+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com


Author Topic: Wisata Maenpo cianjur  (Read 11151 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #15 on: 15/05/2007 09:34 »
menunggu selanjutnya, ceritera dan pencerahan-pencerahan
dari sahabat silat semuanya...

mana neh share  nya..

please ???

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #16 on: 15/05/2007 11:04 »
Info tambahan lagi nih, sebagai dampak lanjutan dari wisata silat kita. Tim dari BBC dg didampingi oleh meneer O'ong, Pak H. Aceng dan Pak H. Aziz  Senin kemaren berkeliling2 di Cianjur. Insya Allah BBC akan membuat semacam documentary ttg Maenpo Cianjur..... kita doakan semoga lancar dan sukses....

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #17 on: 15/05/2007 12:50 »
Pagi ini, setelah bebarapa hari dalam kegelisahan yg tak kumengerti..
tiba-tiba muncullah "sesuatu" yg memang sangat aku tunggu.. pencerahan... Alhamdulillah

aku tergambar kembali bagaimana "kharisma" dan "perbawa" dari para sesepuh Maen-Po
semua bagaikan filem yang berputar melingkar-lingkar di benakku, menggelora di hati..
dan terbayang juga akan "kharisma" dari Guru Gadang Silek Kumango..

akhirnya, pagi tadi terjadi ledakan pada diriku,
layaknya Archimedes berteriak Eureka...
sementara aku... mengucap Alhamdulillah...

benang merah antara Gerak Sabandar dan Silek Kumango telah muncul di gambaranku.

lalu aku coba ikuti gambaran2 itu dalam gerak Silat,
ternyata... Gerakanku dahulu yg lebih terfokus pada "pengolahan tenaga"
menemukan bentuk aselinya lagi pada gerak kelincahan fisik untuk jalannya tenaga..

pertama aku lakukan gerak tersebut kemudian kurasakan terjadinya benturan dan kejanggalan
lalu, secara mengejutkan muncul gambaran pembetulan..

akhirnya bertemulah aku dengan  suatu gerakan dinamis yg benar-benar pas..

dan itu ternyata menjadi gerak utama untuk perkelahian, dalam bentuk jurus tunggal..
dengan sifat sekali bergerak, antisipasi serangan selesai.. :)

kini , aku berniat untuk mengerjakan PR itu agar menyatu pada diri
agar dia menjadi "sanalika"  8)

terima kasih :)

di share atuh ki jurusnya :)
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

pendekar

  • Guest
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #18 on: 16/05/2007 10:43 »
Quote
Sedikit kritik dan saran untuk kasus ini, Meski engak ditujukan pada panitia melainkan pada orang cianjur.

1. Cikalong adalah Style bukan perguruan, Penempelan lambang perguruan di situs situs cikalong hanya merusak kondisi situs dan menyebabkan ke tidak harmonisan silaturahmi antara aliran aliran yang ada yang bersumber dari Mama H. Ibrahim. dan tidak ada satu perguruan pun berhak mengclaim apalagi merubah kondisi situs atas nama perguruan.

Banar seharusnya ada musyawarah dahulu

Quote
2. Pembuatan pagar, dan prasasti yang asal asalan dan tergesa gesa hanya menyebabkan kondisi situs semakin memprihatinkan. sehingga mulut gua jelebud pun semakin sempit dan rusak

Iya tuh kok kayaknya ingin pamer sih, atau ada niat baik lain? yg kita nggak tau

Quote
3. Karena Situs Aliran cikalong adalah salah satu asset warga cianjur maka menurut saya yang layak menjaganya dan memiliki dasar hukum yang kuat hanyalah pihak Pemda Cianjur bukan ada di tangan perguruan silat apalagi hanya dilakukan oleh satu perguruan silat.
Mantap, bener2 itu kang...


Quote
4. Sebagai mana kondisi maenpo yang semakin tersingkirkan maka upaya upaya untuk menjaga dan melestarikan situs dan cagar budaya hendaklah menjadi tugas bersama baik itu warga sekitar maupun para pencinta silat tradisional

Quote
5. Hendaknya pemda Cianjur dapat menambil alih perawatan dan pemeliharaan situs cikalong dengan mengembalikan kondisi situs dan merawatnya sebagaimana mestinya
[/quote]

Harus dan hukumnya Wajib

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #19 on: 17/05/2007 11:18 »
wuah... capek-nya abis wisata silat.....

tapi perlu banyak yang di benahi oleh pemda cianjur kalo mau jadi model percontohan kayak desa CHEN.......

mulai dari sarana dan prasarana ke makam H. ibrahim (ci kundul) dan goa cilebut......
banyak yang perlu dibenahi apalagi "kunci kamar" yang cukup "antik"  ;D

gehan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 110
  • Reputation: 4
    • Email
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #20 on: 28/08/2007 11:49 »
kisawung foto nya keren juga?kisawung benar2 telah menjelajah kemana nih terliat dari pancaran wajah dan prawakan nya nich?kisawung di tread lain saya mendengar kata2 " SINALIKA " ITU APA CI kisawung ?trus katanya SINALIKA ILMU yang ada di mataram dan ilmu ini di peruntukan untuk Panglima dan Raja jaman mataram Tempo dulu?ki cerita pengalaman or apa gtu tentang Sinalika? thanxxxx :'(

arwin_tasik

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 1
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #21 on: 31/08/2007 13:52 »
dear sedulur-sedulur

kapan lagi ada rencana wisata seperti ini ?
bolehkah ane yng awam lagi bodoh ini ikut...?

hatur nuhun, sedulur-sedulur..

**ingin lebih mengenal & mengenang jasa para leluhur**


arwin_tasik
Aja turu sore kaki,
ana dewa nganglang jagad,
nyangking bokor kencanane,
Isine donga tetulak
ya iku bagianipun,
wong melek sabar narima
--semar badranaya--

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Wisata Maenpo cianjur
« Reply #22 on: 31/08/2007 15:55 »
Berikut barang bukti saya lampirkan

Kondisi 5 bulan yang lalu

http://i56.photobucket.com/albums/g190/kisawung1/CIMG1940.jpg

Kondisi kemarin (photo punya kisawung)

http://i56.photobucket.com/albums/g190/kisawung1/silat/luarguharsz.jpg
http://i56.photobucket.com/albums/g190/kisawung1/silat/luarguha2rsz.jpg
 
:'( Sedih hik hik hik.....


Wah iya, jelek sekali bin ngganjel di mata, Ki Sawung.

Dapatkah disadarkan Sang pendiri Tugu bahwa dia perlu belajar merawat peninggalan budaya bukan dengan membuat kerusakan di situ itu. Lha itu tugu segede itu di depan pintu gua yang kecil kan seolah tugunya lebih penting dari guanya. Adakah Pak Bupati sudah mengetahui kekhilafan rupa yang terjadi ini?

Usul saya, kalau perguruan-perguruan pewaris ingin eksis di tempat itu, buatlah prasasti yang serata tanah saja, dan jangan di posisi yang merebut pandangan mata dari obyek sesungguhnya. Kesannya rendah hati, manis dan beradab, gitu loh.

Pembuatan tugu seperti itu justru mengecilkan arti yang membuatnya, sebab sangat kelihatan kurang berpendidikan, kurang peka rasa keindahannya, dan tidak mengerti samasekali soal warisan budaya yang milik bangsa. Milik bangsa dianggepnya milik sendiri, dan tempat bernilai sejarah digunakan untuk menunjolkan diri dengan simbol phalus yang dominatif. Aduh sedih banget.

Semoga pembangun tugu yang aneh dan mengganjal itu lekas sadar, dan tidak berpikiran lebih jauh untuk main-main dengan semen dan bahan-bahan toko bangunan di dalam guanya sendiri, melainkan dengan sigap mengembalikan apa yang sudah dirusaknya menjadi seperti asalnya. Saya berdo'a demikian sebab selama ini sering saya jumpai bukti-bukti pekerjaan pihak-pihak yang maunya meng-up-grade satu peninggalan tetapi melakukannya dengan kasar, gegabah dan bodoh, tanpa mengindahkan keaslian situs, seperti, maaf, terjadi di mulut gua bersejarah ini. Amin.

Sangat prihatin,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

 

Powered by EzPortal