perlu banyak begerak, lawan udah keok duluan sebelum make semua ilmunya. So, satu atau dua gebrak saja udah cukup.  ;D Nah, "jurus pamungkas" inilah yang kemudian diturunkan atau diajarkan, karena sudah "terbukti ampuh" di lapangan. Begitu kali ya Uda Parewa?

Salam...

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #47 on: 30/01/2008 09:38 »
Dear all

sambil menunggu reportasenya

berikut ini saya sudah post beberapa pict pada saat acara diskusi silek harimau berlangsung. silahkan di sedot:

http://nagapasa.multiply.com/photos/album/22/Diskusi_Silek_Harimau_di_TMII
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

f4iz

  • Guest
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #48 on: 30/01/2008 10:31 »
Salam Hormat..
@Uda Parewa, terima kasih atas penjelasannya.
Kalau diliat spt. Baringin Sakti Pak Edward Lebe, tekhnik dari silek harimau salah satu dari beberapa tekhnik yg ada dikurikulum perguruan tsb. Perguruan tsb. ada tekhnik-2x dari Kumango, Starlak, Buayo, dan beberapa aliran minang lainnya.
Saya penasaran kalau Silek Harimau yg diajarkan oleh Datuk fokus di Harimau atau berupa campuran dari beberapa silek Minang.
Kalau dari penjelasan Uda kayaknya dipisah-2x ya aliran-2xnya  tdk digabung maksudnya.
Terima kasih sekali lagi Da.
Wasalam,
Faiz

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #49 on: 30/01/2008 10:37 »
betul bung godam,

memang di baringin sakti hampir bisa di pelajari semua aliran silek minang yang ada. makanya SMI (satria muda indonesia) sebagai salah satu perguruan yang berakar dari Baringin sakti mengenal semua silek ini

ok ini satu lagi video acara silek kemarin

http://nagapasa.multiply.com/video/item/21/Silek_Harimau_di_Diskusi_Silat_Tradisional
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #50 on: 30/01/2008 11:01 »
Assalamu 'alaikum wr. wb.

Acaranya T.O.P. banget! Thanks to FP2STI yang sudah bikin gebrakan awal tahun yang keren abiezz...  [top]

Kalo boleh saran, tiap ada acara beginian panitya bikin attendance list biar jelas makhluknya, sekalian tuntut kontribusinya untuk program kerja 2008.  ;)

Wassalam,
TP

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #51 on: 30/01/2008 11:46 »
@Mas Faiz,
Betul, berdasarkan beberapa kali diskusi dg Datuak, beliau memiliki pandangan untuk tetap mempertahankan keaslian masing2 aliran dan tidak berusaha menggabungkan aliran2 silat yang pernah dipelajari. Saya rasa hal itu merupakan suatu tekad yg perlu kita dukung...... [top]

@Mas Don,
hehehehe.... mau juga sih kayak gitu, cuman belajar inti2nya aja.... x-)) ::)
Tapi kalau kita perhatikan silat2 tradisional, rata2 jurusnya tidak banyak, singkat dan sederhana. Contohnya seperti Cikalong, hanya 10 jurus dan 3 pancer yg kalau dilihat sekilas sangat mudah. Juga Sabandar, kalau gak salah cuman 5. Dan hasil 'penemuan' beberapa Sahabat Silat kita yg menelusuri Cingkrik, ternyata jurus2 Cingkrik dulunya gerakan2 sederhana sepotong2 sebelum diberi 'variasi' oleh penerusnya. Satu hal lg yg menjadi kesamaan diantara semua silat tradisional adalah harus selalu berpasangan dalam latihan agar 'rasa' terbentuk sehingga secara refleks mampu men'translate' jurus2 sederhana tersebut menjadi efektif dalam keadaan sebenarnya.

@Mas Taufan,
Usulnya diterima......[top] terima kasih.... dan anda ditunggu partisipasi aktifnya... hehehe.....

Salam.


Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #52 on: 30/01/2008 12:14 »
Setuju, Ke depan memang setiap ada event kumpul kumpul mestinya di absen biar bisa saling kenal :P, dan bagiin absensi sama kenalan :)
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #53 on: 30/01/2008 12:50 »
Kalau saya lihat2 di video, banyak gerakan yg mirip dgn silat yg saya pelajari skr ini. Saya rasa PD sbg aliran silat yg relatif muda memang banyak dipengaruhi oleh2 Silat2 yg ada sebelumnya, termasuk yg dr Sumatra.
@mas Chandrasa
Betul sekali. Banyak jurus-jurus yg diperagakan tempo hari sangat mirip dg tehnik-tehnik perguruan sampeyan. Hal itu tdk aneh krn perndiri PD memang mempelajari silat yg bersumber dari Minangkabau termasuk silat harimau. Sebagai penghormatan dan khasanah ilmu PD dibuatlah rangkaian "Tehnik Asli Minangkabau" serta "Tehnik Asli Harimau". :D

Rasa sampeyan memang benar bahwa satu diantara sumber ilmu PD adalah silat dari Ranah Minang, saya sudah membuktikan sendiri. [top]

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #54 on: 30/01/2008 13:23 »
Makasih mas Java atas penjelasannya,
sekarang saya jadi tahu kenapa saya sangat tertarik melihat silat2 (Silek) yg berasal dr Minangkabau, selain memang karena saya suka latihan "Teknik Kombinasi Minangkabau" dan "Teknik Asli Harimau" dari PD tentu saja. GRP buat anda  [top].

Salam
Chandrasa

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #55 on: 30/01/2008 14:25 »
Ada yang pake jurus maut "kura-kura dalam perahu"... kena deh mas Java  [lucu]

Wassalam,
TP

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #56 on: 30/01/2008 15:05 »
Ada yang pake jurus maut "kura-kura dalam perahu"... kena deh mas Java  [lucu]

Ha....ha....ha....anak-nak PD di ss memang sableng, suka main ping pong. :D

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #57 on: 22/02/2008 09:31 »
Woro-woro....pengumuman..pengumuman...

Menurut Informasi yang bisa dipercaya
dari sumber yang dapat dipercaya...

Kegiatan Diskusi SIlek Harimau kemarin ini akan diliput di koran tempo;
SATU HALAMAN PENUH !, yang akan terbit pada:

hari       : ahad (minggu)
Tanggal : 2 Maret 2008

So, jangan lupa BELI ya ..BELI korannya..
ya itung-itung ikutan bantu pelestariaan pencak silat tradisonal..lebih bagus lagi kalo mau kasih tanggapan ke redaksi Tempo baik dalam bentuk tulisan maupun telpon ttg Silek Harimau ini ..

hidup silek !!!

tabik,
S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #58 on: 22/02/2008 13:16 »
Makasih mas Sosro,
bisa gak cut & paste dr Artikel tersebut? Biar kita yg gak ada kesempatan beli majalah bisa ikut menikmati?

Salam
Chandrasa

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Diskusi Silat Januari - Silek Harimau (Minangkabau)
« Reply #59 on: 07/08/2009 01:59 »
Makasih mas Java atas penjelasannya,
sekarang saya jadi tahu kenapa saya sangat tertarik melihat silat2 (Silek) yg berasal dr Minangkabau, selain memang karena saya suka latihan "Teknik Kombinasi Minangkabau" dan "Teknik Asli Harimau" dari PD tentu saja. GRP buat anda  [top].

Salam
Chandrasa


Salah satu contoh peragaan Teknik Minangkabau dalam Perisai Diri :

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=GzRFzPCZs9I[/youtube]

Jangan diketawain ya Mas kalau terlalu banyak slowmotion-nya.

 

Powered by EzPortal