Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Kegiatan dan Informasi => Topic started by: Qsecofr on 26/10/2009 10:10

Title: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Qsecofr on 26/10/2009 10:10
[BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat

Bagi Sahabat Silat  yang punya berita tentang pencak silat dari :.


silahkan posting disini.
Jangan lupa WAJIB cantunmkan juga sumber beritanya


Tujuan Trit / Tread ini adalah : Buat Informasi berita2 pencak silat yang mungkin terlewat terbaca oleh kita.
Berita bisa berupa Pertandingan kejuaraan, Informasi festifal dll dah, pokoke yg berhubungan dengan pencak silat.

Berita juga boleh di tanggapi oleh pembaca....!!

 [thank]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: EricB on 26/10/2009 15:52
terus, di apain beritanya ??
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Qsecofr on 26/10/2009 16:09
Sebagai contohnya seperti ini kang Eric

Tim Pencak Silat Cari Lawan di Dalam Negeri
Sumber : KOmpas.com

SEMARANG, KOMPAS.com — Tim pencak silat Indonesia yang dipersiapkan tampil pada SEA Games XXV di Laos, Desember 2009, menggelar uji coba melawan atlet-atlet dalam negeri.
   
Koordinator pelatih pelatnas SEA Games 2009, Indro Catur, ketika dihubungi di Semarang, Jumat (23/10), mengatakan bahwa sampai pelaksanaan pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara mendatang memang tidak ada ajang atau event yang dapat dijadikan uji coba bagi atlet pelatnas.
   
"Makanya, kita memilih melakukan pertandingan uji coba dengan pesilat-pesilat lokal di Tanah Air. Sabtu (24/10), kita akan melakukan pertandingan uji coba melawan pesilat Jawa Tengah dan Kota Semarang," kata Indro Catur yang juga pelatih pencak silat Jawa Tengah.

Sebelumnya, kata dia, tim pelatnas SEA Games 2009 juga melakukan pertandingan uji coba melawan atlet pencak silat Jawa Barat di Bogor, Minggu (11/10), dan terakhir timnya akan uji coba dengan pesilat Bali di Denpasar, Kamis (29/10).

Tim pencak silat pelatnas SEA Games yang dibawa pada pertandingan uji coba melawan pesilat Jawa Tengah di Semarang sebanyak 10 atlet, yaitu Andra Ramdan (kelas A putra), Lutfan Budi Santoso (kelas B putra), Pujo Janoko (kelas C putra), I Komang Wahyu (kelas E putra), dan Pranoto (kelas H putra).

Ada pula Alif Almunanti (kelas A putri), I Nyoman Suparniti (kelas B putri), Sofani (kelas F putri), Eko Wahyudi (tunggal putra), Hamdan (ganda putra), dan M Yusuf (ganda putra). "Ada dua pesilat SEA Games yang tidak ikut uji coba, yaitu Anisa Pangestika, yang akan memperkuat tim Indonesia pada Asian Indoor Games di Vietnam, akhir Oktober 2009, dan seorang pesilat yang belum ditentukan namanya karena masih harus diseleksi lagi (karena ada dua pesilat yang berpeluang masuk tim inti SEA Games 2009 sama)," katanya.

Ia menambahkan, tim pencak silat Indonesia membidik juara umum pada SEA Games XXV mendatang. "Kita ingin mempertahankan gelar juara umum seperti yang dicapai pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Thailand 2007," katanya.
   
Pada SEA Games XXIV Thailand 2007, tim pencak silat Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan lima emas, tiga perak, dan empat perunggu. "Di Laos mendatang, saya kira untuk menjadi juara umum harus bisa meraih lima atau enam medali emas," katanya seraya menambahkan pesaing utama Indonesia adalah Vietnam.

Menurut dia, peluang tersebut cukup terbuka meskipun ada pembatasan jumlah peserta yang dimainkan pada waktu mendatang di Laos. Ia menyebutkan, kalau pada SEA Games 2007 Thailand, negara peserta diberi kebebasan untuk mengirimkan atlet sesuai jumlah nomor yang dipertandingkan. Pada waktu itu, nomor yang dipertandingkan 13 nomor dan atlet yang dikirimkan bisa maksimal, yaitu 13 atlet.
   
Namun, kata dia, pada SEA Games di Laos mendatang ada 19 nomor yang dipertandingkan, tetapi masing-masing negara peserta hanya diberi kuota sebanyak 12 atlet. "Kita akan berusaha maksimal di kelas-kelas yang kita ikuti bisa mendapatkan medali emas," katanya.

CAY

Editor: cay
Sumber : ANT
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Dolly Maylissa on 27/10/2009 18:36
nah kalo ada berita kaya gini kan gak ketinggalan info jadinya...  mudahan target sea games tercapai deh... biar yang di Indonesia sendiri jadi tambah semangat melestarikan silat...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Pencak Silat: Kurang Perhatian, Tapi Membanggakan
Post by: Qsecofr on 28/11/2009 21:25
Pencak Silat: Kurang Perhatian, Tapi Membanggakan

Sabtu, 21 November 2009 - 6:46 WIB
| More

SEBAGAI karya seni budaya dan olahraga asli Indonesia, pencak silat, sepertinya terkesan masih dianaktirikan pemerintah dengan perhatian yang kecil.

“Padahal dari ajang olahraga internasional yang kita ikuti, rata-rata cabang Silat paling banyak mengoleksi medali emas dibanding cabang olahraga lainnya,” kata Aulia Bonanza yang akrab dipanggil Boni, kepada Pos Kota.

Peristiwa paling hangat adalah kejuaraan Asian Indoors Game di Vietnam 2009, beberapa waktu lalu. “Silat memborong tiga emas dan satu perak yang membuat peringkat Indonesia melonjak dari  15 ke posisi sembilan,” sambung Bendahara Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) itu lagi. Dengan hasil itu Indonesia pun mengoleksi enam emas.

Kini Silat mengincar  semua emas yang tersedia  di SEA Games 2009 Laos. “Sayang kita belum dapat laporan kategori yang dipertandingkan. Tapi kita optimis. Kami sertakan dua peraih emas di AIG,” tambah Boni yang juga bertindak sebagai manajer tim sekaligus mitra latih atlet silat ini.

MENUJU ASIAN GAMES

Boni, anak kolong dari Cijantung  ini mengaku sudah lama tenggelam dalam kiprah persilatan. Kebanggaan sebagai pengurus Silat dirasakan saat diberi kesempatan menyematkan medali emas kepada atlet Indonesia pada SG 2005 di Manila, Filipina. “Dada ini gemuruh karena haru dan bangga menyaksikan bendera Merah Putih dikibarkan beberapa kali,” katanya.

Sayangnya, ditambahkan, pemerintah dan kalangan muda di tanah air justru kurang meminati olahraga yang seharusnya menjadi kebangggaan ini. Padahal sambungnya,  di Vietnam atau Malaysia, pertandingan silat di stadion dipenuhi penonton yang membayar tiket masuk. “Apa yang salah dengan masyarakat kita yang memandang sebelah mata karya bangsa sendiri.”

Pencak Silat kini mewabah di 30-an negara di dunia kecuali Asia Timur dalam wadah Persilat yang dketuai Eddy Nalapraya. Pada beberapa kejuaraan olahraga Asia, kini mulai dimasukan seperti di Asian Martial Arts atau Asian Beach Games sehingga tinggal selangkah lagi masuk ke Asian Games dan seterusnya   menjadi olahraga resmi di Olimpiade.

Kepemimpinan IPSI oleh Prabowo Subianto katanya, sangat bersemangat membesarkan PS. “Pak Prabowo sangat perhatian sehingga saya yakin cabang olahraga ini kelak mendunia sebagai karya asli Indonesia,” katanya. (awang/o)
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: pemaen baru on 30/11/2009 11:13
ini ada berita/wawancara mas oong waktu ICE kemaren, saya nemu di madina on line :
http://www.madina-sk.com/index.php?option=com_docman&Itemid=39 halaman 7
link langsung : http://www.madina-sk.com/index.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=1691&Itemid=39
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: resto on 30/11/2009 16:12

Ane mo nyumbang tulisan yang ane dapat dari mbah google


Di negeri orang, mereka menebarkan bela diri tradisional Indonesia itu dengan kegigihannya sendiri.

Bertopeng kingkong, Yuli Purwanto, 47 tahun, tangkas memainkan beberapa jurus pencak silat di panggung. Gerakannya lincah. Kadang terlihat lentur meliuk, acap kali berkelebat cepat. Diiringi iringan kendang nan rancak, penampilan pria yang akrab dipanggil Ipung ini memang memikat. Di puncak aksinya, Ipung kemudian menyurukkan wajahnya ke selembar batik yang dihamparkan di panggung, topengnya dilepas, lalu tampillah wajah aslinya dengan kain batik yang dibikinnya menjadi udheng.

Gerakan pencak silat Ipung itu bisa dinikmati pemirsa di mana pun lewat situs YouTube. Dari situs ini pula wawancara Ipung dalam bahasa Jepang dengan televisi pemerintah nasional Jepang, NHK, bisa diakses. Di tayangan ini Ipung menjawab segala hal soal silat.

Jangan heran jika Ipung membicarakan silat dalam bahasa Jepang. Dia, bersama Soesilo Soedarmadji dari perguruan Perisai Diri dan Djaja dari Panglipur, adalah penyebar seni bela diri tradisional Indonesia itu di Jepang 13 tahun lalu. Ini tentu menjadi petualangan menarik bagi ketiganya. Maklum, negeri itu sudah punya tradisi bela diri sendiri yang berusia panjang, yakni karate, judo, kendo, aikido dan ju-jitsu.

Tantangan lain adalah adanya persoalan bahasa dan budaya yang berbeda. Tapi ketiga pendekar itu tak putus asa, apalagi dukungan moril dari Ikatan Pencak Silat Indonesia cukup kuat. Ini masih ditambah adanya dukungan dana dari Bimantara pada tiga tahun pertama. “Setelah itu, bergantung pada iuran peserta,” kata Ipung.

Penyebaran pencak silat di Jepang dimulai dari masyarakat Indonesia, sekolah-sekolah Indonesia, dan karyawan Departemen Luar Negeri. Penyebaran ke khalayak banyak dan penggemar bela diri dilakukan dengan cara memperbanyak pergelaran. Pergelaran-pergelaran itu rupanya cukup ampuh. “Gerakan meliuk-liuk seperti tarian dalam kembangan diiringi musik tradisional Indonesia sangat menarik khalayak,” kata Ipung.

Untuk menarik praktisi bela diri, Ipung berduet dengan Soesilo menggelar pertunjukan di dojo (tempat latihan karate) dan pemusatan aikido serta bela diri setempat lainnya. Tak disangka, “Mereka welcome,” kata Ipung. Mereka tertarik justru karena gerakan silat yang lentur sekaligus kaya tipuan dan kuncian. Ini berbeda dengan bela diri Jepang, yang berkarakter kaku-keras.

Melihat perkembangan menarik itu, televisi lokal, yakni NHK dan Fuji TV, kerap menayangkan olahraga silat. Silat juga ditampilkan di festival rutin yang digelar di kelurahan-kelurahan dan di masa liburan pada Juli-Agustus. Silat pun sudah masuk agenda rutin festival setempat. Ipung kini memiliki dua asisten pelatih Jepang, selain asisten pelatih

Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ipung bekerja sebagai staf lokal Kedutaan Besar RI. Ia juga disokong istrinya, seorang perempuan Jepang.

Tak hanya di Jepang, para pendekar pencak silat Indonesia juga merambah Thailand. Bahkan di Negeri Gajah Putih ini, perkembangannya lebih pesat. Bayangkan, di arena SEA GAMES 2007 di Thailand, para atlet pencak silat negara ini menyabet empat emas. Perolehan ini cuma beda tipis dari Indonesia, yang meraih lima emas.

Pelatih nasional sekaligus penyebar pencak silat di Negeri Gajah Putih adalah O’ong Maryono, 56 tahun. Juara dunia silat dan taekwondo itu menyebarkan silat sejak sembilan tahun lalu. O’ong, yang juga belajar karate, judo, aikido, ju-jitsu, dan taekwondo, menyebarkan silat dengan mempertimbangkan budaya setempat.

Di kawasan yang beragama Buddha, bekas pegawai pemerintah daerah Amsterdam itu menebarkan silat sebagai sport. Di daerah-daerah yang kuat memegang Islam, lelaki Bondowoso, Jawa Timur, ini menggunakan cara konvensional, yakni mengajarkannya sebagaimana perguruan atau pesantren-pesantren di Indonesia. O’ong juga memanfaatkan media massa. “Melalui situs dan televisi setempat,” kata O’ong.

Berbeda dengan di Jepang–silat banyak diikuti kalangan dewasa dan praktisi bela diri–di Thailand hampir semua kalangan menyukainya. Dari anak sekolah sampai pemain muay Thai atau Thai boxing, yang mengakar di kasta bawah, ikut menggemarinya.

Kini O’ong, yang tak lagi melatih, mulai melihat rintisannya itu kian berkembang. Pencak silat sudah masuk ke sekolah-sekolah olahraga sebagai mata pelajaran wajib. Sedangkan di sekolah umum dan universitas, silat menjadi pelajaran ekstrakurikuler. Tak hanya itu, di seluruh provinsi kini sudah terbentuk klub pencak silat. Dalam event pekan olahraga nasional Thailand, silat pun menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan.

Tangan dingin O’ong memang tak terbantahkan. Sebelumnya, ia menyebarkan silat di Eropa, Filipina, Brunei Darussalam, dan negara Indocina lainnya. Namun, di balik kisah suksesnya itu, O’ong masih memendam harapan bahwa pemerintah Indonesia mau memberikan perhatian pada aktivitas penyebaran pencak silat. Selama ini, “Nggak ada perhatian, (bahkan) nggak ada ucapan terima kasih,” kata O’ong. ENDRI KURNIAWATI

http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2009/08/16/Laporan_Khusus/krn.20090816.174015.id.html


----------------

apakah ada nama anggota disini yang kesebut namanya di artikel di atas?
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Putra Petir on 10/12/2009 18:07
ada saya mas....Oong Maryono hehehhehehe
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: yoga on 16/12/2009 18:49
SK dah ganti nama yah...? kekekeke... x-))
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Aguswin on 16/12/2009 21:18
Nanti hari Sabtu dan Minggu ada kunjungan tim pencak silat dari National University of Singapore (NUS) ke Batam. Agendanya latihan bersama, latih tanding dan demo. Tapi gak tau diliput media massa apa enggak.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: sedyaleksana on 17/12/2009 13:50
http://antaranews. com/berita/ 1260935419/ nyoman-suparniti -dan-phuong- thuy-bertemu- lagi

Rabu, 16 Desember 2009 10:50 WIB | Olahraga | SEA Games 2009 | Dibaca 550 kali

Nyoman Suparniti dan Phuong Thuy Bertemu Lagi

Jakarta (ANTARA News) - Pesilat putri nasional Ni Nyoman Suparniti
untuk keempat kalinya bertemu kembali dengan atlet Vietnam Nguyen
Phuong Thuy, ketika keduanya berhadapan di final pencak silat kelas D
putri SEA Games XXV Laos pada Kamis (17/12).

Nyoman maju ke final setelah di semifinal menundukkan atlet tuan rumah
Laos Bouaphay, pada 14 Desember, sedangkan Phuong Thuy menyisihkan
atlet Thailand Jongdee Hemkaeo.

Nyoman adalah satu dari empat atlet Indonesia yang akan tampil
diantara 13 nomor final yang digelar secara berurutan sejak pukul
09.00 di mana Nyoman tampil pada partai kelima pukul 10:20.

"Saya sudah tiga kali bertemu dengan dia (Phuong Thuy). Dari tiga kali
pertemuan itu saya menang dua kali sehingga sudah hafal dengan gaya
dia bertanding. Mudah-mudahan saya bisa mengatasinya kalau seandainya
bertemu dia lagi di final," ujar Nyoman sebelum ke Laos.

Atlet kelahiran Bakas, Bali, 17 Mei 1984 dan berbobot 61 kilogram ini
pertama kali bertemu dan mengalahkan Nguyen Phuong Thuy pada final
Kejuaraan Dunia 2004 di Singapura. Nyoman kemudian menang lagi di
Asian Martial Arts Games I Thailand, Agustus lalu.

Nyoman dihentikan lawan yang sama pada babak awal SEA Games 2005 di
Filipina, namun kemudian berhasil mengharumkan bangsa lewat prestasi
emasnya di ajang SEA Games 2007 Thailand dan Asian Beach Games 2008
Bali di kelas D putri.

Selain Nyoman, tiga atlet Indonesia lainnya yang tampil di final
adalah Pujo Janoko, M Sodik dan I Komang Wahyu.

Pujo Janoko akan menghadapi Nguyen Ba Trinh (Vietnam), M. Sodik
melawan Chaiwat Nimma (Thailand) di kelas 60-65kg, dsedangkan I Komang
Wahyu berhadapan Min Swe (Myanmar) di 65-70kg.

Jadwal pertandingan final pencak silat selengkapnya adalah:

- 09.00 Kelas A 45kg-50kg - Putri : Le Thi Phi Nga (Vie) vs Boutsady (Lao)
- 09.20 Kelas C 55kg-60kg - Putra: Nguyen Ba Trinh (Vie) vs PUJO JANOKO
- 09.40 Kelas B 50kg-55kg - Putri : Huynh Thi Thu Hong (Vie) vs
Dinniyati Julami (Sin)
- 10.00 Kelas F 70kg-75kg - Putra : Truong Van Mao (Vie) Mohd Fauzi (Mas)
- 10.20 Kelas D 60kg-65kg - Putri : NI NYOMAN SUPARNITI (INA) vs
Nguyen Phuong Thuy (Vie)
- 11.00 Kelas G 75kg-80kg - Putra : Vu The Hoang (Vie) vs Shakir Juanda (Sin)
- 11.00 Kelas E 65kg-70kg - Putri : Le Thi Hong Ngoan (Vie) vs Monruthai B (Tha)
- 11.30 Kelas H 80kg-85kg - Putra : Chanon Untakool (Tha) vs Faizal
Abdullah (Mas)
- 14.30 Kelas A 45kg-50kg - Putra : Moh Hafiz (Mas) vs Okhe Botsavang (Lao)
- 14.30 Kelas B 50kg-55kg - Putra : Nanthachai (Tha) vs Tran Van Toan (Vie)
- 15.00 Kelas D 60kg-65kg - Putra : M SODIK (INA) vs Chaiwat Nimma (Tha)
- 15.00 Kelas C 55kg-60kg - Putri : Emy Latip (Mas) vs Jutarat Noytapa (Tha)
- 15.30 Kelas E 65kg-70kg - Putra : Min Swe (Mya) vs I KOMANG WAHYU (INA)
(*)

COPYRIGHT © 2009
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: jangmat on 17/12/2009 14:27
Luar biasa Vietnam mendominasi...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Taufan on 17/12/2009 17:55
Bener kata cak O'ong... di AMAG kemaren Vietnam cuman ngasih angin doang buat Indonesia, mereka unjuk giginya justru di Sea Games ini.  :'(
Wassalam,
TP
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: sedyaleksana on 18/12/2009 14:22
http://antaranews. com/berita/ 1261055518/ silat-hanya- bawa-pulang- dua-emas

Silat Hanya Bawa Pulang Dua Emas

Kamis, 17 Desember 2009 20:11 WIB | Olahraga | SEA Games 2009 | Dibaca 503 kali

Vientiane (ANTARA News) - Tim silat Indonesia harus pulang dengan
menelan kekecewaan karena secara total hanya meraih dua emas dari
target semula lima medali pada SEA Games 2009 di Gedung Lao ITTEC
Vientiane, Kamis.

Satu tambahan emas dari empat pesilat Indonesia yang tampil di final
pada pertandingan hari terakhir itu diraih oleh I Komang Wahyu
Purbayasari di kelas 70kg, menyusul satu emas dari nomor ganda putra
yang diraih beberapa hari sebelumnya.

Komang yang merupakan pesilat terakhir Indonesia yang tersisa,
mengalahkan Min Swe dari Myanmar dengan skor telak 5-0.

Usai pertandingan, I Komang mengatakan ia hanya berusaha mengikuti
instruksi pelatih Catur Indro agar tampil lebih tenang dan sabar
menunggu saat untuk menyerang.

"Selain itu lawan saya dari Myanmar ternyata tidak terlalu bagus. Saya
justru harus bekerja keras pada babak-babak sebelumnya," kata pria
kelahiran 22 September 1986 itu.

"Selain saya juga sudah bertekad kepada diri sendiri bahwa saya datang
sendiri bukan untuk kalah, tapi untuk membawa medali emas," kata
Komang yang sekarang tercatat sebagai anggota Polda NTB dengan pangkat
Briptu.

Dukungan langsung yang diberikan Menpora Andi Malarangeng, Ketua
KONI-KOI Rita Subowo dan Ketua Kontingen Alex Noerdin ternyata masih
belum cukup untuk memompa semangat atlet untuk meraih kemenangan.

Dari empat nomor final yang diikuti tim silat Indonesia pada
pertandingan hari terakhir cabang silat tersebut, hanya satu medali
emas yang diraih melalui I Komang Wahyu Purbayasari.

Dari pada tiga nomor final sebelumnya, pesilat Indonesia berguguran
satu persatu, diawali oleh Pujo Hanoko dikelas 60kg putra.

Pujo tidak bisa berbuat banyak dan menyerah dengan skor telak 0-5
kepada Nguyen Ba Trinh dari Vietnam.

Pesilat asal Bali Ni Nyoman Suparniti (kelas 65kg) yang diharapkan
menambah perolehan emas agar tidak semakin terpuruk, juga menyerah
kepada pesilat Vietnam Nguyen Thi Phuong Thuy dengan skor 1-4.

Sementara M.Sodik yang bertanding di kelas 65kg, juga kalah telak 0-5
dan kali ini kepada pesilat Thailand Chaiwat Nimma.

Manajer tim Bambang Rus Effendi secara khusus menyampaikan permintaan
maafnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat silat
karena hanya mampu merebut dua emas dan gagal mempertahankan gelar
juara seperti di SEA Games 2007 dengan meraih lima emas.

"Memang inilah yang dapat kita perbuat dan semua atlet sudah tampil
maksimal. Saya menyampaikan permintaan maaf karena tim pencak silat
tidak berhasil mencapai target yang diharapkan," kata Bambang.

Dengan berakhirnya cabang pencak silat yang total mempertandingkan 17
nomor, Vietnam keluar sebagai juara dengan meraih enam emas, empat
perak dan satu perunggu disusul oleh Malaysia dengan empat emas dan
enam perak.

Thailand berada di peringkat ketiga dengan dua emas, empat perak dan
empat, perunggu unggul selisih perak dengan Indonesia yang juga meraih
dua emas, tapi tiga perak dan tiga perunggu.

Bagi Indonesia, ini adalah hasil terburuk di SEA Games setelah di
Hanoi pada 2003 yang hanya merebut tiga emas.

Berikut perolehan medali untuk cabang silat:

Vietnam 6 4 1

Malaysia 4 0 6

Thailand 2 4 4

Indonesia 2 3 3

Singapura 1 2 5

Laos 1 2 4

Brunei 1 0 3

Myanmar 0 1 1

Filipina 0 1 1

((*)
COPYRIGHT © 2009
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: dsbasuki on 18/12/2009 23:19
 :'(  :'(  :'(
*** sedih bacanya ***
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: santri kinasih on 21/12/2009 11:40
Mas don bener2 pendekar...cuma bisa sedih dan mungkin merenung dan berdoa...Sementara saya dan temen2 misuh2 alias maki2.. ;D...walau gak berani nulis di SS...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Pemulung on 21/12/2009 12:26
Susah juga sih boss,,,pelatihnya vietnam dan negara lain khan dari Indonesia juga... [[run2]] [[run2]]

Jepang beberapa kali juga kehilangan juara umum di cabang judo dan karate di event internasional
Korea beberapa kali juga kehilangan juara umum di cabang taekwondo di event internasional
Filipina beberapa kali juga kehilangan juara umum di cabang FMA di event internasional

Ini khan masuk final semua, tapi kalah.. :'(
Asli penasaran...pelatih vietnam siapa sih ?? mas o'ong bukan ?  [[run2]] [[run2]]


Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Qsecofr on 22/12/2009 13:41

jelas fitnah kalo saya pelatih vietnam... :D
Title: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Qsecofr on 06/02/2010 19:27
Kalo temen2 liat ada silat yang sempat tampil di TV ( mdia massa) baik secara Individu ataupun mewakili perguruan, mohon keralaannya tulis apa yang bro liat, dengar dan rasakan.

Penting nggak seeh? penting ngga penting tulis ajeeee bro
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Qsecofr on 08/02/2010 21:32

Nonggol di JAkTV Eskul silat
acarnye asal goblek

( kalo ada acara laen tulisnye disini, yang trit satu lagi kan khusus FBan)
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: PariGesit on 10/02/2010 07:01
wahhh... ketinggalan berita lagi
nonton tv ga mesti tiap minggu nonton, lagian ga nangkep siaran jaktv

ntar kalo sempat tau, sy kabar kabari
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Unknown on 18/02/2010 09:48
Ada artikel bagus tentang silat dan kepemimpinan di Majalah GATRA
judul : Pimpin lah kami seperti ibu jari
edisi Februari 2010, halaman 17-24
penulis : E. Hidayat Abdullah (praktisi silat tradisional)
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: luri on 18/02/2010 11:13
kayanya kenal sama yang nulis deh...
sekarang dibuat pake "E." ???

xixiixixixii...
 x-))
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Qsecofr on 18/02/2010 11:43
maksudnya bang Edwin gitu yaaa [top]

Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: resto on 18/02/2010 13:34
Ada artikel bagus tentang silat dan kepemimpinan di Majalah GATRA
judul : Pimpin lah kami seperti ibu jari
edisi Februari 2010, halaman 17-24
penulis : E. Hidayat Abdullah (praktisi silat tradisional)

Apakah komunitas ini juga ikut dibahas, didalam artikel itu???
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: santri kinasih on 18/02/2010 13:44
Itu tentang kaidah jari dalam silat, sebenarnya adalah kaidah dasar kepemimpinan..gak nyinggung komunitas..yang nyinggung komunitas ada di sinar harapan selasa kemaren:FP2STI mencari bapak angkat..
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Qsecofr on 18/02/2010 13:54

Bang Edwin

Yang sinar harapan ada softcopynya ngak yaaa
btw, untuk yg di gatra jadi pengen baca neeh, cuma belum sempet ....xixixi
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: luri on 18/02/2010 14:07
try this @anywhere :
sinarharapan.co.id (http://www.sinarharapan.co.id/cetak-sinar/berita/back_to/indeks-lalu/read/fp2sti-cari-bapak-angkat/?tx_ttnews%5Byears%5D=2010&tx_ttnews%5Bmonths%5D=02&tx_ttnews%5Bdays%5D=16&cHash=5d3d0d933e)
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Qsecofr on 18/02/2010 17:51
@luri : Makasih ya Om 8)
@Edwin : waduh om liputan bagus kok ngga di informasikan ke kami2 di balik layar/dapur silatindonesia.com [[peace2]]

Makasih buat semua.

Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: santri kinasih on 18/02/2010 19:15
Sebenarnya yg sinar harapan, aku juga gak dikasih tau waktu dimuat di hari selasa..baru besoknya dikasih tau...Mengenai wawancaranya uda parewa dkk dikasih tau, tapi pada gak bisa join..dadakan juga sih..Sorry..;)
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: Irwansyah on 19/02/2010 10:08
Salut buat Boss Edwin, top markotop bisa nembus Gatra + Sinar Harapan. Semoga bisa menjadi teladan yang baik. [top]
Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini
Post by: dicky on 19/02/2010 10:19
taon 2014. kayanya nembus jadi calon presiden deh
- presiden direktur ?
- presiden persilat ?
- presiden RI ?
- preseden ?

:D

Title: Re: Silat di Media TV Koran dll Tulis disini -
Post by: Unknown on 23/02/2010 21:09
 Edhy Prabowo, Atlet Silat yang Jadi Wakil Rakyat
Senin, 16 November 2009 - 12:23 wib


ANGGOTA DPR periode saat ini tidak hanya memiliki latar belakang sebagai politisi. Namun, ada beberapa wakil rakyat yang memiliki profesi tertentu. Misalnya aktris, pengusaha, hingga atlet.

Edhy Prabowo salah satunya. Pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan, 24 Desember 1971 ini adalah anggota Komisi VI DPR RI. Edhy bukanlah seorang politisi yang andal, melainkan atlet silat silat nasional. Selain pernah berjaya di event Pekan Olahraga Nasional (PON), dia juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara.

Jejak karir Edhy dimulai pada 1991. Kala itu, dia berhasil diterima menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Sayang, karirnya di militer hanya bertahan dua tahun. Edhy dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan. Harapan menjadi jenderal pun sirna.

Kendati sedih cukup dalam, Edhy tidak mau patah arang. Dia tidak kembali ke kampung halaman melaikan meminta izin kepada orangtuanya untuk merantau ke Jakarta. Dengan alasan ingin mengembalikan kepercayaan keluarga, Edhy pun menginjakkan kakinya di Ibu Kota.

"Di Jakarta saya tinggal di rumah orangtua teman bernama Pak Yul di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat. Saat itu, beberapa teman saya juga tinggal di sana," kata Edhy saat berbagi kisah kepada okezone di Jakarta, belum lama ini.

Tak disangka, pria bernama Pak Yul tersebut merupakan sahabat Prabowo Subianto yang kala itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD. Edhi pun diperkenalkan kepada Prabowo oleh Pak Yul di salah satu acara pesta di bilangan Pantai Ancol.

"Saat menghadap Pak Prabowo, saya meminjam sepatu teman yang ukurannya lebih besar sehingga harus diganjal koran. Saya tidak menyangka bisa berkenalan dengan salah satu anggota Keluarga Cendana," ujarnya.

Prabowo akhirnya merawat Edhy dan teman-temannya. Edhy dibiayai Prabowo mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Selain itu, Edhy juga diminta untuk belajar silat setiap akhir pekan di Batujajar, Bandung. "Pak Prabowo rela merawat kita karena dia tidak mau kita menjadi orang yang salah jalan," tandasnya.

Seiring waktu berjalan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo. Dia menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania. Kala itu, Prabowo tengah merintis usaha di negeri tersebut.

Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy akhirnya memberanikan diri menjadi caleg di kampung halamannya yakni Dapil Sumatera Selatan II. Di tempat itu, Edhy harus bersaing dengan sejumlah politisi senior seperti Mustafa Kamal, Dodi Alex Nurdin, dan Nazarudin Kiemas. Edhy pun berhasil menjadi caleg kelima yang memperoleh suara terbanyak.

"Nama Prabowo ternyata membawa berkah. Banyak orang mengira saya ini anak Pak Prabowo. Padahal saya hanya anak angkat," tukasnya.

Kendati sudah menjadi wakil rakyat, Edhi tetap menjalankan perannya sebagai suami dari Iis Rosita Dewi dan ayah dari Satrio Budi Wiroreno (4) dan Raja Dimas Satrio (3). Dia juga masih aktif mengurus perguruan silat Satria Muda Indonesia dan beberapa bisnis lainnya.

"Sebagai anggota komisi VI, saya berharap BUMN tidak lagi mengandalkan APBN, tetapi dapat bersaing di kancah internasional dan mampu memberikan kontribusi sebanyaknya untuk APBN," pungkasnya. (teb)- okezone.com
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Qsecofr on 08/03/2010 10:27

Hallo Para sahabatsilat

Apakabarnya semoga selalu sehat dan selalu mencintai silat sebagai salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita dan juga orang lain, dimana mengajarkan silat tidak semata mengajarkan beladiri tapi juga menjalin tali silaturahmi sesama pengemar beladiri apapun.

Beberapa bulan ini kegiatan silat di media bisa dibilang aga sepi, beda denga komunitas lain seperti kegiatan temen2 di B2W yang selalu ramai dengan kegiatannya yang tak pernah sepi. namun jangan putus asa dahulu krn ada beberapa liputan dari JAKTV di acara Betawi Hikayat disana di tampilkan silat Beksi Kreo dan juga di TRans7 silat cingkrik Goning dengan pak Bambangnya.

2 acara silat di TV kami rasa cukuplah untuk awal bulan ini. semoga hari2 depannnya kegiatan silat semakin ramai. dan jangan mau kalah sama temen2 di B2w.......:)
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Taufan on 08/03/2010 14:21
Sebenernya ada beberapa event yg diliput media masa, seperti Kejurnas ASAD yg baru lewat, PDIC 2010, Kejuaraan Dunia YAD, dan tertangkapnya seorang guru silat karena merangkap sebagai pengedar ganja di Bogor  [[sedihamat]]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 08/03/2010 14:50
tambahan lagi buat woro2 berita pencak silat on television

info dari omSarungKampret:


Dear rekan
tgl 13 march sabtu kita mau diliput dari Seputar Indonesia RCTI
di padepokan Silat TMII Jakarta

seperti biasa diharapkan kehadirannya
(and gak ada uangnya ya hehehehe)

informasi2 lebih lanjut bisa ke omSarKam

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Dodol Buluk on 09/03/2010 10:12
yuuk rame-rame bawa keluarga deh...kalo nyang udah, kalo yang belon cari aje kendiri..buka topi ga?

d'buls

note : buka topi = Urunan..
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: dsbasuki on 09/03/2010 12:06
Jam berapa hari Sabtu tanggal 13 Maret di Padepokan Pencak Silat TMII?
Kali aja jamnya pas, jadi bisa ikutan ngeramein.

Tabeeek...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Qsecofr on 09/03/2010 13:29

Oh iya liputan Silat Aliran Sebeni oleh jakTv kemarin juga sempat tampil
Tapi ngga tau di acara apa?

( jadi kesimpulannya akhir2 ini banyak aliran silat tampil di TV tapi ngak sempat di dokumentasikan)
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 12/03/2010 13:22
Sahabat Silat,

Sesuai dengan informasi dari Bang Sarkam kita bahwa besok tim RCTI akan meliput kegiatan komunitas kita
jam 10 pagi di Padepokan Pencak Silat TMII.

Dimohon kehadirannya....
Kita akan berlatih bersama aja, jadi tidak ada kegiatan khusus.
Kalaupun ada, masing2 perguruan diminta untuk demo aja.

pesilat atau bukan, tidak masalah..
ga kenal juga ga apa2, ntar bisa saling kenalan
yg penting diusahakan bisa hadir yaa...

Seperti biasa,
dimohon kerelaannya untuk meyumbangkan sedikit uang (banyakan sih maunya :D) untuk konsumsi para guru dan juga tim RCTI.

Salam.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: dsbasuki on 13/03/2010 18:40
Sayang banget orang RCTI-nya ga jadi dateng. Kayaknya "kalah hot" sama berita tentang Mr. T yang kena dor Densus 88.
Alhamdulillah... bisa kopi darat sama saudara-saudara SS dan berkenalan dengan yang belum kenal. So pasti seneng banget ketemu saudara-saudara yang sudah kenal. Bahkan saya ketemu dengan Pak Edward Lebe, guru Baringin Sakti yang sudah 10 tahun lebih tidak ketemu!

Insya Allah, Sabtu depan tanggal 20 Maret bisa dateng lagi, dan kru RCTI beneran jadi dateng buat syuting.

Salam...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: duyungson on 13/03/2010 20:37
Salam kenal jg mas don, kejadian lucu wkt anda dtg bisa jd guidance utk temen2 baru yg ingin ikut ngumpul2 hehe
Dari jauh tarik nafas kemudian teriak sebutin nickname,supaya gak dicuekin kyk panjenengan hehe
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: parewa on 19/03/2010 09:27
Sahabat Silat,

Setelah digempur sama bang Sarkam dg jurus2 Balerante yg ganas tp lucu...... (berhubung yg main bang Sarkam), Tim Seputar Indonesia-RCTI akan datang meliput kegiatan kita sebanyak 2 kali, yaitu:

1. Sabtu, 20 Maret 2010, dimulai dari jam 10 sampai dengan selesai. Acaranya adalah latihan biasa plus sedikit interview.

2. Minggu, 28 Maret 2010, kita akan diliput secara LIVE dimulai jam 05.00 pagi sampai dengan jam 8.00. Jadi akan banyak info yg bisa kita sajikan disana.

Untuk itu dimohon kehadirannya pada hari Sabtu besok, dan juga Minggu 28 Maret.

Salam.


Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Dodol Buluk on 19/03/2010 09:35
wah..kudu konfirmasi ulang dengan pihak peliput neh..

d'buls
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: duyungson on 19/03/2010 09:40
Jg konfirmasi ulang dgn pihak venue alias pandeprokan,jgn smp kita dicemberutin sama mbak2 WO yg kmrn lg,hehe
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Dolly Maylissa on 19/03/2010 19:07
Besok dateng bawa badan aja...heheheh
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: salakman on 29/03/2010 00:45
Jadi gimana nih hasil liputannya? Ga sempet liat
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Mantrijeron14 on 29/03/2010 09:14
Sahabats...
Setelah di dahului glibetan mas Duyungson yg piawai men-baledogan dewan redaksi Reader's Digest Indonesia akhirnya edisi bulan ini tampillah artikel ttg Forum (FP2STI) di kolom "Indonesiana"... ade nyang ude baca? nah kalo di scan trus dikasi link di marih makin mangstabh! [top] Ane kendiri blom sempfet bace kmr nyari di gramedia hayam wuruk kagak ade.. Tabe mas duyungson.! [top]

IMHO..ho..ho.. peliputan di media dg segmen penikmat khusus adalah salah satu strategi "mengubah" citra silat sbg MA kampungan. Contohnya Pak Edwell dg Silek Harimaunya ude nongol juga di edisi majalah Esquire bbrp bulan lalu, majalah premium sekelas Indonesia Tatler ini jelas media yg ampfuh juga buat mendongkrak pencitraan silat. Kalo ga salah ada tiga halaman liputan plus gambar yg memanjakan mata lengkap dengan tips: street defense! [top]

maju terus man-teman... yg punya koneksi media .. monggo dipake networknya..

wassalam,
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: duyungson on 29/03/2010 09:28
@kanjeng MJ14,sebenernya malu kalo nama saya pake disebut,wong artikelnya cuma 1 halaman kecil dgn foto yg salah. Cuma saya sgt berharap artikel tsb bisa membuka jalan menggalang simpatisan wanita2 karir muda,krn agak bosan jg kalo tiap ngumpul acara forum ketemunya cowoook melulu. Hehehe..
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Mantrijeron14 on 29/03/2010 10:56
no what-what mas Duyung.... sekalian saya olah raga nyambit GRP.... tuiiinggg...... zap-zap!!! (kayanya ude lamak adat melempar piauw GRP gak diamalkan  :-P )

wassalam,
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Dolly Maylissa on 29/03/2010 13:22
wah bagus th kalo bnyk cwenya...biar ada temennya..hehehe
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: santri kinasih on 29/03/2010 15:02
Memang sasarannya duyungson adalah kaum hawa. Maklumlah, hanya duyungson yang boleh begitu..:)...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Antara on 29/03/2010 16:13
Dari aye dobel...

GRP buat usaha publikasinya...
Thank You buat rekrutmen wanita karir-nyah...  [top]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Taufan on 07/04/2010 09:04
Assalamu 'alaikum,

Hari Minggu kemarin pencak silat anak2 tampil mengisi acara Idola Cilik di RCTI. Nah ini nyang ane mangsud dengan Segmenting - Targeting - Positioning. Salut buat SMI  [top]

Hari Senin dilanjut dengan penampilan babe kite Tb Bambang dengan Cingkrik Goningnya di Trans 7. Sayang acaranya pagi bersamaan dengan acara bermacet ria di jalan Tol. Kalo ada yg nonton, mohon laporan pandangan matanya.

Wasalam,
TP
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: meonggarong on 16/04/2010 21:36
halo.. saya bingung mau posting ini dimana, jadi kalo salah tempat mohon oom momod saya dibantu mindahinnya ya..

dapet kabar dr temen sy yg kerja di tv swasta trans7 (eh, boleh sebut nama stasiunnya kan?), katanya bentar lagi bakal keluar acara semodel jejak petualang gt yang membahas ttg beladiri tradisional indonesia.. mudah2an bisa memuaskan kita semua ya..

eh tapi jangan2 ini proyekannya anak SS juga ya, jadi beritanya basi? hehe, kalo memang repost, mohon saya dimaapken ya..  :-P
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: sedyaleksana on 17/04/2010 22:05
Sahabat Silat,
       Hari Minggu, 18 April 2010
       Jam 16:00 WIB
       TVRI Studio Jakarta atau TV 2 (channel 8 VHF, bukan TVRI Nasional)
akan disiarkan atraksi Silat Perisai Diri pada acara ANEKA MEGAPOLITAN DKI JAKARTA. Perisai Diri Pengurus Daerah DKI Jakarta, telah diminta secara mendadak untuk mengisi acara ini.
Salam
Chandrasa Sedyaleksana
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: hummdee6 on 26/05/2010 17:41
yang ini bs masuk thread ini gak??

http://www.detiknews.com/read/2010/05/26/162101/1364601/159/ciaat-silat-betawi-rasa-shaolin
Detik.com Rabu, 26/05/2010 16:21 WIB

Melestarikan Silat Beksi
Ciaat! Silat Betawi Rasa Shaolin

Jakarta - Sejumlah ilmu beladiri, seperti karate, judo, taekwondo, sudah menjadi kegiatan ekstrakulikuler baik di SD, SMP dan SMU di Jakarta. Pencak silat yang merupakan kebudayaan bangsa sendiri, juga ikut menjadi kegiatan eskul. Namun rupanya, tidak semua jenis pencak silat mantap bertahan. Silat Betawi seperti Beksi, rupanya agak terseok-seok untuk maju.

"Hambatan pencak silat, seperti Beksi (pencak silat khas Jakarta) ini, kurangnya manajemen organisasi dengan baik, belum lagi soal dana," kata Ketua Umum Perguruan Pencak Silat (PPS) Beksi H Hasbullah, Haji Basyir, dalam obrolannya bersama detikcom di kediaman dan padepokannya di Jl KPBD, Kampung Baru, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010).

Pencak silat Beksi, lanjut Basyir, saat ini baru diajarkan di tiga sekolah, yaitu di Putra Satria, Maambaul Ulum dan SMUN 90 Petukangan, Jakarta Selatan. Beksi diharapkan bisa memasuki semua sekolah di DKI Jakarta, karena merupakan bagian dari kebudayaan Betawi.

"Tidak tertutup kemungkinan kita bisa mengajak Dinas Pendidikan agar ini dijadikan kurikulum. Tapi kita harus berbentuk lembaga hukum, seperti yayasan. Ini sedang kita rintis," terangnya.

Basyir mengakui anak muda memang kurang berminat mempelajari silat Beksi. Apalagi di Jakarta, banyak ilmu beladiri luar negeri yang baru masuk dan dianggap lebih modern misalnya saja Capoeira dari Brazil. Para guru silat Beksi pun melakukan sejumlah modifikasi dengan membuat formasi jurus, agar silat Beksi lebih mudah dipelajari.

"Kalau orang sudah tahu kegunaan atau makna jurus itu, akan lebih tertarik. Orang Swedia saja ada yang belajar, karena tekniknya tidak kalah dengan Aikido dan Jujitsu. Jurus kunciannya mematikan juga," tegasnya.

Silat Beksi adalah hasil akulturasi budaya Betawi dan China. Dahulu, penciptanya adalah Lie Cheng Oek, warga keturunan China dari Kampung Dadap, Tangerang Banten. Silat Beksi kini sudah diajarkan sekitar empat generasi, termasuk salah satu cabangnya, silat Beksi Haji Hasbullah yang merupakan murid Lie Cheng Oek. Para murid silat Beksi mencoba membangun komunikasi terutama dengan generasi tua, namun itu bukan perkara gampang.

"Orang Betawi kan adatnya, siapa elu mau ajak-ajak gue?" kata Basyir.

Basyir mengakui, orang mulai tertarik belajar silat Beksi karena ketokohan guru besar PPS Beksi H Hasbullah yang menampilkan silat Beksi dalam film 'Darah Muda' yang dibintangi Rhoma Irama. "Belum lagi adanya film Si Pitung, termasuk sinetronya di televisi, itu ada pengaruhnya juga," kata Basyir yang saat ini berprofesi sebagai pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat itu.

Sementara, Koordinator Pelatih PPS Beksi H Hasbullah, Endang (42) juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengajukan sejumlah proposal kepada seluruh sekolah yang ada di DKI Jakarta. Isinya antara lain, mengajukan agar silat Beksi bisa mendapatkan tempat sebagai pelajaran tambahan.

"Beksi, atau silat lainnya sebenarnya bisa menjadi media dakwah, pembinaan mental. Bukan berarti belajar silat, itu siswa diajarkan berantem, tawuran. Justru sebaliknya, bagaimana mengendalikan emosi dan mental. Silat itu olahraga dan seni juga," terangnya.

(zal/fay)
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: hummdee6 on 26/05/2010 17:43
lengkapnya ada disini:

http://www.detiknews.com/read/2010/05/26/162101/1364601/159/ciaat-silat-betawi-rasa-shaolin
http://www.detiknews.com/read/2010/05/26/163110/1364615/159/menabur-benih-pendekar-muda
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: ronise on 11/06/2010 10:41
Pencak Silat Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Jakarta - Indonesia muncul di Piala Dunia. Bukan dalam bentuk tim nasional sepakbolanya, melainkan melalui perguruan silat yang ikut parade pembukaan event empat tahunan itu.

Perguruan yang dimaksud adalah Perguruan Pencak Silat Al Azhar di Afrika Selatan. Mereka dipastikan mengikuti parade pembukaan Piala Dunia yang bertajuk Mushanda Parade di Burger Park, Pretoria, Kamis (10/6). Dan dalam parade tersebut mereka rencananya akan membawa bendera Indonesia.

Mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault, pun senang mendengar hal ini. Apalagi ia sendiri mengaku, dirinya selaku pembina sudah lama mensosialisasikan olahraga pencak silat di sana.

"Jadi begini ceritanya. Sudah sejak tahun lalu saya diminta oleh pihak Afrika Selatan untuk mensosialisasikan pencak silat di sana. Saya pembina di Al-Azhar, dan saya sudah ikut dari sejak SD."

"Mereka kemudian tertarik dan minta beberapa orang pelatih. Ternyata antusiasmenya di sana cukup tinggi dan kita jadi surprise," tuturnya kepada detikSport.

Namun demikian, para pengusung bendera Merah-Putih dan mendemonstrasikan pencak silat tersebut bukanlah orang Indonesia. Toh, Adhyaksa mengaku dirinya tak bermasalah dengan hal tersebut

"Bagi saya yang penting adalah Merah-Putihnya. Dari awal saya mengatakan, penghalang dari pengabdian itu pamrih." (roz/nar)

http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/06/10/171630/1375815/439/pencak-silat-bawa-indonesia-ke-piala-dunia

Atraksi Pencak Silat Ramaikan Parade Piala Dunia Di Pretoria

Pretoria, (tvOne)

Atraksi bela diri pencak silat yang diikuti oleh para pelajar dari Sekolah Muslim Bosmont Johannesburg yang mewaliki Indonesia, ikut meramaikan acara "Parade Piala Dunia 2010" di Ibukota Pretoria, Kamis.

Parade tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pretoria dalam memeriahkan pesta Piala Dunia 2010 yang akan digelar Jumat (11/6).

Sebanyak 39 pelajar setingkat SD tersebut dipimpin oleh Ketua Asosiasi Pencak Silat Afrika Selatan, Sariat Arifia, untuk bergabung dengan delegasi dari berbagai negara yang menampilkan kebudayaan khas mereka masing-masing.

Parade tersebut digelar oleh pemerintah kota Pretoria bekerja sama dengan panitia lokal Piala Dunia 2010 sebagai bagian dari rangkaian acara untuk menyambut pesta sepak bola dunia yang untuk pertama kali digelar di benua Afrika itu.

"Delegasi Indonesia diwakili oleh cabang pencak silat yang kebetulan berasal dari perguruan yang berafiliasi dengan Al Azhar di Jakarta," kata Sariat yang memimpin rombongan bersama pelatih Priharjono dan Alwi itu.

Kedatangan rombongan silat tersebut cukup menarik perhatian warga Pretoria yang datang ke Burger Park, sebuah taman seluas sekitar dua hektare di Kota Pretoria tersebut. Pencak silat hampir tidak dikenal oleh masyarakat umum di Afrika Selatan, kecuali masyarakat keturunan Melayu yang beragama Islam.

Meski belum mengenal pencak silat, tampak masyarakat Kota Pretoria, terutama kaum muda, sangat menikmati berbagai atraksi yang ditampilkan, di antaranya perkelahian dengan menggunakan golok.

Sekitar 1.000 penonton yang mengelilingi arena pertunjukan, tampak tidak beranjak sampai atraksi yang berlangsung sekitar tiga puluh menit tersebut benar-benar tuntas. "Kita memang sengaja memilih musik pengiring dengan irama yang cepat, disesuaikan dengan karakter orang sini yang sangat dinamis. Kalau kita tampilkan gendang pencak, mungkin penonton bisa bosan," kata pelatih Priharjono yang akrab disapa Kak Jojo oleh murid-muridnya.

Menurut Jojo, saat ini terdapat sekitar 250 pesilat yang tersebar di seluruh Afrika Selatan dan jumlah tersebut diharapkan terus bertambah dalam waktu dekat. "Bulan September mendatang, untuk pertama kali akan digelar kejuaraan silat Ambassador Cup. Dari situ kita berharap masyarakat Afrika Selatan mulai mengenal apa itu olah raga bela diri silat," kata Jojo yang baru enam bulan menjadi pelatih di Sekolah Muslim Bosmont, Johannesburg.

http://olahraga.tvone.co.id/berita/view/40368/2010/06/11/atraksi_pencak_silat_ramaikan_parade_piala_dunia_di_pretoria/
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Mantrijeron14 on 21/06/2010 08:41
heheh rupanya penampilan kontingen ini tanpa koordinasi dengan IPSI.... tapi sekali lagi.. yg fenting silatnye, merah putihnye...
nih ane nyang ane baca barusan... mase sekitar World CUp juga..
http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/21/02485496/silat.di.piala.dunia (http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/21/02485496/silat.di.piala.dunia)

wassalam,
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 27/11/2010 20:48

Pencak Silat Kebudayaan Luhur Indonesia @ TV
acara : Tatap Muka - TVOne
Minggu, 28 November 2010 - 15:30

yang sempet nonton, share yaa....
yang sempet ngrekam, share ke videosilat.com (http://videosilat.com) yaaa...

thx

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Unknown on 28/11/2010 16:55
cakep, kereenn...
menampilkan pabuci, cingkrig, silek harimau dan beberap perguruan lainnya [top]

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 29/11/2010 08:57
sayang nih...
hasil rekaman daku jelek banget...
ga layak tayan..
:(

kalo ada yg sempet rekam, mohon copy copy
:D

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Unknown on 30/11/2010 17:24
komunitas unik trans 7 selanjut nya : GOLOK SELIWA BANG HUSIN
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 30/11/2010 20:03
Kapan...kapan.., (ngarep mode on). ga mau kelewat kaya kemaren. Yang punya video tayangan kemarin share share dong.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Satria Naga on 07/12/2010 22:35
Festival Kampoeng Silat Jampang

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak biasanya, para jawara Betawi berkumpul sejak Selasa (7/12/2010) siang di Mal Pejaten Village, Jakarta Selatan. Para Jawara ini mempertontonkan kebolehan aksi bela diri Pencak Silat dalam Festival Kampoeng Silat Jampang.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama Forum Diskusi Sahabat Silat, Kampoeng Silat Jampang, Dhompet Dhuafa dengan tujuan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan kebudayaan pencak silat,” kata Direktur Dhompet Dhuafa, Arifin kepada wartawan.

Menurut Arifin, dipilihnya pencak silat sebagai pengembangan kebudayaan lantaran olahraga beladiri yang merupakan warisan budaya luhur bangsa mulai tergerus dengan perkembangan zaman. “Silat saat ini terpinggirkan, dan hanya diajarkan di tempat-tempat tertentu saja. Kami wajib mengembangkan seni silat untuk layak tampil sebagai warisan budaya luhur bangsa,” katanya.

Festival bertajuk Kampoeng Silat Jampang, bertujuan untuk membangun dan menyebarkan bahwa olahraga beladiri pencak silat sebagai sesuatu yang penting. “Kami mengajarkan kepada para pesilat untuk mendapatkan “kependekaran” atau sari pati dari gelar pendekar, yakni sifat cepat, kuat, tegas, aktif, dan ksatria. Dimana hal ini harusnya diperlukan untuk menyelesaikan masalah bangsa,” papar Arifin.

Dalam festival ini, kata Arifin, dihadiri oleh 10 perguruan asli Betawi, yang merupakan bagian kecil khasanah silat Betawi. “Perguruan silat yang hadir adalah PS Si Bunder, PS Cingkrik, PS Cingkring Goning, PS Golokseliwa, PS Beksu H Hasbulloh, PS Macan Belang Jitu, PS Putra Jakarta, PS Gerak Saka, PS Gerak Cipta, dan PS Zona Madina,” jelasnya.

Menurut Arifin, pemilihan tempat festival di mal merupakan terobosan baru. “Kami memilih kegiatan ini di mal agar bisa diserap publik lebih cepat. Kami jemput bola,” paparnya.

Sementara, menurut peserta festival dari perguruan silat Macan Belang Jitu, Aay (17), acara ini bisa membuat budaya Betawi lebih terangkat derajatnya. “Ya bagus acaranya, dengan ada di mal seperti ini jadi tertantang untuk menunjukkan kebolehan silat saya,” ujarnya.

Ica (14), salah satu peserta festival dari perguruan yang sama berharap, ke depan acara seperti ini bisa diadakan kembali.

sumber : http://megapolitan.kompas.com

December 7, 2010
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Satria Naga on 07/12/2010 22:59
Kampoeng Silat Jampang

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "Ciat, jeduk.. Jeder.. Plak..." Pesilat-pesilat Betawi saling tukar pukulan, tendangan, dan sabetan.

Jawara-jawara dari tujuh perguruan Kampung Silat Jampang itu saling pamer jurus andalan di perguruan mereka masing-masing. Dengan karakter gerak yang berbeda-beda, masing-masing perguruan menunjukan kekhasan.

Ada para jawara yang mengandalkan kecepatan dan tenaga, dalam rangkaian pukulan dan tendangan mereka, ada yang melenggak-lenggok seperti menari jaipong, namun dengan kekuatan pukulan, tendangan, bantingan yang mematikan.

Para pesilat itu tampil dalam acara peluncuran Kampung Silat Jampang, yang diselenggarakan di Pejaten Village Mall, Jakarta, Selasa (7/12/2010) siang.

Para pesilat-pesilat Betawi yang tampil dalam peluncuran Kampung Silat Jampang, berasal dari Perguruan Silat Beksi Traditional Haji Hasbullah, Gerak Cipta, Satria Muda, Cingkerik Rawa Belong, Pusaka Jakarta, dan Cingkrik Goning.

Menurut Coorporate Sekretaris and Recourses Mobilization Director Dompet Dhuafa, Muhammad Arifin Purwakananta, acara ini digagas oleh Dompet Dhuafa dengan maksud melestarikan silat yang merupakan bagian dari budaya masyarakat Betawi.

"Jadi kita mulai keterpurukan silat sebagai budaya yang luhur tetapi tidak dimanfaatkan sebagai permbangunan karakter bangsa. Silat lebih dari beladiri, yaitu budi pekerti luhur bangsa kita, ada karakter ksatria, tegas, cekat, tangkas, dan berani," tutur Arifin yang ditemui wartawan dilokasi terselenggaranya acara.

Selain itu, acara ini digagas untuk membantu para guru-guru silat menafkahi diri mereka dan mengembangkan perguruan mereka. "Oleh karena itu wajib pemberdayaan kelompok marjinal, caranya kita pertumbuhkan perguruan-perguruan silat," ujarnya.

Kapung Silat Jampang, terangnya, akan dibuka di Parung, dimana saat ini sudah ada lima perguruan silat tradisional, dan dalam jangka pajang akan diisi oleh 10 perguruan silat. "Kita juga akan menularkanya ke daerah lain," tandasnya.(*)

Penulis: samuel
Editor: Juang_Naibaho
Share

sumber : http://www.tribunnews.com/2010/12/07/pesilat-betawi-pamer-kemampuan-di-mal
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 08/12/2010 11:00
ok,
terupdate copas ke Silat Indonesia dot com (http://silatindonesia.com)
 [top]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Antara on 08/12/2010 14:25
Copy Paste dari The Jakarta Post, akhir bulan lalu. Wawancara dengan Bang Ghorry.
http://www.thejakartapost.com/news/2010/11/29/imported-macho-badge-honor.html
Diterjemahkan pakai google dengan sedikit penyesuaian... :-[ moga-moga jadi lebih bisa dipahami, bukannya malah tambah mbingungi...

Lambang Kehormatan Impor

Seni bela diri dari kebudayaan asing makin mendapatkan lahan di Jakarta, menjadi pesaing serius bagi seni bela diri tradisional Indonesia seperti Pencak Silat.

Capoeira, jiu-jitsu Brasil, jiu-jitsu Jepang, Aikido, Wushu, Krav Maga, Sambo dan Muay Thai adalah contoh dari seni bela diri asing yang diadopsi oleh banyak orang Jakarta dan berlatih seni bela diri sekarang menjadi tren di kota.

Gusffi Eranu, 25, seorang instruktur Komando Krav Maga Indonesia, mengatakan bentuk-bentuk seni bela diri asing diadopsi karena kesederhanaannya.

"Orang-orang lebih tertarik pada bentuk-bentuk seni bela diri asing karena mereka lebih praktis daripada yang lokal karena yang terakhir ini mengharuskan orang untuk menghafal banyak gerak," katanya. Gusffi menambahkan bahwa banyak seni bela diri asing, termasuk teknik hand to hand combat Israel, mudah untuk dipelajari.

"Belum lagi bagi warga kelas atas, seni bela diri asing mudah ditemukan. Banyak dari mereka membuka kelas di pusat-pusat kebugaran dan gym, "katanya.

Gusffi melatih 50 siswa dalam tiga kelas yang diadakan di dojo Tiger Shark Fighting Club di Pejaten, Jakarta Selatan, sebuah studio di BSD City di Serpong dan pusat kebugaran Adria di Bintaro, di pinggiran kota Jakarta.

Ponco Nugroho, 28, yang bergabung dengan kelas Gusffi's, berpendapat bahwa berlatih Krav Maga lebih trendi.

"film laga Hollywood mempengaruhi orang dalam memilih bentuk seni beladiri mereka," katanya. Hal ini juga menjadi lebih mudah karena banyak terdapat informasi tentang seni bela diri asing dari YouTube.

Ponco memilih Krav Maga karena itu lebih praktis untuk membela diri terhadap kejahatan jalanan.

Paul Andrew Steven Wilson, 25, pendiri Viva pusat pelatihan Capoeira Brazil, mengatakan bahwa untuk menarik lebih banyak siswa, dia mencampur pelajaran dengan kelas tari.

"Saya memperlakukan Viva Brasil sebagai rumah produksi. Sekarang pelatihan pusat hiburan dan budaya yang menyediakan seni bela diri dan kelas tari, "katanya.

Paulus melatih di tempat-tempat seperti Cilandak Town Square, FX Mall dan Citraland Mall.  "Capoeira adalah seni bela diri kuno Brasil yang menggabungkan musik Brasil dan tari dengan bela diri dan akrobatik, seperti Pencak Silat," katanya.

Lukas Simanjuntak, 26, seorang pengacara dan seorang instruktur jiu-jitsu Brasil untuk Synergy Academy, mengatakan bahwa permintaan telah meningkatkan popularitas seni bela diri asing.

Lebih dari 100 siswa kelas bergabung jiu-jitsu Brasil di bawah Sinergi Akademi, yang kini memiliki banyak studio di wilayah Jabodetabek.

Orang belajar seni bela diri untuk alasan yang berbeda, kata Lukas. "Beberapa ingin mendapatkan bentuk tubuh yang bagus, yang lain ingin mendapatkan beberapa latihan, ingin hobi baru, ingin bertemu orang baru atau melawan stres."

Galih Iman, 28, seorang pengacara yang mengajar Pencak Silat Paseban-Pengasinan di rumahnya di Manggarai, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa orang memiliki persepsi yang salah pada seni bela diri tradisional.

"Seni bela diri impor dianggap tradisional di negara asal mereka. Banyak orang masih menganggap Pencak Silat sebagai kuno dan terlalu tenggelam dalam mistisisme. "

Dia mengatakan bahwa Pencak Silat adalah seni bela diri praktis dan efektif, seperti seni bela diri lain, Galih menambahkan. "Banyak orang hanya melihat Pencak Silat dari permukaan tetapi tidak pernah menggali lebih dalam. Aku menyalahkan ini pada instruktur Pencak Silat, beberapa di antaranya mengajar hanya sebagian dari pengetahuan mereka, "katanya.

Galih, yang mengajar lima siswa di rumahnya, menekankan bahwa banyak dari sekolah Pencak Silat yang eksklusif dan rahasia.

"Beberapa Pencak Silat Betawi melarang unjuk keterampilan, menolak tampil di depan umum, sementara seni bela diri lain mudah ditemukan di pusat-pusat kebugaran atau pusat perbelanjaan di kota," katanya.

Masalah lain yang menghambat pengembangan Pencak Silat adalah metode pengajaran yang tidak jelas.

"Banyak sekolah tidak memiliki tingkatan keterampilan, sementara seni bela diri lain memiliki periode pelatihan yang tepat di mana untuk menentukan kemajuan siswa atau tingkat keterampilannya," katanya.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: aki sija on 08/12/2010 17:29
Kang Antara...betul kondisi yg seperti ini perlu dikaji dan hrs menjadi perhatian khusus di litbang...silat tradisional harus melek dan harus mencari jalan keluar tuk mengimbanginya........... klo tidak......mungkin.akan makin tenggelam :w :w :w
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: f4iz on 08/12/2010 23:46
Salam,
@Mas Antara terima kasih utk memforward artikel dari Jakarta Post.

Gusffi Eranu, pelatih Krav Maga: "Orang-orang lebih tertarik pada bentuk-bentuk seni bela diri asing karena mereka lebih praktis daripada yang lokal karena yang terakhir ini mengharuskan orang untuk menghafal banyak gerak"

Kayaknya Krav Maga enggak bisa disamakan dgn beladiri/martial arts spt. Silat, Karate, Taekwondo, Kung Fu, Jujitsu. Ada yg menganggap Krav Maga bukan Traditional Martial Arts tetapi Rality Based Self Defense spt. SPEAR, RBPP, ICat, dsb.
Tentu aja lebih dikit gerakan dan gak banyak yg musti diafal karena yg dilatih tekhnik latihan fisik, beladiri dan skenario/simulasi beladiri. Yang diajarin juga gerakan-2x yg menggunakan motorik kasar dan cepet terekam dalam memori otot.
Kalo bandingin Krav Maga ama Karate ato Aikido padahal beladiri asing...Karate dan Aikido juga banyak gerakannya dan yg musti diafal bukan Silat doang.

Kali kalo-2x ada praktisi-2x ato guru-2x Silat yg kreatif:) :
Buat aja subsystem dari Silat..terus namain yg misalnya Bela Diri Silat ato biar "wow" dikit namain Commando Silat.
Ajarin tekhnik-2x beladiri doang, angkat beban, latihan scenario/simulasi (penculikan, penodongan dikantor, tempat gelap, ditoko-2x, dsb)
Awalnya dipasarin ke personel TNI, POLRI, ato keamanan.  Setelah sukses ajarin kekalangan umum.
Kali juga banyak peminatnya ya ?!?!? :)
Wasalam,
Faiz
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: mpcrb on 09/12/2010 10:24
@kang godam, mungkin artikel ini bisa membantu memberikan wawasan tambahan:

http://sahabatsilat.com/forum/kegiatan-dan-informasi/usmp-urban-survival-merpati-putih/

Salam.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 09/12/2010 11:36
Setuju sareng aki sija, [top] [[peace2]]
kita sebagai para praktisi silat harus semakin respek terhadap masalah ini,kalau tidak suatu saat silat akan jadi tamu dirumahnya sendiri dan akan diklaim oleh orang luar sebagai beladiri asli mereka,
semakin lama generasi muda kita semakin gandrung dengan beladiri2 import kalau kita tidak berusaha secara sistem membendung dan mengimbanginya dalam langkah nyata pelestarian kekayaan asli negeri kita sendiri,
walaupun  beladiri import lebih terkenal dan favorit kata anak2 muda jaman sekarang dan katanya silat mah kuno ga bisa dibawa ke panggung dunia ga keren alias masih tradisional, tapi saya yakin seyakinnya kalau kita secara bangsa mencintai dan mengembangkan silat jadi ikon beladiri nomor satu dinegeri ini,lambat laun kita akan mendunia,asal semua pihak mendukung,mulai dari hulu sampai kehilir, dari rakyat jelata sampai pemerintah pusat,
wallohu'alam bisshowab, hampura kasadayana bili lepat
wassalam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: f4iz on 09/12/2010 12:54
Terima kasih Mas MPCRB untuk informasi USMP (urban-survival-merpati-putih).
Semoga programnya dapat berjalan dengan sukses dan dapat memperkenalkan Silat masyarakat yg lebih luas.
Salam,

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 09/12/2010 14:33
Mari kita dukung rame2 silat indonesia maju ke panggung internasional dengan MMA nya,salute buat MP
good luck [top] [top] [top]
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 20/12/2010 08:28
Para Pesilat Tawurang Lagi ????

Suran Agung Diwarnai Tawuran Pendekar Silat

Prosesi Suran Agung yang digelar perguruan pencak silat Setia Hati Wingono, Minggu (27/12), diwarnai aksi tawuran. Aksi tawuran melibatkan antara warga dan peserta konvoi Perguruan Silat Setia Hati Winongo ini terjadi di depan SMP 1 Jiwan, di Jalan Raya Solo, Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam aksi tersebut antara anggota perguruan pencak silat dan warga saling lempar batu.

Akibatnya, sejumlah delapan rumah penduduk rusak dan beberapa motor peserta konvoi juga rusak. Namun dalam aksi tawuran tersebut tak diketahui korban meninggal. ”Hanya ada beberapa rumah penduduk rusak akibat lemparan batu, dan ada dua buah kendaraan motor milik peserta konvoi yang rusak. Hanya itu saja, ” kata Kapolres Kabupaten Madiun, AKBP Umar Effendi didampingi Kasat Reskrimnya, AKP Muhammad Zaini kepada wartawan, kemarin.

Hingga berita ini ditulis tak diketahui siapa penyulut dari aksi tawuran tersebut. Sedangkan tawuran berhenti karena semakin banyak warga yang datang untuk membantu rekannya. Sementara melihat massa warga erdatangan, peserta konvoi pun melarikan diri. ”Tapi dua motor tertinggal di lokasi. Motor itu rusak terkena lemparan batu. Akibat kericuhan itu, delapan rumah warga rusak,” jelas Zaini, yang belum mengatahui siapa dalang pemicu tawuran tersebut.

Kartini (50), salah seorang korban rumahnya rusak di RT 63 RW 11 Desa Kincang Wetan, juga tidak tahu siapa yang melempar batu duluan. Karena saat kejadian itu dirinya berada di dalam rumah. Dari rumah dia hanya mendengar suara sepeda motor, lalu karena ketakutan lari ke belakang rumah. Dari belakang rumah dia mendengar suara kaca rumahnya pecah.

“Saat itu saya sedang santai di dalam rumah. Dari jauh kedengaran suara motor. Bunyinya keras, saya lari ke belakang. Dari belakang saya dengan kaca pecah,” kata Kartini kepada wartawan di lokasi kejadian. Kartini menambahkan dirinya takut dan trauma. Karena menurut dia setiap tahunnya kejadian serupa hampir terjadi.

Sementara itu, situasi desa ini sedikit tegang. Puluhan warga saat ini terlihat bergerombol di sekitar jalan desa. Petugas kepolisian tampak berjaga di sekitar desa. Polisi meminta kepada warga untuk membubarkan diri. Sepeda motor yang rusak saat ini diamankan. Motor yang rusak bernopol AE 5723 JS dan AE 5140 JY. Keduanya motor itu Honda Supra X.

Sementara itu, hingga sore kemarin polisi masih belum menetapkan tersangka dalam tawuran antara warga dengan peserta Suro Agung dari Perguruan Silat Setia Hati Winongo. Polisi saat masih berkonsentrasi melakukan penyidikan di lokasi kejadian di Jalan Raya Solo Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. “Kita masih dalam tahap penyidikan. Selain itu, kita juga belum mengamankan pelaku yang melakukan pengrusakan rumah maupun motor,” kata Zaini.

Menurut Zaini, pihaknya kesulitan dalam mencari pelaku pengrusakan rumah dan motor warga. Karena saat kejadian warga dan pesilat saling lempar. Tidak hanya itu, polisi juga mengalami kesulitan mencari pemilik kendaraan warga yang rusak akibat tawuran yang saat ini sudah diamankan di Mapolres Madiun. “Selain banyak warga, juga disebabkan para pesilat melarikan diri menggunakan kendaraan motor ke arah Magetan,” tuturnya.

Ketika dikonfirmasi Republika, Zaini menyatakan sore kemarin di lokasi kejadian sudah kondusif. Terlebih lagi setelah itu daerah Madiun diguyur hujan deras. Meski suasana lokasi sudah kondusif, imbuhnya, polisi masih bersiaga penuh untuk mengantisipasi tawuran susulan. ”Ya, kita akan siaga sampai malam. Ini untuk menghindari tawuran susulan,’‘ kata Mohammad Zaini.

ref:
http://silatindonesia.com/2010/12/suran-agung-diwarnai-tawuran-pendekar-silat/
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 20/12/2010 11:32
Sedih ngebacanya mas luri, :'( :'( :'(
 harusnya hal seperti ini jangan sampai terjadi, para pesilat harus bisa menahan diri,karena akan memukul wajah dunia persilatan, apalagi katanya kejadian ini hampir setiap tahun terjadi, harus ada tindakan preventif dari pihak pengurus perguruan untuk mengantisispasi agar kejadian serupa tidak senantiasa terjadi dan terjadi lagi, semua pihak akan dirugikan karena kejadian ini, mohon maaf kalau pernyataan saya tidak tepat, mohon pencerahan
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: mpcrb on 20/12/2010 11:48
Sedih juga bacanya, sangat disayangkan. :( Dua berita negatif mengenai silat muncul dalam waktu yang relatif dekat satu sama lain.

Sebagai contoh, keberhasilan Indonesia juara umum kejuaraan dunia pencak silat dicoreng oleh tindakan suporter yang menendang tim vietnam PLUS ditambah lagi oleh official Indonesia sendiri (pesilat senior) yang ikut memukul, bukannya melerai. Hal ini sangat disayangkan benar. :(

Beberapa hari setelah kejuaraan dunia, keluarlah berita tawuran pesilat-warga. Membuat kesan silat menjadi semakin buruk.

Berita ini menjadi makanan empuk media. Karena bagi media "good news is a bad news. And bad news is a good news".

Semoga hal-hal semacam ini tidak terjadi lagi. Semoga kedewasaan dari para pesilat dimanapun mulai mengejawantah pada kegiatan hidup sehari-hari. Semoga juga para pelatih, senior, dimanapun mulai menekankan kembali pengajaran filosofi sedari awal agar nilai-nilai terbentuk sehingga potensi gesekan horisontal bisa dihindari.

Salam.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 20/12/2010 11:55
Setujuuuuuuuuuuuuuu mas [top] [top] [top]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: anolles on 20/12/2010 12:42
Quote
Dalam aksi tersebut antara anggota perguruan pencak silat dan warga saling lempar batu.

waduh... bang... memang ada ya jurus lempar batu....

 :-\ :-\
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 20/12/2010 12:45
Ada mas Jurus lempar batu...sembunyi tangan... terus buang muka hehe :w :w :w
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: anolles on 20/12/2010 12:47
karo wiro sableng eman punya tuh jurus begituan namanya "jurus kunyuk melempar buah"  [[run2]] [[run2]] [[run2]]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 20/12/2010 12:53
Ada satu lagi mas...jurus orang gila mengebut lalat...langsung disusul sama pukulan dewa topan menggusur gunung dan benteng topan melanda samudera sama jurus dibalik awan memanah rembulan,jurus penutupnya pukulan sinar matahari...
kenapa jadi ngomongin wiro sableng nih mas hehe [lucu]
maaf nih mas mod dari tadi becanda aja :w :w :w
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 21/12/2010 10:36
Mungkin harus ada perubahan kebijakan pembinaan dari para pendekar sepuh dan pengurus perguruan yrrsebut yang asalnya mengedepankan kuantitas anggota menjadi kualitas anggota baik dari segi mental, spiritual dan pemahaman kemanusiaan, apalagi jurus, baik untuk para seniornya pun untuk anggota yang baru masuk.
mudah mudahan bisa melahirkan pesilat yang tangguh dan halus budi pekerti. Soalnya knapa kalo dicabang bisa lebih toleran, tapi ketika berkumpul dipusat berubah agak arogan. Memang jangan disakompet daunkeun, hanya saja jika hal ini terjadi tiap tahun, berarti ada yang salah.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: aki sija on 21/12/2010 13:09
Sementara image silat itu tarung,seneng perkelahianapalagi sampe tawuran, preman, mistik, menjadi pribadi galak, aku paling jagoan........kapan mendapat simpatik dari keluarga sehingga enggan memasukan anaknya ke  perguruan untuk belajar silat. :'( :'( :'

Kita saatnya merubah image yg seperti itu.........gmn klo silat itu silaturahim, berakhlak apalagi klo bisa sampe lembut, nyaman dan membuat keluarga itu simpatik. :D :D :D

Mdh2an semua sadar  untuk melihat silat kedepan....jangan melirik kebelakang. [top] [top] [top]

Salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: aki sija on 21/12/2010 14:23
He he he....ada yang kelewat cukup penting maklum dah tua ...itu tuh banyak yg nganggap silat itu kampungan ...emang dari kampung...... .ga kereen seperti silat import. :w :w :w
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 21/12/2010 22:47
Biasanya yg asli dari kampung masih fresh ki, masih sarat dengan nilai kebaikan dan kebijaksanaan, yg diperluin cara mengemas dan memanage nya dengan modern biar tidak tergerus jaman dengan tidak meninggalkan keaslian dan kearifannya.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Unknown on 22/12/2010 17:19
ACARA KOMUNITAS UNIK TRANS 7
nanti malam jam 23.30 menampilkan SILAT GOLOK SELIWA BANG HUSIN.
DON'T MISS IT...!
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 18:06
Siiiiiip Thanks bang suporter infonya [top] [top] [top]
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: anolles on 22/12/2010 18:43
siapa yang tampil di seliwa tar malem??
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: raditya on 22/12/2010 21:10
duuh malem banged yak? :( nubie kayaknya dah tidur nie.

kk, om, ntar ada yang mo ngerekamin gag? biar bisa nubie liad besok.

makasie ya kk, om..

trimz...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 23/12/2010 00:24
(http://sahabatsilat.com/pub/emoticon/jempol.3.jpg)
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: anolles on 23/12/2010 07:31
 [top] [top] [top] [top]

manteb..... keren pisan.

nb: sebagian pengambilan gambar sepertinya didalam mesjid.  :'( :'( :'( :'(
       kalo bener di dalem mesjid sungguh sangat disayangkan.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: santri kinasih on 23/12/2010 08:53
Bukan di mesjid, tapi di madrasah. Workshop golok seliwa dulu juga di situ.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: mpcrb on 23/12/2010 08:57
Sayang jam tayang tidak persis 23.30. Mulainya tepat jam 24.00 dan hanya 15 menit saja. Saya percaya banyak adegan yang dipotong karena keterbatasan waktu tayang yang "disunat".

Yang menarik buat saya adalah ketika bang Husin muda sedang berjalan di kebun, tiba-tiba nyelonong ayahnya dan langsung menyerang bang Husin muda. Setelah jatuh karena ketidaksiapan, ditinggal ngeloyor... :D Ini mengingatkan saya pada almarhum ayah saya yang ketika dulu melatih saya juga metodenya demikian. Bersembunyi di suatu tempat, mencegat jalan sambil menyerang, kalau tidak bisa diantisipasi, trus ditinggal ngeloyor sambil bilang "kamu harus belajar lagi". Melatih reflek dan naluri dengan cara tradisional yang unik. :)

Secara umum, top dah!  [top]

Bravo untuk Bang Husin dan para murid.

Who's next?

Salam.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Antara on 23/12/2010 14:25
Berhubung saya tidak bisa akses youtube dari kantor, jadinya tidak bisa verifikasi apakah kedua link di bawah ini bener... nampaknya tayangan semalam sudah langsung naik ke sana...

mohon bantuannya ya?

http://www.youtube.com/watch?v=36Xp_O8j5WI
http://www.youtube.com/watch?v=bkijQHZsYjs

Saya sendiri niatnya mau langsung tidur pas semalem sampai rumah Jam 10, tapi atas perintah istri, saya diwajibkan menemani beliau sampai acara tersebut di atas selesai. x-))

Ikatan preman ta...  ??? ... sayang istri  8)
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: hb on 23/12/2010 14:39
iye bener bang, sayang acaranya kurang optimal, tp sudah lumayan sih ada acara beginian, yg penasaran pingin tahu dan pingin belajar biar nyamperin ke lokasi latihan. Bola sudah di lempar, smg para pemain bolanya pinter maenin umpan ... :D  [top]

Dulu waktu latihan silat di kampung metode begini sering dipakai waktu ujian kenaikan tingkat, kita disuruh jalan ditempat gelap/kuburan trus tiba2 ada yg nyerang .. manteb, tidak sedikit yg lari ketakutan krn dikira mau dirampok  :D
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: anolles on 23/12/2010 22:58
seeeep lah klo madrasah mah....

mantab bang
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 25/12/2010 12:30
Kelewat lagi dah.ambeek......:(
Ga liat preman SS lagi dah.tapi slamet buat golok seliwa,
Mudah mudahan bisa melesat dan berkembang pesat. Salut.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Antara on 25/12/2010 14:29
Sudah dimuat di youtube dan videosilat tuh Kang Wulung...
Saya sendiri sudah download dan burn di CD x-)) buat referensi kalau kapan-kapan mau jadi preman lagi ... moga-moga lain kali yang ada bayarannya  [lucu]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: anolles on 26/12/2010 01:50
sumuhun saya ge liatna di youtube
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 27/12/2010 19:20
Ikatan preman sayang istri. Hmmmm... Boleh juga tuh. Saya daptar mas, skalian kalo ada job yang dibayar, mas Antara jadi agennya...hehehe
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 30/12/2010 15:54

kutip kutip kutipp...

Pencak Silat Hingga Pesta Kembang Api Semarakkan Malam Tahun Baru di TMII
source: Silat Indonesia dot Com (http://silatindonesia.com/2010/12/pencak-silat-hingga-pesta-kembang-api-semarakkan-malam-tahun-baru-di-tmii/)

Apa agenda Anda di malam tahun baru besok? Jika Anda senang menghabiskan malam tahun baru di luar rumah, Anda bisa menyaksikan pencak silat hingga kembang api di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Malam Tahun Baru di sini ada acara Indonesian Culture Performance. Ada pencak silat, musik dan kembang api,” kata Nurul, petugas informasi TMII kepada detikcom, Kamis (30/12/2010).

Pencak silat yang ditampilkan adalah dari Perguruan Merah Putih. Sementara itu, pertunjukan musik untuk menghibur warga disajikan oleh Omellete Band, Cokelat Band dan Gigi. Pesta kembang api mulai digelar di detik-detik menjelang pergantian tahun.

“Acara mulai pukul 17.00 WIB. Tiket masuknya Rp 25 ribu. Tempatnya di Plaza Archipel,” sambung Nurul.

Plaza Archipel menurutnya, sanggup menampung ribuan orang. Menjelang Tahun Baru 2011, TMII menargetkan pengunjung sekitar 400 ribu orang.

“Tahun lalu pengunjungnya sekitar 350 ribu,” kata Erika, petugas informasi lainnya.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama malam Tahun Baru, TMII telah bekerjasama dengan aparat kepolisian, TNI serta Satpol PP. Tak kurang dari 300 aparat kepolisian, 70 anggota TNI dan 20 anggota Satpol PP yang bersiaga di TMII.


catatan dr daku:
kayanya ada salah penyebutan nama perguruan yaa?
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Suprapto on 30/12/2010 23:36
Dari hasil cek & ricek internal Merpati Putih sampai malam ini, belum ada yg melapor/diketahui kalau akan mengisi acara tahun baru TMII.

Bisa disimpulkan bahwa tidak salah tulis, memang pencaksilat Perguruan MERAH PUTIH.
Dari catatan yang ada, perguruan dengan nama tersebut ada di Majalengka.
Kalau yang seragam latihannya merah dan putih, adalah perguruan Al Azhar, yang keilmuannya berasal dari Situbondo, pusat di Jakarta, dengan tokoh anggota/pembinanya antara lain Adyaksa Dault dan Dino Patti Jalal.

Kita tunggu kabar penampilannya, semoga sukses.

Salam.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 30/12/2010 23:48
ok,
terima kasih informasinya pak prapto.
 [top]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 05/01/2011 20:45
Malam ini
Komunitas Unik tayang dengan liputan silat Ciung Wanara

Barangkali ada waktu,
silahkan ikuti di Trans7
pukul 23:30

 [top]

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 05/01/2011 23:58
Ah telat kebukanya euy,barusan padahal dari jam setengah 12 didepan tv tapi ga nonton trans 7
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 06/01/2011 00:11
Mantap, kaya nonton pilm kumpu tapi bahasa sunda, Sinetron laga mah lewat. keren. Masih bersambung tuh Uda, yang barusan kelewat mah, tunggu om luri aja back up nya. Hehehe...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 06/01/2011 00:15
syukurlah kalau masih bersambung,untuk yang tadi ditunggu kebaikan hati kang luri,terima kasih
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: kunderemp on 06/01/2011 21:24
Embernya keren... mantab tuh buat demo silat lain kali.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: kunderemp on 10/01/2011 00:08
Episode Pendekar tadi tentang Silat Troktok.

Porsi drama di episode ini kecil dan gak mengganggu. Saya malah suka format episode ini dibandingkan episode Komunitas Unik.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: hb on 10/01/2011 14:07
iya bener kang ruri keren ...ga rugi dibelain tidur telat  [top]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 10/01/2011 14:56
Padahal kmaren malem tidur telat, gara gara face of jadi kelewat. Berharap ada versi youtube atau video silatnya. Btw troktok sama toplek sama ga sih, soalnya maen tangannya sama cepet.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 13/01/2011 11:13

kok lama2 saya jadi merasa :
silat = kekerasan

 ???

cmiiw
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Dolly Maylissa on 13/01/2011 11:49
memang agak terganggu dengan format yang ditampilkan komunitas unik,,,jadinya gak sesuai dengan judulnya,,,,harusnya kalo tayangan yang semalem judulnya jangan komunitas unik tapi sinetron silat,,,hehehehe

kebetulan kalo untuk acara pendekar,,,yang bagian riset temen kita sendiri, ya paling tidak dia mengerti tentang silat dan cukup tau apa yang sebaiknya ditampilkan untuk mengangkat nama silat...
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: kunderemp on 13/01/2011 14:34
Saya malah ketiduran semalam...

Mau gugat Komunitas Unik, Kang Luri?
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 13/01/2011 15:09
Tayangan semalam itu film Action versi ranah pasundan [[run2]] [[run2]] [[run2]]
 bak bik buk nya mah lumayan rame untuk sebuah cerita sinetron atau drama kepahlawanan penyelamatan sang pujaan hati dari penculikan gerombolan bajingan tengik, tapi esensi pengangkatan citra silat tradisionalnya memudar, raib entah kemana, drama ini menjadi unik karena lupa mengangkat kaidah silat tradisional ciung wanara yang sesungguhnya, sedih juga ngeliatnya  :'( :'( :'(
semoga kedepannya ada sedikit perbaikan untuk penampilan silat2 tradisional yang lainnya,sehingga benar2 menyentuh kepada harapan dunia silat tradisional karena telah berharap banyak dengan menggantungkan sosialisasi dan publikasinya di pundak media massa nasional, mohon maaf pada semuanya kalau pernyataan saya kurang tepat,
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Nagapasa on 13/01/2011 18:57

kok lama2 saya jadi merasa :
silat = kekerasan

 ???

cmiiw

apapun beladirinya secara teknik akan berisi patahan, pukulan, tendangan, kuncian, bantingan. semua beresiko dan akan berakibat cedra. maka unsur kekerasan pasti akan ada di setiap beladiri

mau yang lembut sih nari aja :D

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: luri on 13/01/2011 19:16
@omNagapasa
yup, bener.
cuman dengan bicara aja sering kali bisa membuat cedera kok

Quote
mau yang lembut sih nari aja
mmm... kaya baca puisi bisa jd hobi yg asik nih...
ihihihi...

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Sawer Wulung on 13/01/2011 20:45
Hmmm....selalu ada dua sisi mata uang yang berlawanan ya. Tapi ga papa, dinamika. Liat sisi baiknya, silat jadi ke promosiin, khususnya ciung wanara. Bisa jadi itu emang permintaan dari perguruannya sendiri. Jadi bagian dari ciri khas perguruan, tehnik silatnya ada sedikit akrobatiknya. Minimal iko uwais kalo mo bikin film laga udah ga susah nyari pemain. Sayangnya dari sisi historis perguruan kurang ditampilin. Profil guru besarnya juga porsinya kurang banyak. Mungkin perlu sedikit masukan dari sahabat silat, kan ada sahabat yang kerja di stasiun tivi tersbut.

Cag
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Unknown on 15/01/2011 07:47
Besok, hari minggu tanggal 16 januari 2011
ada festival silat betawi di Pos pengumben, jakarta barat, tepat nya :
Jl. Pos Pengumben al Falah Kebon Jeruk Dekat Ama Gd Graha Pena Jawa Pos /Rs Medika Permata Hijau.
menurut info, acara mulai jam 8 pagi.
bagi yang ada waktu silakan hadir
malem nya ada lenong betawi
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 15/01/2011 09:59
Thank you om infonya
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: ateng on 30/01/2011 21:37
Salam,
nubie numpang posting.
Baru liat timeline twitter ada kejadian seperti ini nih.
http://regional.kompas.com/read/2011/01/30/20572091/Guru.Pencak.Silat.Tewas.Oleh.Muridnya. (http://regional.kompas.com/read/2011/01/30/20572091/Guru.Pencak.Silat.Tewas.Oleh.Muridnya.)
Quote
Pencak Silat
Guru Pencak Silat Tewas Oleh Muridnya
Editor: Benny N Joewono
Minggu, 30 Januari 2011 | 20:57 WIB
Dibaca: 2036Komentar: 0

Ilustrasi mayat
TRENGGALEK, KOMPAS.com - Seorang pendekar yang menjadi guru pencak silat di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (30/1/2011) tewas saat melakukan latih tanding (sabung) dengan muridnya sendiri.

Korban bernama Hadi (18), jatuh di tengah arena sabung dalam keadaan tidak sadarkan diri setelah terkena tendangan telak tepat pada leher sebelah kiri.

"Informasinya memang sempat terkena tendangan pada bagian leher, tapi setelah dilakukan otopsi, penyebabnya bukan itu. Korban meninggal dikarenakan mengalami pembengkakan pada pembuluh jantung," kata Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Saiful Rohman.

Penuturan beberapa saksi mata, peristiwa itu terjadi pada Minggu sekitar pukul 09.00 WIB di Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak.

Korban yang sudah berstatus pelatih salah satu perguruan pencak silat tersebut seperti biasa melatih beberapa siswa atau muridnya di SD Negeri 3 Bendoagung.

Setelah melakukan pemanasan korban mengajak latih tanding kepada beberapa muridnya sampai tiga kali. Terakhir, mitra tanding korban adalah Ridwan (16), salah satu muridnya asal desa setempat.

Saat itulah peristiwa fatal tersebut terjadi. Korban tiba-tiba terjerembab. Beberapa pelatih lain serta siswa langsung menolong korban.

Seketika itu juga korban dibawa ke Puskesmas Kampak untuk mendapat perawatan medis. Namun kondisi korban semakin kritis.

Takut terjadi hal yang tidak diinginkan tim dokter Puskesmas Kampak memutuskan merujuk korban ke RSUD dr Soedomo, Trenggalek.

Sayangnya, nyawa korban tetap tak tertolong. Untuk memastikan penyebab tewasnya korban, tim dokter RSUD dr Soedomo Trenggalek lalu melakukan autopsi.

Hasilnya tidak ditemukan adanya bekas pukulan benda keras pada tubuh korban. Salah satunya pada leher kanan korban yang diduga terkena tendangan.

Sementara itu, berdasar keterangan dr Fonita Sugianto, anggota tim autopsi RSU dr Soedomo Trenggalek, terdapat pembengkakan pada organ jantung korban.

Diduga pembengkakan tersebut akibat kelelahan fisik yang dialami korban. Selain itu berdasar riwayat korban diketahui mengalami kelaianan pada organ jantungnya.

"Tidak ada bekas hantaman benda keras. Organ jantungnya bengkak," kata dr Fonita.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: kunderemp on 30/01/2011 23:45
Kalau wafat karena pembengkakan pembuluh jantung, berarti bukan tewas karena muridnya dong?
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 31/01/2011 14:27
Berita-berita kaya gini yang ngejatuhin silat, sudah jelas-jelas dari tim otopsi bahwa meninggal karena kelainan organ jantung kenapa judulnya harus didramatisir seperti itu,dan lagian statusnya baru pelatih tapi ditulis guru pencak silat,harusnya wartawan juga bisa arif dalam hal ini, jangan sampai hanya karena kepentingan nilai jual sebuah judul mendiskreditkan nilai silat dimata masyarakat, sangat disayangkan berita -berita seperti ini dirilis dimedia nasional seperti kompas,kacangan sekali,mohon maaf
salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Suprapto on 31/01/2011 22:14
Belasungkawa sedalam dalamnya atas wafatnya pelatih silat, sdr Hadi (18 th). Semoga arwahnya diterima disisiNya, diampuni segenap salah dan dosanya, diterima semua amal kebaikannya dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin.

Judul berita memang dirasa kurang tepat. Digeneralisir, dianggapnya kalau yang melatih "murid", istilahnya tentu "guru".

Almarhum wafat, menyusul roboh di arena latih tanding, kebetulan setelah kena tendangan muridnya, setelah sebelumnya almarhum juga berlatih tanding dengan beberapa muridnya, yang sama2 muda belia.
Ternyata penyebab wafat adalah pembengkakan jantung, diduga akibat overload, apalagi sudah ada gejala awal, kurang baiknya kinerja jantung. Menerima hantaman
tendangan di leher, langsung shock.

Belum setahun lewat, juga ada murid belia, yang tewas tertendang lambungnya oleh pelatih yang juga belia.

Kita harus bisa mengambil hikmahnya, dengan upaya ikhtiar semaksimal mungkin agar hal demikian bisa dicegah/diantisipasi.
Antara lain dengan penyiapan fisik murid/pelatih sebaik baiknya. Apabila ada murid/pelatih yang terlihat ada kelainan pada beban rata2, segera mendapat perhatian.
Prosedur latihan pemanasan, latihan penunjang untuk kesiapan fisik pesilat, harus mendapat porsi yang cukup. Dilakukan pengawasan ketat terhadap asisten pelatih/pelatih yang masih muda belia.

Bagaimana teknisnya, tentu para senior perguruan lebih memahami.

Salam.
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Taufan on 01/02/2011 10:39
Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un, kami turut berduka cita atas meninggalnya saudara kita pesilat Hadi... semoga almarhum mendapat tempat terbaik disisiNYA.

Soal berita yang tidak proporsional, memang begitulah paradigma yg dimiliki pewarta pada umumnya. Anjing menggigit manusia bukan berita... tapi kalo manusia menggigit anjing baru berita  :w
Untungnya online news biasanya menyediakan ruang untuk comment, nah fasilitas inilah yang perlu kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk meluruskan pemberitaan yg melenceng tersebut.

Disamping itu, kita juga tidak bisa menutup mata terhadap beberapa kasus yang kemudian digeneralisir dan berdampak negatif terhadap pengembangan pencak silat. Untuk itu kita perlu rajin mengkampanyekan nilai2 positif silat di media cetak maupun elektronik, sehingga masyarakat dapat menilai silat lebih banyak manfaat daripada mudaratnya.

Selain sosialisasi keluar, tentu saja ke dalam komunitas pencak silat sendiri, kita juga harus secara terus menerus melakukan pembinaan dan pengawasan yang ketat, seperti telah disampaikan mas Suprapto di atas.  [top]

Khususnya untuk perguruan2 yang sedang giat mengembangkan sayapnya, kadang2 bertambahnya cabang/kolat/tempat latihan baru, tidak diikuti pembinaan kader2 pelatih dengan kualitas dan kuantitas yang memadai... ditambah dengan ketidak-siapan organisasi dalam menangani rentang kendali yang semakin panjang, berbagai ekses yang berpotensi negatif terhadap pengembangan pencak silat dapat terjadi.

Disinilah kita sebagai pecinta silat diharapkan dapat bahu membahu saling asah saling asih saling asuh dalam setiap usaha pelestarian pencak silat.  [[peace2]]


Wassalam,
TP
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Qsecofr on 02/02/2011 17:46

Tadi Malem secara tidak sengaja nonton acara SpaceToon TV anak2.
Disana ada silat Beksi ....ada Bang Sabenu dll
Acaranya satu jem lebih.

Mantep lah [top]
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: dicky on 19/02/2011 19:29
SI BELATOK,
silat betawi langkah troktok
dalam acara Si Bolang dan mesin waktu.
20 februari 2011. Jam 12.30 wib di Trans 7

Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: Bayu Umbara on 20/02/2011 06:57
terima kasih bang dicky informasinya,salam
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: mas_phong on 13/07/2011 08:49
Pengurus Cabang IPSI Kabupaten Bogor akan menggelar Kejuaraan Pencak Silat antar Perguruan se Kabupaten Bogor " Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup IV" acara akan di gelar pada tgl 21 s/ 24 Juli 2011 di Gelanggang Olah raga dan kesenian Jln. Tegar Beriman, Pemda Cibinong, Bogor.

Sumber: Jurnal Bogor/Gelanggang
Title: Re: [BREAKING NEWS] - Berita Pencak Silat
Post by: acepilot on 13/07/2011 14:09
turut berduka cita atas berpulangnya saudara hadi, semoga amal and ibadahnya diterima di sisiNYA..

oiya ane mau tanya nih, mohon pencerahannya ya para sesepuh..
jika terjadi hal yang seperti diatas di dalam sebuah pertandingan, apakah si lawan dari korban nantinya akan dikenai pidana ataupun hukuman?
dan bagaimana hukumnya?
maaf kalau OOT, mohon pencerahannya dari para sesepuh sekalian..
terimakasih.. :)