+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com


Author Topic: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat  (Read 54675 times)

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #45 on: 19/03/2010 19:07 »
Besok dateng bawa badan aja...heheheh
baru belajar nulis

salakman

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 29
  • Reputation: 4
  • Perguruan: Satria Muda Indonesia
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #46 on: 29/03/2010 00:45 »
Jadi gimana nih hasil liputannya? Ga sempet liat

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #47 on: 29/03/2010 09:14 »
Sahabats...
Setelah di dahului glibetan mas Duyungson yg piawai men-baledogan dewan redaksi Reader's Digest Indonesia akhirnya edisi bulan ini tampillah artikel ttg Forum (FP2STI) di kolom "Indonesiana"... ade nyang ude baca? nah kalo di scan trus dikasi link di marih makin mangstabh! [top] Ane kendiri blom sempfet bace kmr nyari di gramedia hayam wuruk kagak ade.. Tabe mas duyungson.! [top]

IMHO..ho..ho.. peliputan di media dg segmen penikmat khusus adalah salah satu strategi "mengubah" citra silat sbg MA kampungan. Contohnya Pak Edwell dg Silek Harimaunya ude nongol juga di edisi majalah Esquire bbrp bulan lalu, majalah premium sekelas Indonesia Tatler ini jelas media yg ampfuh juga buat mendongkrak pencitraan silat. Kalo ga salah ada tiga halaman liputan plus gambar yg memanjakan mata lengkap dengan tips: street defense! [top]

maju terus man-teman... yg punya koneksi media .. monggo dipake networknya..

wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

duyungson

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 174
  • Reputation: 14
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #48 on: 29/03/2010 09:28 »
@kanjeng MJ14,sebenernya malu kalo nama saya pake disebut,wong artikelnya cuma 1 halaman kecil dgn foto yg salah. Cuma saya sgt berharap artikel tsb bisa membuka jalan menggalang simpatisan wanita2 karir muda,krn agak bosan jg kalo tiap ngumpul acara forum ketemunya cowoook melulu. Hehehe..

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #49 on: 29/03/2010 10:56 »
no what-what mas Duyung.... sekalian saya olah raga nyambit GRP.... tuiiinggg...... zap-zap!!! (kayanya ude lamak adat melempar piauw GRP gak diamalkan  :-P )

wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #50 on: 29/03/2010 13:22 »
wah bagus th kalo bnyk cwenya...biar ada temennya..hehehe
baru belajar nulis

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #51 on: 29/03/2010 15:02 »
Memang sasarannya duyungson adalah kaum hawa. Maklumlah, hanya duyungson yang boleh begitu..:)...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #52 on: 29/03/2010 16:13 »
Dari aye dobel...

GRP buat usaha publikasinya...
Thank You buat rekrutmen wanita karir-nyah...  [top]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #53 on: 07/04/2010 09:04 »
Assalamu 'alaikum,

Hari Minggu kemarin pencak silat anak2 tampil mengisi acara Idola Cilik di RCTI. Nah ini nyang ane mangsud dengan Segmenting - Targeting - Positioning. Salut buat SMI  [top]

Hari Senin dilanjut dengan penampilan babe kite Tb Bambang dengan Cingkrik Goningnya di Trans 7. Sayang acaranya pagi bersamaan dengan acara bermacet ria di jalan Tol. Kalo ada yg nonton, mohon laporan pandangan matanya.

Wasalam,
TP

meonggarong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #54 on: 16/04/2010 21:36 »
halo.. saya bingung mau posting ini dimana, jadi kalo salah tempat mohon oom momod saya dibantu mindahinnya ya..

dapet kabar dr temen sy yg kerja di tv swasta trans7 (eh, boleh sebut nama stasiunnya kan?), katanya bentar lagi bakal keluar acara semodel jejak petualang gt yang membahas ttg beladiri tradisional indonesia.. mudah2an bisa memuaskan kita semua ya..

eh tapi jangan2 ini proyekannya anak SS juga ya, jadi beritanya basi? hehe, kalo memang repost, mohon saya dimaapken ya..  :-P

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #55 on: 17/04/2010 22:05 »
Sahabat Silat,
       Hari Minggu, 18 April 2010
       Jam 16:00 WIB
       TVRI Studio Jakarta atau TV 2 (channel 8 VHF, bukan TVRI Nasional)
akan disiarkan atraksi Silat Perisai Diri pada acara ANEKA MEGAPOLITAN DKI JAKARTA. Perisai Diri Pengurus Daerah DKI Jakarta, telah diminta secara mendadak untuk mengisi acara ini.
Salam
Chandrasa Sedyaleksana

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #56 on: 26/05/2010 17:41 »
yang ini bs masuk thread ini gak??

http://www.detiknews.com/read/2010/05/26/162101/1364601/159/ciaat-silat-betawi-rasa-shaolin
Detik.com Rabu, 26/05/2010 16:21 WIB

Melestarikan Silat Beksi
Ciaat! Silat Betawi Rasa Shaolin

Jakarta - Sejumlah ilmu beladiri, seperti karate, judo, taekwondo, sudah menjadi kegiatan ekstrakulikuler baik di SD, SMP dan SMU di Jakarta. Pencak silat yang merupakan kebudayaan bangsa sendiri, juga ikut menjadi kegiatan eskul. Namun rupanya, tidak semua jenis pencak silat mantap bertahan. Silat Betawi seperti Beksi, rupanya agak terseok-seok untuk maju.

"Hambatan pencak silat, seperti Beksi (pencak silat khas Jakarta) ini, kurangnya manajemen organisasi dengan baik, belum lagi soal dana," kata Ketua Umum Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi H Hasbullah, Haji Basyir, dalam obrolannya bersama detikcom di kediaman dan padepokannya di Jl KPBD, Kampung Baru, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010).

Pencak silat Beksi, lanjut Basyir, saat ini baru diajarkan di tiga sekolah, yaitu di Putra Satria, Maambaul Ulum dan SMUN 90 Petukangan, Jakarta Selatan. Beksi diharapkan bisa memasuki semua sekolah di DKI Jakarta, karena merupakan bagian dari kebudayaan Betawi.

"Tidak tertutup kemungkinan kita bisa mengajak Dinas Pendidikan agar ini dijadikan kurikulum. Tapi kita harus berbentuk lembaga hukum, seperti yayasan. Ini sedang kita rintis," terangnya.

Basyir mengakui anak muda memang kurang berminat mempelajari silat Beksi. Apalagi di Jakarta, banyak ilmu beladiri luar negeri yang baru masuk dan dianggap lebih modern misalnya saja Capoeira dari Brazil. Para guru silat Beksi pun melakukan sejumlah modifikasi dengan membuat formasi jurus, agar silat Beksi lebih mudah dipelajari.

"Kalau orang sudah tahu kegunaan atau makna jurus itu, akan lebih tertarik. Orang Swedia saja ada yang belajar, karena tekniknya tidak kalah dengan Aikido dan Jujitsu. Jurus kunciannya mematikan juga," tegasnya.

Silat Beksi adalah hasil akulturasi budaya Betawi dan China. Dahulu, penciptanya adalah Lie Cheng Oek, warga keturunan China dari Kampung Dadap, Tangerang Banten. Silat Beksi kini sudah diajarkan sekitar empat generasi, termasuk salah satu cabangnya, silat Beksi Haji Hasbullah yang merupakan murid Lie Cheng Oek. Para murid silat Beksi mencoba membangun komunikasi terutama dengan generasi tua, namun itu bukan perkara gampang.

"Orang Betawi kan adatnya, siapa elu mau ajak-ajak gue?" kata Basyir.

Basyir mengakui, orang mulai tertarik belajar silat Beksi karena ketokohan guru besar PPS Beksi H Hasbullah yang menampilkan silat Beksi dalam film 'Darah Muda' yang dibintangi Rhoma Irama. "Belum lagi adanya film Si Pitung, termasuk sinetronya di televisi, itu ada pengaruhnya juga," kata Basyir yang saat ini berprofesi sebagai pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat itu.

Sementara, Koordinator Pelatih PPS Beksi H Hasbullah, Endang (42) juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengajukan sejumlah proposal kepada seluruh sekolah yang ada di DKI Jakarta. Isinya antara lain, mengajukan agar silat Beksi bisa mendapatkan tempat sebagai pelajaran tambahan.

"Beksi, atau silat lainnya sebenarnya bisa menjadi media dakwah, pembinaan mental. Bukan berarti belajar silat, itu siswa diajarkan berantem, tawuran. Justru sebaliknya, bagaimana mengendalikan emosi dan mental. Silat itu olahraga dan seni juga," terangnya.

(zal/fay)


ronise

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 5
  • Posts: 15
  • Reputation: 12
  • Sahabat Silat
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #58 on: 11/06/2010 10:41 »
Pencak Silat Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Jakarta - Indonesia muncul di Piala Dunia. Bukan dalam bentuk tim nasional sepakbolanya, melainkan melalui perguruan silat yang ikut parade pembukaan event empat tahunan itu.

Perguruan yang dimaksud adalah Perguruan Pencak Silat Al Azhar di Afrika Selatan. Mereka dipastikan mengikuti parade pembukaan Piala Dunia yang bertajuk Mushanda Parade di Burger Park, Pretoria, Kamis (10/6). Dan dalam parade tersebut mereka rencananya akan membawa bendera Indonesia.

Mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault, pun senang mendengar hal ini. Apalagi ia sendiri mengaku, dirinya selaku pembina sudah lama mensosialisasikan olahraga pencak silat di sana.

"Jadi begini ceritanya. Sudah sejak tahun lalu saya diminta oleh pihak Afrika Selatan untuk mensosialisasikan pencak silat di sana. Saya pembina di Al-Azhar, dan saya sudah ikut dari sejak SD."

"Mereka kemudian tertarik dan minta beberapa orang pelatih. Ternyata antusiasmenya di sana cukup tinggi dan kita jadi surprise," tuturnya kepada detikSport.

Namun demikian, para pengusung bendera Merah-Putih dan mendemonstrasikan pencak silat tersebut bukanlah orang Indonesia. Toh, Adhyaksa mengaku dirinya tak bermasalah dengan hal tersebut

"Bagi saya yang penting adalah Merah-Putihnya. Dari awal saya mengatakan, penghalang dari pengabdian itu pamrih." (roz/nar)

http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/06/10/171630/1375815/439/pencak-silat-bawa-indonesia-ke-piala-dunia

Atraksi Pencak Silat Ramaikan Parade Piala Dunia Di Pretoria

Pretoria, (tvOne)

Atraksi bela diri pencak silat yang diikuti oleh para pelajar dari Sekolah Muslim Bosmont Johannesburg yang mewaliki Indonesia, ikut meramaikan acara "Parade Piala Dunia 2010" di Ibukota Pretoria, Kamis.

Parade tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pretoria dalam memeriahkan pesta Piala Dunia 2010 yang akan digelar Jumat (11/6).

Sebanyak 39 pelajar setingkat SD tersebut dipimpin oleh Ketua Asosiasi Pencak Silat Afrika Selatan, Sariat Arifia, untuk bergabung dengan delegasi dari berbagai negara yang menampilkan kebudayaan khas mereka masing-masing.

Parade tersebut digelar oleh pemerintah kota Pretoria bekerja sama dengan panitia lokal Piala Dunia 2010 sebagai bagian dari rangkaian acara untuk menyambut pesta sepak bola dunia yang untuk pertama kali digelar di benua Afrika itu.

"Delegasi Indonesia diwakili oleh cabang pencak silat yang kebetulan berasal dari perguruan yang berafiliasi dengan Al Azhar di Jakarta," kata Sariat yang memimpin rombongan bersama pelatih Priharjono dan Alwi itu.

Kedatangan rombongan silat tersebut cukup menarik perhatian warga Pretoria yang datang ke Burger Park, sebuah taman seluas sekitar dua hektare di Kota Pretoria tersebut. Pencak silat hampir tidak dikenal oleh masyarakat umum di Afrika Selatan, kecuali masyarakat keturunan Melayu yang beragama Islam.

Meski belum mengenal pencak silat, tampak masyarakat Kota Pretoria, terutama kaum muda, sangat menikmati berbagai atraksi yang ditampilkan, di antaranya perkelahian dengan menggunakan golok.

Sekitar 1.000 penonton yang mengelilingi arena pertunjukan, tampak tidak beranjak sampai atraksi yang berlangsung sekitar tiga puluh menit tersebut benar-benar tuntas. "Kita memang sengaja memilih musik pengiring dengan irama yang cepat, disesuaikan dengan karakter orang sini yang sangat dinamis. Kalau kita tampilkan gendang pencak, mungkin penonton bisa bosan," kata pelatih Priharjono yang akrab disapa Kak Jojo oleh murid-muridnya.

Menurut Jojo, saat ini terdapat sekitar 250 pesilat yang tersebar di seluruh Afrika Selatan dan jumlah tersebut diharapkan terus bertambah dalam waktu dekat. "Bulan September mendatang, untuk pertama kali akan digelar kejuaraan silat Ambassador Cup. Dari situ kita berharap masyarakat Afrika Selatan mulai mengenal apa itu olah raga bela diri silat," kata Jojo yang baru enam bulan menjadi pelatih di Sekolah Muslim Bosmont, Johannesburg.

http://olahraga.tvone.co.id/berita/view/40368/2010/06/11/atraksi_pencak_silat_ramaikan_parade_piala_dunia_di_pretoria/

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
« Reply #59 on: 21/06/2010 08:41 »
heheh rupanya penampilan kontingen ini tanpa koordinasi dengan IPSI.... tapi sekali lagi.. yg fenting silatnye, merah putihnye...
nih ane nyang ane baca barusan... mase sekitar World CUp juga..
http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/21/02485496/silat.di.piala.dunia

wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

 

Powered by EzPortal